Mitsubishi Lancer SL

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

Guspur090114 wrote:Suhu2 sekalian,saya penasaran nih ama intermitten,apakah gambar dibawah ini relay intermittent atau relay buat apa itu?makasih
relay ini ada di mana om posisinya? kalo di dalam kabin, kemungkinan ini relay AC.
kalo ada di dalam ruang mesin, kemungkinan relay starter.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

sawa1985 wrote:Nyalanya redup om, saya coba tes saat mesin hidup, trus aki di copot. Tetap nyalany redup indikatorny. Kalo semua dinyalain, indikatorny nyala terang.
Berarti ga beres altenatorny ya? Oke deh om marmut, terimakasih ats jawabanny...
coba periksa alternator aja om. kemungkinan karbonnya yang sudah aus. biasanya sih itu. atau cut out.
harga karbon sekitar 70rb kali ya sekarang sepasang.
kalo cut out sekitar 200rb...
jasa servis alternator sektiar 50-100rb...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
NewSL86
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Feb 26, 2014 3:00

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by NewSL86 »

permisi suhu mau tanya kampas belakang New SL 86 itu bisa di subtitusi sama mobil apa ya, rem tangan new sl ane ga pakem.
baru dapet juga soalnya mau di perbaiki lagi lancernya..
lancer 86 versi Hatchback itu termasuk SL juga kan ya
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

NewSL86 wrote:permisi suhu mau tanya kampas belakang New SL 86 itu bisa di subtitusi sama mobil apa ya, rem tangan new sl ane ga pakem.
baru dapet juga soalnya mau di perbaiki lagi lancernya..
lancer 86 versi Hatchback itu termasuk SL juga kan ya
lancer 86 bukan termasuk SL om. itu sudah generasi berikutnya.
lokasi om di mana? sudah cari di pusat onderdil mobil?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
NewSL86
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Feb 26, 2014 3:00

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by NewSL86 »

maskopat wrote:
NewSL86 wrote:permisi suhu mau tanya kampas belakang New SL 86 itu bisa di subtitusi sama mobil apa ya, rem tangan new sl ane ga pakem.
baru dapet juga soalnya mau di perbaiki lagi lancernya..
lancer 86 versi Hatchback itu termasuk SL juga kan ya
lancer 86 bukan termasuk SL om. itu sudah generasi berikutnya.
lokasi om di mana? sudah cari di pusat onderdil mobil?
oh kirain Type SL tapi yang hatchback soalnya kode mseinnya 4G33..itu udah termasuk lancer ya bukan SL lagi, atau ada nama laennya yang spedonya digital..
lokasi tangerang sih om cuman ga tau aja bisa di subtitusi pake mobil apaan
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

NewSL86 wrote:
maskopat wrote:
NewSL86 wrote:permisi suhu mau tanya kampas belakang New SL 86 itu bisa di subtitusi sama mobil apa ya, rem tangan new sl ane ga pakem.
baru dapet juga soalnya mau di perbaiki lagi lancernya..
lancer 86 versi Hatchback itu termasuk SL juga kan ya
lancer 86 bukan termasuk SL om. itu sudah generasi berikutnya.
lokasi om di mana? sudah cari di pusat onderdil mobil?
oh kirain Type SL tapi yang hatchback soalnya kode mseinnya 4G33..itu udah termasuk lancer ya bukan SL lagi, atau ada nama laennya yang spedonya digital..
lokasi tangerang sih om cuman ga tau aja bisa di subtitusi pake mobil apaan
emang lancer om... itu 1 generasi setelah SL...

hm... kalo gak keberatan, coba maen ke Atrium Senen, Sawah Besar, atau Duta Mas Fatmawati. cari toko onderdil mitsu.. harusnya sih masih banyak om..
kalo subsitusinya, ane kurang tahu
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
herd1n
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Feb 03, 2014 12:05

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by herd1n »

*[Suhu2 sekalian,saya penasaran nih ama intermitten,apakah gambar dibawah ini relay intermittent atau relay buat apa itu?makasih]*


"kalo di sl ane posisi relay intermiten/interval wiper berada di kiri depan samping accu ada kotak hitam lebih besar dari relay stater, isi dari kotak relay tsb adalah komponen relay yg bikin wiper parkir kembali pada posisinya*alias gak parkir sembarangan...problem wiper ter atasi setelah di cek ada solderan yg lepas....semoga membantu :big_grin:
IMG02094-20140226-1119.jpg
IMG02095-20140226-1119.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

maskopat wrote:
Guspur090114 wrote:Suhu2 sekalian,saya penasaran nih ama intermitten,apakah gambar dibawah ini relay intermittent atau relay buat apa itu?makasih
relay ini ada di mana om posisinya? kalo di dalam kabin, kemungkinan ini relay AC.
kalo ada di dalam ruang mesin, kemungkinan relay starter.
Letaknya di ruang mesin kiri deket dinamo wiper,ternyata ini relay magnetic clutch AC om,kmrn sempet bongkar dan bersihin(parah bgt rontokan bekas kontaknya),pas dipasang lg pernya kurang presisi ato mgkn wktnya ganti relay,jd klo nyalain ac skrg nyala blower doank,relay ini di ketok baru bisa nyala acnya,hehe..maklum belajar ngoprek om..
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

herd1n wrote:*[Suhu2 sekalian,saya penasaran nih ama intermitten,apakah gambar dibawah ini relay intermittent atau relay buat apa itu?makasih]*


"kalo di sl ane posisi relay intermiten/interval wiper berada di kiri depan samping accu ada kotak hitam lebih besar dari relay stater, isi dari kotak relay tsb adalah komponen relay yg bikin wiper parkir kembali pada posisinya*alias gak parkir sembarangan...problem wiper ter atasi setelah di cek ada solderan yg lepas....semoga membantu :big_grin:
IMG02094-20140226-1119.jpg
IMG02095-20140226-1119.jpg
Makasih sharenya om herdin,bsk coba saya pelototin dmn letak modul intermitentnya,soalnya di sl saya g ada tuh di deket aki,mungkin udah pindah tempat ato malah dicopot
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

Ternyata modul intermitent/interval wiper seperti gambar om herdin di SL saya udah g ada x_x,,btw bisa disusi2 pke punya apa ya om2 sekalian?
herd1n
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Feb 03, 2014 12:05

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by herd1n »

Posisinya relay intermiten punya sy masih bawaan SL83,soket nya 6kaki,letaknya di belakang accu nempel di sudut head lamp,..intermitennya ter koneksi dengan tahanan ground semprotan air wiper,(warna kabelnya hitam garis kuning)untuk pengaturan ke motor wipernya warna hijau strip biru,..sayang tidak sy abadikan ketika bongkar swit pengatur parkirnya wiper yg berada di gigi plastik (pada motor/dinamo wiper)...info: relay intermiten ini pararel dengan kontak wiper low dan hi..tapi walau pun relaynya di cabut wiper low dan hi tetap bekerja(cuman suka berenti sembarangan) koreksi deh om2 yg lebih tau..sy ngopreks sendiri untuk seluruh bagian Sl sy,..semoga membantu aja om...
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

herd1n wrote:Posisinya relay intermiten punya sy masih bawaan SL83,soket nya 6kaki,letaknya di belakang accu nempel di sudut head lamp,..intermitennya ter koneksi dengan tahanan ground semprotan air wiper,(warna kabelnya hitam garis kuning)untuk pengaturan ke motor wipernya warna hijau strip biru,..sayang tidak sy abadikan ketika bongkar swit pengatur parkirnya wiper yg berada di gigi plastik (pada motor/dinamo wiper)...info: relay intermiten ini pararel dengan kontak wiper low dan hi..tapi walau pun relaynya di cabut wiper low dan hi tetap bekerja(cuman suka berenti sembarangan) koreksi deh om2 yg lebih tau..sy ngopreks sendiri untuk seluruh bagian Sl sy,..semoga membantu aja om...
Thanks For Sharing om herdin,kmrn saya cari2 kaga nemu modulnya,jd kepikiran buat bikin modul sendiri,cuma kabel2 SL saya banyak yg dipotong,kayaknya harus diurut dl dr switch setir soalnya wiper bisa d posisi Hi doank...hehe
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

Sodara2 seSL pada kemana nih,hehe...semoga SLnya pada sehat semua..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

hadiiiirr....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

maskopat wrote:hadiiiirr....
Wellcome home om kopat :D
spotmatic
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Jan 06, 2014 4:37

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by spotmatic »

marmut wrote:untuk mastiin ring piston masih bagus apa enggak ya mau nggak mau harus dibongkar dulu mesinnya.
tapi ada cara lain tanpa bongkar mesin, bisa cek pressure tiap silinder pakai pressure gauge. kalau tes tertera 8,5 bar (sekitar 125 psi) di tiap silinder, artinya masih bagus. dan angka segitu adalah minimal. kalau dibawah 8 bar, artinya ada yang nggak bener, entah ring piston sudah waktunya ganti, atau ada kebocoran di klep, atau dinding silinder sudah "ngantong".
cara ke dua, sewaktu cylinder head sudah diangkat (turun setengah mesin), posisikan piston di TDC trus digoyang depan-belakang searah dengan posisi mesin (kalau kita berdiri di sebelah spakbor, goyangnya kiri-kanan). kalau piston nggak goyang, kemungkinan besar ring piston masih sehat.

bunyi dari rem itu saat idle atau saat pedal rem diinjek? kalau saat idle ada bunyi, bisa jadi ada kebocoran. mungkin dari selang vakum rem yang sudah getas atau sobek. atau bisa jadi klem selang vakum kendor. biasanya mesin juga agak pincang saat idle. kalau bunyi angin saat diinjek pedal remnya, mungkin karet diafragma yang di dalem booster rem sudah sobek.
kalau booster-nya bisa dibuka, bisa dicari karet diafragma yang sama persis. biayanya lebih murah ketimbang beli booster rem baru.

masalah spare part, terserah oom spot aja mau cari sendiri atau mempercayakan ke bengkel. kalau saya boleh saran, ada baiknya kita sebagai pemilik mobil tau harga pasaran spare part mulai dari yang asli sampai yang KW. dan lebih enak lagi kalau kita punya toko langganan yang bisa dipercaya.
masalah ring piston coba bilang ke orang bengkel biar di tes dulu kali ya om
untuk bunyi rem mendesis itu setelah rem d'lepas om, perlu d'teken lg dikit baru bunyi'nya ilang
kira2 org bengkel mau ga ya kalo cek karet'nya dulu? ato mereka lebih prefer ganti sekalian? hhehe
niat'nya mo saya bongkar sendiri d'bantu ama temen yg mantan montir jg, tp kata dia bongkar booster rada susah

akhir'nya dikasi list utk rencana penggantian ring piston + booster kit 3jt'an lebih dikit
:big_childish:
utk si booster kit'nya 475k, mau'nya sih nyari sendiri, tp belon ada waktu, d'kasi tau buat nyari ke banceuy
itu tergolong standar ato mahal ya om?

===
maskopat wrote: kalo keluar asap putih, emang kemungkinan dari bagian ruang bakar sih om. bisa jadi ada baret di silinder, atau karena ring2nya dah masalah. oh ya, ada 3 ring.
1 kompresi,
2 second compression ring
3 ring untuk nahan oli masuk ruang bakar.
nah, asap putih muncul karena oli ikut kebakar ketika terjadi combustion (apa ya istilahnya?)

klep bisa jadi sudah bocor sehingga oli dari klep turun ke ruang bakar. bisa diperiksa apakah ada kerak hitam di cylinder head. buka aja tutup oli, ada kerak2 hitam apa gak.

spooring sih gak susah ya, biaya sekitar 60rb - 150rb bergantung mesin yang digunakan si bengkel.

kalo body keropos, bagusnya sih sekalian cat ulang 1 body, tapi biayanya jadi mahal. ngelas dan cat 1 body mungkin paling murah sekarang 7jt kali ya. mending di ganti plat yang keropos dulu trus dicat sedikit yang dilas biar gak karatan lagi.
itu kerak item d'liat d'tutup oli'nya omkopat?
cat atu body 7 jt + nambel ya? pengen sekalian sih biar ga usah belang2
:big_childish:
tp drpd makin keropos mending didahuluin ya om


===


baru abis ganti wiper
mo benerin handle kata'nya dr supplier si bengkel gada stok, di suru ke tempat custom
mo benerin central lock jg belon sempet
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

masalah ring piston, mekanik harusnya dengan teliti meriksa dulu. nggak asal ngejeplak "ini ganti itu ganti". kalau mekaniknya nggak ngerti begimana cara periksa ring piston, entah dengan cara piston digoyang pake tangan ataupun menggunakan pressure tester, jangan ngaku mekanik. suruh dagang es goyobod aja....
kalau piston sudah keburu dibongkar, coba iseng diraba sisi ring pistonnya. kalau sisi ringnya tajam kaya pisau bisa dipastikan ring piston musti ganti.
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

Om2 sekalian apa benar penyakit SL tuh di kolong setir suka panas berlebih karna panas knalpot?soalnya sl saya td panas bgt d kolong setir ampe kaki berasa gosong,AC jg jd panas..ada solusi buat ngatasin panas mesin gak om2?apa benar knalpot freeflow bs ngurangin panas mesin?makasih sebelumnya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

Coba di dek bagian supir dibawah karpet dasar, mulai dari firewall sampai ke bagian kaki dikasih glasswool (maap kalo tulisannya salah) peredam panas yang warnanya abu-abu. Ketebalannya macem-macem, tergantung kebutuhan.
Untuk di ruang mesin, bisa pasang peredam panas yang berbahan busa berlapis almunium foil. Bisa dipasang di balik kap mesin dan area firewall.
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

marmut wrote:Coba di dek bagian supir dibawah karpet dasar, mulai dari firewall sampai ke bagian kaki dikasih glasswool (maap kalo tulisannya salah) peredam panas yang warnanya abu-abu. Ketebalannya macem-macem, tergantung kebutuhan.
Untuk di ruang mesin, bisa pasang peredam panas yang berbahan busa berlapis almunium foil. Bisa dipasang di balik kap mesin dan area firewall.
Wah di bawah karpet dasar g ada peredamnya om,mgkn itu kali ya yg bikin panas..trus pas di cek knalpot deket gearbox ada yg nempel bodi om..makasih bantuannya om marmut
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

Untunglah cepet ketauan. Kalo enggak selangkangan bisa ikut overheat, fatal akibatnya.....
CECEP
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Jul 30, 2004 4:18
Location: jakarta

Gigi Satu Bergetar

Post by CECEP »

para master SL, mau tanya kalo dari diam dan mau gerak pake gigi satu terasa berat malah mobil bergetar, untuk mengurangi getar ane biasanya tahan kopling setengah, hal ini lebih terasa kalau menggunkan AC, tapi kalau udah jalan ngga ada gejala bergetar. Kenapa sebabnya ya, masalah kopling atau join kopel atau yang lain..?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Gigi Satu Bergetar

Post by maskopat »

CECEP wrote:para master SL, mau tanya kalo dari diam dan mau gerak pake gigi satu terasa berat malah mobil bergetar, untuk mengurangi getar ane biasanya tahan kopling setengah, hal ini lebih terasa kalau menggunkan AC, tapi kalau udah jalan ngga ada gejala bergetar. Kenapa sebabnya ya, masalah kopling atau join kopel atau yang lain..?
kalo lagi stasioner dan di gigi 2, 3, 4 dan 5 gak masalah?
getarnya kayak mana om? apakah seperti mesin mau mati? atau getar goyang2 aja?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
CECEP
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Jul 30, 2004 4:18
Location: jakarta

Re: Gigi Satu Bergetar

Post by CECEP »

maskopat wrote:
CECEP wrote:para master SL, mau tanya kalo dari diam dan mau gerak pake gigi satu terasa berat malah mobil bergetar, untuk mengurangi getar ane biasanya tahan kopling setengah, hal ini lebih terasa kalau menggunkan AC, tapi kalau udah jalan ngga ada gejala bergetar. Kenapa sebabnya ya, masalah kopling atau join kopel atau yang lain..?
kalo lagi stasioner dan di gigi 2, 3, 4 dan 5 gak masalah?
getarnya kayak mana om? apakah seperti mesin mau mati? atau getar goyang2 aja?
getar mesin sampe body sampe terasa ke penumpang, mesin mau mati kalo ngga injek kopling, dan mobil berat sekali mau gerak, kalo mau gerak rpm harus cukup tinggi dan kopling harus slip.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Gigi Satu Bergetar

Post by maskopat »

CECEP wrote:
maskopat wrote:
CECEP wrote:para master SL, mau tanya kalo dari diam dan mau gerak pake gigi satu terasa berat malah mobil bergetar, untuk mengurangi getar ane biasanya tahan kopling setengah, hal ini lebih terasa kalau menggunkan AC, tapi kalau udah jalan ngga ada gejala bergetar. Kenapa sebabnya ya, masalah kopling atau join kopel atau yang lain..?
kalo lagi stasioner dan di gigi 2, 3, 4 dan 5 gak masalah?
getarnya kayak mana om? apakah seperti mesin mau mati? atau getar goyang2 aja?
getar mesin sampe body sampe terasa ke penumpang, mesin mau mati kalo ngga injek kopling, dan mobil berat sekali mau gerak, kalo mau gerak rpm harus cukup tinggi dan kopling harus slip.
hm... dugaan ane ini masalah di mesin belum mencapai suhu kerja optimal kalo mau jalan... kondisi tempratur mesin gimana?
cek apakah masih menggunakan termostat atau gak. kalo gak, usahakan pake termostat. termostat menjamin suhu mesin yang stabil.
setelah itu tune up. periksa saluran bahan bakar dan pengapian. cek juga busi2, platina (kalo masih pake) apakah masih bekerja baik atau gak.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green