pembubutan cakram

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

kompresorz wrote:saya pernah dengar klo bubut cakram jd masalah...mending ganti piringan..secara biaya jg gak beda jauh..
Kalau mobilnya misalnya kayak Panther gitu, memang bener pak.
Harga cakram baru-nya, ngga beda jauh sama ongkos bubutnya.

Tapi rata2, memang lebih ekonomis bubut
Pengalaman terakhir si Santi, ongkos bubut kualitas super, bubutnya halus/semi polished dan akurat (tidak getar/bunyi), ongkosnya 500rb
Kalau beli cakram baru oem, 1 pc kena 1.6juta, kalau kanan kiri ya 3.2 juta, bedanya jauh kan
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: pembubutan cakram

Post by marmut »

Masih berhubungan dengan dunia bubut membubut, saya ada rencana mau membikin lubang ventilasi (cross drilled) di piringan rem belakang, ada yang bilang mubazir ada juga yang bilang jadi gampang pecah, ada lagi yang bilang jadi tambah pakem.
Mohon petunjuk dari suhu di SM. Matur nuwun.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: pembubutan cakram

Post by doq »

Waduhh........mau dibikin crossdrilled?
imho sih jangan deh oom, itu hubungan langsung sama nyawa.......jangan ambil resiko lah.
mending sekalian beli aftermarket nya aja yg emang berdesign demikian.
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: pembubutan cakram

Post by POS VETT »

Duitnya mending dipake buat beli pads yang performanya lebih tinggi daripada crossdrilling.

Walaupun sampai gagal pun tidak sampai catastrophic. Biasanya mulai dengan retak2 sekitar lubang2-nya. Kenapa retak2? Karena lubang2-nya berfungsi sebagai stress concentrator. Crossdriling bikin masa rotornya lebih rendah yang berhubungan langsung dengan thermal capacity.

Buang duit doang nggak puguh kecuali kalau buat show.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: pembubutan cakram

Post by marmut »

Tengkyu oom doq dan oom VETT.
Ngga ada niatan buat show, cuma pengen bikin pendinginan buat rem belakang.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

marmut wrote:Tengkyu oom doq dan oom VETT.
Ngga ada niatan buat show, cuma pengen bikin pendinginan buat rem belakang.
Sharing pengalaman ya, pak..

Tanpa bermaksud counter opinion ke exmodoq dan pak PV,
Memang banyak pro kontra mengenai cross drilled disc ini. Baik yg asli pabrikan, apalagi yg hasil modif.
Tapi saya iseng dan tetep pengen coba, tapi tentunya setelah cari2 referensi dan tanya sana-sini.

Setelah konsultasi dengan bengkel teman di sby, intinya modif cross drilled ini ok2 saja, selama dikerjakan oleh tukang bubut yg terbiasa kerjakan ini, cek material disc-nya dan dihitung pattern-nya (entah ini beneran dihitung atau sekedar nakut2in orang saja)
Intinya, saya percaya temen saya ini, secara dia sudah invest trial dan error :mrgreen:

Akhirnya, 2 mobil di garasi jadi percobaan. Yg saya upload ini terpasang di Santi, pattern nya njiplak punya disc brake nya Evo VI

Saya pakai disc dgn cross drilled ini sudah jalan 2 thn lebih, puluhan ribu km dan dgn macam2 driving habit. Dari yg alus sampai abuse.
Setiap 10.000km saat rotasi ban, cakram dilepas dan dicek visual utk deteksi gejala kerusakan, dan syukur sampai sekarang masih normal.

Perbandingan sebelum dan sesudah cross drilled (tentunya pakai butt-o-meter)
- bunyi deritan tdk ada sama sekali
- relatif lebih pakem, every braking is new bite to pad, secara permukaan pad terkikis lubang2 ventilasi, jadi ngga ada acara amplas permukaan pad lagi
- kalau pakai pad ori atau yg kompatible, permukaan disc relatif rata
- kalau habis lewat genangan, gejala fade nya lebih cepet hilang
- kondisi relatif lebih "dingin", test dengan cara pegang velg-nya

Negatifnya, pad lebih cepet terkikis/habis, apalagi kalau gaya nyetirnya GPRP

Intinya, cross drilled worth to try, tapi resiko ditanggung sendiri loh...

no pix = hoax
Image
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: pembubutan cakram

Post by doq »

Hmm.......resiko nya itu yg justru bikin ga worthed imho :ungg:
Btw, jd penasaran.......kenapa dulu sampe ngebet pengen dibikin crossdrilled gitu pak imsus? Apa sebelum nya ada trouble di system pengereman santi nya?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

doq wrote:Hmm.......resiko nya itu yg justru bikin ga worthed imho :ungg:
Btw, jd penasaran.......kenapa dulu sampe ngebet pengen dibikin crossdrilled gitu pak imsus? Apa sebelum nya ada trouble di system pengereman santi nya?
- berderit...
- kadang suka fade dan kurang pakem
- pads sering membatu (sdh coba beberapa merk, dari yg ori sampai aftermarket), jadi repot...tiap 5000-7500 km, mesti lepas pads, gosok2 amplas, ya gitu deh
- permukaan disc sering ngga rata
- panas... (relatif sih)

Itu keluhan2 utamanya pak,
Sama temen saya, diusulkan untuk coba di bolongi disc-nya
Saya sendiri waktu itu juga ragu...tapi akhirnya ya udah dicoba
Yang jelas sih, bolongin disc tadi bukan untuk show off

Setelah dibolongi, rasanya sih point2 utama keluhan tadi berkurang... terlepas ini sugesti atau beneran
Yang jelas, di salah 1 mobil (odyssey), pakai cakram bolong udah 2 thn lebih
Kalau yg Santi, nyusul belakangan, setelah merasakan hasilnya di odyssey tadi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: pembubutan cakram

Post by doq »

mantab kalo gitu......
Jadi inti nya worthed as long as it done by a skilled person gitu pak imsus?
apa semua disc yg ditangani temen pak imsus "sukses"? serius penasaran nih hehhe :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

doq wrote:mantab kalo gitu......
Jadi inti nya worthed as long as it done by a skilled person gitu pak imsus?
apa semua disc yg ditangani temen pak imsus "sukses"? serius penasaran nih hehhe :ungg:
Sepertinya begitu,
Setelah teman saya ketemu tukang bubut yg cocok dan hitungannya bener (tentunya setelah proses trial error), disc modif-an ini belum ada kejadian error fatal.
Tapi yg kombinasi cross drilled + slotted, katanya sih belum nemu yang pas, masih ada kekhawatiran gejala ngunci. Jadi untuk saat ini, belum mau terima modif cross drilled + slotted untuk customer. Modif tipe ginian, sementara hanya dipakai sendiri untuk test, trial & error.

Dan tidak semua order modif gini, diterima sama temen saya,
Yang utama, dia lihat dulu kondisi+desain disc, material-nya dan konstruksinya.
Dan memang ada yg dia ngga mau kerjakan juga, katanya ya buat safety

Customer2 bengkel temen saya, rata2 mobilnya kesitu buat di modif/oprek mesin. Ada yg buat harian ekstrem dan ada yg memang untuk jogging resmi (acara drag, dsb). Banyak yang kondisi disc-nya sdh di modif gituan (cross drilled)
Secara kalau beli yg asli dan bermerk, harganya nggak nahan... :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

POS VETT wrote: Walaupun sampai gagal pun tidak sampai catastrophic. Biasanya mulai dengan retak2 sekitar lubang2-nya. Kenapa retak2? Karena lubang2-nya berfungsi sebagai stress concentrator. Crossdriling bikin masa rotornya lebih rendah yang berhubungan langsung dengan thermal capacity.
Yang itu, memang benar pak...
Kata bengkelnya, ketebalan minimum disc-nya jadi berubah.
Misalnya sebelum dibolongi, tebal minimumnya 5mm sebelum wajib ganti, nah kalau sdh dibolongi, tebal minimumnya jadi naik, anggap saja kalau tinggal 7mm, wajib diganti,
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: pembubutan cakram

Post by marmut »

Terimakasih oom imsus buat sharingnya.
Kalau cross drilled bawaan pabrik atau yang aftermarket saya nggak ragu lagi, ini masalahnya membuat lubang sendiri di bengkel bubut.
Saya sudah tanya ke bengkelnya dan kata mereka 'nanti diukur dulu, trus baru bisa ditentuin bikin berapa lubang'. Entah memang bener bisa ngukur seperti yang oom imsus bilang atau bagaimana.... Tapi bengkel bubut ini biasa nanganin seputar roda dan lumayan terkenal di jakarta selatan.
User avatar
arick
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Sun May 11, 2008 20:11
Location: somewhere i belong

Re: pembubutan cakram

Post by arick »

Ehhhh penontooon......
Eeaaaa.....
Sesuai janji saya tempo hari akhirnya saya menemukan akar permasalahan dari bunyi2an laknat yg datang dari roda.
Setelah saya bawa ke beres dan di cek ternyata brake pad yang terpasang bukanlah genuine part seperti yg dijanjikan crew bengkel n****is.
Dipasanglah genuine brake pad dan tidak lupa membawa oleh2 brake pad kw itu sebagai bukti yg selanjutnya akan saya bawa ke bengkel tsb.
Dan setelah selesai pemasangan jeng..jeng... suara terkutuk itu pun hilang. :mky_02:
And you know what? Harga genuine part nya lebih murah 200k :big_slap:
racing is living,
everything else is just waiting
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

arick wrote:Ehhhh penontooon......
Eeaaaa.....
Sesuai janji saya tempo hari akhirnya saya menemukan akar permasalahan dari bunyi2an laknat yg datang dari roda.
Setelah saya bawa ke beres dan di cek ternyata brake pad yang terpasang bukanlah genuine part seperti yg dijanjikan crew bengkel n****is.
Dipasanglah genuine brake pad dan tidak lupa membawa oleh2 brake pad kw itu sebagai bukti yg selanjutnya akan saya bawa ke bengkel tsb.
Dan setelah selesai pemasangan jeng..jeng... suara terkutuk itu pun hilang. :mky_02:
And you know what? Harga genuine part nya lebih murah 200k :big_slap:
Nah...ternyata (kebetulan) sederhana kan?
Seperti yg saya tulis di awal, analisa paling awal biasanya kampasnya bermasalah.

:off_good_job:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: pembubutan cakram

Post by andy1800 »

imsus2c wrote: Sharing pengalaman ya, pak..

Tanpa bermaksud counter opinion ke exmodoq dan pak PV,
kok tanpa bermaksud gimana? udah jelas2 itu adlh counter opinion.... wah, org indonesia ni mmg kbyakan pada suka lain di mulut lain di fakta deh... suka menyembunyikan kenyataan, dg maksud, anu ......uwkwkkwkwkwkk :ngacir:
jd pokoknya, itu bermaksud. harus bermaksud. :big_comfort:

dan ...sbg yg hadir duduk manis di kelas... justru counter2an yg sehat begitulah, yg sangat kita harapkan dan butuhkan. terima kasih menir. :off_good:

yg bener ya kayak menir itu, kemukakan....lah dprd cm dikasih cekok satu sisi tok, mana bs kita lekas pinter klo gitu caranya. atau emang pada demen bikin kita2 ni tetep bodo ya?
:big_blushing: wkwkwk...
:ngacir:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: pembubutan cakram

Post by imsus2c »

andy1800 wrote:
imsus2c wrote: Sharing pengalaman ya, pak..

Tanpa bermaksud counter opinion ke exmodoq dan pak PV,
kok tanpa bermaksud gimana? udah jelas2 itu adlh counter opinion.... wah, org indonesia ni mmg kbyakan pada suka lain di mulut lain di fakta deh... suka menyembunyikan kenyataan, dg maksud, anu ......uwkwkkwkwkwkk :ngacir:
jd pokoknya, itu bermaksud. harus bermaksud. :big_comfort:

dan ...sbg yg hadir duduk manis di kelas... justru counter2an yg sehat begitulah, yg sangat kita harapkan dan butuhkan. terima kasih menir. :off_good:

yg bener ya kayak menir itu, kemukakan....lah dprd cm dikasih cekok satu sisi tok, mana bs kita lekas pinter klo gitu caranya. atau emang pada demen bikin kita2 ni tetep bodo ya?
:big_blushing: wkwkwk...
:ngacir:

:off_lazy:

Lha habis gimana Meneer...

Soalnya sudah telat keduluan posting..., akhirnya ik punya posting serasa jadi counter opinion :big_chicken:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: pembubutan cakram

Post by egibaio »

Pagi warga SM, mau nanya nih untuk bubut disc brake yang langsung alias ga dilepas itu bisa untuk mobil matic ga ya? Itu caranya roda diputar alatnya itu kan ya?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: pembubutan cakram

Post by marmut »

egibaio wrote:Pagi warga SM, mau nanya nih untuk bubut disc brake yang langsung alias ga dilepas itu bisa untuk mobil matic ga ya? Itu caranya roda diputar alatnya itu kan ya?
bisa. ya betul sekali.
MarYuko
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: pembubutan cakram

Post by MarYuko »

maaf ngebangunin trit lama ya, master master rem sekalian..

jadi ceritanya gini, saya ingin ganti rem cakram depan mobil Grand Vitara saya..
kebetulan piringan udah gelombang, dan pengereman juga gk sepakem dulu..
setelah mencari referensi, saya berniat mencoba piringan cakram yang model slotted, ada beberapa merk, cuman brembo yang kayaknya lebih dominan ( habis kalo ingat kompenen rem, pasti ingat brembo saja :D ) :big_childish:

pertanyaan nya, apakah pantas mengganti piringan cakram lama dengan model slotted??
trus apa ada efek samping nya??
dan terakhir, kalo memang menurut para master disini hal tsb pantas saja, saya minta tolong info toko yang jual piringan cakram tsb, secara sudah saya googling kebanyakan hanya tersedia untuk mobil toyota dan honda, suzuki Grand Vitara belum ada sama sekali...

terima kasih atas respon nya :) :beer: