Page 1 of 1

Oli mesin yang terbaik

Posted: Thu Sep 27, 2007 10:07
by momocha
ada saran oli mesin yang terbaik tuk civic ferio ?
saya biasanya pake shell helix plus.. kalo diganti dengan mobile-1 bagus nda ya?
ato ada merek lain yang lebih bagus ?
makasih...

Posted: Thu Sep 27, 2007 10:49
by imsus2c
Dah coba Castrol Magnatec? Kalo cuman buat harian (bukan performance), olie ini ok juga tuh! Kalo mobil tahun 2000an, pake yg semi-synthetic (10-40W), kalo lebih tuaan, pake yg dikit lebih kentel 20-50W. Kalo yg lebih mudaan, pake yg encer (full synthetic 0-50W).

Mobil 1 tentu saja bagus, cuma harganya agak mahalan. Interval ganti olie-nya panjaaang...dan ini saya malah ga suka, soalnya bisa kelupaan or jadi malas sering2 ngecek kondisi mobil :e-naughty: . Ganti olie terbaik menurut saya di kisaran setiap 3000-6000 Km, alias sekitar 2-4 bulanan, jadi mau ga mau kita juga harus sering ngecek boil. Tul kan :e-dance: ? CMIIW :wink:

Utk produk lokal, Fastron ok!
Asal jgn pake oli artis ya? :e-naughty:

Pake shell

Posted: Fri Sep 28, 2007 5:51
by Enkei
Sudah tetep pada pilihan anda aja bro.. Shell sudah sangat bagus lo. Ato mungkin bisa pake shell helix super 15W50 yang buat mobil agak tua atau kilometer udah diatas 100,000km gitu... Atau pilihan lain yang harga sama dengan shell plus adalah FK Pulse 10W40....

Posted: Fri Sep 28, 2007 15:01
by Blazy DK
OOT dikit nie...pasaran shell helix plus galon 4ltr di sby brapa y?
koq di beres honda dpt 235rb,tp di tempat ganti oli biasa dpt cm 185 rb y?
apa mungkin palsu y?
ciri2 yg asli apa y?

Re: Oli mesin yang terbaik

Posted: Fri Sep 28, 2007 16:07
by Turboman
momocha wrote:ada saran oli mesin yang terbaik tuk civic ferio ?
saya biasanya pake shell helix plus.. kalo diganti dengan mobile-1 bagus nda ya?
ato ada merek lain yang lebih bagus ?
makasih...
Mau cari yg harga berapa per liternya oom ?

Btw utk mobil yg sudah ada berumur / kilometernya udah banyak memang lebih baik pakai oli mineral based atau semi synthetic saja, kecuali anda yakin kondisi mesin masih sgt prima boleh coba Full Synth. dgn terlebih dahulu di flush sebelum ganti oli.

Kalau utk kelas semi synth. yg berkualitas dgn harga oke boleh coba Syntex Syn Evo 10W-40, VI nya 157, Flash Pointnya 234 , oli ini tidak mudah menguap.

http://www.syntex.bizz.cc

Re: Oli mesin yang terbaik

Posted: Fri Sep 28, 2007 23:26
by lala
momocha wrote:ada saran oli mesin yang terbaik tuk civic ferio ?
saya biasanya pake shell helix plus.. kalo diganti dengan mobile-1 bagus nda ya?
ato ada merek lain yang lebih bagus ?
makasih...
Emang kenapa mo ganti shell helix plus-nya? Ada keluhan?
Soalnya gw pake shell helix juga. Jadi pengen tahu. :roll:

Posted: Sat Sep 29, 2007 1:13
by momocha
sorry br bales smuanya.. ^^

@imsus2c : blum pernah... emang castrol ama shell bagusan mn ? oli artis itu yg mn ya ? top one ? hahaha..
@Enkei : mobilku ferio 96 --> biasanya pake shell helix plus..
@Blazy DK : aq biasanya ganti oli di Joshua (sby) harga shell helix plus Rp. 200rb 4 liter + bonus filter oli.. coba aja kesana.. di kalikepiting..
@Turboman : terserah.. asal jgn mahal2.. hahaha... Syntex itu buatan mn ? bagus nda ? dibanding shell ama mobil-1 bagus mn ?
@lala : nda ada keluhan sih.. tp kata teman2 knp kok nda pake mobil-1 saja.. katanya lebih bagus drpd shell.. bener nda ? ada yg tahu ?

bedanya oli mobil-1 dengan shell helix plus apa ya?

Posted: Sat Sep 29, 2007 13:45
by StRaDe_Jazz
top one keluarin barang baru loh, Top One HP Plus, for performance driving katanya. gw liatnya senyum2 doang deh. bro momocha coba aja. tar kasih ke sini review nya.

honda emang jual oli lebih mahal dari harga pasaran. tau asli gak asli nya yang rada susah. barangnya secara umum sama, abis dipake doang baru ketauan. antara cepat kotor atau performa menurun. kalo mau yakin asli apa nggaknya, beli di Shell nya aja.... kalo ada :lol:

Posted: Sat Sep 29, 2007 14:08
by Blazy DK
^^^
hehehe repot kali klo cm bli segalon langsung nyari distributornya...

Posted: Sat Sep 29, 2007 17:45
by PenyuTurbo
IMHO, Oli yang terbaik itu gak ada ... relatif lah

1. Standard pengujiannya sama ... API atau SAE misalnya.

2. Variasi additive dalam masing-masing oli berbeda-beda .... menurut fungsinya ... jadi antara satu parameter (fungsi) satu dengan yang laiinya ada yang lebih baik ada yang kurang baik.

Yang terpenting adalah interval watu penggantian oli yang mesti diperhatikan ... untuk menghindarkan terjadinya SLUDGE.

Secara pribadi, gw lebih suka pada Dino Oil dan pergantian antara 3000km s/d 5000km ... mengingat kecenderungan banyak macet dan stop and go drivings ... yang bisa dikategorikan sebagai SEVERE DRIVING CONDITIONS.

Posted: Mon Oct 01, 2007 5:02
by imsus2c
Jawaban pak penyu sungguh diplomatis dan mendidik... Soalnya kita sering terjebak jadi bintang iklan dan juru kampanye gratisan huehehehe... :lol: Malah kadang sampe berantem :shock:

Iya deh pak, kan "benchmark"nya sama. Jadi kesimpulannya, yg jelek tuh oli palsu ya? :roll:

Sama seperti opini saya diatas pak penyu, saya juga lebih suka oli yg interval ganti oli-nya ga terlalu puanjaaanngg. Soalnya biar bisa sambil sering2 cek kondisi mobil

Posted: Mon Oct 01, 2007 23:31
by momocha
Top One HP Plus ? kok nda ada ya disini.. harga perliternya brapa pak ?
oya barusan saya coba ganti Mobil-1 SAE 10/40 dari shell helix plus.. dari segi kehalusan suara mobil.. mobil-1 menang, tp klo dari segi tarikan.. enakan pake shell.. soalnya abis saya ganti kmrn.. mobil saya trasa lebih lambat dikit tarikannya.. tp getarannya halus bgt...
@PenyuTurbo : Dino oil itu oli apa pak?

Posted: Tue Oct 02, 2007 2:18
by imsus2c
@momocha,
kasian pak penyuturbo deh, harus ngulang kuliah lagi hueheheh...
ni..saya kasih link dari kuliah pak penyu dulu, klik aja:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &highlight

Posted: Tue Oct 02, 2007 2:24
by imsus2c
mungkin maksudnya pak penyu;
dino oil = dinosaurus oil alias oli jadul alias "mineral oil".

Posted: Tue Oct 02, 2007 3:18
by gemelli
Saya Pake Mobil1 10-40W, sebelumnya Shell Helix Plus... menurut saya tarikan di tol lebih bertenaga, konsumsi bbm sempat tembus 1:11 (rute kombinasi 60% tol)... tapi harganya memang lebih mahal dikit di banding shell... oh ya mobil saya stream 1.7AT 2005, minum premium

Posted: Tue Oct 02, 2007 3:38
by PenyuTurbo
imsus2c wrote:mungkin maksudnya pak penyu;
dino oil = dinosaurus oil alias oli jadul alias "mineral oil".
Trima kasih dibantuin ....

Posted: Tue Oct 02, 2007 3:46
by uch
PenyuTurbo wrote:
Secara pribadi, gw lebih suka pada Dino Oil dan pergantian antara 3000km s/d 5000km ... mengingat kecenderungan banyak macet dan stop and go drivings ... yang bisa dikategorikan sebagai SEVERE DRIVING CONDITIONS.
Secara gw juga setuju dan jalankan nih pendapat pribadi.. :D olie yg murah2 aja tapi nggak pernah lebih dari 5000 km.

Posted: Tue Oct 02, 2007 11:44
by StRaDe_Jazz
momocha wrote:Top One HP Plus ? kok nda ada ya disini.. harga perliternya brapa pak ?
oya barusan saya coba ganti Mobil-1 SAE 10/40 dari shell helix plus.. dari segi kehalusan suara mobil.. mobil-1 menang, tp klo dari segi tarikan.. enakan pake shell.. soalnya abis saya ganti kmrn.. mobil saya trasa lebih lambat dikit tarikannya.. tp getarannya halus bgt...
@PenyuTurbo : Dino oil itu oli apa pak?
lokasi nya di mana bro? itu barang baru sih ya. kali aja belum nyampe luar jakarta

Posted: Wed Oct 03, 2007 4:43
by imsus2c
PenyuTurbo wrote:
imsus2c wrote:mungkin maksudnya pak penyu;
dino oil = dinosaurus oil alias oli jadul alias "mineral oil".
Trima kasih dibantuin ....
sama - sama pak penyu, terimakasih juga atas threads/posts pencerahannya selama ini :wink: