Page 1 of 1

honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Thu Aug 26, 2010 5:42
by heliwar
siang semua... mau tanya mobil honda ane kalo pas tanjakan pasti ndut ndutan itu kenapa ya...
udah di tune up tapi masih kayak gitu... mohon pencerahannya terima kasih...

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Thu Aug 26, 2010 8:29
by andy1800
sambil nunggu para ahlinya... kita tanya jawap dulu...
itu ndut2an nya, dirasa2kan dg lbh cermat, berasal dari mesin ?....atau semacam selip di (belt) transmisi ?

itu kejadiannya hny kalau nanjak?
mgkin bs dicoba dr hampir brenti, lalu kick down..... ada berasa ndut2annya gak?

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Thu Aug 26, 2010 13:23
by asudarsono
Kaau mobil berkarburator emang obatnya ditune up. Kalau mobil pakai EFI, perlu didiagnostik, gak bisa cuma ditune up. Aneh ya gak ada error code keluar padahal pasokan bensin / listrik terganggu.

Jangan2 cuma filter bensin kotor........

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Thu Aug 26, 2010 13:30
by DOHC
mungkin bisa diperjelas gejala2 penyakit nya gt... sperti misalnya ndut2 an itu macam apa, soalnya ini sesuai judul matic, sdgkan biasa ndut2an di manual... atau mungkin bisa jg yg dimaksud itu ngeden atau rada nahan gt.... trus pas tanjakan itu maksud nya lg merayap nanjak atau pas stop and go di tanjakan... odometer jg uda jalan brapa gt... oli matic jg terakhir di ganti waktu odometer brapa... oli mesin jg gmana perawatan nya...

nah ntar biar ahli2 spesialis SM sini yg akan menganalisa nya lebi lanjut... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Thu Aug 26, 2010 13:32
by DOHC
filter bensin kotor bisa jg tuh... pas di bejeg atau lg nginjek gas agak dalem bikin ndut2an...

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Thu Aug 26, 2010 15:19
by aspsilver
ndut2an nya pas nanjak kan?
oli cvt-nya kotor tuh.
ganti aja, langsung hilang gejala itu. kalo dibiarin ntar jebol transmisinya. jangan salah pilih oli, pake oli cvt keluaran honda, jangan yang lain.
menurut buku petunjuk, boleh pake tipe lain apabila oli honda tidak tersedia, tapi hanya untuk sementara, segera ganti kembali ke oli cvt honda.

semoga membantu

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Tue Aug 31, 2010 4:54
by heliwar
waduh baru bisa bales neh.... iya waktu jalan di tanjakan pasti ndut ndutan.... kayak masuk ke gigi 5 tp jalan pelan.
harus ganti oli ctvnya ya... merk apa yg bagus.... trima kasih...

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Tue Aug 31, 2010 6:16
by Kaleng
oli cvt bisa dicek om, ada dipsticknya di samping tabung air radiator. mustinya sih jernih olinya, kalau sudah tidak jernih lebih baik diganti.

Ndut-ndutan pas nanjak apakah mungkin gejala fuel pump bermasalah? pas nanjak pasti akan lebih susah untuk memompa bensin ke mesin, karena sudah lemah fuel pump jadi supply bensin terganggu sehingga mesin ndut-ndutan? analisa newbie saja hehehe.

Selama ini pakai bbm premium atau apa om?

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Tue Aug 31, 2010 6:51
by aspsilver
oli cvt pake yang merk honda jangan macam2. pake 3 liter kalo gak salah 1 jerigen 3 liter harganya 300rb-an.
mahal mmang, tapi kalo cvt rusak harganya jutaan, jadi ini murah.

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Wed Sep 01, 2010 2:34
by heliwar
kalo bbm seh masih pake premium... ^_^ fuel pump diganti brapaan ya... denger2 mahal amet... T_T
saringan bensin seh blm diganti, apa businya juga bermasalah terima kasih...

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Wed Sep 01, 2010 2:48
by solar_kerosen
kelihatan bro kalau mesin atau transmisi yg rusak coba aja di jalan rata masukin gigi terus rem tiba tiba kalau nyendat terus mati berarti tranmsisi minta dibuang dan diganti baru

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Wed Sep 01, 2010 2:53
by heliwar
udah di coba kalo dijalan yg datar ga bermasalah.... cuma kalo di tanjakan aja yg ndut ndutan kayak rpmnya rendah tp gigi tinggi....
terima kasih...

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Wed Sep 01, 2010 5:33
by Kaleng
setau ane kalau cvt jazz mulai bermasalah akan paling mudah ketahuan pada saat mobil mulai jalan, akan ada suara-suara yang muncul, tidak peduli jalan datar, naik, turun.

Melihat si om selama ini pakai premium jadi semakin besar kecurigaan fuel pump mulai bermasalah, minggu kemarin ipar baru ganti juga fuel pump avega, mobil baru 1 tahun lebih. bbm selalu diisi premium.

Harga fuel pump jazz kurang tahu, coba search di topic "kualitas bbm premium semakin buruk", di pertengahan seingat ane ada yang kasi info harganya.

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Thu Sep 02, 2010 5:13
by heliwar
ane udah tanya di kemayoran fuel pumpnya aja harganya 700rb kalo belinya lengkap total 2.2 jt... fuuuuhhh....

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Thu Sep 02, 2010 10:10
by aldy
heliwar wrote:udah di coba kalo dijalan yg datar ga bermasalah.... cuma kalo di tanjakan aja yg ndut ndutan kayak rpmnya rendah tp gigi tinggi....
terima kasih...
Busi hampir "almarhum" bisa juga tuh..intake manifold kotor juga bisa..

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Thu Sep 02, 2010 10:13
by aldy
Gampangannya, coba tune up mesin,, bersih2 saluran intake manifold mesin,, ganti saringan2 (udara,bensin)..Apalagi njezz i-DSI meticnya sering dibawa kalem,,kan rpm selalu ga lebih dari 2000rpm tuh jalannya jadi kerak karbon udah pada ngumpul pasti..Kalo masih endut2an kemungkinan FP atau transmisi bermasalah tuh..

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Tue Sep 07, 2010 1:59
by heliwar
udah di tune up tapi masih kayak gitu.... yg ditakutkan transmisinya kena.....@_@

Re: honda jazz matic 2004 ndut ndutan....

Posted: Tue Sep 07, 2010 2:23
by Turboman
heliwar wrote:waduh baru bisa bales neh.... iya waktu jalan di tanjakan pasti ndut ndutan.... kayak masuk ke gigi 5 tp jalan pelan.
harus ganti oli ctvnya ya... merk apa yg bagus.... trima kasih...
AFAIK

ATF CVT idealnya ganti Max. 20 rb Km sekali, bahkan kalo mobil sering dikebut ganti di bwh 20 rb Km.

Pakai CVTF genuine Honda saja..........hati2 dgn ATF CVT karena banyak jenisnya & belum tentu saling kompatibel.

CMIIW