RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by maskopat »

Altaf wrote:
Postby maskopat » Today, 08:12

manttaaaaap om Altaf :big_exellent:
jadi seger lagi GTI nya. ane belum pernah nih bawa GTI... dulu hampir sempet test drive punya temen tapi gak kesampean...

ada beberapa masukan yang mungkin sesuai dengan selera om Altaf.
pertama velg. kalo bisa cari velg ninties atau retro. bisa pake enkei classic 92. atau bbs rs. ban nanti disesuaikan dengan ukuran velg.
kedua tail pipe. pake remus 90s om.
'


Saya sempet ngincer beberapa kali velg retro..kayak RS Watanabe, TRD rays, cuman ya itu tadi baru nongkrong sebentar udah SOLD OUT deh...tapi mau nyari lagi duh susahnya., kalo pun ada lagi harganya gak kira2 :big_dunno: .....

But honestly, I don't really care how it looks, I don't even put ducktail...my objective from the beginning is "lightweight" & "No Rattle". .bagaimana caranya diet tapi tanpa mengubah tampang & fungsi asli kendaraan...it is indeed very difficult, I manage only approximately 40 kg of diet. Saya terinspirasi oleh Singer Vehicle Design, dimana mereka sampe bikin carbon fiber untuk body panel 911 retro mereka, hanya untuk diet

List hasil diet.......jangan ketawain yah :big_blushing:
1. Pelek Enteng (Rays CE28) - 12 kg (3 kg per wheel)
2. Saya capek2 melakukan pengerokan bodi panel, buang dempul,etc, etc..cuman mau bikin mobil rigid & enteng lagi - 5 kg
2. Saya lengserkan Header aslinya (Besi Cor), resonator, berikut braket2 besinya, diganti header custom 4-1 -7 kg lighter
3. Saya ganti muffler aslinya dengan Titanium kw8, only with one objective,..it is lighter than steel - 3 kg lighter
4. Saya lengserkan Air Intake Set dan braket besinya asli light alloy dan open air filter filter - 2 kg
5. Saya ganti karpet karet dengan EVA foam - 1 kg
6. Saya lengserkan flywheel aslinya 7.4 kg, dengan flywheel blacktop 5.9 kg, - 1.5 kg lighter
7. Radiator Alloy - 1.2 kg lighter
8. Tutup2 mesin yang gak perlu - 1 kg
waduh... emang cepet banget om velg2 retro... lagi menjamur... hehehe
ane doain semoga dapet juga velg idaman om altaf..

jadi targetnya ialah "ngeringanin" mobil tapi masih sesuai fungsi ya om?
targetnya itu sih udah oke banget Om.. :big_exellent:
kalo mau diet lebih lagi, bisa lebih ekstrim seperti yang om ceritain.. hehehe

*ane jadi pengen ngerapiin SL neeeh... :big_childish:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by imingwahyudi »

wuih tjakep bener Corolla nya oom :big_love:

btw suka muter daerah Pasteur kah? Pernah sekali lihat...ga persis hanya keingat plaatnya yang 1124 XX saja :D

real petrol head detected, and salute to you oom, jarang mobil mobil sekarang yang 'berani' masuk authorized body repair :mky_02:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by didietkeren »

imingwahyudi wrote:wuih tjakep bener Corolla nya oom :big_love:

btw suka muter daerah Pasteur kah? Pernah sekali lihat...ga persis hanya keingat plaatnya yang 1124 XX saja :D

real petrol head detected, and salute to you oom, jarang mobil mobil sekarang yang 'berani' masuk authorized body repair :mky_02:
Kira2 berapa tuh biaya repair bodi di atpm?
Lewat Pasteur? Macet dong.. Pengalaman pernah nyupir GTi sering ndut2an kalau kondisi stop&go.
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Altaf »

postby didietkeren » Today, 18:32

Kira2 berapa tuh biaya repair bodi di atpm?
Lewat Pasteur? Macet dong.. Pengalaman pernah nyupir GTi sering ndut2an kalau kondisi stop&go.
Kebetulan daku dulu memang pernah kerja di Astra (Toyota), ..sama sekali gak termasuk mahal om..sebagai perbandingan hanya sekitar 1-2 juta lebih mahal dari bengkel cat oven biasa di bandung..but servicenya definitely ATPM is better

Soal ndut2an itu emang penyakit bawaan, bisa dikurangi sih efeknya dgn nyetel TPSnya .., atau timingnya diperlambat..gak bisa 100% hilang..tapi at least cukup bersahabat di kemacetan

Saya jarang ke Pasteur om, melainkan lebih banyak nongkrong di Jakarta dan Buahbatu Bandung..,

Si GTI inilah yang menemani saya bolak-balik Jakarta - Bandung - Tasikmalaya....I'm a captain slow, but suka gemes juga kadang2 liat mobil2 muda belagu...so saya salip deh... :wkkk: ..

this car is definitely faster than my stock CRV 2.4 A/T either in highway or mountain road, due to lightweight and better cornering ability....

Cuman pernah malu juga..., enggak tau saya pernah nempel E250 GDI yg baru...even saya gas poll almost 6-7 rpm, dan nyetir agak nekad tetep aja god dammit gak kesusul...ternyata susah emang kalo ngelawan teknologi German terbaru sih.. :big_cry:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by ginting »

Wuidihhh.....salud kang...betul2 gak sia sia perjungannya. Bangun pagi ada megan fox
wyffa
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu May 28, 2015 13:39

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by wyffa »

Altaf wrote:
postby didietkeren » Today, 18:32

Kira2 berapa tuh biaya repair bodi di atpm?
Lewat Pasteur? Macet dong.. Pengalaman pernah nyupir GTi sering ndut2an kalau kondisi stop&go.
Kebetulan daku dulu memang pernah kerja di Astra (Toyota), ..sama sekali gak termasuk mahal om..sebagai perbandingan hanya sekitar 1-2 juta lebih mahal dari bengkel cat oven biasa di bandung..but servicenya definitely ATPM is better
Wah seru banget ada trit macam beginian disini, pasti om Altaf orangnya sabar sekali ya hehe.

Om saya penasaran sekalian mau tanya (maaf kalau agak OOT), waktu kerjain body repair di atpm berapa lama pengerjaannya total?
apakah ada jaminan spareparts tidak ditukar oleh montir2 yang nakal?

Karena saya dulu sempet punya pengalaman buruk dinamo starter saya (ternyata) ditukar waktu masuk asuransi, padahal awalnya cuma mau betulin pintu toyota yaris saya yang ditabrak bajay, sekitar tahun 2008/09 silam (umur mobil sekitar 2 taunan), jadi setelah kejadian itu saya hanya ke tukang body repair langganan deket rumah saja.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by newrubble »

u perbandingan sj... full body paint di auto2000 workshop cipulir th2010

satu body tyt crown diesel ex silverbird kondisi std tanpa karat n tdk rusak accident...hanya ganti warna dr solid black ke natural white (toyotacolor code 056)

rp. 13,860,000 sdh trmsk ppn n discount

sy tdk tau apakah engine removed tapi yg jelas hasilnya spt mobil br kluar dr assembling line (kebetulan exterior rubber body mould complete set n rear mica lenses di pasang yg baru, beli terpisah dr jasa repaint, rubber parts u glasses n doors juga baru)

bukan ex crown diesel sy...hanya salah satu crown diesel yg sy pernah beli dijual ke third party n dia mau repaint dg paintwork yg sama persis dg unit yg dulu pernah sy pakai

lama process sampai delivery...15 hari kerja

maaf out of topic
User avatar
Altaf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu May 21, 2015 2:45

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Altaf »

by wyffa » 42 minutes ago

Wah seru banget ada trit macam beginian disini, pasti om Altaf orangnya sabar sekali ya hehe.

Om saya penasaran sekalian mau tanya (maaf kalau agak OOT), waktu kerjain body repair di atpm berapa lama pengerjaannya total?
apakah ada jaminan spareparts tidak ditukar oleh montir2 yang nakal?

Karena saya dulu sempet punya pengalaman buruk dinamo starter saya (ternyata) ditukar waktu masuk asuransi, padahal awalnya cuma mau betulin pintu toyota yaris saya yang ditabrak bajay, sekitar tahun 2008/09 silam (umur mobil sekitar 2 taunan), jadi setelah kejadian itu saya hanya ke tukang body repair langganan deket rumah saja.

Waktu kerjain di ATPM kurang lebih 4 bulan...sebenernya sih kelamaan . Bengkel ATPM kurang recommended untuk pengerjaan restorasi yg mendetail karena terlalu banyak ngerjain mobil yg normal atau ex asuransi sehingga kurang fokus buat mobil klasik.

tp ada satu kelemahan terbesar ATPM, yaitu mereka cenderung pengennya ganti panel yg rusak atau bumper yg pecah...untuk menghemat waktu pengerjaan...di satu sisi itu solusi terbaik menghindari dempul, but it will be very costly , kecuali jika seneng hunting part ke junk yard kayak saya... :big_comfort:

Kalo masalah part dituker .so far belum saya belum ngalamin...tapi kalau ketahuan di ATPM ada mekanik yg begitu sih biasanya lsg dipecat.. :big_slap:

saya sendiri sih gak nyaranin buat yg males nyari part sendiri ke ATPM, akan sangat mahal untuk order part baru via ATPM ... :big_blushing:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by FRD »

newrubble wrote:u perbandingan sj... full body paint di auto2000 workshop cipulir th2010

satu body tyt crown diesel ex silverbird kondisi std tanpa karat n tdk rusak accident...hanya ganti warna dr solid black ke natural white (toyotacolor code 056)

rp. 13,860,000 sdh trmsk ppn n discount

sy tdk tau apakah engine removed tapi yg jelas hasilnya spt mobil br kluar dr assembling line (kebetulan exterior rubber body mould complete set n rear mica lenses di pasang yg baru, beli terpisah dr jasa repaint, rubber parts u glasses n doors juga baru)

bukan ex crown diesel sy...hanya salah satu crown diesel yg sy pernah beli dijual ke third party n dia mau repaint dg paintwork yg sama persis dg unit yg dulu pernah sy pakai

lama process sampai delivery...15 hari kerja

maaf out of topic
jadi fullbody paint, dll cuma 15 hari kerja, om rubble? wah tergolong cepat sih.. soalnya bengkel2 cat mobil di Tulungagung kebanyakan untuk fullbody paint dan waktu pengerjaannya paling cepet 3 minggu - 1.5 bulan. pernah dulu 2014 pertengahan waktu tanya2 mau masukin kapsul utk fullbody paint di auto2000 suharmadji kediri, kena sekitar 10-13jtan (ane lupa harga pas nya berapa) dan estimasi waktu paling cepat 1 bulan. tapi sampe sekarang belum sempet di repaint fullbody itu kapsul...
:big_smoking:
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by Yusaku »

Saya cuma bisa iri ama kagum sama Om Altaf, semangat ama keuletan ama telaten serta penguasaan primer coating ama berapa hal teknik yang sunggu, kalau boleh bisa ane belajar juga.

Ane kagum bisa bawa handcarry trus kemampuan bersosialisasi dengan rekan part di luar Indonesia, ane yakin kalau Om Altaf sudah SSI maut ama pemilik partnya wkwkwkkwkw

Jadi Selamat atas reborn Gti, wish marvelous driving experience for You :off_good_job:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by sandal »

Superb review and superb restoration om :mky_02:
Jadi pingin restorasi mobil nih :big_childish:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
the_officer
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Fri Dec 28, 2012 7:21

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by the_officer »

asli terharu baca posting ini :big_think:

keren banget..... :mky_02: :mky_02: :mky_02: salute
Selalu ada alasan untuk tersenyum, Nikmatilah perjalanan kita
bayumas80
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Thu Jul 26, 2012 20:40

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by bayumas80 »

Luar biasa.
Pernah pengen twincam gti, apa daya kantong ga cukup.
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by sm4 »

:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:

Salut om..luar biasa...

Pengin juga restorasi Honda SM4 tua saya, tapi apa ya ATPM Honda masih mau restorasi body Honda berumur lebih dari 25 tahun :e-think:

Kalau ke body repair biasa, pengalaman dulu di mobil merk lain, hasilnya ga memuaskan. Pengin yang 100% std pabrikan nya. :big_bored:
bhayangkara
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Wed Feb 10, 2016 14:30

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by bhayangkara »

Salut om Altaf..
Pengen banget punya mobil retro timeless dan sehat.. kayak GTI punya om nih..
nanti pas waktunya.. mohon advicenya ya om
paseksuana
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sat Mar 12, 2016 0:49

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by paseksuana »

pas tahun 99an bapak saya sempat punya nih twin cam gti warna abu2 gelap.. benar2 mint condition dan masih original sekali.. mobil yg luar biasa menurut saya.. gigi 2 bisa digeber ampe 80-100km/h... sayang pas 2005 dijual..ganti ke ferio..
monyetbiru23
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Apr 13, 2016 2:02

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by monyetbiru23 »

[emoji14] ngilerrr ane...
User avatar
yo2x
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Mar 02, 2016 7:22

Re: RESTORATION OF TOYOTA TWINCAM GTI

Post by yo2x »

very nice car n very nice story om