Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Hansen wrote:
Abu2 wrote:
Turboman wrote: Pake Mobilube HD 80W-90 aja utk Trans, gardan : Spirax 90 GL-5 asal benar2 tertulis GL-5 yah boleh pake.
*Kalo misal ganti oli di toko yg 1 jangan lupa poto2 yah.....xixixixixixi*
om Turbo, Suzuki GV untuk transmisi dan gardan, boleh pake GL 5 ndak ya?
pingin baca pendapat dari pakar Oli nehhhh...pleassssssse :e-pray:
biar habis sebotol ya? :upss:
oya jadi nyadar soal habis sebotol. kalau untuk kijang kapsul ini apa boleh pakai mobil 1 80W90 type HP yang GL5 untuk gardan dan transmisi sekalian, om turbo?
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Abu2 »

2 botol = 4 liter Sen, sisa dikit laahhh...kalo setiap ganti

dari awal beli dah pake gl5, pingin tau komen pakar Turbo yang jago Oli...heheheeh
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Nightster Guy wrote:
Om Turbo lagi di trid 21++ keknya. :mky_03:
Hampun bang......lagi sambil kerja en sesekali liat yutubnya 2NE1.........rada2 aneh yah itu 2NE1 :mrgreen:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: oya jadi nyadar soal habis sebotol. kalau untuk kijang kapsul ini apa boleh pakai mobil 1 80W90 type HP yang GL5 untuk gardan dan transmisi sekalian, om turbo?
Boleh
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Abu2 »

Turboman wrote: Pakem mengenai GL-4 utk Trans en GL-5 boleh dibilang berlaku Universal, kecuali utk kendaraan2 tertentu yg butuh spec khusus (see owners manual)

GV di manualnya diijinkan GL-5 juga nggak tulisannya ?

di manual book, sepertinya, gak ada tertulis di ijinkan ataupun dilarang..jadinya ane pinter2an aja pake spek GL-5 80-90 hypoid Gear untuk transmisi dan gardan. Kalo untuk gardan, di manual boook seingat ane memang ada tertulis GL-4 atau GL-5
cengana itu om turbo?
udah diskusi ama kepala montir di 3 BeRes, katanya gak papa, lebih bagus malah..tp suka ragu juga, Beres kadang suka menyesatkan
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by juanaxel »

Gold Pocket wrote:
Turboman wrote:
Gold Pocket wrote: wah... om turbo sarankan rored mtm 80W90 ya?
tapi gak sarankan shell 80W90. apa ini rored lebih bagus dari shell?

iya om. itu FK yang botol tinggi. tapi di botolnya ditulis matic. apa bisa masuk transmisi manual?

kalau mobil 1 80W90 GL5 gimana om?
Rored MTF jujur gak pernah coba, tapi spec nya bisa pake di Trans Kijang. Kalo Spirax 80W90 GL-4 yg sticker merah mmg benar2 gak enak.

FK Massimo nya 75W90 API GL-5 bukan tulisannya ? Botol silver en tulisan biru ? ada tulisan LS or LSD nya gak ?
Kok bisa dibilang Matic yah ? mana ada trans matic pake 75W-90 ?? :e-think: :e-think: :e-think:

Mobilube HD 80W-90 GL-5 spec nya diijinkan juga, bisa pake.
iya om. FK nya 75W90 botol silver. saya gak liat sih tulisan metic nya. cuman yang jual bilang matic. harganya 100rb/botol isi 1 liter.
berarti tranmisi 2.5 liter sekitar 250rb.

kalau yang mobil 1 80W90 GL-5 harganya 60rb/ liter.

mending yang mana ya om?

untuk gardan saya akan pakai spirax yang 90 GL5 saja. itu bagus kan?
Pengalaman kijang kapsul bensin saya dulu pake mobilube HD 80/90 untuk gardan dan trans nya. Selama 8 taon gpp tuh(tiap 20rb km ganti). Untuk produk pembersih bisa telp Toda lgs untuk delivery service. Atau master turbomen yg beliin di barter dgn foto nonik. Wkwkwk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Utk obat pembersih ruang bakar mestinya DCS Super EC dan G Zox di Medan ada yg jual, nanti sekalian beli tabung penghisap oli aja yg ada selangnya.

Sedaiakan 2 kaleng

jadi ngerjain scr manual :
- Panaskan mesin
- Buka busi
- Sembur obat ke lubang busi dgn jumlah cukup banyak
- Diamkan sebentar
- Sedot pake alat sedot sampe tuntas
- Jika obat masih ada ulangi lagi prosesnya
- Sesudah itu pasang lap / kertas koran dekat lubang busi dan cranking mesin sebentar spy sisa2 obat terdorong keluar
- Pasang kembali busi
- Beres
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by fernando_lim »

Gzox ada di ace hardware medan jln juanda tuh kalo ditoko2 part saya rasa ga ada yg jual soalnya udah pernah keliling pada bengong ditanyain gzoz atau dcs banternya cuma ada top1 n stp
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by fernando_lim »

Maaf ada yg berkenan membantu jawab pertanyaan saya sebelumnya beda oli motul power plus dgn multi grade plus ? Sama2 sae 10w-40 api sm tapi ga ngerti bedanya ada dimana,saat nanya petugas ace malah ga tau juga
Tq kalo ada yg mau membantu menjawabnya
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by imsus2c »

fernando_lim wrote:Maaf ada yg berkenan membantu jawab pertanyaan saya sebelumnya beda oli motul power plus dgn multi grade plus ? Sama2 sae 10w-40 api sm tapi ga ngerti bedanya ada dimana,saat nanya petugas ace malah ga tau juga
Tq kalo ada yg mau membantu menjawabnya
dari kemasannya ketauan kok oom,
kemungkinan perbedaan dari bahan base oil-nya

yg Multi Power Plus, lihat tulisan paling bawah di label, tercetak "Technosynthese" alias bahasa marketingnya Motul untuk oli semi sintetis
yg Multi Grade Plus, tulisannya "Mineral"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by imsus2c »

Turboman wrote:Utk obat pembersih ruang bakar mestinya DCS Super EC dan G Zox di Medan ada yg jual, nanti sekalian beli tabung penghisap oli aja yg ada selangnya.

Sedaiakan 2 kaleng

jadi ngerjain scr manual :
- Panaskan mesin
- Buka busi
- Sembur obat ke lubang busi dgn jumlah cukup banyak
- Diamkan sebentar
- Sedot pake alat sedot sampe tuntas
- Jika obat masih ada ulangi lagi prosesnya
- Sesudah itu pasang lap / kertas koran dekat lubang busi dan cranking mesin sebentar spy sisa2 obat terdorong keluar
- Pasang kembali busi
- Beres
pak turbo, mau nanya...sorry kalo konyol

- utk sedot obat dari ruang bakar tadi, alatnya berupa apa ya? secara diatas cuma ditulis "alat sedot"
- kalau sisa obat tidak bisa keluar semua, efeknya gimana?

omong2, konon pembersih semacam carbon cleaner ini merusak oli, jadi jika proses ini bareng ganti oli, disarankan carbon clean dulu baru ganti oli, benarkah demikian?

:thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by evolution21 »

Tambahan pertanyaan mengenai carbon clean
per brapa km kah yg pas utk melakukan cc?
saya pernah coba per 15rb km pun dah dekil banget padahal bbm dah pertamax terus
Oli jg per 5rb km ganti

ohya kalo diesel itu jg bisa carbon clean ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

imsus2c wrote: 1. - utk sedot obat dari ruang bakar tadi, alatnya berupa apa ya? secara diatas cuma ditulis "alat sedot"
2. - kalau sisa obat tidak bisa keluar semua, efeknya gimana?

omong2, konon pembersih semacam carbon cleaner ini merusak oli, jadi jika proses ini bareng ganti oli, disarankan carbon clean dulu baru ganti oli, benarkah demikian?

:thanks:
1. Kalo manual yah pake alat yg modelnya kayak yg buat masukkin oli gardan itu, yg modelnya kayak pompa balon
Kalo Spirit alatnya model kayak tabung kompressor kecil, prinsip hisapnya mirip spt alat vakum oli.

2. Makanya sebelum busi dipasang di cranking dulu sebentar......sudah pernah lihat orang nge - Spirit kan ? yah finishingnya sama aja.

3. Ya sebaiknya dilakukan sebelum kita ganti oli.
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by bivanos88 »

cara ngecek ketinggian oli mesin yang benar itu pada saat apa ya?
pas pagi"mesin belum start lalu dicek?
atau mesin dinyalain sebentar terus dimatikan, lalu dicek?

yang bener yang mana ya?
soalnya kl ane liat, dengan 2 cara tersebut setelah di cek ketinggian oli nya berbeda..
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by fernando_lim »

imsus2c wrote:
fernando_lim wrote:Maaf ada yg berkenan membantu jawab pertanyaan saya sebelumnya beda oli motul power plus dgn multi grade plus ? Sama2 sae 10w-40 api sm tapi ga ngerti bedanya ada dimana,saat nanya petugas ace malah ga tau juga
Tq kalo ada yg mau membantu menjawabnya
dari kemasannya ketauan kok oom,
kemungkinan perbedaan dari bahan base oil-nya

yg Multi Power Plus, lihat tulisan paling bawah di label, tercetak "Technosynthese" alias bahasa marketingnya Motul untuk oli semi sintetis
yg Multi Grade Plus, tulisannya "Mineral"
Kalo dilihat labelnya seh sama2 semi syn deh om imsus
Oya dr pengalaman seh carbon clean sendiri jgn pake top 1 deh terlalu keras bahan dasarnya
Stp pernah pake jg lumayan hasilnya
Sekarang pake megacool kalo carbon clean cuma susah dapet barangnya di medan
Temen temen forum ini dari medan sapa aja yah ? Kali aja kita bisa kopdar
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

bivanos88 wrote:cara ngecek ketinggian oli mesin yang benar itu pada saat apa ya?
pas pagi"mesin belum start lalu dicek?
atau mesin dinyalain sebentar terus dimatikan, lalu dicek?

yang bener yang mana ya?
soalnya kl ane liat, dengan 2 cara tersebut setelah di cek ketinggian oli nya berbeda..
Jelas, saat kondisi mesin dingin pada pagi hari om. Semua oli yang tadinya nongkrong di mana2 uda pada balik rumah di karter alias oil sump hehehe.... Itu kondisi kuntitas yang paling valid.

Kalo mesin dinyalain (walau sebentar) lalu dicek, pastilah, ketinggian di dipstick beda (lebih berkurang) karena uda ada sebagian oli yang beredar.
Das Beste oder nichts.
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by bivanos88 »

Nightster Guy wrote:
bivanos88 wrote:cara ngecek ketinggian oli mesin yang benar itu pada saat apa ya?
pas pagi"mesin belum start lalu dicek?
atau mesin dinyalain sebentar terus dimatikan, lalu dicek?

yang bener yang mana ya?
soalnya kl ane liat, dengan 2 cara tersebut setelah di cek ketinggian oli nya berbeda..
Jelas, saat kondisi mesin dingin pada pagi hari om. Semua oli yang tadinya nongkrong di mana2 uda pada balik rumah di karter alias oil sump hehehe.... Itu kondisi kuntitas yang paling valid.

Kalo mesin dinyalain (walau sebentar) lalu dicek, pastilah, ketinggian di dipstick beda (lebih berkurang) karena uda ada sebagian oli yang beredar.
berarti cara saya cek ketinggian oli selama ini sudah benar.
soalnya kemarin habis ganti oli, oli yg saya bawa sendiri katanya kurang.. dia menunjukkan dengan cara nyalain mesin sebentar terus dicek dan benar keliatan kurang..
tp besok paginya ane cek ternyata pas..

thx pencerahannya, keraguan ane hilang deh mau nambah oli atau ngga..
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

:wkkk:

Satu lagi, contoh mekanik oli yang ngawur binti sotoy, bro.... Selain tukang jual oli berpengetahuan parah di Siantar itu hahahaha....
Das Beste oder nichts.
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by bivanos88 »

mekaniknya itu bengkel langganan ane.. kebetulan selama ini sih selalu puas dengan diagnosa dia.. yg aneh cuma metode dia ngecek ketinggian oli aja.. huehue..

yg bikin ragu soalnya oli yg ane pake itu botolnya pake satuan quartz, bukan liter..
nah untuk ipah 1trfe ane masukin 6 botol.. makanya, kirain emang beneran kurang.. taunya udah cukup.. hehehe..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by imsus2c »

fernando_lim wrote:
imsus2c wrote:
fernando_lim wrote:Maaf ada yg berkenan membantu jawab pertanyaan saya sebelumnya beda oli motul power plus dgn multi grade plus ? Sama2 sae 10w-40 api sm tapi ga ngerti bedanya ada dimana,saat nanya petugas ace malah ga tau juga
Tq kalo ada yg mau membantu menjawabnya
dari kemasannya ketauan kok oom,
kemungkinan perbedaan dari bahan base oil-nya

yg Multi Power Plus, lihat tulisan paling bawah di label, tercetak "Technosynthese" alias bahasa marketingnya Motul untuk oli semi sintetis
yg Multi Grade Plus, tulisannya "Mineral"
Kalo dilihat labelnya seh sama2 semi syn deh om imsus
Oya dr pengalaman seh carbon clean sendiri jgn pake top 1 deh terlalu keras bahan dasarnya
Stp pernah pake jg lumayan hasilnya
Sekarang pake megacool kalo carbon clean cuma susah dapet barangnya di medan
Temen temen forum ini dari medan sapa aja yah ? Kali aja kita bisa kopdar
SMer dari Medan banyak kok...
Ada mods Hansen, Zombiee, Zweifellos, kadang2 mod Abu2, Henz entah siapa lagi...., rasanya kalo 10 orang lebih deh...
Rasanya dulu pernah ada trid kopdar medan....tapi kopdar-nya sendiri hoax tuh :mky_03:

untuk oli motul, sepertinya beda tulisannya...:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by imsus2c »

Turboman wrote:
imsus2c wrote: 1. - utk sedot obat dari ruang bakar tadi, alatnya berupa apa ya? secara diatas cuma ditulis "alat sedot"
2. - kalau sisa obat tidak bisa keluar semua, efeknya gimana?

omong2, konon pembersih semacam carbon cleaner ini merusak oli, jadi jika proses ini bareng ganti oli, disarankan carbon clean dulu baru ganti oli, benarkah demikian?

:thanks:
1. Kalo manual yah pake alat yg modelnya kayak yg buat masukkin oli gardan itu, yg modelnya kayak pompa balon
Kalo Spirit alatnya model kayak tabung kompressor kecil, prinsip hisapnya mirip spt alat vakum oli.

2. Makanya sebelum busi dipasang di cranking dulu sebentar......sudah pernah lihat orang nge - Spirit kan ? yah finishingnya sama aja.

3. Ya sebaiknya dilakukan sebelum kita ganti oli.
Tq info-nya pak...

Pengin coba juga nih... :mky_08:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Abu2 »

meneer Imsus, kalo gak salah, oli Motul yg 10-40, API nya masih API jadul yaa?

ehhh, ada yg report postingan ente tuh.... :big_weee:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Abu2 »

fernando_lim wrote:Sekarang pake megacool kalo carbon clean cuma susah dapet barangnya di medan
Temen temen forum ini dari medan sapa aja yah ? Kali aja kita bisa kopdar

kalo mau kopdar, kontek penguasa medan yang berasal dari medan coret om Lim...
panggilannya Jembie, rambutnya keriting, besaarrrr.....
:upss:
rencananya mau kopdar mini di bengkel sehat, dengan penguasa medan tsb....yuuuukkkkkk,
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Mods....

Motul Multi Power Plus sebotol kena berapa mods di region sana? Surabaya DC 75K, 4 bulanan lalu, RO terus deh di toko oli itu ane. GFE banget tacik tokonya. Overall score 9 deh....

:big_weee:
Das Beste oder nichts.
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by smgandi »

Nightster Guy wrote:Mods....

Motul Multi Power Plus sebotol kena berapa mods di region sana? Surabaya DC 75K, 4 bulanan lalu, RO terus deh di toko oli itu ane. GFE banget tacik tokonya. Overall score 9 deh....

:big_weee:
Tokonya namanya apa dan di jalan apa?
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi