Air radiator macam mana yang anda pakai

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

spidymoon wrote:Mohon info...

Sebulan ini ane pake coolant Top-1 tapi selalu ada masalah, setiap kali mobil dipake antara 3-5 jam padahal malam hari, temperatur naik, air radiator dan tangki cadangan sampe mendidih dan tinggal separuhnya di radiator. Jadi harus ditambahin lagi coolantnya. Padahal sebelum2nya cuma pake air pam yg didiamkan selama sehari malah ga ada masalah...Apa ada yg salah...?

Sebelum menggunakan coolant sempat dikuras 2 kali sebelum coolantnya dimasukin.

Mobil Suzuki Esteem 1.3 Thn 93
coba dunk nt kembalikan ke posisi semula, yaitu dg membuang air radiator tsb, lalu coba lagi diisi hanya dg air pam aja. Lihat hasilnye, apakah jadi normal kembali apa kaga, klo menjadi normal kembali bearti itu coolant kaga cocok, tapi klo masih aja ada keluhan bearti ada masalah lain.

Gitu aja kok binun sihhh................ :big_peace: :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

dungdung wrote:mau tanya, dalam kasus tertentu menurut tukang ahli radiator, kalau radiatornya jenis nya memakai bahan aluminium maka dengan memberikan coolant mengakibatkan lebih cepat berkarat
apakah ini benar tidak nya ?
sama sekali kaga benar. Kenapa demikian?. Karena klo radiator kaga bermasalah alias kaga karatan terus, maka pendapatan mereka akan berkurang. setuju?. Makanya mereka selalu mendoktrin spy kaga pake radiator coolant.
Memang ada sejenis coolant yg menyebabkan radiator menjadi kaga benar, krn mengandung minyak shg bisa menyumbat radiator, shg radiator menjadi kaga berfungsi dg baik. Oleh sebab itu perhatikanlah merk n jenis radiator coolant. Tapi mohon maaf klo ane kaga akan menyebutkan merk tsb di tempat terbuka. So ane akan menyebutkan kebiasaan ane aja. Sudah diatas 15 th ane selalu menggunakan radiator coolant merk prestone, kemasan 1 liter. Perbandingan pemakaian coolant tsb adalah 50 persen coolant n 50 persen air. Terserah nt mo pake air apa, bisa air ledeng, air tanah asal jangan air mineral. Tapi yg terbaik adalah air murni ato air sulingan ato biasa disebut juga dg air aki. Jadi klo ada nyang bilang air aki mengandung H2SO4 itu adalah NGAWUR ato NGACO ato BIKIN BINUN. Klo mengandung H2SO4 itu namanye accu zuur, yaitu cairan yg hanya boleh dipake 1 kali aja saat isi aki baru.

Kembali lagi pada masalah air radiator.
Setelah memakai radiator coolant tsb, ane menjadwalkan tiap setahun sekali ane ganti. Jadi harus diperhatikan klo air radiator perlu diganti secara teratur, wlp dah pake radiator coolant. Klo kaga, hal ini bisa berakibat yg kurang baik, misalkan terjadinya karat ato hal2 lain yg negatip. So sekali lagi harus diperhatikan jadwal penggantian air radiator, bukan sekali pake buat seumur hidup.
Nah, hal spt inilah yg kadang2 bahkan sering tidak diperhatikan oleh pemake mbl, shg klo dah bermasalah dg radiator pasti deh mencari kambing hitam. Padahal salahnya sendiri tidak memperhatikan dg baik.

Mudah2an masukan ini berguna. :e-whistle: :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

DOHC wrote:panther saya uda sering banget bolak balik ke bengkel reparasi radiator karena karat dan bocor sana sini, gara2 selama 9 tahun dipake, diisinya cuman air aqua doank
usul:
sebaiknye nt ganti aja dg radiator baru, khan harganye kaga mahal jika dibandingkan dg waktu nt yg terbuang percuma gara2 ngurusin radiator. Setelah itu berilah perhatian yg cukup buat merawat radiator tsb, spy bisa bekerja dg baik n nt kaga usah keluar biaya lagi buat tambal sana sini di radiator. Coba aja iseng2 nt itung berapa biaya yg dah nt keluarkan dibandingkan dg harga radiator.

Untuk radiator seharusnya jangan pake air aqua, krn kurang baik. Mendingan nt pakein air aki ajah, tapi perhatikan yah bukan accu zuur. Air aki biasanye (klo pada botolan) ditandai dg warna biru, BUKAN yg warna merah.

Klo diperlukan ane akan kasih saran cara kuras radiator yg baik n benar pada mobil panther nt, spy mendapatkan hasil yg terbaik. :e-whistle:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by DOHC »

bro sjam, boleh donk bagi ilmu nya, slama ini saya kuras cuman buka tutup radiator ama tutup drain bawah radiatornya doank sigh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

DOHC wrote:bro sjam, boleh donk bagi ilmu nya, slama ini saya kuras cuman buka tutup radiator ama tutup drain bawah radiatornya doank sigh
ntar malem yah bro, krn saat ini ane mo pergi dulu..................
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

DOHC wrote:bro sjam, boleh donk bagi ilmu nya, slama ini saya kuras cuman buka tutup radiator ama tutup drain bawah radiatornya doank sigh
boleh. Dari pengalaman nt kuras radiator, ane bisa pastikan klo dlm waktu yg tdk terlalu lama kondisi air radiator akan kuning kembali (dg asumsi tanpa pake coolant). Tapi wlp pake coolantpun akan tetap sama yaitu air akan terlihat kuning kembali padahal belum terlalu lama dikuras. Apakah penyebabnya ?..... hayoo tau ga neh ..... :e-think: :e-think:

Penyebabnya adalah nt melupakan buat buang air yg dari mesin, shg air radiator tidak seluruhnya terbuang yg mengakibatkan air akan cepat menguning wlp belum lama dikuras.

Nah, cara buang sisa air tsb adalah lihat bagian mesin sebelah kiri, di situ ada satu baut buat pembuangan air radiator. Klo nt kaga tau sebaiknya tanyakan ama bengkel terdekat buat unjukin baut yg ane maksud.

Jadi setelah baut tsb dibuka maka sisa air radiator yg tertinggal di bagian mesin akan terbuang, lalu nt tinggal buka tutup thermostart kemudian kucurkan air dari situ sampai buangan airnya terlihat bening. Setelah buangan airnya jadi bening menandakan sisa air yg lama dah terbuang semua, lalu tutup kembali semua pembuangan air, lalu isi air ampe penuh kmd hidupkan mesin kira2 5 menit, stelah itu ikuti prosedur dari awal.

Akhirnya setelah selesai, nt bisa pakein coolant ato kaga pakein juga kaga apa2, tergantung kondisi kantong ajah..............

mudah2an penjelasan ane bisa dimengerti ato dg kata lain, mudah2an bisa membantu .............. :e-whistle:

btw sebelonnye ane mengucapkan banyak terima kasih neh atas penjelasannya.........................................hahaha (jk)..... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

catatan: penjelasan ane di atas selain buat mbl panther juga buat mbl kijang diesel yah, klo mbl yg lain sebaiknya tanyakan dulu ama bengkel langganan masing2.......
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by buatandi »

jadi kesimpulan ny collant paling ok prestone yang botol ny warna kuning yah :D
sama kalo gak pake collant pake Aquadest alias air aki warna biru
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1268
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by singachu »

sjamsul wrote:
DOHC wrote:bro sjam, boleh donk bagi ilmu nya, slama ini saya kuras cuman buka tutup radiator ama tutup drain bawah radiatornya doank sigh
boleh. Dari pengalaman nt kuras radiator, ane bisa pastikan klo dlm waktu yg tdk terlalu lama kondisi air radiator akan kuning kembali (dg asumsi tanpa pake coolant). Tapi wlp pake coolantpun akan tetap sama yaitu air akan terlihat kuning kembali padahal belum terlalu lama dikuras. Apakah penyebabnya ?..... hayoo tau ga neh ..... :e-think: :e-think:

Penyebabnya adalah nt melupakan buat buang air yg dari mesin, shg air radiator tidak seluruhnya terbuang yg mengakibatkan air akan cepat menguning wlp belum lama dikuras.

Nah, cara buang sisa air tsb adalah lihat bagian mesin sebelah kiri, di situ ada satu baut buat pembuangan air radiator. Klo nt kaga tau sebaiknya tanyakan ama bengkel terdekat buat unjukin baut yg ane maksud.


Jadi setelah baut tsb dibuka maka sisa air radiator yg tertinggal di bagian mesin akan terbuang, lalu nt tinggal buka tutup thermostart kemudian kucurkan air dari situ sampai buangan airnya terlihat bening. Setelah buangan airnya jadi bening menandakan sisa air yg lama dah terbuang semua, lalu tutup kembali semua pembuangan air, lalu isi air ampe penuh kmd hidupkan mesin kira2 5 menit, stelah itu ikuti prosedur dari awal.

Akhirnya setelah selesai, nt bisa pakein coolant ato kaga pakein juga kaga apa2, tergantung kondisi kantong ajah..............

mudah2an penjelasan ane bisa dimengerti ato dg kata lain, mudah2an bisa membantu .............. :e-whistle:

btw sebelonnye ane mengucapkan banyak terima kasih neh atas penjelasannya.........................................hahaha (jk)..... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

catatan: penjelasan ane di atas selain buat mbl panther juga buat mbl kijang diesel yah, klo mbl yg lain sebaiknya tanyakan dulu ama bengkel langganan masing2.......
bos poeticmind di mana yak :D
ini yang gua bold kalo di Next G ato Aerio letaknya di mana yah kok ga pernah kliatan

regards,
singachu
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by avansa »

panggilan bro Potic untuk membantu Bro Siganchu menjelaskan ini

Image
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

hayooo mas bro poetic, jangan ngumpet ajah, ada pasien tuhhh................ :big_smoking: ...... :upss: ........
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by buatandi »

buatandi wrote:jadi kesimpulan ny collant paling ok prestone yang botol ny warna kuning yah :D
sama kalo gak pake collant pake Aquadest alias air aki warna biru
pak sjamsul ini bener gak?? di cuekin :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by mandala1 »

buatandi wrote:
buatandi wrote:jadi kesimpulan ny collant paling ok prestone yang botol ny warna kuning yah :D
sama kalo gak pake collant pake Aquadest alias air aki warna biru
pak sjamsul ini bener gak?? di cuekin :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire:
Emang enak dicuekin????,,,,,,,
Ya dah gue aja deh yg jawabin : kalo merk sih relatip bro... Kalo gue sendiri pake-nya merk master yg merah, n kalo untuk penambahan air radiator-nya emang disarankan pake air accu yg tutup botolnya warna biru (aquades)
Janagn pake yg merah/zuur kecuali elo mau turun mesin! Hi...hi.... :)
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by buatandi »

hmmmmmm mentang2 pacar ny di belaaiinnnnnnnn :big_weee: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by mandala1 »

^ Mobilnye mau gue bikin karatan semua yah???!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

buatandi wrote:
buatandi wrote:jadi kesimpulan ny collant paling ok prestone yang botol ny warna kuning yah :D
sama kalo gak pake collant pake Aquadest alias air aki warna biru
pak sjamsul ini bener gak?? di cuekin :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire:
sorry neh, bukan dicuekin tapi kelewatan bacanye.

betul, prestone yg botolnye warna kuning (kemasan 1 liter per botol)....

kaga perlu pake aquadest sih, pake air ledeng aja dah cukup bro...........

ma kasih yeeeeeeee................ :big_weee: :big_weee: ........... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

buatandi wrote:hmmmmmm mentang2 pacar ny di belaaiinnnnnnnn :big_weee: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
sembarangan............ nihhh.......... :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire: ................
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by buatandi »

mandala1 wrote:^ Mobilnye mau gue bikin karatan semua yah???!!!!
wee mau di poles pake amplas negh mobil ny :big_slap:
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by buatandi »

sjamsul wrote:
buatandi wrote:
buatandi wrote:jadi kesimpulan ny collant paling ok prestone yang botol ny warna kuning yah :D
sama kalo gak pake collant pake Aquadest alias air aki warna biru
pak sjamsul ini bener gak?? di cuekin :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire:
sorry neh, bukan dicuekin tapi kelewatan bacanye.

betul, prestone yg botolnye warna kuning (kemasan 1 liter per botol)....

kaga perlu pake aquadest sih, pake air ledeng aja dah cukup bro...........

ma kasih yeeeeeeee................ :big_weee: :big_weee: ........... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
kalo yang 1 liter yang di campur lagi donk pak bukan yang ready to use :D
btw mobil usaha bokap ane pake air biasa trus da warna karatan air ny tapi tokcer aj tuh kaga over heat :big_peace:
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by buatandi »

sjamsul wrote:
buatandi wrote:hmmmmmm mentang2 pacar ny di belaaiinnnnnnnn :big_weee: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
sembarangan............ nihhh.......... :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire: ................
jangan mangkir pak sjamsul kan ada bukti di :cupss: di thread lain :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

buatandi wrote:
kalo yang 1 liter yang di campur lagi donk pak bukan yang ready to use :D
btw mobil usaha bokap ane pake air biasa trus da warna karatan air ny tapi tokcer aj tuh kaga over heat :big_peace:
betul, krn yg ready to use itu, kite kaga tau berapa persen kandungan coolantnya di botol tsb, sedangkan yg 1 liter itu murni, jadi tergantung ama si pemake mo berapa persen kadar coolant yg akan dipake.

memang pada air radiator yg dah karatan belon tentu over heat, maksud ane disene adalah dg pake coolant maka bisa mencegah timbulnye karat. Klo dah timbul karat, lama kelamaan bisa menyebabkan tersumbatnya aliran air di radiator, oleh sebab itu bisa terjadi over heat (klo dah parah). Selain itu wlp biaya perbaikannya relatip murah, tapi akan buang2 waktu aja. Oleh sebab itu ane selalu pake coolant di mbl ane n ampe saat ini ane punya radiator kaga ada karatnya sama sekali............ :big_smoking:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

buatandi wrote:
sjamsul wrote:
buatandi wrote:hmmmmmm mentang2 pacar ny di belaaiinnnnnnnn :big_weee: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
sembarangan............ nihhh.......... :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire: ................
jangan mangkir pak sjamsul kan ada bukti di :cupss: di thread lain :big_peace:
supaya adil, maka nt akan mendapatkah hal yg sama. Siap2 tutup mata............. :cupss: ...... hahahahaha........... kaboer..................... :upss:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1268
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by singachu »

avansa wrote:panggilan bro Potic untuk membantu Bro Siganchu menjelaskan ini

Image
wah kalo gambar yang ntuh cuman ada drain plug di radiator.... yang gua cari kan di mesin....

ini gambar dari swift sih, tapi mirip2 :D kayaknya sih ga ada, mesti lepas hose inlet radiator (no 6) kayaknya....

Image

ini flownya :
Image
Image

@samsjul
om, kalo lepas Radiator inlet hose bisa ngeluarin air di blok mesin ga meskipun termostat masih tertutup ?

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

singachu wrote:
@samsjul
om, kalo lepas Radiator inlet hose bisa ngeluarin air di blok mesin ga meskipun termostat masih tertutup ?

regards,
singachu
maksud nt selang yg di bagian bawah ya, klo benar harusnya sih bisa, tapi ati2 yah bukanye jangan ampe jadi bocor saat dipasang kembali. Jadi liat dulu apakah ada karat apa kaga.

smoga membantu...... :ungg:
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by buatandi »

sjamsul wrote:
buatandi wrote:
kalo yang 1 liter yang di campur lagi donk pak bukan yang ready to use :D
btw mobil usaha bokap ane pake air biasa trus da warna karatan air ny tapi tokcer aj tuh kaga over heat :big_peace:
betul, krn yg ready to use itu, kite kaga tau berapa persen kandungan coolantnya di botol tsb, sedangkan yg 1 liter itu murni, jadi tergantung ama si pemake mo berapa persen kadar coolant yg akan dipake.

memang pada air radiator yg dah karatan belon tentu over heat, maksud ane disene adalah dg pake coolant maka bisa mencegah timbulnye karat. Klo dah timbul karat, lama kelamaan bisa menyebabkan tersumbatnya aliran air di radiator, oleh sebab itu bisa terjadi over heat (klo dah parah). Selain itu wlp biaya perbaikannya relatip murah, tapi akan buang2 waktu aja. Oleh sebab itu ane selalu pake coolant di mbl ane n ampe saat ini ane punya radiator kaga ada karatnya sama sekali............ :big_smoking:
sipp tar ane kalo beli coolant yang ntuh degh :big_weee:

bukan ny gak mau di pakein coolant pak sjamsul tapi kan kalo mobil yang da biasa ga pake coolant gak boleh asal campur lagi bukan???ap cuma mitos doank g denger" ny sih begitu pak :e-think:
tapi itu mobil mang da pernah over heat sih gara" selang ny bocor heheheheh..... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by mandala1 »

^^ berhubung dokternya ada panggilan dinas di luar kota, jadi asisten lagi deh jawabin ;
boleh koq bro... Tapi ada baiknya di flush dulu aja biar karat2 yg ada di dalam radiator ikut terbuang, kemudian masukin selang ke radiator bagian atas sambil air mengalir dari keran jgn lupa buka drain plug yg di bagian bawah radiator.
Lakukan selama kurang lebih 5 menit, setelah terlihat aer yg keluar dari lubang bawah radiator bersih maka proses pencucian selesai.
Setelah itu baru diisi dgn radiator coolant dan air secukupnya (jgn lupa drain plug nya ditutup kembali)
Cukup jelas bro andi? :big_peace: