Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

budi_gentle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Sep 26, 2007 16:00

Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by budi_gentle »

Gue mo ngebahas mslh suspensi jenis torsion beam & independent...

Knp Skrg kebanyakan mobil memakai konstruksi suspensi bagian blkg jenis torsion beam/axle daripada independent.... ???
(ex: Alphard, Altis, Yaris, City, Vios, dsb...) :shock:

Knp mobil mahal sekelas alphard dsb... masih ada yg memakai konstruksi torsion beam?? :shock:

gue agak alergi klo denger konstruksi suspensi ky gitu :mad:
coz gw speedfreak.... :mrgreen: :mrgreen:

Padahal suspensi jenis Torsion Beam kan plg dihindari oleh produsen mobil kelas atas kaya; BMW, Lexus, Audi, Ferrari, Porsche :capede:

Suspensi torsion beam memiliki kelemahan di mslh kenyamanan dan stabilitas, krn mobil yg menggunakan suspensi jenis ini pny tendensi limbung yg berlebihan, dan kalau lewat jln yg gak rata, bantingannya cenderung kekiri kekanan body mobilnya.. dsb dsb dsb....

ni perbandingan independent vs torsion beam/axle:
http://i244.photobucket.com/albums/gg13 ... mage29.gif

Silahkan post opini, pendapat, dsb dsb dsb mengenai Thread ini....

Regards :lol:
budi_gentle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Sep 26, 2007 16:00

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by budi_gentle »

Mbl Honda New Civic aja sampai skrg masih pake jenis full independent...
Cm kebanyakan marketing mbl tidak mencantumkannya di spec book.. jadi hrs tengok ke kolong sendiri....

Kebanyakan customer terjebak dgn spec Double Wishbone, MAchperson Strut, Multi-Link, dsb.....
Padahal yg harus diperhatikan adlah cara kerja suspensi mbl tersebut, apakah Full-Independent atau tidak...???

Double Wishbone, Multi-Link, Trailing Arm, Machperson, dsb gak ngaruh klo ud pake tipe Full-Independent...
itu kan cuma jenis lengan yg digunakan...

Klo Full Independent dipastikan tidak akan mengganggu kinerja suspensi lain.... karena roda + suspensi bergerak sendiri - sendiri...

ayo ayo ayo silahkan post opini, pendapat, bla bla bla....

:ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by Turboman »

budi_gentle wrote:Gue mo ngebahas mslh suspensi jenis torsion beam & independent...

Knp Skrg kebanyakan mobil memakai konstruksi suspensi bagian blkg jenis torsion beam/axle daripada independent.... ???
(ex: Alphard, Altis, Yaris, City, Vios, dsb...) :shock:

Knp mobil mahal sekelas alphard dsb... masih ada yg memakai konstruksi torsion beam?? :shock:
Supaya pabriknya tetep cuan donk oom. :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Alexander
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by Alexander »

budi_gentle wrote:Gue mo ngebahas mslh suspensi jenis torsion beam & independent...

Knp Skrg kebanyakan mobil memakai konstruksi suspensi bagian blkg jenis torsion beam/axle daripada independent.... ???
(ex: Alphard, Altis, Yaris, City, Vios, dsb...) :shock:

Knp mobil mahal sekelas alphard dsb... masih ada yg memakai konstruksi torsion beam?? :shock:

gue agak alergi klo denger konstruksi suspensi ky gitu :mad:
coz gw speedfreak.... :mrgreen: :mrgreen:

Padahal suspensi jenis Torsion Beam kan plg dihindari oleh produsen mobil kelas atas kaya; BMW, Lexus, Audi, Ferrari, Porsche :capede:

Suspensi torsion beam memiliki kelemahan di mslh kenyamanan dan stabilitas, krn mobil yg menggunakan suspensi jenis ini pny tendensi limbung yg berlebihan, dan kalau lewat jln yg gak rata, bantingannya cenderung kekiri kekanan body mobilnya.. dsb dsb dsb....
Menurut gw ga semua mobil bersuspensi torsoim beam itu limbung dan lemah dimasalah kenyaman, contohnya nissan Grand livina bersuspensi torsiom beam with stabilizer masih tetap nyaman dan stabil kok.
Tergantung racikan tangan - tangan dingin oleh engineer pabrikan.
pemilihan suspensi torsiom beam lebih murah ketimbang memakai indenpendent, tapi sekarang pabrikan sudah lebih pintar dalam meracik suspensi torsiom beam.
Get home safe, respect road rules !
budi_gentle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Sep 26, 2007 16:00

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by budi_gentle »

Apaan gue nyoba alphard pny temen trus pindah jalur...
ampuuuunnn rasanya pas duduk blkg limbung bgt... :mad: :mad:
Klo duduk depan mah gak begitu kerasa limbung.... krn independent..
Lah yg belakang kasian... boss boss yg beli alphard kan duduk blkg... :e-naughty:


Gak senyaman dan semantep harrier yg pake FISS deh pokoqnya.... :mrgreen:

That's Why mbl racing, rally, S-Class, Lexus... mana ada yg pake torsion beam/rear axle.... :e-dance:
Kecuali buat off-road.... :mrgreen:

Knp alphard gak dikasih FISS aja kaya nissan serena....?? padahal perbedaan harga antara torsion beam dan FISS gak akan terasa di kantung org yg bisa beli alphard.... :glodak:

:beer:
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by uch »

budi_gentle wrote:Knp Skrg kebanyakan mobil memakai konstruksi suspensi bagian blkg jenis torsion beam/axle daripada independent.... ???
(ex: Alphard, Altis, Yaris, City, Vios, dsb...) :shock:

Knp mobil mahal sekelas alphard dsb... masih ada yg memakai konstruksi torsion beam?? :shock:

gue agak alergi klo denger konstruksi suspensi ky gitu :mad:
coz gw speedfreak.... :mrgreen: :mrgreen:
Mungkin karena nggak semua konsumen mobil itu speed freak :d :D

Imho kekurangan dari torsion beam kayaknya "cuman" soal stabilitas. Kalo soal nyaman, belum tentu. Tergantung ramuan suspensi nya.

Badew, bukannya kalo udah double wishbone itu udah pasti fully independent..?
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by DhanZ »

elmunya belun nyampe sini deh... belun jelas banget
Seeing is believing[*][/size]
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by boilers »

Kalau untuk Yaris, Vios, dll sih jelas untuk cost cutting :) Bahkan Civic Hatchback Euro yang futuristic itu kalo engga salah masih torsion beam juga yah ?

Yg shocking juga Alphard ya, baru tau tuh saya hehe
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by GTR »

krn perkembangan teknologi, performa torsion beam saat ini maybe bisa setara independent 10 tahun lalu.
tapi performa independen (double wishbone) saat ini saya rasa juga sudah lebih advanced jauh, most sports sedan / performance car masih wajib pakai ini.
budi_gentle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Sep 26, 2007 16:00

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by budi_gentle »

Gak usah jauh-jauh...

Wong honda elysion pesaing alphard aja pake Fully Independent...

Harrier sodara kandung alphard ndiri ud pake Fully independent...
HAmpir semua Mbl >500jt (MPV, SUV, dsb) ud Fully Independent...
Kecuali truk / off-road car :glodak:

Makanya gue bingung...

Awalnya begini ceritanya;
Waktu itu gue ama tmn yg pny alphard (dia beli 600jt-an OTR di Ivans Motor) jalan-jalan ke puncak rame-rame (7org) & GUE DUDUK DIBARIS KEDUA... (umur mbl br 3 bln)...

Di tol arah ciawi jln 100km/jam.. emang pas jalan lurus sih nyaman buangeeeett.. tapi..!!! tiba-tiba mobil dpn gue jarak <100mtr agak ngerem dan si supir agak banting setir kekiri.. lgs gue merasakan gejala limbung yg sedikit berlebihan dibelakang.. mungkin klo duduk di dpn krn suspensinya independent, gak begitu kerasa limbung.. tapi maaaaannnn yg dibelakang... :mad:

Gue lgs mikir.. gue prnh naik nissan serena (which is fully independent) duduk di blkg & pindah jalur tiba - tiba (~100km/jam).. gak begitu berasa limbung tuh... :e-dance:

Scr gue pengamat otomotif, lgs gue cari tau apa penyebab limbung sedikit berlebihan tsb???

Eh ternyata ALphard msh pake Torsion beam dibelakang.... amppppuuunnnn... :shock:

Masa iya toyota mau cost-saving sih dgn harga Big MPV yg cukup mahal.... :e-wall:

:D Regards
budi_gentle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Sep 26, 2007 16:00

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by budi_gentle »

Anyway HYUNDAI ACCENT YG MUR_MER PAKE FULLY INDEPENDENT LOH!! :mrgreen:
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by r1210g »

Hahahaha... asik2 grand civic gw double wishbone depan belakang... brarti... BAGUSS!
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by GTR »

iya, he2...
Trend tahun 90 kan blm ada fokus ke cost-efficient, tapi puncaknya jaman performa, mknya pada berani pakai double wishbone or at least independent (cuma dikit deh yg torsion beam : eterna, dangan, starlet), daihatsu classy/winner, amenty/esteem itu aja independent.
Era itu performa berjaya, mitsu dgn eterna & dangan, produsen lainnya pada lucu sampe2 nissan keluar nissan coupe, charade turbo, maestro 'terpaksa' dikeluarkan yg PGM-FI 4WS limited stocks only, mazda keluarin Coupe MX-6, astina RX-3, ford 2doors TX-3, sampai2 toyota juga keluar yg 4AGE deh.
Makanya double-wishbone akhir2 ini mostly dipakai untuk mobil2 real sportscar & SUV.
Phanter itu double wishbone juga loh sejak 1992 tapi phanter segini 'bandel' aja kaki2 depannya juga fragile.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by uch »

Emang bagus sih ! Tapi berarti juga lebih extra perawatan :D

Kalo Torsion beam hampir zero maintenance kecuali soal shock absorb. Since di kelas ini konsumen yg peduli harga maintenance jauh lebih banyak daripada yg peduli "bagus" atau nggak, maka yg paling laku yg paling minim perawatannya alias Toyota punya barang :D

Btw, dikit banyak ini memberi gambaran tipikal produsen mobil. Setidaknya untuk model2 tertentu (low to medium).

Honda/Mitsubishi/Mazda dan most Europe/USA bilang "Mobil yg bagus itu seperti ini. Mau beli atau nggak terserah konsumen ".
Toyota bilang " Mobil yg laku itu seperti ini. Mau bagus atau nggak terserah konsumen"
Walaupun belakangan produsen seperti VW, GM, Nissan dan merek2 lain udah mulai niru Toyota. Yg penting barangnya laku dan disukai konsumen.

Ada contoh lain tuh untuk pasar Indonesia. Mitsu/Honda dan Europe produsen misalnya, sibuk2 ngitung dan ngikuti suhu paling optimal buat pembakaran BBM. Dan rata2 suhu kerja mesin mereka lebih panas. Salah satu model Mitsu misalnya thermostart nya bekerja di 85-97 derajat. Sedikit dibawah rata2 mobil europe yg mencapai 105 derajat.

Kalo Toyota mikir " Ngapain mikirin itu, wong mayoritas konsumen jg nggak nuntut itu ". Maka didesign mesin yg suhu operasi nya rendah sekitar 75 derajat. Cocok fan mekanik muter terus karena range min-maks nya paling sekitar 5 derajat. Tidak bakal pernah overheat walaupun radiator nya relatif kecil dan single layer. Kecuali user nya teledor banget.

Yg ketiban sial di pasar tentu saja mobil yg suhu tinggi. Dicap mudah overheat, tidak reliable dll.

Sedikit tau soal thermostat karena baik thermostat Toyota maupun Mitsubishi dua2nya sudah pernah di instal di tunggangan yg sekarang. Pake punya Toyota, suhu mesin adem manteng dibawah 80 derajat, tapi fan hampir nyala terus menerus. Interval nya paling berhenti 15 detik doang. Suhu mesin emang dingin tapi bbm lebih boros. Terpaksa ganti pake punya mitsu sampe sekarang. Cuman nggak tau model yg mana tuh. Dulu pernah saya tanya, mekaniknya diam aja. Rahasia perusahaan eh..bengkel kayaknya... :D :D

Sory jadi OOT ke thermostat. Lanjut soal suspensi.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by uch »

Halah... koq dua kali post. Perasaan tadi pertama preview doang.

Silahkan dihapus Om Mod, terserah yg mana gw manut aja dah :D
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by GTR »

yg penting bagi produsen itu adalah demografi konsumen (masyarakat awamnya), kalo konsumen tsb disurvey masih terlalu awam relatif terhadap berbagai hal, justru hal2 itulah yg jadi celah produsen.
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by HilmanZ »

kayanya lebih penting harga yg murah bagi orang indo.gw sndiri mkr ky gt soalnya..ga pduli jenis suspensi ny...asal nyaman^^;
budi_gentle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Sep 26, 2007 16:00

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by budi_gentle »

Tapi aneh aja mbl mahal kaya Corolla Altis, alphard... msh pake Torsion beam... pesaing-pesaingnya pada pake FISS :glodak:
harisu
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Jun 04, 2007 14:03

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by harisu »

torsion beam keunggulan utamanya bisa ditempatkan pada konstruksi yang sangat sempit, sehingga bisa menambah ruang dalam kabin, terutama pada jenis mpv, kalo soal handling yang limbung itu hanya soal setingan dari tiap pabrikan saja, karena pada prinsip peredamannya mirip dengan spring adjustment, bedanya torsion beam rata - rata memakai kekuatan momen puntir yang bisa ditahan oleh gelondongan logam (baik yang silindris maupun bentuk yang lain) untuk menahan gerak bodi mobil, kelemahan utamanya ada pada fleksibilitas dari gelondongan logam itu sendiri, tapi itupun bisa ditolerir dan sekarang hampir sama fleksibilitasnya, bahkan dengan setingan yang pas, wah, empuk euy.

malah torsion beam konstruksinya bisa dibuat rigid real axle atau mau di bebaskan tiap rodanya (independent), ane kepikiran kalo torsion beam digabungkan dengan koil spring dengan setingan empuk masing - masing, enak kali ya.
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by kutkuy »

jadi kesimpulan tiap jenis ada untung ruginya yah
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by r1210g »

kutkuy wrote:jadi kesimpulan tiap jenis ada untung ruginya yah
hahaha... ya smua di dunia ini juga gitu bro..
kesimpulan yang aneh.. wakakaka... j/k
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
budi_gentle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Sep 26, 2007 16:00

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by budi_gentle »

Kesimpulannya Suspensi FISS lbh mahal dan rumit... tapi mantep... begitu juga torsion beam sebaliknya...

Tapi tetep aja aneh mbl mahal msh pake torsion beam.... :mrgreen: klo duduk di blkg.. lewat jln yg kiri & kanan gak rata... ud deh goyang ngiri nganan bodi blkgnya.... :shock:

CAmry aja dr dulu pake FISS... tapi FISSnya camry simple dan efektif... jadi gak mkn biaya bnyk
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by €lj€p€ »

Mau tanya nih...(jangan ketawa ya... soalnya saya betul-2 bingung)..
Torsion Beam itu sebetulnya alternative untuk spring (leaf spring / coil spring) atau shock absorber
Atau alternative untuk as/axle (solid axle / independent axle).
Kalau untuk suspensi depan... seingat saya ada independent tapi pakai torsion beam... atau engga ada ya... Chevy Blazer itu suspensi depannya gimana sih???
Suspensi belakang ada trailing arm, A-arm, Multilinks...nah ini apanya lagi...
Vitara pakai A-arm + Trailing arm + coil spring+ solid axle
XL_7 pakai Multilink + Trailing arm + coil spring...+ Solid axle
Kalau belakang pakai solid axle... enaknya tidak perlu spooring... jadi menghemat ban.. meskipun ongkos spooring tetap sama...
Dari Solo ke Oslo
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by GTR »

Torsion beam itu berupa as/batang panjang menyambung dari kiri ke kanan tanpa as kopel (yg dgn as kopel baik leaf maupun coil spring itu = Rigid axle).
Torsion beam umumnya = 3 link; pada roda kiri, roda kanan, dan as/batang lateral dari chasis ke pemegang as pada tempatnya dari sudut kiri kanan (pengimbang ni pada bbrp tipe nissan bukan lateral-link berbeda bentuknya & lebih kompleks menyambung pada bagian tengah spt bandul).

Trailing arm = 1 link/arm suspensi pemegang roda, biasanya konstruksi pd roda belakang; gerakan hanya naik turun mirip torsion-beam tapi kerja pd satu sisi roda (tanpa pengaturan camber maupun toe), simplenya cara kerja mirip single-swing-arm pada motor balap.

Double-wishbone = dua buah Arm, kebanyakan serupa bentuk "A" baik di atas maupun di bawah, membuat posisi roda tegak lurus maupun sesuai dgn setting terhadap jalan.

"Multi-link Double-wishbone" dengan lebih dari 3 link (& sudut pengaturan); bisa pada "A" arm atas yg lebih dari 1 link/batang ke chasis, bisa juga pada arm bawah yg lebih dari 1link/batang, bisa juga atas dan bawah masing2 lebih dari 1link/batang ke chasis.
Ada lagi yg masing2 arm nya bisa diatur panjang pendek nya / fungsi toe-control fleksibel.

"Multi-link Rigid-axle" itu = Rigid axle dengan 5 link yg berbeda samasekali dari "Multilink double wishbone", terdiri dari:
Gardan kiri : 1 atas + 1 bawah (ujung2 menyambung ke chasis & gardan).
Gardan kanan : 1 atas + 1 bawah (ujung2 menyambung ke chasis & gardan).
Dan, 1 Link/arm membujur pemegang lateral agar suspensi terjaga posisi tidak ke kiri dan ke kanan (posisi di bagian belakang gardan : 1 ke chasis, 1nya lagi ke bagian belakang salahsatu ujung gardan).
Contoh : taruna, xeniavanza, innova, conefo-custom spring.

Vitara 1gen unik; ada 1 buah "A" arm di tengah2 ini sebagai pengganti link/arm lateral yg membujur konvensional.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Independent Suspension vs Torsion Beam/Axle

Post by €lj€p€ »

Terima kasih atas info nya...
Jadi ada kaitan juga dengan jenis penggerak (penggerak roda depan / penggerak roda belakang).
Baru saja search gambarnya di google.
Dari Solo ke Oslo
Image