Ford Focus yang menggoda

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Ford Focus yang menggoda

Post by jeremyray »

Jam session violin seksi Mayla Faizza dan tenor saxophone Doni mengalirkan suasana yang pas banget dengan konsep Ford Focus yang diluncurkan secara resmi di Indonesia, Kamis (22/9).

Ringannya sentuhan jemari lentik pada biola yang membangkitkan nada-nada rancak, apik, dan lepas. Dipeluk alunan saxophone yang lincah, mempesona dan juga bebas. Seperti itulah Ford Focus

Ford Motor Indonesia tepat mengemas acara itu dengan menampilkan kedua seniman itu untuk mengantarkan peluncuran mobil sedan paling laris di Eropa itu. Nada-nada biola membawa imaji ke suasana Eropa yang teratur, konservatif, rapi, tertata, dengan kebanggaan terhadap tradisi yang kuat. Kelincahan sang artis bermain nada seirama dengan keindahan disain Focus, kerapian craftsmanship, dan kehangatan suasana interiornya.

Kelicahan Doni memencet tombol-tombol sax menyiratkan kecanggihan teknologi Jerman yang diusung sedan ini. Kombinasi powertrain terbaik didunia, suspensi presisi dan disain ekterior yang sporti dan aerodinamis, menghadirkan karakter handling yang sangat dinamis.

Full line up
Generasi kedua Ford Focus memang memikat. Setidaknya bagi 138 peminat yang langsung jatuh hati saat melihatnya di booth Ford Motor Indonesia saat gelaran pameran mobil Gaikindo lalu. Nama besarnya yang dibangun lewat pembuktian demi pembuktian menjadi modal berharga untuk menempatkan dirinya di antara Honda Civic dan Toyota Corolla yang sudah kokoh di sini.

Bagi Ford Motor Indonesia, Focus sangat penting. Selain untuk meningkatkan penjualan, juga untuk membangun citra Ford di Indonesia sebagai full line up manufacturing-yang bermain di semua lini. Selama ini Ford hanya dikenal sebagai produsen pikap dan SUV saja, menyusul keberhasilan Ford Ranger dan Escape.

Mobil ini dirancang menggunakan rangka kokoh, suspensi belakang dengan teknologi control blade WRC yang canggih serta mesin Duratec 1.8 liter yang tangguh namun irit bensin. "Pengujian kami disini dan diverifikasi lewat test-drive yang dilakukan media, menunjukkan konsumsi bahan bakar Focus adalah 14km/liter di jalan antar kota dan 9km/liter didalam kota," tegas Bagus Susanto, GM Marketing Ford Motor Indonesia.

Interiornya ehmm
Yang menarik dari Focus adalah pengerjaan interiornya. Rapi, dengan material berkualitas. Disain panelnya kombinasi oval dan kotak, tegas dan fleksibel. Semuanya ditata ergonomis, dalam jangkauan, nyaman disentuh dan warna-warna yang menggugah. Kesan mobil memeluk/membungkus pengendara langsung terasa. Semuanya begitu dekat dan terjangkau, sekaligus lapang dan nyaman terutama untuk kaki dan kepala.

Yang membedakan dengan versi Eropa, Focus Asia Pasifik punya centre console yang dirancang khusus. Untuk penumpang depan ada dua cup holder yang tersimpan rapi dan mudah dibuka, serta armrest yang lebar. Disainnya juga dibuat sedemikian rupa agar aliran udara dingin dari AC bisa bebas ke penumpang belakang. Focus memberi perhatian lebih pada kenyamanan penumpang belakang karena tradisi di Asia Pasifik yang menempatkan orang-orang tercinta di kursi belakang dalam perjalanan.

Kenyaman berkendara memberi kontribusi terhadap keamanan. Hal itu disadari benar dalam pengembangan Ford Focus. Iluminasi panel indikator di rancang teliti, demikian pula tombol dan knob. Aliran udara AC bagi penumpang depan dan belakang diatur lewat Dual Electronic Automated Temperature Control Air Conditioning (D-EATC AC). Sistem AC dual zone ini memungkinkan penumpang depan dan belakang menikmati aliran udara dengan suhu berbeda. Di segmen sedan menengah di Indonesia, baru Focus yang menawarkannya. Sistem ini secara otomatis menyesuaikan diri berdasarkan masukan dari panas matahari, konfigurasi power-train, engine coolant temperature dan kecepatan mobil untuk memastikan suhu interior selalu sesuai dengan yang dinginkan. Focus juga dilengkapi dengan sistem audio AM-FM Radio/Compact disc player dengan 6-auto-charger.

Keselamatan penumpang di lindungi dengan kombinasi perlindungan aktif dan pasif. Termasuk didalamnya struktur body yang kokoh dengan crumple zone dimana-mana untuk menyerap energi benturan agar tidak masuk ke kompartemen penumpang. Juga ABS empat roda dengan electronic brake distribution -dan diameter rem cakram hingga 300mm. Sistem restrainnya dilengkapi dengan sensor benturan yang langsung bereaksi mengencangkan seatbelt bila mobil menabrak sesuatu dan secara simultan meletupkan dua airbag untuk penumpang depan.

Mesin Duratec HE, empat silinder dengan 16 katup memproduksi 130hp/6000rpm dan torsi 16.8kg-m/4000rpm. Berkat penggunaan teknologi Sequential Multi Point Electronic Fuel Injection dan drive by wire, Focus menghadirkan mesin yang irit dengan peforma tangguh, "dan dengan harga terjangkau," kata Rick Baker. Mesin ini dipasangkan dengan sistem transmisi 5-speed manual dan 4-speed matik sequential sport shift (matik yang bisa dinaik turunkan secara manual).

Ford Focus ditawarkan dalam dua tipe, Focus 1.8 Ghia M/T dengan harga Rp 259 juta dan Focus Ghia A/T dengan harga Rp 271 juta. Plus layanan Ford Platinum Care selama 3 tahun.

Image

Image

Image

Ngeliat interiornya udah kebayang ini mobil nyaman, sentuhan eropanya kentel banget di interiornya, tapi kenapa mesinnya gak dikasih 2000cc yah
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

semoga jangan2 ngikutin jejak nya ford lynx
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Re: Ford Focus yang menggoda

Post by observer »

jeremyray wrote:Ngeliat interiornya udah kebayang ini mobil nyaman, sentuhan eropanya kentel banget di interiornya, tapi kenapa mesinnya gak dikasih 2000cc yah
Ada kan varian 2.000cc yang hatchback, lebih cakep lagi dari sedan.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

liat iklan di tv mantap bgt ya....moga2 sih bisa laku sesuai penilaian thdp focus yg mantap....tapi kok hp nya kecil ya....sama spt tuntutan org thdp honda yg tenaganya kecil...honda jadi panas...keluar juga civic barunya...hahahahhaa
Image
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Ford Focus ini sekilas kalo diliat exterior dan interiornya lebih bagus dari ford linx. Focus kenceng juga larinya, tapi sayang spt halnya linx, untuk dipakai dalam kota/macet tidak nyaman, pernya keras banget. Lebih cocok kalo buat ngebut.

Di Taiwan, kualitas interior ford masih kalah dibandingkan interior buatan toyota (sama2 buatan Tiawan). Dari segi penjualan, Focus juga masih kalah dibandingkan altis, mazda 3 dan new lancer/evo.

Kalo gue disuruh pilih antara 5 sedan (altis, mazda 3, civic, lancer, focus), gue pilih:
1. Mazda 3 (paling top dan favorit)
2. Altis.
3. Focus.
4. Civic.
5. Lancer.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

Suspensinya keras? Sayang sekali yah padahal dari interiornya memberi kesan nyaman gitu mobilnya, di artikelnya ditulis suspensi belakang dengan teknologi control blade WRC, apa ini yang membuat keras yah?
Image
hrahadian
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sat May 07, 2005 14:48
Location: bandung

Post by hrahadian »

Altis sih bagus di powertrain doang,
handling sih payah.
Untuk orang indo, anehnya yang diliat pertama adalah hp dan torsi nya, yang lain belakangan.
padahal hp dan torsi tinggi tanpa handling yang bagus apa enak ya ....

Apa sebaiknya yang seimbang antara hp-torsi dan handling...
sering liat di cipularang, altis gak pada berani tuh di high speed.....

ford terkenal handling nya yang bagus
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

@bos jeremyray....kalo di wrc....yg jelas suspensi yg dipake adalh suspensi keras....suppaya pada kecepatan tinggi handlingnya bisa enak.....jadi tdk ada salahnya focus suspensinya keras. kalo focus pake suspensi empuk ntar nasibnya kayak camry yg enak di dalam kota, tapi giliran keluar kota/ lari kencang handlingnya langsung turun....
so pilih mana?? suspensi keras macam accord odys bmw, tapi handling mantap di kecepatan tinggi atau kebalikannya suspensi empuk enak pada kecepatan rendah...tergantung selera anda...

@bos hrahadian. jangan lupa altis lemah di suspensi belakang yaitu sistem torsion beam yg masih zaman kuno (selevel suspensi belakang starlet, soluna, vios, city yg sekarang)...jadi tidak heran kalo ada komentar altis limbung diajak manuver kecepatan tinggi...lantaran pantatnya susah diajak kompromi......maklumlah untuk kejar cost murah, yg penting kan menyandang nama corolla, jadi pasti laku.....hikhisksiss..
nasibnya sama dgn starlet, soluna,vios. city yg sekarang...
Image
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Kalau ngak salah new Civic 2006 juga pakai torsion beam di suspensi belakangnya untuk menekan cost. Tapi katanya handlingnya tetap baik??
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

balik lagi ke zamannya civic wonder....honda tdk kalah pinter lah utk urusan gituan dgn toyota....kelinci percobaan kan ada di new city yg skrg....ternyata tetap laku keras......ya diterusin aja proyeknya ke civic.....tdk ada salahnya toh...buktinya accord / odys tdk berani mereka pasangin torsion beam soalnnya kelasnya lbh tinggi...
padahal honda pelopor suspensi doublewishbone.

kalo suzuki dan mitsu blm coba ambil langkah ini...kita tggu saja apakah mereka juga mengambil langkah ini.....
Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Ford FOCUS gw liat sih secara kualitas memang bagus, apalagi handlingnya yg menurut para driver itu nomor satu. Ditambah lagi puluhan awards dari seluruh dunia. Itu memang sudah cukup untuk menyukseskan dan melancarkan penjualan Ford FOCUS.

Tapi sayangnya di tanah air spt biasa masalah Resale Value dan harga jualnya yang sangat berpengaruh suatu mobil bisa laku atau tidak. Dan belum lagi brand Ford yang kurang familiar serta dealer2nya yang masih dikit. Padahal mobilnya itu sendiri memang TOP banget. Kalo kemaren ini ada yang coba TEST DRIVE Ford FOCUS di BSM, Bandung pasti kagum dengan handling dan kualitas peredam serta material2nya. Materialnya terlihat lebih mewah dan mahal dibandingkan rival2 sekelasnya. U should test drive FOCUS !
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

saya ada coba duduk di kursi belakangnya....gak enak....terlalu tegak.......saya ada ngomong ama salesnya....pas kok jawabnya.....
Trus 2 hari kemudian gua baca majalah motortrend atau topgear....(lupa yg mana) hikhishsisi..s.s.s....ternyata hasil penilaian gua tdk salah......hasil test drivenya juga mengatakan kursi belakangnya gak enak alias terlalu tegak.....belum lagi sandaran kepala belakangnya juga gak enak.....jadi kayak robot deh posisi duduk gue.....

kalo utk feature gua acungin 2 jempol deh dibandingkan
altis civic lancer......mana ada mobil harga segitu ada feature dapet feature telescopic steering.....sy liat cuma ada di focus....dan control audio di steering.....mantap bener...
kalo material interior sih sama lah....full plastic utk jaman sekarng utk kelas yg sama.......
yg jelas ciri khas mobil eropa ada di focus dgn harga dibawah altis....jadi gak heran penghargaannya berjubel....
Image
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bung Handling, benar, kursi belakang ngak ergonomic ! NGak nyaman di dudukin ! Awkward ! Dan keras man ! joknya !

Ke Puncak pakai itu mobil, satu jam sudah mau pulang tidur di ranjang rumah ! Mana betah !

Sayang !
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Hmm, desain sih Focus ini udah bagus.... saya tanya temen2 juga kayanya bagus sih buat yg udah bosan sama Corolla and Civic....

Asal jgn jadi taksi aja kaya Lynx...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

@bos sithlord....hahhaa.aha....a.a.a.a...kalo gitu bagi yg setir sendiri its no big deal lah dgn focus....tapi kalo yg disopirin mesti mikir sampe jungkir balik buat beli focus....hahhaaha..

@bos wp.....wah jangan dijadiin taxi deh....lagian gak efektif ngeruk laba tinggi dgn mobil yg seharga 200jtan..hahahahahaa.a..a..a..a.
kalo utkbersaing dgn vios dan soluna sih kalah deh....kecuali ada trik khusus utk segmentasi pasar yg lebih middle to high class.....but still below silver bird
Image
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

handling wrote:@bos sithlord....hahhaa.aha....a.a.a.a...kalo gitu bagi yg setir sendiri its no big deal lah dgn focus....tapi kalo yg disopirin mesti mikir sampe jungkir balik buat beli focus....hahhaaha..

@bos wp.....wah jangan dijadiin taxi deh....lagian gak efektif ngeruk laba tinggi dgn mobil yg seharga 200jtan..hahahahahaa.a..a..a..a.
kalo utkbersaing dgn vios dan soluna sih kalah deh....kecuali ada trik khusus utk segmentasi pasar yg lebih middle to high class.....but still below silver bird
Mr. Handling, justru gue bilang ford focus hanya cocok buat orang yg doyan ngebut aja. Karena tidak hanya kursi belakang yg tegak dan keras, kursi depan baik penumpang maupun sopir semuanya sangat keras. Agak kasar bilangnya mereka design focus ini kayaknya tidak memperhitungkan segi ergonomis dari kursi2nya.

Gue bukan anti ford, yg jelas rugi besar kalo anda beli ford focus, karena akan membuat punggung dan pantat anda pegal2 trus dimanapun posisi duduk didlm mobil.

Jujur naik ford focus menghilangkan kenyamanan layaknya naik sedan. :(
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

@bos herry. lah lantas apa yg diharapkan dr focus ini dong.....kasian deh....
kalo tenaga sih tdk bisa diharapkan ....masih dibawah kompetitornya......yg paling mantaap adalah feature2yg ditawarkan ......
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah kasihan focus nih,jangan2 nasip nya kayak lynx lagi
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

moga2 sih bisa jalan....kasihan kan invest mahal2......memang pasar indo susah ditebak...
Image
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

handling wrote:moga2 sih bisa jalan....kasihan kan invest mahal2......memang pasar indo susah ditebak...
Susah kalo focus mau bersaing dgn yg lain macam the big 4 corolla, civic, lancer dan mazda. Bukan hanya di Indo, di Taiwan sini focus juga gak laku kog.

Feature emang lebih banyak dibanding kompetitor, tapi kalo gak nyaman makai apa artinya semua feature itu? Btw, ford gue rasanya handlingnya mantap. Cuman maybe bawaannya ford kali kalo semua bangkunya itu keras, spt Mr. Sithlord yg katanya kayak duduk dipapan hehehe...

Mulai dari escape, tierra, focus, semuanya kursinya keras. Kalo gue mending beli vios/city aja deh, murah, irit, dan masih dpt merasakan nyamannya naik sedan. Daripada naik focus yg kayak naik pelana kuda 8)
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
villanova_7th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Nov 14, 2004 4:16
Location: Near......

Post by villanova_7th »

Focus fitur2nya itu loh yang mantap abis,.. satu tingkat diatas semua kompetitornya. Handling bagus... cuma yah itu,.... Kenyamanan penumpang belakang,... tenaga mesin,... dan resale valuenya yang tanda tanya :)
TOYOTAMAN: The One You Ought To Avoid, Man!
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Masih baru kali jadi joknya masih keras, lama2 juga empuk sendiri hehehe :) Mudah2an ...
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Post by ruthndul »

mungkin joknya mesti ganti ala jok vespa yang pakai per + shock breaker lagi di bawah jok....

;-)
Silver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Aug 16, 2004 1:50

Post by Silver »

Memangnya sekeras apa joknya....jadi penasaran nih. Kalau memang keras ya ganti busanya + ganti premium leather....kan gak masalah, problem itu kan bisa diatasi.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

kalo mau cepet bikin lemes per nya dan bangkunya, cukup modalin 10ribu aja bawa ke ancol ikut festival 'mobil goyang' ditanggung pasti cepet lemes per dan bangkunya....hikhsiksiksss..s.ss.
Image