Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Update :
Hari ini ke bengkel langganan ganti oli transmisi dan oli gardan.

Penasaran juga bagaimana bentuk oli yang uda 11 tahun gak dikuras.

Pas liat box penampungan hasil keluar dari transmisi, wuih... jadi serem sendiri. Itu oli sudah hitam pekat dan tingkat kekentalannya uda gak rata. Seperti ada gumpalan2 kecil kental gitu.
Pas dipegang pakai jari, rasanya lengket2 gitu.
Waduh.. bener2 penyakit ini barang. Gak tau da kalau gak diganti jadi apa.

Untuk sementara diputuskan mau diflush dulu itu daleman. Jadi pakaiin oli pertamina rored yang kemasan drum (35rb/ltr).

Transmisi kena 2 ltr, dan gardan juga kena 2ltr.

Wah... apa memang kapasitas oli transmisi dan gardan kijang kapsul segitu? Kok rasanya dikit banget ya?

abis ganti, tes jalan.
Pas pertama ganti gigi, ada suara “klek tak” gitu karena memang agak susah masuk dari gigi 1 ke 2. waduh... kok gini ya?
Positif aja mikir mungkin oli belum rata.
Dan benar aja. Setelah jalan kurang lebih 1km, baru deh kaget... wah... rasanya perpindahan gigi halus dan lancar sekali. Jauuhhh bedanya sama sebelum diganti.
Luar biasa ya ternyata pengaruh cairan yang 2 ltr itu.
Dan mikir, ini masih pakai oli murah yang gentongan, gimana lagi ya rasanya kalau pakai oli bagus?

Jadi gak sabar nunggu 100KM plus untuk kuras lagi itu oli transmisi dan oli gardan.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

kalo mnurut hemat ane... kayanya kalo mobil2 niaga jadul macam panther kijang gt... pake rored jg uda cukup... pengalaman dulu di panther ane pakein shell spirax ama rored... rasa2 nya sama aja... cuman beda di harga yg lumayan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

Gold Pocket wrote:
DOHC wrote:oli 15W-50 lebi kental sehh ketimbang oli 10W-40... otomatis lebi bisa mereduksi suara mesin... tp kalo ane sehh.. selama tidak terjadi penguapan oli yg berlebihan.. ane stick yg 10W-40... putaran mesin lebi ringan karena oli lebi encer, tarikan utk lari kenceng jg lebi yahudd.. walaupun di trade off dgn suara mesin yg agak kasar.. cmiiw
wah begitu pula ya om. memang selama ini sih sama sekali gak ada kebocoran ataupun penguapan oli yang berlebih alias malah gak pernah nambah oli sama sekali dari awal ganti sampai penggantian berikutnya.

jadi kalau sudah pakai yang mineral 15W50 ini, apa masih baik dan masih bisa balik ke magnetec yang 10W40?

apa dampaknya selain suara mesin yang agak garang?
kalo ga ada penguapan pake oli encer gt.. berarti jeroan dalem nya masi bagus om... anytime mau balik ke 10W-40 jg boleh... ga bakal ada efek negatif...

pake oli encer sehh otomatis suara mesin bakal lebi kasar dikit... tapi rasa2 nya ga ada pengaruh negatif ke mesin jg tuh... malah lebi bagus tuh... start up pagi2 oli jadi lebi cepet naik... kan keausan tertinggi mesin terjadi pas saat start up pagi2.. cmiiw..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

DOHC wrote:
Gold Pocket wrote:
DOHC wrote:oli 15W-50 lebi kental sehh ketimbang oli 10W-40... otomatis lebi bisa mereduksi suara mesin... tp kalo ane sehh.. selama tidak terjadi penguapan oli yg berlebihan.. ane stick yg 10W-40... putaran mesin lebi ringan karena oli lebi encer, tarikan utk lari kenceng jg lebi yahudd.. walaupun di trade off dgn suara mesin yg agak kasar.. cmiiw
wah begitu pula ya om. memang selama ini sih sama sekali gak ada kebocoran ataupun penguapan oli yang berlebih alias malah gak pernah nambah oli sama sekali dari awal ganti sampai penggantian berikutnya.

jadi kalau sudah pakai yang mineral 15W50 ini, apa masih baik dan masih bisa balik ke magnetec yang 10W40?

apa dampaknya selain suara mesin yang agak garang?
kalo ga ada penguapan pake oli encer gt.. berarti jeroan dalem nya masi bagus om... anytime mau balik ke 10W-40 jg boleh... ga bakal ada efek negatif...

pake oli encer sehh otomatis suara mesin bakal lebi kasar dikit... tapi rasa2 nya ga ada pengaruh negatif ke mesin jg tuh... malah lebi bagus tuh... start up pagi2 oli jadi lebi cepet naik... kan keausan tertinggi mesin terjadi pas saat start up pagi2.. cmiiw..
iya memang sama sekali gak ada pengurangan oli dari awal sampai pengisian berikutnya.
hmm.. kalau oli encer lebih bagus, jadi penasaran sama oli yang 10W30 or 5W30 or 5W40.
mungkin bisa lebih wuusshh ini kijang EFI ya :D
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by BADAK »

Wah hoax itu kalo ada yg bilang makin encer oli makin bagus. Bagus gak nya oli bkn dr viskositasnya. Lebih baek disesuaikan dgn kondisi mesin mbl nya aja. Misal panther saya diisi oli seharga 400rb jg mlh buang2 duit percuma, krn mesinnya cmn mnt spec oli sekelas meditran S. Salah2 pake oli trll encer malah bikin mesin cpt aus.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

encer atau kentel nya oli mahh cuman ngaruh ke gmana performa mobil tsb aj... logika simple aj, lebi kentel, otomatis putaran makin berat, tarikan pasti jadi lebi erat... kebalikan dgn encer...

kalo oli mahh sesuai kan dgn spek nya aja.. mau upgrade dari spek standard jg bole, tapi ga perlu ampe jauh dari yg standard pabrikan... sayang2 duit jg.. tohh ga guna di mesin tsb.. cmiiw...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by doq »

Gold Pocket wrote:Update :
Hari ini ke bengkel langganan ganti oli transmisi dan oli gardan.

Penasaran juga bagaimana bentuk oli yang uda 11 tahun gak dikuras.

Pas liat box penampungan hasil keluar dari transmisi, wuih... jadi serem sendiri. Itu oli sudah hitam pekat dan tingkat kekentalannya uda gak rata. Seperti ada gumpalan2 kecil kental gitu.
Pas dipegang pakai jari, rasanya lengket2 gitu.
Waduh.. bener2 penyakit ini barang. Gak tau da kalau gak diganti jadi apa.

Untuk sementara diputuskan mau diflush dulu itu daleman. Jadi pakaiin oli pertamina rored yang kemasan drum (35rb/ltr).

Transmisi kena 2 ltr, dan gardan juga kena 2ltr.

Wah... apa memang kapasitas oli transmisi dan gardan kijang kapsul segitu? Kok rasanya dikit banget ya?

abis ganti, tes jalan.
Pas pertama ganti gigi, ada suara “klek tak” gitu karena memang agak susah masuk dari gigi 1 ke 2. waduh... kok gini ya?
Positif aja mikir mungkin oli belum rata.
Dan benar aja. Setelah jalan kurang lebih 1km, baru deh kaget... wah... rasanya perpindahan gigi halus dan lancar sekali. Jauuhhh bedanya sama sebelum diganti.
Luar biasa ya ternyata pengaruh cairan yang 2 ltr itu.
Dan mikir, ini masih pakai oli murah yang gentongan, gimana lagi ya rasanya kalau pakai oli bagus?

Jadi gak sabar nunggu 100KM plus untuk kuras lagi itu oli transmisi dan oli gardan.
tahhhhhhh bener khan ane bilang juga apa?
dengan penggantian semua fluida saja pun, bakal sangat terasa perbedaan yg signifikan dibanding sebelum nya :mky_04:
11 taun booo' :mky_06:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Bener2 REKORNAS!!

Om Gold, semua dimari takjub, gimana Kijang anda itu bisa lolos dan selamat dari siksaan selama 11 taun gak dikasi makan tapi tetep bisa kerja HUAHAHAHAHA.... Itu gumpalan2 namanya 'sludge', om, itu hasil dari komposisi kimiawi oli yang udah rusak diabused oleh temperatur dan gesekan gear setelah lewat masa kerjanya.

SEBELAS TAUN BOOOOOOO.... Image

Fiuhhhh.... Sekali lagi bukti reliabilitas Kijang.. :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by doq »

Nightster Guy wrote:Bener2 REKORNAS!!

Om Gold, semua dimari takjub, gimana Kijang anda itu bisa lolos dan selamat dari siksaan selama 11 taun gak dikasi makan tapi tetep bisa kerja HUAHAHAHAHA.... Itu gumpalan2 namanya 'sludge', om, itu hasil dari komposisi kimiawi oli yang udah rusak diabused oleh temperatur dan gesekan gear setelah lewat masa kerjanya.

SEBELAS TAUN BOOOOOOO.... Image

Fiuhhhh.... Sekali lagi bukti reliabilitas Kijang.. :)
imho klo menurut ane apa yg dialami oom gold ini bisa dibilang bener2 langka..........satu diantara seribu, maka rasa nya kurang pas juga klo digeneralisir sebagai reliabilitas kijang umum nya :e-think: :frm_salut:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

doq wrote:
Gold Pocket wrote:Update :
Hari ini ke bengkel langganan ganti oli transmisi dan oli gardan.

Penasaran juga bagaimana bentuk oli yang uda 11 tahun gak dikuras.

Pas liat box penampungan hasil keluar dari transmisi, wuih... jadi serem sendiri. Itu oli sudah hitam pekat dan tingkat kekentalannya uda gak rata. Seperti ada gumpalan2 kecil kental gitu.
Pas dipegang pakai jari, rasanya lengket2 gitu.
Waduh.. bener2 penyakit ini barang. Gak tau da kalau gak diganti jadi apa.

Untuk sementara diputuskan mau diflush dulu itu daleman. Jadi pakaiin oli pertamina rored yang kemasan drum (35rb/ltr).

Transmisi kena 2 ltr, dan gardan juga kena 2ltr.

Wah... apa memang kapasitas oli transmisi dan gardan kijang kapsul segitu? Kok rasanya dikit banget ya?

abis ganti, tes jalan.
Pas pertama ganti gigi, ada suara “klek tak” gitu karena memang agak susah masuk dari gigi 1 ke 2. waduh... kok gini ya?
Positif aja mikir mungkin oli belum rata.
Dan benar aja. Setelah jalan kurang lebih 1km, baru deh kaget... wah... rasanya perpindahan gigi halus dan lancar sekali. Jauuhhh bedanya sama sebelum diganti.
Luar biasa ya ternyata pengaruh cairan yang 2 ltr itu.
Dan mikir, ini masih pakai oli murah yang gentongan, gimana lagi ya rasanya kalau pakai oli bagus?

Jadi gak sabar nunggu 100KM plus untuk kuras lagi itu oli transmisi dan oli gardan.
tahhhhhhh bener khan ane bilang juga apa?
dengan penggantian semua fluida saja pun, bakal sangat terasa perbedaan yg signifikan dibanding sebelum nya :mky_04:
11 taun booo' :mky_06:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

mungkin perlu panggil orang TAM nehh... lumayan kann jadi bahan iklan jualan... awet nya toyota gt lohh... :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Profith83 »

Gold Pocket wrote:
DOHC wrote: kalo ga ada penguapan pake oli encer gt.. berarti jeroan dalem nya masi bagus om... anytime mau balik ke 10W-40 jg boleh... ga bakal ada efek negatif...

pake oli encer sehh otomatis suara mesin bakal lebi kasar dikit... tapi rasa2 nya ga ada pengaruh negatif ke mesin jg tuh... malah lebi bagus tuh... start up pagi2 oli jadi lebi cepet naik... kan keausan tertinggi mesin terjadi pas saat start up pagi2.. cmiiw..
iya memang sama sekali gak ada pengurangan oli dari awal sampai pengisian berikutnya.
hmm.. kalau oli encer lebih bagus, jadi penasaran sama oli yang 10W30 or 5W30 or 5W40.
mungkin bisa lebih wuusshh ini kijang EFI ya :D
Ikut memberikan saran/perkiraan.
Sebaiknya sesuai spec karena ... mobil jaman sekarang lebih presisi dari jaman dulu artinya yang sekarang perlu olie yang encer.
Sedangkan mobil jaman dulu kurang presisi daripada jaman sekarang sehingga lebih cocok olie yang agak kental sebagai bantalan.

Kalau olie terlalu encer akan menyebabkan antar part mesin kurang bantalannya ...
kalau kurang bantalan dibuat lari kencang apa gak kendor semua yang akhirnya malah bisa menimbulkan kerusakan.
Memang olie encer lebih enak dan enteng ... TETAPI bantalannya jadi kurang (bantalan beda dengan kelicinan)
Sebaiknya disesuaikan spec mobil nya.

Kalau mobil yang sekarang memang diperlukan olie 10-40 bahkan ada yang malah harus 10-30

Jadi menurut saya 10-50 atau 20-50 lebih baik untuk mobil jaman dulu karena diperlukan agak kental sebagai bantalan karena mobil jaman dulu memang di desain seperti itu
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

doq wrote:
Nightster Guy wrote:Bener2 REKORNAS!!

Om Gold, semua dimari takjub, gimana Kijang anda itu bisa lolos dan selamat dari siksaan selama 11 taun gak dikasi makan tapi tetep bisa kerja HUAHAHAHAHA.... Itu gumpalan2 namanya 'sludge', om, itu hasil dari komposisi kimiawi oli yang udah rusak diabused oleh temperatur dan gesekan gear setelah lewat masa kerjanya.

SEBELAS TAUN BOOOOOOO.... Image

Fiuhhhh.... Sekali lagi bukti reliabilitas Kijang.. :)
imho klo menurut ane apa yg dialami oom gold ini bisa dibilang bener2 langka..........satu diantara seribu, maka rasa nya kurang pas juga klo digeneralisir sebagai reliabilitas kijang umum nya :e-think: :frm_salut:
sebenarnya saya sendiri juga bisa kaget setelah tau dan baca2 di forum ini. selama ini sih itu kijang kata ortu aman2 aja. AC dingin, tarikan bagus (sering bawa ibu2 isi full urusan cewek2) wakkka...

trus ya karena yang pakai nya cewek cuman tau isi bensin dan ikutin kartu oli di bawah steer. abis buku uda ilang.

oya lupa, selain oli dan bensin, tentunya gak bisa terhindar dari ganti baterai. sejauh ini kijang pakai baterai ke 3 sejak beli. artinya rata2 sebiji baterai bisa tahan 3+ tahun. padahal di dalam ada TV nya lo di depan.

kalau ditanya kenapa bisa tahan, saya sendiri juga gak tau. yang pasti gara2 pencerahan dari forum ini, jadi bener2 cerah deh.
saking cerahnya, jadi takut :d hahahah...

oya. apa benar oli gardan dan oli transmisi ini masing2 cuman 2 liter?

@om profith83 :
yang tergolong mobil lama itu tahun berapa ke bawah om?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

gardan ama transmisi emang sgituan om kapasitas nya... biasa satu galon 4 liter bisa dipake buat transmisi ama gardan...

btw ntuh busi ama belt2 apa kabar tuh om... 114 rebu kalo blom perna ganti busi ama belt2 jg.. ane kagumm ama mobil nt bener2.. :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

1 galon untuk gardan dan transmisi?
apa oli transmisi dan gardan boleh sama ya oom?

busi dan belt? hmm...
kalau busi sih harus cek dulu. soalnya kurang yakin juga dan agak ajaib kalau gak pernah ganti.
tapi kalau belt2 saya yakin belum ada yang diganti. soalnya biasa ortu suruh saya soal ganti2 kaya gitu.
dan baru tau juga kalau belt juga harus diganti sesuai jarak dari forum ini.

kalau gitu oot dikit ya :
belt2 apa aja ya yang perlu diganti di KM 146rb plus2?
mohon pencerahannya ya.
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

waahh.... :kaget: :kaget:
berarti benar cuman 2ltr untuk total kapasitas dalam transmisi dan dalam gardan?
gilaaa... luar biasa juga itu OLI cuman 2 ltr bisa tahan 11 tahun ya.

jadi penasaran kira2 dari pabrikan toyota pakai OLI merek apa dan spesifikasi apa ya untuk transmisi dan gardan mereka?

hmm... dan kalau liat kenyataan ini, harusnya oli mesin 10.000 Km itu sangat mungkin aman ya :)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

Gold Pocket wrote:1 galon untuk gardan dan transmisi?
apa oli transmisi dan gardan boleh sama ya oom?

busi dan belt? hmm...
kalau busi sih harus cek dulu. soalnya kurang yakin juga dan agak ajaib kalau gak pernah ganti.
tapi kalau belt2 saya yakin belum ada yang diganti. soalnya biasa ortu suruh saya soal ganti2 kaya gitu.
dan baru tau juga kalau belt juga harus diganti sesuai jarak dari forum ini.

kalau gitu oot dikit ya :
belt2 apa aja ya yang perlu diganti di KM 146rb plus2?
mohon pencerahannya ya.
1 galon itu 4 liter... biasa bengkel ga mau repot... hajar aja 1 galon buat transmisi ama gardan... tapi kalo mau bener yahh ikutin saran om turbo di page sblom nya...

busi sehh mending diganti aj om... belt jg smua nya diganti... belt mesin, alternator, ac, power steering... murah koq belt2 tsb... daripada ntar putus tengah jalan... padahal harga ga seberapa...

km sgitu sehh mending full check up dehh om mobil nya... ganti smua fluida, oli mesin, transmisi, gardan, coolant radiator, power steering fluid, rem... nahh trus ganti busi, belt mesin... mustinya sehh itu uda cukup mengembalikan kondisi mobil ke status prima...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

jangan lupa servs rem... ganti kampas rem nya... dan rasa2 nya 11 taon, ntuh seal2 di kaliper piston mustinya uda ga gt bagus.. darpada ntar macet atau stuck mendadak trus ban ngunci, ada baik nya diganti jg...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

oli mesin 10 rebu km itu musti liat jenis oli nya dan gmana kondisi traffic... kalo sering macet2 an atau rute pendek2 mulu trus pake oli nya cuman kelas semi synthetic atau oli mineral sehhh mendingan per 5000 km atau 6 bulan mana yg tercapai dulu... tapi kalo sering rute kluar kota trus pake oli full synthetic yg seliter harganya uda 100an rebu yahhh silahkan mau ampe 10 rebu km baru ganti... harga dan kualitas ga mungkin boong om... :mky_01: :mky_01: :mky_01:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

utk busi tokisul efi... ini kode nya...

- yg busi denso biasa kode nya W16EXR-U11
- kalo mau upgrade pake yg iridium, kode nya IW16
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
MikeToyota
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 308
Joined: Mon Sep 22, 2008 3:31
Location: Jl. Pecindilan 42
Daily Vehicle: Toyota Innova

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by MikeToyota »

mau tanya om2 semua disini ada rencana ganti oli bagus mana yah antara
idemitsu eco touring 10w40
vs
fk massimo RS 10w40
secara spek sih sama API SM/CF
sama2 semi synthtic juga
secara harga sih lebih mahal fk dikit :mky_01:
:thanks:
Toyota auto 2000 Pecindilan
Jl.Pecindilan 42 Surabaya
Michael
0812 8999 3900 / 081 759 3900
Info produk & harga Toyota: Klik Disini!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

ummm... itu idemitsu yg semi syn dan 10W-40 kayanya idemitsu extreme touring yahh om... eco touring kayanya yg 10W-30 dan ini oli mineral sehh...

btw ane dah perna pake 2 2 nya tuh.... dan saat ini ane pake yg FK massimo pulse RS 10W-40... mnurut feeling nubie ane... yg FK lebi enak bro... ane uda pake 4000an km per hari ini... respon mesin sehh mnurut feeling ane masi lumayan... tarikan jg masi lumayan... kalo idemitsu lebi cepet degradasi...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
MikeToyota
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 308
Joined: Mon Sep 22, 2008 3:31
Location: Jl. Pecindilan 42
Daily Vehicle: Toyota Innova

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by MikeToyota »

DOHC wrote:ummm... itu idemitsu yg semi syn dan 10W-40 kayanya idemitsu extreme touring yahh om... eco touring kayanya yg 10W-30 dan ini oli mineral sehh...

btw ane dah perna pake 2 2 nya tuh.... dan saat ini ane pake yg FK massimo pulse RS 10W-40... mnurut feeling nubie ane... yg FK lebi enak bro... ane uda pake 4000an km per hari ini... respon mesin sehh mnurut feeling ane masi lumayan... tarikan jg masi lumayan... kalo idemitsu lebi cepet degradasi...
iya bro maksudnya yang extreme touring maap2 salah ketik tadi :mky_01:
iya yang eco touring 10w30 itu mineral :mky_02:
jadi lebih rekomen yang fk RS ya bro
beli harga brp bro 1 galon nya RS? :thanks:
Toyota auto 2000 Pecindilan
Jl.Pecindilan 42 Surabaya
Michael
0812 8999 3900 / 081 759 3900
Info produk & harga Toyota: Klik Disini!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: hmm... dan kalau liat kenyataan ini, harusnya oli mesin 10.000 Km itu sangat mungkin aman ya :)
Kalo dari hasil test lab yg ane en teme2n ane lakukan pada oli2 semi synth 10W-40 hingga full synth 5W40 / 5W30 baik Diesel / Gasoline di KM 8500 - 10.000 rata2 oli2 tsb menunjukan data2 yg masih layak pakai, dengan catatan rentang waktunya gak lebih dari 8 - 10 bulan, kondisi mesin prima, BBM yg digunakan baik.

Data test ter-extrem yg ane pernah lihat = Oli Full Synth Diesel 5W30 dengan pemakaian 21.000 Km dalam rentang waktu 4 bulan di Fortuner Diesel, amazingly TBN nya cuman turun 2 angka !! (dari 12.1 ke 10.1), juga visc kinematic masih bagus, logam2 yg terlarut semua normal, hanya saja angka Fuel Dilution-nya agak overlimit & Soot di batas maksimum. Fuel Dilution diduga sering idle lama (macet / nunggu) kalo angka soot krn faktor akumulasi Km aja. BBM yg digunakan = mix Biosolar dengan DEX.

ada lagi 1 teman test oil Full Synth 5W30 MB 229.5 yg dipake 1,5 tahun di Yaris (mobilnya jarang jalan), walau gak lebih dr 10 rb. Km, saat hasilnya keluar angka TBN nya sudah di bawah 3 (TBN oli tsb saat baru sekitar 10).......pertanda oli tsb mengalami oksidasi dgn sendirinya di karter seiring berjalannya waktu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

mikehonda wrote:
DOHC wrote:ummm... itu idemitsu yg semi syn dan 10W-40 kayanya idemitsu extreme touring yahh om... eco touring kayanya yg 10W-30 dan ini oli mineral sehh...

btw ane dah perna pake 2 2 nya tuh.... dan saat ini ane pake yg FK massimo pulse RS 10W-40... mnurut feeling nubie ane... yg FK lebi enak bro... ane uda pake 4000an km per hari ini... respon mesin sehh mnurut feeling ane masi lumayan... tarikan jg masi lumayan... kalo idemitsu lebi cepet degradasi...
iya bro maksudnya yang extreme touring maap2 salah ketik tadi :mky_01:
iya yang eco touring 10w30 itu mineral :mky_02:
jadi lebih rekomen yang fk RS ya bro
beli harga brp bro 1 galon nya RS? :thanks:
di jakarta, ane kena 57 rebu per liter om... mo beli segalon 4 liter atau 1 liter, harga sama aja.. diitung per liter nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: