PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: 28 May 2015, 07:12

PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by dsign1990 »

MOHON PENCERAHANNYA YA ......
Kemarin saya habis hunting, lihat2 530i manual 94 , itu mobil dititipin di kakaknya sejak 6 bulan terakhir karena ybs pindah tugas agak jauh.
Yang punya ngaku , Semenjak dititipin di kakaknya mobilnya diisi premium terus , mobil juga jarang pake , diamana 6 bulan itu km nambah 3 ribuan ( lihat di riwayat ganti oli). Hasilnya , waktu saya lihat2, mesin pertama dihidupkan goyang2 dan berasap( meski tidak banyak ) namun setelah 3 menit asap hilang dan setelah 5 menit mesin juga menjadi diam , namun temperatur cenderung cepat panas ( dari pertama dihidupkan 11 menitan udah di 80 sedangkan 520i saya yg masih M50 bkn M52 menyentuh 80 setelah 16 menitan) padahal mesin sangat halus suaranya dan sangat renyah khas BMW waktu pedal gas diinjak.
Mobilnya sendiri sgt bagus & interiornya sgt segar km 46rb an , saya sendiri pernah beli km rendah yang 520i "90 km 54 rb an dan tdk pernah ada kendala.

Yang saya ingin tanyakan ....

1. Apakah kondisi di atas karena efek nikasil/alusil yang udah kena ?
2. Atau karena faktor lain seperti butuh tuneup/ganti busi / sebagainya ?
3. Apakah nikasil juga dipakai di mesin M60 karena setahu saya nikasil dipakai di M52 ( 520i dan 320i VANOS ) ?
4. Kalau ada yang tahu mohon pemaparan tentang masalah nikasil /alusil ?

Terima kasih
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by DOHC »

nikasil bukan nya ga bole kena high sulphur yahh ??

premium kta kan lmayan tinggi kan tuh... bongkar busi aj kadang ad warna merah2 d kpala busi nya...

btw, harus summon master octafiantos nehh... suhu nya biem
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by dsign1990 »

DOHC wrote:nikasil bukan nya ga bole kena high sulphur yahh ??

premium kta kan lmayan tinggi kan tuh... bongkar busi aj kadang ad warna merah2 d kpala busi nya...

btw, harus summon master octafiantos nehh... suhu nya biem
Nah itu dia berhubung yang punya ngaku kalau dia pakai prrmium , makanya asumsi saya ke nikasil itu, tapi saya punya asumsi karena dia pakai premium itu cuma 2000an km apa ngefek juga ? Berhubung saya yang ngerti cuma M50 doang jadinya waswas juga mau ngambil itu mobil. Tapi di luar semua itu, mobilnya OK bgt makanya masih ada pertimbangan ambil apa nggak.... Hehehehehe
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by DOHC »

cek kompresi aj om buat mastiin... ama buka busi... biasanya sehh bgituan ga bsa boong... kl ud kena pasti kliatan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by dsign1990 »

DOHC wrote:cek kompresi aj om buat mastiin... ama buka busi... biasanya sehh bgituan ga bsa boong... kl ud kena pasti kliatan...
Bener ya ,thanks om nanti bisa dicoba . Sembari nunggu nunggu tambahan master2 sini dulu. :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by Turboman »

Mobil dan mekanisnya udah 21 tahun ya kalo ada begini - begitu penyebabnya udah rancu.....ibarat orang yg sgt tua kena penyakit Komplikasi

Tapi parts2 mekainal BMW sii ga susah laa

Bengkel spesialis stroke up mesin dgn komponen mesin2 limbah asli BMW juga ada di Kepa Duri
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by octafiantos »

Kalo udah tua masih idup lulus nikasil problem Om. Kerusakan nikasil itu jelas definisinya, premature cylinder liner wear. 20tahun udah lewat sebutan prematur, uzur buat mobil.

Nanti saya tulis lebih panjang yang sejauh saya tahu. Saya bukan suhu tapi, tukang copas wiki doang.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by octafiantos »

Seperti biasa, cmiiw. Dari bahan dan mesin dulu. Nikasil itu alloy yang dipake buat liner M52 dan M60 engine. Bloknya alumunium. Aplikasinya ngga ada di 520i. Untuk yang M52 variannya B20, B25 dan B28 hanya dipake di 320i, 323i, 328i, 523i dan 528i. Sedangkan M60 pasti hanya ada di 5 dan 7. Nikasil ngga tahan dengan sulfur tinggi. Yang kena problem ini adalah generasi awal yang ada di bagian Eropa. Untuk US dan Canada speknya beda.

Dengan kata kunci awal dan premature cylinder-liner wear mestinya yang beredar sekarang udah aman. Yang 323i batch sesudahnya udah diganti linernya, diganti Bmw sebelum keluar pabrik. Kalo panduan dari bimmerforums dot kom, bisa dilihat fisiknya ada peneng di ujun mesin area flywheel yang mau gandeng ke girboks. Saya sendiri lihat 323i di sini rata rata udah pake peneng ini. Meskipun yang 320i saya malah enggak, polos aja. Ada buletan dekik segede koin gitu, kalo asli polos, kalo yang udab ganti liner ada tambahan metal kaya cap gitu. Cara kedua bawa VIN ke Bmw tanya bloknya udah masuk program ganti liner atau belum.

Sedang Alusil, ini aplikasinya di M62. Ini ngga ada problem dengan sulfur tinggi. Jadi kayanya ga perlu dibahas lebih lanjut. Kalo masih pengen baca nikasil, paling materinya dari wiki dan forum. Link yang muat file pdf Bmw and Nikasil world rilis resminya udah pada mati semua seinget gua.

Kita kesampingkan soal nikasil ya. Sekarang bahas orang suka bilang selama ga premium, aman sulfur. Benerkah? Gua berani bilang totally wrong. Bensin biasa, premix sampe jadi pertamax itu semua high sulfur. Silakan googling file teknis bbm rilisan pertamina jaman dulu. Sebelum 2004 ketika pembahasan timbal, premium dan non premium itu sebetulnya binatang yang sama sulfurnya beda oktan.

Low sulfur policy itu baru kemarin sore. Premium maksimum 2000ppm, pertamax maksimum 500ppm. Singapur semua bensin wajib under 50ppm. Ini juga bukan data asal. Silakan googlling datanya masih ada di internet.

Dengan data teknis bbm yang gua pernah cek di inet, sebetulnya mau diisi apapun gua bilang sebelum 2005 itu blok kena sulfur terus. Gua pernah nulis ini di sebelah dan dibilang bahas premium kok bahas sulfur. Dikira ngomong ngelantur sama beberapa orang, ketuker sama solar. Dikira solar doang yang ada sulfurnya.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by amfibi »

Nyimak om octafiantos dulu ah... :mky_02:
GunturSon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: 24 Aug 2014, 01:24

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by GunturSon »

Bantu saran ya,
cek kompresi lebih aman om,

Untuk kondisi dingin mesin pincang kalau panas langsam, sepertinya mungkin sensor suhu ada yang fault atau MAF/AFM nya mau koit atau sensor lain mungkin ya.

Kaya gejala kurang pasokan bensin +udara, dimana pas mesin dingin, sensor di baca ecu dan printah rpm aga tinggi.

Kalau problem ngebul
Mungkin seal klep ada yang bocor, tapi kondisi dingin saja ya ngebul? Colek knalpot nya saja om, kalau basah oli ya udah positif turun mesin

Kalau setau saya mesin ngebul ya tetep ngebul terus selama mesin tsb nyala, ya burning oil trus.

Sorry kalau kurang membantu.
Cmiw.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by Turboman »

Kalo utk soal std Euro / WWFC pada BBM, Indonesia mmg sgt tertinggal dibanding negara2 lain

http://prokum.esdm.go.id/kepdirjen/kepdjm-3674-2006.pdf

Utk Premios batas kadar sulphur juga 500 ppm (dan riilnya gak jaminan since kapasitas Hydrotreater kilang2 Dalam negeri juga terbatas)

Utk BBM ex import (yg dulu diimport si Petral), kadar sulphur tergantung supplier si BBM, tapi ya ada untungnya karena makin ke sini BBM Low sulphur / Ultra low sulphur menjadi standard dimana2 & kilang2 yg produksi BBM high sulphur makin sedikit, jadi BBM yg diimprot si Petral bbrp tahun terakhir juga banyak yg tergolong low sulphur dan mungkin Ultra low sulphur (krn si Petral konon sering ambil yg ready stock, jika yg ready stock yg ultra low ya diambillah yg type itu)

CMIIW
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by octafiantos »

Nah itu lebih update lagi kalo premium under 500. Karena sejak penghapusan timbal (premium tt) yang diimplementasikan 2004 (cmiiw) memang ada milestone untuk penurunan sulfur bertahap tapi saya ga hafal implementasinya. Dan ini effort karena memang minyak mentahnya yang dipake memang hi sulfur. Kasus hi sulfur juga ngga cuma Indo tapi region sini termasuk malaysia. Blok N52 yang masuk Asean juga beda liner dari spek Euro.

Untuk koreksi ecu saat dingin, modelnya di Bmw bukan naikin rpm, cmiiw. Kalo kaya Genio, ketika baru start memang langsung naik perlahan turun sesuai panas mesin kaya mesin dicuk. Kalo di Bmw udara dan temperatur udara yang masuk diukur airflow, throttle sensor dan idle control valve data masuk ecu. Sensor air dibaca dan diproses. Kalo suhu air dibawah 67 ecu akan koreksi timing, udara dimasukin lebih banyak dan injektor akan buka sekian mili seken lebih lama (baca lebih banyak bensin masuk). Metodenya yang dipake begitu untuk. Kalo udah 68 C ke atas ecu ngga koreksi injektor lagi.

Jadi kalo goyang berarti ada yang ngga sempurna. Cuma memang ini benda 20tahun, udah degradasi semua. Kalo yang piara model poor man version kaya saya biasanya dibiarin karena bongkar v8 itu nyakitin dompet. Ga bener kalo kata om nr, mobil prestise kudunya dipiara dan diperlakukan sesuai prestisenya. Paling dibawa bengkel colok scanner, cek faultnya dimana aja dan dibenerin sesuai blue printnya.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by dsign1990 »

Thanks om om master atas atensinya :frm_salut:
Jadi intinya nggak ada kaitannya ya gejala gejala tersebut dengan masalah nikasil
Masalah dia bergetar dan ngebul itu mungkin juga karena hal hal yg udah jamak sebelumnya , mungkin karena perawatan yang kurang meskipun ia bukan mobil capek ya.....
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by octafiantos »

Kalo gua malah berpendapat mobil low mileage itu yes, aesthetically looks better. In term of appearance, it physically looks like a brand new car. Sehat? Belum tentu, apalagi kalo ngga pernah idup.

Pernah ngalamin nggak om, barang elektronik, radio deh, biasa disetel tadinya. Terus didiemin lama banget. Pas mau disetel ngadat. Kalo di elektronik disebutnya kena thermal shock. Komponen biasa panas, diem lama. Diidupin lagi kena panas rusak. PC yang biasa gini, diem setahun lebih diidupin ga mau. Sensor mobil tipikalnya begitu. Mesin mungkin sehat, koil, maf sensor dll bisa jadi ada yang sekarat.

Coba dibeli om, sapa tahu self healing [emoji14]

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by octafiantos »

Kalo gua malah berpendapat mobil low mileage itu yes, aesthetically looks better. In term of appearance, it physically looks like a brand new car. Sehat? Belum tentu, apalagi kalo ngga pernah idup.

Pernah ngalamin nggak om, barang elektronik, radio deh, biasa disetel tadinya. Terus didiemin lama banget. Pas mau disetel ngadat. Kalo di elektronik disebutnya kena thermal shock. Komponen biasa panas, diem lama. Diidupin lagi kena panas rusak. PC yang biasa gini, diem setahun lebih diidupin ga mau. Sensor mobil tipikalnya begitu. Mesin mungkin sehat, koil, maf sensor dll bisa jadi ada yang sekarat.

Coba dibeli om, sapa tahu self healing [emoji14]

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by ilhami »

Sebelum bongkar2 ngga ada salahnya service ringan dulu, ganti oli kalau perlu engine flush, semprot2 engine conditioner, cek filter udara, busi dsb.
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by dsign1990 »

[quote="octafiantos"]Kalo gua malah berpendapat mobil low mileage itu yes, aesthetically looks better. In term of appearance, it physically looks like a brand new car. Sehat? Belum tentu, apalagi kalo ngga pernah idup.

Pernah ngalamin nggak om, barang elektronik, radio deh, biasa disetel tadinya. Terus didiemin lama banget. Pas mau disetel ngadat. Kalo di elektronik disebutnya kena thermal shock. Komponen biasa panas, diem lama. Diidupin lagi kena panas rusak. PC yang biasa gini, diem setahun lebih diidupin ga mau. Sensor mobil tipikalnya begitu. Mesin mungkin sehat, koil, maf sensor dll bisa jadi ada yang sekarat.

Coba dibeli om, sapa tahu self healing [emoji14]

Sebenarnya 40-50rb km untuk umur 20 th menurut saya bukan mobil ngejogrok2 amat dalam artian dia masih sebagai weekend car cukup sering mungkin buat sekedar jalan2 biar mobil nggak sampai bulukan di garasi.
Setahu saya engine management BMW yg bosch K/L ( ralat ya kalau salah) nggak terlalu kena efek kalau jarang pake , seminggu sekali misalnya ( yg saya alami di M50 ) berbeda dengan mercy w124 200-300e yg J tronic , yang kalau seminggu nggak dihidupin pasti brebet2 meski sedikit ( yg saya alami di 230e &300e )
Cuman yang jadi ganjalannya itu apakah gejala2 brebet dan berasap waktu dingin dan cenderung cepat panas itu ialah apakah itu dari " dosa " orang yang nagsih minum dia premium , karena waktu lihat manual booknya rasio kompresi nya mencapai 10,5:1 .
Kalau jadi beli mudah mudahan Allah memberi anugrah dan mobilnya self healing ........ Amiiin
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: PLISSSS , MINTA SHARING ALUSIL / NIKASIL BMW M60/M52

Post by octafiantos »

Saya kalo mikir sederhana. Brebet itu efek. Penyebabnya afr ngga tepat. Jadi problem dari input ruang bakar, pengapian dan sensor sensornya. Kalo oktan (premium) hasil akhirnya knocking. Semua mesin di atas punya anti knocking sensor/ping sensor. Kalo ini rusak, ga bisa bikin retarded timing -> knocking.

M60 emang panas sih. M52 aja dibawa jalan paling 5 menit udah masuk operating temp, manteng di tengah. M60 kalo abis dipake jalan kapnya bisa buat nyeplok telor. Fender terutama kanan sama kap ngga bisa dipegang kalo abis dibawa jalan.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post