Boil A/T rusak lbh mahal dibndg M/T?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

JonesModerate
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jul 10, 2007 4:46

Boil A/T rusak lbh mahal dibndg M/T?

Post by JonesModerate »

Rekan2 SMers, pertanyaan awam nih secara pena denger kalo mobil A/T biasanya hanya tahan sampe 2 - 3 tahun, lalu kalo mulai ngerong2 (harus ganti spareparts) itu harganya mahal biasany ganti per set, sedangkan kalo boil M/T bisa per bagian saja.
Apa hal ini benar? kalau dirawat dengan baik, bisakan boil A/T tahan seperti boil M/T? dan hal2 apa saja yang harus diperhatikan?
Thanks buat rekan2 yang nanggepin.
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

nah ini dia, kebanyakan orang2 yg make A/T itu terlena oleh ungkapan 'matic gak perlu dirawat'
akibatnya: matic dihajar
yg dilanjutkan: matic pun rusak
sehingga: dompet melayang

seandainya saja:
1. ganti ATF secara reguler setiap rentang waktu tertentu, biasanya 40,000KM sekali
2. driver tidak menyiksa Tranny, termasuk di dalamnya menggunakan posisi gear untuk tujuan yang tidak tepat, D untuk tanjakan? L untuk tarik2an? engine brake paksaan dengan menurunkan posisi gear
3. tidak menerobos banjir, A/T lebih gampang rusak daripada M/T mengingat ada ecu dan sensor nya

kalo hal2 di atas dilakukan dengan baik, A/T dalam jangka panjang perawatannya bisa lebih murah dari M/T,
sekian
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
flexiblebil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
Location: Java

Post by flexiblebil »

sebetulnya setau saya, transmisi matic juga bisa awet kok, sama seperti yang dibilang bro strade_jazz. asalkan, dirawat dengan teratur. mulai dari ganti ATF rutin sesuai anjuran pabrik, juga mesti dikuras/diflush tiap2 beberapa kali ganti oli. dan nggak kalah penting pemakaiannya juga.

jadi nggak terlalu khawatir dengan transmisi matic, asalkan dirawat & diperlakukan dengan benar, pasti awet.. CR-V bokap udah jalan 150 ribu km lebih, sejauh ini nggak pernah ada masalah tuh :).
JonesModerate
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jul 10, 2007 4:46

Post by JonesModerate »

StRaDe_Jazz wrote:
seandainya saja:
1. ganti ATF secara reguler setiap rentang waktu tertentu, biasanya 40,000KM sekali
2. driver tidak menyiksa Tranny, termasuk di dalamnya menggunakan posisi gear untuk tujuan yang tidak tepat, D untuk tanjakan? L untuk tarik2an? engine brake paksaan dengan menurunkan posisi gear
3. tidak menerobos banjir, A/T lebih gampang rusak daripada M/T mengingat ada ecu dan sensor nya
1.ATF ->Automatic Transmission Fluid ya?
2.Kalu gitu mbl matic gak bs engine brake donk, atau masi bisa asalkan kecepatannya masi dalam range gigi transmisi yang diturunkan?
3.nah kalo ktemu banjir gmn, lbh baik jln pelan2 atau..?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

JonesModerate wrote:
StRaDe_Jazz wrote:
1.ATF ->Automatic Transmission Fluid ya?
2.Kalu gitu mbl matic gak bs engine brake donk, atau masi bisa asalkan kecepatannya masi dalam range gigi transmisi yang diturunkan?
3.nah kalo ktemu banjir gmn, lbh baik jln pelan2 atau..?
1. Ya
2. Bisa dengan cara mainkan :
a. switch O/D Off - On
b. Turunkan dari D ke 3 atau dari D ke 4 (utk 5 speed)
c. Kalau model steptronic tinggal mainkan + / - nya aja

Hanya saja bila beban trans. A/T lebih berat, semisal sering dipake hard driving / mobil sering bawa beban sgt. berat maka oli ATF harus diganti lebih cepat atau gunakan oli ATF Synthetic base

3. Kalau ketemu banjir asal ketinggian air ga lebih dari batas yg diijinkan dalam spec. nggak masalah

Bagaimana jika terpaksa menerobos banjir yg tinggi ?

Segera cek warna ATF lewat disptick, kalau warnanya jadi spt emulsi / menjadi merah susu segera bilas seluruh oli ATF dengan ATF changer.
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

yup, untuk lebih jelasnya silahkan bertanya kepada pakar Seraya, Turboman. waktu dan tempatnya kami persilahkan :D
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
JonesModerate
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jul 10, 2007 4:46

Post by JonesModerate »

Turboman wrote:
1. Ya
2. Bisa dengan cara mainkan :
a. switch O/D Off - On
b. Turunkan dari D ke 3 atau dari D ke 4 (utk 5 speed)
c. Kalau model steptronic tinggal mainkan + / - nya aja
misal yang dari D ke 3, pada saat turunkan harus perhatikan kecepatan maksimum yang bisa dicapai dengan gear 3 kan? mksudny bila gear 3 max mencapai 120 km/h, bila kita pada kec 140 km/h,posisi D ingin ngerem mendadak tidk bole lgsg switch ke 3 bkn?
Turboman wrote: Hanya saja bila beban trans. A/T lebih berat, semisal sering dipake hard driving / mobil sering bawa beban sgt. berat maka oli ATF harus diganti lebih cepat atau gunakan oli ATF Synthetic base

3. Kalau ketemu banjir asal ketinggian air ga lebih dari batas yg diijinkan dalam spec. nggak masalah

Bagaimana jika terpaksa menerobos banjir yg tinggi ?

Segera cek warna ATF lewat disptick, kalau warnanya jadi spt emulsi / menjadi merah susu segera bilas seluruh oli ATF dengan ATF changer.
hoo..spetinya yg paling penting di boil A/T hanya penggantian ATF saja ya. Komponen lainnya sma dengan yg M/T ya?
kalo dengan ATF changer itu yang dimaksud flushing ya..