marmut wrote:untuk mastiin ring piston masih bagus apa enggak ya mau nggak mau harus dibongkar dulu mesinnya.
tapi ada cara lain tanpa bongkar mesin, bisa cek pressure tiap silinder pakai pressure gauge. kalau tes tertera 8,5 bar (sekitar 125 psi) di tiap silinder, artinya masih bagus. dan angka segitu adalah minimal. kalau dibawah 8 bar, artinya ada yang nggak bener, entah ring piston sudah waktunya ganti, atau ada kebocoran di klep, atau dinding silinder sudah "ngantong".
cara ke dua, sewaktu cylinder head sudah diangkat (turun setengah mesin), posisikan piston di TDC trus digoyang depan-belakang searah dengan posisi mesin (kalau kita berdiri di sebelah spakbor, goyangnya kiri-kanan). kalau piston nggak goyang, kemungkinan besar ring piston masih sehat.
bunyi dari rem itu saat idle atau saat pedal rem diinjek? kalau saat idle ada bunyi, bisa jadi ada kebocoran. mungkin dari selang vakum rem yang sudah getas atau sobek. atau bisa jadi klem selang vakum kendor. biasanya mesin juga agak pincang saat idle. kalau bunyi angin saat diinjek pedal remnya, mungkin karet diafragma yang di dalem booster rem sudah sobek.
kalau booster-nya bisa dibuka, bisa dicari karet diafragma yang sama persis. biayanya lebih murah ketimbang beli booster rem baru.
masalah spare part, terserah oom spot aja mau cari sendiri atau mempercayakan ke bengkel. kalau saya boleh saran, ada baiknya kita sebagai pemilik mobil tau harga pasaran spare part mulai dari yang asli sampai yang KW. dan lebih enak lagi kalau kita punya toko langganan yang bisa dipercaya.
masalah ring piston coba bilang ke orang bengkel biar di tes dulu kali ya om
untuk bunyi rem mendesis itu setelah rem d'lepas om, perlu d'teken lg dikit baru bunyi'nya ilang
kira2 org bengkel mau ga ya kalo cek karet'nya dulu? ato mereka lebih prefer ganti sekalian? hhehe
niat'nya mo saya bongkar sendiri d'bantu ama temen yg mantan montir jg, tp kata dia bongkar booster rada susah
akhir'nya dikasi list utk rencana penggantian ring piston + booster kit 3jt'an lebih dikit
utk si booster kit'nya 475k, mau'nya sih nyari sendiri, tp belon ada waktu, d'kasi tau buat nyari ke banceuy
itu tergolong standar ato mahal ya om?
===
maskopat wrote:
kalo keluar asap putih, emang kemungkinan dari bagian ruang bakar sih om. bisa jadi ada baret di silinder, atau karena ring2nya dah masalah. oh ya, ada 3 ring.
1 kompresi,
2 second compression ring
3 ring untuk nahan oli masuk ruang bakar.
nah, asap putih muncul karena oli ikut kebakar ketika terjadi combustion (apa ya istilahnya?)
klep bisa jadi sudah bocor sehingga oli dari klep turun ke ruang bakar. bisa diperiksa apakah ada kerak hitam di cylinder head. buka aja tutup oli, ada kerak2 hitam apa gak.
spooring sih gak susah ya, biaya sekitar 60rb - 150rb bergantung mesin yang digunakan si bengkel.
kalo body keropos, bagusnya sih sekalian cat ulang 1 body, tapi biayanya jadi mahal. ngelas dan cat 1 body mungkin paling murah sekarang 7jt kali ya. mending di ganti plat yang keropos dulu trus dicat sedikit yang dilas biar gak karatan lagi.
itu kerak item d'liat d'tutup oli'nya omkopat?
cat atu body 7 jt + nambel ya? pengen sekalian sih biar ga usah belang2
tp drpd makin keropos mending didahuluin ya om
===
baru abis ganti wiper
mo benerin handle kata'nya dr supplier si bengkel gada stok, di suru ke tempat custom
mo benerin central lock jg belon sempet