engine swap untuk cherokee

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

robasz
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Sep 20, 2010 2:01

Re: engine swap untuk cherokee

Post by robasz »

seandainya kita dah ganti mesin..misal diesel, tanpa merubah surat STNK dan BPKBnya..tetapi tetap menyimpan mesin aslinya bilamana diperlukan buat esek2 saat perpanjangan STNK.... tetap aman2 aja kan..? toh kewajiban bayar pajak rutin jg kita laksanakan...

tenkyu buat semua yg mo sharing....
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: engine swap untuk cherokee

Post by JESKONENG »

Kalok nyari body + rangka Cherokee Limited (tnp mesin) dimana ya, dan brapa harganya ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
jeanpaul
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Mar 04, 2011 3:55

Re: engine swap untuk cherokee

Post by jeanpaul »

firawan6275 wrote:
cokino wrote:@firawan
Ditunggu infonya bang...

@firawan+billy
Gimana cara milih xj yg layak pakai? Apakah ada tahun produksi tertentu yg harus dihindari ?
Kalo wj yg v8 apakah konsumsi bbm nya lebih boros dari xj?
Nanyain percobaan teman kemarin ternyata belum berhasil seperti yg diharapkan. Sayangnya dia nggak bisa mastikan tipe injectornya.
Saya baca-baca di link berikut dan masih banyak lagi:

http://www.cherokeeforum.com/f2/did-inj ... wow-44404/
http://www.ausjeepoffroad.com/forum/sho ... hp?t=92236

Kayaknya yg paling cocok utk cherokee limited tanpa perubahan pake injector bosch EV6, 4 lubang, soketnya jetronic/Minitimer jadi lsg plek di engine XJ sebelum country ataupun limited 98. P/N nya 0280155703, biasa dipake chrysler Neon 2.4L. Debitnya 22 lbs/min sedangkan bawaan XJ P/N 53030343 debitnya 21 lbs/min (tipe 1 lubang EV1.3). Hanya krn pengabutannya lbh bagus, respon engine dan FC bisa lbh baik dari bawaan standard.

Yang juga mirip pd dasarnya sm dgn 0280155703 adalah 0280155702 yg jadi bawaan std engine Volvo seri 850 dan 960. Sy sdg eksperimen pake yg eks Volvo 960. Beli bekas di ebay 6 biji USD 20 dan ongkir USD20. estimasi barang tiba minggu depan. Klo sdh dipasang nanti sy update. Thanks.
sorry oot mas ..

pengen tau update nya ttg swap injector volvo nya .. apakah ada peningkatan di FC nya .. trus kalo ada info untuk injector 940 , dan pengganti nya . thx
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: engine swap untuk cherokee

Post by reinhard_harley »

firawan6275 wrote:
ak4ng wrote:1hdt bisa masuk ke crq g???
Hmm...banyak juga tantangannya ya...just for info. Pemilik CRQ sy sebelumya juga punya CRQ 96 Limited. FCnya 1:5 km/l dalkot. Bulan lalu dia swap injektornya dgn injektor bekas tapi nggak tahu nih dari mobil apa. Beda dgn injektor bawaan mobil ada di lubang noselnya yg dua biji, asli CRQ satu biji.

Hasilnya......????
FCnya sekarang main di 1:7 km/l dalkot. Pengakuan dia nggak terasa perbdeaan dgn kondisi injektor asli, nggak ada jeda waktu digas dan saat kick down ataupun endut2an. Engine nggak ada gejala panas, hanya saat dihidupkan pagi hari atau saat dingin memang tidak secepat pada saat pakai injektor standar. Kami masih pelajarin nih efek sampingnya terhadap komponen enginenya.

Biaya gantinya 6 biji Rp. 1,5 jt..jadi kepikiran ikutan ganti..Lumayan bisa nggak terlalu jauh beda sama Ipah yg enginenya cuma 1/2 dari cherokee.
wah om, saya juga mau tuh klo crq bs 1:7 dalam kota.
ditunggu updatenya ya om, biar bisa ikutan.
klo crq bs 1:7 wah harga crq bs tambah naek deh. udah kenceng irit pula.
saya pake crq 95, sdh pake throttle body adaptor pling mentok 1:5.4 .
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: engine swap untuk cherokee

Post by ak4ng »

waahh,,, gimana caranya???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: engine swap untuk cherokee

Post by firawan6275 »

jeanpaul wrote:
firawan6275 wrote:
cokino wrote:@firawan
Ditunggu infonya bang...

@firawan+billy
Gimana cara milih xj yg layak pakai? Apakah ada tahun produksi tertentu yg harus dihindari ?
Kalo wj yg v8 apakah konsumsi bbm nya lebih boros dari xj?
Nanyain percobaan teman kemarin ternyata belum berhasil seperti yg diharapkan. Sayangnya dia nggak bisa mastikan tipe injectornya.
Saya baca-baca di link berikut dan masih banyak lagi:

http://www.cherokeeforum.com/f2/did-inj ... wow-44404/
http://www.ausjeepoffroad.com/forum/sho ... hp?t=92236

Kayaknya yg paling cocok utk cherokee limited tanpa perubahan pake injector bosch EV6, 4 lubang, soketnya jetronic/Minitimer jadi lsg plek di engine XJ sebelum country ataupun limited 98. P/N nya 0280155703, biasa dipake chrysler Neon 2.4L. Debitnya 22 lbs/min sedangkan bawaan XJ P/N 53030343 debitnya 21 lbs/min (tipe 1 lubang EV1.3). Hanya krn pengabutannya lbh bagus, respon engine dan FC bisa lbh baik dari bawaan standard.

Yang juga mirip pd dasarnya sm dgn 0280155703 adalah 0280155702 yg jadi bawaan std engine Volvo seri 850 dan 960. Sy sdg eksperimen pake yg eks Volvo 960. Beli bekas di ebay 6 biji USD 20 dan ongkir USD20. estimasi barang tiba minggu depan. Klo sdh dipasang nanti sy update. Thanks.
sorry oot mas ..

pengen tau update nya ttg swap injector volvo nya .. apakah ada peningkatan di FC nya .. trus kalo ada info untuk injector 940 , dan pengganti nya . thx
Pake injector volvo 960 test run pertama cuma dapat 1:4 km/l..lumayan sebelumnya 1:3.5 km/l dgn gaya bawa dan lalu lintas yg sama harian dalkot pake premium. Bedanya idle engine lebih halus, tdk ada beda hidup pagi hari atau cuaca hujan/dingin. Asap nggak bau bensin lagi.

Tarikan lebih enteng, jangan2 gara2 tarikan enteng sy suka bejek gas. Belum coba bawa luar kota. Teman di forum sebelah bisa naik jadi 1:7.5 km/l dari 1:6.5 km/l luar kota. Masih coba optimalkan komponen lain, target paling nggak 1:5 km/l dalkot pake premium.
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: engine swap untuk cherokee

Post by firawan6275 »

reinhard_harley wrote:
firawan6275 wrote:
ak4ng wrote:1hdt bisa masuk ke crq g???
Hmm...banyak juga tantangannya ya...just for info. Pemilik CRQ sy sebelumya juga punya CRQ 96 Limited. FCnya 1:5 km/l dalkot. Bulan lalu dia swap injektornya dgn injektor bekas tapi nggak tahu nih dari mobil apa. Beda dgn injektor bawaan mobil ada di lubang noselnya yg dua biji, asli CRQ satu biji.

Hasilnya......????
FCnya sekarang main di 1:7 km/l dalkot. Pengakuan dia nggak terasa perbdeaan dgn kondisi injektor asli, nggak ada jeda waktu digas dan saat kick down ataupun endut2an. Engine nggak ada gejala panas, hanya saat dihidupkan pagi hari atau saat dingin memang tidak secepat pada saat pakai injektor standar. Kami masih pelajarin nih efek sampingnya terhadap komponen enginenya.

Biaya gantinya 6 biji Rp. 1,5 jt..jadi kepikiran ikutan ganti..Lumayan bisa nggak terlalu jauh beda sama Ipah yg enginenya cuma 1/2 dari cherokee.
wah om, saya juga mau tuh klo crq bs 1:7 dalam kota.
ditunggu updatenya ya om, biar bisa ikutan.
klo crq bs 1:7 wah harga crq bs tambah naek deh. udah kenceng irit pula.
saya pake crq 95, sdh pake throttle body adaptor pling mentok 1:5.4 .
Ya itu sduah bagus Om, saya juga pake airaid TB spacer..ada yg nggak beres sama engine dan cara bawa nih, sebelum ganti injector pake premium bisa 1:3.8 s/d 1:4 km/l. Pake petronas primax 88 bisa 1:4.5 km/l
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: engine swap untuk cherokee

Post by reinhard_harley »

itupun krn aku pake ECU crq yg buat dimalaysia, jd ada sensor O2nya.jd tarikannya wuih enak pol.sangat spontan.
tp ya itu klo kena macet dalam kota 1:4, pgn bgt bs jadi 1:7.
nah kata bengkel, bs ganti injektor yg debitnya lbh gede, teorinya sama yg link dr om firawan.
bagusnya pake injector yg warna merah. cuman gak ada yg jual tuh diindo.
klo om firawan tahu injector mana yg lbh baik, boleh infonya om.
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: engine swap untuk cherokee

Post by firawan6275 »

reinhard_harley wrote:itupun krn aku pake ECU crq yg buat dimalaysia, jd ada sensor O2nya.jd tarikannya wuih enak pol.sangat spontan.
tp ya itu klo kena macet dalam kota 1:4, pgn bgt bs jadi 1:7.
nah kata bengkel, bs ganti injektor yg debitnya lbh gede, teorinya sama yg link dr om firawan.
bagusnya pake injector yg warna merah. cuman gak ada yg jual tuh diindo.
klo om firawan tahu injector mana yg lbh baik, boleh infonya om.
Hmm..bisa jadi CRQ Om jadi irit krn msh pake O2 sensor, punya saja ga ada lagi. Header 6-2-1nya ga dipakein O2 sensor. Udah coba cari injector Chevy LS1 Om? debitnya lumayan gede atau pake punya Ford..ada banyak di ebay..sy dapatnya di ebay juga.. Alhamdulillah msh bagus walaupun bekas.
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: engine swap untuk cherokee

Post by reinhard_harley »

firawan6275 wrote: ...


Kayaknya yg paling cocok utk cherokee limited tanpa perubahan pake injector bosch EV6, 4 lubang, soketnya jetronic/Minitimer jadi lsg plek di engine XJ sebelum country ataupun limited 98. P/N nya 0280155703, biasa dipake chrysler Neon 2.4L. Debitnya 22 lbs/min sedangkan bawaan XJ P/N 53030343 debitnya 21 lbs/min (tipe 1 lubang EV1.3). Hanya krn pengabutannya lbh bagus, respon engine dan FC bisa lbh baik dari bawaan standard.

Yang juga mirip pd dasarnya sm dgn 0280155703 adalah 0280155702 yg jadi bawaan std engine Volvo seri 850 dan 960. Sy sdg eksperimen pake yg eks Volvo 960. Beli bekas di ebay 6 biji USD 20 dan ongkir USD20.


Tarikan lebih enteng, jangan2 gara2 tarikan enteng sy suka bejek gas. Belum coba bawa luar kota. Teman di forum sebelah bisa naik jadi 1:7.5 km/l dari 1:6.5 km/l luar kota. Masih coba optimalkan komponen lain, target paling nggak 1:5 km/l dalkot pake premium.
om teman di forum sebelah itu dimana ya?
itu pake injector volvo 960 thn brp om?
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: engine swap untuk cherokee

Post by firawan6275 »

reinhard_harley wrote:
firawan6275 wrote: ...


Kayaknya yg paling cocok utk cherokee limited tanpa perubahan pake injector bosch EV6, 4 lubang, soketnya jetronic/Minitimer jadi lsg plek di engine XJ sebelum country ataupun limited 98. P/N nya 0280155703, biasa dipake chrysler Neon 2.4L. Debitnya 22 lbs/min sedangkan bawaan XJ P/N 53030343 debitnya 21 lbs/min (tipe 1 lubang EV1.3). Hanya krn pengabutannya lbh bagus, respon engine dan FC bisa lbh baik dari bawaan standard.

Yang juga mirip pd dasarnya sm dgn 0280155703 adalah 0280155702 yg jadi bawaan std engine Volvo seri 850 dan 960. Sy sdg eksperimen pake yg eks Volvo 960. Beli bekas di ebay 6 biji USD 20 dan ongkir USD20.


Tarikan lebih enteng, jangan2 gara2 tarikan enteng sy suka bejek gas. Belum coba bawa luar kota. Teman di forum sebelah bisa naik jadi 1:7.5 km/l dari 1:6.5 km/l luar kota. Masih coba optimalkan komponen lain, target paling nggak 1:5 km/l dalkot pake premium.
om teman di forum sebelah itu dimana ya?
itu pake injector volvo 960 thn brp om?
Kask*s Om..sy nggak ingat thn berapa, yg jelas Bosch 0280155702
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: engine swap untuk cherokee

Post by firawan6275 »

firawan6275 wrote:
reinhard_harley wrote:
firawan6275 wrote: ...


Kayaknya yg paling cocok utk cherokee limited tanpa perubahan pake injector bosch EV6, 4 lubang, soketnya jetronic/Minitimer jadi lsg plek di engine XJ sebelum country ataupun limited 98. P/N nya 0280155703, biasa dipake chrysler Neon 2.4L. Debitnya 22 lbs/min sedangkan bawaan XJ P/N 53030343 debitnya 21 lbs/min (tipe 1 lubang EV1.3). Hanya krn pengabutannya lbh bagus, respon engine dan FC bisa lbh baik dari bawaan standard.

Yang juga mirip pd dasarnya sm dgn 0280155703 adalah 0280155702 yg jadi bawaan std engine Volvo seri 850 dan 960. Sy sdg eksperimen pake yg eks Volvo 960. Beli bekas di ebay 6 biji USD 20 dan ongkir USD20.


Tarikan lebih enteng, jangan2 gara2 tarikan enteng sy suka bejek gas. Belum coba bawa luar kota. Teman di forum sebelah bisa naik jadi 1:7.5 km/l dari 1:6.5 km/l luar kota. Masih coba optimalkan komponen lain, target paling nggak 1:5 km/l dalkot pake premium.
om teman di forum sebelah itu dimana ya?
itu pake injector volvo 960 thn brp om?
Kask*s Om..sy nggak ingat thn berapa, yg jelas Bosch 0280155702
Akhirnya sempat juga ngetest hasil modif injector plus fuel pressure regulator 49 psi pas mudik dari Medan ke Palembang..
Dari Medan ke Pekanbaru pakai mode Power dan isi premium tanpa aditif. Dapat cuma 1:6.5 km/l dengan kondisi roof rack penuh beban juga bagasi belakang. Penumpang 2 dewasa (130 kg) dan dua balita (30 kg). Total beban sekitar 500 kg termasuk penumpang. Sedikit kecewa karena nggak berbeda waktu mudik tahun kemarin belum ganti injector.

Dari Pekanbaru ke Palembang tukar mode Comfort. Isi bbm lagi sebelum masuk Lirik dan dipake terus sampai palembang. Total Odo 355 km dan isi full tank 46.6 liter. Jadi dapatnya 1:7.6 km/liter.
Puas juga akhirnya ada perubahan FCnya. Memang dalam kota ndak terlalu nampak perbedaan dibanding sebelum ganti injector. (dalkot naik dari 1:3.5 km/l jadi 1:4.2 km/l). FC sekarang lebih baik 1.1 km/l dibanding sebelum ganti injector. Mungkin klo nggk pake roof rack bisa dapat 1:8 km/l...

Bangga punya Jeep
User avatar
boypiliang
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sat Aug 27, 2011 11:46
Location: padang

Re: engine swap untuk cherokee

Post by boypiliang »

sayang kalo ganti mesin om.. mending beli mobil lain buat harian dan jip ini buat hobi,,

kaya gini
Image
:ngacir:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: engine swap untuk cherokee

Post by Nightster Guy »

XJ mesinnya diswap?!?!

Soal teknis, uda dijelasin om Firawan yang juga petinggi trid Jeep (bukan jip) di forum sebelah. Ane cuman OB yang mo komen dari perspektif idealis filosofis (halah....) :big_peace:

Jeep itu punya karakter sendiri. Dia punya 'soul' selaku cult brand sebagaimana layaknya Harley, Land-Rover, Mercedes, Ferrari, dan sebagainya. IMPO, mengganti mesin Jeep sama aja dengan menghilangkan soul/ruh dari Jeep itu sendiri. Makanya saya pribadi (juga orang2 pecinta dan owner Jeep) paling anti ama, misalnya, CJ-7 bermesin Isuzu. Atau Willys bermesin Kijang.

Gak ngebayangin, dalam persepsi dan analogi yang sama bagi saya, ada orang mengganti enjin Harleynya karena 'berisik, getar, dan panas', dengan enjin Honda Goldwing, misalnya.

Unacceptable. Kalo hanya ngejar irit, sangat banyak cara lain. Dan seirit2nya Jeep y tetep segitulah. Gak akan seirit jepangan.

Tetep ngejar irit? Buy a Xenia 1.0 litre, bro.... :big_peace:
Das Beste oder nichts.
hmulyo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Fri Jan 16, 2015 8:54
Location: bandung

Re: engine swap untuk cherokee

Post by hmulyo »

sebagai seorang pecinta JEEP, saya setuju dengan mas nightster, kalo bicara JEEP yah mesin adalah soulnya, kalo diganti solar yah jangan beli JEEP.
bicara JEEP harus siap boros.
www.enginewizard.co.uk
The best BIO technology oil additive around.
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: engine swap untuk cherokee

Post by firawan6275 »

hmulyo wrote:sebagai seorang pecinta JEEP, saya setuju dengan mas nightster, kalo bicara JEEP yah mesin adalah soulnya, kalo diganti solar yah jangan beli JEEP.
bicara JEEP harus siap boros.
Sekarang gimana caranya supaya nggak terlalu boros..1 masalah lain yang bikin boros transmisinya nih...sekarang sedang trend 42ner pasang valve body kit transgo...denger2 nih kit juga cocok dengan AW4. ADa 2 jenis

cekidot :
http://www.transgo.com/products.php?prd ... ntview=Yes

Yang pertama SK340, fitur yg ditawarin yg berpotensi bikin irit "reduce TCC (torque converter lock up) slip & overheating". Ini nih yang bikin boros BBM dan engine temperatur panas secara transmisi juga numpang coolingnya sama engine.

Yang kedua 340-HD2...ini buat performance, klo nggak salah di Jakarta udah ada yg sediakan plus dyno. Sekitar 5 jt... minta juga pasang sendiri karena kitnya di ebay sekitar 2,5 jt udah masuk ongkir. Cuma nggak bisa tahu pas peningkatannya karena nggak di dyno. Mau bawa dyno jauh banget dari Medan ke Jakarta..he3x.

ADa Cherokee owner yang sudah coba kah? Colek Bro Billy... :e-whistle:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: engine swap untuk cherokee

Post by billyd1773dz »

firawan6275 wrote:
hmulyo wrote:sebagai seorang pecinta JEEP, saya setuju dengan mas nightster, kalo bicara JEEP yah mesin adalah soulnya, kalo diganti solar yah jangan beli JEEP.
bicara JEEP harus siap boros.
Sekarang gimana caranya supaya nggak terlalu boros..1 masalah lain yang bikin boros transmisinya nih...sekarang sedang trend 42ner pasang valve body kit transgo...denger2 nih kit juga cocok dengan AW4. ADa 2 jenis

cekidot :
http://www.transgo.com/products.php?prd ... ntview=Yes

Yang pertama SK340, fitur yg ditawarin yg berpotensi bikin irit "reduce TCC (torque converter lock up) slip & overheating". Ini nih yang bikin boros BBM dan engine temperatur panas secara transmisi juga numpang coolingnya sama engine.

Yang kedua 340-HD2...ini buat performance, klo nggak salah di Jakarta udah ada yg sediakan plus dyno. Sekitar 5 jt... minta juga pasang sendiri karena kitnya di ebay sekitar 2,5 jt udah masuk ongkir. Cuma nggak bisa tahu pas peningkatannya karena nggak di dyno. Mau bawa dyno jauh banget dari Medan ke Jakarta..he3x.

ADa Cherokee owner yang sudah coba kah? Colek Bro Billy... :e-whistle:
Colek om mekov wkwkwkwk


Nyobain ciloqny ome mekov kemarin sih muantap gb nya hahaha

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: engine swap untuk cherokee

Post by firawan6275 »

billyd1773dz wrote:
firawan6275 wrote:
hmulyo wrote:sebagai seorang pecinta JEEP, saya setuju dengan mas nightster, kalo bicara JEEP yah mesin adalah soulnya, kalo diganti solar yah jangan beli JEEP.
bicara JEEP harus siap boros.
Sekarang gimana caranya supaya nggak terlalu boros..1 masalah lain yang bikin boros transmisinya nih...sekarang sedang trend 42ner pasang valve body kit transgo...denger2 nih kit juga cocok dengan AW4. ADa 2 jenis

cekidot :
http://www.transgo.com/products.php?prd ... ntview=Yes

Yang pertama SK340, fitur yg ditawarin yg berpotensi bikin irit "reduce TCC (torque converter lock up) slip & overheating". Ini nih yang bikin boros BBM dan engine temperatur panas secara transmisi juga numpang coolingnya sama engine.

Yang kedua 340-HD2...ini buat performance, klo nggak salah di Jakarta udah ada yg sediakan plus dyno. Sekitar 5 jt... minta juga pasang sendiri karena kitnya di ebay sekitar 2,5 jt udah masuk ongkir. Cuma nggak bisa tahu pas peningkatannya karena nggak di dyno. Mau bawa dyno jauh banget dari Medan ke Jakarta..he3x.

ADa Cherokee owner yang sudah coba kah? Colek Bro Billy... :e-whistle:
Colek om mekov wkwkwkwk


Nyobain ciloqny ome mekov kemarin sih muantap gb nya hahaha

:beer:
Colek Om Mekov juga ahh..
hmulyo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Fri Jan 16, 2015 8:54
Location: bandung

Re: engine swap untuk cherokee

Post by hmulyo »

firawan6275 wrote:
hmulyo wrote:sebagai seorang pecinta JEEP, saya setuju dengan mas nightster, kalo bicara JEEP yah mesin adalah soulnya, kalo diganti solar yah jangan beli JEEP.
bicara JEEP harus siap boros.
Sekarang gimana caranya supaya nggak terlalu boros..1 masalah lain yang bikin boros transmisinya nih...sekarang sedang trend 42ner pasang valve body kit transgo...denger2 nih kit juga cocok dengan AW4. ADa 2 jenis

cekidot :
http://www.transgo.com/products.php?prd ... ntview=Yes

Yang pertama SK340, fitur yg ditawarin yg berpotensi bikin irit "reduce TCC (torque converter lock up) slip & overheating". Ini nih yang bikin boros BBM dan engine temperatur panas secara transmisi juga numpang coolingnya sama engine.

Yang kedua 340-HD2...ini buat performance, klo nggak salah di Jakarta udah ada yg sediakan plus dyno. Sekitar 5 jt... minta juga pasang sendiri karena kitnya di ebay sekitar 2,5 jt udah masuk ongkir. Cuma nggak bisa tahu pas peningkatannya karena nggak di dyno. Mau bawa dyno jauh banget dari Medan ke Jakarta..he3x.

ADa Cherokee owner yang sudah coba kah? Colek Bro Billy... :e-whistle:
kalo mau lebih irit walaupun gak irit2 amat, maklum namanya juga JEEP.
pasang haltech, mesine nak, bensin ngiritin karena airfuel ratio jadi bagus.
mesin dengan airfuel ratio bagus otomatis tenaga enak dan bensin ngiritin.
transgo itu fungsi terbesarnya buat pulling, tapi bisa improve dikit walaupun gak ke bensin.
www.enginewizard.co.uk
The best BIO technology oil additive around.
mekov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Mon Mar 03, 2008 13:58

Re: engine swap untuk cherokee

Post by mekov »

firawan6275 wrote:
billyd1773dz wrote:[quote="firawan6275"

Sekarang gimana caranya supaya nggak terlalu boros..1 masalah lain yang bikin boros transmisinya nih...sekarang sedang trend 42ner pasang valve body kit transgo...denger2 nih kit juga cocok dengan AW4. ADa 2 jenis

cekidot :
http://www.transgo.com/products.php?prd ... ntview=Yes

Yang pertama SK340, fitur yg ditawarin yg berpotensi bikin irit "reduce TCC (torque converter lock up) slip & overheating". Ini nih yang bikin boros BBM dan engine temperatur panas secara transmisi juga numpang coolingnya sama engine.

Yang kedua 340-HD2...ini buat performance, klo nggak salah di Jakarta udah ada yg sediakan plus dyno. Sekitar 5 jt... minta juga pasang sendiri karena kitnya di ebay sekitar 2,5 jt udah masuk ongkir. Cuma nggak bisa tahu pas peningkatannya karena nggak di dyno. Mau bawa dyno jauh banget dari Medan ke Jakarta..he3x.

ADa Cherokee owner yang sudah coba kah? Colek Bro Billy... :e-whistle:
Colek om mekov wkwkwkwk


Nyobain ciloqny ome mekov kemarin sih muantap gb nya hahaha

:beer:
Colek Om Mekov juga ahh..[/quote]

Hallo Om Firawan, Hallo Bill...

Hush jangan culak - colek... Bukan Muhrim.. :mky_01:

Kebeneran ane pake Transgo 340-HD2 di cherokee ane.. Pengaruh yang paling kerasa pake transgo justru di fun to drive nya.. Shifting gear nya malah lebih lembut tapi torsi lebih tersalurkan ke roda dibanding std nya.. Pengaruh ke FC ngga terlalu signifikan, dari asalnya 1:6km jadi 1:6.5km (premium) lalulintas campuran... Transgo nya masukin sendiri ngga lebih dari 1.3jt waktu itu, dipasangin sama temen dan bantuan om billy cost nya ngga lebih dari 2,5jt deh... :big_peace:

Ane malah ngebet pengen punya cherokee pake mesin 2KD.. Gara2 pecicilan di hutan dan ngerasain FC drop jadi 6:1 :big_slap: bawa bensin cadangan 20liter masi tetep kurang :big_slap:
7770632
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Aug 26, 2015 8:45

Re: engine swap untuk cherokee

Post by 7770632 »

Gampang di Bandung tepatnya Pintu Tol Pasir Koja Belok Kiri, di Sebelah Dealer Isuzu yang berada di Holis hanya sekitar 300 m\eter, terdapat bengkel spesialis ganti mesin jeep. Hanya satu satunya, bengkel besar tersebut. Saya lupa namanya. Untuk mesin yang cocok untuk siroque adalah chevrolet luv diesel, di Bandung-Jatayu dapat dirakit mesin diesel apa saja, Bengkelnya kebanyakan dari IPTN yang di PHK. Silahkan dicoba
:big_peace:
Hajirus
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Aug 28, 2015 6:48

Re: engine swap untuk cherokee

Post by Hajirus »

Sy udah coba engine swap 1kz ke cherokee limited 94. Ok tuh...
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: engine swap untuk cherokee

Post by firawan6275 »

Om Hajirus,,bagi cerita hasil swapnya dong...
ozoy22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Mon Mar 14, 2016 15:28

Re: engine swap untuk cherokee

Post by ozoy22 »

lg ngimpiin crq 94 warna biru glossy yg di iklan olx.. swap engine avanza.. :big_slap:
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: engine swap untuk cherokee

Post by firawan6275 »

mekov wrote:
firawan6275 wrote:
billyd1773dz wrote:[quote="firawan6275"

Sekarang gimana caranya supaya nggak terlalu boros..1 masalah lain yang bikin boros transmisinya nih...sekarang sedang trend 42ner pasang valve body kit transgo...denger2 nih kit juga cocok dengan AW4. ADa 2 jenis

cekidot :
http://www.transgo.com/products.php?prd ... ntview=Yes

Yang pertama SK340, fitur yg ditawarin yg berpotensi bikin irit "reduce TCC (torque converter lock up) slip & overheating". Ini nih yang bikin boros BBM dan engine temperatur panas secara transmisi juga numpang coolingnya sama engine.

Yang kedua 340-HD2...ini buat performance, klo nggak salah di Jakarta udah ada yg sediakan plus dyno. Sekitar 5 jt... minta juga pasang sendiri karena kitnya di ebay sekitar 2,5 jt udah masuk ongkir. Cuma nggak bisa tahu pas peningkatannya karena nggak di dyno. Mau bawa dyno jauh banget dari Medan ke Jakarta..he3x.

ADa Cherokee owner yang sudah coba kah? Colek Bro Billy... :e-whistle:
Colek om mekov wkwkwkwk


Nyobain ciloqny ome mekov kemarin sih muantap gb nya hahaha

:beer:
Colek Om Mekov juga ahh..
Hallo Om Firawan, Hallo Bill...

Hush jangan culak - colek... Bukan Muhrim.. :mky_01:

Kebeneran ane pake Transgo 340-HD2 di cherokee ane.. Pengaruh yang paling kerasa pake transgo justru di fun to drive nya.. Shifting gear nya malah lebih lembut tapi torsi lebih tersalurkan ke roda dibanding std nya.. Pengaruh ke FC ngga terlalu signifikan, dari asalnya 1:6km jadi 1:6.5km (premium) lalulintas campuran... Transgo nya masukin sendiri ngga lebih dari 1.3jt waktu itu, dipasangin sama temen dan bantuan om billy cost nya ngga lebih dari 2,5jt deh... :big_peace:

Ane malah ngebet pengen punya cherokee pake mesin 2KD.. Gara2 pecicilan di hutan dan ngerasain FC drop jadi 6:1 :big_slap: bawa bensin cadangan 20liter masi tetep kurang :big_slap:[/quote]

Hihihi..

Saya cuma coba Transgo SK340..masih sayang hilang speed 2 karena speed 2 Torque Converter masih lockup jadi masih ada engine brake klo turunan. Klo pakai Transgo 340-HD2 speed 2 hilang, pakai 3 terpaksa sekali-sekali ngerem klo turunan curam nggak mungkin dihajar 1.

Setelah install SK340 lumayan sih..dari dalkot 1:3,5 km/liter kondisi macet kota Medan jadi 1:4 kn/liter pakai premium. Enaknya shifting lembut, nggak ada sentakan seperti biasanya. Kayaknya Torque Converter lebih baik responnya jadi kurang slipnya.

Klo saya pribadi nggak masalah Cherokee pakai Diesel, wong di luar ada versi Diesel pakai VM Motori...cuma memang harus diacak-acak kalau pake Diesel Electronic Common Rail...hilang juga raungan knalpot khasnya walaupun diganti siulan suara Turbo.

Saya mending optimalkan fumgsi Rem dan kaki-kaki deh...he3x