apakah Catalytic Converter bisa Apkir ??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by Abu2 »

ahha..ha.h.a..lebarannya jauh bos, ke ujung sumatera yg paling atas...
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by Mogeman »

Article itu khan baru asumsi,blm dibuktikan secra ilmiah/real time,kehawatiran yg menurut sy terlalu terlalu berlebihan (maaf ya mak Rini,kalo beda pendapat )
Analisa:
Kalo CC katakan baru mencapai 300 -400 C belum bisa membakar kertas,daun kering ,dll bahkan kalaupun disiram bensin tdk akan menyala.Bahan2 yg mengandung unsur carbon membutuhkan suhu flash point yg lebih tinggi dari 400C.Itupun dgn bbp argument yg terlalu panjang kalo dibahas nanti pada males bacanya.

Jadi singkatnya,asmsikan suhu flash point itu di 800C . berarti suhu CC minimal harus 800C .
Silahkan lihat warnanya besi pada berbagai suhu di attch.
Bayangkan kalo CC aja bersuhu segitu, berarti mulai dari engine sampai di CC sdh berwarna merah. Rasanya sih enginenya udah meleleh duluan .

Ada satu kemungkinan kalo rpm engine sangat tinggi secara terus menerus dan cukup lama(masih bisa diperdebatkan lagi),pertanyaan sya apa mungkin dlm waktu 20 menit itu kita stationer dgn rpm begitu tinggi?

Maaf,Imho logis blm tentu realitis.
andy1800 wrote: ......lbh berasa paranoid nya .... :(
kalau pun nanti ada yg menenang2kan gw..... gw tetep akan belum bisa terima, sangking ngeri nya stlh membaca artikel yg memang logis itu.
Hahaha... ... sorry,dan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by nescafe »

untuk CC yg sudah dilepas, mengakali sensor2 yg berhubungan dengan CC tsb bagaimana yah?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by Mogeman »

nescafe wrote:untuk CC yg sudah dilepas, mengakali sensor2 yg berhubungan dengan CC tsb bagaimana yah?
Lambda sensor maksdnya?....ya pasang aja lage deket2 tmpt asalnya, bikin socket drat,las disaluran buang,pasang lagi sensornya.... beres dah.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by datsu »

nescafe wrote:untuk CC yg sudah dilepas, mengakali sensor2 yg berhubungan dengan CC tsb bagaimana yah?
CC itu komponen mekanis, bukan komponen elektronis, jadi bisa digantikan dengan apa aja... sensor2 tinggal dipasang lagi aja diujung2nya.. Kalo kata BK yang enak ngakalinnya, pake scott. Untuk yang close loop, sensor 1 taruh selepas header, sensor 2 setelah scott.. Yah, komputer mobil kan pinter.. nanti juga belajar sendiri...:D
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by andy1800 »

Mogeman wrote:Image

Kalo CC katakan baru mencapai 300 -400 C belum bisa membakar kertas,daun kering ,dll bahkan kalaupun disiram bensin tdk akan menyala.
Bahan2 yg mengandung unsur carbon membutuhkan suhu flash point yg lebih tinggi dari 400C.

Jadi singkatnya,asmsikan suhu flash point itu di 800C . berarti suhu CC minimal harus 800C .
Silahkan lihat warnanya besi pada berbagai suhu di attch.
Bayangkan kalo CC aja bersuhu segitu, berarti mulai dari engine sampai di CC sdh berwarna merah. Rasanya sih enginenya udah meleleh duluan .

Ada satu kemungkinan kalo rpm engine sangat tinggi secara terus menerus dan cukup lama(masih bisa diperdebatkan lagi),pertanyaan sya apa mungkin dlm waktu 20 menit itu kita stationer dgn rpm begitu tinggi?

Maaf,Imho logis blm tentu realitis.
andy1800 wrote: ......lbh berasa paranoid nya .... :(
kalau pun nanti ada yg menenang2kan gw..... gw tetep akan belum bisa terima, sangking ngeri nya stlh membaca artikel yg memang logis itu.
Hahaha... ... sorry,dan.
walah... gimana niih,....masa' ada anggota ngelewat depan markas kok nggak lapor2 dulu sama kumendan....?!... :e-doh:
jd nggak kepegang lagi deh.... dg santai lenggang kangkung, pasti desersi lagi dia....
:off_no:

kagak terima!
pokoknya masih parnoid....
ngejelasinnya musti sampai 7x dulu, baru bisa bikin gw mulai berubah pikiran & agak tenang...... :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle: :ngacir:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by Abu2 »

udha bang Andy, cabut aja CC nya....
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by esh »

tuju77 wrote:lepas CC tenaga malah lbh ok kan
Sedikit sharing mengenai melepas CC. Saya pernah melepas CC di Honda City 2004 IDSI matic atas anjuran dari GUT Surabaya dengan tujuan supaya tenaga meningkat. Menurut mereka, dengan mencopot CC masih bisa lolos uji emisi (yang ini saya belum pernah membuktikan). Memang penambahan tenaga di Honda City lebih terasa terutama di low rpm, dan konsumsi BBMnya sedikit lebih boros. (note: asap knalpot jadi lebih bau)
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by GTR »

IMHO, kalo mesin yg disetting paired dgn CC, harusnya susah dapet low-emissionnya;
bisa jadi lebih susah dari mesin yg memang standarnya tanpa CC.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by andy1800 »

makanya, di ujung kabel sensor itu inginnya gw pasang "dummy load"..... beban/sinyal palsu utk menipu ECU, spy engine bekerja dg asik2 saja ....
note: terusterang, sekarang ini, utk (very) low emissionnya, dan peningkatan tenaga, bukan menjadi prioritas pertimbangan gw...
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by GTR »

kalo lepas CC, apa ada kemungkinan ECU malah intervensi dgn cara "luar biasa" since assumsi ECU kan CC tetap ada (ECU men-detect perbedaan emisi signifikan besar),
kecuali di ECU memang ada "command" /feature running without CC.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by andy1800 »

ECU mendapat suatu data dari sensor di CC.... lalu mengolahnya (dan membandingkannya dg referensi yg diingatnya),....
lalu memberikan command kepada suplly (campoeran) BBM.

jadi, ada saja peluang, bila data dari CC nggak dia (ECU) dapat, maka command kepada campuran BBM nya bisa mengacau...

sehingga, disitulah perlunya suatu "sinyal palsu" kepada sensor itu, yg bilang kepada ECU: "hoy ECU,...emisinya is (always) very good !"
maka, itu akan membuat ECU utk berpikir: "okay kalau begitu....gw akan perintahkan suplly pencampuran BBM yg normal deh".

jadi, "dummy load" atau semacam piggyback ini, sebenarnya jg bisa dipakai meskipun bukan dlm rangka melepas CC.
jadi, kabel ke sensor CC bukan dicolokin ke CC...tp ke dummy load ini..
*note: gw bicara ini diluar hal-ihwal kepedulian lingkungan loh ya.

*posting angka agak cantik: 2400 *
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by esh »

Jadi apa sudah bisa disimpulkan CC boleh dilepas?
User avatar
mintblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Thu Sep 04, 2008 1:43

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by mintblue »

[quote="Mogeman"]

Jadi singkatnya,asmsikan suhu flash point itu di 800C . berarti suhu CC minimal harus 800C .
Silahkan lihat warnanya besi pada berbagai suhu di attch.
Bayangkan kalo CC aja bersuhu segitu, berarti mulai dari engine sampai di CC sdh berwarna merah. Rasanya sih enginenya udah meleleh duluan .

Ada satu kemungkinan kalo rpm engine sangat tinggi secara terus menerus dan cukup lama(masih bisa diperdebatkan lagi),pertanyaan sya apa mungkin dlm waktu 20 menit itu kita stationer dgn rpm begitu tinggi?

Maaf,Imho logis blm tentu realitis.

Jangan dicopot lah CC-nya. Masak gara2 artikel di blog jadi paranoid gitu. Gw lebih percaya dengan metode uji kualitas standar produsen mobil. Mereka nggak akan mau menghadapi tuntutan hukum dari konsumen yg dirugikan gara2 CC.
Yg ada, alat2 (yg katanya) penghemat BBM, bbrp kali bikin kebakaran. Kasus terakhir di kampus Labschool.

Jazz yang terbakar itu dinyatakan sumber api dari bagian depan. CC kan di belakang ya? Berarti bukan gara2 CC.

Setuju, Logis belum tentu Realistis.
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by inoz »

walah2 kok malah pada mau copot CC mblnya sih, ane sanagt sedih dg hal ini, ada racun apa neh ? :off_no:

ane sangat senang mobil2 sdh dipasangi CC dan motor sdh pada lolos uji emisi Euro2
ini adalah cara yang sangat efektif mengatasi global warming dan polusi udara perkotaan sebab sumber polusinya bergerak spt mobil dan motor jadi cara atasinya pd sumbernya, jadi sangat efektif, sebab sumber polusi yg lain seperti pabrik dan rmh tangga bisa diatasi dengan mudah seperti pake mesin pabrik yg ramah lingk dan bisa pake saringan di cerobong asapnya :e-wall:

ane tidak percaya klo suhu metal atau logam dalam CC hrs panas dg suhu segitu sekitar 800 der celsius, sebab ane pernah melakukan penelitian di prancis dan indonesia ttg polusi udara di daerah perkotaan
sumber dr kendaraan bermotor masih sulit dikendalikan disana, makanya pabrikan mobil diwajibkan pake CC
emang betul agar bisa berfungsi dg baik CC harus panas dulu, cukup pagi hr sebelum brangkat mobil dipanasin 5 menit, lalu brangkat itu sdh cukup memfungsikan CC dalam serap gas CO, SO2 dan partikel debu, apalagi tempat kerja kita khan gak ada yg kurang dari 30 menit perjalanan dari rmh ke knt.
Tapi sebaliknya di prancis, kebiasaan masy nya hanya pake mbl dari rmh ke knt sekitar 10 sd 15 mnt jadi pemakaian CC tdk efektif sb belum panas suhu metalnya, jadi bukan teknologinya tapi budayanya yg bikin beda, ini juga yg harus kita perhatikan.

please deh kita bantu dunia ini agar tidak semakin panas dan inilah cara kita slamatkan bumi tercinta kita, klo gak akan cepat mati bareng kita
klo yg kebakaran kmarin ane gak yakin itu dari CC
:off_team:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by esh »

Seharusnya kalau ada yang lepas CC diganti dengan tabung resonator, sebelum lepas diuji emisi dulu dan dyno test. Setelah tidak pakai CC diuji emisi lagi dan dynotest sehingga bisa dibandingkan selisih kadar COnya. Sehingga kita punya data yang valid tentang seberapa besar yang terpaksa dikorbankan dan seberapa besar yang kita dapatkan.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by edward »

Hm artikel yg menarik juga...

Di tanah gurun yg panas ini saya kok gak pernah dengar ada isu dg masalah CC ini yah?

Coba bayangkan situasinya:
Orang sini kalo mesen pizza,mereka gak mau turun dari mobilnya.Tetap ngendon didalam mobil dg AC nyala,bahkan bisa smp lbh dr 30 menit.
Bhk saya pernah liat,di musim panas ini,orang mau ngantri di bank dg mobilnya tertutup dan mesin masih nyala,sementara pemiliknya terlihat ngantri di depan teller.....saya yakin waktunya lbh dr 20menit juga!
Dan gak apa2.....

Kadang byk hal yg terlalu di besar2kan efek nya....sehingga menjadi semacam hoax di dunia maya.

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by GTR »

hmm maksud bro andy tetap closeloop & agar ecu tetap command secara natural yah.
kemungkinan ada yg memang bisa yah; tapi kemungkinan bukan jadi closeloop spt xeniavanza Non-vvti(tanpa CC & Openloop) dan xeniavanza vvti(dgn CC & closeloop) ;
Juga Limo(tanpa CC, sepertinya openloop) dan Vios (dgn CC / closeloop).
Otherwise, Limo & Vios tadi tetap sama2 closeloop tapi dgn konsekuensi kontrol emisi dari ecu jadi tidak ideal, since yg Limo cuma dilepas aja CC nya.
menurut info dari bengkel auto2k sih, krn Limo hanya beda di CC, lainnya sama dgn Vios.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by imsus2c »

edward wrote:Hm artikel yg menarik juga...

Di tanah gurun yg panas ini saya kok gak pernah dengar ada isu dg masalah CC ini yah?

Coba bayangkan situasinya:
Orang sini kalo mesen pizza,mereka gak mau turun dari mobilnya.Tetap ngendon didalam mobil dg AC nyala,bahkan bisa smp lbh dr 30 menit.
Bhk saya pernah liat,di musim panas ini,orang mau ngantri di bank dg mobilnya tertutup dan mesin masih nyala,sementara pemiliknya terlihat ngantri di depan teller.....saya yakin waktunya lbh dr 20menit juga!
Dan gak apa2.....

Kadang byk hal yg terlalu di besar2kan efek nya....sehingga menjadi semacam hoax di dunia maya.
yaah...pak edward, kan boil disana murah dan orangnya pada tajir hehehe... kalo rusak ato kebakar, bodo amat, tinggal beli baru kan hehehe....... :glodak:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by andy1800 »

mintblue wrote:
edward wrote:
inoz wrote:walah2 kok malah pada mau copot CC mblnya sih, ane sanagt sedih dg hal ini.
please deh kita bantu dunia ini agar tidak semakin panas dan inilah cara kita slamatkan bumi tercinta kita, klo gak akan cepat mati bareng kita
... dg mobilnya tertutup dan mesin masih nyala,sementara pemiliknya terlihat ngantri di depan teller.....saya yakin waktunya lbh dr 20menit juga!
Dan gak apa2.....

Kadang byk hal yg terlalu di besar2kan efek nya....sehingga menjadi semacam hoax di dunia maya.
Jangan dicopot lah CC-nya. Masak gara2 artikel di blog jadi paranoid gitu.
sebelumnya saya (sudah) minta maaf lebih dulu kepada para aktifis lingkungan.... :e-pray: :e-pray:
benar... ini betul2 menjadi dilematis bagi saya sendiri, yg tentu saja bukannya gak peduli samasekali dg lingkungan.

nah, masalahnya...
saya, utk khusus dalam hal ini dan kalli ini.... lbh memprioritaskan safety lbh dulu... bukan demi saya sendiri, tp demi our kids & family.

tentu saja, dengan sebuah harapan sangat besarrr kepada para expert dan peneliti, yaitu:
  • ## bisa segera menciptakan alat pe-ramah lingkungan yg baru, yg benar2 "bersih" dr efek samping kebahayaan. ##
saya sangat menunggunya,....
dan sementara itu, sebelum itu terciptakan, saya mohon maaf bila saya berminat utk melepas CC lbh dulu.
memang agak repot deh, menenangkan org yg mudah paranoid spt saya...... heuheheheee...


dan kebetulan,.... entah itu hoax atau apa...
tp artikel tersebut ditulis oleh seorang yg secara resmi adalah orang (Tunas) Toyota.

dan ini saya cross-reff ke (kalau bro2 juga suka mencermati apa yg ada di) buku manual (panduan operasi) mobil....
silakan dibuka (buku Pedoman Pemilik, Toyota punya), halaman 263..... huehehhee. page 263 di panduan pemilik mobil apa nih....
coba aja buka buku utk innova, avanza, vios, altis, dll deh... :mrgreen:
intinya, silakan dibaca di Panduan Pemilik pd bagian yg menerangkan ttg Catalytic Converter, baik type Three Way (bensin), maupun CC type standard (diesel)...

maka, faktanya, disana akan ada tanda seru, dg tulisan PERINGATAN:
  • "Jangan menghidupkan atau memarkir kendaraan Anda di atas sesuatu yg mudah terbakar seperti rumput, daun, kertas atau kain bekas"
dan
  • "Jangan membiarkan mesin berjalan pada putaran idle selama lebih dari 20 menit"

nah bro'ss... itu adalah resmi dari Toyota... once again: it is official statement !
okay, bagi para expert, mgkin warning itu tidak berarti apa2....
tapi bagi saya, sebagai awam, dimana salah saya, kalau menjadi parno akibat membaca hal tsb ??.... :roll: ... :(


then bro;ss, yg gw harapkan dg menayakan hal itu disini, adalah: mohon para expert memberikan alur logis (krn yg gw punya memang cuma logika), kenapa Toyota sampai "bersusah payah" memberikan warning semacam itu. apa dasar pemikirannya.. dan kira2 apa yg terjadi atau bagaimana menghindari kebahayaan yg ditimbulkannya, bila kita melanggar warning tsb....bukan cuma saran yg spt begini: "then, penuhi secara ketat saja, warning tsb".....atau: "andy, lupakan saja bahwa kamu pernah membaca waring tsb, krn itu adalah false warning"......

nah, kalau penjelasannya adalah masuk akal di kepala gw, maka gw pun akan terbuka,
dan kemudian penjelasan itu bisa menjadi reason buat gw, utk lbh menenangkan diri.


huehehhehe.... gitu bro'ss...kali'..... :mrgreen:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by Prive »

udah bos, ganti hybrid/electric car aja, ramah lingkungan masuk, non catalic juga masuk, he..he..
User avatar
Mogeman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by Mogeman »

Andy1800 wrote:saya, utk khusus dalam hal ini dan kalli ini.... lbh memprioritaskan safety lbh dulu... bukan demi saya sendiri, tp demi our kids & family.
nah...concern anda "demi our kids & family" itulah makanya diciptakan CC dan itu tdk murah dan pastinya sdh di lakukan R&D sblm diaplikasikan dan dilepas kekonsumen secara aman.Apalagi ini isu global jadi ngak mungkin mereka main2.
Rasanya dgn bgtu banyak mobil didunia,blm pernah saya denger ada yg heboh kebakaran gara2 CC.
Secara bercanda nih...mungkin selamat dari paranoid CC (Saya pribadi yakin ngak bakal menimbulkan kebakaran dlm kondisi nrmal) tapi mati perlahan akbat polusi dan global warming,kalopun hidup tapi sengsara.Jelasnya bisa baca efek GW deh.
The choice is yours...
Andy1800 wrote:maka, faktanya, disana akan ada tanda seru, dg tulisan PERINGATAN:
A. "Jangan menghidupkan atau memarkir kendaraan Anda di atas sesuatu yg mudah terbakar seperti rumput, daun, kertas atau kain bekas"
dan
B. "Jangan membiarkan mesin berjalan pada putaran idle selama lebih dari 20 menit"
A.Sebagai safety precaution,logis.Sesuatu yg "mudah terbakar" sebaiknya dijauhkan dari sumber panas.... tapi coba bayangan jarak antara tanah dng CC atau knalpot atau dengn sengaja berhenti diatas timbunan daun,rumput,kertas, kalaupun nempel tdk serta merta langsung menyala terbakar..dst...dst. ..... makanya logis tapi tdk realitis.

B. Justru itulah point dimana CC baru optmal bekrja setelah mencapai suhu tertentu,spt Inoz sdh jelaskan diatas.karena endapan gas buang bisa menyumbat CC(goog the web). Jadi yg menulis blog salah menginterprestasikan peringatan itu aja..cmiiw

Tentu CC ada pro dan con ,yg bisa kita elaborasi lagi tapi dlm kasus ini, sya yakin CC tdk akan menimbulkan kebakaran spt yg ditakutan diatas.Pastinya secara performance sedikit dikorbankan,nama juga ada yg "menghalangi" saluran gas buang dgn imbalan gas buang yg lbh bersih .
Walau sya tdk anjurkan dilepas ,tapi bicara teknis kalo mau "tipu"ECU... khan anda ahli elektronik, bikin aja analog voltage 0,2 - 0,8 volt buat ganti sensor lambda untuk deteksi kondisi lean/rich mixture, trus "feed" ke ECU ... tinggal atu deh pake potensio mau kondisi apa....atau pake pre setting voltage switch.
mintblue ,edward and inoz wrote:

Guys,kayaknya perlu bikin team MYTHBUSTER nih ... biar buktiin ketakutan kumendan itu ngak bener dan mitos2 lain yg sangat banyak ttg otomotif.... sehingga dgn senang sya bisa post lagi satu kata :off_good_job: "TOTALLY BUSTED !!"...

@andy1800
btw,bukan desersi dan, maklum tugas intelegen nih... You cant see me but
I can watch you.....hmmm.
User avatar
rambokampung
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Wed Jun 18, 2008 12:37
Location: Kampungnya Rambo

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by rambokampung »

Kayanya artikel tersebut Confirmed, thanks atas artikelnya benar2 musti aware jadinya.
Tapi mungkin kasus ini jarang terjadi di indo karena kan dikit rumput keringnya hehehe

Ternyata kasus ini benar sudah lama terjadi:
http://www.tceq.state.tx.us/implementat ... tfire.html
http://answers.yahoo.com/question/index ... 325AAcxy7w
http://auto.howstuffworks.com/question482.htm


Ini hasil googling gara2 cc:
http://www.signonsandiego.com/news/nort ... sfire.html
http://www.portlavacawave.com/articles/ ... news02.txt
http://www.msnbc.msn.com/id/26648467/

Bahkan Honda me Recall mobilnya gara2 cc:
http://www.egmcartech.com/2008/02/29/ho ... re-issues/
User avatar
rambokampung
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Wed Jun 18, 2008 12:37
Location: Kampungnya Rambo

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by rambokampung »

Image
Honda Element terbakar akibat parkir di rumput kering (Dry grass, hot catalytic converter.)
http://www.math.lsu.edu/~madden/

Artikel itu Confirmed? Atau ada yang mao ngetest dengan mobilnya sendiri? Hehehehe
Yang penting jangan berhenti dan nyalain mesin di tempat2 yang mudah terbakar
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Saya Ngeri ... ingin melepas Catalytic Converter aja deh

Post by nescafe »

nah.. misalnya kalau terjadi saat mengantri bensin? (misalnya antrian bensin sebegitu panjanganya seperti waktu itu)
oh noo.. :e-doh:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir: