Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ada yg pernah nglepas mika sein samping headlamp?
tolong jelasin dong step ngbongkar mika sein nya, ane kesulitan nglepasin sekrup bagian dalem.
mau ngelepas mika nya atau sekalian rumah sein nya?
terus terang ane belum pernah ngerjain dua-duanya.... tapi kalo ane lihat kayaknya buka head lamp dulu deh..
kita tunggu yang pengalaman aja ya om
iya om kopat, ane mau lepas semuanya mika sama rumah sein nya sekalian.
oke om tar ane mau coba2 buka dulu headlampnya sapa tau emang gitu jalannya.
tx om
Salam kenal untuk senior2 SL,ane baru punya SL taun 82.SL ane lg bermasalah sm kampas kopling..yg mau ane tanyain,apa kampas koplingnya sm seperti kampas koplingnya lancer glx??soalnya temen ane nawarin punya lancer glx.mohon pencerahannya senior2 SL..matur nuwun
selamat malam
waduh ketinggal jauh lama ga mampir mari
makasi sebelon'ny om marmut dan om kopat saran2'ny
sekedar share, karna si sl suka keluar asep putih
sl saya sementara rutin bersihin ruang bakar tiap bulan
tarikan sih kerasa sedikit lebih alus dan bertenaga
mungkin gitu yah istilahnya hhe
sekedar utk jaga si piston, biar ga makin parah kalopun ud kena
kebetulan ada yg bahas ban, lg kudu ganti ban jg hhe
untuk ring 15, ukuran 195/60 itu untuk standar dmn aj kan ya om?
skrg ini sih 185/65 utk depan, 195/50 utk blakang, bwaan sebelumnya
kebetulan jg ada yg bahas booster rem
saya jg niat ganti booster dalem waktu deket ini hhe
kira2 bosster'ny si sl ini pake apa ya om rekomendasinya
spotmatic wrote:selamat malam
waduh ketinggal jauh lama ga mampir mari
makasi sebelon'ny om marmut dan om kopat saran2'ny
sekedar share, karna si sl suka keluar asep putih
sl saya sementara rutin bersihin ruang bakar tiap bulan
tarikan sih kerasa sedikit lebih alus dan bertenaga
mungkin gitu yah istilahnya hhe
sekedar utk jaga si piston, biar ga makin parah kalopun ud kena
kebetulan ada yg bahas ban, lg kudu ganti ban jg hhe
untuk ring 15, ukuran 195/60 itu untuk standar dmn aj kan ya om?
skrg ini sih 185/65 utk depan, 195/50 utk blakang, bwaan sebelumnya
kebetulan jg ada yg bahas booster rem
saya jg niat ganti booster dalem waktu deket ini hhe
kira2 bosster'ny si sl ini pake apa ya om rekomendasinya
ukuran standar ban SL itu 165-S13. kalo gak salah ini maksudnya 165/80-13 atau setara dengan 185/70-13
kalo mau naik ke rim 15" pake 185/55-15 atau 195/55-15
4-5 tahun yang lalu booster dan master rem masih dijual di sentra onderdil atrium senen...
coba teleponin toko2 di url ini http://www.ktb.co.id/suku-cadang
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
@ spotmatic,
ini sekedar berbagi pengalaman aja, 2 tahun lalu saya sempet piara zebra pick up dengan kondisi mesin udah ngebul putih dari knalpot saat di gas. dugaan kuat dari ring piston udah loyo.
di suatu pagi yang cerah iseng saya semprot carb. cleaner dengan tujuan membersihkan karburator dan saluran intake. tebak apa yang terjadi? cairan pembersih karburator itu tersedot masuk melalui celah ring piston dan bercampur dengan oli mesin. ya, 1 kaleng penuh cairan pembersih karburator yang seharusnya terbuang lewat ujung knalpot malah nyampur dengan oli mesin.
saya cek oli mesin langsung berubah warna menjadi kecoklatan (coklat susu).
saya ambil kesimpulan, kalau ring piston sudah loyo atau bermasalah, harap dipikir ulang kalo mau semprot menyemprot. kecuali kalau membersihkan ruang bakarnya dengan cara angkat cylinder head.
okeh saya hubungin dulu yah toko'nya
terima kasih om kopat
@om marmut
ngeri amat om, berarti emang ada kebocoran yah itu?
untuk beberapa kali ini, nyemprot carbjet ga ada masalah sih
asep putih jg msh di duga2, antara si piston ato seal klep'nya
jd sembari nabung dan ngerapiin bagian yg lain, pilihannya itu dulu
nanti saya tanyain jg deh ama yg biasa bantuin ngurus si sl
moga masih aman2 aj hehe
makasi om marmut
untuk kasus zebra pick up saya, memang ada kebocoran. ring oli sudah nggak bisa menyekat dengan baik dan ring kompresi pun tampaknya mulai lemah. tapi kejadian ini bukannya nggak mungkin dialami mesin lain yang sudah berumur.
sekedar info, kalau mau karburator dan jalur intake bersih dari oli, selang hawa pernapasan oli yang dari mesin langsung dibuang ke udara bebas aja (nggak masuk ke filter udara lagi). resikonya ya pencemaran udara, tapi jalur intake dkk bersih selalu dari uap oli mesin.
kalau asap putih keluar terus menerus dari knalpot walaupun mesin dalam keadaan idle, sudah pasti ring piston. kalau keluar asapnya kadang-kadang atau hanya pada saat pedal gas diinjak, kemungkinan besar seal klep.
Salam kenal para suhu Lancer SL, saya baru dapet lancer sl hatchback 84, Kalau ada yang punya dan tau tentang ini mobil mohon dishare info tentang segala mobil ini..,karena saya sblmnya tdk prnah liat mbl ini, tp sprtinya hmpir sama dengan lancer sl.. saat ini sepertinya saya membutuhkan sparepart nya antara lain, bearing roda depan dan Fuel pump elektrik ( Rotax ) kl bs mhn info no tlpn toko yang menyediakan, atau ada yng punya pengalaman bs di ganti dngn punya mobil apa yg cucok ? Thanks
herd1n wrote:Posisinya relay intermiten punya sy masih bawaan SL83,soket nya 6kaki,letaknya di belakang accu nempel di sudut head lamp,..intermitennya ter koneksi dengan tahanan ground semprotan air wiper,(warna kabelnya hitam garis kuning)untuk pengaturan ke motor wipernya warna hijau strip biru,..sayang tidak sy abadikan ketika bongkar swit pengatur parkirnya wiper yg berada di gigi plastik (pada motor/dinamo wiper)...info: relay intermiten ini pararel dengan kontak wiper low dan hi..tapi walau pun relaynya di cabut wiper low dan hi tetap bekerja(cuman suka berenti sembarangan) koreksi deh om2 yg lebih tau..sy ngopreks sendiri untuk seluruh bagian Sl sy,..semoga membantu aja om...
Om. Di SL ane msh ada tuh relay nya. Trus sy pasang soketnya, ternyata masih berfungsi tp parkirnya masih sembarangan. Apa yg mesti dicek biar ga parkir sembarangan...
jiangxi wrote:Salam kenal para suhu Lancer SL, saya baru dapet lancer sl hatchback 84, Kalau ada yang punya dan tau tentang ini mobil mohon dishare info tentang segala mobil ini..,karena saya sblmnya tdk prnah liat mbl ini, tp sprtinya hmpir sama dengan lancer sl.. saat ini sepertinya saya membutuhkan sparepart nya antara lain, bearing roda depan dan Fuel pump elektrik ( Rotax ) kl bs mhn info no tlpn toko yang menyediakan, atau ada yng punya pengalaman bs di ganti dngn punya mobil apa yg cucok ? Thanks
lancer 84 hatchback sudah penggerak depan om. beda dg SL 82-83 yang masih penggerak belakang. tapi kalo mesin rasanya sama2 pake 4G33.
untuk toko spare part coba buka link ini http://www.ktb.co.id/suku-cadang
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
@om marmut
makasi om share'nya
untuk selang pernapasan'nya emang ga disambungin sih hhe
dan utk asesp putihnya jg, ga selalu keluar, kesimpulan awal sih emang seal klep
anjuran temen tp tetep dibersihin ruang bakar'nya bwat ngajaga si piston
ada yg pernah nglepas mika sein samping headlamp?
tolong jelasin dong step ngbongkar mika sein nya, ane kesulitan nglepasin sekrup bagian dalem.
mau ngelepas mika nya atau sekalian rumah sein nya?
terus terang ane belum pernah ngerjain dua-duanya.... tapi kalo ane lihat kayaknya buka head lamp dulu deh..
kita tunggu yang pengalaman aja ya om
alhamdulillah om lampu sein beserta rumahnya sdh selesai ganti om.
ternyata g usah lepas headlamp, cukup lepas baut di rumah sein dan satu baut di bagian atas yg nempel di fender
ane punya rencana mau nambah xtra fan, kira2 butuh berapa rupiah yah buat modalnya? trus fan nya pake dr mobil apaan?
koq sampe perlu extra fan om? SL ane sih alhamdulillah aman2 aja... fan bawaannya cukup mumpuni koq...
kalo emang mau nambah, pake fan apa aja sih bisa aja. mungkin pasangnya di depan radiator. tinggal pasang didudukan dan sambung kabel2nya. bagusnya dikasih switch jadi bisa mati dan hidupkan..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ane punya rencana mau nambah xtra fan, kira2 butuh berapa rupiah yah buat modalnya? trus fan nya pake dr mobil apaan?
koq sampe perlu extra fan om? SL ane sih alhamdulillah aman2 aja... fan bawaannya cukup mumpuni koq...
kalo emang mau nambah, pake fan apa aja sih bisa aja. mungkin pasangnya di depan radiator. tinggal pasang didudukan dan sambung kabel2nya. bagusnya dikasih switch jadi bisa mati dan hidupkan..
emang om selama ini sih g ada masalah sama fan sl ane tuh. cuma kalo waktu kena macet, jarum indikator temp tuh merangkak naiknya lebih cepet.
ane takut overheat apalagi ntar idulfitri mo di pake mudik jalur selatan.
oh pake mobil apa aja bisa toh, kalo ukurannya berarti menyesuaikan sama ruang yg ada di depan radiator yah om?
ane punya rencana mau nambah xtra fan, kira2 butuh berapa rupiah yah buat modalnya? trus fan nya pake dr mobil apaan?
koq sampe perlu extra fan om? SL ane sih alhamdulillah aman2 aja... fan bawaannya cukup mumpuni koq...
kalo emang mau nambah, pake fan apa aja sih bisa aja. mungkin pasangnya di depan radiator. tinggal pasang didudukan dan sambung kabel2nya. bagusnya dikasih switch jadi bisa mati dan hidupkan..
emang om selama ini sih g ada masalah sama fan sl ane tuh. cuma kalo waktu kena macet, jarum indikator temp tuh merangkak naiknya lebih cepet.
ane takut overheat apalagi ntar idulfitri mo di pake mudik jalur selatan.
oh pake mobil apa aja bisa toh, kalo ukurannya berarti menyesuaikan sama ruang yg ada di depan radiator yah om?
hmm... kurang tahu exstra fan apa yang cocok. biasanya lihat besar dan ketebalannya aja.
btw, masih pake termostat gak? kalo pake termostat jadi lebih stabil suhunya. idealnya suhu kerja SL posisi jarum di 1/3.
nah, kalo dah gak ada termostat, biasanya penunjuk jarumnya di garis cold. nanti kalo macet naik sampe 1/4 atau 1/3. kalo normal, lagi macet siang hari di jakarta gak lebih dari 1/2 sih.
sudah pake radiator coolant? lebih bagus pake radiator coolant daripada pake air biasa atau air distilasi.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
hendrra wrote:sl ane ga pake thermostat, coolant dan aer distilasi...cairannya cuma pake aer sumur.
pengennya sih tambah xtra fan dan ganti cairan radiator sama coolant biar tenang menghadapi kemacetan.
om kopat pake coolant apaan buat sl nya??
alangkah baiknya pasang thermostat dulu. kalau pasang electric fan tambahan pasti mumet harus mikir ukuran fan yang pas dengan ruangan, belum lagi kalau sampai overcooling, mesin bisa ngambek....
hendrra wrote:sl ane ga pake thermostat, coolant dan aer distilasi...cairannya cuma pake aer sumur.
pengennya sih tambah xtra fan dan ganti cairan radiator sama coolant biar tenang menghadapi kemacetan.
om kopat pake coolant apaan buat sl nya??
alangkah baiknya pasang thermostat dulu. kalau pasang electric fan tambahan pasti mumet harus mikir ukuran fan yang pas dengan ruangan, belum lagi kalau sampai overcooling, mesin bisa ngambek....
betul om...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
kecuali kipas manualnya dipensiunkan dan diganti dengan kipas elektrik, kalo kaya gitu saya dukung. dijamin beban mesin jadi berkurang alias tambah enteng. tapi thermostat wajib hukumnya, tetep harus ada.