Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by AB1050 »

ogoboy wrote:
kok tau seh om :big_blushing:
wkwkwkwkwkwk..keliatan om..kalo manualers biasanya takut kalo diatas 150hp selip kopling :big_biglaugh:
captivian
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:11

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by captivian »

Untuk om Turboman atau om Jeskoneng, saya sempat tanya dampak negatif piggyback terhadap komponen mesin. Orang BERES mengatakan untuk jangka waktu lama sekitar 3-4th bisa memperpendek umur fuel pump karena piggyback berfungsi untuk mengelabui ECU sehingga fuel pump bekerja lebih keras.

Minta tolong sharingnya tentang dampak buruk pada mesin jadi seperti saya yg masih nubi bisa menghitung risk n benefitnya.

Terima kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

captivian wrote:Untuk om Turboman atau om Jeskoneng, saya sempat tanya dampak negatif piggyback terhadap komponen mesin. Orang BERES mengatakan untuk jangka waktu lama sekitar 3-4th bisa memperpendek umur fuel pump karena piggyback berfungsi untuk mengelabui ECU sehingga fuel pump bekerja lebih keras.

Minta tolong sharingnya tentang dampak buruk pada mesin jadi seperti saya yg masih nubi bisa menghitung risk n benefitnya.

Terima kasih
D4 D saya pakai Dastek dah sejak th 2008 sampe skg fine2 aja

Kalau soal pompa injeksi jadi umur pendek ya gimana :
- kenaikan tekanannya brp banyak
- Solar selalu dikasih additive yg bersifat pelumas ga ?
- Filter solar selalu ganti teratur dan original gak

Itu aja

Kalau boleh tahu utk mobil apa ?

Setahu ane sih kalo pompa injeksi buatan DENSO / BOSCH / Delphi gitu sih "rock solid" built quality......tapi yg di PJS ya kalo naekkin jangan kelewat gede, ada yg ngalamin pompa injeksi sampe rusa, tapi kalo naekkinnya moderat aja sih gpp

Yang paling penting itu peningkatan tenaga adalah diukur oleh kebutuhan kita, dan jangan pernah karena faktor ikut2-an / kejar angka di Dyno.......
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by nugroho bagor »

Sudah pasang belum ya?
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

captivian wrote:Untuk om Turboman atau om Jeskoneng, saya sempat tanya dampak negatif piggyback terhadap komponen mesin. Orang BERES mengatakan untuk jangka waktu lama sekitar 3-4th bisa memperpendek umur fuel pump karena piggyback berfungsi untuk mengelabui ECU sehingga fuel pump bekerja lebih keras.

Minta tolong sharingnya tentang dampak buruk pada mesin jadi seperti saya yg masih nubi bisa menghitung risk n benefitnya.

Terima kasih
sy pasang dastek unichip piggyback di Jazz sejak 2005 s/d 2008 (mobil dijual) gak ada masalah apapun...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
AUTOCAREMANIA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Sep 09, 2014 8:59

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by AUTOCAREMANIA »

Ikutan nimbrung yah.
Untuk meningkatkan Engine Power, selain pengaturan atau penambahan komponen mesin, cara mudah adalah :

1. Kurangi GESEKAN di mesin dengan memakai PELUMAS yang khusus untuk RACING atau memiliki unsur ANTI FRICTION tinggi sehingga mengurangi gesekan yang akhirnya mengurangi keausan mesin, perputaran mesin lebih ringan, irit BBM, panas mesin berkurang dan juga kenyamanan tingkat tinggi dalam berkenderaan.
Salah satu produk yang menarik untuk Racing atau Drastis mengurangi gesekan adalah produk dari USA ini : PRIMO POWERMAXI :
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hph ... e=54891F8A
https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hph ... e=54D14E3A

2. Melakukan pembersihan System Bahan bakar (injector noozle, injector pump, saluran bbm, melarutkan kerak karbon pada intake manifold, klep, ruang bakar dan melindungi ruang bakar dari korosi dan karat). Untuk mesin bensin dengan memakai produk CARBURETTOR CLEANER atau jika sistem sudah tidak memakai Carburator, maka pakai INJECTOR CLEANER, jika mesin DIESEL dengan cara PURGING yang sedang tren, kedua produk tersebut silahkan coba produk untuk mesin BENSIN yaitu PRIMO TURBOCARB / TURBOJET (FOAMING) atau untuk DIESEL, memakai PRIMO DIESEL PURGE
https://fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net/ ... 3ce8b748dd

https://ci3.googleusercontent.com/proxy ... 0-d-e1-ft#
https://gallery.mailchimp.com/96e2d5d4f ... b719d4.jpg

3. Menambahkan FUEL ADDITIVE kedalam tangki bbm, khususnya yang memiliki kemampuan : Meningkatkan Octane (Bensin) atau Cetane (Diesel), Fungsi Pembersihan, Pelumas Anti Friction, Anti Oksidasi, Anti Korosi & Karat, Boost Combustion sehingga pembakaran lebih sempurna. Contoh produk yang bagus seperti dari USA ini : PRIMO NITRO RACE (Aditif BENSIN) & PRIMO NITRO DIESEL (Aditif SOLAR)

https://fbcdn-sphotos-a-a.akamaihd.net/ ... 8bfb78084f

Semoga bermanfaat and thanks tuk kesempatan sharing.

Robert Lim
[email protected]
radicalrev
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Nov 20, 2014 14:54

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by radicalrev »

Kalau pake piggyback apa bensin kita harus naik ke RON 91/93 alias Pertamax/Pertamax Plus?
Rocco77
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: Wed Dec 11, 2013 11:35

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Rocco77 »

Mohon info tuner di surabaya yang bisa install Greddy E-manage Ultimate di suzuki swift sport 2013...
Thanks...
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

radicalrev wrote:Kalau pake piggyback apa bensin kita harus naik ke RON 91/93 alias Pertamax/Pertamax Plus?
Pertamax oktan92 dan Pertamaxplus oktan 95 om...

Mobil/motor kita sebaiknya pake bbm oktan berapa ? Itu tergantung angka rasio kompresi mesin yg bisa berbeda2
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by VanzMatic »

Benar. Mau pake alat canggih apapun, kalau mesinnya belum kena oprek secara fisik (bubut, korter, papas head untuk naikin kompresi atau pasang turbo), bbm nya menyesuaikan terlebih dahulu terhadap kompresi mesin standarnya. Barulah penambahan piggyback atau sejenisnya akan memberi hasil yang lebih nyata hasilnya. Imo.

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by esh »

VanzMatic wrote:Benar. Mau pake alat canggih apapun, kalau mesinnya belum kena oprek secara fisik (bubut, korter, papas head untuk naikin kompresi atau pasang turbo), bbm nya menyesuaikan terlebih dahulu terhadap kompresi mesin standarnya. Barulah penambahan piggyback atau sejenisnya akan memberi hasil yang lebih nyata hasilnya. Imo.

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
Saya sependapat dengan statement om VM, analoginya seperti mobil standard dikasih driver pembalap. Sama seperti halnya fotografer professional disuruh pake kamera compact.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

diesel aja makanya mau segede apa power dan modifnya pake solar busuk tetap mantap :ungg:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by liep »

htannis wrote:diesel aja makanya mau segede apa power dan modifnya pake solar busuk tetap mantap :ungg:
ipah d4d lg yg dbahas???? hehe..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

Piggyback paling terlihat bedanya pada mesin2 Forced Induction
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

liep wrote:
htannis wrote:diesel aja makanya mau segede apa power dan modifnya pake solar busuk tetap mantap :ungg:
ipah d4d lg yg dbahas???? hehe..
iya bosennnnnn :glodak:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

Rocco77 wrote:Mohon info tuner di surabaya yang bisa install Greddy E-manage Ultimate di suzuki swift sport 2013...
Thanks...
Si GUT motorsport bisa ga ?
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by liep »

htannis wrote:
liep wrote:
htannis wrote:diesel aja makanya mau segede apa power dan modifnya pake solar busuk tetap mantap :ungg:
ipah d4d lg yg dbahas???? hehe..
iya bosennnnnn :glodak:
mobil dewa, g akan bosan dibahas om, hehe
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

liep wrote: mobil dewa, g akan bosan dibahas om, hehe
OK THX U
kl ke tempat saya nanti saya traktir bakmi yah om :mky_01:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by liep »

htannis wrote:
liep wrote: mobil dewa, g akan bosan dibahas om, hehe
OK THX U
kl ke tempat saya nanti saya traktir bakmi yah om :mky_01:
trims om htannis...
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ecco »

Setelah baca 4 halaman, saya minat untuk coba dengan Yaris metik di rumah. Untuk itu butuh nasihat dari para suhu di sini:
1. Header & Downpipe - Standar Adi Knalpot atau ORD yah?
2. Filter udara saya udah pakai ferrox, sejauh ini cukup puas - apa perlu diganti pakai open filter? saya bukan tukang balap, cuman buat nguli aja tiap hari BSD - JKT, kadang BSD - Bdg...
3. Dastek - apa ada yang tau tanpa ubah header naik berapa HP dan kalo ubah header naik berapa? mesin 1NF-FE itu aman sampai berapa HP yah?

Makasih sebelumnya.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

ecco wrote:Setelah baca 4 halaman, saya minat untuk coba dengan Yaris metik di rumah. Untuk itu butuh nasihat dari para suhu di sini:
1. Header & Downpipe - Standar Adi Knalpot atau ORD yah?
2. Filter udara saya udah pakai ferrox, sejauh ini cukup puas - apa perlu diganti pakai open filter? saya bukan tukang balap, cuman buat nguli aja tiap hari BSD - JKT, kadang BSD - Bdg...
3. Dastek - apa ada yang tau tanpa ubah header naik berapa HP dan kalo ubah header naik berapa? mesin 1NF-FE itu aman sampai berapa HP yah?

Makasih sebelumnya.
1. SAKI cuman harga lebih mahal
2. pake replacement filter knn aja tapi casing nya dibolongin aja kira2 2" trus dikasi pipa hadap depan
3. pake dastek kurang lebih naik nya 10HP tapi itu diposisi rpm tengah, kalau di rpm top nya gak sampe 10 HP, kalau ubah header mungkin kenaikan sekitar 3HP yah
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by liep »

Posisi pipanya ap di luar kap mesin ato msh d dlm?klo d dlm ap g tmbh dpt udara panas lg?
htannis wrote:
ecco wrote:Setelah baca 4 halaman, saya minat untuk coba dengan Yaris metik di rumah. Untuk itu butuh nasihat dari para suhu di sini:
1. Header & Downpipe - Standar Adi Knalpot atau ORD yah?
2. Filter udara saya udah pakai ferrox, sejauh ini cukup puas - apa perlu diganti pakai open filter? saya bukan tukang balap, cuman buat nguli aja tiap hari BSD - JKT, kadang BSD - Bdg...
3. Dastek - apa ada yang tau tanpa ubah header naik berapa HP dan kalo ubah header naik berapa? mesin 1NF-FE itu aman sampai berapa HP yah?

Makasih sebelumnya.
1. SAKI cuman harga lebih mahal
2. pake replacement filter knn aja tapi casing nya dibolongin aja kira2 2" trus dikasi pipa hadap depan
3. pake dastek kurang lebih naik nya 10HP tapi itu diposisi rpm tengah, kalau di rpm top nya gak sampe 10 HP, kalau ubah header mungkin kenaikan sekitar 3HP yah
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

liep wrote:Posisi pipanya ap di luar kap mesin ato msh d dlm?klo d dlm ap g tmbh dpt udara panas lg?
htannis wrote:
ecco wrote:Setelah baca 4 halaman, saya minat untuk coba dengan Yaris metik di rumah. Untuk itu butuh nasihat dari para suhu di sini:
1. Header & Downpipe - Standar Adi Knalpot atau ORD yah?
2. Filter udara saya udah pakai ferrox, sejauh ini cukup puas - apa perlu diganti pakai open filter? saya bukan tukang balap, cuman buat nguli aja tiap hari BSD - JKT, kadang BSD - Bdg...
3. Dastek - apa ada yang tau tanpa ubah header naik berapa HP dan kalo ubah header naik berapa? mesin 1NF-FE itu aman sampai berapa HP yah?

Makasih sebelumnya.
1. SAKI cuman harga lebih mahal
2. pake replacement filter knn aja tapi casing nya dibolongin aja kira2 2" trus dikasi pipa hadap depan
3. pake dastek kurang lebih naik nya 10HP tapi itu diposisi rpm tengah, kalau di rpm top nya gak sampe 10 HP, kalau ubah header mungkin kenaikan sekitar 3HP yah
bagus nya emang disambung selang kedepan grill cuman kl pun gak ada sih yah gak masalah drpd ketutup dan lobanh udara toyota biasanya arahnya ke belakang dan ketutup fender
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by liep »

Om hatannis...sebrapa ngefek beginian utk prit dbanding dg model CAI? Ato ptanyaannya gmn modif paling simple utk prit spy dpt udr msk yg lbih dingin dr proses normal?
udara dingin btul membantu efisiensi pembakaran dan meringankan tarikan bawah ya?
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ecco »

liep wrote:Posisi pipanya ap di luar kap mesin ato msh d dlm?klo d dlm ap g tmbh dpt udara panas lg?
htannis wrote:
ecco wrote:Setelah baca 4 halaman, saya minat untuk coba dengan Yaris metik di rumah. Untuk itu butuh nasihat dari para suhu di sini:
1. Header & Downpipe - Standar Adi Knalpot atau ORD yah?
2. Filter udara saya udah pakai ferrox, sejauh ini cukup puas - apa perlu diganti pakai open filter? saya bukan tukang balap, cuman buat nguli aja tiap hari BSD - JKT, kadang BSD - Bdg...
3. Dastek - apa ada yang tau tanpa ubah header naik berapa HP dan kalo ubah header naik berapa? mesin 1NF-FE itu aman sampai berapa HP yah?

Makasih sebelumnya.
1. SAKI cuman harga lebih mahal
2. pake replacement filter knn aja tapi casing nya dibolongin aja kira2 2" trus dikasi pipa hadap depan
3. pake dastek kurang lebih naik nya 10HP tapi itu diposisi rpm tengah, kalau di rpm top nya gak sampe 10 HP, kalau ubah header mungkin kenaikan sekitar 3HP yah
Makasih Om htannis, boleh tau SAKI beli dan pasang di mana? trus perkiraan harga kalo ada he..he..he...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi