pembubutan cakram

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: pembubutan cakram

Post by yaseinotulip »

setaau saya sebagai nubie..
disc brake gelombang dan perlu di bubut klo pedal rem bergetar atau setir bergetar pada saat rem diinjak pada kecepatan 60-100 kmh... klo ga sampe getar mestinya blm perlu dibubut.. mungkin bisa setel kaliper dan bersihin rem dulu...
User avatar
arick
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Sun May 11, 2008 20:11
Location: somewhere i belong

Re: pembubutan cakram

Post by arick »

Mobilnya ipin matic um, mileage 50k an. Cek kondisi kampas udah tifis (normalkah? Secara pegangan nyonyah)
Saya sempet argument sm mekanik soal perlu tidaknya dibubut karena mereka berpendapat harus dibubut untuk menyamakan/me re set permukaan cakram dengan kampas. Yowes lah saya ikutin aja.
Saya sempat komplen setelah perjalanan sekitar 800km. Mrk buka dan pasang lagi tapi ttp suara terkutuk itu eksis dan tidak ada keluhan lain secara fisik baik itu getaran atau ngebuang dsb (cerita ulang deh hehe...)
Kesimpulan pertama saya adalah kampas yg bukan ori tp mrk blg ori.
Biarlah minggu depan saya kroscek ke beres soal ori atau ngga nya.
Bengkel lokasi di cilegon (cabang dr jekardah)
Nanti saya update beritanya.
racing is living,
everything else is just waiting
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: pembubutan cakram

Post by azu »

^^ipin ini spin om? gantinya di Beres bukan?

sebenernya kalau sebelum ganti kampas rem tdk ada keluhan seperti bunyi dan bergetar, tidak perlu dibubut.. apalagi KMnya masih 50rb dan msh ada garansi, kalau bunyi atau geter juga masih bisa coba diclaim..

kalau baca keluhan om yg tidak ada getar kemudian sudah cb dicek lagi tp belum ada perubahan, mungkin kampasnya yg bermasalah om.. mungkin ya, hehehe..
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: pembubutan cakram

Post by marmut »

Nggak minat coba merk bendix? Daripada bingung brake pad ori atau bukan... Dan setau saya, semua brake pad mobil jepun bahannya jauh lebih keras ketimbang piringan remnya. Maka dari itu banyak yang piringan rem menipis bergelombang sementara brake pad-nya masih tebel.
*bukan sales bendix*
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: pembubutan cakram

Post by POS VETT »

Merk yang gw suka Brembo. Ini bukan Brembo rotornya doang, tapi pads-nya juga. Yang ada di Cadillac CTS-V itu bagus ngepasin wear di pads dan di rotor, dua2nya habis bersamaan.

Karenanya, pads-nya tahan lama, tapi begitu mesti diganti, rotor ikut. Menurut gw ini lebih pintar prinsipnya, remnya jadi lebih jarang dibongkar dan permukaan rotor jadi lebih "bersih" karena ikut terpakai.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: pembubutan cakram

Post by y_anjasrana »

ganti pads ganti rotor? weks... mahal jadinya ya....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: pembubutan cakram

Post by POS VETT »

Iya, tapi gantinya setiap kira2 100-120k km. Rotor gak pernah bergelombang, gak pernah ada bunyi2, remnya pakem gak pernah blong kalau jalan turun, dan rotornya gak ada baret2nya.

Udah gitu mau ganti pads cuma butuh tang dan obeng minus dua biji; gak perlu kunci2 soket. Butuh waktu cuma 15-20 menit gantinya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: pembubutan cakram

Post by ilhami »

Bisa di share picture Do It Yourself nya Om Vett ?
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: pembubutan cakram

Post by POS VETT »

Walah, waktu itu gak foto2, rada buru2 soalnya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

POS VETT wrote:Iya, tapi gantinya setiap kira2 100-120k km. Rotor gak pernah bergelombang, gak pernah ada bunyi2, remnya pakem gak pernah blong kalau jalan turun, dan rotornya gak ada baret2nya.

Udah gitu mau ganti pads cuma butuh tang dan obeng minus dua biji; gak perlu kunci2 soket. Butuh waktu cuma 15-20 menit gantinya.
Brembo...?
Ya ngga heran kalau performanya segitu, pak
Apalagi yg tipe upgrade/performance

Disini, kalau musti ganti set Brembo (rotor+pads) di 4 roda tipe upgrade, duitnya setara beli motor pasaran kondisi baru beberapa biji, atau 1 mobil bekas thn 80-90an :mky_03:

Tapi kalau sekedar brembo2an oem replacement, mending genuine parts/oem saja
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

marmut wrote:Nggak minat coba merk bendix? Daripada bingung brake pad ori atau bukan... Dan setau saya, semua brake pad mobil jepun bahannya jauh lebih keras ketimbang piringan remnya. Maka dari itu banyak yang piringan rem menipis bergelombang sementara brake pad-nya masih tebel.
*bukan sales bendix*
Saya pernah pakai Bendix (tipe Metal King)
Kayaknya ngga kompatible sama rotor oem (di santi tuwir)

Performanya ngga konsisten, kadang enak kadang fade
Yang jelas, pads cukup agresif, makan rotor nya cepet banget, dibanding pads genuine dan beberapa pads lain yg pernah saya coba (ferodo & valeo)
Kalau sudah panas/jalan lama dan jauh, kadang timbul bunyi mendecit

Tapi ngga tau juga kalau dipakai buat rotor pabrikan lain, mungkin malah cocok :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: pembubutan cakram

Post by ilhami »

Saya sering baca-baca otomotifnet, biasanya kampas rem aftermarket lebih keras sehingga cepat mengikis cakram. Solusinya, cakram nya juga diganti dengan merek aftermarket tersebut.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: pembubutan cakram

Post by marmut »

@ imsus, dulu waktu saya masih pakai peugeot, pad bendix lebih cepat habis dan bikin banyak debu di velg, tapi piringan rem aman tetep mulus nggak ada gelombang sedikitpun. Beda waktu pake merk mintex, justru piringan rem jadi terkikis bergelombang.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: pembubutan cakram

Post by marmut »

@ ilhami, mungkin aftermarket yang harganya dibawah O.E. Kalau aftermarket yang lebih mahal dari O.E rasanya nggak seperti itu.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: pembubutan cakram

Post by Turboman »

Bendix yg dijual di Indo ada 4 type
- General CT
- Metal King
- 4WD
- Ultimate

Masing2 punya karakter sendiri2 jadi ga bisa dipukul rata

Metal King kadar metallic-nya tinggi, ya resiko makan disc rotor

Ultimate juga kadar metallic-nya tinggi.

kalu buat daily drive yg cocok si General CT (pengganti standard) dan 4WD (High Performance)

*Bukan seles bendix*
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: pembubutan cakram

Post by Turboman »

imsus2c wrote: Brembo...?
Ya ngga heran kalau performanya segitu, pak
Apalagi yg tipe upgrade/performance

Disini, kalau musti ganti set Brembo (rotor+pads) di 4 roda tipe upgrade, duitnya setara beli motor pasaran kondisi baru beberapa biji, atau 1 mobil bekas thn 80-90an :mky_03:

Tapi kalau sekedar brembo2an oem replacement, mending genuine parts/oem saja
Temen ane ada yg pernah pasang Willwood di Ipah D4 D nya, disc rotor / caliper & pad kumplit, barang2-nya aja habisnya USD 2000

Diameternya lupa, tapi pake pelek minimum mesti 17" (krn diameter disc rotornya gede)
Last edited by Turboman on Thu Jan 30, 2014 9:15, edited 1 time in total.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: pembubutan cakram

Post by ilhami »

wow ... jadi yang namanya upgrade, biayanya jadi eksponensial. Upgrade pelek, harus upgrade ban tipis, kampas rem dan rotor/disc. Nggak masalah toh sepanjang yang punya enjoy.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

Turboman wrote:
imsus2c wrote: Brembo...?
Ya ngga heran kalau performanya segitu, pak
Apalagi yg tipe upgrade/performance

Disini, kalau musti ganti set Brembo (rotor+pads) di 4 roda tipe upgrade, duitnya setara beli motor pasaran kondisi baru beberapa biji, atau 1 mobil bekas thn 80-90an :mky_03:

Tapi kalau sekedar brembo2an oem replacement, mending genuine parts/oem saja
Temen ane ada yg pernah pasang Willwood di Ipah D4 D nya, disc rotor / caliper & pad kumplit, barang2-nya aja habisnya USD 2000

Diameternya lupa, tapi pake pelek minimum mesti 17"
Betul pak,
Tempohari di bengkel temen, ada paspor dokar yg upgrade rem depannya gila2an.
1 set komplit (tapi roda depan saja, yg belakang masih bawaan pabrik), habisnya lebih dari 30 jutaan :e-whistle:
Dari ngobrol itu, selain diameter velg, ternyata yg harus diperhatikan juga off set dan desain jari2 velg-nya
Customer temen saya itu akhirnya ganti velg juga
Diameternya sih masuk, tapi ternyata palang/jari2 velg nya nyangkut di kaliper Brembo yg memang buessarrr (sekilas saya lihat pakai yg kaliper 6 piston) :e-doh:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

ilhami wrote:wow ... jadi yang namanya upgrade, biayanya jadi eksponensial. Upgrade pelek, harus upgrade ban tipis, kampas rem dan rotor/disc. Nggak masalah toh sepanjang yang punya enjoy.
Collateral Cost

Kalau beli kopi, ya mesti siap2 beli gula, susu dan krimer juga :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

marmut wrote:@ imsus, dulu waktu saya masih pakai peugeot, pad bendix lebih cepat habis dan bikin banyak debu di velg, tapi piringan rem aman tetep mulus nggak ada gelombang sedikitpun. Beda waktu pake merk mintex, justru piringan rem jadi terkikis bergelombang.
Nah itu pak,
Seperti yg saya tulis di post2 awal trid ini
Pads dan rotor mesti compatible
Kalau beda merk, ya mesti trial dan error dulu :D

Sampai sekarang, di mobil santi, saya belum nemu pads aftermarket yg compatible sama rotor bawaan pabrik, akhirnya ya balik pakai pads genuine dulu
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: pembubutan cakram

Post by m4rio »

mank disc brake kalo dipake normal suka gelombang ya ( kampas rem original, gk pernah telat ganti kampas dan rem secara halus ) ? soalnya ane punya mobil perasaan gk pernah ada keluhan ampe harus bubut disc brake dah, mobil ane tahun 2000, bokap beli tahun 2007, nah sejak 2007 itu gk pernah nemu keluhan rem geter sih. ane bingung kalo mobil yang ampe bubut disc brake pakenya gimana itu :big_think:
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: pembubutan cakram

Post by kompresorz »

saya pernah dengar klo bubut cakram jd masalah...mending ganti piringan..secara biaya jg gak beda jauh..
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: pembubutan cakram

Post by POS VETT »

Brembo yang di CTS-V memang orisinil, tapi ini yang kaliper 4 piston dan fixed (bukan sliding). Semua depan belakang fixed 4-piston tapi yang belakang lebih kecil sweep area-nya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: pembubutan cakram

Post by marmut »

@ kompresorz, ada mobil tertentu yang harga piringan remnya cukup mahal. Bubut jadi salah satu alternatif karena lebih terjangkau harganya, dan selama hasil pembubutan tidak melewati minimum thickness, nggak akan masalah.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: pembubutan cakram

Post by kompresorz »

oh ya betul bro marmut..emang klo yang spek kompetisi super mahal ya terpaksa dibubut...klo yang biasa mending ganti aja..gak beda jauh dr harga bubut..

saya pernah di sarankan mekanik lepasan bubut awal2 masuk kemayoran kena cas 250ribu...lah saya tanya kebengkel spesialis ganti piringan depan 450ribu/set.. :big_biglaugh: