Page 9 of 24

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Fri Aug 06, 2010 11:20
by ariefsinda
g4ndr1k wrote:Mungkin di luar dealer resmi VW Indonesia sulit cari RCD510 ini kalau cuman bisa dipasang di VW doang.. Atau bisa juga nyari di toko2 onderdil yg memang specialist jual spare part VW/Audi.

Btw, baru dapet info dari forum sebelah mengenai garansi VW yg dua tahun tanpa batasan kilometer ini:
wah beneran tuh yg ttg kadar sulphur dan bisa merusak mesin TSI? pake shell super extra jg ngga memenuhi standar golf TSI ini?

Gw baru aja pesen yg warna putih.. november dateng katanya.. dan fyi aja utk yg blom tau, warranty akan void kalau mobilnya di:

-ganti head unit nya
-ganti lampu depan (ganti ke xenon dll)
-ganti velg lebih dr 19 in
-ganti suspensi dkk
-modif audio..


yah moga2 aja ini mobilnya reliable.. dulu pernah pake mk4 1.8 T tp di amrik.. dan puas bgt..yg 1.4 TSI 160 ini kayanya jauh lbh nyaman dr yg sbelum2nya.. setelah kmaren gw geber mobil test drive nya di tol dlm kota.. hehehe..
Jadi harus rela pakai audio bawaan ATPM selama dua tahun :drinking:
wahhhhh...kejem banget ganti HU bisa mbatalin garansinya....
tp kalo ganti HU nya tetep dari originalnya VW,seperti RCD510 gt, mgkn perkecualian....
semoga aja.... :e-pray:

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Sat Aug 07, 2010 5:02
by aldy

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Sun Aug 08, 2010 5:42
by doq
jalu wrote:
nebucadnezar wrote:Baru pertama kali saya lihat mesin 1400 cc bisa 200 hp , SX4 (1600 cc) = 100 hp too pity
meski 1400cc doang tapi kan twin charger boss.... :e-dance:
:upss: :upss: :mrgreen: :mrgreen:

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Sun Aug 08, 2010 15:35
by mpvlover
aldy wrote:
g4ndr1k wrote:Harga RCD510 aku nggak tahu, tapi pasti bisa di atas 5 juta :frm_bang_head: Ntar kalau dapet info aku kabarin...

Remap ECU emang bisa mencapai 200HP, tapi butuh bensin dengan RON98, kalau pakai RON95 jadi turun kurang lebin 10HP :drinking:

Tapiiiiii, ada satu hal yg mengganjal... VW DSG 7-speed, di spek nya terulis maximum torque yg bisa di handle adalah 250 Nm (7 Speed DSG Gearbox High Output juga ada, bisa menghandle 550 Nm, tapi baru terpasang di Audi). Nah kalau ECU VW Golf TSI yg memakai DSG 7-speed di remap dan torsi meningkat jadi 290 Nm, mungkin bisa bikin jebol transmisi. Mungkin remap ECU ini ditujukan ke mesin 1.4 TSI yg masih memakai transmisi manual. CMIIW :ungg:

Seandainya bisa diganti dengan DSG 6-speed tipe lama (Golf GTI dan Scirocco) yg bisa menghandle 350 Nm, pasti asik :mrgreen:
Nambahin dual clutch yang menghandle torsi diatas 300nm dan power diatas 200Hp udah pake type wet..Bukan dry...Untuk mengurangi panas yg dihasilkan gesekan kopling dari torsi mesin yg raksasa itu..
Terbalik Bos, DSG generasi pertama muncul justru yg wet clutch 6-speed terus diganti sama yg dry clutch 7-speed

Kalo ga percaya silakan diriset aja di internet

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Sun Aug 08, 2010 16:08
by compaqku
yup.. transmisi golf GT udah 7speed DSG new generation, seperit touran, malah scirocco sama golf gti masih 6speed DSG.

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Mon Aug 09, 2010 13:19
by g4ndr1k
mpvlover wrote:
aldy wrote:
g4ndr1k wrote:Harga RCD510 aku nggak tahu, tapi pasti bisa di atas 5 juta :frm_bang_head: Ntar kalau dapet info aku kabarin...

Remap ECU emang bisa mencapai 200HP, tapi butuh bensin dengan RON98, kalau pakai RON95 jadi turun kurang lebin 10HP :drinking:

Tapiiiiii, ada satu hal yg mengganjal... VW DSG 7-speed, di spek nya terulis maximum torque yg bisa di handle adalah 250 Nm (7 Speed DSG Gearbox High Output juga ada, bisa menghandle 550 Nm, tapi baru terpasang di Audi). Nah kalau ECU VW Golf TSI yg memakai DSG 7-speed di remap dan torsi meningkat jadi 290 Nm, mungkin bisa bikin jebol transmisi. Mungkin remap ECU ini ditujukan ke mesin 1.4 TSI yg masih memakai transmisi manual. CMIIW :ungg:

Seandainya bisa diganti dengan DSG 6-speed tipe lama (Golf GTI dan Scirocco) yg bisa menghandle 350 Nm, pasti asik :mrgreen:
Nambahin dual clutch yang menghandle torsi diatas 300nm dan power diatas 200Hp udah pake type wet..Bukan dry...Untuk mengurangi panas yg dihasilkan gesekan kopling dari torsi mesin yg raksasa itu..
Terbalik Bos, DSG generasi pertama muncul justru yg wet clutch 6-speed terus diganti sama yg dry clutch 7-speed

Kalo ga percaya silakan diriset aja di internet
Lha yg bilang DSG generasi pertama 7-speed itu siapa? :e-think: Justru aku bilang 7-speed dry yg terpasang di Golf TSI sekarang cuman bisa menghandle 250 Nm, seandainya bisa diganti dgn 6-speed DSG tipe lama (yg terpasang di Golf GTI dan Scirocco yg sekarang dijual oleh VW Indonesia), akan asik,soalnya DSG yg lama bisa menghandle 350 Nm. Setelah itu (yg terbaru) ada lagi 7-speed DSG yg bisa menghandle sampai 550 Nm (ada yg bilang 600 Nm), yg terakhir ini balik ke wet lagi, seperti yg ditambahin oleh om Aldy...

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Mon Aug 09, 2010 14:06
by aldy
Tapi kayaknya ga mungkin deh bro itu mesin 1400cc di genjot sampe 350nm..Bisa2 meleduk tuh mesin "over high pressure".. :big_peace:
Ga usah jauh2 bro Nissan GTR aja 800++Hp masih kuat kok transmisi dual clutchnya.. asal pake oil cooler :mrgreen: :mrgreen:

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Mon Aug 09, 2010 14:10
by aldy
mpvlover wrote:
aldy wrote:
g4ndr1k wrote:Harga RCD510 aku nggak tahu, tapi pasti bisa di atas 5 juta :frm_bang_head: Ntar kalau dapet info aku kabarin...

Remap ECU emang bisa mencapai 200HP, tapi butuh bensin dengan RON98, kalau pakai RON95 jadi turun kurang lebin 10HP :drinking:

Tapiiiiii, ada satu hal yg mengganjal... VW DSG 7-speed, di spek nya terulis maximum torque yg bisa di handle adalah 250 Nm (7 Speed DSG Gearbox High Output juga ada, bisa menghandle 550 Nm, tapi baru terpasang di Audi). Nah kalau ECU VW Golf TSI yg memakai DSG 7-speed di remap dan torsi meningkat jadi 290 Nm, mungkin bisa bikin jebol transmisi. Mungkin remap ECU ini ditujukan ke mesin 1.4 TSI yg masih memakai transmisi manual. CMIIW :ungg:

Seandainya bisa diganti dengan DSG 6-speed tipe lama (Golf GTI dan Scirocco) yg bisa menghandle 350 Nm, pasti asik :mrgreen:
Nambahin dual clutch yang menghandle torsi diatas 300nm dan power diatas 200Hp udah pake type wet..Bukan dry...Untuk mengurangi panas yg dihasilkan gesekan kopling dari torsi mesin yg raksasa itu..
Terbalik Bos, DSG generasi pertama muncul justru yg wet clutch 6-speed terus diganti sama yg dry clutch 7-speed

Kalo ga percaya silakan diriset aja di internet
Bener bro maksud ane yg lama itu pake wet..tapi DSG terbaru 7 speed malah pake yg dry..Tujuannya meminimalkan power loss FC bisa meningkat

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Mon Aug 09, 2010 19:57
by g4ndr1k
Yupe, sejarah DSG:
2003: 6-speed, wet (DQ250). Berat 93 kg. Max torque: 350 Nm
Awal 2008: 7-speed (DQ200), dry. Berat 70 kg. Max torque: 250 Nm
Akhir 2008: 7-speed (DL501), wet. Berat 141.5 kg. Max torque: 600 Nm.

Kode internal part DSG gen terakhir menjadi DL501, L = longitudinal. Yg aku nggak ngerti darimana datangnya angka 501... kaya seri jean Levi's aja.. :mrgreen: :upss:

CMIIW :big_peace:

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Mon Aug 09, 2010 21:12
by g4ndr1k
Ada postingan dari forum sebelah:
Golf TSI mungkin mobil yg bagus....buat di Eropa.

Masalah2 yg mungkin timbul bila dipergunakan di Indonesia:
1. Bensin oktan 95+ harus dng kadar sulfur 10ppm, yg tersedia disini kadar sulfurnya >50ppm.
Akibatnya: Pembakaran tidak sempurna yg dapat berakibat kerusakan pada piston mesin (retak). Mesin menjadi kasar dan kurang bertenaga, dan engine check/stop akan menyala.
Banyak contoh kasus yg terjadi baru2 ini di Australia, pada seri Golf TSI 1.4 160hp dng angka kilometer masih rendah < 20rb KM.

2. Sistem direct injection pada mesin VW/Audi dan mungkin juga pada hampir semua merek lain yg baru2 ini mempergunakan technology ini, mudah mengakibatkan penumpukan kerak carbon (carbon builtup) pada ruang pembakaran mesin. Ini dapat cepat terjadi bahkan pada angka KM yg relatif rendah (<30rb KM).
Akibatnya: Pembakaran tidak sempurna karena klep masuk (intake valve) menjadi sangat kotor. Mesin menjadi kasar dan kurang bertenaga (hingga 40%), dan engine check/stop akan menyala. Tidak menimbulkan kerusakan, dan satu2 cara memperbaikinya adalah dng membuka cylinder head dan melakukan port polishing.

Kedua masalah ini sudah banyak contoh kasusnya. Try googling: "golf tsi engine failure"

Kabar kurang baik ya, apalagi gue sendiri sudah coba test drive di IIMS & suka banget.
Separah inikah kualitas bensin beroktan 95 di Indonesia? Rencananya sih mau aku kasih minum Shell Super Extra... Ada nggak sih additive yg bisa ngurangin kadar sulfur? Rekan2 SM-ers, mohon infonya... Thanks! :ungg:

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Thu Aug 12, 2010 1:54
by rizalp
om-om,

baca thread ini jadi tertarik nih ama Golf TSI ini, kebetulan memang lagi cari hatchback nih, btw, komparasinya dengan apa ya Golf TSi ini? competitor head-to-head nya siapa maksudnya?

so far udah liat-liat ford fiesta ama peugeot 308 (hehehe... gak compareable ya? )

merk Jepang sementara belum terlirik.

tx,
Rizal

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Thu Aug 12, 2010 8:26
by everester
Kebetulan I punya teman yg memiliki Peugeot 307 dan 308. Kalau 308 modelnya apik kalau suka cari perhatian mobil ini pasti suka dilihat orang2, interior nya juga stylish dan menurut teman I mobil dia ngga rewel asal maintain dengan baik tapi kalau mentingin tenaga, pasti agak kecewa soalnya nih mobil agak boyo tenaganya tapi suspensi empuk dan nyaman jadi cocok buat diajak mudik :)

Intinya kalau mau cari nyaman boleh ambil 308 kalau mau yg agak sporty boleh coba Golf TSI. Tapi menurut I untuk sebuah mobil yg agak sporty Golf itu sudah nyaman lohh.

Kalau merek Jepun ga ada yg hatchback dulu ada Mazda 3 dan Nissan Latio tapi sudah ga dimasukin oleh sang ATPM. Kalau mau hatchback Jepun kayaknya harus mampir ke IU untuk mengorder Civic Type R. Focus 2.0 atau TDCi boleh menjadi pilihan tapi mending baca thread Focus sebelum memutuskan.

Kalau memang serius mengincar merek2 gak umum seperti VW, Peugeot dan Ford yah mending ekspektasi mengenai resale dan ketersediaan spare parts jangan terlalu besar kali yah, biar kalau memang agak ribet jadinya ga terlalu kecewa berat.

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Thu Aug 12, 2010 8:56
by FortunerMan
Di Eropa Ford Focus padahal terkenal mobil handal, sama aja kaya Golf. Tapi di Indonesia sepertinya ketahanannya diuji dgn iklim kita yg lebih menyiksa. Di Amerika juga VW terkenal jeblok reliabilitynya.

Kalo liat barunya aja sih....maknyossss ini mobil. Biarpun udah specdown, tetep aja 7 airbagnya. Hatchback merek biasa tapi didalemnya gak beda jauh ama BMW seri2 bawah - malah mungkin lebih bagus.

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Thu Aug 12, 2010 9:01
by maskopat
di amrik, iklimnya juga berat yah?

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Thu Aug 12, 2010 9:01
by rizalp
Thanks...
Tadi udah sempat mampir ke VW yg di TB simatupang, coba TD muterin lapangan parkirnya, lumayan enak dan menggoda hati... Sabtu-minggu disuruh TD lg boleh dibawa masuk tol buat jajal kehandalannya...
Sayang warranty hanya 2 th ya...
Selebihnya sih emang keren nih mobil...
Soal after sales memang harus dah siap2, skrg jugaa paake SUV non Jepun, so udah tahu kondisinya.

Tx,

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Thu Aug 12, 2010 9:46
by FortunerMan
maskopat wrote:di amrik, iklimnya juga berat yah?
Tergantung daerahnya...soalnya negerinya gede bener. Kalo di Texas...winter dingin bener, summer puanas kaya neraka.

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Thu Aug 12, 2010 9:50
by FortunerMan
rizalp wrote:Thanks...
Tadi udah sempat mampir ke VW yg di TB simatupang, coba TD muterin lapangan parkirnya, lumayan enak dan menggoda hati... Sabtu-minggu disuruh TD lg boleh dibawa masuk tol buat jajal kehandalannya...
Sayang warranty hanya 2 th ya...
Selebihnya sih emang keren nih mobil...
Soal after sales memang harus dah siap2, skrg jugaa paake SUV non Jepun, so udah tahu kondisinya.

Tx,
Mantaps...kalo dah jadi di share review/foto2nya ya om...ane juga demen bener ama Golf ini. Yg specdown versi Indonesia aja udah demen...

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Thu Aug 12, 2010 10:16
by maskopat
rizalp wrote:Thanks...
Tadi udah sempat mampir ke VW yg di TB simatupang, coba TD muterin lapangan parkirnya, lumayan enak dan menggoda hati... Sabtu-minggu disuruh TD lg boleh dibawa masuk tol buat jajal kehandalannya...
Sayang warranty hanya 2 th ya...
Selebihnya sih emang keren nih mobil...
Soal after sales memang harus dah siap2, skrg jugaa paake SUV non Jepun, so udah tahu kondisinya.

Tx,
mobil yang menggoda emang cuman 2 tahun warrantynya... salah satunya, mitsubishi... :mrgreen:

kabor ah, sebelum diketok oleh om momod... :ngacir:

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Thu Aug 12, 2010 10:17
by maskopat
FortunerMan wrote:
maskopat wrote:di amrik, iklimnya juga berat yah?
Tergantung daerahnya...soalnya negerinya gede bener. Kalo di Texas...winter dingin bener, summer puanas kaya neraka.
berarti mobil di sono harus bisa panas dingin dong ya? :e-think:

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Thu Aug 12, 2010 11:11
by Abu2
yoi pat, mesti bisa dual band......wekwwkkwkwkkwkww :ngacir:

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Thu Aug 12, 2010 11:28
by FortunerMan
maskopat wrote:
FortunerMan wrote:
maskopat wrote:di amrik, iklimnya juga berat yah?
Tergantung daerahnya...soalnya negerinya gede bener. Kalo di Texas...winter dingin bener, summer puanas kaya neraka.
berarti mobil di sono harus bisa panas dingin dong ya? :e-think:
Yup, rumah juga harus ada AC, harus ada heater. Bandingin ama Eropa, banyak yg gak pake AC. Di Indonesia...gak pake heater udara.

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Fri Aug 13, 2010 2:55
by maskopat
oow... ic ic.. thanks om FM... :thanks:

jadi, kalo mau beli AC, jangan beli merk eropa. karena di sono jarang pake AC. tapi beli merk asia...
kalo beli heater, beli merk eropa, jangan beli merk asia.
kalo mau beli heater dan AC, beli merk amrik... :frm_salut:

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Sat Aug 14, 2010 9:40
by rizalp
om-om,

tadi siang coba TD Golf TSI di Tol JORR, wuih... lumayan juga kerasa tenaganya... senyap banget didalamnya, sayangnya beberapa fungsi di stir gak kepake ya? downgrade tapi tombolnya gak di ilangin juga, i.e. voice command button, phone button. Jadi agak lucu tombol ada feature gak ada....

sedikit minta saran dong, apa yang membuat kita harus pilih Golf TSI ini? tidak perlu dicompare ama mobil lain, cukup sesuatu yang membuat rekan-rekan disini tertarik ama mobil ini. (mau mencari pembenaran nih untuk menjatuhkan pilihan bikin SPK)

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Sun Aug 15, 2010 10:58
by g4ndr1k
Gw ambil Golf GT TSI karena:
- Mesin twincharger - 1,400 cc tapi bisa menghasilkan 160PS dgn torsi yg lumayan flat. Relatif irit untuk dalam kota, dipake buat jalan kenceng di jalan tol juga bisa.
- Fitur2 yg lumayan lengkap untuk mobil seharga Rp 339 juta - 7 airbag, ESP, auto dimming rear view mirror, 8 speaker, rain sensor.
- Transmisi yg canggih: 7-speed DSG.
- Interior pas, nggak aneh2 dan nggak murahan.
- Bentuk body luar timeless - nggak neko2, jadi nggak cepet bosen.
- Ukuran pas - nggak terlalu gede sehingga mudah parkir, dan bagasi relatif cukup lega untuk ukuran hatchback.
- Bukan mobil sejuta umat.

Semua poin di atas bagiku cukup untuk mengkompesasi kekurangan VW Golf GT TSI yg belum terbukti reliabilitasnya, jaringan service yg terbatas dan ketersediaan suku cadang yg masih jadi tanda tanya.

Spek down versi Indonesia emang aneh... :frm_bang_head: : Dgn hilangnya fasilitas gigi biru, phone button di setir cuman buat me-mute sound system doang jadinya :e-doh:

Re: VW Golf GT 1.4 TSI 160 PS

Posted: Sun Aug 15, 2010 12:31
by ibar78
sekalian nanya....di sini, atpm mobil apa aja yang kita boleh test drive di jalan, selain tentunya test drive di lokasi atpm....apa kita harus bikin perjanjian atau gimana, trus kalo ga jadi beli gimana karena terpengaruh merek lain. misal pengen beli yaris, trus tiba2 beralih ke jazz....padahal udeh test drive di lokasi.....soalnya test drive di lokasi sama di jalan beda jauh....sorry ane kalo mobil baru newbie, seringnya beli seken :ungg: