baleno vs city Z vs soluna ?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by DOHC »

madcat015 wrote:
Jujur, selama 11 tahun ane pelihara itu sedan mungil, tidak pernah sekalipun dia rewel... kecuali boros di aki... paling lama cuman bertahan 20 bulan lalu mampus itu aki... rata2 18 bulan. Entah mengapa tuh mobil begitu haus listrik... :big_bored: untungnya, setiap kali aki mampus, dia selalu anteng di garasi... :big_comfort:
btw, mengenai point ini mods...

dl jg kejadian di ferio ane.... dan cityZ saudara ane dl.... malah di ferio ane lebi parah lg, tiap stengah taon pasti aki soak... akhirnya cara ane, kl malem mobil masuk garasi dan mobil di lock pake kunci, alarm ga di aktif kan... dan umur aki jd lebi panjang ampe 2 taon rata2... kl d Z saudara ane, doi malah ganti HU bawaan yg kenwood ke yg aftermarket slot in cd... dan masalah aki boros nya sembuh sendiri... anehh..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fasc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 21, 2014 6:27

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by fasc »

vote city z

saia pake baleno manual 2002, 2 tahun 2011-2013, tidak ada masalah berarti cuma di kaki2 gemblodag karena pake velg 16
dibilang boros juga gak cuma masih tetep iritan city z, spare part semurah dan semelimpah kayak soluna
imo, soluna, bentuknya paling sederhana, kurang nyaman juga

baleno dipake lari diatas 100 km/jam udah mengerikan. jauh lebih enak mobil saia sebelumnya grandcivic 91 yang jauh lebih tua-yang konon merupakan basisnya city karena rangka dan interior begitu plek, dilarikan 150 masih anteng dan stabil.
sekarang kadang suka bawa city 96/97 punya temen yang belum vtec, masih unggul dibanding baleno saia dulu hampir di semua hal, kecuali bentuknya yang culun. tapi kalo type z yang 2000 ke atas, ganteng bener
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by DOHC »

kodok64 wrote:Tapi beneran, kalau ngincer nya city z yg extra teraqat kayaknya harus agak sabar huntingnya,..
Belum lagi kl ketemu yg mulusss pasti harganya agak2 ajaib...
ternyata ad yg memahami penderitaan ane beberapa taon silam nyari janda ini mobil...

sedan umur belasan taon masa masi seharga apanja seken... kondisi jg ga mulus2 banget pula :big_bored: :big_bored:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by madcat015 »

DOHC wrote:
kodok64 wrote:Tapi beneran, kalau ngincer nya city z yg extra teraqat kayaknya harus agak sabar huntingnya,..
Belum lagi kl ketemu yg mulusss pasti harganya agak2 ajaib...
ternyata ad yg memahami penderitaan ane beberapa taon silam nyari janda ini mobil...

sedan umur belasan taon masa masi seharga apanja seken... kondisi jg ga mulus2 banget pula :big_bored: :big_bored:
Sabar mod Klep... :big_comfort:

Nyari mobil sama ribet nya kayak nyari pasangan hidup... kalau uda jodoh, ga bakal lari ke mana kok om... :mky_01:


fasc wrote:vote city z

saia pake baleno manual 2002, 2 tahun 2011-2013, tidak ada masalah berarti cuma di kaki2 gemblodag karena pake velg 16
dibilang boros juga gak cuma masih tetep iritan city z, spare part semurah dan semelimpah kayak soluna
imo, soluna, bentuknya paling sederhana, kurang nyaman juga

baleno dipake lari diatas 100 km/jam udah mengerikan. jauh lebih enak mobil saia sebelumnya grandcivic 91 yang jauh lebih tua-yang konon merupakan basisnya city karena rangka dan interior begitu plek, dilarikan 150 masih anteng dan stabil.
sekarang kadang suka bawa city 96/97 punya temen yang belum vtec, masih unggul dibanding baleno saia dulu hampir di semua hal, kecuali bentuknya yang culun. tapi kalo type z yang 2000 ke atas, ganteng bener
Ane setuju, dan ane berani adu servis rekord BeRes ane dengan Soluna-Baleno urusan biaya... Ada dua BeRes yang jadi langganan ane selama 11 tahun... :big_smoking:

Paling 11-12 biaya nya. Tuh CityZ benar2 mobil affordable Honda jebot tapi ga murahan kualitasnya...

.
.
.
.

Tapi peredaman kabin nya kampret bin sotoy dah... :big_slap: semua noise masuk... :big_slap: meski masih lebih baik dibandingkan Monyong non RS... :ngacir:



DOHC wrote:
madcat015 wrote:
Jujur, selama 11 tahun ane pelihara itu sedan mungil, tidak pernah sekalipun dia rewel... kecuali boros di aki... paling lama cuman bertahan 20 bulan lalu mampus itu aki... rata2 18 bulan. Entah mengapa tuh mobil begitu haus listrik... :big_bored: untungnya, setiap kali aki mampus, dia selalu anteng di garasi... :big_comfort:
btw, mengenai point ini mods...

dl jg kejadian di ferio ane.... dan cityZ saudara ane dl.... malah di ferio ane lebi parah lg, tiap stengah taon pasti aki soak... akhirnya cara ane, kl malem mobil masuk garasi dan mobil di lock pake kunci, alarm ga di aktif kan... dan umur aki jd lebi panjang ampe 2 taon rata2... kl d Z saudara ane, doi malah ganti HU bawaan yg kenwood ke yg aftermarket slot in cd... dan masalah aki boros nya sembuh sendiri... anehh..
Ini dia... berarti masalah bawaan orok dari sono nya ya mod? :big_bored: Apa gegara alarm after market ya? :big_slap:

Ane pasang alarm merk Vector, juga ga pernah bermasalah 11 tahun :big_think:

Errr... Ane HU masih std si Z, Kenwood itu mod :big_childish:

PS: Masalah aki yang sama dialami oleh Accord S86 milik bokap mantan ane... :big_bored: Remot mabok... cuman bisa pake kunci... dan sering mogok di garasi juga kehabisan aki.

sandal wrote:
imingwahyudi wrote:
madcat015 wrote:Aha! :big_smoking:

Sebagai kucing yang mulai belajar otomotif dan tumbuh bersama CityZ, ane sangat merekomendasikan sedan ini... :big_smoking:

Kelemahan ada di kaki2, but who cares? CityZ ane tidak pernah bermasalah dengan kaki2 selama masa pengabdian 11 tahun nya. Padahal sering di ajak off road sama meme ane dalam perjalanan ke kampus... (baca: ngelibas jalan rusak).

Simpel, sederhana, no nonsense sedan. Eksterior timeless dan interior praktikal dgn kualitas wahid yang bikin Soluna dan Baleno meringis (kebetulan tante ane pakai Baleno dan langsung meradang saat liat CityZ kinyis2 milik ane parkir di halaman kantornya). :mky_03: Enjin legendaris D15A yang terkenal irit dan sanggup melesatkan sedan ini ke 191kpj... Plus, ga pernah bermasalah di bagian manapun.

Kompresor AC rusak? tidak pernah terjadi di CityZ ane... Hingga ane pensiunkan, AC tetap adem dan heater tetap panas... :mky_03:

Jujur, selama 11 tahun ane pelihara itu sedan mungil, tidak pernah sekalipun dia rewel... kecuali boros di aki... paling lama cuman bertahan 20 bulan lalu mampus itu aki... rata2 18 bulan. Entah mengapa tuh mobil begitu haus listrik... :big_bored: untungnya, setiap kali aki mampus, dia selalu anteng di garasi... :big_comfort:


Oh, plus satu lagi: peredaman kabin menyedihkan ala Honda. :big_slap:

Permasalahan dengan seken CityZ selain cukup langka adalah: susahnya cari unit yang masih standar, rata2 uda pernah dioprek berkat mesin D15 nya.


in short: CityZ menganut filosofi Ahond jebot dimana mesin dan mekanikal akan lebih awet dari body mobil itu sendiri. Trust me, that little engine will outlast the universe itself. :big_smoking:

men....curigakan :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:





err...kalo saya pilih... either Soluna atau CityXXX :mky_03:
Mencurigakan juga nih :big_chicken: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Anyway, selamat memilih mobkasnya om :mky_02:
Kalau milih City Z sudah dibahas ama si madcat015 :mrgreen:
Untuk milih soluna perhatikan ini juga
http://sbtoyota.blogspot.com/2013/02/pe ... -taxi.html
Biar dapet unit soluna yang sehat dan bukan eks taksi :mky_01:

Kalau milih Baleno, bisa tanya member sini yaitu om doq tentang mobil Baleno walaupun om doq jarang online akhir2 ini :mrgreen:

Semoga membantu om :mky_01:
Yang berani quote post ane bener2 minta di warn ya... :big_smoking:

*momod bisa warn momod lho...* :ngacir:


================================

Anyway, TS nya mana nih? :drinking:

Uda aklamasi nih, sah pada milih Z semua. Mod kodok uda berbaik hati menyediakan poto 3 sedan incaran...

*dan CityZ tetap keliatan paling sekseh dan sedan like... a proper Honda at its time... affordable for fun...* :off_good_job:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by DOHC »

@ mods whiskas : tp si Z jg ad parts yg lebi mahal ktimbang soluna baleno mods... tuh kaki2 nya.... persis sperti saudara nya si ferio... shock nya aj masi aseli showa thailand... sebatang mahalll bener... blom lg kl link2 stabilizer nya ud kaput... bsa seharga tie rod nya s soluna kl...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by madcat015 »

DOHC wrote:@ mods whiskas : tp si Z jg ad parts yg lebi mahal ktimbang soluna baleno mods... tuh kaki2 nya.... persis sperti saudara nya si ferio... shock nya aj masi aseli showa thailand... sebatang mahalll bener... blom lg kl link2 stabilizer nya ud kaput... bsa seharga tie rod nya s soluna kl...
Aih... Ane lupa urusan kaki2 :big_sorry:

Secara ane belum pernah ganti apapun di kaki2 sampe tuh mobil ane pensiunkan... Major check terakhir di Honda SAVER bulan Juni 2012, 8 bulan sebelum ane jokul: kaki2 ga mengalami masalah apapun dan masih sangat layak pakai.

Memang sempat nanya, shock full set dan link2 stabilizernya, gile dah... Bisa 20% harga seken nya. :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
fasc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 21, 2014 6:27

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by fasc »

oh ya..
baleno dashboard-doortrim full plastik
city z produk honda masih bener, softpad bertebaran dimana-mana, sampe bagian yang jarang kesentuh pun softpad
User avatar
sapie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Tue Mar 27, 2007 8:05

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by sapie »

Makasi om om semua atas masukannya.
Untuk corabs, sepertinya coret dulu, karena se irit iritnya sedan 2000cc, sepertinya masih kalah irit dengan yang 1500.
Dari kemaren kemaren adek saya udah browsing, gugling, cari info, soal ketiga mobil tersebut.
Sepertinya pilihannya mengerucut lagi ke city Z dan soluna.
Kenapa? Karena city z bodi nya masih lebih lucu ketimbang soluna, dan sepertinya mesin honda juga dikenal irit bbm
Dan soluna, yah kita tau lah kenapa taxi pakai soluna, karena “badak”nya itu….


Sementara adek saya masih sibuk mencari info.
Makasih semuanya……
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by rechtmasta »

Sebagai sodara seperguruan sama bro kitteh diatas, gw sih tentunya tanpa tedeng aling2 pasti ambil City Z.
Kenapa...? Jelaslah alasannya, sebagai mantan kekasih yg pernah mengarungi jalanan Bandung tempoe doloe selama hampir 5-6 tahun, ini mobil ga akan pernah ngecewain deh.

Problem utama...kaki-kaki? So? Iya sih emang mahal, plus kalo ball joint-nya kena ga bisa ganti ball-joint doang tapi kudu seluruh "arm" nya, mau yang lower ato upper. Tapi, she's got a very stunning [cencored] legs, jadi wajar dong kalo ngeluarin biaya perawatan yang aga lebih mahal dari kompetitornya, high class goods bro. :big_smoking:

Peredaman kabin yang sucks?..I agree...tapi dengan begitu gw bisa mendengar "desahannya" yang memabukkan dengan lebih jelas dan memacu adrenalin. Believe me...when you take him up to 120-160 per hours...you don't want to stop...her voice is just...enchanting. :big_love:

FC, not badlah...gw yang kantong mahasiswa aja bisa ngehandle ko (dengan motong biaya hidup, terutama biaya wakuncar, huahahahahaha... :big_weee: )

She is...so simple...yet very gorgeous in every way you can imagine :big_comfort:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by madcat015 »

fasc wrote:oh ya..
baleno dashboard-doortrim full plastik
city z produk honda masih bener, softpad bertebaran dimana-mana, sampe bagian yang jarang kesentuh pun softpad
Ahhh... ini pendapat yang sangat benar sekaligus menyedihkan... :big_cry:

Yeap! Softpad segambreng di mana2, bahan fabrik nya pun halus sekali. Sintingnya Honda, di bagian dalam doortrim fabrik di kasi plastik tebal, dan meski plastik itu hancur, bentuk fabrik pelapis nya tidak berubah sama sekali... *plastik door trim bagian dalam pintu depan ane pecah, entah ane salah manuver atau apa...* :ngacir:


sapie wrote:Makasi om om semua atas masukannya.
Untuk corabs, sepertinya coret dulu, karena se irit iritnya sedan 2000cc, sepertinya masih kalah irit dengan yang 1500.
Dari kemaren kemaren adek saya udah browsing, gugling, cari info, soal ketiga mobil tersebut.
Sepertinya pilihannya mengerucut lagi ke city Z dan soluna.
Kenapa? Karena city z bodi nya masih lebih lucu ketimbang soluna, dan sepertinya mesin honda juga dikenal irit bbm
Dan soluna, yah kita tau lah kenapa taxi pakai soluna, karena “badak”nya itu….


Sementara adek saya masih sibuk mencari info.
Makasih semuanya……
Irit? jangan tanya dah itu Z... Dalkot macet aja jarang nyentuh 9km per liter. Selalu di 9.5-10+km per liter. Lukot? Jangan tanya... 660km untuk tangki 43 liter dan masih sisa 2 strip menjelang E. :big_smoking:

Itu pun sudah pakai acara terbang rendah 150kpj... :big_grin:

Untuk Soluna, yes! benar sekali, badak nya luar biasa. Sayang, body nya kalah lucu sama Z... Soluna terlihat terlalu serius, tipikal orang kantoran. Sementara si Z? Dia seperti berkata "Come and play!" :big_comfort:

*sekadar info, ane pernah ripiu sedan sekseh ini di marih...* :ngacir:

viewtopic.php?f=19&t=20453

rechtmasta wrote:Sebagai sodara seperguruan sama bro kitteh diatas, gw sih tentunya tanpa tedeng aling2 pasti ambil City Z.
Kenapa...? Jelaslah alasannya, sebagai mantan kekasih yg pernah mengarungi jalanan Bandung tempoe doloe selama hampir 5-6 tahun, ini mobil ga akan pernah ngecewain deh.

Problem utama...kaki-kaki? So? Iya sih emang mahal, plus kalo ball joint-nya kena ga bisa ganti ball-joint doang tapi kudu seluruh "arm" nya, mau yang lower ato upper. Tapi, she's got a very stunning [cencored] legs, jadi wajar dong kalo ngeluarin biaya perawatan yang aga lebih mahal dari kompetitornya, high class goods bro. :big_smoking:

Peredaman kabin yang sucks?..I agree...tapi dengan begitu gw bisa mendengar "desahannya" yang memabukkan dengan lebih jelas dan memacu adrenalin. Believe me...when you take him up to 120-160 per hours...you don't want to stop...her voice is just...enchanting. :big_love:

FC, not badlah...gw yang kantong mahasiswa aja bisa ngehandle ko (dengan motong biaya hidup, terutama biaya wakuncar, huahahahahaha... :big_weee: )

She is...so simple...yet very gorgeous in every way you can imagine :big_comfort:
Ahhhhh... kisah kasih dengan Z memang layak dijadikan novel di marih ya bro rechtmasta... :big_love: :big_comfort:

Ane untungnya belum pernah ganti kaki2... lah, masih bagus... Tapi memang, sebagai satu2 nya sedan kompak dengan Full Independent Suspension, tentu biaya akan lebih mahal. Honda benar2 tau cara meracik sedan yang murah dengan komponen kelas wahid, handling ajib dan ga bakal ragu untuk diajak nikung 150kpj atau tail slide... :big_smoking:


Di generasi berikutnya atau City Aria alias City Kecebong, FIS di hilangkan dengan alasan biaya... selamat datang torsion beam :off_lazy: :big_slap:


Ya itulah, peredaman kabin untuk low speed menyebalkan. road noise naujubile dah... kacau... Dan solusi ente uda bener bro: take her for a ride! Enjin nya saat meraung di 5k rpm bener2 bikin ketagihan, hajar terus sampai over rev 7k? lanjut dah... teruskan hingga fuel cut off di 7450rpm... lovely lovely lovely! :big_love:

Sayangnya, ane menyadari, mobil ini butuh gearbox 6speed... :big_biglaugh: power di gear 5 masih cukup buas untuk menghela bobot nya yang 990an kg...

FC untuk terbang serendah itu? masih di 1:8.5... :mky_03:


Affordable? yes
Fun? yes
Economical? yes
Good looking? yes
Comfortable? yes
Leleyab...errr... Reliable? yes
Fast? yes
Furious? no

.............................. :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
rakjatdoni
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Thu Oct 02, 2014 3:42

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by rakjatdoni »

Affordable? yes
Fun? yes
Economical? yes
Good looking? yes
Comfortable? yes
Leleyab...errr... Reliable? yes
Fast? yes
Furious? no

.............................. :ngacir:
nubie dah 3 tahun bawa soluna (GLi Manual th 2000), memang kurang nyaman. tapi sangat pas buat belajar buat nubie macam ane, kebetulan waktu minang di tahun 2012 masuk budget. pas perlu, pas ada yg nawarin. minjem istilah modcing, memang jodoh gak kemana
menurut teman2 di milis sebelah, maticnya soluna cukup gampang perawatannya.
kalo city tipe z memang timeless banget tampang depannya. ane sering nebeng temen ngantor, tapi dah lama banget, menurut ane lebih nyaman dr soluna.
untuk baleno, ane ga bisa comment, krn blm punya pengalaman lebih.

kembali ke adiknya om TS, mudah2an dapet unit yg masih mulus.
fasc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 21, 2014 6:27

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by fasc »

madcat015 wrote: Affordable? yes
Fun? yes
Economical? yes
Good looking? yes
Comfortable? yes
Leleyab...errr... Reliable? yes
Fast? yes
Furious? no
.............................. :ngacir:
awesome
padahal mantan momod kucing bukan city z yang pake mesin d-15b v-tec (cmiiw)
yang v-tec lebih nampol lagi !
User avatar
tongji
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Thu Nov 06, 2014 20:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Altis

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by tongji »

:big_childish:
madcat015 wrote:
fasc wrote:oh ya..
baleno dashboard-doortrim full plastik
city z produk honda masih bener, softpad bertebaran dimana-mana, sampe bagian yang jarang kesentuh pun softpad
Ahhh... ini pendapat yang sangat benar sekaligus menyedihkan... :big_cry:

Yeap! Softpad segambreng di mana2, bahan fabrik nya pun halus sekali. Sintingnya Honda, di bagian dalam doortrim fabrik di kasi plastik tebal, dan meski plastik itu hancur, bentuk fabrik pelapis nya tidak berubah sama sekali... *plastik door trim bagian dalam pintu depan ane pecah, entah ane salah manuver atau apa...* :ngacir:


sapie wrote:Makasi om om semua atas masukannya.
Untuk corabs, sepertinya coret dulu, karena se irit iritnya sedan 2000cc, sepertinya masih kalah irit dengan yang 1500.
Dari kemaren kemaren adek saya udah browsing, gugling, cari info, soal ketiga mobil tersebut.
Sepertinya pilihannya mengerucut lagi ke city Z dan soluna.
Kenapa? Karena city z bodi nya masih lebih lucu ketimbang soluna, dan sepertinya mesin honda juga dikenal irit bbm
Dan soluna, yah kita tau lah kenapa taxi pakai soluna, karena “badak”nya itu….


Sementara adek saya masih sibuk mencari info.
Makasih semuanya……
Irit? jangan tanya dah itu Z... Dalkot macet aja jarang nyentuh 9km per liter. Selalu di 9.5-10+km per liter. Lukot? Jangan tanya... 660km untuk tangki 43 liter dan masih sisa 2 strip menjelang E. :big_smoking:

Itu pun sudah pakai acara terbang rendah 150kpj... :big_grin:

Untuk Soluna, yes! benar sekali, badak nya luar biasa. Sayang, body nya kalah lucu sama Z... Soluna terlihat terlalu serius, tipikal orang kantoran. Sementara si Z? Dia seperti berkata "Come and play!" :big_comfort:

*sekadar info, ane pernah ripiu sedan sekseh

Ahhhhh... kisah kasih dengan Z memang layak dijadikan novel di marih ya bro rechtmasta... :big_love: :big_comfort:

Ane untungnya belum pernah ganti kaki2... lah, masih bagus... Tapi memang, sebagai satu2 nya sedan kompak dengan Full Independent Suspension, tentu biaya akan lebih mahal. Honda benar2 tau cara meracik sedan yang murah dengan komponen kelas wahid, handling ajib dan ga bakal ragu untuk diajak nikung 150kpj atau tail slide... :big_smoking:


Di generasi berikutnya atau City Aria alias City Kecebong, FIS di hilangkan dengan alasan biaya... selamat datang torsion beam :off_lazy: :big_slap:


Ya itulah, peredaman kabin untuk low speed menyebalkan. road noise naujubile dah... kacau... Dan solusi ente uda bener bro: take her for a ride! Enjin nya saat meraung di 5k rpm bener2 bikin ketagihan, hajar terus sampai over rev 7k? lanjut dah... teruskan hingga fuel cut off di 7450rpm... lovely lovely lovely! :big_love:

Sayangnya, ane menyadari, mobil ini butuh gearbox 6speed... :big_biglaugh: power di gear 5 masih cukup buas untuk menghela bobot nya yang 990an kg...

FC untuk terbang serendah itu? masih di 1:8.5... :mky_03:


Affordable? yes
Fun? yes
Economical? yes
Good looking? yes
Comfortable? yes
Leleyab...errr... Reliable? yes
Fast? yes
Furious? no

.............................. :ngacir:
Baleno bukannya full independent suspension jg yah om? :big_childish:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by madcat015 »

@om tongji: seingat ane, Baleno ga Full Independent... Cmiiauww... :mky_01:

@om fasc: iya, punya ane masih non VTEC, beti outputnya sama yang VTEC... Tapi tetap fun as hell... :mky_02:

@om rakjatjoni: memang soluna masih jadi mobil tercinta para supir taxi... Kuat sekuat2nya sedan, trutama kaki2... Tapi ya itu, ride dan kenyamanan nya masih di bawah Z. Trade off untuk sebuah robustness dan reliability kelas dewa... :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by KodokPushUp »

Entah apa suspensi belakang baleno, kalo aerio yg 1 generasi lebih muda, suspensi full independent.
Saat itu aerio unggul dalam hal mesin (aerio vvt 109 hp, jazz masih idsi) dan kaki2 (full independent vs torsion beam) dari jazz.
Walaupun full independent nya aerio juga sebenernya ga fun2 banget, tapi masalah handling, akselerasi, dan fitur, cukuplah buat bikin malu beberapa hatchback dan lmpv baru.

Aerio generasi awal banyak dicari orang, cbu japan, tenaga mesin yg "konon" katanya lebih besar dari ckd, speedometer digital, dan beberapa fitur yg akhirnya disunat waktu ckd.
Waktu ane jual aerio dan iklanin di tokobaik, itu mobil laku dalam 1 hari.
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by DOHC »

Ternyata bnyak jg cityZ lover d tret ini.... jd ukt TS mungkin ud dpt gambaran seberapa bkin adiktif nya si Z ini.... heheheheh

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by madcat015 »

KodokPushUp wrote:Entah apa suspensi belakang baleno, kalo aerio yg 1 generasi lebih muda, suspensi full independent.
Saat itu aerio unggul dalam hal mesin (aerio vvt 109 hp, jazz masih idsi) dan kaki2 (full independent vs torsion beam) dari jazz.
Walaupun full independent nya aerio juga sebenernya ga fun2 banget, tapi masalah handling, akselerasi, dan fitur, cukuplah buat bikin malu beberapa hatchback dan lmpv baru.

Aerio generasi awal banyak dicari orang, cbu japan, tenaga mesin yg "konon" katanya lebih besar dari ckd, speedometer digital, dan beberapa fitur yg akhirnya disunat waktu ckd.
Waktu ane jual aerio dan iklanin di tokobaik, itu mobil laku dalam 1 hari.
Setuju!

Aerio 1st gen memang jadi generasi terbaik dengan segala enjineering nya... Termasuk suspensi, mesin, dan interior... What a car...


DOHC wrote:Ternyata bnyak jg cityZ lover d tret ini.... jd ukt TS mungkin ud dpt gambaran seberapa bkin adiktif nya si Z ini.... heheheheh

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Nah, pelan2 pecinta CityZ muncul kan, mod klep...

Sekali nyetir tuh mobil, bakalan kagak lupa pegimane sensasi nya... Bikin ketagihan nyetir... :mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by ChZ »

KodokPushUp wrote:Entah apa suspensi belakang baleno, kalo aerio yg 1 generasi lebih muda, suspensi full independent.
Saat itu aerio unggul dalam hal mesin (aerio vvt 109 hp, jazz masih idsi) dan kaki2 (full independent vs torsion beam) dari jazz.
Walaupun full independent nya aerio juga sebenernya ga fun2 banget, tapi masalah handling, akselerasi, dan fitur, cukuplah buat bikin malu beberapa hatchback dan lmpv baru.

Aerio generasi awal banyak dicari orang, cbu japan, tenaga mesin yg "konon" katanya lebih besar dari ckd, speedometer digital, dan beberapa fitur yg akhirnya disunat waktu ckd.
Waktu ane jual aerio dan iklanin di tokobaik, itu mobil laku dalam 1 hari.
mungkin Aerio gen.1 ini sama kayak kasusnya Swift CBU dan CKD kali yah bro, yang CKD kompresi diturunkan torsi dan hp sama-sama turun 10.

Swift CBU horsepower 110ps torque 144Nm CKD 100ps 133Nm :frm_bang_head: :frm_bang_head:

dan mesin dengan torsi mungil seperti ini ditenggelamkan ke dalam engine bay sebuah crossover berbobot 100kg lebih berat :big_bored: i wish it was J20A

Ngomong-ngomong CityZ, salah seorang rekan ane yang miara W203 C180K saja bilang : C180K on paper memang lebih kencang dan transmisi lebih canggih, tapi gak ada yang bisa ngalahin fun nya Z, terutama kalo dibejek sampai high RPM

Punya dia yang VTEC 4AT padahal. Dan mobil itu sudah hancur terguling tinggal kenangan karena sebuah kecelakaan. Tapi untuk mobil di zaman itu, safety nya boleh dibilang sangat baik. Teman ane pasca terguling itu gak kenapa napa, gak masuk rumah sakit atau luka parah juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by KodokPushUp »

ChZ wrote:mungkin Aerio gen.1 ini sama kayak kasusnya Swift CBU dan CKD kali yah bro, yang CKD kompresi diturunkan torsi dan hp sama-sama turun 10.

Swift CBU horsepower 110ps torque 144Nm CKD 100ps 133Nm :frm_bang_head: :frm_bang_head:

dan mesin dengan torsi mungil seperti ini ditenggelamkan ke dalam engine bay sebuah crossover berbobot 100kg lebih berat :big_bored: i wish it was J20A
Entah kompresi diturunkan atau gara2 make catalytic converter
Dan ckd bonus bodykit yg mirip cewek make rok kedodoran, serta penurunan build quality
Suzuki cbu jepang build quality nya baik sejauh pengalaman ane, itu aerio umur 12 tahun, rattling cuma di bagasi (bunyi2an pintu bagasi dan dongkrak)
Wah, kayaknya ada yg siap2 swap ke J20A awd :upss:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by DOHC »

CityZ matic ane ud perna coba tuh waktu hunting ini mobil..... dan komen ane cuman satu sehh.. mengecewakan... ibarat nya ane kasi sharapova high heels dan suru dia maen tenis.... yg ane denger nikmat cuman lenguhan2 dia pas servis bola tp permainan nya bkal mnyedihkan.... unit Z yg ane coba pdahal kondisi ckup sehat... gearbox sehat abis ganti total atf beberapa rebu km sblkmnya, odo jg masi kisran 140an rebu... tp ngeden nya bener2 bkin bottleneck... suara vtec nya doank ahoyyy tp lari nya boyo...

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by amfibi »

DOHC wrote:CityZ matic ane ud perna coba tuh waktu hunting ini mobil..... dan komen ane cuman satu sehh.. mengecewakan... ibarat nya ane kasi sharapova high heels dan suru dia maen tenis.... yg ane denger nikmat cuman lenguhan2 dia pas servis bola tp permainan nya bkal mnyedihkan.... unit Z yg ane coba pdahal kondisi ckup sehat... gearbox sehat abis ganti total atf beberapa rebu km sblkmnya, odo jg masi kisran 140an rebu... tp ngeden nya bener2 bkin bottleneck... suara vtec nya doank ahoyyy tp lari nya boyo...

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
2 hari kemaren seharian pake CK4 built-up AT, trus sebentar pindah ke CB2 GLX MT... Kerasa juga nih kaya kasus di cityZ, yg CK4 AT nyaman bgt bawanya, tp ngeden2 di putaran bawah walaupun suaranya enak banget...

Eh pas pindah ke CB2 manual, baru berasa 'lancer' nya... Langsung ilang semua ngedennya, keluar tuh setan mitsu biarpun cuma GLX karbu... memang harus manual mobil2 beginian :big_biglaugh:
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by rechtmasta »

madcat015 wrote:
fasc wrote:oh ya..
baleno dashboard-doortrim full plastik
city z produk honda masih bener, softpad bertebaran dimana-mana, sampe bagian yang jarang kesentuh pun softpad
viewtopic.php?f=19&t=20453

rechtmasta wrote:Sebagai sodara seperguruan sama bro kitteh diatas, gw sih tentunya tanpa tedeng aling2 pasti ambil City Z.
Kenapa...? Jelaslah alasannya, sebagai mantan kekasih yg pernah mengarungi jalanan Bandung tempoe doloe selama hampir 5-6 tahun, ini mobil ga akan pernah ngecewain deh.

Problem utama...kaki-kaki? So? Iya sih emang mahal, plus kalo ball joint-nya kena ga bisa ganti ball-joint doang tapi kudu seluruh "arm" nya, mau yang lower ato upper. Tapi, she's got a very stunning [cencored] legs, jadi wajar dong kalo ngeluarin biaya perawatan yang aga lebih mahal dari kompetitornya, high class goods bro. :big_smoking:

Peredaman kabin yang sucks?..I agree...tapi dengan begitu gw bisa mendengar "desahannya" yang memabukkan dengan lebih jelas dan memacu adrenalin. Believe me...when you take him up to 120-160 per hours...you don't want to stop...her voice is just...enchanting. :big_love:

FC, not badlah...gw yang kantong mahasiswa aja bisa ngehandle ko (dengan motong biaya hidup, terutama biaya wakuncar, huahahahahaha... :big_weee: )

She is...so simple...yet very gorgeous in every way you can imagine :big_comfort:
Ahhhhh... kisah kasih dengan Z memang layak dijadikan novel di marih ya bro rechtmasta... :big_love: :big_comfort:

Ane untungnya belum pernah ganti kaki2... lah, masih bagus... Tapi memang, sebagai satu2 nya sedan kompak dengan Full Independent Suspension, tentu biaya akan lebih mahal. Honda benar2 tau cara meracik sedan yang murah dengan komponen kelas wahid, handling ajib dan ga bakal ragu untuk diajak nikung 150kpj atau tail slide... :big_smoking:


Di generasi berikutnya atau City Aria alias City Kecebong, FIS di hilangkan dengan alasan biaya... selamat datang torsion beam :off_lazy: :big_slap:


Ya itulah, peredaman kabin untuk low speed menyebalkan. road noise naujubile dah... kacau... Dan solusi ente uda bener bro: take her for a ride! Enjin nya saat meraung di 5k rpm bener2 bikin ketagihan, hajar terus sampai over rev 7k? lanjut dah... teruskan hingga fuel cut off di 7450rpm... lovely lovely lovely! :big_love:

Sayangnya, ane menyadari, mobil ini butuh gearbox 6speed... :big_biglaugh: power di gear 5 masih cukup buas untuk menghela bobot nya yang 990an kg...

FC untuk terbang serendah itu? masih di 1:8.5... :mky_03:


Affordable? yes
Fun? yes
Economical? yes
Good looking? yes
Comfortable? yes
Leleyab...errr... Reliable? yes
Fast? yes
Furious? no

.............................. :ngacir:
Ahhhh...yes, never ending story...kalo ada rejeki yang berlebih emang gw udah niatin mau beli satu buat anak gw ntar. Sebelum anak gw merasakan enaknya nyetir mobil dengan segala kecanggihan dan gimmick-nya :big_bored: gw pengen ngenalin dia ke yang namanya "how a car supposed to be made: with heart and passion, not with a damn calculator or excel spreadsheet!" :big_comfort:

Karena waktu itu nyokap beli 2nd buat ngegantiin Amenity, jadi pas dicek ternyata ball joint kanan depan udah kena (anjirr gw masih inget aja nih), pas ganti yah kudu seluruhnya tuh (inget banget gw muter2 banceuy nyari lower arm terus pasang sendiri...karena beres Honda harga jasanya gilaakkkk :big_dunno: ).

Btw...gw kebetulan pake yg VTEC...jadi ya...desahan dan raungannya itu lohhhh...ahahahaha :big_love: :big_love:

Oh iya, dicatet juga nih, ini mobil semua di keempat ban-nya udah make disc brake loh :big_grin: ...nah kaget kan? Coba mobil yg seangkatan dia dengan price range yang segitu, mana yg make disc brake di semua roda-nya? :big_grin: (sekarang honda malah ngasih drum brake di belakang new Jazz :big_slap: )

Affordable? yes
Fun? yes
Economical? yes
Good looking? yes
Comfortable? yes
Leleyab...errr... Reliable? yes
Fast? yes
Furious? no..errrr...she is furiously wild when you "ride" her...wildly fun :big_grin:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by madcat015 »

Ah... betul om rechtmasta.

Di jamannya 4 disc brake + ABS... Spek yang bikin malu kompak sedan jaman sekarang... Kalo yang non PiTeK lebih sotoy, dikasi drum non ABS, bener2 harus ngandalkan nyali dan pengalaman kalo mau "one wild ride" dengan sedan sekseh ini... :big_love:

Perbaikan terberat ane saat tuh mobil patah kaki kanan depan gegara dihajar truk. Fender crumpled parah dan chassis retak rambut. Tapi masih bisa diajak menggila 5 tahun dan ngebut 191kpj di tol. Dulu biaya perbaikannya 5jeteng di BeRes Ahond, ganti tie rod dan arm. Shock absorber untungnya masih baik2 saja...

"how a car supposed to be made: with heart and passion, not with a damn calculator or excel spreadsheet!" :big_comfort:
+1 untuk post om rechtmasta... :big_deal:

Sesuatu yang sangat langka untuk ditemukan dalam produk Ahond jaman sekarang... Ironisnya, malah pabrikan sebelah yang terkenal dengan gaje nya yang sedikit banyak mewarisi semangat Ahond jebot... albeit with more Sky_thingy and magical no non-sense features... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by rechtmasta »

Thanks om madcat...ahahaha ini malah jadi clbk sama cinta lama ngobrolnya :mky_01: ini TS udah keracunan si Z belon? tapi kalopun udah, yakin sih pasti susah banget nyari yang masih mulusnya...good luck buat TS. Nanti join sama kita cerita kisah kasih nya sama si Z :mky_02:

Iya, gw juga kaget loh...disc brake??? aslinya kaget banget pas ahond memutuskan new jazz mereka dikasih drum brake buat belakang, dengan segala ngelesnya: lebih ok buat perkotaan, balabalablabla :big_bored: bner om madcat, justru brand sebelah malah yang masih terasa kalo mereka ngasih "soul" ke mobil2 mereka. Sisanya, meh...they just build a "thing" not a partner for you :big_smoking: Terlalu sentimentil mungkin, tapi that's how I felt setiap gw liat mobil2 jaman sekarang. Kalo di sepak bola, pasti ngeliatlah bedanya pas kita nonton Baggio, Gerrard, and of course Del Piero dengan megabintang sekarang CR7, Messi, Bale, dll. Soul versus Product, ada perbedaan mendasar didalamanya.

Balik lagi ke TS, kyknya kalo nanya perbandingan antara Z sama lain2...yah siap2 aja ngebaca ocehan kita2 disini :big_biglaugh: :big_biglaugh: abis mancing2 sihhh :big_biglaugh:
User avatar
sapie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Tue Mar 27, 2007 8:05

Re: baleno vs city Z vs soluna ?

Post by sapie »

hi semua
lupa maap lupa apdet

adek ane akhirnya nebus hyundai accent AT tahun 2005 ex temen kantor nya
kondisi sangat sangat terawat, almost no PR kecuali pajak mati (udah beres)
dan harganya pun harga temen banget.
sisa bujet mau digunakan untuk mempercantik mobilnya :)

makasih semua