Mitsubishi Lancer SL

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by montirangin »

waduh itu kelistrikan ada yg error.
User avatar
adhira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Jan 10, 2013 7:33

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by adhira »

herd1n wrote:@adhira: setelah di cek relay wipernya oke, coba cek konektor yg berada di dalam tutup gigi motor wipernya, disitu terdapat 2 conector yg berpungsi sebagai sensor manual(warna kabel dari soketnya hijau bintik merah dan hijau polos),conectornya pas berada pada posisi conect,pastikan juga pompa washer berfungsi, karena ini berhubungan dengan pompa washer,examp: sekali semprot washer,sekali menyapu wipernya secara otomatis,..
Sudah bisa om.. Cuma memang gerakannya agak lemah pas di Intermitten aja.
Beep if U C me on Blue SL 2467
slmaroon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by slmaroon »

montirangin wrote:waduh itu kelistrikan ada yg error.
Iya kyknya tuh om montirangin,ke rasa bngt klo ac on ama lampu on ndut2annya,,
User avatar
adhira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Jan 10, 2013 7:33

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by adhira »

Ane mo nanya ma suhu2 yg ada disini.
SL ane kl belok kiri tuh bunyi dengung, sm kl mundur juga sumbernya dr arah depan kanan. Waktu ganti kampas rem depan ketahuan kl cakramnya udah ga rata terutama bagian dalamnya. Apa itu penyebabnya? Ato dr lainnya kg balljoint. Soale pernah ganti tp yg kiri doang. Yg kanan msh bagus katanya.
Beep if U C me on Blue SL 2467
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

adhira wrote:Ane mo nanya ma suhu2 yg ada disini.
SL ane kl belok kiri tuh bunyi dengung, sm kl mundur juga sumbernya dr arah depan kanan. Waktu ganti kampas rem depan ketahuan kl cakramnya udah ga rata terutama bagian dalamnya. Apa itu penyebabnya? Ato dr lainnya kg balljoint. Soale pernah ganti tp yg kiri doang. Yg kanan msh bagus katanya.
kalo bedengung, coba cek bearing roda. caranya, dongkrak mobil dengan roda yang akan dicek terangkat, trus gerakan dengan menggoyangkan roda. bagian atas ditarik ke luar/dalam, bagian bawah didorong ke dalam/luar. kalo ada gerakan bebas walau sedikit aja, kemungkinan bearing ada yang rusak.

kalo ball joint, biasanya roda bergetar ketika melibas lobang. gejala ini juga sama kalo tie rod, pitman arm yang kena.

cara paling simpel coba ke bengkel spooring bisar sekalian diperiksa komponen kaki2..

kalo belok kiri berdengung, pada kecepatan berapa? setiap belok kiri selalu berdengung?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
adhira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Jan 10, 2013 7:33

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by adhira »

maskopat wrote:
adhira wrote:Ane mo nanya ma suhu2 yg ada disini.
SL ane kl belok kiri tuh bunyi dengung, sm kl mundur juga sumbernya dr arah depan kanan. Waktu ganti kampas rem depan ketahuan kl cakramnya udah ga rata terutama bagian dalamnya. Apa itu penyebabnya? Ato dr lainnya kg balljoint. Soale pernah ganti tp yg kiri doang. Yg kanan msh bagus katanya.
kalo bedengung, coba cek bearing roda. caranya, dongkrak mobil dengan roda yang akan dicek terangkat, trus gerakan dengan menggoyangkan roda. bagian atas ditarik ke luar/dalam, bagian bawah didorong ke dalam/luar. kalo ada gerakan bebas walau sedikit aja, kemungkinan bearing ada yang rusak.

kalo ball joint, biasanya roda bergetar ketika melibas lobang. gejala ini juga sama kalo tie rod, pitman arm yang kena.

cara paling simpel coba ke bengkel spooring bisar sekalian diperiksa komponen kaki2..

kalo belok kiri berdengung, pada kecepatan berapa? setiap belok kiri selalu berdengung?
Setiap belok kiri om. Kl yg sempet dengerin sih kecepatan kurang dr 30 kpj sih, beloknya juga yg belok tajam kl ga sih kaga bunyi.
Beep if U C me on Blue SL 2467
User avatar
adhira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Jan 10, 2013 7:33

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by adhira »

adhira wrote:Ane mo nanya ma suhu2 yg ada disini.
SL ane kl belok kiri tuh bunyi dengung, sm kl mundur juga sumbernya dr arah depan kanan. Waktu ganti kampas rem depan ketahuan kl cakramnya udah ga rata terutama bagian dalamnya. Apa itu penyebabnya? Ato dr lainnya kg balljoint. Soale pernah ganti tp yg kiri doang. Yg kanan msh bagus katanya.
Update dari masalah ini... Kalo bunyi dengung ini terjadi waktu mobil baru jalan, tp kl udah jalan agak lama bunyi dengungan hilang.
Beep if U C me on Blue SL 2467
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

adhira wrote:
adhira wrote:Ane mo nanya ma suhu2 yg ada disini.
SL ane kl belok kiri tuh bunyi dengung, sm kl mundur juga sumbernya dr arah depan kanan. Waktu ganti kampas rem depan ketahuan kl cakramnya udah ga rata terutama bagian dalamnya. Apa itu penyebabnya? Ato dr lainnya kg balljoint. Soale pernah ganti tp yg kiri doang. Yg kanan msh bagus katanya.
Update dari masalah ini... Kalo bunyi dengung ini terjadi waktu mobil baru jalan, tp kl udah jalan agak lama bunyi dengungan hilang.
yang ane post kemarin sudah dicoba om? cek bearing.

stir gak getar kan kalo jalan lurus?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
bluesl
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Sep 02, 2009 4:46

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by bluesl »

adhira wrote:
adhira wrote:Ane mo nanya ma suhu2 yg ada disini.
SL ane kl belok kiri tuh bunyi dengung, sm kl mundur juga sumbernya dr arah depan kanan. Waktu ganti kampas rem depan ketahuan kl cakramnya udah ga rata terutama bagian dalamnya. Apa itu penyebabnya? Ato dr lainnya kg balljoint. Soale pernah ganti tp yg kiri doang. Yg kanan msh bagus katanya.
Update dari masalah ini... Kalo bunyi dengung ini terjadi waktu mobil baru jalan, tp kl udah jalan agak lama bunyi dengungan hilang.
Mungkin bunyi itu timbul dari diskbrake yang karatan bersentuhan dengan kampas diskbrake... coba semprotkan sedikit WD di diskbrake kanan depan
User avatar
adhira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Jan 10, 2013 7:33

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by adhira »

Update dari masalah ini... Kalo bunyi dengung ini terjadi waktu mobil baru jalan, tp kl udah jalan agak lama bunyi dengungan hilang.[/quote]
yang ane post kemarin sudah dicoba om? cek bearing.

stir gak getar kan kalo jalan lurus?[/quote]
Belum sempat om, besok sabtu mungkin. Kl lurus ga masalah om, ga getar. Trimakasih.
Beep if U C me on Blue SL 2467
User avatar
adhira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Jan 10, 2013 7:33

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by adhira »

bluesl wrote:
adhira wrote:
adhira wrote:Ane mo nanya ma suhu2 yg ada disini.
SL ane kl belok kiri tuh bunyi dengung, sm kl mundur juga sumbernya dr arah depan kanan. Waktu ganti kampas rem depan ketahuan kl cakramnya udah ga rata terutama bagian dalamnya. Apa itu penyebabnya? Ato dr lainnya kg balljoint. Soale pernah ganti tp yg kiri doang. Yg kanan msh bagus katanya.
Update dari masalah ini... Kalo bunyi dengung ini terjadi waktu mobil baru jalan, tp kl udah jalan agak lama bunyi dengungan hilang.
Mungkin bunyi itu timbul dari diskbrake yang karatan bersentuhan dengan kampas diskbrake... coba semprotkan sedikit WD di diskbrake kanan depan
Memang cakramnya baret dalam disebelah dalamnya om.. Kl dibubut takut malah ga bener.. Mau ganti msh antri anggarannya...:D
Beep if U C me on Blue SL 2467
bluesl
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Sep 02, 2009 4:46

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by bluesl »

Met pagi rekan - rekan modcom,
Minta infonya,- ukuran standar celah klep mesin lancer Sl berapa untuk In dan Ex nya ?
- Ukutan standar untuk pilot dan main jet spuyer karburator berpa ?

Thanks..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

bluesl wrote:Met pagi rekan - rekan modcom,
Minta infonya,- ukuran standar celah klep mesin lancer Sl berapa untuk In dan Ex nya ?
- Ukutan standar untuk pilot dan main jet spuyer karburator berpa ?

Thanks..
coba search di google 4G33 Engine Manual. ane barusan download.

http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q= ... 9129,d.c2E

coba url di atas.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
bluesl
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Sep 02, 2009 4:46

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by bluesl »

maskopat wrote:
bluesl wrote:Met pagi rekan - rekan modcom,
Minta infonya,- ukuran standar celah klep mesin lancer Sl berapa untuk In dan Ex nya ?
- Ukutan standar untuk pilot dan main jet spuyer karburator berpa ?

Thanks..
coba search di google 4G33 Engine Manual. ane barusan download.

http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q= ... 9129,d.c2E

coba url di atas.
Terima kasih banyak atas infonya Om...:big_exellent: bisa buat iseng kalau ganti timing belt sendiri juga juga nih...tapi untuk ukuran standar pilot & mainjet spuyer karburator tidak ada di workshop manual yaa.. Om
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

nah maaf om. ane kurang tahu kalo ukuran spuyer. dulu pernah ganti di SL tapi ane lupa.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

@ bluesl, kalo mesin masih standar paling enak dicoba 1 per 1 mulai dari 95 s/d 115 (untuk primary barrel-nya) mana yang paling enak. Kalau secondary barrel 130 s/d 150 udah cukup.
Stelan klep, saran saya dibikin 20 (in) dan 30 (out) aja. Atau kalo mau lebih irit in-nya bikin 25.
utomo
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Sep 13, 2014 16:08

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by utomo »

selamat malam
mohon infonya om, harga tali hand brake lancer SL '81 kanan kiri berapa ya? dan dimana bisa order..posisi di Banjarmasin,,thanks infonya
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

apa kabar om mod sekalian lama juga tak mampir dimari hehe...Alhamdulillah sl saya aman cuma aki sering tekor aja hehe
bluesl
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Sep 02, 2009 4:46

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by bluesl »

marmut wrote:@ bluesl, kalo mesin masih standar paling enak dicoba 1 per 1 mulai dari 95 s/d 115 (untuk primary barrel-nya) mana yang paling enak. Kalau secondary barrel 130 s/d 150 udah cukup.
Stelan klep, saran saya dibikin 20 (in) dan 30 (out) aja. Atau kalo mau lebih irit in-nya bikin 25.
Thanks infonya Om...
Kemarin primary nya pakai 112 secondary 170 .., setelan klep in 0.10 Out 0.20 hasil pembakarannya bagus ditandai dengan warna busi yang merah bata.., tetapi untuk jalan datar OK tapi untuk nanjaknya loyo... , Aku ganti primary 115 secondary 170, setelan klep 0.15 out 0.20 hasil pembakaran ada karbonnya di busi ... untuk jalan datar OK tanjakan OK... , ntar mau coba setelan klep in & out nya 0.20.... / klep in 0.20 & out nya 0.30
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

Secara teori mesin 1400cc pake spuyer 115 kegedean, soalnya di peugeot 505 saya yg dulu (2000cc) pake spuyer 112 enak banget. Pun waktu masih pake renault 18 TL (1600cc) pake spuyer 108.
Sekalian gap busi dan platina (kalo masih pake platina) diperiksa. Btw stelan klep 10 sama 20 terlalu rapet oom, paling enak ya nyoba sendiri mana yang paling enak stelannya. Emang njengkelin banget, tapi giliran udah dapet yang pas rasa puasnya melebihi orgasme.....
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

Baru dapet pencerahan setelah perut terisi....

#1
Spuyer 112, in 10 out 20, datar ok, nanjak loyo, pembakaran ok.
#2
Spuyer 115, in 15 out 20, datar ok, nanjak ok, tapi ada karbon di busi.

Coba dengan stelan klep 15 (in) 20 (out) spuyernya ganti 112 dan lihat hasilnya begimana.... Dengan catatan jangan ngerubah stelan lainnya dulu (gap busi, gap platina, ignition timing, dan CO jangan dikutak katik).
bluesl
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Sep 02, 2009 4:46

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by bluesl »

marmut wrote:Baru dapet pencerahan setelah perut terisi....

#1
Spuyer 112, in 10 out 20, datar ok, nanjak loyo, pembakaran ok.
#2
Spuyer 115, in 15 out 20, datar ok, nanjak ok, tapi ada karbon di busi.

Coba dengan stelan klep 15 (in) 20 (out) spuyernya ganti 112 dan lihat hasilnya begimana.... Dengan catatan jangan ngerubah stelan lainnya dulu (gap busi, gap platina, ignition timing, dan CO jangan dikutak katik).
Sebagai tambahan Lancer Sl saya sudah pakai CDI lancer 86 . Kompresi mesin masih OK.., kompresinya masih dapat 170 psi.. sedangkan data pistonnya ovesize berapa saya tidak tahu..

Sebelum ganti Spuyer 115, in 15 out 20 .. saya sudah coba spuyer 112 klep 15 (in) 20 (out) hasilnya lebih loyo dari Spuyer 112, in 10 out 20 ...
Penasaran saja OM .... pingin cari kombinasi spuyer & setelan klep yang paling OK.
Untuk test pakai rute tanjakan panjang jalan tol dari arah Semarang - Bawen .
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

Wah, pake cdi pasti udah maknyus pengapiannya. Tinggal ignition coil dipindah lokasinya ke dalem kabin biar adem kena sembur hawa ac.
Kompresi 170psi pressure-nya? Tinggi banget? Berarti rasio kompresinya sekitar 12:1 dong....
Coba lokasinya deket, saya bantu stel klep sekalian ganti spuyer.
(jadi gemes ikutan penasaran)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

boleh tau CDI apa ya yang cocok untuk SL? ane pernah ditawarin CDI lancer 85. tp temen pake CDI yang seperti platina dipasang di rumah platina.

trus satu lagi, ada rekomendasi rotax (fuel pump) untuk SL? berasa brebet nih SL ane..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
bluesl
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Sep 02, 2009 4:46

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by bluesl »

marmut wrote:Wah, pake cdi pasti udah maknyus pengapiannya. Tinggal ignition coil dipindah lokasinya ke dalem kabin biar adem kena sembur hawa ac.
Kompresi 170psi pressure-nya? Tinggi banget? Berarti rasio kompresinya sekitar 12:1 dong....
Coba lokasinya deket, saya bantu stel klep sekalian ganti spuyer.
(jadi gemes ikutan penasaran)
Kompresinya 170 psi kategorinya normal (Bilangnya bengkel : tekanan Kompresi Mesin Bensin normal umumnya berkisar antara 140PSI-220PSI atau 9.5BAR-15BAR ) punya saya saat di bengkel test 3 silindernya 170 psi & 1 silindernya 165 psi.
Untuk rasio kompresinya Ane nga tau Om...
Sama Om :big_grin: ...saya juga penasaran pingin hasil setingnya businya warnanya merah bata & bertenaga di tanjakan...