Nissan Serena C25 !!!

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

conan
Member of Mechanic Engineer

Nissan Serena C25 !!!

Post by conan »

To PROVE that this Detective was right all along,

Please go to this thread :

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=300

And Mr. Szli, "EAT YOUR HEART OUT!!" :twisted: :twisted: :twisted: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
observer
New Member of Mechanic Engineer

Post by observer »

Good job, Mr. Conan!!

Can't say I fall in love with the styling though.

Between the two kinds of grill, I like the one on the white car better, though there is some resemblence to the Suzuki APV.

The rear styling?? Looks kind of generic nowadays, don't u think?

Overall, judging by the styling alone, I must say I'm a little disappointed. In fact, with that kind of styling, I'm not really inclined to ditch my C24 for this new one!

Unless there is something really revolutionary in the interior and the engines. Keep up the excellent work, detective!
conan

Post by conan »

observer wrote:Good job, Mr. Conan!!
Thank you, Mr. Observer. We've come a long way for this one, have we not. :)
observer wrote:Can't say I fall in love with the styling though.
Always a subjective matter, is it not. And the element called 'time' comes into play, too. I used to dislike the C24 and the new Odyssey the first time I saw them. But they grew in me. I too, am not currently in love with the C25's styling. But it does have elements that are improvements over the C24, I say (more below). I think the designers have done their job well.
observer wrote:The rear styling?? Looks kind of generic nowadays, don't u think?
Agreed, Mr. Observer. Never a fan of the D-pillar rearlights, and never will be one. :)
observer wrote:Unless there is something really revolutionary in the interior and the engines. Keep up the excellent work, detective!
Will do, Mr. Observer. Still working on the interior pics and specs. Carlos said he couldn't let me have what the press don't. :wink: :mrgreen:
Mind you that let's not expect anything too revolutionary, as minivans are, well, minivans. They can never be, say, limousines. :mrgreen:

Don't have details about the engine yet but I'd expect the 2.0L MR20DE unit from the Lafesta, complete with its X-Tronic CVT gearbox. I believe Mr. Szli has had hands-on experience with them and he said that they're excellent, very quiet and smooth. Right, Mr. Szli? :wink:

Now, some design improvements over the C24 that I noticed : :)

Mungkin satu2nya kelemahan pada design C24 sebagai minivan (yg fungsional), adalah kaca2 jendela yang terlalu kecil, terutama untuk penumpang paling belakang. Dan garis batas jendela (window line) yang terlalu tinggi, sehingga mengurangi visibility dari dalam.

Pada C25, seluruh kaca jendela diperbesar dan window line menjadi lebih rendah, terlihat jelas terutama pada jendela penumpang depan yang contoured down for much better visibility onto the road. Hasilnya, interior cabin yang sangat airy dan terasa sangat lega. Dan, perhatikan juga pintu geser yang ukurannya menjadi bahkan lebih lebar, cutting further to the rear wheelarches = akses yang lebih mudah dan lega ke dalam/ke luar.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
hdrw
Full Member of Senior Mechanic

Post by hdrw »

Wah berhasil juga patner gw dapetin C25. :e-clap:
Designnya benar2 beda total.
Moncongnya kaya lumba2 yah ?
conan

Post by conan »

hdrw wrote:Wah berhasil juga patner gw dapetin C25. :e-clap:
Moncongnya kaya lumba2 yah ?
About time, right, Watson?

Design bermoncong karena bonnet yang pedestrian-friendly, untuk memenuhi new crash regulations yang semakin ketat. Kalau diperhatikan, hampir semua model mobil baru dari C25 ini sampai BMW seri-3 E90 terbaru, semuanya sudah mengadopsi teknologi bonnet ini. Dapat terlihat dari kap mesin yang tinggi, dan menyatu sampai ke wing dan A-pillar. :)
hdrw

Post by hdrw »

Yang warna putih dong, keren abis !!!
szli

Post by szli »

Yeah bung Obs, meskipun c25 designnya (apalagi yang putih) lumayan, tapi wavy line yang aneh mirip tampang habis tabrakan itu is enough untuk cegah saya menangis ! The c24 masih OK lah ! Seperti cewek 35 ada yang ngak kalah jauh ama gadis fresh umur 19 !

Yah, c25 is improvement, pasti interior dan mesinnya. Tapi stylingnya ngak bilang jauh lebih bagus banding c24. So c24 owners, take comfort in that !

Anyway, CRV tua jauh lebih jelek banding yang sekarang. So gap designnya c24 / c25 exterior ngak jauh banget.

But of course yang akan bikin saya iri adalah that wonderful MR20DE engine yang begitu halus, quiet dan enak, plus my dream of 3 headrests per row.

Oh, bung conan, I am like the Hound of the Baskervilles. Saya sudah lacak website itu ! Ini anda lupa tampilkan photo belakangnya. Masih ada kemiripan ama c24 juga. Cuman bedanya ada 3 headrest dan ada airline tables ! These 2 dari dulu saya jerit inggin mau !

Someones been sending my mails to Nissan Japan ! Do U agree that 3 headrests and airline tables don't costs a lot.

If indeed, mudah mudahan nanti Nissan AUV ada feature 2 ini. If yes, dan bisa 160-180 juta, watch out Innova !

Whats so great about airline tables ? Don't underestimate the power of the dark foldable table ! Bisa untuk kerja saat macet dengan taru laptop / document di meja dari pada di lutut, bisa makan saat macet. Even the Trajet have these features.

Thats why I have been saying, Toyota have a golden chance to make their Kijang franchise invincible for many years to come. And they forgot to put in these wonderful features. No 3 headrests, no foldable tables. Features yang tidak ada di mobil lain dan ngak seberapa duit untuk pasang. Very conventional.

So Innova meskipun OK, tapi dia ada sedikit bocor dan bisa di eksploitasi ATPM lain. I mean, all things being equal, ada orang atau tidak yang tidak suka feature 3 headrests, plus airline seats behind every chair ?

My c24 juga tidak ada feature ini. Thats my c24's weaknesses.

Saya bukan lagi adu Toyota ama Nissan. Saya lagi bicara feature untuk konsumen. So kita harus fair dong.

But I will take Nissan Indonesia to task for this " Bad timing ". Count on me to do that ! Like I said, I am not in love with any ATPM. I will buy from whoever give me a better car. But if they do something like this, saya pasti complain.

Cuma, on the other hand, kita harus akui, jika nanti c25 di jual di tahun 2006, meskipun ngekihin untuk c24 owners, what they did is still legal. Ngak ada pidana / perdatanya. So nobody can sue them after all.

Saya harus akui ini. There is no law in any country yang bilang selisih new model ama generasi sebelumnya harus 6-7 tahun. So any ATPM can do anything they want. Just that they risk the wrath of old buyers.

Eh, tapi ngomong ngomong, CRV tua owners kena dampak new CRV, masih banyak orang tuh yang beli Honda ! Mungkin orang sini juga akui aspect legal ini. So its very irritating, but if the new design is very good, mungkin orang cepat forgive and forget, and embrace the new design.

Right ?

Bung Conan, jika anda ngak beli c25 nanti, saya bisa binggung. What are U waiting for ? U don't want an Innova. U forget the c24. Now the c25 is approaching. Nanti masuk jadi beli ?

Man, U are one happy man ! Get the most complete feature minivan in Indonesia. Bahkan melebihi Alphard yang tiada 3 headrest dan kayaknya no airline table. All at half Alphard prices.
szli

Post by szli »

Eh, lupa. Ini bokong [cencored] c25 ! Mirip banget ama c24. Cuman beda no of chairsnya.

Space wise mirip deh. So c24 owners, no need to cry ! Toh captain seat kita masih enak kok.
szli

Post by szli »

Eh, makin lihat makin ragu, ini c25 kayaknya cuman ada 2 headrest di tengah ! Artinya mirip Innova, no captain seats !

But still the airline tables look delicious !

Styling wise, saya pelajarin terus, not a lot better than c24. So makin lihat, hati makin tenang.

Cuman kalau lihat muka si putih itu, hmm...
conan

Post by conan »

szli wrote:Eh, makin lihat makin ragu, ini c25 kayaknya cuman ada 2 headrest di tengah ! Artinya mirip Innova, no captain seats !
Keliru, bung Szli. Anda lihatlah sekali lagi dengan teliti. Jika Anda perhatikan, jok tengah sebelah kiri itu DIGESER dari dudukan rel-nya. Jadi, dia bisa jadi captain seats, dan tampaknya bisa juga jadi bench (3 seats). Clever seats arrangement, eh? :e-clap:
Dan tampaknya ada rel tambahan lagi di tengah?
szli

Post by szli »

Clever bung Conan ? You are kidding ! I told U, SOMEONES sending MY mail and MY IDEAS to Nissan Japan !!

Gila ! Mati dak ! Kali ini mungkin bukan kursinya bisa di putarin ke belakang. Bisa geser kiri / kanan. Seperti goyang ke samping pinggul Inul !

If that is indeed so, ALL my ideas for the truly wonderful minivan sudah akhirnya ada di dalam c25 ini !

So want to know how I feel now ? Well, after looking at all these features yang saya inggin sudah terciptakan, saya seperti bapak yang jelek, bego, miskin.

Tapi setelah lihat anak saya tumbuh jadi besar, tinggi, ganteng, kaya, terkenal, saya jadi pasrah, tapi senang juga. " Nak, syukurlah ! Bapak lu jelek, bego, miskin. Tapi saya senang lihat kamu tumbuh jadi begitu hebat."

Coba kalau anak saya jadi lebih payah dari saya. Kan gawat.

Saya punya anak belum lama lahir. Eh betul. Dia lebih mancung dari saya. Cute, ganteng, ada dua dimple lagi ! Saya jadi bapak, kalah ama anak its OK. He's my son, not other people's

Betul, jika nanti c25 keluar, c24 saya mulai pudar sinarnya. Tapi, I am really grateful for that guy who send my ideas to Ghosn's design studio and put into practice into the c25.

Jangan tertawa ! U think its not possible this E-mail thing ? U think its a coincidence ! Mana mungkin ! Kok kebetulan ALL my ideas since 1-2 years ago muncul semua !

U know something ? a few years ago I gave my ideas to Jonfis Fandy, as I hope Honda will make something better than the Stream and Kijang kapsul. All he said is " Yeah yeah, we at Honda will always make nice, affordable cars for the market ". Yeah ! Now look at the price of the Odyssey. 428 juta ! Jonfis and gang. You are not listening to me !

Now my son the c25 will eat yr cars for breakfast !

Now bung Conan, imagine sekarang saya seperti Darth di Return of the Jedi. Anak saya sakitin ku, potong tangan saya sampai putus di lightsaber duel. Tapi akhirnya, saya lihat Luke gitu hebat, jadi akhirnya mati dengan senang. Tanpa regrets.

Dari pada the c25 keluar sebagai piece of [cencored].

Mudah mudahan c25 seperti CRV. Bad timing once in a while. And they don't do it too often.

But if the c25 betul hebat, dan harga terjangkau, perhaps its the best, long term compensation for all Nissan lovers, especially c24 buyers yang tangannya di potong ama anaknya sendiri.

If only that wavy line jadi lurus. Almost perfect deh !

" Son, even though you killed me, but you must be more cruel, merciless, and smart than me. Only then will U crush all opposition and rule over the galaxy as undisputed Emperor ! "
conan

Post by conan »

szli wrote:tapi wavy line yang aneh mirip tampang habis tabrakan itu is enough untuk cegah saya menangis !
Tapi itu bukan hanya hiasan, lho, bung Szli. Tentu ada tujuannya. Menurutku, bisa improve visibility onto the road, terutama ketika sedang belok. Jadi kalau ada lubang di tikungan bisa langsung terlihat!

Dan bukankah untuk minivan seperti Serena, yang penting adalah feature yang fungsional, daripada fitur ornamental tapi tidak ada gunanya? :wink:
szli wrote:So c24 owners, take comfort in that !
And how are you going to tell them to take comfort about what Mr. Hdrw had to say here : :mrgreen:
Hdrw wrote:Apalagi kalau gak lama lagi gambarnya muncul di majalah autobild/top gear, bakalan turun drastis deh penjualan C24, dan harga bekasnya siap2 terjun bebas.
szli wrote:Cuman bedanya ada 3 headrest dan ada airline tables ! These 2 dari dulu saya jerit inggin mau ! Someones been sending my mails to Nissan Japan !
And who do you think he is, Mr. Szli? :mrgreen: :mrgreen:
szli wrote:If indeed, mudah mudahan nanti Nissan AUV ada feature 2 ini. If yes, dan bisa 160-180 juta,
Stop dreaming, Mr. Szli. Or should I say, "Keep dreaming.." :twisted:
szli wrote:But I will take Nissan Indonesia to task for this " Bad timing ". Count on me to do that !
Yeah, you do that, Mr. Szli! Make sure they know that we Indo consumers are not that stupid. :)
I'm going to send it to the local car magazines as well.. :mrgreen:
szli wrote:Bung Conan, jika anda ngak beli c25 nanti, saya bisa binggung. What are U waiting for ? U don't want an Innova. U forget the c24. Now the c25 is approaching. Nanti masuk jadi beli ?
Ada seorang kawan dekatku sedang mempertimbangkan ambil C24 agar aku bisa menunggu C25 saja, bung Szli. :)
Man, U are one happy man ! Get the most complete feature minivan in Indonesia. Bahkan melebihi Alphard yang tiada 3 headrest dan kayaknya no airline table. All at half Alphard prices.
Dan sebenarnya Anda juga bisa, bung Szli. Kalau saja dulu NMI tidak greedy dan mau menunggu C25 ini agar bisa memberi konsumen Indo model terbaru mereka.
How about that! :twisted:
szli

Post by szli »

And like the Nissan March, this c25 will at last regain her glory in Japan and chop the Noah / Voxy to pieces with one blow of his lightsaber !

I know this will happen. Soalnya saya dulu hampir beli Noah. Jadi saya tau persis good and badnya Noah / Voxy.

And I tell U guys, after studying this c25, and her goyang Inul chairs, no minivan can stop her now. Except orang yang tidak bisa terima wavy line itu.

But I think dengan mesin dan kursi / interior yang begitu hebat, apa artinya wavy line yang aneh itu ?

Bung Conan, get yr finances ready. Lu bergaul ama anak saya. Tidak akan nyesel nanti !

Bung Caldina, get ready to import the c25 ! Lets see if her fantastic interior design can overcome people's anti boxy thinking.
conan

Post by conan »

szli wrote: You are kidding ! I told U, SOMEONES sending MY mail and MY IDEAS to Nissan Japan !!
? Mr. Szli, did I forget mentioning that Carlos and I go waay back? He said hi to you, and, "Value up!", he said. :mrgreen:
szli wrote:If that is indeed so, ALL my ideas for the truly wonderful minivan sudah akhirnya ada di dalam c25 ini !
It took me NINE MONTHS of debate, spread along numerous threads, including a 16-page thread, and many months of your 'insults' ("C25? Where is it? Is it invisible like air?") to finally hear, err, read, that one single sentence from you, Father. :e-dance:

So, Father, will you finally admit, that I was right all along? That the force's been with me from the first episode?
:P :P :P :P :P
Last edited by conan on Wed Apr 27, 2005 6:22, edited 1 time in total.
szli

Post by szli »

Bung Conan, tables and 1 headrest don't cost much. Ngak percaya ? Why don't U look at the Trajet and as Hyundai how much they are selling ?
conan

Post by conan »

szli wrote:Bung Conan, tables and 1 headrest don't cost much. Ngak percaya ? Why don't U look at the Trajet and as Hyundai how much they are selling ?
Ng? I never mentioned anything about them, Mr. Szli? I like them just as much as you do, but the bottomline is : the C24 doesn't have them and the C25 does.

C25 = Happy 25 hours a day! :mrgreen:
pinoh_boy

Post by pinoh_boy »

szli wrote:And like the Nissan March, this c25 will at last regain her glory in Japan and chop the Noah / Voxy to pieces with one blow of his lightsaber !
Let's wait and see!!!
szli wrote:I know this will happen. Soalnya saya dulu hampir beli Noah. Jadi saya tau persis good and badnya Noah / Voxy.
Oh really???
szli wrote:And I tell U guys, after studying this c25, and her goyang Inul chairs, no minivan can stop her now. Except orang yang tidak bisa terima wavy line itu.
It's too ambitious!
szli wrote:Bung Conan, get yr finances ready. Lu bergaul ama anak saya. Tidak akan nyesel nanti !
G ga ngerti dengan statement ini, ngapapin bung conan bergaul ama anaknya bung Szli?
szli wrote:Bung Caldina, get ready to import the c25 ! Lets see if her fantastic interior design can overcome people's anti boxy thinking.
Hei Caldina, Where u are?
conan

Post by conan »

hdrw wrote:Wah berhasil juga patner gw dapetin C25. :e-clap:
Btw, Watson, you once called me a 'shaman', did you not.
How about the shaman detective?
Or is it the detective shaman?

Kekeke :talk:
Joe_Black
Member of Junior Mechanic

Post by Joe_Black »

Wah menarik juga nih C-25.
Walau belum ada spec jelas (dimensi, mesin, dll) dari thread diskusi sampai saat ini persepsi saya kelebihan C-25 :

1. Mesin lebih OK dari C24
2. Desain exteriornya lebih OK dlm hal :
- Bagian belakangnya lebih cantik
- Modelnya lebih 'futuristik'
3. Desain interiornya :
- Ada 3 headrest/row
- ada airlines table
- kursinya bisa sliding kiri-kanan.
- Jendelanya lebih besar (good for visibility)
- Sliding doornya lebih besar (kemudahan akses)
4. Harganya mungkin setara C-24 (dgn features & mesin yg lebih OK)

Buat saya sih (pemilik C-24), soal model dan interiornya tidak ada perubahan yang signifikan. Yang signifikan adalah mesin dan tentunya harga jual C24 saya :(

btw, yang digambar ini apa yang versi Comfort Touring nya ya ? Spionnya nggak ada sein, jok fabric.
Pada geseran kiri-kanan jok tengah, kelihatannya base (bagian yang bisa bergeser) kursinya bisa menghalangi akses masuk ke row 3. CMIIW.
Kalo ternyata nggak, asyik banget deh dgn konfigurasi ini, mungkin kursi C-24 saya bisa diganti dgn yang begini. Apalagi kalo dibagian tengah ada optional bisa dilipat or captain seat.. asyik banget deh..

FYI, saya sering pake row 3, biasanya anak saya suka tidur disana.

Airlines table apa nggak berbahaya ya jika kecelakaan ?

Kursi belakangnya lebih rapi saat dilipat.. bagus banget.

Kita tunggu deh kedatangannya...
carstensz30
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Post by carstensz30 »

bentuknya mirip2... kayak APV :-)
so buat yg ngga kuat beli C25, mending APV aja deh, hehehehe.... murah meriah.
conan

Post by conan »

Whoa, tunggu dulu, kawan-kawan. Pengamatan detective ini menunjukkan bahwa headrest yang diduga headrest ketiga pada baris kedua, sebenarnya adalah headrest milik jok penumpang depan. Mobil putih adalah model dengan captain seats, baris kedua hanya memiliki dua set captain seats yang bisa diputar ke belakang dan digeser ke samping.
Belum ada foto dari versi 8-seater, apakah memiliki 3 headrest pada baris kedua atau tidak.
Joe_Black wrote:Pada geseran kiri-kanan jok tengah, kelihatannya base (bagian yang bisa bergeser) kursinya bisa menghalangi akses masuk ke row 3. CMIIW.
Kalo ternyata nggak, asyik banget deh dgn konfigurasi ini,
Tapi jika kedua captain seats digeser ke samping mendekati pintu, akan tercipta 'lorong tengah' yang bahkan lebih luas daripada lorong C24 yang captain seats-nya tidak bisa digeser sama sekali.
Pada foto di atas tampaknya captain seat sebelah kiri didorong ke tengah untuk memberikan akses masuk langsung ke baris ketiga.
Jadi ada 2 cara akses masuk ke baris ketiga, bisa dari tengah (lorong sangat lebar jika captain seats digeser ke samping), atau langsung dari pintu masuk, baik dari sebelah kiri atau kanan (dengan salah satu captain seat digeser ke tengah).
Hanya jika Anda tidak memakai safety belt. :)
Joe_Black

Post by Joe_Black »

[/quote]Tapi jika kedua captain seats digeser ke samping mendekati pintu, akan tercipta 'lorong tengah' yang bahkan lebih luas daripada lorong C24 yang captain seats-nya tidak bisa digeser sama sekali.

Practically, saya pikir geseran ke kiri-kanan untuk memudahkan akses melalui lorong tengah akan jarang dipakai. Lebih praktis kalo justru digeser menjauhi pintu (bdk dgn dilipat kayak LGX saya dulu.. ).
Jadi ada 2 cara akses masuk ke baris ketiga, bisa dari tengah (lorong sangat lebar jika captain seats digeser ke samping), atau langsung dari pintu masuk, baik dari sebelah kiri atau kanan (dengan salah satu captain seat digeser ke tengah).

Ini dia yang saya maksud, bung Conan.
Pada geseran kiri-kanan jok tengah, kelihatannya base (bagian yang bisa bergeser) kursinya bisa menghalangi akses masuk ke row 3
maksud saya adalah kalo digeser satu ke tengah dan satu tetap dipojok,
bagian 'base'nya (yang bergerak di rel) kelihatannya cukup tinggi dan mengganggu kalo masuk sambil gendong anak batita.. iya nggak ?

Quote:

Hanya jika Anda tidak memakai safety belt.

sebenarnya sih tergantung jarak juga antara badan kita ke meja tsb. Gue bayangin bisa kerja pake laptop kalo ada meja itu.

bentuknya mirip2... kayak APV
so buat yg ngga kuat beli C25, mending APV aja deh, hehehehe.... murah meriah.

ha.ha..ha.. :lol: bung Carstensz30... aku pernah loh naik C-24 dan dari jauh diteriakin anak kecil : wow... APV.. :x :lol: :lol:
Joe_Black

Post by Joe_Black »

Opss.. sorry.. salah nge-quote.. :oops: :oops: :oops: but you know what I mean lah, don't u ?
conan

Post by conan »

Btw, bung Szli, ini foto interior Serena C24 versi tahun 1999-2001, ada table-nya. Tampaknya dihilangkan pada facelift tahun 2002 dan baru muncul lagi di C25. Hmm?
hdrw

Post by hdrw »

conan wrote:Btw, Watson, you once called me a 'shaman', did you not.
How about the shaman detective?
Or is it the detective shaman?
Kekeke :talk:
Ok, ok ... :)