civic2010 wrote:Dear All,
hmm menurut sales BMW 320i 2014 menggunakan ban yg terbuat dari serbuk baja, mohon info dari suhu di sini.. apakah benar? .. kalau YA.. hmm mahal ya harga nya..
mohon pencerahan nya..
thanks
Yup betul.
BMW Seri 3 pakai ban RFT sebagai standar dari era E90 sampai sekarang.
ChZ wrote:BMW semua lineupnya udah pake er ep ti alias RFT (Run Flat Tyres), karena ngejer distribusi bobot 50:50 jadi BMW menganggap ban serep adalah beban yang harus disingkirkan....
soal komposisi materialnya kurang tahu oom...
IMO kalo khawatir gak bisa ditambal dan harga perbijinya mahal sih saran ane ya cuma 1 : ganti ban, lalu RFTnya disimpen
yang jelas banyak keuntungannya kalo ganti ban : bisa ditambel, bantingan lebih empuk, dan lebih silent.... kalo di F30 ya menurut ane mungkin yang cocok ban sekelas Continental.... hehehe
tapi AFAIK untuk yang baru-baru ini RFT ini terhubung ke iDrive oom.... mungkin setelah diganti dengan non-RFT perlu kalibrasi ulang.... monggo para pakar BMW yang lain mungkin bisa menjelaskan....
Ban RFT bisa ditambal dengan cara yang sama seperti ban tubeless.
No problem at all.
BMW punya sensor pendeteksi tekanan angin ban, lewat rolling tire monitoring di keempat rodanya.
Ketika roda kanan-kiri atau depan-belakang berputar dengan kecepatan berbeda, sensor akan mendeteksi kekurangan angin atau kempes pada ban.
Tapi ini bukan TMPS yak, di bagian dalam velg tidak terdapat sensor apapun, dan tekanan angin ban tidak tercantum dalam layar MID secara real time.
CMIIW.
Sensor ini diperlukan karena ketika ban RFT kempes,
sulit terdeteksi oleh pandangan mata.
Ganti ban RFT ke ban biasa tidak akan berpengaruh pada sistem iDrive.
Reset aja menu tire pressure di iDrive-nya setelah ganti ban.
No warning sign.
Sensor tetap berfungsi.
Ketika ada ban yang bocor, sensor tetap mendeteksi.
walid_007 wrote:Siapa yg bilang seperti cor?
Ban rft sekarang diklaim bmw lebih nyaman ( dan kenyataan di f10 dan f30 ) ditamabah adative damping (kecuali 320d) rasanya mobil bmw sekarang udah sangat enak.. suara "katanya" berisik .. padahal ane coba sendiri di jalanan paving lebih hening dari camry
Ya 3 juta itu relatif...tergantung tipe org nya
You are right, sir!
Gak usah lebai atau paranoid sama ban RFT.
Percayalah line up BMW saat ini bisa empuk atau keras sesuai settingan Eco Pro, Comfort, atau Sport dan Sport+
F30 dengan RFT jauh lebih empuk dari E46 ban biasa.
Malah banyak yang berpendapat F30 itu Seri-3 terempuk sepanjang masa,
unless you push the Sport+ button.
Mobilnya memang dirancang dari awal buat pakai ban RFT.
Ada beberapa point alasannya.
Safety.
Dengan ban RFT momok menakutkan saat ban pecah di kecepatan tinggi bisa dicegah.
Disaat begal ngetren, ban RFT bisa terus melaju sampai menemukan bengkel ban terpercaya di tempat yang aman.
Convenient. Tidak merepotkan.
Daripada kotor-kotor ganti ban di jalan, lebih nyaman cari bengkel terdekat sekalian langsung ditambal bannya.
Yang menyebalkan dari ban RFT cuma satu,
harganya mahal.