Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by doq »

hueheehehe.........keliatan kok klo si oom ini butuh nya ratjoen :upss:

klo mengenai panther beserta ubahan nya, kita tunggu aja kehadiran oom DOHC, BADAK dan mario........bisa dibilang utk urusan kucing garong mereka cukup gape. :mrgreen:

klo saya pribadi, selama ada bengkel spesialis yg deket bakalan vote blazer LT mata sipit............guanteng bin gagah!! :big_smoking:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by solar_kerosen »

doq wrote:hueheehehe.........keliatan kok klo si oom ini butuh nya ratjoen :upss:

klo mengenai panther beserta ubahan nya, kita tunggu aja kehadiran oom DOHC, BADAK dan mario........bisa dibilang utk urusan kucing garong mereka cukup gape. :mrgreen:

klo saya pribadi, selama ada bengkel spesialis yg deket bakalan vote blazer LT mata sipit............guanteng bin gagah!! :big_smoking:

Perkasa maning yah doq ........ :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by DOHC »

nubie numpang komen yahh...

mengenai panther... benar sperti yg uda rekan2 dsini blg... utk varian hi sporty utk sektor kaki2 emang agak kurang kuat... karena biarpun dipakein ban gede, tapi ternyata kaki2 nya masi menganut sama persis plek dgn yg varian minibus nya... lahh wong yg varian minibus nya aja kaki2 nya uda rentan... apalagi dipakein ban gede...

kalo tetep keukeh mau ngambil panther versi jeep... ambil yg uda varian kapsul sperti yg touring... itu uda ada perbaikan dari sektor kaki2...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by VanzMatic »

DOHC wrote:nubie numpang komen yahh...

mengenai panther... benar sperti yg uda rekan2 dsini blg... utk varian hi sporty utk sektor kaki2 emang agak kurang kuat... karena biarpun dipakein ban gede, tapi ternyata kaki2 nya masi menganut sama persis plek dgn yg varian minibus nya... lahh wong yg varian minibus nya aja kaki2 nya uda rentan... apalagi dipakein ban gede...

kalo tetep keukeh mau ngambil panther versi jeep... ambil yg uda varian kapsul sperti yg touring... itu uda ada perbaikan dari sektor kaki2...
Cuman mungkin om mlengse nya yang harus nambahin dananya...

Kira2 menurut om klep, estimasi persiapan dana cadangan untuk ngerjain PR beli Panther seken, berapaan ya om, kalo om mlengse mencadangkan 75jt-an?

Kayakna dari pejwan blom disinggung nih perkara ginian..
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by asudarsono »

Blazer juga asyik. Empuk. Boyo sih paling bisa 140kpj. Stylenya juga keren. Dan kalengnya kuat bener. Satu2nya mobil baru yg bisa bikin penyok 504ku.
Ready to Race
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by ak4ng »

kl ane si ttp meningan yg 4ja1.. 2.5L drpd yg c223 2.3L... ntu masi indirect injection.. ada busi pijarnya.... (cmiiw bgt) kagok lah... blm lagi tingkat aus jeroannya... btw mmg medannya kek gmn?? sperti kbon teh kah?? yg semuanya full batu....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by DOHC »

coba ane share ilmu pernubie an panther ane yahh....

kalo utk sektor mesin, sebenernya 4ja1 itu kategori mesin badak... bahkan hal ini di amini oleh salah satu bengkel injector diesel ternama di jakarta... mnurut bengkel tsb, mesin ini mahh, asal rutin ganti oli ama filter aja dijamin super panjang umur nya... tipikal mesin2 diesel jadul lahh... trus kalo mnurut milis nya panther, enjin blok nya ini termasuk robust bgt.. dipakein turbo dan dihajar boost ampe 1 bar aja masi kuat... makanya utk mesin sehh harus nya ga terlalu banyak jajan... kalo mau ngecek sehh, yg penting suara enjin harus normal, ga ada suara metal2 atau bunyi2 abnormal lain nya... trus stelah suhu mesin mencapai normal, coba buka tutup pengisian oli nya, kalo yg kluar cipratan oli yahh normal, tapi kluar nya malah oli disertai asap sperti knalpot yahhhh, berarti ada yg ga beres.. utk servis overhaul ane perna nanya, utk jasa dan spare part, kalo ga parah2 amat, masi bisa di bawah 10 jt...

nahhh kalo sektor kaki2, biasanya panther itu sucks di kaki2 depan nya... kalo kaki2 blakang sehhh kuat bangett... nahh kaki2 depan untung nya spare part nya murahhhhhhh bangettt... ane perna restorasi kaki2 total panther ane, dari tie rod rack, tie rod end, ball joint atas dan bawah, idle arm, bearing roda depan, karet2 bushing smua nya, ampe shock depan pake yg touring punya aja cuman abis 2 juta lebi dikit... ongkos ganti itu smua di bengkel rumahan cuman kena 300an rebu...

tapi jgn lupa cek power steering nya... ini sehh komponen jg bener2 badak kuatnya... tapi kalo rusak yahhh ckup nguras kantong... panther itu khas kalo setir nya super enteng... nahh kalo diputer ada bunyi2 aneh atau berat, mending jangan dehh... utk seal2 power steering nya aja 350an rebu... blom termasuk ongkos overhaul yg ckup mahal...

utk sektor ac, ini jg boleh diperhatikan walaupun lagi2 komponen dan servis ac nya panther jg murahh koq... kompressor ac panther aja cuman 2 jutaan... bandingkan dgn kepunyaan honda jazz atau innova yg naujubileh mahal nya...

nahhh, yg plg mahal dari panther itu yahh urusan soal body repair... scara panther itu kualitas body nya masi caur bangett... gampang keropos dan karatan... solusi nya sehh, mending utk kropos2 gt bawa ke bengkel ketok las yg emang bener2 ntuh karat di potong trus di las besi plat baru... bukan cuman di tambal...

cmiiw...
VanzMatic wrote:
DOHC wrote:nubie numpang komen yahh...

mengenai panther... benar sperti yg uda rekan2 dsini blg... utk varian hi sporty utk sektor kaki2 emang agak kurang kuat... karena biarpun dipakein ban gede, tapi ternyata kaki2 nya masi menganut sama persis plek dgn yg varian minibus nya... lahh wong yg varian minibus nya aja kaki2 nya uda rentan... apalagi dipakein ban gede...

kalo tetep keukeh mau ngambil panther versi jeep... ambil yg uda varian kapsul sperti yg touring... itu uda ada perbaikan dari sektor kaki2...
Cuman mungkin om mlengse nya yang harus nambahin dananya...

Kira2 menurut om klep, estimasi persiapan dana cadangan untuk ngerjain PR beli Panther seken, berapaan ya om, kalo om mlengse mencadangkan 75jt-an?

Kayakna dari pejwan blom disinggung nih perkara ginian..
:mky_01:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by VanzMatic »

DOHC wrote:coba ane share ilmu pernubie an panther ane yahh....

kalo utk sektor mesin, sebenernya 4ja1 itu kategori mesin badak... bahkan hal ini di amini oleh salah satu bengkel injector diesel ternama di jakarta... mnurut bengkel tsb, mesin ini mahh, asal rutin ganti oli ama filter aja dijamin super panjang umur nya... tipikal mesin2 diesel jadul lahh... trus kalo mnurut milis nya panther, enjin blok nya ini termasuk robust bgt.. dipakein turbo dan dihajar boost ampe 1 bar aja masi kuat... makanya utk mesin sehh harus nya ga terlalu banyak jajan... kalo mau ngecek sehh, yg penting suara enjin harus normal, ga ada suara metal2 atau bunyi2 abnormal lain nya... trus stelah suhu mesin mencapai normal, coba buka tutup pengisian oli nya, kalo yg kluar cipratan oli yahh normal, tapi kluar nya malah oli disertai asap sperti knalpot yahhhh, berarti ada yg ga beres.. utk servis overhaul ane perna nanya, utk jasa dan spare part, kalo ga parah2 amat, masi bisa di bawah 10 jt...

nahhh kalo sektor kaki2, biasanya panther itu sucks di kaki2 depan nya... kalo kaki2 blakang sehhh kuat bangett... nahh kaki2 depan untung nya spare part nya murahhhhhhh bangettt... ane perna restorasi kaki2 total panther ane, dari tie rod rack, tie rod end, ball joint atas dan bawah, idle arm, bearing roda depan, karet2 bushing smua nya, ampe shock depan pake yg touring punya aja cuman abis 2 juta lebi dikit... ongkos ganti itu smua di bengkel rumahan cuman kena 300an rebu...

tapi jgn lupa cek power steering nya... ini sehh komponen jg bener2 badak kuatnya... tapi kalo rusak yahhh ckup nguras kantong... panther itu khas kalo setir nya super enteng... nahh kalo diputer ada bunyi2 aneh atau berat, mending jangan dehh... utk seal2 power steering nya aja 350an rebu... blom termasuk ongkos overhaul yg ckup mahal...

utk sektor ac, ini jg boleh diperhatikan walaupun lagi2 komponen dan servis ac nya panther jg murahh koq... kompressor ac panther aja cuman 2 jutaan... bandingkan dgn kepunyaan honda jazz atau innova yg naujubileh mahal nya...

nahhh, yg plg mahal dari panther itu yahh urusan soal body repair... scara panther itu kualitas body nya masi caur bangett... gampang keropos dan karatan... solusi nya sehh, mending utk kropos2 gt bawa ke bengkel ketok las yg emang bener2 ntuh karat di potong trus di las besi plat baru... bukan cuman di tambal...

cmiiw...
VanzMatic wrote:
DOHC wrote:nubie numpang komen yahh...

mengenai panther... benar sperti yg uda rekan2 dsini blg... utk varian hi sporty utk sektor kaki2 emang agak kurang kuat... karena biarpun dipakein ban gede, tapi ternyata kaki2 nya masi menganut sama persis plek dgn yg varian minibus nya... lahh wong yg varian minibus nya aja kaki2 nya uda rentan... apalagi dipakein ban gede...

kalo tetep keukeh mau ngambil panther versi jeep... ambil yg uda varian kapsul sperti yg touring... itu uda ada perbaikan dari sektor kaki2...
Cuman mungkin om mlengse nya yang harus nambahin dananya...

Kira2 menurut om klep, estimasi persiapan dana cadangan untuk ngerjain PR beli Panther seken, berapaan ya om, kalo om mlengse mencadangkan 75jt-an?

Kayakna dari pejwan blom disinggung nih perkara ginian..
:mky_01:
Widiw... mantepp benerrrr...ilmunya.. ane bookmark ah.. :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by solar_kerosen »

DOHC wrote:coba ane share ilmu pernubie an panther ane yahh....

kalo utk sektor mesin, sebenernya 4ja1 itu kategori mesin badak... bahkan hal ini di amini oleh salah satu bengkel injector diesel ternama di jakarta... mnurut bengkel tsb, mesin ini mahh, asal rutin ganti oli ama filter aja dijamin super panjang umur nya... tipikal mesin2 diesel jadul lahh... trus kalo mnurut milis nya panther, enjin blok nya ini termasuk robust bgt.. dipakein turbo dan dihajar boost ampe 1 bar aja masi kuat... makanya utk mesin sehh harus nya ga terlalu banyak jajan... kalo mau ngecek sehh, yg penting suara enjin harus normal, ga ada suara metal2 atau bunyi2 abnormal lain nya... trus stelah suhu mesin mencapai normal, coba buka tutup pengisian oli nya, kalo yg kluar cipratan oli yahh normal, tapi kluar nya malah oli disertai asap sperti knalpot yahhhh, berarti ada yg ga beres.. utk servis overhaul ane perna nanya, utk jasa dan spare part, kalo ga parah2 amat, masi bisa di bawah 10 jt...

nahhh kalo sektor kaki2, biasanya panther itu sucks di kaki2 depan nya... kalo kaki2 blakang sehhh kuat bangett... nahh kaki2 depan untung nya spare part nya murahhhhhhh bangettt... ane perna restorasi kaki2 total panther ane, dari tie rod rack, tie rod end, ball joint atas dan bawah, idle arm, bearing roda depan, karet2 bushing smua nya, ampe shock depan pake yg touring punya aja cuman abis 2 juta lebi dikit... ongkos ganti itu smua di bengkel rumahan cuman kena 300an rebu...

tapi jgn lupa cek power steering nya... ini sehh komponen jg bener2 badak kuatnya... tapi kalo rusak yahhh ckup nguras kantong... panther itu khas kalo setir nya super enteng... nahh kalo diputer ada bunyi2 aneh atau berat, mending jangan dehh... utk seal2 power steering nya aja 350an rebu... blom termasuk ongkos overhaul yg ckup mahal...

utk sektor ac, ini jg boleh diperhatikan walaupun lagi2 komponen dan servis ac nya panther jg murahh koq... kompressor ac panther aja cuman 2 jutaan... bandingkan dgn kepunyaan honda jazz atau innova yg naujubileh mahal nya...

nahhh, yg plg mahal dari panther itu yahh urusan soal body repair... scara panther itu kualitas body nya masi caur bangett... gampang keropos dan karatan... solusi nya sehh, mending utk kropos2 gt bawa ke bengkel ketok las yg emang bener2 ntuh karat di potong trus di las besi plat baru... bukan cuman di tambal...

cmiiw...
VanzMatic wrote:
DOHC wrote:nubie numpang komen yahh...

mengenai panther... benar sperti yg uda rekan2 dsini blg... utk varian hi sporty utk sektor kaki2 emang agak kurang kuat... karena biarpun dipakein ban gede, tapi ternyata kaki2 nya masi menganut sama persis plek dgn yg varian minibus nya... lahh wong yg varian minibus nya aja kaki2 nya uda rentan... apalagi dipakein ban gede...

kalo tetep keukeh mau ngambil panther versi jeep... ambil yg uda varian kapsul sperti yg touring... itu uda ada perbaikan dari sektor kaki2...
Cuman mungkin om mlengse nya yang harus nambahin dananya...

Kira2 menurut om klep, estimasi persiapan dana cadangan untuk ngerjain PR beli Panther seken, berapaan ya om, kalo om mlengse mencadangkan 75jt-an?

Kayakna dari pejwan blom disinggung nih perkara ginian..
:mky_01:



om klep gue mau Tag aja ya :big_weee:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by DOHC »

weitss... itu cuman ilmu nubie ane doank koq... siapa tau banyak salah nya...

nambahin ahh utk perawatan rutin panty...

- oli bsa pake yg 10W-40 atau 15W-40... sperti saran um turbo di tret2 sebelah... gunakan yg api CI-4... harga ga seberapa mahal.. beberapa merek yg di rekomen oleh um turbo dan rekan2 di milis panther ada meditran SX, rimula R3X, caltex delo gold... ntuh smua sliter nya dibawah 50 rebu... walaupun di buku tulis nya disuru 5 literan lebih... tapi biasanya ane masukin 4.5 liter jg uda ckup... kelebihan malah jadi rembes oli di seal crankshaft yg depan... filter oli mau tiap kali ganti per ganti oli atau 2 kali ganti oli jg gpp, utk yg KW kisaran 30an rebu...
- filter solar ganti tiap 10 rebu karena biasanya pas umur sgini jg uda tewas tuh filter karena mampet... mau pake yg ori atau KW sama aja... sekedar gambaran, yg KW merek sakura cuman 20an rebu... dan tiap kali ganti filter, ntuh pompa mekanik / water sedimenter nya di buka trus dibuang endapan lumpur dan air nya, trus skalian lobang2 di kepala pompa nya ditiup pake kompressor, biasa nya kluar tuh lumpur2 dan berbagai kotoran lain nya...
- filter udara pake yg KW punya, merek sakura atau yg mirip model tokisul diesel punya, harga skitar 40an rebu.. ganti per 40 rebu km... kalo pake yg bawaan panther, napas nya kurang panjang pas di geber...
- oli transmisi bole pake oli mesin.. disamain aja... ganti per 15 rebu km... soalnya biasanya kalo diatas 15 rebu km uda ga enak banget perpindahan gigi nya.... kalo gardan yahh skalian ama transmisi... murah koq...
- stel klep sehh disaranin per 15-20 rebu km sekali... tapi ane sering jalan ampe 30an rebu ga stel klep jg gpp tuh...

tuhh kan itung2, perawatan panther murah kann... dan enak nya lagi.. smua bisa di kerjain sendiri lagi... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
mlengse
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Apr 17, 2012 16:05

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by mlengse »

Wah mantab sekali ilmunya om DOHC..
Benar2 berharga..
Noted..
Matur nuwun..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by Turboman »

DOHC wrote:
- oli transmisi bole pake oli mesin.. disamain aja... ganti per 15 rebu km... soalnya biasanya kalo diatas 15 rebu km uda ga enak banget perpindahan gigi nya.... kalo gardan yahh skalian ama transmisi... murah koq...
OLi Transmisi bisa pakai Honda MTF punya, gak mahal dan oke, krn trans Panthy pake oli dgn SAE yg sama spt oli mesin.

Oli gardan pakai SAE 90 atau 85W90 GL-5
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by DOHC »

^^
master diesel telah bersabda..... :big_smoking: :big_smoking:

um turbo, btw emangnya honda mtf itu GL 4 atau 5 um ?? trus tingkatan nya brapa ?? 75W atau 80 atau 85... utk gardan selama ini panty ane kasi yg shell spirax yg 75W-90 GL-5, transmisi jg kadang ane kasi oli ini... tanggung soalnya beli segalon...

btw yg soal ipah ane.. thanks om saran nya, uda solved skrg... beres toyota puri emg mantap pelayanan nya... :off_good_job: :off_good_job:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by ak4ng »

baru ngerti ane.. wajar panter tuwir harganya nahan bgt....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by DOHC »

yahh kalo ngadu soal ketahanan enjin sehhh.... apanja ga ada eek2 nya kang lawan diesel2 jadul.. :big_smoking: :big_smoking:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by ak4ng »

DOHC wrote:yahh kalo ngadu soal ketahanan enjin sehhh.... apanja ga ada eek2 nya kang lawan diesel2 jadul.. :big_smoking: :big_smoking:
biar sama2 80an HP.... tp ane menang lebih ringan... aerodinamis... lebih muda pula.. tingkat aus nya lebi dikit... :big_weee: :big_weee:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by Turboman »

DOHC wrote:^^
um turbo, btw emangnya honda mtf itu GL 4 atau 5 um ?? trus tingkatan nya brapa ?? 75W atau 80 atau 85... utk gardan selama ini panty ane kasi yg shell spirax yg 75W-90 GL-5, transmisi jg kadang ane kasi oli ini... tanggung soalnya beli segalon...
wah wah wah.....transmisi Panthy pake SAE oli mesin, utk mudah en murahnya pake oli Honda MTF aja, krn transmisi Honda en Isuzu pakai oli SAE oli mesin.

memang sih kalau dikonversi sesuai standard ISO, kekentalan gear oil 75W90 itu setara oli mesin 15W40, hanya saja mesti ada alasan tertentu mengapa pihak Isuzu meminta user utk menggunakan oli mesin.

Kalo gardan Panther sebaiknya jgn kasih 75W90, kasih 90 lurus atau 85W-90 GL-5 aja, sebab Gardan Panther mintanya oli kental en bisa pakai sampai SAE 140.

Oli gardan harus GL-5
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
DOHC wrote:^^
um turbo, btw emangnya honda mtf itu GL 4 atau 5 um ?? trus tingkatan nya brapa ?? 75W atau 80 atau 85... utk gardan selama ini panty ane kasi yg shell spirax yg 75W-90 GL-5, transmisi jg kadang ane kasi oli ini... tanggung soalnya beli segalon...
wah wah wah.....transmisi Panthy pake SAE oli mesin, utk mudah en murahnya pake oli Honda MTF aja, krn transmisi Honda en Isuzu pakai oli SAE oli mesin.

memang sih kalau dikonversi sesuai standard ISO, kekentalan gear oil 75W90 itu setara oli mesin 15W40, hanya saja mesti ada alasan tertentu mengapa pihak Isuzu meminta user utk menggunakan oli mesin.

Kalo gardan Panther sebaiknya jgn kasih 75W90, kasih 90 lurus atau 85W-90 GL-5 aja, sebab Gardan Panther mintanya oli kental en bisa pakai sampai SAE 140.

Oli gardan harus GL-5
WHAADDD...? Tipikal gardan light truck itu mah..... :mky_06: :mky_06: :mky_06:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by DOHC »

busett dahhh.... ternyata musti oli kentel.... bahh kalo gt si panty ane musti ganti oli gardan dl dahh... salah oli pulakk.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by VanzMatic »

DOHC wrote:busett dahhh.... ternyata musti oli kentel.... bahh kalo gt si panty ane musti ganti oli gardan dl dahh... salah oli pulakk.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Tipikal Diesel heavy loaded nih om... Oli gardan pakai punya truk, RPM nya aja red line di 4000rpm... artinya, eco drive ada di 2000rpm-2250.
Image

Pantesan, ane ajak ke daerah Kulon progo, daerah dusun Tetes, kecamatan Samigaluh tempat ane KKN dulu, gigi3 aja masih kuat nanjak! Muatan 3 orang plus barang2 KKN.

Bandingin ama redline nya Kuda Diesel yang di 4.800 rpm.
Image

Emang udah beda karakter dari pabrikannya..
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
mlengse
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Apr 17, 2012 16:05

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by mlengse »

Panther ada takometernya ya? Kok panther dines saya gak ada ya..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by DOHC »

ga smua panther dikasi tachometer om... kalo yg versi standard emang kaga dikasi...

@ VM : ratio gigi panther jg termasuk kasar om... gigi 1 nya aja bahkan dalam posisi tanjakan aja masi bisa burnout kalo kondisi kopling nya sehat... cuman yah itu, napas nya pendek2... jadi musti rajin ganti gigi kalo pake ini mobil... tp kopling panther enteng koq... malah ipah punya lebi berat dibanding panther... tp ini utk panther yg 2500cc yahh..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Trooper atau Blazer atau Panther hi-sporty

Post by solar_kerosen »

kalau Taft GT ada tachometernya dan juga lampu 4 WD
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun