BMW E36

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E36

Post by octafiantos »

marmut wrote:
octafiantos wrote:Mati suri nih.
Habis beli ini itu, nyicil nabung kaki kaki glotakan sama disk belakang.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
pelan pelan diberesin.....
Sorry ambigu om.
Tritnya yang kaput maksudnya [emoji3] . Mobil sih glotakan tapi jalan. Lagi order MAF baru dikirim tadi. Mudah mudahan normal fc nya abis pasang MAF baru.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
stuckinthemoment
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sun Feb 20, 2011 3:03

Re: BMW E36

Post by stuckinthemoment »

misiiii om ... akhirnya nemu juga trit E36. Ceritanya ane lagi naksir abis (beneran abis yaa ... :big_love:) sama 323i E36 AT RED on RED nih.
Masalahnya ane baru kali ini mau ambil BieM, selama ini selalu pake made in Japan, jadi banyak banget yang ga nyambung. Yaaa semacam jaka sembung bawa golok kalo ngobrol BieM :big_chicken:

Ada masukan buat ambil ini BieM ga Om? :big_childish:
99KY
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Fri May 16, 2014 15:46

Re: BMW E36

Post by 99KY »

Salam kenal semuanya. Maaf mau tanya. Kalo spoiler pendek merek pfeiba apa memang dulu oem optional atau aftermarket?

Trus kalo e36 mtech bedanya apa aja sama yg biasa?

Tks
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E36

Post by octafiantos »

stuckinthemoment wrote:misiiii om ... akhirnya nemu juga trit E36. Ceritanya ane lagi naksir abis (beneran abis yaa ... :big_love:) sama 323i E36 AT RED on RED nih.
Masalahnya ane baru kali ini mau ambil BieM, selama ini selalu pake made in Japan, jadi banyak banget yang ga nyambung. Yaaa semacam jaka sembung bawa golok kalo ngobrol BieM :big_chicken:

Ada masukan buat ambil ini BieM ga Om? :big_childish:
Ngga nyambung gimana memang Om.
BMW ya sama aja dengan mobil lain prinsipnya. Ada mesin, gearbox, penggerak, sensor. Mungkin yang konsisten menggunakan rear wheel drive dan lumayan banyak sensor untuk kebutuhan kontrol/diagnosa. 323i pake mesin M52B25, 2500cc, single Vanos -kalo bahasa umumnya VVTi. Ini red on red di toko elek ya om :D
99KY wrote:Salam kenal semuanya. Maaf mau tanya. Kalo spoiler pendek merek pfeiba apa memang dulu oem optional atau aftermarket?

Trus kalo e36 mtech bedanya apa aja sama yg biasa?

Tks
Coba bantu sebisanya ya Om. Saya juga nubi.
Kayaknya sih aftermarket Om. Kalo OEM optional yang ditawarin barangnya M-Technic, sebut Mtech aja biar pendek. Kalo nomenklature E36 M-Ttechnic itu barang spesial, hanya ada kalo tidak salah 150 unit untuk test pasar sebelum M3 US dikeluarkan pake basis 325is. Punya asesoris M3 lengkap kecuali mesin jadi ngga boleh sembarang dipake E36 pake bodikit Mtech disebut E36 M-Technic.

Di pasar Indonesia memang ada E36 Limited Edition, bawa bumper depan belakang M Technic/M Aero, list bodi samping M Technic, optional rear spoiler, dan optional spion. Interiornya wooden panel di bagian laci, konsol transmisi dan di door trim dengan emblem registrasi limited edition. Selain itu ada optional mesin pake kit MST, berisi upgrade package piston/stang/kem/kruk as dengan sertifikat resmi dari BMW. Ini untuk pasar Indonesia, kalo luar ga di kenal. Seluruh seri ini sudah airbag untuk yang 320i, versi standarnya non airbag. Ini yang kadang orang sebut sebagai E36 M-Technic yang udah pasti salah kaprah.
Kavling kosong, bisa dikridit.
99KY
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Fri May 16, 2014 15:46

Re: BMW E36

Post by 99KY »

Noted. Tks penjelasannya, pak. Jadi gak keliru dlm persepsi dan penyebutan. Soalnya sy benar2 buta bmw.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: BMW E36

Post by Nightster Guy »

Om octa nanya.. soal e36..

1) beda antara bmw mtech dgn bmw m3 hanya di mesin drivetrain dan (mungkin) setup kaki2? Kl utk tampilan bodi plek sama kcuali emblem (M3)?

2) pada e36 brarti bs disimpulkan bahwa m3 nya adalah versi bodi mtech plus mesin m3?

3) ada email om? Mo minta tlg identify e36 yg sy potret. Bodikit keliling, bumper airdam, spoiler bagasi, spion kaki 2, emblem 325i, dan.. njogrok.. :(
Das Beste oder nichts.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E36

Post by octafiantos »

Nightster Guy wrote:Om octa nanya.. soal e36..

1) beda antara bmw mtech dgn bmw m3 hanya di mesin drivetrain dan (mungkin) setup kaki2? Kl utk tampilan bodi plek sama kcuali emblem (M3)?

2) pada e36 brarti bs disimpulkan bahwa m3 nya adalah versi bodi mtech plus mesin m3?

3) ada email om? Mo minta tlg identify e36 yg sy potret. Bodikit keliling, bumper airdam, spoiler bagasi, spion kaki 2, emblem 325i, dan.. njogrok.. :(
1. rumornya hanya di mesin. setup kaki kaki ikut m3 termasuk lowering kit
bmw mtechnic modifikasi dari 325is. 2 pintu, hanya ada putih (alpina white kalo ga salah kodenya), bumper depan, sideskirt, diffuser mtechnic. door handle motorsport, jok suede tri color hurricane.

2. kurang lebih begitu om. plus speedo, interior, gearbox kalo yang euro. karena m3 euro ada 6 speed dan 6 speed SMG.
dan e36 m3 keluar di banyak versi, karena ada 4 door saloon. jadi ada 3 versi totalnya, 4 door saloon, 2 door coupe, 2 door convertible.

3. ada om, saya juga masih belajar. kalo ga paham nanti saya coba tanya ke temen yang lebih paham.
[email protected] . 325i yang masuk indonesia pake mesin m50b25, transmisi at, sunroof dan ada obc. kalo bisa ada foto yang jelas di intake manifold om. karena intakenya mirip banget antara m50b20 dan m50b25, beda ukuran maf dan detail kecil. jadi kalo di foto agak nyaru.
Kavling kosong, bisa dikridit.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E36

Post by octafiantos »

Sedikit kegiatan di hari libur kemarin.
Mengganti part daleman injektor dengan injector repair kit. Biasanya ketika servis injektor, hanya ring atas yang diganti. Ring bawah tidak pernah diganti karena biasanya pada takut capnya pecah. Sedang filter injektor, biasanya seumur hidup nempel di situ. Sebetulnya ada kit injektor berisi
- o-ring atas/untuk nahan fuel spill dari fuel rail
- o-ring bawah/untuk nahan kebocoran dari intake
- filter injektor/untuk saringan bbm di injektor sebelum diteruskan ke bawah
- spacer/biasanya jarang perlu diganti
- pintle cap/untuk membentuk dome dan menahan deposit nempel

Berikut sedikit foto yang direkam.

kit injektor berisi o-ring atas, o-ring bawah, filter injektor, spacer, dan pintle cap.
Image

menyiapkan konektor injektor. jangan lupa gunakan soket agar aman.
Image

sebelum buka injektor, copot sikring 18/fuel pump. siapin kain untuk fuel spill.
selanjutnya buka tutup rail injector dengan kunci T10, dan buka injektor rail
Image

angkat semua dan alasi bawahnya dengan kain untuk menjaga fuel spill ga berceceran
Image

ada dua retainer, buka yang pertama untuk pegang injektor ke rail atas.
Image

selanjutnya retainer clip untuk konektor dc.
Image

injektor sudah terlepas dari railnya.
Image

pertama copot filter injektor. bisa dicungkil dengan ujung obeng minus kecil.
atau coba pake paku baut juga bisa.
Image

ini contoh filter injektor sudah terlepas dari injektor
Image

kondisi semua filter, sudah sangat kotor
Image

selanjutnya lepas o-ring atas, pecahin pintle cap dan lepas o-ring bawah.
dipecahin saja karena sudah ada replacementnya.
Image

untuk bersihinnya, siapin carb cleaner dan konektor.
ikat karet di bagian ujung, lapisi kain. ini untuk mencegah nyemprot balik. warning: sebaiknya pake safety glass. beli saja di toko, cuman 15 rebu daripada mata kesembur. warning 2: pake sarung tangan dan hindari kena tangan, carb cleaner sangat pedih di kulit.
Image

setelah bersih pasang filter, bisa diratakan dengan gagang kunci sok yang rata. pukul pelan sampai masuk. ini contoh injektor dengan filter sudah terpasang
Image

selanjutnya pasang semua o-ring atas, spacer, o-ring bawah dan cap.
Image

semua injektor sudah terpasang repair kit baru
Image

pekerjaan sudah selesai.
silakan pasang kembali fuelpump fuse, dan tes mobil.
Kavling kosong, bisa dikridit.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: BMW E36

Post by kompresorz »

mantap mas..salah 1 yang sudah lama saya ingin lakukan sendiri..

tp malas lg krn bengkel sudah ada alat kalibrasi injektor biar sekalian tune up..

skrg yg pusing di e36 m50 kalo hidup ac rpm sekali2 mendadak loncat lebih dr 1..kebengkel krn ktnya mslh speed ac di 3..waktu tes lama pake speed 2 n 1 tdk muncul..pdhl klo saya bawa muncul..jd tiba2 nyundul klo jalan pelan2..

ke astra ktnya mungkin krn setelan co yg kacau bau asap knalpot saingan dgn diesel..jd harus ganti ecu(krn sudah ful)..
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E36

Post by octafiantos »

agak gatel lakuin sendiri, karena di bengkel ngga ada yang punya repair kit.
ini aja beli dari ebay, habis 400 untuk repair kitnya. nunggu 3 minggu baru sampe dari US. kalo mobil saya kemarin pedes tapi semua indikator normal, kecuali HC. ada masalah bensin ngga kebakar, jadi asumsinya dari filter injektor karena busi, air-oil-fuel filter semua baru, maf baru, selang vakum baru.

wah ecu baru lumayan harganya.
tapi kalo memang butuh ya mau nggak mau sih ganti om. memang agak ribet sih bmw simpen setingnya di chip dan ga bisa diganti chipnya.
Kavling kosong, bisa dikridit.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: BMW E36

Post by kompresorz »

Itu kondisi baru repair kit mas?
pernah buka ebay malah bingung..tapi saya cm ingin cari mst kit aja di ebay siapa tau..walo copotan jg gak apa..

Nah kalo mang dapat itu baru saya mau ganti komputer(23 jt blm ppn terakhir)..n ganti rem dgn 323-325..
Klo dapat itu tambah semangat buat main di tol..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: BMW E36

Post by marmut »

kompresorz wrote:mantap mas..salah 1 yang sudah lama saya ingin lakukan sendiri..

tp malas lg krn bengkel sudah ada alat kalibrasi injektor biar sekalian tune up..

skrg yg pusing di e36 m50 kalo hidup ac rpm sekali2 mendadak loncat lebih dr 1..kebengkel krn ktnya mslh speed ac di 3..waktu tes lama pake speed 2 n 1 tdk muncul..pdhl klo saya bawa muncul..jd tiba2 nyundul klo jalan pelan2..

ke astra ktnya mungkin krn setelan co yg kacau bau asap knalpot saingan dgn diesel..jd harus ganti ecu(krn sudah ful)..
sudah periksa airflow?
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E36

Post by octafiantos »

kompresorz wrote:Itu kondisi baru repair kit mas?
pernah buka ebay malah bingung..tapi saya cm ingin cari mst kit aja di ebay siapa tau..walo copotan jg gak apa..

Nah kalo mang dapat itu baru saya mau ganti komputer(23 jt blm ppn terakhir)..n ganti rem dgn 323-325..
Klo dapat itu tambah semangat buat main di tol..
sebelum. asepnya pedes banget sebelumnya.
co 0.2, lambda 0.96, hc besar sekitar 550. ini juga belum maksimal karena idealnya ultrasonic injector cleaning, tapi ga ada uang. 75x6 udah 450 sendiri hehehe. nanti kalo yang lain udah dikelarin deh baru masuk bersihin pake ultrasonic.

ganti cakram belakang dengan 323 sih ngga terlalu repot.
depan udah sama, double ventilated. belakangnya yang beda, 320 masih jomblo. wah harga ecunya mengerikan ckckck.
Kavling kosong, bisa dikridit.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: BMW E36

Post by kompresorz »

@marmut..

Udah ganti airflow baru..tapi emang rata2 setau saya penyakit bmw seri ini n diatasnya tuk tahun yg sama..mknya asapnya pedas klo pas dibengkel..
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: BMW E36

Post by kompresorz »

@oktafiantos..
Hehehe saya cm ada duit buat e36 aja mas..

Oh ya mas e36 di grup bmw apa tau ada yg ganti per eibach tuk m50(dgn kode 2033-140)n sok standar seberapa turun centimeternya..n gmana hasilnya..kira2 tau mas?apakah worth?
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

BMW E36

Post by octafiantos »

Ada beberapa yang pake lowering kit kaya Eibach+sok standar/Bilstein kuning. Nanti coba ane tanya tipe yang dipakai. Ngga banyak banget turunnya kalo ane lihat beberapa mobil. Pake velg 17 masih ada lowong 2jari sempit, nggak celup. Kaya pake per standar potong 1/2 ulir. Nyaman, cuma kalau ngejar pendek lebih manis tongkrongan per bikinan sih imho.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: BMW E36

Post by kompresorz »

Wah jd repotin mulu nih..trims mas..
saya sih gak ngejar tampilan..cm saya mau turunin sedikit saja(2-3 cm)..krn sekalian saya mau ganti ban dgn yg tipis dikit(dr 205-60-15 ke 205-50-15)..buat tes akselerasi..tp saya perhatikan jarak ruang ban malah tambah renggang bagian depan belakang krn velg ukuran 15..
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: BMW E36

Post by kompresorz »

Saya skrg pake kampas rem pagid n disk logo bmw..n tdk pernah bunyi klo panas..cuma yg saya bingung..pake belum sampe 10 ribu km tp kampas sudah tipis ya..sbelum ke sentul msh tebal..apa krn terlalu dipaksa jd seperti itu ya..dirumah ada bbrp kampas rem sampe logo bmw.mau saya balikin tp bunyi melengking..
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E36

Post by octafiantos »

kompresorz wrote:Wah jd repotin mulu nih..trims mas..
saya sih gak ngejar tampilan..cm saya mau turunin sedikit saja(2-3 cm)..krn sekalian saya mau ganti ban dgn yg tipis dikit(dr 205-60-15 ke 205-50-15)..buat tes akselerasi..tp saya perhatikan jarak ruang ban malah tambah renggang bagian depan belakang krn velg ukuran 15..
Kayaknya malah jeduk pake per pendek tapi pelek kecil. Saya pernah pake per custom, asalnya diukur untuk pelek 18. Panjangnya kira kira seukuran Eibach -sayangnya lupa tipenya- pas pelek saya standarin pake ban 205/60-15 per nya nggak duduk bener di mangkok bawah, agak gantung. Kalo kena polisi tidur per ngga main jadi jeduk karter beberapa kali kepentok. Akhirnya balik standarin per dan pake pelek 16".

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: BMW E36

Post by octafiantos »

kompresorz wrote:Saya skrg pake kampas rem pagid n disk logo bmw..n tdk pernah bunyi klo panas..cuma yg saya bingung..pake belum sampe 10 ribu km tp kampas sudah tipis ya..sbelum ke sentul msh tebal..apa krn terlalu dipaksa jd seperti itu ya..dirumah ada bbrp kampas rem sampe logo bmw.mau saya balikin tp bunyi melengking..
Wah saya ngga paham.
Sebagian besar part di mobil part aftermarket. Kemarin baru ganti disk belakang saya beli merek biasa LPR, 600ribu. Temen kasih kampas ATE saya nggak periksa ternyata untuk depan. Saya beli kampas ATE 300. Ngga ada bunyi bunyi sih kalo rem. Kaki kaki yang mulai mesti harus nabung.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: BMW E36

Post by kompresorz »

Saya hampir aja main ganti per..trims infonya mas..klo sampe ada yg kurang pas ato timbul bunyi pasti lgsg saya copotin buang kasih orang lain walo baru beli..td saya niat ganti velg f30 328i..tp pernah liat dijalan e46 pake velg mirip 328 jd keluar bannya..jd aneh..
ya berarti main standar aja..drpd bolak balik bengkel ky org bego..
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: BMW E36

Post by kompresorz »

Klo barang merk bmw itu krn terpaksa mampir ke astra..

3 masalah dimobil saya..

1.Instrumen cluster..
2.Rem.
3.Ecu(bisa ganti ato tdk)mobil tetap galak tarikan..
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: BMW E36

Post by kompresorz »

rindu jg bawa e36.. kelincahannya..
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: BMW E36

Post by mojacko »

kompresorz wrote:Klo barang merk bmw itu krn terpaksa mampir ke astra..

3 masalah dimobil saya..

1.Instrumen cluster..
2.Rem.
3.Ecu(bisa ganti ato tdk)mobil tetap galak tarikan..
nomor 1 dan 3 bisa cari di ebay om,

saya juga sering cari part bmw di ebay
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: BMW E36

Post by kompresorz »

@mojacko..

Trims bro..pernah buka ebay bingung..

Saya pengen bawa ke astra tp malas2an mobil jg jarang jalan..