Peugeot 505

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Kuncir72
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Fri Jul 18, 2008 10:22

Peugeot 505

Post by Kuncir72 »

mohon bantuan nih ada yang bisa mengasing gambaran tentang mobil ini ? speknya dan jua kenyamanannya ?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 505

Post by asudarsono »

Saya dulu pakai Pegeot 505 GR Paus 1986 dari tahun 1996 sampai 2002.
Dibanding semua mobil buatan sebelum 1990, cuma ada 2 pilihan bagus : Peugeot atau Mercy. Nah, diantara keduanya 505 yg lebih murah. Komunitas Peugeot kayaknya udah mengakar sih kalau di Jakarta. Jadi suku cadang aman dah. Bahkan menurut saya lebih aman dari beberapa merk lain, soalnya kalau merk lain tsb umur segini udah KW2 semua. Sobat karib saya cuma semprotan pembersih elektronik merk Philips. Begitu ada masalah listrik, tinggal semprot aja. Namanya mobil tua banyak oksidasinya.

Bensin premium, kalau mau gaya pakai pertamax sih boleh aja cuma gak pengaruh.

Top speed 160 kpj, tapi kepakai semua itu. Gak ada namanya melayang / getar. Ini termasuk mobil yang stabil. Sayangnya kalau belok kita kudu tenaga ekstra soalnya stirnya rada berat. Kalau tachometer mati, biarin aja, ntar sakit hati deh kalau upaya menghidupkannya.

Ini mobil ground clearancenya banyak amat deh. Nggak deh kalau kepentok2. Susahnya pernya panjang jadi kalau ganti ban, dongkraknya panjang sekali. Anti banjir. Aku pernah sampai ban kerendem semua juga masih jalan aja, cuma mesin jadi dingin banget deh, soalnya kerendem juga. Kasihannya ada Jimny ngikutin, ya mogoklah dia. Aku belon pernah ketemu 505 overheating.

Kalau mau fotokopi manual Haynes, aku ada. PM aja. Bisa do it yourself. Semua kerusakan ada kolom troubleshootingnya sendiri dan sangat akurat. Cuma sekali aku diminta special tool. Waktu itu kerusakan yg aku alami (6 tahun) :
a. pompa dan pipa power steering overhaul
b. kopling rusak, soalnya aku ngerem terlalu kuat, oli hidrauliknya masuk pipa kopling
c. Tuas lampu sein kebakar. Wah yang itu bikin aku jual, walau cuma ngasap tapi kok pas di depan hidung gitu.
d. Ganti karet krusible stir.
e. shockbreaker, arm dan laher roda.

Aku selama itu belum pernah tune up. Cuma ganti oli aja. Nah ini yang penting, soalnya hidrauliknya banyak, penggantian oli kudu tertib, kalau nggak ya jadinya kayak aku di atas.

Kalau kenyamanan sih semua juga udah tahu. AC juga rata2 dingin banget. Cuma kalau pernah copot dasboard nggak bener, pasti bunyi2 ria.
Ready to Race
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Peugeot 505

Post by gmx »

gw juga tertarik sama 505 nih, yang GTi
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 505

Post by asudarsono »

Tetangga gue lagi modif GTInya dari injection ke karburator GR. Katanya bisa lebih kenceng krn CPU injektor GTI kurang cepat responnya. Pokoknya kalau masuk Peugeot udah orgil semua dah.
Ready to Race
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Peugeot 505

Post by gmx »

spare part mahal ga bro.. kalo citroen BX 19 GTi bisa kasih review juga?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 505

Post by asudarsono »

Kalau untuk ukuran KW1 ya sparepartsnya murahlah dan berlimpah, walau saya dengar untuk bodyparts udah mulai susah (ini mobil udah umur 20 tahun, ya wajarlah). Saya bandingin ama parts mobil Jepang, kayaknya harganya mirip Honda (Mitsubishi sedan lebih mahal, Toyota sedan kadang2 lebih murah kadang2 sama). Yg kerasa mahal itu ongkos kerjanya. Dan kalau pas dapat bengkel yang nakal, jatuhnya perawatan lebih mahal dari beres.

Citroen BX 19 GTi? Kata orang ini mobil nyaman sekali untuk menunggu mobil derek. Kalau Citroen mending beli model yg setelah merger sama Peugeot. Model2 yg lama itu walau punya handling bagus tapi herannya susah diajak kenceng. Tetangga saya satu lagi punya Citroen 2CV, GS dan BX, tapi yg paling sering dipakai adalah yg 2CV. Nah, 2CV itu baru une supere belle voiture, sans dute. Kalau tampangnya kayak mobil kampung, ya emang ini mobil untuk pedesaan yang pertama dibuat 1949 (tahu khan 1949 jalan2nya kayak apa). Kalau mobil mewahnya Citroen sih, aku pilih Pallas bukan BX, semata2 karena sejarahnya sebagai mobil diktator (selain Grosser 500nya Top Gear). Yah sayangnya Pallas kalah dari Mercy 500 persis kayak 2CV kalah ama VW Kodok. Mungkin karena mobil Perancis terlalu kecil untuk orang Amerika?
Ready to Race
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 505

Post by asudarsono »

Tambahan (sori) : Kayaknya 2CV itu crossover pertama kali ya. VW 181 Safari baru mulai dibuat 1969. Kalau Mini mulai dibuat 1959
Ready to Race
User avatar
m0nster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Fri Oct 31, 2008 13:18
Location: cirebon

Re: Peugeot 505

Post by m0nster »

kalo mau peugeot 505 kata org jgn yg injek bro..soalx mobil setua itu injeknya srng bermasalah, mending yg 505GR/karbu, ni mobil terkenal bandel banget mesinnya, soal kenyamanan ok punya. untuk spare emang lebih mahal dikit tapi kan original bro.
User avatar
Kuncir72
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Fri Jul 18, 2008 10:22

Re: Peugeot 505

Post by Kuncir72 »

m0nster wrote:kalo mau peugeot 505 kata org jgn yg injek bro..soalx mobil setua itu injeknya srng bermasalah, mending yg 505GR/karbu, ni mobil terkenal bandel banget mesinnya, soal kenyamanan ok punya. untuk spare emang lebih mahal dikit tapi kan original bro.
yang bagus tahun berapa bro klo milih 505 GR karbu. Klo nyari onderdi KW1 diman donk ?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 505

Post by asudarsono »

505 GR atau 504 yg mana aja yg suka. Emang 505 GTI rada susah mobilnya. 505 GR yg paling penting karburator asli dan body part plastik (lampu belakang, sein, bumper) lengkap soalnya susah cari barunya.

Untuk onderdil cari di Jayapura Atrium Senin. Dia punya bengkel di Jl Kramat, bisa ditanya ke dianya.

Saya dengar sekarang onderdil dari Argentina mulai banyak, bahkan karet2 lokal juga banyak, tapi yg lokal2 gini aku belon pengalaman.
Ready to Race
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Peugeot 505

Post by gmx »

Kuncir72 wrote: yang bagus tahun berapa bro klo milih 505 GR karbu. Klo nyari onderdi KW1 diman donk ?
kayaknya untuk mobil yang mulai jarang seperti 505 ini, kita ngga leluasa untuk milih tahun berapa ya, seadanya nemu yg bagus ya itu aja..

btw, mau ganti mobil nih bro? kebonya mau dilepas? lagi banyak yg nyari lho...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Peugeot 505

Post by Risol1 »

505 karbu mending cari yg tahun nya agak muda misal 84-85an soalnya udah pake Power steering. Kalo yg lama2 dibawah 83 setirnya masih beraaatttt.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Peugeot 505

Post by gmx »

kalo FC 505 GTi dan 505 GR berapa ya, minta pencerahannya bos
User avatar
Kuncir72
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Fri Jul 18, 2008 10:22

Re: Peugeot 505

Post by Kuncir72 »

gmx wrote:
Kuncir72 wrote: yang bagus tahun berapa bro klo milih 505 GR karbu. Klo nyari onderdi KW1 diman donk ?
kayaknya untuk mobil yang mulai jarang seperti 505 ini, kita ngga leluasa untuk milih tahun berapa ya, seadanya nemu yg bagus ya itu aja..

btw, mau ganti mobil nih bro? kebonya mau dilepas? lagi banyak yg nyari lho...
mau dilepas berapa Bro ?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 505

Post by asudarsono »

gmx wrote:kalo FC 505 GTi dan 505 GR berapa ya, minta pencerahannya bos
FC 505 GR 1986 (Paus) full tank (70l) tiap 2 minggu, Pulogadung - Thamrin pp (24 km). Sori soalnya odometer mati. Ha ha ha

1:4 - 1:6 kali ya.
Ready to Race
User avatar
m0nster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Fri Oct 31, 2008 13:18
Location: cirebon

Re: Peugeot 505

Post by m0nster »

505GR th 84 keAtas dsamping dah pwrstering jg dah cetral lock, trus lampunya kotak panjang. kalo bbm luarkota mlm hr lenggang c bisa 1:10,1:11 ac lbih bnyak off. klo dlm kota +-1:7,1:8, untuk pmakaian halus g dibejek2x..
User avatar
Kuncir72
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Fri Jul 18, 2008 10:22

Re: Peugeot 505

Post by Kuncir72 »

m0nster wrote:505GR th 84 keAtas dsamping dah pwrstering jg dah cetral lock, trus lampunya kotak panjang. kalo bbm luarkota mlm hr lenggang c bisa 1:10,1:11 ac lbih bnyak off. klo dlm kota +-1:7,1:8, untuk pmakaian halus g dibejek2x..
Mas dalkotnya kondisi macet atau normal. apa mungkin kalbunya diganti ama kijaang. :big_slap: siapa tau bisa irit
User avatar
m0nster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Fri Oct 31, 2008 13:18
Location: cirebon

Re: Peugeot 505

Post by m0nster »

nggak macet total lah. ya mrayap gitu... ya kondisi lalin dlm kota bro, karbu msh originalnya, tp klo mau dignti pnya kijang jg bisa tinggal bikin dudukannya tp jgn lupa klepna direnggangin supaya msin g panas, ato klo mau diganti pake punya fiat dudukan sama persis, g ngrubah apa...apa.?.dan hasilnya jg oke...
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Peugeot 505

Post by gmx »

om, kalo 505 GR itu remnya disc atau drum yang depan dan belakang?
User avatar
hoho
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Mar 28, 2009 6:04

Re: Peugeot 505

Post by hoho »

Sekedar ikut rembug ...

peugeot 505 GR di indonesia mulai tahun 1981 - 1984 biasanya disebut GR Lama
menggunakan mesin XN1/XN1A 1971 cc 4 silinder segaris 1971 cc.
mesin mirip dengan peugeot 504 ( intakenya pendek )
bumper depan dan belakang kecil dari plastik.
dasboard kecil.
rem depan disc, rem belakang drum
transmisi manual 4 kecepatan + mundur atau automatic 3 kecepatan + mundur

peugeot 505 GR tahun 1984 - 1988 biasanya disebut PAUS
menggunakan mesin XN1/XN1A 1971 cc 4 silinder segaris 1971 cc, intake lebih panjang.
saringan udara warnanya abu-abu seperti panci.
bumper depan dan belakang panjang dari campuran karet dan serbuk kayu
bumper keras tapi lentur kalo cuma nabrak angkot sih nggak akan ada bekasnya
tapi dijamin angkotnya peot he he he, dasboardnya besar.
rem depan disc, rem belakang drum
transmisi manual 5 kecepatan + mundur atau automatic 3 kecepatan + mundur

peugeot 505 GTI
menggunakan mesin sudah menggunakan injeksi 2165 cc.
bumper lebih sporty. dasboard besar.
untuk kecepatan / accelerasi OK
tapi untuk masalah kelistrikan harus benar2 diperhatikan.
rem depan dan belakang sudah disc semuanya
transmisi manual 5 kecepatan + mundur atau automatic 4 kecepatan + mundur

saya juga pengguna baru peugeot 505 beberapa tahun ini...
saya pakai 505 GR tahun 1981 selama ini belum ada permasalahan yg berarti.
saya pilih GR (bukan GTI) karena lebih mudah otak-atik nya
dan biaya pemeliharaan relatif lebih murah
( karena masih pake karbu jadi nggak pusing dengan sensor2 elektrik )
peugeot 505 untuk kenyamanan top dah.
mobil ini saya pakai khusus sabtu minggu dan perjalanan ke luar kota.
( sudah bolak - balik jakarta - solo beberapa kali )

kalo mau gabung ada groupnya di [email protected]

seneng juga ada bahasan tentang 505 ... maaf kalo ada yang salah, sekedar berbagi.

regard,
Hohok
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Peugeot 505

Post by asudarsono »

Kalau mau disk brake depan belakang, itu 504 generasi awal (importir Multi France). Kalau yg keluaran Astra setahu saya 504 dan 505 semua disk - tromol.
Ready to Race
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Peugeot 505

Post by gmx »

gw agak kurang sreg sih kalo bawa mobil pake rem drum, secara driving style yang aggresive..

asik nih ada om hoho jadi makin seru bahasannya.. pernah juga nyoba register milis itu, tapi perlu approval moderator ya
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Peugeot 505

Post by Risol1 »

dulu pernah punya 505GR thn 85 tapi bumper masih yg pendek dan dashboard jg masih yg kecil. Tapi udah Power steering sih.
User avatar
hoho
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Mar 28, 2009 6:04

Re: Peugeot 505

Post by hoho »

Kalo masalah rem masih drum ( bukan disk ) tergantung selera...
karena 505 GR standard walaupun 2000 cc tapi tenaga cuma 89 HP
bodynya juga berat
torsi maksimum juga di 6000 RPM ....
berarti memang accelerasinya agak bolot.
Jadi sebenernya dari pengalaman saya rem tersebut sudah cukup memadai.

untuk gabung ke milis memang belakangan ini perlu aproval dari moderator ... tapi mereka wellcome koq ...
kalo 505GR tahun 85 kadang ada yang disebut PAUS Banci.
karena bumper udah kayak paus ( panjang dan keras ) tapi dasboard kecil ( masih kayak 505 lama )
semua seri 505 sudah pake power stering koq
tapi kalo dasboard kecil biasanya belom power window.
bayu_prasetyo
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Mar 30, 2009 8:50

Re: Peugeot 505

Post by bayu_prasetyo »

asudarsono wrote:505 GR atau 504 yg mana aja yg suka. Emang 505 GTI rada susah mobilnya. 505 GR yg paling penting karburator asli dan body part plastik (lampu belakang, sein, bumper) lengkap soalnya susah cari barunya.

Untuk onderdil cari di Jayapura Atrium Senin. Dia punya bengkel di Jl Kramat, bisa ditanya ke dianya.

Saya dengar sekarang onderdil dari Argentina mulai banyak, bahkan karet2 lokal juga banyak, tapi yg lokal2 gini aku belon pengalaman.

Ngomong2 soal body part, kemaren lis bodi yg dari karet yg di bagian bawah pintu belakang sisi kiri si Paus 86 tercinta copot dan ilang... :frm_bang_head:

Bro dan sis, ada yang tau dimana mesti beli part itu ya? atau ada yg mau jual?

Tolong dong....... :thanks: