Sedikit kegiatan di hari libur kemarin.
Mengganti part daleman injektor dengan injector repair kit. Biasanya ketika servis injektor, hanya ring atas yang diganti. Ring bawah tidak pernah diganti karena biasanya pada takut capnya pecah. Sedang filter injektor, biasanya seumur hidup nempel di situ. Sebetulnya ada kit injektor berisi
- o-ring atas/untuk nahan fuel spill dari fuel rail
- o-ring bawah/untuk nahan kebocoran dari intake
- filter injektor/untuk saringan bbm di injektor sebelum diteruskan ke bawah
- spacer/biasanya jarang perlu diganti
- pintle cap/untuk membentuk dome dan menahan deposit nempel
Berikut sedikit foto yang direkam.
kit injektor berisi o-ring atas, o-ring bawah, filter injektor, spacer, dan pintle cap.
menyiapkan konektor injektor. jangan lupa gunakan soket agar aman.
sebelum buka injektor, copot sikring 18/fuel pump. siapin kain untuk fuel spill.
selanjutnya buka tutup rail injector dengan kunci T10, dan buka injektor rail
angkat semua dan alasi bawahnya dengan kain untuk menjaga fuel spill ga berceceran
ada dua retainer, buka yang pertama untuk pegang injektor ke rail atas.
selanjutnya retainer clip untuk konektor dc.
injektor sudah terlepas dari railnya.
pertama copot filter injektor. bisa dicungkil dengan ujung obeng minus kecil.
atau coba pake paku baut juga bisa.
ini contoh filter injektor sudah terlepas dari injektor
kondisi semua filter, sudah sangat kotor
selanjutnya lepas o-ring atas, pecahin pintle cap dan lepas o-ring bawah.
dipecahin saja karena sudah ada replacementnya.
untuk bersihinnya, siapin carb cleaner dan konektor.
ikat karet di bagian ujung, lapisi kain. ini untuk mencegah nyemprot balik. warning: sebaiknya pake safety glass. beli saja di toko, cuman 15 rebu daripada mata kesembur. warning 2: pake sarung tangan dan hindari kena tangan, carb cleaner sangat pedih di kulit.
setelah bersih pasang filter, bisa diratakan dengan gagang kunci sok yang rata. pukul pelan sampai masuk. ini contoh injektor dengan filter sudah terpasang
selanjutnya pasang semua o-ring atas, spacer, o-ring bawah dan cap.
semua injektor sudah terpasang repair kit baru
pekerjaan sudah selesai.
silakan pasang kembali fuelpump fuse, dan tes mobil.
Kavling kosong, bisa dikridit.