stuju... coba aja liat ntuh kaki2 depan nya ipah atau fortuner... bahkan utk link2 stabilizer, batang stabilizer depan nya aja cukup besar tuh diameter besi nya.. blom lagi ball joint yg sgitu bsar, malah kalo ane bandingin ama panther punya yg lebi berat 600 kg dari ipah aja koq kliatan kecil banget... blom lagi komponen2 kaki2 lain nya... makanya ga heran ane kalo liat ipah2 yg uda jalan lebi dari 100 rebu km tapi kondisi kaki2 masi blom ancur2 banget... paling2 jg cuman ganti shock doank...Turboman wrote:IMHO:
Kalo dikatakan kemampuan angkut beban 42ner kurang oke sih kok saya kurang sepaham yach.
Ane bbrp kali liat kaki-kaki 42ner dan kaki-kaki PS, saat mobil didongkrak dan ban dicopot.......komponen2 kaki-kaki 42ner itu robust, spt sodara2 IMV nya (Ipah & He Luk).....kalo 42ner kemampuan angkut bebannya nggak oke mana mungkin laku keras di Thailand dan pegang rekor penjualan SUV selama 6 tahun ber-turut2. CMIIW
PS sendiri jika kita melihat Strada Triton dipakai di tambang2 / kebun2 juga sangat robust.
Ane pribadi sgt berharap banyak produsen membuat mobil dengan komponen kaki2 yg kuat.
dan lagi, kalo fortuner ga kuat kaki2 nya... masa bisa dipake buat ngedaki gunung atau ikutan rally dakar ??... mnurut ane sehh.. fortuner ama PS mahh utk urusan kaki2 sama aja lahh... sama2 kuat mereka... cuman kalo urusan mesin, nahh ini rahasia masing2 atpm.. mungkin aja mesin diesel fortuner diset buat tahan solar busuk sini... toh buktinya fortuner disel di thailand sana kan yahud mesinnya..