End rayen mobil baru

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

End rayen mobil baru

Post by hehe001 »

hallo, ortu baru beli mobil baru, livina xr. lalu doi bilang ngga boleh dibawa jalan jauh dulu krn masih end rayen?
- emang end rayen itu apa sih?
- kalo ngga end rayen knp?
- end rayen yg bener gimana?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

Mungkin yang oom maksud adalah inreyen ya oom? bukan end-rayen hehe.. Inreyen atau Break-in (sepertipada alat2 audio, mesin juga begitu) selalu disarankan oleh buku manual kendaraan baru.

Banyak informasi yang mengatakan Inreyen tidak perlu lagi, alasannya karena mesin sudah di test di pabrik dan antar komponen sudah dibuat sedemikian presisi. Bahkan informasi itu muncul dari kalangan ATPM (pemegang merk sebuah mobil di Indonesia). Tapi tetep saja karena manual book yang bilang gitu (tertulis) seharusnya apa yang dituliskan lebih 'benar'.


Latar belakang: Saat beli baru mobil, permukaan komponen-komponen baru yang saling bersentuhan memiliki tingkat kehalusan yang berbeda-beda. Sekalipun komponen tersebut dibuat dengan sangat presisi, jika permukaannya dilihat dengan bantuan mikroskop akan terlihat tekstur yang kasar, berlubang ataupun bergaris/alur. Jika mesin dijalankan secara tidak benar, maka komponen yang bergesekan tadi akan mengalami keausan yang cepat, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kerusakan komponen.


Fungsi: Yang umumnya terjadi apabila Masa Inreyen diabaikan, dalam masa beberapa tahun akan:
1. Konsumsi BBM akan semakin boros
2. Konsumsi Oli akan meningkat (lebih cepat tambah oli / topping-up)

Dan pada masa baru beberapa bulan, mobil yang diperlakukan inreyen secara halus dengan langsung dipake untuk ngebut akan terdengar lebh halus getaran mesin yang inreyen..

Masa Inreyen perlu dijalankan oleh kendaraan baru dan yang baru diperbaiki (turun mesin, ganti kampas rem, ganti ban baru, ganti kopling).

Cara:

-Gas halus, RPM maksimal sekitar 4000rpm, dan kecepatan boleh saja lebih dari 100 km/jam tetapi harus akselerasi secara halus... no kicking down

-Gunakan mobil secara halus melewati jalan rusak, dan hindari akselerasi cepat-rem mendadak...

-Pada mobil manual, lakukan perpindahan gigi secara halus.. jangan biarkan berada di gigi rendah terlalu lama jika akan melakukan akselerasi

Hal seperti diatas dianjurkan dilakukan rata-rata obil adalah 500km pertama

Tambahan;
-Ganti oli yang bagus saat 1000 km pertama
-Jangan ngasih beban berat pada 1000 km pertama; contoh; belanja 4 karung beras lalu jalan dari bandung ke puncak........... :big_weee:


Inilah fungsi utama inreyen yang saya tau, juga berguna untuk part lain seperti shockbreaker, rem dan ban untuk menyesuaikan dengan kondisi jalan dan mencapai break-in optimalnya..

oh iya maksudnya break-in itu adalah ketika alat2 mekanis yang baru dibeli mencapai performa standarnya. (saat baru dibeli biasanya alat2 mekanis itu kaku sehingga bukan pada performa sebenarnya)...

Hal yang selanjutnya menarik untuk dibahas adalah: info "Banyak informasi yang mengatakan Inreyen tidak perlu lagi" ..
apakah ini fakta atau mitos?....
Setahu saya yang mengatakan ini berlindung dibalik asumsi bahwa mesin2 mobil sekarang sudah dibuat secara presisi.. Padahal di manual book nya tetep ada panduan inreyen

CMIIW :big_smoking:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: End rayen mobil baru

Post by imsus2c »

untuk break-in (inreyen), (500-1000km pertama), disarankan pake oli mineral...

habis itu...silakan pake yg semi atau full synth
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

imsus2c wrote:untuk break-in (inreyen), (500-1000km pertama), disarankan pake oli mineral...

habis itu...silakan pake yg semi atau full synth
Kenapa kok mineral pak imsus ? bukannya fuly syn paling baik untuk mesin?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: End rayen mobil baru

Post by imsus2c »

AD74YA wrote:
imsus2c wrote:untuk break-in (inreyen), (500-1000km pertama), disarankan pake oli mineral...

habis itu...silakan pake yg semi atau full synth
Kenapa kok mineral pak imsus ? bukannya fuly syn paling baik untuk mesin?
penjelasan teknisnya juga saya ga begitu paham... :e-think: secara bukan ahli metalurgi atau ahli oli :mrgreen:

intinya mirip2 mitos engine break-in, perlu dilakukan atau engga? selama masa break in, harus pake oli mineral/konvensional atau sintetis?

yaa..amannya...engine break in itu perlu dan amannya juga pakai oli mineral...

semua itu juga dapat dari baca-baca kok :D
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 9&start=25
PenyuTurbo wrote:
frontier wrote: Pak PenyuTurbo, kalo gak salah Jazz V-TEC dari pabriknya pakai oli idemitsu... itu dino atau synth ? Saat odometer mencapai 1000 km, aku ganti dengan Petronas Syntium 5000 (0W-40).... Sekarang baru jalan total 5000 km...
Standard pabrikan untuk pertama kalinya isi oli mesin adalah mesti DINO oil, karena hanya dino oli ini yang digunakan untuk break-in. Synthetic nggak bisa digunakan untuk break-in.
Kalau volvo, mereka pakai CASTROL untuk break-in.
Untuk synthetic, cari yang viscosity band-nya nggak terlalu jauh (15W40 atau 20W50 misalnya). Kalau 0W40 terlalu banyak polimernya, polimer ini yang cepat mengalami degradasi, walaupun oli syntheticnya masih ok.
http://www.opieoils.co.uk/pdfs/Running- ... hetics.pdf
Redline, on the other hand, has found it best to recommend a mineral oil break-in.
Occasionally an engine will glaze its cylinder walls when initially run on Redline, they
say, so by using a mineral oil for 2000 miles, verifying there is no oil consumption
and then switching to the synthetic, glazing is eliminated.
Cylinder-wall glazing is not a deposit left on the cylinder wall, but rather a
displacement of cylinder-wall metal. This happens when the high spots of the
cylinder wall crosshatch are not cut or worn off by the piston rings, but rather rolled
over into the valleys or grooves of the crosshatch. This leaves a surface that oil
adheres to poorly, against which the rings cannot seal well. Compression is lost and
oil consumed, and the only cure is to tear down the engine to physically restore the
cylinder-wall finish by honing.
Why is glazing not a problem for the major manufacturer? Because they have
complete, accurate control over their cylinder-wall finish and ring type. Redline deals
with a huge variety of engines and manufacturers, both OEM and from the
aftermarket. Cylinder-wall finish and ring type thus vary greatly, and glazing can
therefore occur, albeit rarely.
http://www.redlineoil.com/techinfo_faq.aspx
Q: Can I break-in my engine on Red Line motor oil?
For peformance engines, we recommend using conventional 10w30 motor oil to ensure proper piston ring seating. We recommend using this oil in combonation with our Engine Oil Break In Additive, which features the antiwear chemicals necessary to protect valve train components like camshafts, rollers, and tappets. Though most conventional oils are missing the important antiwear components that you find in Red Line's synthetic motor oils, the conventional oil is not as slick as Red Line and will allow the piston rings to seat more quickly. If you allow 1500 to 2000 miles in a street engine or 20 to 30 minutes on the dyno at low rpm, the rings will have had sufficient time to seat and the high initial break-in wear will have occurred. For new road cars, always follow the manufacturer recommendations and initial oil change recommendations for break-in.

Q: Do you recommend special oil for driveline break-in?

A differential or transaxle will break-in with a synthetic product without issue. Some aftermarket ring and pinion suppliers recommend adding additional friction modifier to reduce temperatures and friction during the critical break-in period. For this, you can use Red Line's Limited Slip Friction Modifier. Drain this mix after break-in and re-fill.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: End rayen mobil baru

Post by doq »

sy termasuk penganut aliran oldskul, selalu memberlakukan masa2 inreyen dg halus.....alasannya sm persis ky oom ajay :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

wuidih.. gitu yah... "glazing will dissapear.."
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: End rayen mobil baru

Post by ZombiEE »

ane mah kaga gitu ngerti nih...cuman nyetir secara biasa saja:)
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: End rayen mobil baru

Post by doq »

waaaaaaaaaa...........bang jembie kmana aja jarang nongol :big_weee: :big_weee:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: End rayen mobil baru

Post by ZombiEE »

sibuk bang..hehehehe..maklum...due date dah dekat..hihihi
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

ZombiEE wrote:ane mah kaga gitu ngerti nih...cuman nyetir secara biasa saja:)
Sama oom jem.. Saya juga... Hihiihi
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: End rayen mobil baru

Post by Hansen »

Si jembie lg sibuk kampanye & debat......soalnya due date pemilihan walikota binje dah deket.....:big_weee:




:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26940
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: End rayen mobil baru

Post by DOHC »

sial... mobil di rumah ane kaga ada yg perna inreyen.. kluar showroom lgs gas pol gila2an buat nge test malah.... :frm_bang_head: :frm_bang_head:

btw bang jembie persiapan mo kawin yahh.... undang2 yahh.... tim OOTers uda siap sedia nehhh ke medan sana... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: End rayen mobil baru

Post by jalu »

doq wrote:sy termasuk penganut aliran oldskul, selalu memberlakukan masa2 inreyen dg halus.....alasannya sm persis ky oom ajay :mrgreen: :mrgreen:
saya juga ah....udah kapok soalnya........... :frm_bang_head:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: End rayen mobil baru

Post by hehe001 »

lengkap sekali ulasannya oom. iya maaf ya salah istilah, inrayen yah namanya.

nah, di buku manual itu kalo ngga salah (mudah2an salah) ganti oli pertama itu setelah 5rb km, jadi mana yg bener yah? seribu apa 5rb km?
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: End rayen mobil baru

Post by hehe001 »

imsus2c wrote:untuk break-in (inreyen), (500-1000km pertama), disarankan pake oli mineral...

habis itu...silakan pake yg semi atau full synth
oli mineral itu apa ya,pak?
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: End rayen mobil baru

Post by Prive »

AD74YA wrote: -Gas halus, RPM maksimal sekitar 4000rpm, dan kecepatan boleh saja lebih dari 100 km/jam tetapi harus akselerasi secara halus... no kicking down
ini buat gasoline engine ya Om, soalnya kalo diesel 4000 itu khan udah deket redline - cmiiw
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

doq wrote:sy termasuk penganut aliran oldskul, selalu memberlakukan masa2 inreyen dg halus.....alasannya sm persis ky oom ajay :mrgreen: :mrgreen:
Yang berhak manggil gue oom itu anaknya siska fer.. Kekekeke.... Am om am om
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

DOHC wrote:sial... mobil di rumah ane kaga ada yg perna inreyen.. kluar showroom lgs gas pol gila2an buat nge test malah.... :frm_bang_head: :frm_bang_head:

btw bang jembie persiapan mo kawin yahh.... undang2 yahh.... tim OOTers uda siap sedia nehhh ke medan sana... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Bedalah kalo speed-feak.... Mana ada itu istilah inreyen.... Keluar showroom langsung test berapa detik di quarter mile kan...... Kekekeke

@bang jalu: emang ga perna inreyen?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: End rayen mobil baru

Post by jalu »

pernah sekali gak inreyen....ya ngikutin omongan orang2 yg katanya mesin skrg udah lbh presisi....hasilnya...mesin jadi lbh kasar dibanding yg lain, dan br aja 15rb km udah terasa ngempos.... :frm_bang_head: :frm_bang_head:

kapok..... :2gunfire:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

Prive wrote:
AD74YA wrote: -Gas halus, RPM maksimal sekitar 4000rpm, dan kecepatan boleh saja lebih dari 100 km/jam tetapi harus akselerasi secara halus... no kicking down
ini buat gasoline engine ya Om, soalnya kalo diesel 4000 itu khan udah deket redline - cmiiw
Iya oom.. Buat gasoline.. Sisanya kira2 sama oom...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

hehe001 wrote:lengkap sekali ulasannya oom. iya maaf ya salah istilah, inrayen yah namanya.

nah, di buku manual itu kalo ngga salah (mudah2an salah) ganti oli pertama itu setelah 5rb km, jadi mana yg bener yah? seribu apa 5rb km?
Itu bener oom.. Untuk servis berkala itu 5000km mulainya... Masa inreyen itu 1000km jadi intinya dari awal mobil dibeli lgs ganti oli mineral untuk. Inreyen terbaik lalu setelah lewat 1000 baru ganti oli full syn...

Oli mesin itu ada 3 jenis: mineral, semi-sintetik, dan fully sintetik...

Untuk performa terbaik untuk servis berkala gunakan oli dengan spesifikasi full sintetik.. Tapi untuk inreyen gunain mineral.. Begitu info dr pak imsus...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

jalu wrote:pernah sekali gak inreyen....ya ngikutin omongan orang2 yg katanya mesin skrg udah lbh presisi....hasilnya...mesin jadi lbh kasar dibanding yg lain, dan br aja 15rb km udah terasa ngempos.... :frm_bang_head: :frm_bang_head:

kapok..... :2gunfire:
Mobil yang GV kah master?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: End rayen mobil baru

Post by jalu »

si muntil mas....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

jalu wrote:si muntil mas....
Makanya new crv akan menggantikan si mumun ya bang
Anda sudah TEST DRIVE belum?...