Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008 - Part 01

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by Midi_Amp »

HilmanZ wrote:ini lsg CKD pa CBU Thailand??
Kalau ini... Gw gak tau, kalaupun tau masih NDA sampai IIMS :(

Soal "kelas" antara crossover dan hatchback, sepertinya masyarakat kita gak terlalu pusingin segmentasi beginian, cmiiw. Kita udah tau dan bisa liat sendiri kalau definisi crossover SX4 itu gak valid di indonesia. Crossover SX4 aslinya compact soft roader, berkat dukungan i-AWD. Tapi di sini SX4 = hatchback tinggi, dan yang lebih lucu lagi, Livina XR = hatchback lebih tinggi dan Livina bukan crossover. Perbedaan crossover dan hatchback di sini cuma masalah persepsi pemasaran yang diciptakan empunya merek. Kalau orang tau Livina XR lebih tinggi, SX4 pasti diledekin (contohnya temen gw yang dibeliin LXR), Livina tenaganya 110ps pula dibanding 100ps SX4.

Sejujurnya sih gw lebih tertarik SX4 dibanding Jazz, cuma gw cemas soal daya tahan + konsumsi bensin SX4. Jazz gw sekarang ini udah terbukti tahan banting dengan pemakaian yang sangat jorok. Gw udah tulis sih panjang definisi pemakaian jorok gw... Tapi takut ada yang baca ini forum terus black list mobil gw... ... Kan mau dijual, jadi gw delete. Toh, nanti Jazz-nya di overhaul kok jadi gak bakal ada bekas pernah gw pake. Cuma ada alasan pribadi gw mau beli SX4, hehehe.

Intinya sih pilihan kendaraan masa depan gw itu antara SX4 2008 dan Jazz 2008. Tinggal test drive aja keduanya dan keputusan ditangan... Bini gw... Secara dia yang beliin (duit dipegang dia semua gitu)... Kecuali City 2009 ajubilah bin jalib keren feature/penampilan/dsbnya. Atau ketika Jazz baru nongol, ada masalah signifikan yang gentayangin SX4.
User avatar
buayamankid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: Sat Oct 07, 2006 9:19
Location: jakbar

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by buayamankid »

hai bro2 semua nya,tadi saya ke mal taman anggrek disana ada pameran mobil,ada juga neo baleno,evo x,mazda 3,mazda cx 7 dan banyak lain nya,saya sempet bincang2 ma marketing nya suzuki,katanya emang bener sekitar bulan mei sx4 mulai di lokalin,harganya bisa terpaut 10 jt,itu sich kata dia.ga tau bener nya kaya gimana,kalo honda new jazz emang hadir pada waktu bulan juli.masalah harga ga tau.tapi pastinya beda sama jazz sekarang.ada yang tau bocoran nya ga,masalah harga new jazz ini.saya sempet liat mesin nya neo baleno(sama kan sama sx4),kok kesan nya dah kuno gitu ya,kotak item.kayak ga berkelas.lain banget ma jazz kayaknya berkelas gitu.ga tau dech performa nya,tapi masalah exterior bagus sich.tapi interior kurang canggih n berkelas.menurut gw.

borosan mana sich,antara jazz ma sx4?kalo jalan di kota n di luar kota.kalo after sale kayaknya bagusan honda ya.

tapi bentuk nya sx4 itu lho,bikin menarik aja,jadi bingung,harus nya emang tunggu sampe juli n ngetes semua nich mobil.
jaul parfum murah bermerek dengan kualitas yang bagus,bersegel,wangi sama,botol sama,bersegel dengan harga 30 ribu- 45 ribu
http://www.parfum-murah.blogspot.com
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

bonnet (moncong) pendek memang merupakan objective nya honda utk jazz ini, menghasilkan apa, bisa dilihat.
mobil kuno (front engine) panjang, makin modern makin pendek karena bisa membuat dimensi mesin sangat kompak dan benefit ke ruang interior dibandingkan dgn panjang mobil sama.
hasilnya : efisiensi interior vs total panjang exterior yg kompak.

[quote="author"]wah banyak yg suka jazz baru yah padahal moncongnya tuh pendek banget, nukik kebawah, jelek deh pokoke
cuman aza ad fanatisme merk "hondo" hohoho[/quote]
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by uch »

Yup. Gain di efisiensi interior tapi loss di handling. Mobil2 sport sampe sekarang moncong nya relatif panjang koq. Tapi interior jadi sempit. Tinggal pilih2 mana yg sesuai selera aja.
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by HilmanZ »

@ buaya

tunggu juli aj tes semua..tapi mungkin buat batch2 awal jazz nya pasti indent d..hehe..yup definisi Crossover ne msh ngaco2..mlh SX4 saya bingung dikategori ap?? SUV ngga..hatchback ngga..haiyo..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by poeticmind »

soal irit/boros mana antara mobil2 saat ini, saya pribadi kurang memperhatikan sisi FC, maaf bukan saya punya pohon uang, tapi saya yakin pabrikan mobil saat ini tidak ada yg membuat mobil boros... jadi semua safe2 saja, paling perbedaan di sekitar 1-2liter.
dulu ada slogan jazz paling irit, tetep saja lebih boros dari NextG saya... why? karena teman saya yg bawa jazz nya kakinya aneh... pengen nya bejek gas abis... mau cuma ke pasar aja bisa pake acara drifting di pengkolan... nah gimana ga boros? katanya : "payah nih jazz, boros dan ban nya cepet abis..." (...?!?!!??!! )

tergantung kita, selama mengerti bagaimana membawa kendaraan, yakinlah... FC akan cukup irit.
Image
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by HilmanZ »

Autobild jg perna tes SX4 1:11.5 yg matik..jd mungkin real na 1:10.5..ckp irit buat matik..bentuk SX4 eropa bgt..dr dpn mantep..tp pas muka SX4 ditempel ke neo baleno lsg jd prh muka baleno ny..ga sinkron..hehe.. bnr kata om poetic..mobil boros pa gk tergantung driving style kta sndiri..
User avatar
buayamankid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: Sat Oct 07, 2006 9:19
Location: jakbar

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by buayamankid »

setuju sich kalo gaya nyetir kita yang menentukan nya.ya udah rencana mau tunggu juli aja dech ya.bingung juga kalo cuman denger2 teori2 doang kalo ga ngetes langsung.sx4 kayak mobil eropa,menang exterior n kegunaan nya di jalan yang ga terlalu bagus seperti di indo,kalo jazz pasaran,menang merek n after value yang bagus.bingung mau pilih yang mana.

btw jazz katanya ga pake ban serep ya?kalo ban nya bocor gimana ya??bisa di jelasin ga?kalo sx4 masih pake ban serep ya?
jaul parfum murah bermerek dengan kualitas yang bagus,bersegel,wangi sama,botol sama,bersegel dengan harga 30 ribu- 45 ribu
http://www.parfum-murah.blogspot.com
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

jazz di luar pakai RFT = run flat tyres, mirip BMW 3series terakhir dan most mobil2 sport, utk reduce weight dan space.
ban model ini, dindingnya di-bor 1cm pun bentuknya tidak kentara berubah kempis (tidak akan turun).
tapi, seperti juga ban2 konvensional, RFT bocor tetap harus ditambal, krn bisa jalan tanpa "kempis" dgn jarak dan speed limited.
sebenarnya bagus dan cocok utk di indo bukan hanya dari segi safety, tapi juga rasa secure di jalan avoiding crime.
namun, sepertinya di indonesia tidak adopsi ini, paling2 bagasi diisi ban serep yg model "space-saver" mirip accord maestro dan cielo lalu.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by Hansen »

RFT tuh ada juga yg complain utk user yg pke di Indo..... :roll:
katanya bannya keras & berisik bgt kalo dipke di jalanan di Indo.... :roll:
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

betul, karena dindingnya 'keras' dan tebal. tapi 'masih mungkin' terbayar dgn additional 'secure'nya terutama kejadian bagi pengendara wanita.
naldo

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by naldo »

Mungkin SX4 yang tertera di MID, tidak segitu borosnya bro hilmanz, mungkin kurang presisi si iya, tapi ga segitu banyaknya. Kalau di itung secara manual, mirip2 koq hasilnya.
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by aldy »

Bro kalo saya pilih jazz 2008 :
1. Mesinnya itu lo udah teruji L15A i-VTEC (120ps) sx4 mah lewat!
2. Fun to drive bangettt
3. Prestige lebih tinggi daripada suzuki
4. jeleknya menurut saya dibanding suzuki cuma 1 SAJA !! Suspensi agak keras..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

Suspensi sudah ada refinement walaupun belum ketahuan sampai mana liat saja nanti, tp memang sudah nature nya since setting untuk handling maksimum, unlike honda lama yg soft spt jaman civic wonder & before.
Satu lagi (-): GC rendah walaupun mungkin ganti velg dgn ukuran 2" lebih besar bisa mengatasi ini, & garis2 body mobil macam jazz memang kudu (match) utk upgrade velg, isn't it.
author
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by author »

GTR wrote:bonnet (moncong) pendek memang merupakan objective nya honda utk jazz ini, menghasilkan apa, bisa dilihat.
mobil kuno (front engine) panjang, makin modern makin pendek karena bisa membuat dimensi mesin sangat kompak dan benefit ke ruang interior dibandingkan dgn panjang mobil sama.
hasilnya : efisiensi interior vs total panjang exterior yg kompak.
mobil2 modern skrg moncongnya masih panjang ko bro, yang pesek2 itu biasanya mpv dan minicar spt yaris, qq, dll
emang selera sih, tapi saya lebih demen sx4 yang moncongnya panjang dan ban besar, lebih kelihatan mobil beneran
dibanding jazz makin menyerupai minicar yang hina :drinking:
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3717
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by satyr »

ruang mesin sempit = bencana

mo modif2 lebi repot
Corolla AE111, AE112, ZZE122
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

Beda, jangan bandingkan dgn mobil lain yg tujuan masing2 produsen beda dgn jazz; tujuan jazz itu man maximum machine minimum.
kalo bonnet mau dibikin panjang, bisa saja, tapi sudah jauh dari tujuannya.
terlihat kalo kita perhatikan mesin jazz yg ada sekarang(1gen), bahkan 1inch pun dihemat terlihat beda sisa space ruang mesin jazz dibandingkan city, tentu ini honda berusaha begitu keras utnuk mereduce panjang bonnet = exterior.
ini konsep dan tujuan honda men-design honda jazz :
http://asia.vtec.net/Series/FitJazz/Intro/index.html

Atau prefer dibikin panjang mirip Livina/aerio/avega ? contoh lain : soluna (panjang) - Vios (bonnet pendek).


Lebih jauh lagi kita lihat design mesin, ukuran ditambah kompak even s/d beberapa milimeter untuk mencapai ruang mesin kompak (= ukuran exterior kompak dgn interior luas), last but not least, still looking good.
Ini effort honda mendesign ukuran mesin jazz:
http://asia.vtec.net/Series/FitJazz/lseries/index.html

Jarang ada mobil lain meraih exterior compared to interior se-efisien jazz.

"Jazz makin meyerupai minicar yang hina" ini cuma bisa meraih :
Puluhan international awards & much more local awards.
Terjual over 2 juta units (s/d juli 2007), & hampir diterima di hampir seluruh negara2 dari berbagai demografi di dunia?
Kita liat kembali saja debut global nya nanti.
Last edited by GTR on Fri Apr 04, 2008 15:21, edited 2 times in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

rata2 saja deh, banyak yg lebih luas tapi juga tidak kalah repot.
Jazz repot di-modif? melihat space "sisa nya", bisa jadi pengecualian secara honda yg lebih sempit paling banyak dimodifikasi.

Tergantung design mobil itu sendiri, contoh Xeniavanza yg ruang mesinnya lebih spacious, tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi dari mobil umumnya, unfortunately even hanya pekerjaan "kudu" : ganti kopling, & juga bongkar karter, bisa disimak ke mekanik.
Kembali kepada bagaimana produsen design mobil itu sendiri.

[quote="satyr"]ruang mesin sempit = bencana

mo modif2 lebi repot[/quote]
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by HilmanZ »

aldy wrote:Bro kalo saya pilih jazz 2008 :
1. Mesinnya itu lo udah teruji L15A i-VTEC (120ps) sx4 mah lewat!
2. Fun to drive bangettt
3. Prestige lebih tinggi daripada suzuki
4. jeleknya menurut saya dibanding suzuki cuma 1 SAJA !! Suspensi agak keras..

1.gak juga soalnya baru terasa di puteran tinggi tnaga ny segitu.di puteran rendah ga tlalu berasa perbedaan HP nya

2.Blm tentu..Fun to drive pa gk trgntg cra penilaian kita sndiri ama itu mbl

3.Yup.yang ini saya setuju

4.Suspensi da dibenahin biar ga tlalu keras.Tapi saya mlh bersyukur si kl suspensi krs pas nikung itu ga limbung ^^;
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by HilmanZ »

naldo wrote:Mungkin SX4 yang tertera di MID, tidak segitu borosnya bro hilmanz, mungkin kurang presisi si iya, tapi ga segitu banyaknya. Kalau di itung secara manual, mirip2 koq hasilnya.
hehe mungkin si gt..pa mungkin dia coba ny brutal sampe FC drop..td sy autobild bc neo baleno di tol bs 16,4 km/L Vios 15,9km/L City 15km/L semua di Tol..mst ny yg nrml SX4 dkt2 FC ny ma baleno..
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by HilmanZ »

buayamankid wrote:setuju sich kalo gaya nyetir kita yang menentukan nya.ya udah rencana mau tunggu juli aja dech ya.bingung juga kalo cuman denger2 teori2 doang kalo ga ngetes langsung.sx4 kayak mobil eropa,menang exterior n kegunaan nya di jalan yang ga terlalu bagus seperti di indo,kalo jazz pasaran,menang merek n after value yang bagus.bingung mau pilih yang mana.

btw jazz katanya ga pake ban serep ya?kalo ban nya bocor gimana ya??bisa di jelasin ga?kalo sx4 masih pake ban serep ya?
Kalo menang merk si pst..dr Jaman Ferio Honda namanya da agung bgt c..hehe..

kayanya jazz pake ban serep juga yg Full Size d..SX4 ban serep yg space saver..yg cm buat smntara bgt..
naldo

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by naldo »

Sebenernya kalau mau irit bisa. SX4 bisa segitu koq, karena saya bejek abis aja di tol, FCnya bisa 1:12. Demennya si ni mobil kenceng n irit, but harus manual. Matic sedikit lebih boros, tapi termasuk dalam kategori yang irit, FC bisa 1:11. Ini SX4, X-over, bukan neo baleno...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

Hard acceleration / WOT(wide s/d full open throttle) kontribusi besar disumbangkan dari daya mesin atau power to weight ratio.
Lite acceleration / LOT (little open throttle) kontribusi besar disumbangkan dari torsi mesin.
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by Midi_Amp »

GTR wrote:Beda, jangan bandingkan dgn mobil lain yg tujuan masing2 produsen beda dgn jazz; tujuan jazz itu man maximum machine minimum.
Hehehe, ada juga yang tau kredo desain mobil Honda.

Kredo desain man maximum machine minimum ini memang jadi biang keladi beberapa penggemar fanatik Honda pindah ke merek lain. Pasalnya, ketika kredo ini diperkenalkan, Honda merubah cara mobil2nya didesain. Civic yang dulu pake suspensi double wishbone depan belakang harus ganti dengan mcpherson strut depan dan baru double wishbone belakang. Hal ini memang dibuat supaya ruang kabin depan lebih lega, cuma kemampuan manuver jadi berkurang. Jazz idungnya pesek gitu karena Honda mendesain man maximum (kabin luas) dengan machine minimum (ruang mesin kecil). Jadinya for any given car length in its category (sori gak tau terjemahannya) Jazz baru akan menawarkan ruang interior yang lebih optimal. Daripada cuma panjang tapi gak ada tujuannya selain estetika. Soal ruang mesin sempit = bencana gw gak pernah baca sih, yang pasti kan gw pernah posting hasil tes tabrak EURO NCAP Jazz (lama), Yaris, dan SX4, hasilnya sama.

Ban serep gw lebih suka tipe space saver SX4, jadi selalu mengingatkan gw untuk memperbaiki/mengganti ban yang rusak. Lagian ada tulisannya kan di ban serep SX4 maksimum bisa dibawa... 60 atau 80 Kpj ya? Mungkin bro Naldo bisa koreksi. 60-80 Kpj cukup lah buat nyampe rumah/tukang tambel ban terdekat. Untuk Honda Fit baru, di Jepang memang gak ada ban serep, tapi untuk Jazz, pasti ada. Cuma tebak2an sih ;) tapi liat aja gambar2 berikut...

Image

Image

Image

Tuh, tempat buat ban serep internal ada. Fit Jepang gak pake ban serep karena disana sangat jarang ada jebakan paku bolong dan maling bermotor. Jazz Indonesia pasti ada... Jebakannya... Jadi kalau petinggi Honda gak mengerti kondisi regionalnya, suruh ganti aja tuh bosnya (terus ganti gw :drinking: )

Konsumsi bensin SX4 matic dari forum Suzuki Singapore sih stabil di angka 1:11, tapi bensinnya tau sendiri dong, semuanya setara Pertamax/Super. Cuma kalau versi Indonesia kan mesinnya udah detune, paling juga 1:11an juga dengan bensin rakyat... Seinget gw ada yang dapet 1:12 (matic) pake bensin Pertamax/Super di milis SX4.

Soal artikel di majalah cukup buat acuan aja buat gw, gak bisa dijadiin dasar pengambilan keputusan sampe coba sendiri atau dapet testimoni yang netral... Testimoni yang netral ini yang susah. Buat gw sih triknya ikut forum/milis mobil tertentu terus secara pasif memantau deh, kadang ada testimoni yang netral dari pemilik mobil bersangkutan. Untuk pengujian konsumsi bensin, kita gak pernah dikasih tau protokol pengujiannya gimana. Apakah semua mobil dijalankan bersamaan? Berapa kecepatannya? Hari itu mendung atau gak? Dan beberapa parameter pengujian lainya. Gw dulu langganan majalah A*******, tapi gak lagi semenjak gak ada informasi berguna yang bisa gw dapetin secara gratis dan netral dari forum2 dan milis2. Entah mengapa review mobil di majalah jadi kayak ajang promosi, udah gak netral, pasti bagus semua.

Sumber
http://forum.suzukiclubsingapore.com/vi ... 29&t=12978
http://www.honda.co.jp/Fit/interior/luggage/index.html
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by GTR »

Bagasi double decker..

Makanya kapasitas mesin honda sudah lama bertahan paling besar di 3500cc even di truck Ridgeline, itu pun cuma SOHC.
Tapi dari jaman accord prestige (1986) & grand civic (1988); sudah menggunakan ruang mesin seminimal mungkin & interior semax mungkin; walaupun sudah adopsi 4wheel double wishbone.

Kalo baca majalah luar baru seru, produk kurang baik akan dikritik habis2an bahkan di-compare dgn pesaingnya directly, artikel autobild juga pernah yg bahkan sah2 saja membandingkan dgn mobil biasa dgn harga dua kali lipatnya(premium) yg masi ada yg scorenya lebih buruk, tp artikel ini dari autobild luar.