Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by pichuchu »

kepikiran nih mau pasang dastek q+, extender di fortuner saya...
byk yang bilang bagus.. nambah HPnya lumayan...

tapi kok banyak juga dijual lagi ya? kya pada dibilang baru pake 1 tahun bahkan ada yg cuma beberapa bulan

jadi penasaran, ada yg tau ga kekurangannya apa dari piggyback ini sampe pada dijual lagi padahal baru bentar pakenya?? :ungg:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by andy1800 »

@jesko
ic..thanks
Jd klo pada dasarnya ga ada yg potensial rusak, maka it's ok.

Kan ga jrg yg masalahnya tu ada di budget, tp ingin tambah HP signifikan. Jd hrs itung2 prioritas. Soalnya ubahan yg lain itu bukannya gak kecil ya biayanya? Kita misalkan 2jt lbh deh.

Misalnya cm punya budget 3.5jt.
Maka klo saya lbh baik prioritaskan pgback sj dl. Misal beli dastek atau ecu shop yg sgitu.
Dg asumsi:
Yg om jez dg sgala maximizing effort itu, total naik nya kan 28 HP. Nah klo pgback doang tanpa lain2 udah bs dpt naik 18 HP...udah berasa signifikan lah.

Jd ubahan pendukung lain itu bs prioritas berikutnya. Kpn2 klo dah punya duit lg, bs dilakukan.


Itu jika asumsinya masuk ya...klo ternyata ga masuk, ya ntar ane bs ubah mindset lg.

Gmana klo kayak gitu?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

pichuchu wrote:kepikiran nih mau pasang dastek q+, extender di fortuner saya...
byk yang bilang bagus.. nambah HPnya lumayan...

tapi kok banyak juga dijual lagi ya? kya pada dibilang baru pake 1 tahun bahkan ada yg cuma beberapa bulan

jadi penasaran, ada yg tau ga kekurangannya apa dari piggyback ini sampe pada dijual lagi padahal baru bentar pakenya?? :ungg:
Kalau di fortuner cocok lah pake dastek q+ dan extender. Kekurangan sih kl ane bilang gak ada, ane udah pake dari 5 tahun lalu sampe skrg dah pindah ke mobil ke 3 skrg. Dastek q itu kayaknya skrg satu2 nya piggyback harga segitu yg bisa masuk ke 95% mobil2 yg beredar di indonesia, sampe yg mesin V8 model cygnus pun bisa pake. Kalau soal dijual lagi yah ane gak ngerti kenapa, mungkin upgrade ke yg lebih advance, atau butuh uang, atau udah bosen main mesin. Untuk daya tahan piggyback ini pun bagus sekali, konon ada yg pake dari tahun 97, tapi model lama yah, terus tahun 2007 kerendam banjir semobil, semobil electric rusak, tapi dasteknya dipake ke mobil lain masih nyala.
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

pichuchu wrote:kepikiran nih mau pasang dastek q+, extender di fortuner saya...
byk yang bilang bagus.. nambah HPnya lumayan...

tapi kok banyak juga dijual lagi ya? kya pada dibilang baru pake 1 tahun bahkan ada yg cuma beberapa bulan

jadi penasaran, ada yg tau ga kekurangannya apa dari piggyback ini sampe pada dijual lagi padahal baru bentar pakenya?? :ungg:
Kadang ya faktor :
- Dikomporin toko / teman
- Faktor latahan

Spt "waa...pake ini ajaa...lebih oke niihh".......trus ikytan ganti

Padahal sebetulnya setiap piggyback yg tune-able bisa dioptimalkan, atau jika dirasa masih kurang bisa ditandem dgn piggyback lain, asal ngerti posisinya Hulu atau Hilir.

Percobaan saya terakhir menambah ground tambahan bagi modul tambahan Dastek aja efeknya terasa beda, Catatan : harus dilakukan teknisi Professional.
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by pichuchu »

htannis wrote: Kalau di fortuner cocok lah pake dastek q+ dan extender. Kekurangan sih kl ane bilang gak ada, ane udah pake dari 5 tahun lalu sampe skrg dah pindah ke mobil ke 3 skrg. Dastek q itu kayaknya skrg satu2 nya piggyback harga segitu yg bisa masuk ke 95% mobil2 yg beredar di indonesia, sampe yg mesin V8 model cygnus pun bisa pake. Kalau soal dijual lagi yah ane gak ngerti kenapa, mungkin upgrade ke yg lebih advance, atau butuh uang, atau udah bosen main mesin. Untuk daya tahan piggyback ini pun bagus sekali, konon ada yg pake dari tahun 97, tapi model lama yah, terus tahun 2007 kerendam banjir semobil, semobil electric rusak, tapi dasteknya dipake ke mobil lain masih nyala.
wah lama juga, berarti merk dastek tuh emank dah ada nama lah yah kasarannya..
mantap dehh :mky_02:
Turboman wrote: Percobaan saya terakhir menambah ground tambahan bagi modul tambahan Dastek aja efeknya terasa beda, Catatan : harus dilakukan teknisi Professional.
wihh apa nihhh... sepertinya menarik om turboman
hasil percobaannya jadi gmn nih klo boleh tau? :frm_tumbright:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

andy1800 wrote:@jesko
ic..thanks
Jd klo pada dasarnya ga ada yg potensial rusak, maka it's ok.

Kan ga jrg yg masalahnya tu ada di budget, tp ingin tambah HP signifikan. Jd hrs itung2 prioritas. Soalnya ubahan yg lain itu bukannya gak kecil ya biayanya? Kita misalkan 2jt lbh deh.

Misalnya cm punya budget 3.5jt.
Maka klo saya lbh baik prioritaskan pgback sj dl. Misal beli dastek atau ecu shop yg sgitu.
Dg asumsi:
Yg om jez dg sgala maximizing effort itu, total naik nya kan 28 HP. Nah klo pgback doang tanpa lain2 udah bs dpt naik 18 HP...udah berasa signifikan lah.

Jd ubahan pendukung lain itu bs prioritas berikutnya. Kpn2 klo dah punya duit lg, bs dilakukan.


Itu jika asumsinya masuk ya...klo ternyata ga masuk, ya ntar ane bs ubah mindset lg.

Gmana klo kayak gitu?
itu pemikiran yg valid dan workable masbro... memang gak masalah sih, pertama pasang piggyback di mesin dyno sambil re-mapping timing pengapian dan setting AFR... oke, lalu kapan2 kalok punya dana lagi barulah PnP / pasang hi performance cam, kemudian re-map timing pengapian dan AFR lagi di mesin dyno ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by pichuchu »

trus kan piggyback juga macem2 tuh, ada yang potong kabel ada yg engga
mau nanya nih sm master2, klo misalnya potong kabel bisa dibalikin normal lagi kan?
seperti ganti kabel atau sambung ulang mungkin?
tapi pasti berbekas jg yah abis dibalikin???
misalnya mobilnya mau djual lagih gtuh supaya standard ulang..
edb3cks
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Mon Feb 08, 2010 6:15

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by edb3cks »

pichuchu wrote:trus kan piggyback juga macem2 tuh, ada yang potong kabel ada yg engga
mau nanya nih sm master2, klo misalnya potong kabel bisa dibalikin normal lagi kan?
seperti ganti kabel atau sambung ulang mungkin?
tapi pasti berbekas jg yah abis dibalikin???
misalnya mobilnya mau djual lagih gtuh supaya standard ulang..

itu alasan ane yg ane pertimbangkan kemaren ini mau pasang dastek di mbl ane, karena harus potong kabel..
istilahnnya mbl jadi cacat, karena nanti kalau sudah mau dijual..ya disambung...cuma ya istilahnya uda cacat ga kaya baru
makanya akhirnya cuma pake yg plug n play aja
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

edb3cks wrote: itu alasan ane yg ane pertimbangkan kemaren ini mau pasang dastek di mbl ane, karena harus potong kabel..
istilahnnya mbl jadi cacat, karena nanti kalau sudah mau dijual..ya disambung...cuma ya istilahnya uda cacat ga kaya baru
makanya akhirnya cuma pake yg plug n play aja
Dastek utk bbrp mobil ada soket Plug n Play namanya Dastek Powerplug, jadi gak usah potong2 kabel.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

orang yg paling berpengalaman memasang dastek unichip (sekalan dynotest) adalah pak Soleh @ Sigma Speed (08129358235), dia adalah distributor Unichip utk Indonesia
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

JESKONENG wrote:orang yg paling berpengalaman memasang dastek unichip (sekalan dynotest) adalah pak Soleh @ Sigma Speed (08129358235), dia adalah distributor Unichip utk Indonesia
Kalo Dastek buat Diesel = REV, karena paling banyak nanganin mobil Diesel, jam terbang utk tuning Diesel paling tinggi.

Kalo utk mobil2 Honda = Lestari / pak Ruddy

tapi baik Sigma / REV / Lestari bisa install Dastek Q utk mobil apapun sejauh mobil tsb ada di list dari Dastek.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

Turboman wrote:
JESKONENG wrote:orang yg paling berpengalaman memasang dastek unichip (sekalan dynotest) adalah pak Soleh @ Sigma Speed (08129358235), dia adalah distributor Unichip utk Indonesia
Kalo Dastek buat Diesel = REV, karena paling banyak nanganin mobil Diesel, jam terbang utk tuning Diesel paling tinggi.

Kalo utk mobil2 Honda = Lestari / pak Ruddy

tapi baik Sigma / REV / Lestari bisa install Dastek Q utk mobil apapun sejauh mobil tsb ada di list dari Dastek.

Tambahan info :


kalibrasi dyno di mesin dastek (contohnya di Gut Motorsport Sby maupun Sigma Speed), berdasarkan pengalaman di Jazz Vtec 05, cocok dng spec di owner's manual Jazz = 110 hp (kondisi mesin std) yaitu terukur on crankshaft. Pengukuran dyno on wheel hanya di Khatulistiwa Surya Nusa.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

Turboman wrote:
JESKONENG wrote:orang yg paling berpengalaman memasang dastek unichip (sekalan dynotest) adalah pak Soleh @ Sigma Speed (08129358235), dia adalah distributor Unichip utk Indonesia
Kalo Dastek buat Diesel = REV, karena paling banyak nanganin mobil Diesel, jam terbang utk tuning Diesel paling tinggi.

Kalo utk mobil2 Honda = Lestari / pak Ruddy

tapi baik Sigma / REV / Lestari bisa install Dastek Q utk mobil apapun sejauh mobil tsb ada di list dari Dastek.
Dastek q+ buat diesel kuno ah, sekarang era ecu-shop monster max :mrgreen:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by AB1050 »

tertarik juga buat masang piggyback, tapi masa harus keluar kota sih..secara dijogja setau ane belum ada bengkel yang ahli pasang ginian :big_slap:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

AB1050 wrote:tertarik juga buat masang piggyback, tapi masa harus keluar kota sih..secara dijogja setau ane belum ada bengkel yang ahli pasang ginian :big_slap:
Piggyback utk Diesel yg bisa pasang sendiri : Powerplug & RaceChip

Powerplug tinggal lgs pasang & enjoy

RaceChip Pro bisa setel sendiri, yg penting mobil ada EGT meter
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by pichuchu »

htannis wrote: Dastek q+ buat diesel kuno ah, sekarang era ecu-shop monster max :mrgreen:
Haha monster max mantap sih.. HPnya naik jg gede lagih :mky_03:
tapi mentok sama budget nih :( :mky_01:
edb3cks wrote:
pichuchu wrote:trus kan piggyback juga macem2 tuh, ada yang potong kabel ada yg engga
mau nanya nih sm master2, klo misalnya potong kabel bisa dibalikin normal lagi kan?
seperti ganti kabel atau sambung ulang mungkin?
tapi pasti berbekas jg yah abis dibalikin???
misalnya mobilnya mau djual lagih gtuh supaya standard ulang..

itu alasan ane yg ane pertimbangkan kemaren ini mau pasang dastek di mbl ane, karena harus potong kabel..
istilahnnya mbl jadi cacat, karena nanti kalau sudah mau dijual..ya disambung...cuma ya istilahnya uda cacat ga kaya baru
makanya akhirnya cuma pake yg plug n play aja
jadi bimbang nih antara pasang dastek ato powerplug,
secara satu naiknya tinggi tapi ilang garansi mobil tpi yang satu naiknya lebih rendah, tapi garansi tetep ada :frm_bang_head:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

pichuchu wrote: jadi bimbang nih antara pasang dastek ato powerplug,
secara satu naiknya tinggi tapi ilang garansi mobil tpi yang satu naiknya lebih rendah, tapi garansi tetep ada :frm_bang_head:
PowerPlug ya kalo servis ke BeRes tinggal dicabut

Dastek garansi ilang ??
Mosok yoo........

temen2 ane yg pake Dastek gak pernah ada problem saat claim ke BeRes, asal gak menyangkut soal ECU
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by MonSTER_GTR »

http://1.bp.blogspot.com/_DWjKpErXQUk/T ... 010580.jpg
ini bukan sih piggyback?
kalo iya, itu di innova ane udah pasang, tinggal plug and play, pasang lewat lubang charger mobil
merek nya saya punya sih monster max kalo gak salah
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

MonSTER_GTR wrote:http://1.bp.blogspot.com/_DWjKpErXQUk/T ... 010580.jpg
ini bukan sih piggyback?
kalo iya, itu di innova ane udah pasang, tinggal plug and play, pasang lewat lubang charger mobil
merek nya saya punya sih monster max kalo gak salah
Yg kanan itu 2 biji dastek, yg kiri apa tuh? Gak jelas. Tapi kalau monster max sih gak mungkin colok di lubang charger mobil, pasti potong kabel sambung ke cu di belakang laci
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by pichuchu »

Turboman wrote:
pichuchu wrote: jadi bimbang nih antara pasang dastek ato powerplug,
secara satu naiknya tinggi tapi ilang garansi mobil tpi yang satu naiknya lebih rendah, tapi garansi tetep ada :frm_bang_head:
PowerPlug ya kalo servis ke BeRes tinggal dicabut

Dastek garansi ilang ??
Mosok yoo........

temen2 ane yg pake Dastek gak pernah ada problem saat claim ke BeRes, asal gak menyangkut soal ECU
denger2 ada potong kabel tuh om turbo.. itu ga akan hilangin garansi ya?
kirain bikin garansi ilang :mky_01:

gara2 penasaran bgt lgsg email dealer deh barusan, nnt coba saya kabarin lagi deh jawaban dari dia :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

pichuchu wrote: denger2 ada potong kabel tuh om turbo.. itu ga akan hilangin garansi ya?
kirain bikin garansi ilang :mky_01:

gara2 penasaran bgt lgsg email dealer deh barusan, nnt coba saya kabarin lagi deh jawaban dari dia :)
kadang Policy tiap BeRes juga beda2, ada BeRes yg rese, ada yg enggak, kalo langganan teman2 IC sih di A2K Puri - pak Adhi
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

pichuchu wrote:
Turboman wrote:
pichuchu wrote: jadi bimbang nih antara pasang dastek ato powerplug,
secara satu naiknya tinggi tapi ilang garansi mobil tpi yang satu naiknya lebih rendah, tapi garansi tetep ada :frm_bang_head:
PowerPlug ya kalo servis ke BeRes tinggal dicabut

Dastek garansi ilang ??
Mosok yoo........

temen2 ane yg pake Dastek gak pernah ada problem saat claim ke BeRes, asal gak menyangkut soal ECU
denger2 ada potong kabel tuh om turbo.. itu ga akan hilangin garansi ya?
kirain bikin garansi ilang :mky_01:

gara2 penasaran bgt lgsg email dealer deh barusan, nnt coba saya kabarin lagi deh jawaban dari dia :)
dulu jaman pake Jazz Vtec, setiap kali masuk beres Honda, seblum mobil ditangani mekanik, saya selalu mematikan Piggyback (ada switch On/Off), dan keberadaan piggyback itu tidak terdeteksi oleh mekanik maupun peralatan beres....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by pichuchu »

JESKONENG wrote: dulu jaman pake Jazz Vtec, setiap kali masuk beres Honda, seblum mobil ditangani mekanik, saya selalu mematikan Piggyback (ada switch On/Off), dan keberadaan piggyback itu tidak terdeteksi oleh mekanik maupun peralatan beres....
hmm ookok.. thank you nih om jeskoneng atas infonya
Turboman wrote: kadang Policy tiap BeRes juga beda2, ada BeRes yg rese, ada yg enggak, kalo langganan teman2 IC sih di A2K Puri - pak Adhi
thank you juga om turboman infonya


masi newbie nih maklum hehe..
jadi yg tadinya ragu2 mau pasang piggyback jadi makin pd nih hehehe :mky_02:
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by pichuchu »

Udah dapet balasannya dari toyota mengenai garansi mobil dari pemasangan piggyback, sebelumnya saya kirim email seperti ini:
"Bung Tunas, mau nanya nih. Mobil saya fortuner vnt 2012. Rencana mau pasang piggyback (dastek q+), egr deletion kit dan air filter K&N saja, tidak ada modifikasi lain, tapi saya masih ragu apakah nanti akan hilangin garansi mobil saya ?
Bisa kasih contoh mungkin modifikasi seperti apa yang tidak menghilangkan garansi, mungkin seperti air filter replacement K&N gtuh."

Balasannya:
"Terima kasih atas ketertarikan Bapak kepada PT Tunas Ridean Tbk, Group Otomotif dan Financial Independen Terbesar di Indonesia.
Menanggapi email Bapak, terkait pertanyaan yang Bapak ajukan Bung Tunas Menjawab sbb :

Mengenai berlakunya warranty ketika kendaraan dilakukan modifikasi adalah secara umum tidak semua Item Warranty akan Gugur, item warranty akan gugur pada part part tertentu yang disebabkan Oleh Modifikasi. (Contohnya Modifikasi pada komponen mesin maka tidak berpengaruh pada warranty chassis,kecuali apabila berkaitan misal merubah dudukan mesin,dsb).

Jika Modifikasinya :
1. Pemasangan Filter K&N, Adalah tipe air filter dengan pori pori besar, secara performa memang lebih baik, akan tetapi partikel dalam ukuran besar memungkinkan akan masuk ke dalam ruang bakar, sehingga bisa merusak komponen mesin, seperti ring piston dan dinding silinder. Dan komponen ini menjadi tidak dapat diwarranty.
2. EGR Deletion kit, secara langsung tidak akan merusak part, hanya saja nanti emisinya akan meningkat.
3. Piggyback, adalah Modifikasi dengan merubah data computer mesin, sehingga mesin dipaksa untuk memberikan performa yang maksimum.

Adapun komponen yang kemungkinan terganggu dan menyebabkan warranty nya gugur adalah sbb :
- System kelistrikan, Wiring, ECU dan sensor2 akan tidak bekerja sebagaimana meskinya.
- Turbo akan dipacu, sehingga usia turbo bisa lebih pendek
- Komponen mesin, dengan akibat sama dengan pemasangan Air filter K&N.

PT Tunas Ridean"

Silahkan comment commentnya..
Tapi saya setuju sama om jeskoneng sebelumnya, selama ga ketauan yah okok aja.. selama masi bisa dibilang minim modifikasinya seperti yg dsebut diatas sih harusnya ok CMIIW
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

pichuchu wrote:Udah dapet balasannya dari toyota mengenai garansi mobil dari pemasangan piggyback, sebelumnya saya kirim email seperti ini:
"Bung Tunas, mau nanya nih. Mobil saya fortuner vnt 2012. Rencana mau pasang piggyback (dastek q+), egr deletion kit dan air filter K&N saja, tidak ada modifikasi lain, tapi saya masih ragu apakah nanti akan hilangin garansi mobil saya ?
Bisa kasih contoh mungkin modifikasi seperti apa yang tidak menghilangkan garansi, mungkin seperti air filter replacement K&N gtuh."

Balasannya:
"Terima kasih atas ketertarikan Bapak kepada PT Tunas Ridean Tbk, Group Otomotif dan Financial Independen Terbesar di Indonesia.
Menanggapi email Bapak, terkait pertanyaan yang Bapak ajukan Bung Tunas Menjawab sbb :

Mengenai berlakunya warranty ketika kendaraan dilakukan modifikasi adalah secara umum tidak semua Item Warranty akan Gugur, item warranty akan gugur pada part part tertentu yang disebabkan Oleh Modifikasi. (Contohnya Modifikasi pada komponen mesin maka tidak berpengaruh pada warranty chassis,kecuali apabila berkaitan misal merubah dudukan mesin,dsb).

Jika Modifikasinya :
1. Pemasangan Filter K&N, Adalah tipe air filter dengan pori pori besar, secara performa memang lebih baik, akan tetapi partikel dalam ukuran besar memungkinkan akan masuk ke dalam ruang bakar, sehingga bisa merusak komponen mesin, seperti ring piston dan dinding silinder. Dan komponen ini menjadi tidak dapat diwarranty.
2. EGR Deletion kit, secara langsung tidak akan merusak part, hanya saja nanti emisinya akan meningkat.
3. Piggyback, adalah Modifikasi dengan merubah data computer mesin, sehingga mesin dipaksa untuk memberikan performa yang maksimum.

Adapun komponen yang kemungkinan terganggu dan menyebabkan warranty nya gugur adalah sbb :
- System kelistrikan, Wiring, ECU dan sensor2 akan tidak bekerja sebagaimana meskinya.
- Turbo akan dipacu, sehingga usia turbo bisa lebih pendek
- Komponen mesin, dengan akibat sama dengan pemasangan Air filter K&N.

PT Tunas Ridean"

Silahkan comment commentnya..
Tapi saya setuju sama om jeskoneng sebelumnya, selama ga ketauan yah okok aja.. selama masi bisa dibilang minim modifikasinya seperti yg dsebut diatas sih harusnya ok CMIIW
Yah yg namanya policy BeRes manapun tentu akan mengharamkan modifikasi / aftermarket parts, dmana lebih kepada pertimbangan politis dan administrasi aja.

Sebab jika 1 dikasih nanti semua ngikut dan akhirnya berpotensi disalah gunakan oleh user yg jail.

Lebih baik :
- Ketemu KaBeng-nya
- Ajak ngobrol2
- Kalo udah bbrp X anda servis di sana ya ngobrol2 gimana kalo pasang sesuatu, ntar gimana claim jika ada sesuatu.