Nilai Jual Kembali Proton

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

prabowo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Jul 19, 2009 0:16

Nilai Jual Kembali Proton

Post by prabowo »

Teman2, ada yang tahu resale value dari mobil Proton nggak? Soalnya aku rencana mau ambil Proton Exora. Setelah denger penjelasan dari sales nya waktu di PRJ dan aku liat pembahasannya di internet keliatannya ini mobil bagus banget untuk keluarga dan juga untuk perjalanan jarak jauh. Terima kasih atas sharingnya.
eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by eresiie »

Nah kan, pola pikirnya kayak saya, blm beli sdh mikir gmn harga jual bekasnya nanti. Ya kalo memang resale value lbh jadi pertimbangan mungkin lbh baik beli avanza atau GL. Tapi kalo berani coba ya lbh baik ke dealer test drive, kalo cocok ya bayar, he...he...he.... OK kalo jadi beli ditunggu reviewnya.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by jalu »

saran saya lebih baik bersabar sedikit untuk menunggu review dr user exora nanti, karena kan blm ketauan gmn kepuasan pemakainya ttg kualitas produk ini, stidaknya meski resale value dikuatirkan anjlok tapi kalo mobilnya berkualitas dan enak dipake kan bisa kt rawat untuk pemakaian jangka panjang.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by asudarsono »

Yoi, kalau mikir jual kembali emang kudu Avanza dah. Gila harganya.

Kalau Proton bisa ke www.kapanlagi.com
Ready to Race
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by AD74YA »

Mungkin solusi sementara dilihat saja dari resale value proton jenis lainnya yang sudah beredar duluan..

Sebagai media referensi mungkin bisa baca auto bild yang daftar harga mobil baru atau bekas cukup akurat.. Meleset paling beberapa juta

Tapi saya sendiri kurang tau apakah dimajalah itu ada daftar proton sekon..

Dengan tau harga saudaranya bisa di kira2 gimana harga exora kedepan.. Thx semoga membantu
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by esh »

AD74YA wrote:Mungkin solusi sementara dilihat saja dari resale value proton jenis lainnya yang sudah beredar duluan..

Sebagai media referensi mungkin bisa baca auto bild yang daftar harga mobil baru atau bekas cukup akurat.. Meleset paling beberapa juta

Tapi saya sendiri kurang tau apakah dimajalah itu ada daftar proton sekon..

Dengan tau harga saudaranya bisa di kira2 gimana harga exora kedepan.. Thx semoga membantu
Ada om AD74YA, tapi hanya 1 macam, proton savvy A/T 2007 Rp. 80 juta. That's it! :e-wall:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by Risol1 »

Kalo mobil2 jarang kaya gini, bukan cuma takut harganya jatuh aja, tapi juga jarang yg mao beli walaupun harga udah dibanting....... :mrgreen:
Kalo udah gitu jalan satu2nya adalah tuker tambah sama mobil lain biar showroom "dipaksa" beli mobil kita. Tapi kalo ada kejadian butuh duit mendesak atau nutupin beli tanah murah (minjem alesannya bro FM :mrgreen:), baru repot deh.....mungkin mao dibeli pdg tapi harga dibanting 2x, kecuali pas ketemu sama yg lagi kebetulan nyari mobil serupa.

Kalo belom siap ilang duit banyak dalam waktu 1-2 tahun pertama, mending ambil jepang dulu aja bos atau non jepang tapi bekas, kecuali kalo udah siap...ya silakan ambil, saya sih takutnya nyesel aja abis beli :mrgreen:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by AD74YA »

nah itu dari savvy tinggal search harga baru tahun 2007 berapa.. dapet deh perkiraannya
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by Abu2 »

nyesal kemudian tiada gunanya ya Om Risol.... :mrgreen:
prabowo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Jul 19, 2009 0:16

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by prabowo »

Makasih buat teman2 yang udah kasih masukan. Setelah saya bicarakan dengan keluarga kelihatannya saya nggak jadi ambil MPV karena kita masih keluarga baru. Mungkin sebagai alternatifnya kita mau cari mobil yang lebih kecil, irit, nyaman, suspensinya enak buat jarak jauh dan resale value cukup worthed. Kira2 dengan kriteria tersebut dan dengan budget 100 juta bisa dapet mobil second apa ya? Tahun berapa? Sekali lagi terima kasih atas sumbangsarannya. I lop u full
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by AD74YA »

kalo small city car, populer dgn sebutan K-car favorit saya Kia Picanto..

Harga sekarang atau sekon kurang tau ya.. Mudah2an around 100
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by Risol1 »

Abu2 wrote:nyesal kemudian tiada gunanya ya Om Risol.... :mrgreen:
Iya...hehehe....soalnya "bulan madu" atau tahap "madly and blindly in love" sama mobil baru paling cuma sebentaran doang, selebihnya "common sense" yg main (mikirin maintenance, spare part, kualitas pakai harian, resale value), setelah tahap bulan madu berakhir. :mrgreen: ya kaya orang nikah aja om Abu..... :mrgreen:

Saya gak bilang proton pasti jelek lho, tapi yg namanya beli produk pemain baru, musti siap lahir batin hehehe.....
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by GTR »

Risol1 wrote:
Abu2 wrote:nyesal kemudian tiada gunanya ya Om Risol.... :mrgreen:
Iya...hehehe....soalnya "bulan madu" atau tahap "madly and blindly in love" sama mobil baru paling cuma sebentaran doang, selebihnya "common sense" yg main (mikirin maintenance, spare part, kualitas pakai harian, resale value), setelah tahap bulan madu berakhir. :mrgreen: ya kaya orang nikah aja om Abu..... :mrgreen:
he3 kaya nikah aja ya, kalo gitu gender mobil is "she".... :e-think:
fbhakim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Mon Apr 02, 2007 2:57

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by fbhakim »

Jangan terpengaruh yg orang bilang om prabowo, lebih baik kita lihat langsung angka dan fakta dan simpulkan sendiri.
Yuk kita bandingkan dg Kijang Innova yg katanya resale valuenya 'bagus'.

harga innova g m/t lah contohnya, harganya skrg 225 juta, kalau liat harga pasaran secondnya tahun 2007 sekitar 160 juta. berarti dalam 2 tahun turun 65 juta alias deperesiasinya adalah 29%

bandingkan dg Proton Savvy AT diatas, harga barunya 107 juta, harga pasaran second sekarang 80 juta. berarti dlm 2 tahun turun 27 juta alias depresiasinya 25%. jauh lebih kecil dibandingkan Innova.

dgn rata2 depresiasi setahun 12.5%, kayaknya gak jauh beda dgn merk2 Jepang atau Korea, bahkan lebih bagus dibanding merk tertentu.

kenapa depresiasinya bisa bagus ? menurut saya pribadi krn memang sejak awal pricing mobil2 mereka sudah rendah, sehingga utk mencapai nilai wajar penurunan pun hanya sedikit marginnya. hal yg serupa dilakukan oleh mobil2 korea. coba lihat harga second Hyundai Avega dan hitung depresiasinya, relatif kecil.
tentu saja hal ini juga diimbangi kualitas produknya sendiri juga relatif bagus dan diterima pasar.

nah kalo savvy aja nilainya segitu, sy yakin Exora akan lebih bagus depresiasinya, krn model MPV di Indonesia masih jadi favorit. apalagi dgn fitur yg sgt lengkap spt itu.
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by campoeran »

Semakin mahal mobil semakin tinggi depresiasinya

kalo mau ambil 100jt sekon bisa ngambil aerio atau getz kali ya
kalo mau new ambil aja picanto nambah duit tapi krn dah lbh dr 100jt.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by AD74YA »

campoeran wrote:Semakin mahal mobil semakin tinggi depresiasinya

kalo mau ambil 100jt sekon bisa ngambil aerio atau getz kali ya
kalo mau new ambil aja picanto nambah duit tapi krn dah lbh dr 100jt.
Setuju.. Proton juga nggak amsalah kok.. malah dapat mini mpv lagi kan... lebih gede... depresiasinya nggak akan jauh2 amat.. toh harganya juga tidak terlalu tinggi...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by esh »

prabowo wrote:Makasih buat teman2 yang udah kasih masukan. Setelah saya bicarakan dengan keluarga kelihatannya saya nggak jadi ambil MPV karena kita masih keluarga baru. Mungkin sebagai alternatifnya kita mau cari mobil yang lebih kecil, irit, nyaman, suspensinya enak buat jarak jauh dan resale value cukup worthed. Kira2 dengan kriteria tersebut dan dengan budget 100 juta bisa dapet mobil second apa ya? Tahun berapa? Sekali lagi terima kasih atas sumbangsarannya. I lop u full
Bisa dapet xenia Xi 1.3 vvt-i tahun 2006/2007 atau tambahin sedikit dapet city i-dsi 2004.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by evolution21 »

proton exora kayanya paling potensial jadi produk paling larisnya proton
soalnya modelnya MPV (favorit masy sini)
apalagi harga murah dapet fitur banyak.
resale valuenya mungkin bisa mirip2 savvy secara persentase atau malah lebih baik

ini prediksi saya saja loh ya
FortunerMan

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by FortunerMan »

fbhakim wrote:Yuk kita bandingkan dg Kijang Innova yg katanya resale valuenya 'bagus'.

harga innova g m/t lah contohnya, harganya skrg 225 juta, kalau liat harga pasaran secondnya tahun 2007 sekitar 160 juta. berarti dalam 2 tahun turun 65 juta alias deperesiasinya adalah 29%

bandingkan dg Proton Savvy AT diatas, harga barunya 107 juta, harga pasaran second sekarang 80 juta. berarti dlm 2 tahun turun 27 juta alias depresiasinya 25%. jauh lebih kecil dibandingkan Innova.

dgn rata2 depresiasi setahun 12.5%, kayaknya gak jauh beda dgn merk2 Jepang atau Korea, bahkan lebih bagus dibanding merk tertentu.
Kalo saya ngitung depresiasi kok beda ya. Misalnya nih...contoh saya beli Fortuner bensin thn 2006 335 juta (sebenernya sih saya beli cuman 316....tp pake harga resmi aja deh). Kemaren iseng2 ke dealer mobkas, ditawar 275 juta. Rupiah dulu sama sekarang memang beda sih...tp gak jauh2 amat. Kalo itungan saya gak ngaco...Fortuner saya retain 82% valuenya setelah 3 thn pake...adjust buat rupiah jeblok tarolah 75% dari harga beli.

Logikanya...saya gak gitu peduli harga baru Fortuner hari ini (kalo gak salah 416 juta), karena toh saya gak keluar duit segitu...ngapain saya ngitung uang hilang (depresiasi) dari harga baru sekarang? Yg saya peduli kan...berapa uang saya bisa kembali dr pembelian thn 2006 tersebut. Bener apa ngawur nih :P
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by maxx »

FortunerMan wrote:
fbhakim wrote:Yuk kita bandingkan dg Kijang Innova yg katanya resale valuenya 'bagus'.

harga innova g m/t lah contohnya, harganya skrg 225 juta, kalau liat harga pasaran secondnya tahun 2007 sekitar 160 juta. berarti dalam 2 tahun turun 65 juta alias deperesiasinya adalah 29%

bandingkan dg Proton Savvy AT diatas, harga barunya 107 juta, harga pasaran second sekarang 80 juta. berarti dlm 2 tahun turun 27 juta alias depresiasinya 25%. jauh lebih kecil dibandingkan Innova.

dgn rata2 depresiasi setahun 12.5%, kayaknya gak jauh beda dgn merk2 Jepang atau Korea, bahkan lebih bagus dibanding merk tertentu.
Kalo saya ngitung depresiasi kok beda ya. Misalnya nih...contoh saya beli Fortuner bensin thn 2006 335 juta (sebenernya sih saya beli cuman 316....tp pake harga resmi aja deh). Kemaren iseng2 ke dealer mobkas, ditawar 275 juta. Rupiah dulu sama sekarang memang beda sih...tp gak jauh2 amat. Kalo itungan saya gak ngaco...Fortuner saya retain 82% valuenya setelah 3 thn pake...adjust buat rupiah jeblok tarolah 75% dari harga beli.

Logikanya...saya gak gitu peduli harga baru Fortuner hari ini (kalo gak salah 416 juta), karena toh saya gak keluar duit segitu...ngapain saya ngitung uang hilang (depresiasi) dari harga baru sekarang? Yg saya peduli kan...berapa uang saya bisa kembali dr pembelian thn 2006 tersebut. Bener apa ngawur nih :P
Soal resale value >> umumnya produk sejuta umat spt avanxenia pasti bisa bertahan baik, atau bisa juga produsen yg kerap kali menaikkan harga .. shg resale value terkatrol, adalagi yg sistemnya buy back guarantee.

Kalo proton sptnya lebih cocok system buy back guarantee spt yg dilakukan hyundai dan kia.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by Risol1 »

fbhakim wrote:Jangan terpengaruh yg orang bilang om prabowo, lebih baik kita lihat langsung angka dan fakta dan simpulkan sendiri.
Yuk kita bandingkan dg Kijang Innova yg katanya resale valuenya 'bagus'.

harga innova g m/t lah contohnya, harganya skrg 225 juta, kalau liat harga pasaran secondnya tahun 2007 sekitar 160 juta. berarti dalam 2 tahun turun 65 juta alias deperesiasinya adalah 29%

bandingkan dg Proton Savvy AT diatas, harga barunya 107 juta, harga pasaran second sekarang 80 juta. berarti dlm 2 tahun turun 27 juta alias depresiasinya 25%. jauh lebih kecil dibandingkan Innova.

dgn rata2 depresiasi setahun 12.5%, kayaknya gak jauh beda dgn merk2 Jepang atau Korea, bahkan lebih bagus dibanding merk tertentu.

kenapa depresiasinya bisa bagus ? menurut saya pribadi krn memang sejak awal pricing mobil2 mereka sudah rendah, sehingga utk mencapai nilai wajar penurunan pun hanya sedikit marginnya. hal yg serupa dilakukan oleh mobil2 korea. coba lihat harga second Hyundai Avega dan hitung depresiasinya, relatif kecil.
tentu saja hal ini juga diimbangi kualitas produknya sendiri juga relatif bagus dan diterima pasar.

nah kalo savvy aja nilainya segitu, sy yakin Exora akan lebih bagus depresiasinya, krn model MPV di Indonesia masih jadi favorit. apalagi dgn fitur yg sgt lengkap spt itu.
Hehehe.....Bukannya mao mempengaruhi supaya orang2 gak beli Proton bos, saya sih cuma mao ingetin TS nya doang bahwa kalo faktor resale value masih jadi pertimbangan no1 (Spt terlihat di thread ini, karena TS gak nanya kualitas mobil, model, dll.....nanya-nya cuma resale value), pikir2 dulu sebelum beli merek baru, karena biasanya merek baru belum punya "pondasi" kokoh yg mengakibatkan produk2nya gak gitu digemari orang, yg ujung2nya resale value jadi jelek.

Juga perbandingan bos fbhakim diatas antara proton savvy Vs Innova juga kurang "kena" karena bbrp faktor:
Faktor1 - Spt dibilang bos FM diatas, mustinya <harga beli di 07> dikurang <harga jual di 09> bukannya harga barunya sekarang dikurang harga jual sekarang. Memang itungan ini engga memperhitungkan hilangnya "the real buying power" kita, tapi sebenernya ini lah kenyataan dari nilai uang/value yg hilang karena dipakai-nya mobil tsb.
Nah dalam kasus mobil2 jepang yg populer, kenaikkan harga dari tahun ke tahun ini cukup besar jika dibandingkan dengan kenaikkan harga2 mobil yg kurang populer spt Proton. Misalnya memakai contoh anda diatas, Innova G MT baru di tahun 2007 harganya pasti jauh lebih rendah daripada harga barunya sekarang (di thn 2009), sedangkan Proton Savvy, IMO di thn 07 pun harganya pasti gak gitu jauh beda dgn harga barunya sekarang. Jadi kalo dihitung2, maka orang yg beli Innova G MT di thn 07 sebenernya rugi lebih sedikit daripada perhitungan anda diatas (bukan 29% loss karena depresiasi harga).

Tapi okelah, for the sake of argument, kita gunakan cara anda diatas yaitu ngitung resale value dengan memperhitungkan buying power (harga baru sekarang - harga jual sekarang):

Faktor2 - Spt juga dikemukakan oleh banyak SMers diatas, semestinya kita engga membandingkan 1 mobil dengan mobil lain yg harganya 2x lipat lebih mahal dari mobil pertama, karena pastinya makin mahal mobil depresiasi makin banyak. Mungkin lebih tepat kita bandingin resale value proton savvy dengan mobil jepang sekelas, yg punya harga, mesin, dan bentuk bodi yg hampir sama. Kalo saya liat2, mungkin karimun estilo bisa dipadanin sama savvy.

Kalo anda bilang Proton savvy AT harga barunya sekarang 107 jt, dan harga jual menurut majalah AB adalah 80 jt. Jujur saya gak tau anda dapet harga 107jt tsb darimana, tapi kalo kita mao pake patokan harga jual dari AB, semestinya kita pake patokan dari AB jg lah untuk semua figure harga2 di perbandingan ini. OK, menurut AB, harga baru savvy AT adalah 113 jt.
Jadi depresiasi savvy selama 2 tahun adalah: (113-80)/113 * 100% = 29.2%

Sedangkan harga baru saat ini u/ karimun estilo MT menurut AB adalah 124 jt, sedangkan harga jualnya gak ketauan, TAPI AB juga bilang bahwa karimun kotak lama MT thn 05 valuenya sekarang adalah 86 jt, jadi kalo menurut logika karimun estilo thn 07 yg model dan mesinnya udah baru gampang aja dijual di level 100 jt.
Jadi depresiasi karimun estilo selama 2 tahun AT LEAST: (124-100)/124 * 100% = 19.3%

Tapi for the sake of argument lagi, tarolah gak papa deh kita bandingin toyota innova yg harganya 2x lipat dengan proton savvy:

Faktor 3 - Seperti yg udah disinggung diatas, semestinya kalo kita mao pake patokan dari AB u/ harga jual proton savvy, mustinya kita secara legowo juga pake AB dong untuk menentukan harga jual Innova. Dalam hal ini saya engga tau lagi anda dapet darimana harga bekasnya innova G MT 07 seharga 160 jt. Memang AB belum punya harga bekas innova G MT untuk thn 07, tapi AB tulis bahwa harga bekas innova G MT thn 05 aja sebesar 160 jt, sedangkan u/ yg thn 04 seharga 153 jt, atau beda 7jt per tahun. Nah memakai logika ini, mungkin kita bisa menarik kesimpulan bahwa untuk Innova G MT thn 07 beda sekitar 14 juta dengan yg 05. Atau dihargai 174 jt u/ value Innova G MT 07.

Jadi depresiasi savvy AT 07 (spt yg udah dihitung diatas) adalah 29.2%
Sedangkan depresiasi Innova G MT thn 07 adalah: (225.8-174)/225.8 * 100% = 22.9%

Faktor 4 - Seperti yg saya udah bilang juga diatas, bahwa masalah resale value ini bukan hanya masalah angka2 diatas kertas, tapi mungkin lebih ke harga pasar yg sesungguhnya. Artinya "resale value" ini bukan hanya harga jual suatu mobil, tapi juga apakah mobil tsb laku dijual/cepat dijual dengan harga segitu.
Ada kemungkinan proton savvy 07 AT walaupun dijual seharga 80 jt, tapi tetep aja susah cari pembelinya....jadikan kita cape hati kalo pedagang mobkas pun nawar aja gak berani :mrgreen:
Sedangkan si karimun estilo atau innova G MT, walaupun harganya lebih tinggi dari si Savvy, tapi demand pembelinya juga tinggi.

Nah balik ke Proton Exora, takutnya aja nih sih Exora nasibnya bisa sama kaya Trajet (padahal merek Hyundai lho yg jauh lebih tenar)......dulu saya inget pernah beli trajet di thn 02 aja harganya barunya lebih dari 200 jt........Nah sekarang 7 tahun kemudian, pada saat harga mobil2 lain udah menjulang tinggi, harga barunya trajet masih segitu2 aja (malah ada yg bilang harga barunya gak nyampe 200 jt sekarang), artinya mobilnya kurang laku dan liat aja harga bekasnya juga lebih rendah dari MPV jepang sekelas (bahkan lebih jelek daripada MPV yg lebih rendah kelasnya).

Nah kalo si TS nanya ke kita2 ttg hal ini (resale Value), saya cuma bilang aja bahwa pikir2 dulu, siap2 kalo beli Proton....lalu apakah "warning" ini salah? Kan kesian kalo kriteria dia yg utama adalah resale value tiba2 kejeblos di sono karena udah terlanjur beli.

Saya disini gak ngomong sama sekali ttg kualitas, spare part, maintenance, dll lho....cuma pure melihat dari sisi Resale Value aja, dan semua angka2 diatas juga diambil dari AB semua.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by Profith83 »

Benar 2x posting yang bagus, to the point dan semua berdasarkan fakta ... bukan asumsi ...
Salut buat Bung Risol,
Yang penting itu memang kalau kita jual gak sampe 1 minggu laku ...
Saya jual Panther saya thn 2005 turbo, jualnya di thn 2008 (pada waktu itu harga panther baru masih 205) lakunya di 175 jt tuh
Jadi (205-175)/205 * 100% = 14.63% selama 3 thn :)
Itu saya alami sendiri yah ... tapi sepertinya kalau sekarang pamor panther sudah turun .... itupun waktu saya jual yang beli posisinya di kota Malang ..
Risol1 wrote: Hehehe.....Bukannya mao mempengaruhi supaya orang2 gak beli Proton bos, saya sih cuma mao ingetin TS nya doang bahwa kalo faktor resale value masih jadi pertimbangan no1 (Spt terlihat di thread ini, karena TS gak nanya kualitas mobil, model, dll.....nanya-nya cuma resale value), pikir2 dulu sebelum beli merek baru, karena biasanya merek baru belum punya "pondasi" kokoh yg mengakibatkan produk2nya gak gitu digemari orang, yg ujung2nya resale value jadi jelek.

Juga perbandingan bos fbhakim diatas antara proton savvy Vs Innova juga kurang "kena" karena bbrp faktor:
Faktor1 - Spt dibilang bos FM diatas, mustinya <harga beli di 07> dikurang <harga jual di 09> bukannya harga barunya sekarang dikurang harga jual sekarang. Memang itungan ini engga memperhitungkan hilangnya "the real buying power" kita, tapi sebenernya ini lah kenyataan dari nilai uang/value yg hilang karena dipakai-nya mobil tsb.
Nah dalam kasus mobil2 jepang yg populer, kenaikkan harga dari tahun ke tahun ini cukup besar jika dibandingkan dengan kenaikkan harga2 mobil yg kurang populer spt Proton. Misalnya memakai contoh anda diatas, Innova G MT baru di tahun 2007 harganya pasti jauh lebih rendah daripada harga barunya sekarang (di thn 2009), sedangkan Proton Savvy, IMO di thn 07 pun harganya pasti gak gitu jauh beda dgn harga barunya sekarang. Jadi kalo dihitung2, maka orang yg beli Innova G MT di thn 07 sebenernya rugi lebih sedikit daripada perhitungan anda diatas (bukan 29% loss karena depresiasi harga).

Tapi okelah, for the sake of argument, kita gunakan cara anda diatas yaitu ngitung resale value dengan memperhitungkan buying power (harga baru sekarang - harga jual sekarang):

Faktor2 - Spt juga dikemukakan oleh banyak SMers diatas, semestinya kita engga membandingkan 1 mobil dengan mobil lain yg harganya 2x lipat lebih mahal dari mobil pertama, karena pastinya makin mahal mobil depresiasi makin banyak. Mungkin lebih tepat kita bandingin resale value proton savvy dengan mobil jepang sekelas, yg punya harga, mesin, dan bentuk bodi yg hampir sama. Kalo saya liat2, mungkin karimun estilo bisa dipadanin sama savvy.

Kalo anda bilang Proton savvy AT harga barunya sekarang 107 jt, dan harga jual menurut majalah AB adalah 80 jt. Jujur saya gak tau anda dapet harga 107jt tsb darimana, tapi kalo kita mao pake patokan harga jual dari AB, semestinya kita pake patokan dari AB jg lah untuk semua figure harga2 di perbandingan ini. OK, menurut AB, harga baru savvy AT adalah 113 jt.
Jadi depresiasi savvy selama 2 tahun adalah: (113-80)/113 * 100% = 29.2%

Sedangkan harga baru saat ini u/ karimun estilo MT menurut AB adalah 124 jt, sedangkan harga jualnya gak ketauan, TAPI AB juga bilang bahwa karimun kotak lama MT thn 05 valuenya sekarang adalah 86 jt, jadi kalo menurut logika karimun estilo thn 07 yg model dan mesinnya udah baru gampang aja dijual di level 100 jt.
Jadi depresiasi karimun estilo selama 2 tahun AT LEAST: (124-100)/124 * 100% = 19.3%

Tapi for the sake of argument lagi, tarolah gak papa deh kita bandingin toyota innova yg harganya 2x lipat dengan proton savvy:

Faktor 3 - Seperti yg udah disinggung diatas, semestinya kalo kita mao pake patokan dari AB u/ harga jual proton savvy, mustinya kita secara legowo juga pake AB dong untuk menentukan harga jual Innova. Dalam hal ini saya engga tau lagi anda dapet darimana harga bekasnya innova G MT 07 seharga 160 jt. Memang AB belum punya harga bekas innova G MT untuk thn 07, tapi AB tulis bahwa harga bekas innova G MT thn 05 aja sebesar 160 jt, sedangkan u/ yg thn 04 seharga 153 jt, atau beda 7jt per tahun. Nah memakai logika ini, mungkin kita bisa menarik kesimpulan bahwa untuk Innova G MT thn 07 beda sekitar 14 juta dengan yg 05. Atau dihargai 174 jt u/ value Innova G MT 07.

Jadi depresiasi savvy AT 07 (spt yg udah dihitung diatas) adalah 29.2%
Sedangkan depresiasi Innova G MT thn 07 adalah: (225.8-174)/225.8 * 100% = 22.9%

Faktor 4 - Seperti yg saya udah bilang juga diatas, bahwa masalah resale value ini bukan hanya masalah angka2 diatas kertas, tapi mungkin lebih ke harga pasar yg sesungguhnya. Artinya "resale value" ini bukan hanya harga jual suatu mobil, tapi juga apakah mobil tsb laku dijual/cepat dijual dengan harga segitu.
Ada kemungkinan proton savvy 07 AT walaupun dijual seharga 80 jt, tapi tetep aja susah cari pembelinya....jadikan kita cape hati kalo pedagang mobkas pun nawar aja gak berani :mrgreen:
Sedangkan si karimun estilo atau innova G MT, walaupun harganya lebih tinggi dari si Savvy, tapi demand pembelinya juga tinggi.

Nah balik ke Proton Exora, takutnya aja nih sih Exora nasibnya bisa sama kaya Trajet (padahal merek Hyundai lho yg jauh lebih tenar)......dulu saya inget pernah beli trajet di thn 02 aja harganya barunya lebih dari 200 jt........Nah sekarang 7 tahun kemudian, pada saat harga mobil2 lain udah menjulang tinggi, harga barunya trajet masih segitu2 aja (malah ada yg bilang harga barunya gak nyampe 200 jt sekarang), artinya mobilnya kurang laku dan liat aja harga bekasnya juga lebih rendah dari MPV jepang sekelas (bahkan lebih jelek daripada MPV yg lebih rendah kelasnya).

Nah kalo si TS nanya ke kita2 ttg hal ini (resale Value), saya cuma bilang aja bahwa pikir2 dulu, siap2 kalo beli Proton....lalu apakah "warning" ini salah? Kan kesian kalo kriteria dia yg utama adalah resale value tiba2 kejeblos di sono karena udah terlanjur beli.

Saya disini gak ngomong sama sekali ttg kualitas, spare part, maintenance, dll lho....cuma pure melihat dari sisi Resale Value aja, dan semua angka2 diatas juga diambil dari AB semua.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by GTR »

hmm... jadi resale value dipengaruhin juga sama harga baru produk nya sekarang...?
kalo liat case trajet yg "jatuh" or mobkas avanza yg "naik"
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by yunan »

setuju dgn bro Risol1,
jual-beli mobil jangan hanya melihat selisih nilai jual & beli nya. tapi harus melihat apakah ada yg mau beli bila qta jual mobil dengan nilai jual tsb.

saran saya bila tidak mau beli mobil2 laku, mending beli mobil2 yg jarang tetapi masih punya penggemar tertentu (spt chevrolet, peugeot, dll)
FortunerMan

Re: Nilai Jual Kembali Proton

Post by FortunerMan »

yunan wrote:saran saya bila tidak mau beli mobil2 laku, mending beli mobil2 yg jarang tetapi masih punya penggemar tertentu (spt chevrolet, peugeot, dll)
Bener nih. Katanye Peugeot kaga laku,..tp saya nyari2 406 kemaren susah bener...rata2 saya telponin udah laku.