Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Posted: Mon Oct 31, 2011 13:46
Ngotot amat API SM? GV dicekokin SL bukannya masih rekomen mods?
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Utk mesin keluaran 2001 hati2 pake oli dgn API SM, cek dulu valvetrain udah roller rocker arm / belum, jika sudah RRA maka monggo pake API SM, jika belum maka pakailah API SL atau SJ.imsus2c wrote: saya sekarang pake H-tech Plus 5w30, awalnya agak takut2...secara mobil sudah masuk tahun ke 10 dan odo saat itu 160.000an, tapi saat odo 120.000an pernah dibongkar buat porting polished dan sebelumnya pake 10w40. Setelah jalan 2500an KM, dicek dari dipstick, oli masih level normal, tdk ada gejala pengurangan...jadi mikirnya aman, clearance mesin masih sanggup pake 5w30
bunyi mesin jg tdk lebih kasar dibanding saat pake 10w40, tapi tarikan mesin jadi entengan dan FC ada perbedaan meski ga bombastis.
lain kali minta dibikin di vietnam...Nightster Guy wrote:Mods Santa Fe....
Kantong OB mikir2 beli 6100 Synergie, secara dia made in Prancis mods....
rasanya yg synergie 6100 masih terjangkau buat meneer lhaa...Abu2 wrote:imsus2c wrote: saya sekarang pake H-tech Plus 5w30, awalnya agak takut2...secara mobil sudah masuk tahun ke 10 dan odo saat itu 160.000an, tapi saat odo 120.000an pernah dibongkar buat porting polished dan sebelumnya pake 10w40. Setelah jalan 2500an KM, dicek dari dipstick, oli masih level normal, tdk ada gejala pengurangan...jadi mikirnya aman, clearance mesin masih sanggup pake 5w30
bunyi mesin jg tdk lebih kasar dibanding saat pake 10w40, tapi tarikan mesin jadi entengan dan FC ada perbedaan meski ga bombastis.
Di level 10w40, banyak keluaran dari motul, saya sendiri sampe bingung
tapi jika mau yg "bagus", pakai yg seri synergie, yg saya lihat di synergie 6100, itu oli masih 10w40 dan keterangannya technosyntese alias semi sintetis.
Tapi harga per Liternya sama atau sedikit lebih mahal dibanding H-Tech plus yg visko-nya 5w30 dan ada keterangan "100% synthetic"
Konon sih, base oil-nya synergie 6100 memang bagus dan mahal dan konon lagi, ada kandungan esther-nya, entah bener entah engga...
Kalau yg mau lebih yahud lagi buat harian, pakai yg x-cess 8100
Atau ini:
http://ew5.earlweb.com/recommendations. ... 7&brand=45
set dah, yg 6100 synergie aja dah gak kuat, apalagi yg kayak di list itu, DC nya ntah berapa, trus available ndak ya di Indo..
dha ah..untuk sementara HX7 aja dulu...
infonya pak turbo,Turboman wrote:Utk mesin keluaran 2001 hati2 pake oli dgn API SM, cek dulu valvetrain udah roller rocker arm / belum, jika sudah RRA maka monggo pake API SM, jika belum maka pakailah API SL atau SJ.imsus2c wrote: saya sekarang pake H-tech Plus 5w30, awalnya agak takut2...secara mobil sudah masuk tahun ke 10 dan odo saat itu 160.000an, tapi saat odo 120.000an pernah dibongkar buat porting polished dan sebelumnya pake 10w40. Setelah jalan 2500an KM, dicek dari dipstick, oli masih level normal, tdk ada gejala pengurangan...jadi mikirnya aman, clearance mesin masih sanggup pake 5w30
bunyi mesin jg tdk lebih kasar dibanding saat pake 10w40, tapi tarikan mesin jadi entengan dan FC ada perbedaan meski ga bombastis.
Atau nanti sekalian pakai API SN, krn dia ada Phosphorous retention-nya.
mengapa ? Search di google : API SM - ZDDP - Flat tappet
Paling pasti sih buka valve Cover, diliat lgs atau minimal liat model rocker arm-nya di parts katalog.imsus2c wrote: infonya pak turbo,
meski saya juga ga yakin 100%, tempo hari waktu buka daleman mesin, kayaknya rocker-nya uda yg pakai lubang (roller), apalagi lihat di katalog partsnya, ada item untuk rocker assy...
diluar itu, hyundai sekarang juga jualan genuine oil (HGMO) di BeRes mereka (meskipun saya belum pernah pake HGMO), tapi kalau saya lihat, api service-nya juga udah SM...
tar deh coba saya pastikan tanya2 lagi...apakah rocker udah pake roller atau flat bed
nah itu dia pak, waktu dulu buka mesin buat port+polished, saya lupa2 ingat...Turboman wrote:Paling pasti sih buka valve train, diliat lgs atau minimal liat model rocker arm-nya di parts katalog.imsus2c wrote: infonya pak turbo,
meski saya juga ga yakin 100%, tempo hari waktu buka daleman mesin, kayaknya rocker-nya uda yg pakai lubang (roller), apalagi lihat di katalog partsnya, ada item untuk rocker assy...
diluar itu, hyundai sekarang juga jualan genuine oil (HGMO) di BeRes mereka (meskipun saya belum pernah pake HGMO), tapi kalau saya lihat, api service-nya juga udah SM...
tar deh coba saya pastikan tanya2 lagi...apakah rocker udah pake roller atau flat bed
HGMO API SM, yah krn mereka utk memenuhi kebutuhan mesin2 Gasoline Hyundai keluaran 2006 ke atas.
Apapun merek mesinnya kalau belum RRA teteuuppp gunakan API SL aja maksimal.........bahkan ane baca di forum2 luar user2 yg miara mesin2 tahun lama byk yg pake oli Diesel API CI-4 scr ZDDP nya masih cukup tinggi.
kalo sayah sih misal ada suatu jenis oli yg sama en masih ada stock API SL maka ane akan pilih yg SL instead of SMNightster Guy wrote:Ngotot amat API SM? GV dicekokin SL bukannya masih rekomen mods?
info yg sangat mencerahkan dan bergunaTurboman wrote:kalo sayah sih misal ada suatu jenis oli yg sama en masih ada stock API SL maka ane akan pilih yg SL instead of SMNightster Guy wrote:Ngotot amat API SM? GV dicekokin SL bukannya masih rekomen mods?
API SM = utk perlindungan Cat Conv, akhirnya ZDDP dikebiri sampe 800 ppm aja
API SL ZDDP nya masih 1000 - 1100 ppm, SJ lebih tinggi lagi dikit
ZDDP ini sgt penting utk perlindungan komponen valve train.
Kecuali nanti API SN / Dexos 1 dimana ZDDP 800 ppm tetapi ditambah zat SAPS retention sehingga teorinya zat zat penting utk perlindungan mesin gak akan ikut nguap dari oli selama pemakaian, juga mandatory perlindungan thd keausan komponen mesin, scr teoritis ada tambahan zat2 anti friction lain di luar ZDDP. Tapi gimana realita-nya juga kita masih belum tahu.
Bisa pakai oli yg meet LongLife standard spt MB 229.3 atau .5 / BMW LL-98 / LL-01 krn ZDDP nya masih 1000 an ppm, atau oli Diesel 10W-40 semi synth spt Shell HX-7 Diesel / Fastron 10W-40 yg MB 229.1 / ACEA A3 / API SL.imsus2c wrote: kalo mesin mitsu 4G63 pakai roller, berarti aman deh...tapi kalo pakai flat bed, berarti apes musti balik ke SL lagi, padahal cari oli SL sekarang sudah mulai susah
ok pak turbo, infonya lagi...Turboman wrote:Bisa pakai oli yg meet LongLife standard spt MB 229.3 atau .5 / BMW LL-98 / LL-01 krn ZDDP nya masih 1000 an ppm, atau oli Diesel 10W-40 semi synth spt Shell HX-7 Diesel / Fastron 10W-40 yg MB 229.1 / ACEA A3 / API SL.imsus2c wrote: kalo mesin mitsu 4G63 pakai roller, berarti aman deh...tapi kalo pakai flat bed, berarti apes musti balik ke SL lagi, padahal cari oli SL sekarang sudah mulai susah
Oli Diesel utk passenger vehicle boleh dipake ke bensin scr TBN paling cuman 10 an.
ada yg bilang, katanya HGMO juga OEM-nya idemitsuDOHC wrote:kalo susah... coba cekokin oli nissan genuine oil aja om... itu oli idemitsu yg semi syn dgn tingkatan 10W-30... dan masi API SL.... kalo HGMO, entahlah itu oli buatan mana, cuman yg jelas ane perna coba dan hasil nya cukup mengecewakan...
botol nya sehh mirip menner ama oli2 idemitsu... tp entahlah itu jenis oli apa... semi syn atau mineral... perna ane coba compare dgn NGO semi syn yg sama2 10W-30... terlihat kalo yg HGMO lebi keruh dan bau nya jg beda ama NGO... yg NGO lebi jernih dan bau nya lebi mirip ama petronas synthium 800 semi syn yg 10W-30...imsus2c wrote:ada yg bilang, katanya HGMO juga OEM-nya idemitsuDOHC wrote:kalo susah... coba cekokin oli nissan genuine oil aja om... itu oli idemitsu yg semi syn dgn tingkatan 10W-30... dan masi API SL.... kalo HGMO, entahlah itu oli buatan mana, cuman yg jelas ane perna coba dan hasil nya cukup mengecewakan...
Betul, bisa.......ane lom pernah coba en test oli tsb., soalnya di teritorry 5W40 Full Synth ACEA B4 / MB 229.3 saat ini gak ada yg lawan harganya Q8 Excel / Excel Diesel 5W40.....he heeimsus2c wrote:[
omong2, sedikit spin off, apakah pak turbo sudah test/review oli diesel Motul Specific CRDi Diesel? dgn spesifikasi (sesuai web motul) 100% synthetic, ACEA B4/API SL, visko 5w40
kalo lihat saran pak turbo diatas, kayaknya oli ini bisa buat alternatif pengganti...
hoo...gitu yah,Turboman wrote:Betul, bisa.......ane lom pernah coba en test oli tsb., soalnya di teritorry 5W40 Full Synth ACEA B4 / MB 229.3 saat ini gak ada yg lawan harganya Q8 Excel / Excel Diesel 5W40.....he heeimsus2c wrote:[
omong2, sedikit spin off, apakah pak turbo sudah test/review oli diesel Motul Specific CRDi Diesel? dgn spesifikasi (sesuai web motul) 100% synthetic, ACEA B4/API SL, visko 5w40
kalo lihat saran pak turbo diatas, kayaknya oli ini bisa buat alternatif pengganti...
Catatan : kalo dari 5W30 pindah ke 5W40 sih ada resiko tarikan jadi agak kerasa sedikit berat yahimsus2c wrote: hoo...gitu yah,
boleh ni dicoba saat ganti oli besok..., memang harganya si motul ini tinggian...
masalahnya saat ini saya belom nemu yg jualan Q8 (posisi di surabaya/semarang/solo)
sebenarnya sih iya pak, sdh cocok pake 5w30Turboman wrote:Catatan : kalo dari 5W30 pindah ke 5W40 sih ada resiko tarikan jadi agak kerasa sedikit berat yahimsus2c wrote: hoo...gitu yah,
boleh ni dicoba saat ganti oli besok..., memang harganya si motul ini tinggian...
masalahnya saat ini saya belom nemu yg jualan Q8 (posisi di surabaya/semarang/solo)
Kalo udah cocok dgn 5W30 bisa pakai Shell Helix Ultra AB / Petronas Syntium 3000 LL 5W30, itu ZDDP nya juga minimal 1000 ppm or more, TBN 10 an, bisa dipake jauh (LongLife).
Kalo mau yg ekonomis : Caltex Havoline Energy 5W30 API SL (kalo masih ada stock)
saya lihat di brosurnya: http://www.q8oils.com/uploads/com/broch ... r_oils.pdfTurboman wrote:Betul, bisa.......ane lom pernah coba en test oli tsb., soalnya di teritorry 5W40 Full Synth ACEA B4 / MB 229.3 saat ini gak ada yg lawan harganya Q8 Excel / Excel Diesel 5W40.....he heeimsus2c wrote:[
omong2, sedikit spin off, apakah pak turbo sudah test/review oli diesel Motul Specific CRDi Diesel? dgn spesifikasi (sesuai web motul) 100% synthetic, ACEA B4/API SL, visko 5w40
kalo lihat saran pak turbo diatas, kayaknya oli ini bisa buat alternatif pengganti...
Turboman wrote:kalo sayah sih misal ada suatu jenis oli yg sama en masih ada stock API SL maka ane akan pilih yg SL instead of SMNightster Guy wrote:Ngotot amat API SM? GV dicekokin SL bukannya masih rekomen mods?
API SM = utk perlindungan Cat Conv, akhirnya ZDDP dikebiri sampe 800 ppm aja
API SL ZDDP nya masih 1000 - 1100 ppm, SJ lebih tinggi lagi dikit
ZDDP ini sgt penting utk perlindungan komponen valve train.
Kecuali nanti API SN / Dexos 1 dimana ZDDP 800 ppm tetapi ditambah zat SAPS retention sehingga teorinya zat zat penting utk perlindungan mesin gak akan ikut nguap dari oli selama pemakaian, juga mandatory perlindungan thd keausan komponen mesin, scr teoritis ada tambahan zat2 anti friction lain di luar ZDDP. Tapi gimana realita-nya juga kita masih belum tahu.
SHU AB itu AC / DC......bisa utk Gasoline / Diesel scr dia MB 229.5 (Di Eropa Passenger Diesel MB pake standard LL yg sama), kalo di Jkt harganya sekitar 125 - 130 rb. / L. (di toko2 tertentu)imsus2c wrote: kalo yg SHU AB belom cek harga lagi, mungkin lebih mahal dari motul ya? eh, yg SHU AB diatas buat yg bensin atau diesel pak? secara saya lihat, yg SHX7 juga ada versi bensin dan dieselnya
looh...kan uda dikasih yg ga pusing2 buat cudoNightster Guy wrote:Rumit amad ni master2 milih oli......... OB pusiiiiiiiiingggggg................
imsus2c wrote:coba lihat ini meneer: http://ew5.earlweb.com/recommendations. ... 7&brand=45Nightster Guy wrote:Motul Multi Power Plus. Tapi SL keknya. Uda cukuplah mods buat GV. Itu nyang ane pakek di Cudo, mods.
ouw...brarti bener, yg SHU AB masih sedikit lebih mahal (dibanding motul crdi)Turboman wrote:SHU AB itu AC / DC......bisa utk Gasoline / Diesel scr dia MB 229.5 (Di Eropa Passenger Diesel MB pake standard LL yg sama), kalo di Jkt harganya sekitar 125 - 130 rb. / L. (di toko2 tertentu)imsus2c wrote: kalo yg SHU AB belom cek harga lagi, mungkin lebih mahal dari motul ya? eh, yg SHU AB diatas buat yg bensin atau diesel pak? secara saya lihat, yg SHX7 juga ada versi bensin dan dieselnya
Kalo HX-7 yg Diesel itu kemungkinan besar ZDDP nya masih 1000 an (API SL), kalo yg HX-7 Gasoline API SM.
Utk Q8 Excel Diesel sih since dia MB 229.3 kadar ZDDP nya masih 1000 an ppm mestinya, di test di D4 D jalan 8800 km kadar logam Fe dan Al yg terlarut jauh di bawah ambang batas, dimana D4 D itu flat tappet / non RRA, berarti zat antiwear-nya mencukupi.