Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Sudah lama ane mancari tau kenapa aki klo sdh diganti dari bawaan mobil itu umurnya tidak seawet dari bawaan mobil baru.

Sudah cukup bosan juga menanyakan kesana kemari mengenai hal yg sama tapi jawabannya tidak membuat ane puas, oleh sebab itu ane memutuskan untuk melakukan eksperimen sendiri guna mengetahui jawaban tsb.
Dengan dibekali oleh beberapa peralatan yg cukup sederhana dan kelinci percobaannye adalah aki basah, inilah kesimpulannye:
Pada aki baru sebaiknya di charge dulu sebelum dipakai guna mencapai kapasitas stroom yg maksimal / full charge, walaupun voltage menunjukkan angka di atas 12 volt sekalipun.
Pada tingkat ini aki bisa dipakai untuk starter mobil, tapi bisa mengakibatkan umur aki menjadi lebih pendek.
Tulisan spt ini sdh pernah saya tulis di beberapa tempat, salah satunya di sharing jumper aki yg benar, tapi nampaknya kurang mendapatkan perhatian.

Pembuktiannya adalah sbb: aki baru stl diisi aki zuur trus didiamkan sampai satu bahkan dua haripun tidak akan mencapai full charge, hanya mengandalkan charge dari alternator mobil guna mencapai full charge. Hal ini terbukti klo dilihat dg alat ukur yg bernama hidromoter (klo tdk salah nulisnye). Pada alat ini menunjukkan bahwa aki zuur maseh tawar (bhs sehari2nye). Supaya tidak tawar maka aki butuh di charge, supaya air akinye tidak tawar lagi.
Setelah di charge dan air akinye tidak tawar lagi, barulah aki tsb dipasang di mobil,en dapat dipastikan klo umur aki tsb akan lebih tahan lama lagi.

Nah, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pemake aki. ok.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Hansen »

topicnye ane pindahin ke Common Topics of Cars or Automotive yaa............... :e-whistle:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Hansen wrote:topicnye ane pindahin ke Common Topics of Cars or Automotive yaa............... :e-whistle:
ok boss. :thanks:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Selanjutnye:

Di plat2 aki lama kelamaan akan terjadi kerak ato disebut juga kristalisasi. Sebagai akibat dari penumpukan kerak2 ini, daya tampung stroom di aki semakin lama semakin berkurang, sampai pada suatu saat aki tidak dapat menampung stroom lagi sehingga mobil tidak dapat distarter. Kita menyebutnya aki mati.

Untuk menghindari hal ini, gw mempergunakan sejenis cairan pengawet aki. Cara kerja cairan ini adalah untuk mencegah atau mengurangi penumpukan kerak atau kristalisasi pada dinding plat aki, sehingga daya tampung stroom di aki akan selalu terjaga tergantung dari besarnya kapasitas aki tsb.

Alhasil dari beberapa mobil temen2 gw, didapatkan hasil umur aki di atas 3,5 th dan masih ok. Gw akan terus memantau sampai kapan aki tsb akan mati.

Ok, bro2 sekalian, nanti malem ane akan cerita lagi ato tulisan ini masih bersambung.
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by avansa »

Bro kerak yang di magsud apa sama dengan keputihan di aki. kalau masalah charge dulu baru di diisi aku paham dan sangat bisa menerima,dan itu adalah alasan teknis yang logis mengapa aki bawaan lebih awet dari aki penerusnya,aki bawaan pasti pemasanganya mengikuti prosedur yang benar.charge dulu baru isi air dan baru pasang,kebalikan dari aki penerus yang selalu mengandalkan ilmunya toko yang jualan aki,beli langsung pasang dan langsung bisa tancap gas.

Nah cairan pengawet aki yang bro Sjamsul magsud itu ramuan apa,saya dulu pernah mendapatkanya dan pernah ngebahasnya dengan Bro Andy tapi ,mungkin beda,
segera ya Bro tampilkan di sini.
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

@avansa:
bukan bro, keputihan yg saya maksud adalah yg terjadi pada cell2 / plat aki, jadi bukan pada kepala aki.
di tulisan ente tertulis charge dulu baru isi air, baru pasang. Mudah2 an ini salah tulis, krn yg benar adalah diisi air dulu, charge baru dipasang. Mengenai besarannya amper atau lamanya charge tergantung dari alat yg dipakai. Setelah ini akan gw bahas.

Cairan pengawet aki ini ber merk POWER BATT. Isi per botol 240 ml, jadi per lubang aki itu isinya 40 ml. Nah pada saat pertama kali aki akan dipakai, sebaiknya diisi cairan ini dulu, trus isi aki zuur, charge baru dipasang ke mobil. Menurut pengalaman gw hal ini bisa memperpanjang umur aki lebih dari 3 th. Saat ini baru mencapai rekor 3,5 th dan masih ok. Spt tulisan gw di awal, gw akan terus memantau sampai kapankah umur aki ini bisa bertahan. Menurut tm gw, ada aki yg bisa mencapai 7 th dan masih ok, tapi gw kaga begitu saja percaya. Makanya gw terus coba.
Dan pemakaian cairan ini hanya boleh diulang setelah aki berumur 2 th ato klau dirasakan aki kurang galak starternya. Jadi tidak boleh setiap saat ditambahkan, krn sifat cairan ini adalah seperti vitamin lah klo untuk manusia.ok.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by roadtrain99 »

gw pk aki yg amper nya lebih besar dari standardnya. Sejauh ini jarak ganti aki gw sekitar 3tahunan.
Biar aki thn lama:
jgn idupin audio/alat2 yg butuh listrik terlalu lama tanpa hidup mesin.
cek air aki, klo kurang tambah, jgn terlalu penuh. Sebaiknya antara batas minus/plus, supaya sewaktu suhu meningkat, air aki bs menguap/luber.
bila mobil jarang dipake, bawa aja muter2 2 kilo terus panasin bentar. kalo ditinggalin liburan, cabut kabel2 aki nya.
sesuaikan komsumsi listrik, klo demen car audio sound system yg jor2an, mendingan tambahin aki lagi. Jadi mobil tetep aman, at least mengurangi resiko tekor aki yg berakibat mogok.
Olesin gemuk di baut2 kutub -/+ nya utk mencegah karat, perhatiin mobil2 baru, pasti seperti itu.
Cek baut2 aki, bahaya kalo kendor bisa keluar api/kabel nya memanas.
Last edited by roadtrain99 on 26 Sep 2008, 22:15, edited 2 times in total.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Charger untuk aki.

Setiap kali gw mencharge ato menyetroom aki, gw pake charger merk Delta, kapasitas 5 amper. Alat ini bekerja secara otomatis, jadi klo stroom di aki sdh bertambah banyak, maka arus pengisian ke aki akan semakin kecil. Sebagai contoh: untuk aki tipe ns 40 (32ah) butuh waktu sekitar 12 jam untuk mencapai full charge, tergantung dari merk aki itu sendiri. Jadi dalam hal ini kita tidak usah dipusingkan dengan istilah yg bernama cranking power, dll. Tinggal charge aja dan klo sudah full, baru dipakai. Setelah ini gw akan bahas bagaimana mencegah ato mengurangi keputihan ato kerak pada kepala aki.

Minum kopi en ngeroko dulu ahh.....
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by roadtrain99 »

ada alat, bisa ditemuin di ace hrdware, semacam charger, tapi bentuknya agak kecil. Bukan charger, krn klo charger bisa isi aki dari kosong.
nah kalo ini fungsinya utk maintain daya listrik yg ada di aki itu. Istilahnya pemanas aki lah, jadi mobil yg jarang dipake, bisa panasin pake ini tanpa idupin mobilnya.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Mencegah timbulnya kerak pada kepala aki.

Seperti yg dituliskan bro roadtrain, kebiasaan kita ato bengkel2 manapun bahkan bengkel resmi sekalipun selalu melakukan hal yang sama. Tapi sangat disayangkan pencegahan timbulnya kerak pada kepala aki belum begitu memuaskan gw. Oleh sebab itu gw melakukan serangkaian penelitian sendiri yg didasarkan pada ketidak puasan thd keadaan yg ada.

Gw memperhatikan klo kerak putih yg terjadi di kepala aki dimulai dari bagian bawah kepala aki itu sendiri. Baru kemudian menyebar ke bagian atas kepala aki. Kalau dibiarkan, lama kelamaan akan mengurangi performance dari aki itu sendiri yg juga berakibat mobil tidak bisa distarter. Klo sdh begini kita bisa beranggapan klo aki tsb dah mati, padahal hanya kotor di kepala akinya saja. Siapa yg rugi?.

Untuk mengatasi hal ini, gw membuat pencegahannya. Pertama2 gw membuat ring dari kain kerah untuk menutupi terjadinya rembesan dari antara timah dan bodi plastik di kepala aki. Kemudian dilapisi dengan olie yg berguna untuk mencegah rembesan naik ke atas. Setelah itu dibuat lagi ring, kali ini dari plastik tipis yg gunanya sama dg kain kerah. Jadi ada 2 lapisan yg harus dilawan oleh rembesan air aki sebelum bisa menyerang kleman aki tsb.

Tapi gw ingatkan ya, tindakan gw ini belum bisa dianggap menuntaskan timbulnya kerak putih di kepala aki. Tapi hanya untuk mengurangi timbulnya kerak saja. Dan bahan2nyapun gw belum dapat yg bisa dianggap terbaik. Tapi diharapkan dg penemuan ini timbulnya kerak putih bisa dikurangi minimal jarak perawatan kepala aki menjadi lebih lama, shg waktu yg terbuang untuk perawatan kepala aki menjadi berkurang.

Gw menerima saran klo ada diantara bro2 sekalian yg mempunyai usul yg bisa gw coba.
Dan satu lagi jika ada yg berminat dg ring ini, gw akan coba berikan secara gratis.Tapi pertanyaannya adalah gw mesti kirim kemana?. ok.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

roadtrain99 wrote:ada alat, bisa ditemuin di ace hrdware, semacam charger, tapi bentuknya agak kecil. Bukan charger, krn klo charger bisa isi aki dari kosong.
nah kalo ini fungsinya utk maintain daya listrik yg ada di aki itu. Istilahnya pemanas aki lah, jadi mobil yg jarang dipake, bisa panasin pake ini tanpa idupin mobilnya.
Ace hardware nye di bagian mana bro, krn ane sering pergi ke ace hardware puri mall, tapi kaga tau klo ada alat ini.

Gw rasa alat ini adalah sejenis aki, butuh di charge juga, klo kaga alat ini dapat stroom dari mana?.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Percobaan di aki kering.

Pada aki sepeda motor gw, aki yg dipake itu aki kering (supra x 125). Setelah mtr berumur kira2 satu th, tuh mtr kaga bisa distarter tangan. Kmd gw berpikir kenapa ya?.
Lalu gw melakukan serangkaian percobaan. Pertama2 bodi aki bagian atas gw bor, untuk memasukkan cairan pengawet aki (6 lubang). Trus gw isi cairan ini sebanyak 5 ml tiap lubangnye & ditambahkan air aki sampai cell aki tertutup air. Kmd aki ini gw charge ampe full. Butuh waktu kira2 7 jam ampe aki ini full charge.
Sampai sekarang aki ini masih ok2 aja dah berumur hampir 3 th, padahal di mtr gw pake klakson keong nd dan ente2 pade tau sendiri klo jalan siang khan harus nyalain lampu depan nyang bearti juga memakan stroom lebih banyak khan?.
Jadi klo gw jalan siang hari pake mtr, trus ade orang nyebrang seenaknye, gw tinggal pencet aja tombol klakson, toettttttttt...toetttttttttttt, pasti dah tuh orang jadi ati2 nyebrangnye.

Pada mobilpun gw dah pernah melakukan hal yg sama & hasilnya juga cukup bagus.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

wah experimentnya extrem jg tu oom......aki kering d bor n d isi air aki trus d charge :e-think: .......trus kelanjutannya gmana tu oom? karena uda d isi air aki berarti perawatannya = aki konvensional dong? harus rajin ngecek level air aki?......


cmiiw klo setau saya, berdasarkan pengalaman.....aki kering ada pantangannya, yaitu klo kendaraan tdk d nyalakan dalam waktu agak lama, sekitar seminggu, maka cara pertama utk menyalakan motor tdk bole d idupin langsung sama starter tangan, tapi harus dengan kick starter.

bukannya apa2, aki kering lebih cepat "kosongnya" pada saat tdk ada pemakaian/recharge d bandingkan aki konvensional.misalnya 2 buah aki kering dan konvensional d tinggalkan dalam waktu 1 minggu, maka power yg hilang pd aki kering berkisar 40-50%.....sedangkan pd aki konvensional mungkin hanya sekitar 20-30%

naah.....kebayang khan klo dg sisa "tenaga" yg ada, tanpa ba-bi-bu langsung d pake nyalain starter motor yg notabene nyedot daya lumayan gede. apalagi motor yg d tinggal rada lama biasanya g bisa sekali starter langsung greeng.......biasanya butuh 2-3 kali starter baru bsa nyala tu.......ya modar de akinya :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
vLo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: 20 Sep 2008, 17:37

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by vLo »

@sjamsul : jd apakah krn faktor kelembapan udara jg bro?
"Those friends thou hast, and their adoption tried,
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."

- William Shakespeare
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

vLo wrote:@sjamsul : jd apakah krn faktor kelembapan udara jg bro?
sorry bro ane kaga ngarti maksud pertanyaannye, klo bisa tlg lebih jelas lagi nanyanye yah.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

doq wrote:wah experimentnya extrem jg tu oom......aki kering d bor n d isi air aki trus d charge :e-think: .......trus kelanjutannya gmana tu oom? karena uda d isi air aki berarti perawatannya = aki konvensional dong? harus rajin ngecek level air aki?......


cmiiw klo setau saya, berdasarkan pengalaman.....aki kering ada pantangannya, yaitu klo kendaraan tdk d nyalakan dalam waktu agak lama, sekitar seminggu, maka cara pertama utk menyalakan motor tdk bole d idupin langsung sama starter tangan, tapi harus dengan kick starter.

bukannya apa2, aki kering lebih cepat "kosongnya" pada saat tdk ada pemakaian/recharge d bandingkan aki konvensional.misalnya 2 buah aki kering dan konvensional d tinggalkan dalam waktu 1 minggu, maka power yg hilang pd aki kering berkisar 40-50%.....sedangkan pd aki konvensional mungkin hanya sekitar 20-30%

naah.....kebayang khan klo dg sisa "tenaga" yg ada, tanpa ba-bi-bu langsung d pake nyalain starter motor yg notabene nyedot daya lumayan gede. apalagi motor yg d tinggal rada lama biasanya g bisa sekali starter langsung greeng.......biasanya butuh 2-3 kali starter baru bsa nyala tu.......ya modar de akinya :mrgreen:
kira2 begitu doq, kira2 1 atau 2 bl sekali hrs diperiksa apakah airnya berkurang apa kaga, klo kurang ya ditambahkan air aki aja.

klo udah 1 mg kaga distarter gw kaga mo pake kick starter, krn bikin pegel kaki gw aja. So gw tetap pake starter tangan & alhamdulilah ampe sekarang kaga ape2 tuh.

Berdasarkan ape nt bilang gitu, apa dari voltage drop ato apa neh. Mungkin aja klo kaga pake ini vitamin aki bisa begitu, tapi dalam kasus ini khan gw dah pake vitamin aki, jadi si aki selalu dalam kondisi prima. hehehe......

Mangkenye klo dah lama kaga diidupin, pake ntuh alat yg bernama choke, trus gas 2 kali sebelum distarter, biasanye lgs ok tuh. Klo kaga bisa cuma berakibat stroomnye abis doank, bukan akinye jadi mate. So klo dah gini sering2 pake aja tuh mtr, ntar juga balik lagi kondisinye. ok
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

ya ya........kamsudnya stroom nya yg abis......protes mlulu ney ky mahasiwa aja :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

doq wrote:ya ya........kamsudnya stroom nya yg abis......protes mlulu ney ky mahasiwa aja :mrgreen:
sebagai propesssooor di bidang ini, ketelitian merupakan hal yg sangat mutlak guna memberiken jawaban nyang bener. Klo kaga teliti ntar ade nyang bilang gini lagi: Apa kata duniaaaa?. hehehe........... :weekk: :ngacir: :ngacir: ...
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

AAARRRRGGGGHHHHHHHHH ngeles aja Image


neeh terimalah..........pukulaaaaan maauuuuuttttImage
tendangaaaaaannnn maaauuuuutttttttImage
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by evolution21 »

kalo aki yang sudah di pasang volt stabilizer
umurnya bira tambah brapa lama yah? :e-think:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

evolution21 wrote:kalo aki yang sudah di pasang volt stabilizer
umurnya bira tambah brapa lama yah? :e-think:
hmmm, volt stabilizer. No command.

Umur aki bisa bertambah, yg gw dah coba sebaiknye dipakein ntuh vitamin aki. Tapi jangan klo aki dah mati baru dipakein, ndak efek. ok.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by y_anjasrana »

Umur aki bisa bertambah, yg gw dah coba sebaiknye dipakein ntuh vitamin aki. Tapi jangan klo aki dah mati baru dipakein, ndak efek. ok.
Ya iyalah, kalu aki2 udah meninggal ngapain juga dikasih vitamin. Kalu udah meninggal ya tinggal dikubur. Vitaminnya buat yg masih idup aja omm...

:drinking:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Di luar sm ini ada yg mempergunakan sejenis bubuk untuk memperpanjang umur aki, tapi pembahasannya menurut gw kaga begitu detail. Hanya kulitnya aja. Dan klo diliat dari cara pemakaiannya menurut gw sih kurang tepat. So, menarik buat gw untuk melakukan ekspermen lagi. Ntar klo dah dapat hasilnye gw akan coba tulis disini lagi deh.

Gw maseh penasaran ama alat nyang bernama volt stabilizer, krn dari yg gw baca keterangan / kegunaan alat ini kaga begitu jelas. Ntar mo coba ahhhh........., kali2 ajah alat ini bermanfaat.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

@avanza:

Bro, penjelasan ane cukup jelas apa kurang?. :e-think:
User avatar
vLo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: 20 Sep 2008, 17:37

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by vLo »

@ sjamsul : cukup jelas kok mnurut ane
"Those friends thou hast, and their adoption tried,
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."

- William Shakespeare
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post