Neo Baleno 2008

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

naldo

Re: Neo Baleno 2008

Post by naldo »

Menurut saya si header ga ganti gpp, karena disitu juga ada Catalytic converter. Sekarang ganti middle exhaust pipe sama belakang, udah jadi cukup kencang. Suara juga kaya mobil standar. Jadi sleeper aja... Ga usah sok suara gede2 kaya mobil2 norak... hehehe...
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Neo Baleno 2008

Post by Shaqilla »

suara kan di muffler bouz.. header kan flow manajemen.. banyak kan yg pake header after market dengan muffler std... tapi itu semua kan options.. terserah selera bouz...suara kenceng asal lari kenceng ndak papa kan..
Apri-AIC212
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Neo Baleno 2008

Post by poeticmind »

oooooh gitu, polish intake di M15a itu apanya yg dipolish ya? bro shaqilla, intake including TB kalo gitu ya? :)
maap ga ngerti mesin nih...
Image
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Neo Baleno 2008

Post by Shaqilla »

sama bro poet.. gw cari dulu buku2nya yah... hmm.. atau gw copy aja dari forumsebelah.com itu?? hehehe
Apri-AIC212
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Neo Baleno 2008

Post by Shaqilla »

penasaran sama pertanyaan gw sendiri, akhirnya gw liat aja katalognya.. ternyata mesin SX4/NeoBal dgn Aerio/NextG memiliki persamaan yang besar cuma di blok mesinnya aja.. (Cyl & Cyl head assy).. I/H/E totally different so jadi karakter & performancenya bisa jadi sangat berbeda.. keren euy intakenya.. bener2 moderen dari sisi bahan dan bentuknya (non-teknis bro..).. headernya juga.. pipanya lebih besar dan pendek.. sekilas kayak 4-1 soale collectornya gede bener..

gw percaya deh, kalo ini mesin lebih baik performance stdnya dari gen Aerio/nextG..

Bro poet, kayane swap partnya harus dipelajari lebih baik dulu tuh, hehehe.. mending langsung swap ke J20A aja kali yah??
Apri-AIC212
naldo

Re: Neo Baleno 2008

Post by naldo »

Swap parts juga harus swap ECU. Sedangkan swap ECU walaupun sesama suzuki n mesin sama, tetep aja susah, banyak komponen ECU n programnya beda. Mana ECU suzuki ga segampang punya jazz/yaris, bisa di unlock n di utak utik. Makanya kl buat balap, jadi ga bisa kenceng2 amat, di ITCC kalah, urusan ECU lagi... Berat d... Kl mesin M15A versi aerio or Next G, ganti header gpp. Cuma dulu pernah ngerancang header swift, tapi karena matic, jadi suaranya doank yang gede, udah kaya Evo 8 or mobil2 500HP++. Tapi ga lari... Makanya sekarang biar header standar aja, cuma di rubah pas percabangan 4-2-1nya, karena lubangnya di gedein buat turbo, untuk SX4 sedan saat ini...
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Neo Baleno 2008

Post by Shaqilla »

wuih.. mantep nian rencananya nih.. tinggal tunggu aksinya di jalanan bouz (Oops..).. btw header utk turbo itu yang bentuk aneh melengkung lengkung ke atas gitu yah?? gak seperti header n/a kan bouz??
Apri-AIC212
naldo

Re: Neo Baleno 2008

Post by naldo »

Ada perbedaan buat ke turbonya. Ya lubangnya kaya di gedein gitu, karena kan turbo ngambilnya dari exhaust, gas buang masuk mesin lagi, di ambil udaranya, makanya namanya force induction. Ini yang membuat powernya bisa naik banyak. Tapi ya bensin juga dipasok lebih banyak. Jadilah boros.
Ya saya si pelan2 aja lah, ga usah ngebut2. Bensin makin mahal, duit makin tipis, mana minimum mesti minum P+. Bisa bangkrut saya... Tapi kl bokap si, ya kagak... wahahahhaha
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Neo Baleno 2008

Post by Shaqilla »

naldo wrote:Ada perbedaan buat ke turbonya. Ya lubangnya kaya di gedein gitu, karena kan turbo ngambilnya dari exhaust, gas buang masuk mesin lagi, di ambil udaranya, makanya namanya force induction. Ini yang membuat powernya bisa naik banyak. Tapi ya bensin juga dipasok lebih banyak. Jadilah boros.
Ya saya si pelan2 aja lah, ga usah ngebut2. Bensin makin mahal, duit makin tipis, mana minimum mesti minum P+. Bisa bangkrut saya... Tapi kl bokap si, ya kagak... wahahahhaha
Ooooo... begitu yah bouz??
iya yah.. kemarin waktu gw ganti oli di bengkel langganan, REV, juga banyakyang sudah berumah keong.. dan semuanya sekarang sleeper mode on... hmmm.. sadis...
Apri-AIC212
naldo

Re: Neo Baleno 2008

Post by naldo »

Ternyata kl nanti pasang turbo, ga taunya header asli harus copot. Nanti ganti header yang mempunyai 2 jalur. Satu ke jalur pembuangan(kenalpot), satu yang ke turbo. Dari situlah, turbo mengambil udaranya, kipas turbo berputar dan memasukkan udara bersih yang di tekan secara tinggi. Jadilah force induction, memberikan tekanan... Salah persepsi yang kemaren... hehehe
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Neo Baleno 2008

Post by Shaqilla »

naldo wrote:Ternyata kl nanti pasang turbo, ga taunya header asli harus copot. Nanti ganti header yang mempunyai 2 jalur. Satu ke jalur pembuangan(kenalpot), satu yang ke turbo. Dari situlah, turbo mengambil udaranya, kipas turbo berputar dan memasukkan udara bersih yang di tekan secara tinggi. Jadilah force induction, memberikan tekanan... Salah persepsi yang kemaren... hehehe
Setau gw juga begitu bro... Kirain ada teknologi header baru... Hehehe...
Apri-AIC212
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Neo Baleno 2008

Post by satyr »

turbo udara bersih?? itu udara kotor n panas....

didinginkan dulu pake intercooler kalo mo optimal..baru masuk intake
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Neo Baleno 2008

Post by Shaqilla »

sssttt... pelan pelan bouz.. nti juga diterangin, hehehe....
1nzfe lu juga pake kan bouz??
Apri-AIC212
naldo

Re: Neo Baleno 2008

Post by naldo »

Ya begitulah bro satyr. Pke intercooler. Saya sedikit agak ga ngerti urusan ini. Perlu belajar lebih dalam. wahahahha
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

VS Kijang Kapsul

Post by ShadowLenZ »

VS Kijang Kapsul

Neo gw kemaren diikutin ama Kijang Kapsul pas pulang dari jkt :ungg:

Emang karena gw bawa orang sich jadi ga bisa maen nekad nyetirnya..tapi gw salut, bawa Kijang Kapsul sekenceng itu :beer:

Gw jalan 140-150an eh dia masih bisa juga ngebuntut di belakang, udah sering ketinggalan sich dia pas gw gas Neo..tapi pas turunan gw ngerem biar lebih terkendali, dia malah ngegas kayanya

Gila yang nyetirnya :e-doh:

MANTABH !! :beer:
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Fuel Consumption

Post by ShadowLenZ »

Report FC :
- Dalam Kota Only : 1:10
- Luar Kota digeber : 1:12
- Luar Kota jalan normal : 1:14.5
- Stabil kecepatan 120 km/h : 1:15.5
- Rata-rata : 1:10.5 - kombinasi n geber2an :beer:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Fuel Consumption

Post by doq »

ShadowLenZ wrote:Report FC :
- Dalam Kota Only : 1:10
- Luar Kota digeber : 1:12
- Luar Kota jalan normal : 1:14.5
- Stabil kecepatan 120 km/h : 1:15.5
- Rata-rata : 1:10.5 - kombinasi n geber2an :beer:
mungkin klo d bikin award irit smua generasi mba'leno bakal ngeraja ya :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Neo Baleno 2008

Post by Shaqilla »

Kijang kapsul????? Gak salah tuh pili lawan bro??
140-150?? Bah... Gw waktu pake karimun aja berani lari segitu di cipul/tol.... Hehehe...angkatan aerio ke atas ngomongnya ud 180an bro....

Kompor mode on...
Apri-AIC212
naldo

Re: Neo Baleno 2008

Post by naldo »

Kemaren dengan jarak yang pas2an, pagi, di depan TA, neo gw bisa lari 165KM/H, dengan ban 17". Kl di real speed-kan, menjadi sekitar 165+10% dari speedometer. Jadi total 181.5KM/H. Lumayan, belon pasang turbo bisa segitu. Coba ga kehalang, bisa 170 lebih rasanya, bisa lah 190KM/H di real-speedkan... Gw ga kebayang kl pasang turbo. 240 kali... wehehehehe... Cuma gara2 kenalpot udah rombakan untuk tinggal pasang turbo nanti, BBM AVG gw jadi ga terlalu irit. Sekarang seirit2nya cuma 1:12.5KM. Kl geber2, 1:9-10. Dalam kota, 1:8-1:9. Wah mulai cekak gw... heheheh
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Neo Baleno 2008

Post by Shaqilla »

Aerio gw 170 itu gear4 bouz.. Redline 6500rpm.. Gw jg pake ring 17 kok.. Mesin std aja, cuma upgrade i/h/e + piggyback... Gear 5, hmmmm..190 waktu itu gas blom mentok kok, cuma karena ada mobil yg supirnya ngelawak aja jadi abs harus turun tangan... Neobal, pasti lebih dari itu tuh.. Kan lebih kencang....

:off_team:
Apri-AIC212
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Neo Baleno 2008

Post by Shaqilla »

Oh iya, bensin premium aja cukup... Kalo pake super, akselerasi aja yg lebih baik.. Kecpatan sih kurang lebih sama...
Apri-AIC212
naldo

Re: Neo Baleno 2008

Post by naldo »

Bensin si premium lah bro. Gw juga lari segitu gigi 3, karena matic, bukan manual. Mesin baru sebatas ganti kenalpot aja, piggyback belon. Cuma sekarang dah pke per eibach n 17". Ya, piggyback n turbo tunggu dari HKS yang pasang.
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Re: Neo Baleno 2008

Post by ShadowLenZ »

Shaqilla wrote:Kijang kapsul????? Gak salah tuh pili lawan bro??
140-150?? Bah... Gw waktu pake karimun aja berani lari segitu di cipul/tol.... Hehehe...angkatan aerio ke atas ngomongnya ud 180an bro....

Kompor mode on...

Lawan ?? Dia yang "ngekor" terus :mrgreen:

Gw ga bisa jalan kenceng..lagi ga sendirian.. :mrgreen:

Kalo lagi bawa orang bawaannya pelan aja..apalagi sama nyokap..paling 130-an..ha ha
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Re: Neo Baleno 2008

Post by ShadowLenZ »

Shaqilla wrote:Aerio gw 170 itu gear4 bouz.. Redline 6500rpm.. Gw jg pake ring 17 kok.. Mesin std aja, cuma upgrade i/h/e + piggyback... Gear 5, hmmmm..190 waktu itu gas blom mentok kok, cuma karena ada mobil yg supirnya ngelawak aja jadi abs harus turun tangan... Neobal, pasti lebih dari itu tuh.. Kan lebih kencang....

:off_team:
Harusnya kira2 sama ya.. :e-think:

Wong gigi 4 sama2 170-an :e-think:
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Re: Neo Baleno 2008

Post by ShadowLenZ »

Lagipula gw perhatiin..kayanya rata2 sich top speed ga beda jauh dech.. :e-think:

Yang beda itu n kerasa adlh akselerasinya, itu pun gw ga tau tuh kalo dibanding Oreo gimana, mungkin aja malah kenceng oreo..belum coba soalnya.. :mrgreen: