Page 2 of 3

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Wed Sep 26, 2012 16:32
by Risol1
kapsul lah gak pake mikir :mrgreen:
luar dalem lebih bagus. Kalo bisa beli yg long karena bangku paling belakangnya menghadap depan (atau bisa dibikin madep depan)

beli kapsul walaupun yg kosongan tapi kalo punya duit dikit2 bisa dicicil kaya tambahin ac double atau pakein pelk bagusan.
Kalo yg model grand extra keliatannya udah tuir banget hehehe....walaupun mesinnya sama kaya si kapsul.

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Thu Sep 27, 2012 0:08
by Andrian
kapsul 97 wrote:@Oom Kopat : wakwkwkwk jangan capek capek Oom, kalo capek istirahat qi qi qi ... Maklumlah Oom :p

Udah om kapsul,ganti mikugra aja...


Ups!

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Thu Sep 27, 2012 1:50
by rikyefrianto
VanzMatic wrote:
rikyefrianto wrote:Pagi semua salam kenal sebelumnya.

saya mau tanya dong mengenai dua kendaraan yang sama keluaran dari toyota bertipe Kijang
1. Kijang Grand Extra keluaran 1996
2. Kijang Kapsul Type LX dan SSX
kalau boleh tau kelebihan dan kekurangan dari mobil tersebut.
trims sebelumnya.
Sorry, ane quote lagi..

Jujur sejujur jujurnya, Kijang Grand Extra tuh positifnya:
1. Driving position sbg driver: PAS. Sangat PAS. Liat moncong dapet angle view luas.. Even ni mobil berhidung, tapi saya ngrasa masih bisa ngliat kucing jongkok di depan bonnet Kijang Grand. Jendela-jendela samping dan spion, luas banget angle viewnya. Mungkin ini sisi positif dari pilar A yang kaku dan tidak landai.
2. Biaya perawatan murah meriah.
3. Kursi baris 3 bisa dibikin front face kalau misalkan kondisi default yang side face dirasa kurang nyaman.

Negatifnya:
1. Boros. Dalkot Jogja, paling uiritt cuman dapet 1:8 untuk FC nya.
2. Perhatikan karbu nya. Pengalaman di Kijang kami, karbu rembes karena jarum skep udah aus. Kilometer saat itu baru 60rb km selama 10 tahun.
3. Perhatikan platina. Kalau rajin servis per 5000km aja sih, ngga terlalu kuatir ya, karena platina juga otomatis akan dicek bengkel, termasuk ke stel klep klep.
4. Rada sempit untuk baris 2, dan kurang nyaman untuk baris 3 yg masih side face.
5. Mesin mudah meraung, geter tapi speed masih segitu segitu aja. Imbas teknologi jadul Overhead Valve (OHV) yg masih pakai pushrod. Tapi, sisi positifnya, torsi melimpah di RPM bawah. Pernah tuh Grand Extra babeh kejebak lumpur saat dibawa ke lokasi kkn jaman ane mahasiswa. Cukup modal lembaran kayu, sentak yg kuat, langsung lepas dari perangkap lumpur. Perangkap lumpurnya bukan lumpur arena offroad lo ya..

Kalo kijang LX / SSX, LX ini long standard yg masih 4 speed ya? Kalau SSX, Short Super ya? Sama sama nggada double blower secara standard pabrik. Mungkin pemilik sebelumnya sudah pasangin D/B ya..
:mky_01:
Kalau tertarik ke model kapsul kayak LX/SSX, saran brother2 disini bisa dipertimbangkan, yaitu ambil versi Diesel nya aja, sangat irit.Hampir sama iritnya dengan Panther.
Ane dah pernah nyupirin bbrp kali model LX Diesel 4 speed. Sangat kuat. Sangat besar torsinya, dan "ROSA" ala alm. mbah maridjan. :mky_01:
Plus, uiriiit solarnya (yang penting dieselnya sehat ya)

Segitu aja dulu deh testi ane...
:mky_02:
bro kalo trajet gimn?

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Thu Sep 27, 2012 1:52
by rikyefrianto
VanzMatic wrote:
rikyefrianto wrote:Pagi semua salam kenal sebelumnya.

saya mau tanya dong mengenai dua kendaraan yang sama keluaran dari toyota bertipe Kijang
1. Kijang Grand Extra keluaran 1996
2. Kijang Kapsul Type LX dan SSX
kalau boleh tau kelebihan dan kekurangan dari mobil tersebut.
trims sebelumnya.
Sorry, ane quote lagi..

Jujur sejujur jujurnya, Kijang Grand Extra tuh positifnya:
1. Driving position sbg driver: PAS. Sangat PAS. Liat moncong dapet angle view luas.. Even ni mobil berhidung, tapi saya ngrasa masih bisa ngliat kucing jongkok di depan bonnet Kijang Grand. Jendela-jendela samping dan spion, luas banget angle viewnya. Mungkin ini sisi positif dari pilar A yang kaku dan tidak landai.
2. Biaya perawatan murah meriah.
3. Kursi baris 3 bisa dibikin front face kalau misalkan kondisi default yang side face dirasa kurang nyaman.

Negatifnya:
1. Boros. Dalkot Jogja, paling uiritt cuman dapet 1:8 untuk FC nya.
2. Perhatikan karbu nya. Pengalaman di Kijang kami, karbu rembes karena jarum skep udah aus. Kilometer saat itu baru 60rb km selama 10 tahun.
3. Perhatikan platina. Kalau rajin servis per 5000km aja sih, ngga terlalu kuatir ya, karena platina juga otomatis akan dicek bengkel, termasuk ke stel klep klep.
4. Rada sempit untuk baris 2, dan kurang nyaman untuk baris 3 yg masih side face.
5. Mesin mudah meraung, geter tapi speed masih segitu segitu aja. Imbas teknologi jadul Overhead Valve (OHV) yg masih pakai pushrod. Tapi, sisi positifnya, torsi melimpah di RPM bawah. Pernah tuh Grand Extra babeh kejebak lumpur saat dibawa ke lokasi kkn jaman ane mahasiswa. Cukup modal lembaran kayu, sentak yg kuat, langsung lepas dari perangkap lumpur. Perangkap lumpurnya bukan lumpur arena offroad lo ya..

Kalo kijang LX / SSX, LX ini long standard yg masih 4 speed ya? Kalau SSX, Short Super ya? Sama sama nggada double blower secara standard pabrik. Mungkin pemilik sebelumnya sudah pasangin D/B ya..
:mky_01:
Kalau tertarik ke model kapsul kayak LX/SSX, saran brother2 disini bisa dipertimbangkan, yaitu ambil versi Diesel nya aja, sangat irit.Hampir sama iritnya dengan Panther.
Ane dah pernah nyupirin bbrp kali model LX Diesel 4 speed. Sangat kuat. Sangat besar torsinya, dan "ROSA" ala alm. mbah maridjan. :mky_01:
Plus, uiriiit solarnya (yang penting dieselnya sehat ya)

Segitu aja dulu deh testi ane...
:mky_02:
Bro Kalo Trajet gimn?

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Thu Sep 27, 2012 2:33
by VanzMatic
rikyefrianto wrote:-cut-

Bro Kalo Trajet gimn?
Yang saya inget dari salah satu kriteria penting Anda...
intinya sih saya mau mobil keluarga yang aman, nyaman, dan irit. soalnya mobil pertama bro
kan?

Trajet: Aman, iya. Nyaman? Pasti. Irit? Engga. Mantan bos punya Trajet. Penggemar Hyundai. Paling irit FC nya 1:7. Pertamax. :mky_01:

Mobil pertama kan? Don't take any bigger risk kalau seumpama belum begitu pengalaman ngerawat mobil...apalagi belum punya kenalan mekanik spt tetangga rumah terdekat...

Oh iya, maaf, bujet berapa ya?
Kalau bujet mepet, saran aja siih...mendingan ambil yang sudah merakyat aja atau sudah populer sebagai mobil seken paling banyak dibeli karena kemudahan perawatan dan kemudahan mencari spare part nya..

:big_peace:

master2 SM monggo tambahkan..
:mky_01:

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Thu Sep 27, 2012 3:50
by kapsul 97
Andrian wrote:
kapsul 97 wrote:@Oom Kopat : wakwkwkwk jangan capek capek Oom, kalo capek istirahat qi qi qi ... Maklumlah Oom :p

Udah om kapsul,ganti mikugra aja...


Ups!
:mky_01: belom kepikiran mobil lagi sebenarnya, mau fokus ke rumah dulu Oom he he he ... malahan ini mau di downgrade :ungg:

gmana kabar nya Oom..? dah baikan kah..? :big_peace:

btw ini mana RS nya ya..? kok ga muncul-muncul, jadi nya gmana tuh..?

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Thu Sep 27, 2012 3:59
by rikyefrianto
VanzMatic wrote:
rikyefrianto wrote:-cut-

Bro Kalo Trajet gimn?
Yang saya inget dari salah satu kriteria penting Anda...
intinya sih saya mau mobil keluarga yang aman, nyaman, dan irit. soalnya mobil pertama bro
kan?

Trajet: Aman, iya. Nyaman? Pasti. Irit? Engga. Mantan bos punya Trajet. Penggemar Hyundai. Paling irit FC nya 1:7. Pertamax. :mky_01:

Mobil pertama kan? Don't take any bigger risk kalau seumpama belum begitu pengalaman ngerawat mobil...apalagi belum punya kenalan mekanik spt tetangga rumah terdekat...

Oh iya, maaf, bujet berapa ya?
Kalau bujet mepet, saran aja siih...mendingan ambil yang sudah merakyat aja atau sudah populer sebagai mobil seken paling banyak dibeli karena kemudahan perawatan dan kemudahan mencari spare part nya..

:big_peace:

master2 SM monggo tambahkan..
:mky_01:
Kalo budget sih sekitar 75-80 jt, lalu mengenai kemudahan perawatan dan kemudahan mencari spare part nya Kijang kapsul sama trajet perbandingannya gimn. Soalnya adek gw nyaranin gw ambil trajet

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Thu Sep 27, 2012 4:23
by andy1800
rikyefrianto wrote:
VanzMatic wrote:
rikyefrianto wrote:-cut-

Bro Kalo Trajet gimn?
Yang saya inget dari salah satu kriteria penting Anda...
intinya sih saya mau mobil keluarga yang aman, nyaman, dan irit. soalnya mobil pertama bro
kan?

Trajet: Aman, iya. Nyaman? Pasti. Irit? Engga. Mantan bos punya Trajet. Penggemar Hyundai. Paling irit FC nya 1:7. Pertamax. :mky_01:

Mobil pertama kan? Don't take any bigger risk kalau seumpama belum begitu pengalaman ngerawat mobil...apalagi belum punya kenalan mekanik spt tetangga rumah terdekat...

Oh iya, maaf, bujet berapa ya?
Kalau bujet mepet, saran aja siih...mendingan ambil yang sudah merakyat aja atau sudah populer sebagai mobil seken paling banyak dibeli karena kemudahan perawatan dan kemudahan mencari spare part nya..

:big_peace:

master2 SM monggo tambahkan..
:mky_01:
Kalo budget sih sekitar 75-80 jt, lalu mengenai kemudahan perawatan dan kemudahan mencari spare part nya Kijang kapsul sama trajet perbandingannya gimn. Soalnya adek gw nyaranin gw ambil trajet
ade nya pernah punya mobil apa?

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Thu Sep 27, 2012 4:33
by rikyefrianto
andy1800 wrote:

ade nya pernah punya mobil apa?
[/quote][/quote]

kebetulan dia pernah kerja di dealer Hyundai

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Thu Sep 27, 2012 4:45
by Nightster Guy
rikyefrianto wrote:Kalo budget sih sekitar 75-80 jt, lalu mengenai kemudahan perawatan dan kemudahan mencari spare part nya Kijang kapsul sama trajet perbandingannya gimn. Soalnya adek gw nyaranin gw ambil trajet
kl poin utamanya yg sy bold itu, ya jauhlah brooooo kapsul vs trajet.

ibarat kata, monyet kita latih aja bs tuh nyerpis mesin kapsul wkwkwkwkw.. :mky_02: sy rutin kok di kampung dulu setel klep sendiri 5k (7k uda klep otomat), bersihin dan setel platina, bersihin karbu, bersihin filter bensin, semuanya prosedur simpel banget.

kemudahan cari parts? ibaratnya, di warung sebelah aja jual platina kijang wkwkwkwkw kidding bro, yg pasti luar biasa gampang cr parts buat kijang, baik parts kaki/mesin/elektrikal. buat bodi yg mulai langka.

cm ya kalah di nyaman, aman, pretise, fitur, dll vs trajet. tinggal bro tentukan prioritas di sisi mana, ada trade-off nya masing2. :)

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Thu Sep 27, 2012 5:21
by rikyefrianto
Nightster Guy wrote:
rikyefrianto wrote:Kalo budget sih sekitar 75-80 jt, lalu mengenai kemudahan perawatan dan kemudahan mencari spare part nya Kijang kapsul sama trajet perbandingannya gimn. Soalnya adek gw nyaranin gw ambil trajet
kl poin utamanya yg sy bold itu, ya jauhlah brooooo kapsul vs trajet.

ibarat kata, monyet kita latih aja bs tuh nyerpis mesin kapsul wkwkwkwkw.. :mky_02: sy rutin kok di kampung dulu setel klep sendiri 5k (7k uda klep otomat), bersihin dan setel platina, bersihin karbu, bersihin filter bensin, semuanya prosedur simpel banget.

kemudahan cari parts? ibaratnya, di warung sebelah aja jual platina kijang wkwkwkwkw kidding bro, yg pasti luar biasa gampang cr parts buat kijang, baik parts kaki/mesin/elektrikal. buat bodi yg mulai langka.

cm ya kalah di nyaman, aman, pretise, fitur, dll vs trajet. tinggal bro tentukan prioritas di sisi mana, ada trade-off nya masing2. :)
thanks bro

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Thu Sep 27, 2012 5:24
by andy1800
rikyefrianto wrote:
andy1800 wrote:

ade nya pernah punya mobil apa?
kebetulan dia pernah kerja di dealer Hyundai
got it. nah klo gitu ya mmg lain cerita.
i know itu ade nya ya.... tp justru krn pernah kerja di slh satu dealer, maka justru hrs anda abaikan sarannya. krn pendapatnya mgkin skali mlh bias. sulit menjadi objektif dan peritmbangan luas klo dah begitu.

bole dibilang satu2 nya keunggulan trajet thdp kijang tu adlh di kenyanyamanannya aja. hyundai mmmg kelas empuk suspensinya. cm tentu saja kompensasinya dayatahan nya terhadap lobang ya ga sekuat kinjang kan?
intinya secara kerepotan perawatan, itu keduanya akan berasa beda jauh...

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Fri Sep 28, 2012 3:42
by rikyefrianto
andy1800 wrote:


got it. nah klo gitu ya mmg lain cerita.
i know itu ade nya ya.... tp justru krn pernah kerja di slh satu dealer, maka justru hrs anda abaikan sarannya. krn pendapatnya mgkin skali mlh bias. sulit menjadi objektif dan peritmbangan luas klo dah begitu.

bole dibilang satu2 nya keunggulan trajet thdp kijang tu adlh di kenyanyamanannya aja. hyundai mmmg kelas empuk suspensinya. cm tentu saja kompensasinya dayatahan nya terhadap lobang ya ga sekuat kinjang kan?
intinya secara kerepotan perawatan, itu keduanya akan berasa beda jauh...
ok trims ya bro

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Fri Sep 28, 2012 3:50
by kapsul 97
bro TS, bayarin tokisul ane aja mau kaga... ?? :mky_01:

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Fri Sep 28, 2012 12:51
by fur10usx
kalo TS nya mau irit sih mndgan ambil yg diesel om.. cos beda bgt klo yg bensin boros nya bkn maen...

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Fri Sep 28, 2012 13:12
by andy1800
demikianlah

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Sat Sep 29, 2012 16:19
by ak4ng
kalo ane,. meningan beli kapsul LX aja deh,. minimalnya uda bebas dempul,. bisa di facelift sampe yg kluaran 2004,.

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Sat Sep 29, 2012 16:20
by ak4ng
kalo ane,. meningan beli kapsul LX aja deh,. minimalnya uda bebas dempul,. bisa di facelift sampe yg kluaran 2004,. genti pake mesin 2UZ+TRD supercharger kit,. interior bongkar,. ntar drag seri 3 juara kelas FFA deh,. hahahahha

Kelebihan dan kekurangan Mazda Cronos

Posted: Mon Sep 22, 2014 5:11
by rikyefrianto
Hai kawan semua, gw mintatolong dong.
kelebihan dan Kekurangan Mazda Cronos apa aja sih
Makasih sebelumnya

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Mon Sep 22, 2014 7:46
by walid_007
Lho salah trit omm...wkwkwkw


Btw kijang ini gwe hatam bener,dari 7k dan 1rz, manual maupun metik,

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Mon Sep 22, 2014 7:51
by montirangin
ak4ng wrote:kalo ane,. meningan beli kapsul LX aja deh,. minimalnya uda bebas dempul,. bisa di facelift sampe yg kluaran 2004,. genti pake mesin 2UZ+TRD supercharger kit,. interior bongkar,. ntar drag seri 3 juara kelas FFA deh,. hahahahha
ommmm omm.. :big_dunno:
abis dong duitnya ganti mesin mah :big_cry:

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 19

Posted: Tue Sep 30, 2014 2:06
by bangrosi
Kijang kapsul aja LX gk masalah versi awal malah lbh bagus bemper depan belakang ampun dah besi semua.printilan2 eksterior/interior mah bisa tambah dikit2 yg agak susah mungkin kalo mau tambah wiper belakang dan satu lg kelemahan kapsul LX sebelum thn 2000 transmisinya msh 4 Speed.kalo ada dana lebih lgs aja ke kapsul krista komplit sekomplit2nya cuma ya itu tampangnya kaya orang pakai celana kedodoran...

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Tue Oct 07, 2014 17:27
by VanzMatic
bangrosi wrote:Kijang kapsul aja LX gk masalah versi awal malah lbh bagus bemper depan belakang ampun dah besi semua.printilan2 eksterior/interior mah bisa tambah dikit2 yg agak susah mungkin kalo mau tambah wiper belakang dan satu lg kelemahan kapsul LX sebelum thn 2000 transmisinya msh 4 Speed.kalo ada dana lebih lgs aja ke kapsul krista komplit sekomplit2nya cuma ya itu tampangnya kaya orang pakai celana kedodoran...
Transmisi 4speed bukan berarti inferior lo. Rasio gir nya lebih panjang itu dibanding 5 speed, alias nafas 4 speed lbh panjang di tiap girnya. Resikonya, cenderung boros, karena kalo yg 5 speed udah oper ke gigi tinggi, yg 4 speed blom perlu.

Bemper besi ngeri loh.. Bikin cidera bagi pejalan kaki lebih fatal. Energi tabrakan juga diteruskan sampai kabin, kalo serba besi. Fatal akibatnya bagi penumpang. Bagi mobil sih bagus, ngga banyak cacat body, tapi kalo orangnya jadi (maaf) cacat, yaaa... sayang kan?

Sent from my Siemens C35 using Tapatalk

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Tue Oct 07, 2014 17:48
by ChZ
VanzMatic wrote: Bemper besi ngeri loh.. Bikin cidera bagi pejalan kaki lebih fatal. Energi tabrakan juga diteruskan sampai kabin, kalo serba besi. Fatal akibatnya bagi penumpang. Bagi mobil sih bagus, ngga banyak cacat body, tapi kalo orangnya jadi (maaf) cacat, yaaa... sayang kan?

Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
yoi... jadi ingat kasus bbrp hari yang lalu dimana truck bokap dihajar sama mobil travel ngantuk..... supir travel tewas di tempat.... supir bokap patah kaki..... :big_childish:

padahal kurang keras apa bumper truck dibandingin sama bodi mobil travel.... ya asumsikan sama mobil travelnya standar lah, L300 Minibus. ane kurang ngeh juga, tau-tau si nyokap ngabarin ane dari Semarang kalo supir bokap habis dihajar travel..... :big_childish:

bandingin sama kasus ane nubruk pake SX4 di speed 70an yang katanya bempernya plastik dan ringkih.... ngga luka sedikitpun....

Re: Kijang Grand Extra 1996 atau Kijang Kapsul 1997

Posted: Tue Oct 07, 2014 21:40
by Nightster Guy
Kijang kapsul sampe sbagian dasbor bagian bawah aja msh dr plat besi hehehe.. dan ini mobil kualitas platnya superb. Mgkin krn menyandang gelar pilot project inhouse mpv nya TAM di indo, kan sebelum kapsul msh disubkonkan ke affiliated karoseri.