DOHC wrote:bro sjam, boleh donk bagi ilmu nya, slama ini saya kuras cuman buka tutup radiator ama tutup drain bawah radiatornya doank sigh
boleh. Dari pengalaman nt kuras radiator, ane bisa pastikan klo dlm waktu yg tdk terlalu lama kondisi air radiator akan kuning kembali (dg asumsi tanpa pake coolant). Tapi wlp pake coolantpun akan tetap sama yaitu air akan terlihat kuning kembali padahal belum terlalu lama dikuras. Apakah penyebabnya ?..... hayoo tau ga neh .....
Penyebabnya adalah nt melupakan buat buang air yg dari mesin, shg air radiator tidak seluruhnya terbuang yg mengakibatkan air akan cepat menguning wlp belum lama dikuras.
Nah, cara buang sisa air tsb adalah lihat bagian mesin sebelah kiri, di situ ada satu baut buat pembuangan air radiator. Klo nt kaga tau sebaiknya tanyakan ama bengkel terdekat buat unjukin baut yg ane maksud.
Jadi setelah baut tsb dibuka maka sisa air radiator yg tertinggal di bagian mesin akan terbuang, lalu nt tinggal buka tutup thermostart kemudian kucurkan air dari situ sampai buangan airnya terlihat bening. Setelah buangan airnya jadi bening menandakan sisa air yg lama dah terbuang semua, lalu tutup kembali semua pembuangan air, lalu isi air ampe penuh kmd hidupkan mesin kira2 5 menit, stelah itu ikuti prosedur dari awal.
Akhirnya setelah selesai, nt bisa pakein coolant ato kaga pakein juga kaga apa2, tergantung kondisi kantong ajah..............
mudah2an penjelasan ane bisa dimengerti ato dg kata lain, mudah2an bisa membantu ..............
btw sebelonnye ane mengucapkan banyak terima kasih neh atas penjelasannya.........................................hahaha (jk).....
catatan: penjelasan ane di atas selain buat mbl panther juga buat mbl kijang diesel yah, klo mbl yg lain sebaiknya tanyakan dulu ama bengkel langganan masing2.......