Modifikasi Mitsubishi Eterna

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

chandra_budiman wrote:
DigitALL wrote: Dulu sebelum bro masuk, sepertinya tidak ada yg punya Eterna selain gw. Kemudian Mr.Naruto bokapnya yg pake. And akhirnya setelah bro h32u masuk jadi bertambah lagi yang punya Eterna. Well... sharing donk Eterna 93 DOHC maticnya ?! :roll: Apakah tetap asik diajak beset2an (ngebut) ? Terus udah diapain aja Eternanya ? Sharing ya ... :D Lebih baik kalo diupload juga fotonya :e-clap:
Kulonuwun.
Saya juga pemilik eterna dohc, tapi thn 91.
Asik sih asik beset eterna, tapi udahannya yg gak asik, mesti keluar duit utk betulin ini itu.
Pas lari 220 kmh, as tengah engine mounting (yg didepan/dijembatan) hilang, disc brake peyang.
Pas lari 240 kmh, kabel speedometer putus.
Udah kapok ah ngebut2, bensin mahal pisan. Kasian mobil tua disiksa :lol:
Selamat bergabung di SM ! 8)

Gile juga Eternanya lari 240km/h ! Udah diapain aja mesinnya ? My feeling sih udah pasang Turbo dan NOS ya ?

Sekali2 disiksa sih gpp, asal jangan keseringan :lol:
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

chandra_budiman wrote: Kulonuwun.
Saya juga pemilik eterna dohc, tapi thn 91.
Asik sih asik beset eterna, tapi udahannya yg gak asik, mesti keluar duit utk betulin ini itu.
Pas lari 220 kmh, as tengah engine mounting (yg didepan/dijembatan) hilang, disc brake peyang.
Pas lari 240 kmh, kabel speedometer putus.
Udah kapok ah ngebut2, bensin mahal pisan. Kasian mobil tua disiksa :lol:
nah kalo ini bisa ngejar RX-8 berarti...
kemaren liat Spec Sheet RX-8 di pameran (PIM2-red)
max speed RX-8 "cuman" 235 Km/h

Manstapp....
Image
chandra_budiman
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Jun 19, 2006 6:44

Post by chandra_budiman »

DigitALL wrote:Selamat bergabung di SM ! 8)

Gile juga Eternanya lari 240km/h ! Udah diapain aja mesinnya ? My feeling sih udah pasang Turbo dan NOS ya ?

Sekali2 disiksa sih gpp, asal jangan keseringan :lol:
Lhaa....speedometernya eterna sampai angka 240 khan? Mestinya gak usah diapa-apain juga bisa sampe segitu. Khan pabrikan udah memperkirakan top speednya sehingga dibuatlah speedonya sampe 240. Sayang khan kalo tidak digunakan sampai maksimal :lol:

Mobil saya masih std semua om, pakai velg R 16 ban ukuran 50.
Coba deh rajin carbon clean & jaga kebersihan filter biar mobilnya fit selalu & siap dipacu :wink:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Mike wrote:
chandra_budiman wrote: Kulonuwun.
Saya juga pemilik eterna dohc, tapi thn 91.
Asik sih asik beset eterna, tapi udahannya yg gak asik, mesti keluar duit utk betulin ini itu.
Pas lari 220 kmh, as tengah engine mounting (yg didepan/dijembatan) hilang, disc brake peyang.
Pas lari 240 kmh, kabel speedometer putus.
Udah kapok ah ngebut2, bensin mahal pisan. Kasian mobil tua disiksa :lol:
nah kalo ini bisa ngejar RX-8 berarti...
kemaren liat Spec Sheet RX-8 di pameran (PIM2-red)
max speed RX-8 "cuman" 235 Km/h

Manstapp....
Hahaha ... betul :e-clap: bisa imbang hasilnya.

Max speed RX-8 cuma 235 km/h apa karena limiter ya ? Speed di speedometer sampe berapa ?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

chandra_budiman wrote:
DigitALL wrote:Selamat bergabung di SM ! 8)

Gile juga Eternanya lari 240km/h ! Udah diapain aja mesinnya ? My feeling sih udah pasang Turbo dan NOS ya ?

Sekali2 disiksa sih gpp, asal jangan keseringan :lol:
Lhaa....speedometernya eterna sampai angka 240 khan? Mestinya gak usah diapa-apain juga bisa sampe segitu. Khan pabrikan udah memperkirakan top speednya sehingga dibuatlah speedonya sampe 240. Sayang khan kalo tidak digunakan sampai maksimal :lol:

Mobil saya masih std semua om, pakai velg R 16 ban ukuran 50.
Coba deh rajin carbon clean & jaga kebersihan filter biar mobilnya fit selalu & siap dipacu :wink:
Yup, emang sampe 240 km/h tapi kalo udah 190 atau 200 km/h lama banget naiknya. Mungkin butuh track panjang dan sepi agar bisa 240 km/h, tp gw belom pernah coba sih. Sebenernya walopun pabrikan mencantumkan speed di speedometer, tp tidak berarti tuh mobil bisa dipacu sampe speed yg tertera pada speedometer. CMIIW.

Contoh lain yaitu Ferio matic 2000 temen gw, speed di speedometer sampe 220 km/h, tapi dibejek sampe abis di tol cuma sekitar 160 km/h. Kecuali Soluna-nya Bram yg bisa mentok tuh speed-nya hahaha :lol: aneh tp nyata soalnya gw liat sendiri waktu itu (gw duduk disampingnya). Ditest di Cipularang.

Sama tuh bro, velg saya juga R16 205/55 Pirelli P6000. Oke thanks buat tipsnya ! Biasa filter gw dibersihin 1 atau 2 bulan sekali. Kalo carbon clean biasanya kalo udah kerasa ngga bisa lari baru di carbon clean.
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Post by saptaaji »

DigitALL wrote: Namanya seperti mengandung arti ... :? :roll:

Gile juga loe ngejer RX8 pake Lancer :e-clap: 8) gimana akhirnya ? Berhasil disiap atau ketinggalan ?
dia pake eterna boss.. hehehe... eterna putih yg jg berplat bandung.. :e-clap:

hasil akhirnya tentu kalah eternanya... kekekek...
User avatar
biembiru
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Wed Jun 14, 2006 4:30

Post by biembiru »

DigitALL wrote:
biembiru wrote:Eterna keren euyy.....

Ikutan di Idmoc gak?



*memberidmocjugawalaupungakpunyamitsu*
Ikutan secara resmi sih ngga, cuma ikutan versi dunia maya aja. :D Jangan2 mobil Mr.biembiru adalah M3 ??? :roll:
Hahaha.. M3 wanna be.. pengen banget punya M3/M5 tapi sayangnnya dompet gak mendukung..
User avatar
biembiru
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Wed Jun 14, 2006 4:30

Post by biembiru »

chandra_budiman wrote: Kulonuwun.
Saya juga pemilik eterna dohc, tapi thn 91.
Asik sih asik beset eterna, tapi udahannya yg gak asik, mesti keluar duit utk betulin ini itu.
Pas lari 220 kmh, as tengah engine mounting (yg didepan/dijembatan) hilang, disc brake peyang.
Pas lari 240 kmh, kabel speedometer putus.
Udah kapok ah ngebut2, bensin mahal pisan. Kasian mobil tua disiksa :lol:
wah bertambah satu lagi pemilik eterna di SM, sembalap pula.

waktu nyobain 220 dam 240 di tol mana? pakai gigi brp? di rpm brp? pake ban ukuran brp? jam brp? penumpang brp orang? mobilnya standar ato udah dimodif? pake bbm apa? background dari speedometer dan tachometer masih yg asli ato udah diganti dgn indiglow? jalanannya menurun gak?
chandra_budiman
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Jun 19, 2006 6:44

Post by chandra_budiman »

biembiru wrote: wah bertambah satu lagi pemilik eterna di SM, sembalap pula.

waktu nyobain 220 dam 240 di tol mana? pakai gigi brp? di rpm brp? pake ban ukuran brp? jam brp? penumpang brp orang? mobilnya standar ato udah dimodif? pake bbm apa? background dari speedometer dan tachometer masih yg asli ato udah diganti dgn indiglow? jalanannya menurun gak?
Saya sih bukan sembalap om, cuma speedgoers doang :lol:
Waktu cobain 220 di tol jagorawi dari arah sentul ke jakarta, barengan sama mobil sembalap idmoc cangkir. Jalanan kayanya rata.
Waktu yg 240, di tol dalam kota dari arah sunter ke tg priok, jalanan rada menurun.

Semuanya pas gak ada penumpang alias sendirian. Gak enak kalo bawa nyawa orang lain :lol:

Mobil kondisi standard, cuma pasang FPR & ganti header + muffler. Waktu itu pakai ban ukuran 225/50/16 merk champiro dari GT Radial.
BBM pakai premium. Panel speedo udah ganti pakai indiglow. Emang ngaruh ya? Pernah dicocokin sih dengan panel yg aslinya, gak terlalu nyimpang jauh.

Om biembiru ini yg pakai bimers silver ya? Kok namanya belum diganti om? :roll:
User avatar
biembiru
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Wed Jun 14, 2006 4:30

Post by biembiru »

chandra_budiman wrote:
Saya sih bukan sembalap om, cuma speedgoers doang :lol:
Waktu cobain 220 di tol jagorawi dari arah sentul ke jakarta, barengan sama mobil sembalap idmoc cangkir. Jalanan kayanya rata.
Waktu yg 240, di tol dalam kota dari arah sunter ke tg priok, jalanan rada menurun.

Semuanya pas gak ada penumpang alias sendirian. Gak enak kalo bawa nyawa orang lain :lol:

Mobil kondisi standard, cuma pasang FPR & ganti header + muffler. Waktu itu pakai ban ukuran 225/50/16 merk champiro dari GT Radial.
BBM pakai premium. Panel speedo udah ganti pakai indiglow. Emang ngaruh ya? Pernah dicocokin sih dengan panel yg aslinya, gak terlalu nyimpang jauh.

Om biembiru ini yg pakai bimers silver ya? Kok namanya belum diganti om? :roll:
wah hebat sekali... :e-clap: x 99
mestinya anda sangat pemberani
tapi sayangnya gak dilengkapin dgn posisi rpm dan gigi pada saat di 220 dan 240.
btw. sentul ke arah jkt jalannya masih menurun tuh, kalo disekitar cibubur udah rata.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

saptaaji wrote:
DigitALL wrote: Namanya seperti mengandung arti ... :? :roll:

Gile juga loe ngejer RX8 pake Lancer :e-clap: 8) gimana akhirnya ? Berhasil disiap atau ketinggalan ?
dia pake eterna boss.. hehehe... eterna putih yg jg berplat bandung.. :e-clap:

hasil akhirnya tentu kalah eternanya... kekekek...
Oh pake Eterna toh, gw pikir loe yg bawa Lancer terus ngejar tuh RX8 :lol:

Kalah lawan RX8 sih yah ngga aneh :roll:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

biembiru wrote:
DigitALL wrote:
biembiru wrote:Eterna keren euyy.....

Ikutan di Idmoc gak?



*memberidmocjugawalaupungakpunyamitsu*
Ikutan secara resmi sih ngga, cuma ikutan versi dunia maya aja. :D Jangan2 mobil Mr.biembiru adalah M3 ??? :roll:
Hahaha.. M3 wanna be.. pengen banget punya M3/M5 tapi sayangnnya dompet gak mendukung..
Jadi selain emblim M3 yang dipasang, apa body kitnya dan velg juga dipasang biar jadi M3 wanna be ? Ada fotonya ? Kalo ada di upload donk ... ayo jgn malu2 :lol:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

biembiru wrote:
chandra_budiman wrote: Kulonuwun.
Saya juga pemilik eterna dohc, tapi thn 91.
Asik sih asik beset eterna, tapi udahannya yg gak asik, mesti keluar duit utk betulin ini itu.
Pas lari 220 kmh, as tengah engine mounting (yg didepan/dijembatan) hilang, disc brake peyang.
Pas lari 240 kmh, kabel speedometer putus.
Udah kapok ah ngebut2, bensin mahal pisan. Kasian mobil tua disiksa :lol:
wah bertambah satu lagi pemilik eterna di SM, sembalap pula.

waktu nyobain 220 dam 240 di tol mana? pakai gigi brp? di rpm brp? pake ban ukuran brp? jam brp? penumpang brp orang? mobilnya standar ato udah dimodif? pake bbm apa? background dari speedometer dan tachometer masih yg asli ato udah diganti dgn indiglow? jalanannya menurun gak?
Ckckc ... detil amir. Tp emang sih harus gitu biar akurat :e-clap: :e-clap: :e-clap: Seperti lagi di investigasi nih Mr. chandra :lol:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

biembiru wrote:
chandra_budiman wrote:
Saya sih bukan sembalap om, cuma speedgoers doang :lol:
Waktu cobain 220 di tol jagorawi dari arah sentul ke jakarta, barengan sama mobil sembalap idmoc cangkir. Jalanan kayanya rata.
Waktu yg 240, di tol dalam kota dari arah sunter ke tg priok, jalanan rada menurun.

Semuanya pas gak ada penumpang alias sendirian. Gak enak kalo bawa nyawa orang lain :lol:

Mobil kondisi standard, cuma pasang FPR & ganti header + muffler. Waktu itu pakai ban ukuran 225/50/16 merk champiro dari GT Radial.
BBM pakai premium. Panel speedo udah ganti pakai indiglow. Emang ngaruh ya? Pernah dicocokin sih dengan panel yg aslinya, gak terlalu nyimpang jauh.

Om biembiru ini yg pakai bimers silver ya? Kok namanya belum diganti om? :roll:
wah hebat sekali... :e-clap: x 99
mestinya anda sangat pemberani
tapi sayangnya gak dilengkapin dgn posisi rpm dan gigi pada saat di 220 dan 240.
btw. sentul ke arah jkt jalannya masih menurun tuh, kalo disekitar cibubur udah rata.
Ehmmm apa ya tips nya biar Eterna gw juga bisa lari sampe mentok tuh speedometernya ? Kalo FPR sih udah pasang. Header emang ngga diganti sih, cuma ganti knalpot aja pake 5ZIGEN lobang dua asli made in Japan.

Terus kalo suara knalpot Eterna biar ngebass gitu apa aja yg harus diubah ya ? Soalnya yg gw rada nyempreng dan sedikit brebet saat pedal gas dilepas di RPM tinggi. Any solution ? (Kalo RPM rendah bassnya masih bulet)
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

DigitALL wrote:
Ehmmm apa ya tips nya biar Eterna gw juga bisa lari sampe mentok tuh speedometernya ? Kalo FPR sih udah pasang. Header emang ngga diganti sih, cuma ganti knalpot aja pake 5ZIGEN lobang dua asli made in Japan.
Mesti genti header-nya Bung DigitALL ... 4-1 ... Panjang pipa dipendekin tapi diameternya digedein ... 5ZIGEN bisa di maintain.
DigitALL wrote:Terus kalo suara knalpot Eterna biar ngebass gitu apa aja yg harus diubah ya ? Soalnya yg gw rada nyempreng dan sedikit brebet saat pedal gas dilepas di RPM tinggi. Any solution ? (Kalo RPM rendah bassnya masih bulet)
5ZIGEN nya yang tipe apa ? Remus ? SPW ? Hayame ? ... umumnya supaya nge-BASS banget diameter tip nya mesti pakai yang gedean.
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Post by saptaaji »

DigitALL wrote:
biembiru wrote:
DigitALL wrote: Ikutan secara resmi sih ngga, cuma ikutan versi dunia maya aja. :D Jangan2 mobil Mr.biembiru adalah M3 ??? :roll:
Hahaha.. M3 wanna be.. pengen banget punya M3/M5 tapi sayangnnya dompet gak mendukung..
Jadi selain emblim M3 yang dipasang, apa body kitnya dan velg juga dipasang biar jadi M3 wanna be ? Ada fotonya ? Kalo ada di upload donk ... ayo jgn malu2 :lol:
huahahaha... jd riceboy dong oum..?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

PenyuTurbo wrote:
DigitALL wrote:
Ehmmm apa ya tips nya biar Eterna gw juga bisa lari sampe mentok tuh speedometernya ? Kalo FPR sih udah pasang. Header emang ngga diganti sih, cuma ganti knalpot aja pake 5ZIGEN lobang dua asli made in Japan.
Mesti genti header-nya Bung DigitALL ... 4-1 ... Panjang pipa dipendekin tapi diameternya digedein ... 5ZIGEN bisa di maintain.
DigitALL wrote:Terus kalo suara knalpot Eterna biar ngebass gitu apa aja yg harus diubah ya ? Soalnya yg gw rada nyempreng dan sedikit brebet saat pedal gas dilepas di RPM tinggi. Any solution ? (Kalo RPM rendah bassnya masih bulet)
5ZIGEN nya yang tipe apa ? Remus ? SPW ? Hayame ? ... umumnya supaya nge-BASS banget diameter tip nya mesti pakai yang gedean.
Kalo ganti header 4-1 tarikan bawahnya hilang ngga. Setau gw header 4-1 kuat ditarikan atas tp ditarikan awalnya kurang (CMIIW). :roll: Panjang pipa mana yg dipendekin ?

5ZIGEN nya tipe apa ya ? Gw kurang tau tipenya (foto gw upload). Yg gw diameter tipnya udah lumayan gede tuh.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Grafir 5ZIGEN nya total ada 4 buah ditiap sisi kiri dan kanan ujungnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

DigitALL wrote: Kalo ganti header 4-1 tarikan bawahnya hilang ngga. Setau gw header 4-1 kuat ditarikan atas tp ditarikan awalnya kurang (CMIIW). :roll: Panjang pipa mana yg dipendekin ?.
Memang jika ganti header 4-1, dengan memeliharan panjang pipa tetap (dari exhaust port ke collector), maka PEAK TORQUE akan bergeser ke RPM yang lebih tinggi.

Jika mau mendapatkan TOP SPEED sampai speedo mentok, maka panjang pipa dari exhaust port ke collector mesti dipendekin, tentunya torque curve sebelum Peak Torque akan lebih rendah dan tarikan RPM rendah akan jadi korban. Jika RPM bawah diinginkan tetap ada tarikannya, maka pipa dari exhaust port ke Collector mesti dipanjangin, supaya torque cure sebelum Peak Torque akan naik. Konsekwensinya memang speedo jadi nggak bisa mentok, tapi setidak-tidaknya tarikan RPM bawah nggak melempem dan suara nggak cempreng lagi. Kalau masih cempreng, panjang resonator (atau center bullet) dikurangi (atau ganti yang lebih pendek).

Hehehehe ... banyak yang mesti dibuat. Kalau mau maintain konfigurasi header 4-2-1 .... ukuran diameter pipa utama yang mesti digedein ... ini akan menggeser Peak Torque ke RPM yang lebih tinggi.

Note :

Untuk konfigurasi 4-2-1 ada 2 notasi pipa :

a. Pipa Utama (Primary Pipe) : adalah pipa dari exhaust port sampai ke sambungan dari 2 pipa (dari 4 pipa menjadi 2 pipa).

b. Pipa Sekunder (Secondary Pipe) : adalah pipa dari sambungan dua pipa ini sampai ke Collector (dari 2 pipa menjadi 1 pipa masuk ke Collector).
User avatar
biembiru
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Wed Jun 14, 2006 4:30

Post by biembiru »

DigitALL wrote:
Jadi selain emblim M3 yang dipasang, apa body kitnya dan velg juga dipasang biar jadi M3 wanna be ? Ada fotonya ? Kalo ada di upload donk ... ayo jgn malu2 :lol:
Hahaha.. enggalah mobil gue std abiss.. body dan engine std.. anti ricer gitu loooh...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Post by saptaaji »

biembiru wrote:
DigitALL wrote:
Jadi selain emblim M3 yang dipasang, apa body kitnya dan velg juga dipasang biar jadi M3 wanna be ? Ada fotonya ? Kalo ada di upload donk ... ayo jgn malu2 :lol:
Hahaha.. enggalah mobil gue std abiss.. body dan engine std.. anti ricer gitu loooh...
yep... orangnya yg ga standart... bkakakakak...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

PenyuTurbo wrote:
DigitALL wrote: Kalo ganti header 4-1 tarikan bawahnya hilang ngga. Setau gw header 4-1 kuat ditarikan atas tp ditarikan awalnya kurang (CMIIW). :roll: Panjang pipa mana yg dipendekin ?.
Memang jika ganti header 4-1, dengan memeliharan panjang pipa tetap (dari exhaust port ke collector), maka PEAK TORQUE akan bergeser ke RPM yang lebih tinggi.

Jika mau mendapatkan TOP SPEED sampai speedo mentok, maka panjang pipa dari exhaust port ke collector mesti dipendekin, tentunya torque curve sebelum Peak Torque akan lebih rendah dan tarikan RPM rendah akan jadi korban. Jika RPM bawah diinginkan tetap ada tarikannya, maka pipa dari exhaust port ke Collector mesti dipanjangin, supaya torque cure sebelum Peak Torque akan naik. Konsekwensinya memang speedo jadi nggak bisa mentok, tapi setidak-tidaknya tarikan RPM bawah nggak melempem dan suara nggak cempreng lagi. Kalau masih cempreng, panjang resonator (atau center bullet) dikurangi (atau ganti yang lebih pendek).

Hehehehe ... banyak yang mesti dibuat. Kalau mau maintain konfigurasi header 4-2-1 .... ukuran diameter pipa utama yang mesti digedein ... ini akan menggeser Peak Torque ke RPM yang lebih tinggi.

Note :

Untuk konfigurasi 4-2-1 ada 2 notasi pipa :

a. Pipa Utama (Primary Pipe) : adalah pipa dari exhaust port sampai ke sambungan dari 2 pipa (dari 4 pipa menjadi 2 pipa).

b. Pipa Sekunder (Secondary Pipe) : adalah pipa dari sambungan dua pipa ini sampai ke Collector (dari 2 pipa menjadi 1 pipa masuk ke Collector).
Thanks buat infonya ... :) :e-clap: Keliatannya header 4-1 tidak akan saya gunakan, saya tetap pertahankan 4-2-1. Saya takut setelah ganti tidak sesuai dengan harapan dan harganya mahal lagi. Kalau suara yg masih cempreng, panjang resonatornya harus dikurangi ... bagaimana caranya ? Kalau resonator diganti bagusnya merek apa ? Yg pasti biar ngga cempreng lagi di RPM tinggi.

Thanks again :)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

biembiru wrote:
DigitALL wrote:
Jadi selain emblim M3 yang dipasang, apa body kitnya dan velg juga dipasang biar jadi M3 wanna be ? Ada fotonya ? Kalo ada di upload donk ... ayo jgn malu2 :lol:
Hahaha.. enggalah mobil gue std abiss.. body dan engine std.. anti ricer gitu loooh...
:e-clap: :e-clap: :e-clap: Rapih n bersih sekaleee ! Pake Rinso ato So Klin sih sampe kaya gitu ? (Jgn2 sblm difoto kotornya minta ampun :roll: hahaha ...).

Keren juga ya standar abis, soalnya jarang sekali yg masih standar kaya gitu :e-clap:

Skrg tinggal tunggu foto boil saptaaji nih... :evil:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

saptaaji wrote:
biembiru wrote:
DigitALL wrote:
Jadi selain emblim M3 yang dipasang, apa body kitnya dan velg juga dipasang biar jadi M3 wanna be ? Ada fotonya ? Kalo ada di upload donk ... ayo jgn malu2 :lol:
Hahaha.. enggalah mobil gue std abiss.. body dan engine std.. anti ricer gitu loooh...
yep... orangnya yg ga standart... bkakakakak...
Orangnya udah diapain aja tuh ? :shock: Pakein wig, anting, lipstick ... hahha :lol: Just kidding bro...
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

DigitALL wrote: Thanks buat infonya ... :) :e-clap: Keliatannya header 4-1 tidak akan saya gunakan, saya tetap pertahankan 4-2-1. Saya takut setelah ganti tidak sesuai dengan harapan dan harganya mahal lagi. Kalau suara yg masih cempreng, panjang resonatornya harus dikurangi ... bagaimana caranya ? Kalau resonator diganti bagusnya merek apa ? Yg pasti biar ngga cempreng lagi di RPM tinggi.

Thanks again :)
Ganti yang lebih pendek tapi diameternya lebih besar alias diganti ... mereknya .... kembali pada Bung DigitALL ... mau 5Zigen, Apexi, Greddy, HKS, atau Mugen .... atau bias sama ama mufflernya ... paka 5Zigen atau custom made, seperti dibawah ini :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image