Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by henz155 »

Siantar di sumatra kah oom?yg gadis cakep toko apa tu???
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Ya wes kalo begitu bisa pakai yg 80W90 aja, Transmisi Kijang mengijinkan pake GL-5

Utk Spirax setahun saya hampir semua GL-4, en sy gak rekomen spirax 80W-90 GL-4 yg botol en sticker merah.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Abu2 »

hahahhaaaa...mantap bang Goldpocket....
tukang durian di jalan kartini, pas di pertigaan masuk jalan jawa enak tuh, ndak tau masih jualan ato ndak sekarang....

Btw, apakah ada penampakan sang ibu muda dan penjual seksi? :mky_04: :mrgreen:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: Ada beberapa hal yang lucu saya rasa :
1. pada salah satu toko yang saya datangi, penjaganya seorang anak gadis cantik sekali. Pakai kaos lengan pendek yang agak ketat sehingga bentuk bodi dan detailnya ciamik hihih... trus pakai rok sedikit di atas lutut tapi masih sopan dan cukup buat panas.
Ditunggu potonya :mrgreen:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Yuukkkk training oli bersama kokoh kokoh dari Serayamotor........... :mky_01:

SOL
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Nomor hapenya tolong dioper ke ane bro, yang 'gadis cantik sekali pake rok mini kaus ketat' di poin 1 (sebelom keduluan om Kopat om VM :big_weee: ).

Yup, product knowledge para penjaga dan owner toko memang rata2 parah kok, basicnya gak ada, sistem getok tular aja denger2 dari mitos di jalanan, yang parahnya juga gak kalah ngawurnya.

Oli visko 40 diisi ke gardan? Luar biasa.

BTT, no HP nya, om! :big_smoking:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Nightster Guy wrote:Nomor hapenya tolong dioper ke ane bro, yang 'gadis cantik sekali pake rok mini kaus ketat' di poin 1 (sebelom keduluan om Kopat om VM :big_weee: ).
Hayuh cepetan ikut antri um NG.....mumpung si ak4ng belom liat :mrgreen:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Halah, paling2 om Turbo uda PM kilat ke om Gold. :big_weee:

Kesimpulan dari 3 toko:

1. Makin tinggi angka di kemasan oli, makin bagus. 140 itu 'lebih bagus' ketimbang 90, dst.
2. Angka2 di kemasan itu sama aja kok, mau 30-40-50-brapa kek ay dont ker yang penting laku, konsumen cepet beli.
3. Minyak rem ama oli transmisi sama gak y? Mohon pencerahan senior SM.

:wkkk:
Das Beste oder nichts.
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

@ om henz155 :
Iya bro.. siantar itu di sumatera utara kira2 pertengahan antara medan dan danao toba.
Itu gadis cakep adanya di toko oli jalan Merdeka bawah. Saya kurang ingat nama tokonya. Tapi kira2 dekat sanggup motor dealer motor yamaha.

@oom turbo :
Nah itu dia om. Spirax yang saya temui itu semua GL5. gak ada yang GL4. satu2nya GL4 yang ketemu itu oli Rored pertamina. Karena pertamina, makanya gak masuk radar 
Berarti pilihannya 80W90 GL5 antara mobil 1 atau FK (oli jepang kata penjualnya) ya om?
Antara 2 ini pilih mana?

Oya kenapa transmisi kijang mengijinkan pakai GL5?
Apa karena lebih durable?

Trus berarti juga ini oli transmisi bisa jadi satu dengan oli gardan karena sama2 gl5?
Soalnya ada yang jual 1 dregen 4 liter. Kalau memang bisa ya sekalian aja. Atau memang oli gardan harus yang 90 saja?

@oom abu2
Apanya yang mantab om?
Ini aja sampai puyeng nyarinya. Untung aja tadi naik roda 2 jadi bisa lebih cepat selip2.

Tukang durian di siantar banyak om. Biasa sih saya belinya dekat jalan gereja. Kalau lagi musim, banyak keluar tuh.

Wah... gak sempat foto om. Apa lagi pas yang ibu2 mudah, uda pengen keluar toko dan ngakak aja. Abis dibilang minyak transmisi sama dengan minyak rem.

Alamak. Heran juga saya kok para penjual oli di sini gak dibekali pengetahuan meski pengetahuan dasar sekali pun ya.

Jadi bisa dibilang kalau mobil yang ada di daerah2 itu memang mobil yang kuat harusnya. Karena peluang salah penanganan itu besar akibat ketidak tahuan.
Bayangkan aja terios dikasih oli 140 ke gardan. Itu ma jelas berat :d
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ilhami »

Turboman wrote:
Utk mesin keluaran 2001 hati2 pake oli dgn API SM, cek dulu valvetrain udah roller rocker arm / belum, jika sudah RRA maka monggo pake API SM, jika belum maka pakailah API SL atau SJ.

Atau nanti sekalian pakai API SN, krn dia ada Phosphorous retention-nya.

mengapa ? Search di google : API SM - ZDDP - Flat tappet
Kalau kijang kapsul EFI 2004 masih flattappet ?
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by henz155 »

Ente org siantar?awak di medan.wkt lebaran br ke prapat.haahaha
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:@ om henz155 :


@oom turbo :
Nah itu dia om. Spirax yang saya temui itu semua GL5. gak ada yang GL4. satu2nya GL4 yang ketemu itu oli Rored pertamina. Karena pertamina, makanya gak masuk radar 
Berarti pilihannya 80W90 GL5 antara mobil 1 atau FK (oli jepang kata penjualnya) ya om?
Antara 2 ini pilih mana?

Oya kenapa transmisi kijang mengijinkan pakai GL5?
Apa karena lebih durable?

Trus berarti juga ini oli transmisi bisa jadi satu dengan oli gardan karena sama2 gl5?
Soalnya ada yang jual 1 dregen 4 liter. Kalau memang bisa ya sekalian aja. Atau memang oli gardan harus yang 90 saja?
Rored MTF 80W-90 GL-4 boleh coba

FK Massimo 75W-90 GL-5 LSD yg botol tinggi tulisan ungu yah ? kalo harga masuk budget sih boleh2 aja dicoba.

Ya gak semua transmisi manual mengijinkan GL-5, Kijang mengijinkan, ini tergantung material komponen2 yg dipake.

Oli Gardan kalo yg mineral sebaiknya jgn lebih encer dr 80W-90, kalo transmisi manual Kijang mmg ditulis 75W-90 di buku manualnya.
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Huakakakakkaka....
Waduh... kocak benar.. saya sampai sulit ngetik karena ngakak... baca komentar2 di sini.

Nomor hp? Wah.. hati2 lo nanti bisa dipengaruhi isi oli 140 ke gardan mobil penumpang pribadi :d
Trus si dia ini suka yang besar. Soalnya katanya kalau angkanya BESAR, tarikannya juga mantab 

Tapi kalau yang ibu2 muda gak mau ah, tar silap2 minyak rem masuk pula ke mesin :d
Hahaha..

Serius mode :
Tapi bukan hanya 3 toko, rata2 toko yang saya datangi tidak memahami spesifikasi oli sebagaimana adanya. Bahkan banyak yang bingung waktu saya bilang soal GL5. mereka baru liat botol dan bilang apa sih ini? mampus..saya juga gak tau apa itu GL4 dan GL5.
Huakakaka...

Yang saya fikirkan sepanjang jalan pulang, kalau kondisi ini terjadi secara umum, dan dari statistik atas mobil2 yang paling bertahan lama puluhan tahun, kita bisa pastikan dan yakinkan kalau itu mobil memang badak (bukan om badak yang di sm ya :D ).
Bisa bertahan dengan perawatan yang salah (bukan hanya low perawatan).

@om turbo :
Konfirmasi om. Sudah cari pembersih deposit karbon di sini. Kagak ada yang kaya om bilang di page sebelumnya. Di sini cuman 2 macam aja.
1 jenis yang semprot lewat lubang saringan udara
Dan 1 lagi top 1 yang campur ke tangki bensin. Dua2nya sudah saya pakai sebelumnya. Apa itu sudah cukup untuk membersihkan deposit karbon?
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Turboman wrote:
Gold Pocket wrote:@ om henz155 :


@oom turbo :
Nah itu dia om. Spirax yang saya temui itu semua GL5. gak ada yang GL4. satu2nya GL4 yang ketemu itu oli Rored pertamina. Karena pertamina, makanya gak masuk radar 
Berarti pilihannya 80W90 GL5 antara mobil 1 atau FK (oli jepang kata penjualnya) ya om?
Antara 2 ini pilih mana?

Oya kenapa transmisi kijang mengijinkan pakai GL5?
Apa karena lebih durable?

Trus berarti juga ini oli transmisi bisa jadi satu dengan oli gardan karena sama2 gl5?
Soalnya ada yang jual 1 dregen 4 liter. Kalau memang bisa ya sekalian aja. Atau memang oli gardan harus yang 90 saja?
Rored MTF 80W-90 GL-4 boleh coba

FK Massimo 75W-90 GL-5 LSD yg botol tinggi tulisan ungu yah ? kalo harga masuk budget sih boleh2 aja dicoba.

Ya gak semua transmisi manual mengijinkan GL-5, Kijang mengijinkan, ini tergantung material komponen2 yg dipake.

Oli Gardan kalo yg mineral sebaiknya jgn lebih encer dr 80W-90, kalo transmisi manual Kijang mmg ditulis 75W-90 di buku manualnya.

wah... om turbo sarankan rored mtm 80W90 ya?
tapi gak sarankan shell 80W90. apa ini rored lebih bagus dari shell?

iya om. itu FK yang botol tinggi. tapi di botolnya ditulis matic. apa bisa masuk transmisi manual?

kalau mobil 1 80W90 GL5 gimana om?

@oom henz155 :
iya saya di siantar. wah.. bisa nih titip belikan dari medan. khususnya pembersih deposit karbon. om henz tau dimana ada jual itu di medan?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: wah... om turbo sarankan rored mtm 80W90 ya?
tapi gak sarankan shell 80W90. apa ini rored lebih bagus dari shell?

iya om. itu FK yang botol tinggi. tapi di botolnya ditulis matic. apa bisa masuk transmisi manual?

kalau mobil 1 80W90 GL5 gimana om?
Rored MTF jujur gak pernah coba, tapi spec nya bisa pake di Trans Kijang. Kalo Spirax 80W90 GL-4 yg sticker merah mmg benar2 gak enak.

FK Massimo nya 75W90 API GL-5 bukan tulisannya ? Botol silver en tulisan biru ? ada tulisan LS or LSD nya gak ?
Kok bisa dibilang Matic yah ? mana ada trans matic pake 75W-90 ?? :e-think: :e-think: :e-think:

Mobilube HD 80W-90 GL-5 spec nya diijinkan juga, bisa pake.
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by henz155 »

Waduh.klo itu2an ane kagak pernah pake oom.klo biasa ane pk se injector cleaner,ato power booster TOP1
Image
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Gold Pocket wrote:- CUT -

Serius mode :
Tapi bukan hanya 3 toko, rata2 toko yang saya datangi tidak memahami spesifikasi oli sebagaimana adanya. Bahkan banyak yang bingung waktu saya bilang soal GL5. mereka baru liat botol dan bilang apa sih ini? mampus..saya juga gak tau apa itu GL4 dan GL5.

- CUT -
http://finalube.com/reference_material/ ... gories.htm
GL-4
This designation denotes lubricants intended for axles with spiral bevel gears operating under moderate to severe conditions of speed and load or axles with hypoid gears operating under moderate speeds and loads. These oils may be used in selected manual transmission and transaxle applications. The manufacturer's specific lubricant quality recommendations should be followed.

Although this service designation is still used commercially to describe lubricants, some test equipment used for performance verification is no longer available. Procedures to define this performance are currently being reviewed for adoption by ASTM.

+GL-5
This designation denotes lubricants intended for gears, particularly hypoid gears, in axles operating under various combinations of high-speed, low-speed, high-torque, and shock-load conditions. Lubricants qualified under U.S. Military Specification MIL-L-2105E (formerly MIL-L-2105D) satisfy the requirements of the API GL-5 service designation. Performance test details are in ASTM Publication STP-512A, "Laboratory Performance Tests for Automotive Gear Lubricants Intended for API GL-5 Service."
API GL-5 quality gear lubricants possess adequate extreme pressure characteristics for essentially all automotive gear applications to prevent wear, pitting, scoring and ultimate gear failure, along with protection against oxidation, thermal degradation, rust, copper corrosion, foaming and water emulsification. API GL-5 oils are relatively equivalent to MIL-L-2105E gear lubricants (see below) and are the most widely used automotive gear lubricants in North America for automobile, truck, bus and heavy construction equipment applications.
:mky_01:
Das Beste oder nichts.
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Turboman wrote:
Gold Pocket wrote: wah... om turbo sarankan rored mtm 80W90 ya?
tapi gak sarankan shell 80W90. apa ini rored lebih bagus dari shell?

iya om. itu FK yang botol tinggi. tapi di botolnya ditulis matic. apa bisa masuk transmisi manual?

kalau mobil 1 80W90 GL5 gimana om?
Rored MTF jujur gak pernah coba, tapi spec nya bisa pake di Trans Kijang. Kalo Spirax 80W90 GL-4 yg sticker merah mmg benar2 gak enak.

FK Massimo nya 75W90 API GL-5 bukan tulisannya ? Botol silver en tulisan biru ? ada tulisan LS or LSD nya gak ?
Kok bisa dibilang Matic yah ? mana ada trans matic pake 75W-90 ?? :e-think: :e-think: :e-think:

Mobilube HD 80W-90 GL-5 spec nya diijinkan juga, bisa pake.
iya om. FK nya 75W90 botol silver. saya gak liat sih tulisan metic nya. cuman yang jual bilang matic. harganya 100rb/botol isi 1 liter.
berarti tranmisi 2.5 liter sekitar 250rb.

kalau yang mobil 1 80W90 GL-5 harganya 60rb/ liter.

mending yang mana ya om?

untuk gardan saya akan pakai spirax yang 90 GL5 saja. itu bagus kan?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: kalau yang mobil 1 80W90 GL-5 harganya 60rb/ liter.

mending yang mana ya om?

untuk gardan saya akan pakai spirax yang 90 GL5 saja. itu bagus kan?
Pake Mobilube HD 80W-90 aja utk Trans, gardan : Spirax 90 GL-5 asal benar2 tertulis GL-5 yah boleh pake.

*Kalo misal ganti oli di toko yg 1 jangan lupa poto2 yah.....xixixixixixi*
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Nightster Guy wrote:
Gold Pocket wrote:- CUT -

Serius mode :
Tapi bukan hanya 3 toko, rata2 toko yang saya datangi tidak memahami spesifikasi oli sebagaimana adanya. Bahkan banyak yang bingung waktu saya bilang soal GL5. mereka baru liat botol dan bilang apa sih ini? mampus..saya juga gak tau apa itu GL4 dan GL5.

- CUT -
http://finalube.com/reference_material/ ... gories.htm
GL-4
This designation denotes lubricants intended for axles with spiral bevel gears operating under moderate to severe conditions of speed and load or axles with hypoid gears operating under moderate speeds and loads. These oils may be used in selected manual transmission and transaxle applications. The manufacturer's specific lubricant quality recommendations should be followed.

Although this service designation is still used commercially to describe lubricants, some test equipment used for performance verification is no longer available. Procedures to define this performance are currently being reviewed for adoption by ASTM.

+GL-5
This designation denotes lubricants intended for gears, particularly hypoid gears, in axles operating under various combinations of high-speed, low-speed, high-torque, and shock-load conditions. Lubricants qualified under U.S. Military Specification MIL-L-2105E (formerly MIL-L-2105D) satisfy the requirements of the API GL-5 service designation. Performance test details are in ASTM Publication STP-512A, "Laboratory Performance Tests for Automotive Gear Lubricants Intended for API GL-5 Service."
API GL-5 quality gear lubricants possess adequate extreme pressure characteristics for essentially all automotive gear applications to prevent wear, pitting, scoring and ultimate gear failure, along with protection against oxidation, thermal degradation, rust, copper corrosion, foaming and water emulsification. API GL-5 oils are relatively equivalent to MIL-L-2105E gear lubricants (see below) and are the most widely used automotive gear lubricants in North America for automobile, truck, bus and heavy construction equipment applications.
:mky_01:
berarti GL5 itu untuk kerja berat seperti truk dan bus? sedangkan untuk kendaraan ringan sebaiknya pakai GL4?
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Turboman wrote:
Gold Pocket wrote: kalau yang mobil 1 80W90 GL-5 harganya 60rb/ liter.

mending yang mana ya om?

untuk gardan saya akan pakai spirax yang 90 GL5 saja. itu bagus kan?
Pake Mobilube HD 80W-90 aja utk Trans, gardan : Spirax 90 GL-5 asal benar2 tertulis GL-5 yah boleh pake.

*Kalo misal ganti oli di toko yg 1 jangan lupa poto2 yah.....xixixixixixi*
wakakakakakaka... siap om. saya coba tanya ke sana dia punya gak oli di atas. :D

oya, trus untuk pembersihan karbonnya, apa sudah cukup pakai top 1 dan injector clenaer yang disemprot lewat saluran saringan hawa?

oot :
ternyata om turbo suka gambar ciamik juga ya? :D

@henzz :
wah... di medan om henz juga cuman ketemu yang kaya gitu?
2 minggu lalu sih saya pakai 2 kombinasi itu. top 1 dan injector clenar.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Abu2 »

Turboman wrote: Pake Mobilube HD 80W-90 aja utk Trans, gardan : Spirax 90 GL-5 asal benar2 tertulis GL-5 yah boleh pake.
*Kalo misal ganti oli di toko yg 1 jangan lupa poto2 yah.....xixixixixixi*
om Turbo, Suzuki GV untuk transmisi dan gardan, boleh pake GL 5 ndak ya?
pingin baca pendapat dari pakar Oli nehhhh...pleassssssse :e-pray:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Gold Pocket wrote:berarti GL5 itu untuk kerja berat seperti truk dan bus? sedangkan untuk kendaraan ringan sebaiknya pakai GL4?
Pertanyaan saya oper ke om Turbo, pemilik situs 'Turboman Is The SM Oil Guy' huahahahaha nyaingin BITOG. Kabooooooooorrrrrrrrrr....

Om Turbo lagi di trid 21++ keknya. :mky_03:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Hansen »

Abu2 wrote:
Turboman wrote: Pake Mobilube HD 80W-90 aja utk Trans, gardan : Spirax 90 GL-5 asal benar2 tertulis GL-5 yah boleh pake.
*Kalo misal ganti oli di toko yg 1 jangan lupa poto2 yah.....xixixixixixi*
om Turbo, Suzuki GV untuk transmisi dan gardan, boleh pake GL 5 ndak ya?
pingin baca pendapat dari pakar Oli nehhhh...pleassssssse :e-pray:
biar habis sebotol ya? :upss:
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Abu2 wrote:
Turboman wrote: om Turbo, Suzuki GV untuk transmisi dan gardan, boleh pake GL 5 ndak ya?
pingin baca pendapat dari pakar Oli nehhhh...pleassssssse :e-pray:
Pakem mengenai GL-4 utk Trans en GL-5 boleh dibilang berlaku Universal, kecuali utk kendaraan2 tertentu yg butuh spec khusus (see owners manual)

GV di manualnya diijinkan GL-5 juga nggak tulisannya ?