Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by VanzMatic »

madcat015 wrote:
VanzMatic wrote: Yap, my Avanza, also the car that saves me...karena memang the only one.. :mrgreen: :mky_01:

Untuk mobil2 buatan 2000-an and up, kualitas pembuatan, bukan terlihat dari seberapa parah kerusakan akibat impact, tapi seberapa aman penumpang di dalamnya. No matter how keriting your car would be, it's all about how safe you are inside.

Kalau sebuah mobil itu jadi hancur, bukan berarti mutunya mutu kacangan. Mungkin saja memang tumbukannya keras dan gaya inersia yang terjadi begitu besar (baik gaya searah maupun lawan arah), sehingga bisa meluluhlantakkan bonnet. Tapi kalau penumpang selamat (dengan memakai safety belt tentunya), tetap ratingnya bagus.

Rating keselamatan, bukan dari bunyi kayak kaleng atau engga nya saat diketok pakai tangan.. :mrgreen: Tapi dari seberapa aman kah kabin saat benturan terjadi?


Oia, jadi keinget kasus, ada beberapa merk mobil (atau mungkin semua? Dunno..), yang pemicu (trigger) mengembangnya airbag, salah satunya, adalah dipakainya seatbelt atau tidak.
So, bila engga pakai seatbelt, airbag ngga ngembang. Dan kasus ini pernah terjadi, salah satunya di merk Mercy. Saat tabrakan, airbag sisi penumpang depan ga 'mleduk', sehingga penumpang depan cidera buruk. Coba protes ke Mercy, akhirnya konsumen kalah, karena ketahuan tidak pakai seatbelt saat kendaraan melaju. Ketahuan dari tidak jalannya trigger signal seatbelt. Bukti kalau seatbelt tidak dipakai saat kecelakaan. Akhirnya Mercy tidak mau bertanggung jawab.

So, seatbelt tetaplah prioritas utama keselamatan aktif untuk diri kita sendiri...
Mari biasakan pakai seatbelt SEDEKAT APAPUN anda mengemudi, dan pakailah seatbelt oleh SELURUH penumpang, jangan hanya depannya aja.

:big_peace:
Justru ane ngeliat panel interior bagasi belakang Avanza yang melesak masuk ga karu2an jadi mikir kalo ada kargo fragile ya 'good bye cargo'. Vonis bengkel: ganti seluruh pintu (termasuk engsel pintu bagasi), bumper, dan rumah lampu. Monggo, yang bayar asuransi. :mrgreen:

Hmmm, tentang airbag penumpang, kemaren ane utak atik Beem seri 7 2011. Ada switch untuk menon aktifkan passenger airbag di panel dashboard kiri.
Ane setuju banget dengan ada nya switch itu. Kalo pake kursi bayi isofix di sana, remuk dah tuh anak.
Seingat ane, trigger airbag depan ada di bagian moncong mobil, bukan di seatbelt. Jadi kalo ada tumbukan, kedua airbag akan mengembang secara default dan ada banyak parameternya, ga cuman seatbelt.
http://en.wikipedia.org/wiki/Airbag#Tri ... conditions
Sekarang, malah lebih jago sensor dan parameternya, selain ada sensor inersia, juga ada sensor untuk kursi depan (kalo ada penumpang), sensor seatbelt, sensor ISOFIX (untuk kursi bayi), dll. Tapi tetap, switch untuk menon aktifkan passenger airbag bakal nongkrong di mobil2 premium.

IMHO, pabrikan eropa lebih memperhatikan hal2 kecil beginian. You got what you paid for the car. :mrgreen:
Bukannya saya bilang, salah satu pemicunya?
IMHO, airbag berguna, tapi BUKAN segalanya.
:big_peace:

Oh iya... ketinggalan...

Mobil dengan banyak sensor dan electronic nannies...?
No, thanks..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by madcat015 »

VanzMatic wrote: Bukannya saya bilang, salah satu pemicunya?
IMHO, airbag berguna, tapi BUKAN segalanya.
:big_peace:

Oh iya... ketinggalan...

Mobil dengan banyak sensor dan electronic nannies...?
No, thanks..
:big_peace:
Ups. Sori. Ane meleset ngebaca 2 kata itu. Mohon dimaklumi, nyambi ngurus bagian produksi dan teriak2 ke bagian ekspedisi.

Honda CityZ ane, sebagai info, ga ada apa2nya. Mesin, transmisi, badan mobil, udah itu aja... Dan ga pernah rewel. Paling ECU induk doang sebagai komputer dan sensor mesin. And it helps a lot, not giving me even a single d*mn problem for 10 years.

Sensors and elec nannies? Thank u, I'll take two cars full of it (SX-4 and M8).
============================================================
Back to topic... hhhh....

Melihat pergerakan harga produk2 Toyota yang merangkak naik (lagi) bulan Januari ini, :off_no: jika pricing nya Suzuki tetap reasonable, ane rasa Ertiga double blower bakal jadi primadona line up Ertiga. :off_good_job: dan semoga versi matik nya muncul.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by VanzMatic »

Yup, santei aja broo... ini juga ane sambilan ngetik SM kalo kerjaan data udah bikin mata sumpek... :wkkk:

Kalau IMHO, kok Ertiga ini masih berasa sempit buat badan gajah ane yak... :mky_01: Walaupun avanza sempit, tapi masih sedikit lebih longgar Avanza, apalagi untuk row 3 nya itu.... Ertiga... :off_no:

Kayakna, Ertiga ini bakal cocok untuk keluarga yang baru anak 1 atau 2 yang masih kecil2, atau Keluarga kecil yang jarang pergi rame2...
Kalau kayak keluarga ane yang kelas berat semua, bakal ngomel tuh yang duduk di row 3 kalau pakai Ertiga..
Dan lagi, avanza bisa dijejelin sampai 9 orang (postur rata2 anak kuliahan awal).
Kalau Ertiga sih, AFAIK aja sih, kok kayaknya engga meng-akomodasi "wild side" seperti itu.. :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by Xous »

@VM, drpd mengakomodir 9 people d sono, gimana klo ngerental ipah bensin aja klo mau jalan beramai2 om, 8/9 org lega msh d sana haha. klo tuk 3rd row ane rasa, avz,ertiga,gl urutan nya dr yg plg enak sampe plg sempit.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by VanzMatic »

Xous wrote:@VM, drpd mengakomodir 9 people d sono, gimana klo ngerental ipah bensin aja klo mau jalan beramai2 om, 8/9 org lega msh d sana haha. klo tuk 3rd row ane rasa, avz,ertiga,gl urutan nya dr yg plg enak sampe plg sempit.
Hihihi.... :mky_01:
Itu emang dadakan, om... pas mendadak harus angkut orang segitu balik ke rumah dari jenguk ayah tempo hari...Daripada mencar mencar, naik taxi lah, TransJogja lah..dll dll...

For safety reason, lewatin jalan kecil aja...
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by nugroho bagor »

VanzMatic wrote:
Xous wrote:@VM, drpd mengakomodir 9 people d sono, gimana klo ngerental ipah bensin aja klo mau jalan beramai2 om, 8/9 org lega msh d sana haha. klo tuk 3rd row ane rasa, avz,ertiga,gl urutan nya dr yg plg enak sampe plg sempit.
Hihihi.... :mky_01:
Itu emang dadakan, om... pas mendadak harus angkut orang segitu balik ke rumah dari jenguk ayah tempo hari...Daripada mencar mencar, naik taxi lah, TransJogja lah..dll dll...

For safety reason, lewatin jalan kecil aja...
:mky_01:
(•͡˘˛˘ •͡)
wong yk tho
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by VanzMatic »

benernya kelahiran surabaya.. :mky_01:

Bapak ibu yg di sana..
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by madcat015 »

Xous wrote:@VM, drpd mengakomodir 9 people d sono, gimana klo ngerental ipah bensin aja klo mau jalan beramai2 om, 8/9 org lega msh d sana haha. klo tuk 3rd row ane rasa, avz,ertiga,gl urutan nya dr yg plg enak sampe plg sempit.
Setuju bro Xous dengan urutan lega nya 3rd mobil2 td. :frm_tumbleft:

GL benar2 sempit. Sudah gitu mesin underpowered (apa gara2 transmisi matik ya?). Untungnya tampilan oke banget dan desain dashboard cukup modern.

Ane pernah naik Luxio D punya teman, set dah, baris ke-2 nya super lega, baris ke-3 sangat manusiawi. Memang terkendala bantingan stiff dan posisi pengemudi di atas mesin yang bikin ga ngeh. Overall, ane lebih pilih Luxio dari pada Evalia.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by DOHC »

avansa... dicela, dimaki, dihina... tp tetep kokoh jd raja selama 8 taon... karena yahh emg dia punya resep yg disukai oleh orang indonesia... murah, harus bisa angkut orang satu RT, dan murah di perawatan dan pemakaian...

apansa ane, jadi mobil perang utk operasional, dan kadang2 ane jg ikutan make utk angkut2 barang... bahkan uda beberapa kali muter2 lintas akap jawa... masi tetep ngeglinding ampe skrg tanpa masalah berarti... emang ini mobil aneh.. kulit nya dikasi kulit tipis (kaleng krupuk kali kalo org2 bilangnya)... tp itu chassis dbkin lumayan kuat... kaki2 pun jg ga terlalu rewel walaupun masi kalah kalo dibanding dgn ipah... mesin pun utk tarikan awal jg enak... cocok utk rute dalkot dan bawa barang...

perawatan ?? cuman perna masuk beres utk servis gratis... abis itu yahh dikerjain serba sendiri di rumah,dari tune up ampe ganti oli... gampang dan simple... persis sperti abang tiri nya, si ipah..

kekurangan ini mobil bagi ane plg cuman di tenaga yg kurang memuaskan utk putaran atas, bantingan yg keras, peredaman suara dan panas yg serba hemat dan rem yg kurang mumpuni... ampe binggung ane yg bisa geber apansa nya gila2an... ga takut apa yahh dgn rem yg pas2an gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Focus
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 16 Dec 2012, 17:03
Location: Bekasi

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by Focus »

Menanggapi jawaban Vanzmatic

Bя☺‎​, yg namanya kecelakaan siapa yg tau sih, mau mobil secanggih apa kek, kalo Ųϑάђ waktunya koit ya koit.

Gw juga pemakai xenia xi deluxe 1.3 yg nota bone sama kaya avansa dari segi body mesin ϑa̐ñ produsen.

Hampir smua ☺яåήĞ juga pernah yg namanya naikin avansa ϑa̐ñ xenia, karna emang mobil dgn pangsa pasar tinggi, kenapa bisa gitu? Kembali lagi jawabannya adalah BRANDED. Seandainya avansa ϑí produksi oleh KIA atau HYUNDAI yg pabrikan nya dari KOREA, gw yakin sedikit yg beli itu mobil. Ini indonesia Bя☺‎​, yg beli mobil krna murah, efisiensi ϑa̐ñ tren bukan krna fitur ϑa̐ñ teknologi, kenyamanan ϑa̐ñ keamanan.

Suzuki menghadirkan ertiga dgn hraga yg sebanding dgn avansa, gw sbgai ☺яåήĞ awam lebih mencondong ke ertiga. Karna emang MUTLAK dari segi kenyamanan, ϑa̐ñ keamanan mobil itu lebih PLUS dibandingkan avansa.

Suspensi yg keras kalo ada jugglegkan (polisi tidur maksd gw) sampe2 penumpang dibelakang ikutan goyang keatas, untung2 kepala si penumpang gak kena plafon mobilnya kan jadi atiiiittt....ibarat nya sama kaya angkot dah....eheehheheheheeee.....

Lalu bagaimana dgn sistem pengereman? Ertiga Ųϑάђ ABS, EBD, BA. Hemmmmm makin keren ajah ϑa̐ñ savty kan??? Lalu avansa gimana??? Cuma ngandelin rem cakram doang Bя☺‎​, periksa aja kampas rem nya make merk apaa..!!

Ertiga emang masih baru ϑí indonesia, jadi gw belum pernah liat kalo ertiga ϑí stiker nomor atau ϑí painting nama perusahaan apalagi ϑí plat kuningin...(Ehehehee angkot ϑöήƙ...)
GOD BLEZZ U
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by y_anjasrana »

klu avanza diributkan soal safetynya koq ga ada yg meributkan safety mobil2 mesin kolong atau tanpa hidung? scara utk tabrakan frontal pasti parah hasilnya. dari granmax, apv, luxio, carry, hingga truk2 kecil. ga ada hidungnya semua tuh. tp koq ya bisa diekspor malahhh... berarti laku jg di LN.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: 23 Dec 2012, 09:30

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by g4ndalf »

Soal safety avanza, sebetulnya tergantung cara mengemudikan... Kalau safe, gak ugal2an, max 80 kpj saya kira akan cukup aman. Tapi kalo dibejek gas poll di jalan menikung, ya pasti bahaya.

Kalau saya analisa memang avanza itu mobil murah meriah, muat banyak + relatif irit. Ruangan di dalam juga cukup lega, tapi kelegaan ruangan itu harus dibayar dengan handling nya. Karena headroom begitu luas - maka bentuk mobil boleh dibilang nyaris kotak, dengan bentuk seperti ini tentunya distribusi berat relatif berat di atas, dgn kata lain: center of gravity nya lebih tinggi. Ini nggak terbatas pada avanza saja, mobil lain spt apv, atau bahkan alphard sekalipun juga spt itu bentuknya. Ini nggak jadi masalah kalau jalan lurus, tapi kalau menikung tajam di kec.tinggi bisa jd mslh.

Kenapa avanza diributin lebih dr yg lain? Ya karena ini mobil paling laku, tentu jumlah insiden akan lebih banyak. Tapi kalau saya lihat sebetulnya safetynya sudah ok buat kondisi jalan di indonesia, cuma kalau mau dibejek sampe 120kmh lebih ya memang tidak stabil (saya udah ngerasain, dan mmg kurang stabil utk kec.tinggi) - saya pribadi misal harus bawa avanza ngangkut keluarga paling banter jalan 80 kmh (kalau rental pun, misal driver ngebut pasti saya tegur), soalnya di atas kec itu saya merasa handling mobil ini tidak memadai.

Soal body tipis, ini juga nggak jadi masalah dengan syarat tidak terjadi high speed crash. Kalo cuma di perkotaan dengan kondisi jalan ramai, kecepatan 40-50kpj, sudah cukup aman. Tapi kalau kecelakaan dengan kecepatan di atas 100kpj - kalau bisa selamat tanpa cedera itu miracle beneran. Intinya menurut saya safety yg paling utama adalah cara mengemudi.

Apakah hanya avanza yg spt ini, kalo sy bilang - mobil2 sekelas lainnya juga kurang lebih sama, apv, granmax, luxio, evalia... juga kurang lebih sama. Ertiga sekalipun sy kira nggak beda jauh, hanya saja kalau dilihat spek dimensinya ertiga, wheelbase lebih panjang, juga headroom sempit = body mobil cenderung mengerucut ke atas - ini membuat center of gravity lebih rendah, dilihat sekilas dari itu harusnya lebih stabil dibanding avanza atau apv misalnya.

Jadi tergantung mobil utk apa, kalau sekedar utk transportasi + kelegaan ruangan jadi prioritas, avanza menang (tapi mungkin evalia lebih bagus?) tapi kalau bicara handling / driving experience, sekilas meskipun saya blm test drive - dilihat dari speknya seharusnya lebih bagus ertiga handlingnya drpd avanza.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by VanzMatic »

y_anjasrana wrote:klu avanza diributkan soal safetynya koq ga ada yg meributkan safety mobil2 mesin kolong atau tanpa hidung? scara utk tabrakan frontal pasti parah hasilnya. dari granmax, apv, luxio, carry, hingga truk2 kecil. ga ada hidungnya semua tuh. tp koq ya bisa diekspor malahhh... berarti laku jg di LN.
g4ndalf wrote:Soal safety avanza, sebetulnya tergantung cara mengemudikan... Kalau safe, gak ugal2an, max 80 kpj saya kira akan cukup aman. Tapi kalo dibejek gas poll di jalan menikung, ya pasti bahaya.

Kalau saya analisa memang avanza itu mobil murah meriah, muat banyak + relatif irit. Ruangan di dalam juga cukup lega, tapi kelegaan ruangan itu harus dibayar dengan handling nya. Karena headroom begitu luas - maka bentuk mobil boleh dibilang nyaris kotak, dengan bentuk seperti ini tentunya distribusi berat relatif berat di atas, dgn kata lain: center of gravity nya lebih tinggi. Ini nggak terbatas pada avanza saja, mobil lain spt apv, atau bahkan alphard sekalipun juga spt itu bentuknya. Ini nggak jadi masalah kalau jalan lurus, tapi kalau menikung tajam di kec.tinggi bisa jd mslh.

Kenapa avanza diributin lebih dr yg lain? Ya karena ini mobil paling laku, tentu jumlah insiden akan lebih banyak. Tapi kalau saya lihat sebetulnya safetynya sudah ok buat kondisi jalan di indonesia, cuma kalau mau dibejek sampe 120kmh lebih ya memang tidak stabil (saya udah ngerasain, dan mmg kurang stabil utk kec.tinggi) - saya pribadi misal harus bawa avanza ngangkut keluarga paling banter jalan 80 kmh (kalau rental pun, misal driver ngebut pasti saya tegur), soalnya di atas kec itu saya merasa handling mobil ini tidak memadai.

Soal body tipis, ini juga nggak jadi masalah dengan syarat tidak terjadi high speed crash. Kalo cuma di perkotaan dengan kondisi jalan ramai, kecepatan 40-50kpj, sudah cukup aman. Tapi kalau kecelakaan dengan kecepatan di atas 100kpj - kalau bisa selamat tanpa cedera itu miracle beneran. Intinya menurut saya safety yg paling utama adalah cara mengemudi.

Apakah hanya avanza yg spt ini, kalo sy bilang - mobil2 sekelas lainnya juga kurang lebih sama, apv, granmax, luxio, evalia... juga kurang lebih sama. Ertiga sekalipun sy kira nggak beda jauh, hanya saja kalau dilihat spek dimensinya ertiga, wheelbase lebih panjang, juga headroom sempit = body mobil cenderung mengerucut ke atas - ini membuat center of gravity lebih rendah, dilihat sekilas dari itu harusnya lebih stabil dibanding avanza atau apv misalnya.

Jadi tergantung mobil utk apa, kalau sekedar utk transportasi + kelegaan ruangan jadi prioritas, avanza menang (tapi mungkin evalia lebih bagus?) tapi kalau bicara handling / driving experience, sekilas meskipun saya blm test drive - dilihat dari speknya seharusnya lebih bagus ertiga handlingnya drpd avanza.
Saya gabungin aja ya, karena nyambung kok... :mky_01:

Yup, APV diekspor ke berbagai belahan dunia (walaupun mostly juga ke negara dunia ketiga, paling bagus, ke Aussie), demikian juga Granmax ke Jepang menjelma jadi Toyota Town Ace (pikap) dan Lite Ace (minibus) dengan spek lengkap, sampai ke airbag segala, tapi tetep dengan desain Granmax, bukan Luxio. Avania juga diekspor ke Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Afrika Selatan, Meksiko, Filipina, Syiria, Mesir, Sri-Lanka, Bangladesh, Nepal, Yordania, Lebanon, Tahiti, Nigeria, Mozambique, Kenya, Angola, Madagascar, Mauritius, West Africa, Zibrudge, Pakistan, Fiji, Zimbabwe, Malawi, Zambia, dan Republik Seychelles (tetap negara dunia ketiga juga kan?)

APV dites di ANCAP (Australia) dengan mode tes offset frontal, dapat 3 stars, dengan 2 airbags. http://www.ancap.com.au/results?make=10 ... icleyear=0
http://www.youtube.com/watch?v=74X_o12CVa8

Menang jauh diatas Proton Jumbucks yang hanya 1 star.

Itu pun, kecepatan pengujian seluruh jenis kendaraan di ANCAP adalah... 64 km/jam.http://www.ancap.com.au/crashtesting Klik di video peragaannya.

Jadi, kalau terjadi kecelakaan pada kecepatan diatas itu, dan terjadi akibat yang fatal, JANGAN salahkan pabrikannya. Berani salahkan diri sendiri yang mengemudi terlampau cepat, melampaui kemampuan keselamatan pada kendaraan itu sendiri..

Jadi, fitur safety pada kendaraan itu dirancang BUKAN untuk unlimited speed. Tapi justru pada limited speed: 64km/jam. Pada batas itu lah, fitur safety pada kendaraan Anda bekerja pada titik maksimal. Semakin tinggi kecepatan saat kecelakaan, semakin turun drastis kemampuan fitur safety kendaraan Anda.

Ingin bukti..?

Watch:
http://www.youtube.com/watch?v=Y5vbNbxD6bw
Volvo dan BMW dites tabrak pada kecepatan 120mph..(193kpj)

Oia.. memahami perbedaan antara kendaraan MPV dengan sedan, adalah sangat baik, karena kita bisa memahami gejala body rolling yang sangat besar pada kendaraan MPV, apalagi saat berisi full loaded bila menikung. Jangan samakan MPV dengan sedan. MPV punya batas kemampuan yang lebih sempit dalam keseimbangan dan kestabilan.

So, kalau punya libido balap berlebih, silakan ke sirkuit. Jangan korbankan orang lain apalagi anggota keluarga Anda hanya demi sebuah pengakuan "semu" pembalap, padahal itu sebenernya adalah ironi bagi diri kita sendiri...bawa keluarga kok mikir mbalap?

Maaf kalau menggurui...kalau ngga berkenan, silakan sampaikan aja..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by Xous »

@gandalf, mantap boss penjelasannya mengenai struktur bodi, makae si apv agak mengkerucut d bading luxi n grandmax or event carry futura.
@vm, sy berkenan kok pak :e-whistle: kita diskusi gini ben pinter. Asal g pake ngotot n debat kusir, fine lah
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by VanzMatic »

Xous wrote:@gandalf, mantap boss penjelasannya mengenai struktur bodi, makae si apv agak mengkerucut d bading luxi n grandmax or event carry futura.
@vm, sy berkenan kok pak :e-whistle: kita diskusi gini ben pinter. Asal g pake ngotot n debat kusir, fine lah
Iya, om, saya juga orang jadul, taunya mobil ya yang penting ngga kepanasan, ngga keujanan, gitu aja... en hanya sharing apa yang pernah saya baca dan tonton aja kok.. :ungg:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: 02 Sep 2012, 15:34

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by c_adhi_k »

Ya memang avanza itu memang mobil fenomenal di indonesia, dibalik segala kekurangannya
Soal fitur minim pada avanza? Haha itu mah hanya avanza yang dijual di indonesia coba bandingkan dengan avanza. Yang dijual di china atau malaysia.
Yang di malaysia sudah ada fitur abs+ebd+ dual airbag, mgkin juga ada SDIBnya
Yang menjadi masalah kenapa harus dibedakan?
Kenapa fitur standar dan penting harus dihilangkan?
Kalau alasan masalah harga , skrg sudah trbukti ertiga dgn harg lebih murah(walaupun tidak jauh) dapat memberikan fitur keamanan yang lebih lengkap.
Saya hanya berharap masyarakat kritis terhadap hal2 seperti ini, karena kalau kita kritis kita sendiri yang akan mendapatkan keuntungan
Sebelumnya saya minta maaf kalau ada salah2 kata
Thx
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by hafizh »

c_adhi_k wrote:Ya memang avanza itu memang mobil fenomenal di indonesia, dibalik segala kekurangannya
Soal fitur minim pada avanza? Haha itu mah hanya avanza yang dijual di indonesia coba bandingkan dengan avanza. Yang dijual di china atau malaysia.
Yang di malaysia sudah ada fitur abs+ebd+ dual airbag, mgkin juga ada SDIBnya
Yang menjadi masalah kenapa harus dibedakan?
Kenapa fitur standar dan penting harus dihilangkan?
Kalau alasan masalah harga , skrg sudah trbukti ertiga dgn harg lebih murah(walaupun tidak jauh) dapat memberikan fitur keamanan yang lebih lengkap.
Saya hanya berharap masyarakat kritis terhadap hal2 seperti ini, karena kalau kita kritis kita sendiri yang akan mendapatkan keuntungan
Sebelumnya saya minta maaf kalau ada salah2 kata
Thx
setuju sama di atas, kenapa mesti dibedakan antara versi ekspor sama lokal?
soal SDIB, saya pernah lihat foto xenia china yg sudah di lengkapi SDIB...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by DOHC »

mengenai SDIB... mungkin bisa kita modif sendiri kali yahh... drpd nungguin produsen pasangin...

mnurut ilmu nubie ane... kira2 bisa ga yahh kita las aja sendiri sebatang pipa tebel di tulang rangka pintu... toh berat nya ane rasa ga seberapa... berat peredam aftermarket + door trim custom + speaker aftermarket yg gede aja uda brapa kg lebi berat tuh dari sebatang pipa..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by jalu »

DOHC wrote:mengenai SDIB... mungkin bisa kita modif sendiri kali yahh... drpd nungguin produsen pasangin...

mnurut ilmu nubie ane... kira2 bisa ga yahh kita las aja sendiri sebatang pipa tebel di tulang rangka pintu... toh berat nya ane rasa ga seberapa... berat peredam aftermarket + door trim custom + speaker aftermarket yg gede aja uda brapa kg lebi berat tuh dari sebatang pipa..
chiong...menurut juragan meong, kita bisa kok order part untuk mobil yang versi ekspor (overseas)....coba aja ente pesen door panel avanza versi ekspor sm dia, ketimbang belah kulit pintu trus disambung lagi blm tentu hasilnya presisi
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: 02 Sep 2012, 15:34

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by c_adhi_k »

jalu wrote:
DOHC wrote:mengenai SDIB... mungkin bisa kita modif sendiri kali yahh... drpd nungguin produsen pasangin...

mnurut ilmu nubie ane... kira2 bisa ga yahh kita las aja sendiri sebatang pipa tebel di tulang rangka pintu... toh berat nya ane rasa ga seberapa... berat peredam aftermarket + door trim custom + speaker aftermarket yg gede aja uda brapa kg lebi berat tuh dari sebatang pipa..
chiong...menurut juragan meong, kita bisa kok order part untuk mobil yang versi ekspor (overseas)....coba aja ente pesen door panel avanza versi ekspor sm dia, ketimbang belah kulit pintu trus disambung lagi blm tentu hasilnya presisi
kalau buat nyang ekspor disc brake nya tetep solid atau udah ventilated om?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by jalu »

c_adhi_k wrote:
jalu wrote:
DOHC wrote:mengenai SDIB... mungkin bisa kita modif sendiri kali yahh... drpd nungguin produsen pasangin...

mnurut ilmu nubie ane... kira2 bisa ga yahh kita las aja sendiri sebatang pipa tebel di tulang rangka pintu... toh berat nya ane rasa ga seberapa... berat peredam aftermarket + door trim custom + speaker aftermarket yg gede aja uda brapa kg lebi berat tuh dari sebatang pipa..
chiong...menurut juragan meong, kita bisa kok order part untuk mobil yang versi ekspor (overseas)....coba aja ente pesen door panel avanza versi ekspor sm dia, ketimbang belah kulit pintu trus disambung lagi blm tentu hasilnya presisi
kalau buat nyang ekspor disc brake nya tetep solid atau udah ventilated om?
untuk disc brakenya avanza ekspor saya blm pernah tanyaken apakah solid atau ventilated,
tapi kalo memang minat untuk upgrade disc rotor avanza pake yang ventilated, AFAIK di forum sebelah ada tuh yang jual disc rotor merek RunStop, claimnya sih tinggal plug n play krn memang dibikin khusus avanza/xenia

Image
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: 14 Feb 2012, 07:40
Location: Karawang

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by Tjiewei »

Jadi kasian dgn pembuat topik,pasti binun,,he he
Tp oot mmg plg seru,pendapat saya,avanza lbh enak dari apv,tapi avanza bukan mobil yg nyaman utk dikendarai dan ditumpangi,jalan bergelombang sedikit aja gak ada ampun,seandainya lewat tol cipularang cobalah liat kearah penmpang dari spion tengah,kepala penumpang gak berhenti goyang kanan kiri,dan apabila direm mendadak pada kec diatas 80 kpj mobilnya tdk bisa berenti dgn sempurna,dia akan terseret sekian meter.
Avanza laku?jelas karna hampir semua pembeli mobil di kita apalagi yg entry level,selalu mikir harga jual,jd pembeli mobil berusaha di zona aman terhadap sebuah mobil agar ketika jual kembali tdk rugi banyak,alhasil avnza yg sdh fenomenal semakin laku,bukan karna produknya tp karna harga jualnya,pembeli mobil bekasnya juga berpikir demikian jadilah berantai namun apabila di lihat awalnya avanza laku karna pada saat pertama dilaunch terasa sangat murah,bisa dikatakan mobil tipe mpv yg plg murah saat itu,fenomenal saking banyak peminatnya harga bekasnya bisa lbh tingi dari harga baru,karna mobil barunya hrus indent 3-6 bln,maka para pedagang atau pemcari untung amatiran termasuk sales sales toyota pun berdagang mobil ini,dgn cara membuat spk modal 5 jt kal gak salah,akhirnya semakin panjang indent dan semakin tingginharganya.menurut saya itu awalnya,tapi skrg harga avanza tdk lagi murah,tp tetap aja laku,karna pikiran mobil ini kalo dibeli dan dijual lagi sewaktu tdk rugi banyak,mind set seperti inilah yg membutakan konsumen terhadap kenyaman dan keamanan sebuah kendaraan bermotor,
Dan jangan salah tdk semua pembeli avza adalah entry level,banyak yg mampu beli mobil lbh mahal juga ikutan beli avza karna iming iming resale value,service murah? Tdk juga,coba aja ke beres,terakhir servise 20 k adalah 1,2 jt,menurut saya cukup mahal,gitu sekilas pandang pribadi saya
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: 02 Sep 2012, 15:34

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by c_adhi_k »

jalu wrote:
c_adhi_k wrote:
jalu wrote:
chiong...menurut juragan meong, kita bisa kok order part untuk mobil yang versi ekspor (overseas)....coba aja ente pesen door panel avanza versi ekspor sm dia, ketimbang belah kulit pintu trus disambung lagi blm tentu hasilnya presisi
kalau buat nyang ekspor disc brake nya tetep solid atau udah ventilated om?
untuk disc brakenya avanza ekspor saya blm pernah tanyaken apakah solid atau ventilated,
tapi kalo memang minat untuk upgrade disc rotor avanza pake yang ventilated, AFAIK di forum sebelah ada tuh yang jual disc rotor merek RunStop, claimnya sih tinggal plug n play krn memang dibikin khusus avanza/xenia

Image
thx infonya om
tapi ane ga punya avanza :upss:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by VanzMatic »

Tjiewei wrote:Jadi kasian dgn pembuat topik,pasti binun,,he he
Tp oot mmg plg seru,pendapat saya,avanza lbh enak dari apv,tapi avanza bukan mobil yg nyaman utk dikendarai dan ditumpangi,jalan bergelombang sedikit aja gak ada ampun,seandainya lewat tol cipularang cobalah liat kearah penmpang dari spion tengah,kepala penumpang gak berhenti goyang kanan kiri,dan apabila direm mendadak pada kec diatas 80 kpj mobilnya tdk bisa berenti dgn sempurna,dia akan terseret sekian meter.
Avanza laku?jelas karna hampir semua pembeli mobil di kita apalagi yg entry level,selalu mikir harga jual,jd pembeli mobil berusaha di zona aman terhadap sebuah mobil agar ketika jual kembali tdk rugi banyak,alhasil avnza yg sdh fenomenal semakin laku,bukan karna produknya tp karna harga jualnya,pembeli mobil bekasnya juga berpikir demikian jadilah berantai namun apabila di lihat awalnya avanza laku karna pada saat pertama dilaunch terasa sangat murah,bisa dikatakan mobil tipe mpv yg plg murah saat itu,fenomenal saking banyak peminatnya harga bekasnya bisa lbh tingi dari harga baru,karna mobil barunya hrus indent 3-6 bln,maka para pedagang atau pemcari untung amatiran termasuk sales sales toyota pun berdagang mobil ini,dgn cara membuat spk modal 5 jt kal gak salah,akhirnya semakin panjang indent dan semakin tingginharganya.menurut saya itu awalnya,tapi skrg harga avanza tdk lagi murah,tp tetap aja laku,karna pikiran mobil ini kalo dibeli dan dijual lagi sewaktu tdk rugi banyak,mind set seperti inilah yg membutakan konsumen terhadap kenyaman dan keamanan sebuah kendaraan bermotor,
Dan jangan salah tdk semua pembeli avza adalah entry level,banyak yg mampu beli mobil lbh mahal juga ikutan beli avza karna iming iming resale value,service murah? Tdk juga,coba aja ke beres,terakhir servise 20 k adalah 1,2 jt,menurut saya cukup mahal,gitu sekilas pandang pribadi saya
Pertama, kalau saya pribadi, engga pernah satu kali pun dalam membeli mobil, mikir "Cari yang kalo dijual lagi gampang". Kalo saya, mikirnya "Cari mobil yang gampang cari bengkel resminya, apes2 nya kalo lagi bokek, bengkel partikelir aja sambil tutup mata bisa servisin, plus spare part ngga sulit carinya alias jangan sampe deh untuk spare part aja sampe indent atau bengkel umum ngga sedia, dan bisa nampung 7-8 orang". That's it.

Kedua, Avanza masih lebih nyaman kok dibanding Colt T120ss Adiputro saya sebelumnya. For sure. :big_smoking: Even sudah pakai ban semi radial.

Ketiga, Kalau menurut skala harga dari awal 2000-an, dibanding sekarang, ya, memang harga naik. Tapi, masih ingatkah Anda, kira2 di tahun 2000-an, anda jajan bakso semangkok masih berapa? Sekarang, kalau jajan bakso, kasih duit yang sama, boleh ngga? Apa mau komplen ke pak penjualnya kalau sekarang kemahalan jual bakso nya? Padhal, rasa baksonya, bumbu nya, dan gerobak nya, masih sama aja dengan beberapa tahun silam itu.. Apa iya Anda akan membandingkan dengan penjual bakso lain yang masih bisa kasih harga 3.000?
Kalau ilustrasi di atas terasa absurd, fine, coba bandingkan misalnya harga suzuki Futura dengan bodi bikinan Indomobil di tahun 2006, berapa? Sekarang, sudah berapa...?

Keempat, Speed limit di tol Cipularang, berapa, om? 100? 120? 150? Mengemudilah di jangkauan kecepatan yang dibolehkan oleh hukum. Terlalu pelan juga bikin emosi, terlalu cepat juga tidak baik. Kalau dibawa >100, trus jadi ajrut ajrutan, ya ngga boleh komplen dong. Kecuali di akhir2 tol purbaleunyi itu yang mengarah ke lintas selatan, sambungan jembatannya emang sia'ul bener itu memang. Sedan2 aja ngerem kok disitu...Kalo MPV tetep ngga ngerem, ya resiko tanggung sendiri kan?

Toh saya juga engga cuman ngerasain avanza doank kok. Paling engga, mobil2 di range harga yang sama plus sedikit sedan2 juga sudah pernah saya rasain nyupir kok. Yang salah tu adalah persepsi yang maunya MPV harus bisa senyaman sedan... WTH? Analoginya, itu sama saja memaksa menyamakan sedan harus bisa muat banyak seperti MPV..

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by y_anjasrana »

apanja cocoknya di jalan lurus aja. kalu belok2, lebih baik pelan2... :big_peace:
Accurate V5 Accounting System Consultant
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post