Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Abu2 »

jika modif yang dilakukan di yakini tidak akan merusak mesin, dan kita mampu menjaga agar mesin tetap ter "maintain" rutin, kira2 boleh kah disampaikan disini, alasan om Pichuchu mengkhawatirkan garansi hangus Om? garansi mesin yang 3 taon atau 100rb km (cmiiw) itu ya khusus nya
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by pichuchu »

Abu2 wrote:jika modif yang dilakukan di yakini tidak akan merusak mesin, dan kita mampu menjaga agar mesin tetap ter "maintain" rutin, kira2 boleh kah disampaikan disini, alasan om Pichuchu mengkhawatirkan garansi hangus Om? garansi mesin yang 3 taon atau 100rb km (cmiiw) itu ya khusus nya
jujur sih sblmnya kurang begitu peduli dengan garansinya yah karena mnrt saya sih toyota jg udah ada nama dan juga kan fortuner jg udah lama ada, bukan produk yg bisa dibilang pertama kali keluar ya..
Cuma baca2 aja di forum tetangga ada yg khawatir dengan garansi.. jadi penasaran deh..
setuju banget dengan om Abu2, selama bisa jaga mesin, modif apapun yah silahkan aja.. ya ga :)

betul lagih om, garansi yg itu yg 3 taon atau 100rb km

atau kya om jeskoneng aj klo pas di Beres matiin piggybacknya aja
Turboman wrote: Yah yg namanya policy BeRes manapun tentu akan mengharamkan modifikasi / aftermarket parts, dmana lebih kepada pertimbangan politis dan administrasi aja.

Sebab jika 1 dikasih nanti semua ngikut dan akhirnya berpotensi disalah gunakan oleh user yg jail.

Lebih baik :
- Ketemu KaBeng-nya
- Ajak ngobrol2
- Kalo udah bbrp X anda servis di sana ya ngobrol2 gimana kalo pasang sesuatu, ntar gimana claim jika ada sesuatu.
setuju sama om turbo jg.. pdkt dikit2 dulu hahaha
klo dah kenal jg jadi bisa tau musti ngapa2in klo ada apa2.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Abu2 »

dengan kondisi mesin udah pasang dastek + bla bla bla,
ane pernah klaim ganti salah satu puli2 (entah puli Ac atau apa gitu, lupa) di bengkel resmi...
ya tinggal kasi tau keluhan, di cek.. masih dalam periode garansi, ya di ganti deh gratis.
bunyi2 pada pulley diyakini bawaan pabrik, bukan akibat modif.

3x klaim ganti Shock Arbsorber gratis di rentang waktu berbeda di BeRes, dengan kondisi pelek dan Ban sudah up size.
Seperti arahan om Turboman, Pdkt ke pihak bengkel juga mungkin perlu, untuk memperlancar urusan kalim2 meng klaim kerusakan (yg diakibatkan oleh bawaan pabrik, bukan karena hasil modifikasi)

kalo ane sih, mesti meyakini terlebih dahulu bahwa modifikasi yang dilakukan tidak Efek negatif terhadap Kendaraan.
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ferryset »

menurut saya sih sebaiknya lakukan dulu penggantian air filter menggunakan racing air filter, distributor, kabel busi dan busi dganti dengan yang racing, knalpot diganti dengan free flow. kalau melakukan penggantian ECU tanpa melakukan perubahan bagian yang lain rasanya tenaga juga tidak terlalu berubah alias sami mawon. hehehehehhe
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
RaphaelRF
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Apr 01, 2013 15:58

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by RaphaelRF »

om2 smua, denger2 kalau dastek perlu sering di retune? atau di dyno ulang per 10.000 km? seperti kalau kita tune up karena sudah ga enak gitu mesinnya. benarkah pendapat demikian?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by AD74YA »

RaphaelRF wrote:om2 smua, denger2 kalau dastek perlu sering di retune? atau di dyno ulang per 10.000 km? seperti kalau kita tune up karena sudah ga enak gitu mesinnya. benarkah pendapat demikian?
Harusnya nggak seperti itu.. Berarti itu setting nya terlalu extreme, jadi komponen mesinnya jadi wear out..

CMIIW.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
RaphaelRF
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Apr 01, 2013 15:58

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by RaphaelRF »

Oh gitu ya om. Krn klo hrs retune kaya tune up, biaya lumayan tiap dyno, belum waktunya.

Secara dl dh pake. Cm ga bs bedain klo mesin dh ga enak dr mesinnya or krn dasteknya..
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

mesin pake unichip atau enggak pake, tetap harus rutin service dan tune-up ombro.. karena unichip hanya memanipulasi parameter yg diatur oleh ECU yaitu kurva timing pengapian di seluruh rentang putaran mesin, limiter putaran mesin, kadar CO dan (jika menggunakan turbo) pengaturan turbo... sedangkan faktanya banyak komponen mekanis yg berperan membuat mesin jadi enak atau enggak, misalnya : kondisi fuel pump, injector, fuel pressure regulator, MAF sensor dan sensor2 yg banyak banget dalam sebuah mesin, air filter, bahkan kebersihan soket2 kelistrikan dan komponen pemindah daya (flywheel/koplling) ikut menentukan juga ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

JESKONENG wrote:mesin pake unichip atau enggak pake, tetap harus rutin service dan tune-up ombro.. karena unichip hanya memanipulasi parameter yg diatur oleh ECU yaitu kurva timing pengapian di seluruh rentang putaran mesin, limiter putaran mesin, kadar CO dan (jika menggunakan turbo) pengaturan turbo... sedangkan faktanya banyak komponen mekanis yg berperan membuat mesin jadi enak atau enggak, misalnya : kondisi fuel pump, injector, fuel pressure regulator, MAF sensor dan sensor2 yg banyak banget dalam sebuah mesin, air filter, bahkan kebersihan soket2 kelistrikan dan komponen pemindah daya (flywheel/koplling) ikut menentukan juga ...
maksut sy, prosedur servis & penggantian parts mekanis itu harus dilakukan, TANPA harus setting/remap Unichip lagi ..
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
RaphaelRF
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Apr 01, 2013 15:58

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by RaphaelRF »

Mantap om tori. Lg atur waktu ni utk pasang..
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Moonshade »

mau tanya, kalau remap ecu sama pasang piggyback itu bagusan mana sih ? ( powerplug )
secara kayanya remap ecu lebih hemat :mky_01:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

remap ECU memang jauh lebih hemat, bisa cuma 1/3 harga piggyback .. cuma harus pilih2 ahlinya ... pernah kejadian ada ECU mobil eropa diserahkan kpd seorang yg mengaku "mampu" melakukan remap, namun sial, si ECU malah korslet dan koit ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Mr Q
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri May 31, 2013 9:48
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Fortuner

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Mr Q »

Newbie urun rembug nich. Kalau menurut saya pemasangan piggy back itu adalah cara ampuh dan instan untuk mendongkrak tenaga di mesin CRDI turbo tapi perlu di ingat pada saat tenaga mesin lebih besar otomatis kerja mesin juga lebih berat disini modif yang disarankan om Turbo memegang peranan serta jangan lupa kualitas oli yang baik juga sangat diperlukan. Just IMO
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

Moonshade wrote:mau tanya, kalau remap ecu sama pasang piggyback itu bagusan mana sih ? ( powerplug )
secara kayanya remap ecu lebih hemat :mky_01:
Kalo Re-Map ECU yang betul2 ReMap itu spt yg dilakukan bung Chairil Kartakusuma dari GasPol Chip, dia ada listnya en hanya utk mobil2 yg ada di list tsb.

Tapi ada juga bbrp ECU yg bisa Re-Map DIY dgn koneksi KWP 2000, utamanya ECU2 buatan Eropa (google = KWP 2000)

Hati2 dgn bengkel yg ngaku bis re-map re-map tapi prakteknya nyabut salah 1 per di pedal gas......mmg sih harga yg mrk tawarkan murah......
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

intinya remap ECU adalah mengganti komponen elektronik e-prom dalam ECU dng e-prom yg sudah dibikin/disiapkan utk meng-adjust parameter : fuel supply (kadar CO), limiter putaran mesin (biasanya dibikin lebih tinggi dari standarnya), dan ignition timing (dibikin lbh advanced / maju)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by reinhard_harley »

Turboman wrote:
Moonshade wrote:mau tanya, kalau remap ecu sama pasang piggyback itu bagusan mana sih ? ( powerplug )
secara kayanya remap ecu lebih hemat :mky_01:
Kalo Re-Map ECU yang betul2 ReMap itu spt yg dilakukan bung Chairil Kartakusuma dari GasPol Chip, dia ada listnya en hanya utk mobil2 yg ada di list tsb.
ini om chairil msh trima remap ecu gak seh om turbo? ada contact personnya gak?
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by iwidiyanto »

btw, kalau PnP gtu biayanya berapa yak?
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

utk mobil2 Jepang, terutama Honda, Unichip bisa meningkatkan power s/d 28hp (pengalaman di jazz vtec sy), tapi di mobil Pug 306 max hanya sekitar 6 hp sajah ...

soal remap ECU, utk ECU mobil2 lama taun 90-an sangat mudah, tinggal mengganti e-prom lama dng e-prom baru yg sudah diisi program baru. Tapi utk ECU mobil2 baru tidak gampang utk di remap, karna enggak pake e-prom lagi, dan lebih rumit ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

JESKONENG wrote:utk mobil2 Jepang, terutama Honda, Unichip bisa meningkatkan power s/d 28hp (pengalaman di jazz vtec sy), tapi di mobil Pug 306 max hanya sekitar 6 hp sajah ...

soal remap ECU, utk ECU mobil2 lama taun 90-an sangat mudah, tinggal mengganti e-prom lama dng e-prom baru yg sudah diisi program baru. Tapi utk ECU mobil2 baru tidak gampang utk di remap, karna enggak pake e-prom lagi, dan lebih rumit ...
utk mobil2 baru (th 2005 ke atas), paling sip pake piggyback atau stand alone ECU replacement ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

Menarik :

http://www.piasiniengineering.com/uploa ... nglese.pdf

spt nya bisa utk Re-Map ECU DENSO / ECU yg pake MCU Renesas

Tapi aspek apa aja yg bisa di Re-Map yaa
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by imingwahyudi »

Sepertinya pilihan pertama kalo duit ga masalah...karena parts yang lain bisa mengikuti hehehehe...lagian menurut saya gabakaln maksimal dengan modal hardware doang ga tweaking software di mesin ber ecu
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

intinya piggyback bisa dipasang di awal atau akhir, nggak masalah, toh bisa selalu di re-tune jika ada upgrade parts ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
ogoboy
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 28, 2012 2:23

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ogoboy »

Pak Turboman mohon advance please...

innova diesel 2012, sudah dicangkok down pipe, ring turbo dan fuel cooler, agar bisa naik ke 150 Horse Power pasang apa lagi ya?

Just for daily use
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by AB1050 »

ogoboy wrote:Pak Turboman mohon advance please...

innova diesel 2012, sudah dicangkok down pipe, ring turbo dan fuel cooler, agar bisa naik ke 150 Horse Power pasang apa lagi ya?

Just for daily use

manual yah??
pasang dastek Q+ sama ekstender aja cukup..
ogoboy
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 28, 2012 2:23

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ogoboy »

AB1050 wrote:
ogoboy wrote:Pak Turboman mohon advance please...

innova diesel 2012, sudah dicangkok down pipe, ring turbo dan fuel cooler, agar bisa naik ke 150 Horse Power pasang apa lagi ya?

Just for daily use

manual yah??
pasang dastek Q+ sama ekstender aja cukup..
kok tau seh om :big_blushing: