Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
PenyuTurbo wrote:
Oli itu akan berumur panjang dalam mesin jika penggunaannya pada normal Driving Condition ... yang menurut standar definisinya adalah boil berjalan pada 45 MPH (70 km/jam) ... secara kontinu dan testingnya selama 220 jam.
Kalau digeber-geber itu termasuk dalam penggunaan yang sifatnya SEVERE DRIVING CONDITION ... termasuk didalamnya ... stop & go Driving, dipanasin dan dimatiin ... Short daily travel distance (kurang dari 60 km).
Kalau udah dituang dalam mesin, Oli itu sebenarnya gak rusak ... yang rusak itu adalah additivenya ... jadi gak ada yang bisa nentuin kadaluwarsanya ... mengingat gak diketahui laju/kecepatan kontaminasi BBM dan additivenya dalam oli.
Buktinya banyak oli dipasaran yang diambil dari campuran oli bekas ... kemudian disaring lagi kotorannya ... lalu di BLEACHING lagi supaya warnanya jadi kuning/coklat jernih ... masukin dalam kaleng atau jerigen ... tempel sticker dan dijual lagi ....
for a peace state of mind, mendingan ganti tiap 6 bulan deh. daripade daripade.. ntar lg diuber2 pjr mesin bubar *na'ujubila minjalik
thanks banget Om Penyu atas pencerahannya, btw klo nakalan dikit pake semi synthetic tapi diganti tiap 5000 km bole gak ya? hehehe (irit mode = on)
OOT dikiit nih, semoga masih nyerempet2:
1. Di manual Honda Civic LX A/T 1988 dikatakan oli transmisi otomatis adalah yg Dexron II, jika kita pakai Dexron III efeknya apa ya? apa ada keuntungannya?
2. Minyak rem standarnya DOT 3, klo pake DOT 4 ada untungnya gak ya?
3. (klo yg ini mgk lbh OOT ) -> klo oli artis kita tau sama tau deh kualitasnya, tapi klo air radiator punya si artis gimana ya? soalnya pemilik mobil sblm gw pake yg itu...
tigor wrote:Pak Penyu,
Setelah baca penjelasan anda yg luarbiasa gamblangnya (thx atas nice sharingnya), saya mo nanya suppose ada pilihan anrata 5w-30 n 10w-30, unt kondisi Jkt, pilih mana? Lepas dari banyak tidaknya kandungan Polimer antara keduanya. Tks, wass
ryanzaul wrote:thanks banget Om Penyu atas pencerahannya, btw klo nakalan dikit pake semi synthetic tapi diganti tiap 5000 km bole gak ya? hehehe (irit mode = on)
OOT dikiit nih, semoga masih nyerempet2:
1. Di manual Honda Civic LX A/T 1988 dikatakan oli transmisi otomatis adalah yg Dexron II, jika kita pakai Dexron III efeknya apa ya? apa ada keuntungannya?
Untuk GM (General Motor) gak jadi masalah dan untuk selain GM ada keengganan untuk memberikan rekomendasi ... tentunya jika boil masih dalam waktu garansi. Perbedaan antara Dexron II dan Dexron III hanyalah dari segi LIFETIME nya saja ... dari segi friction modifier gak Beda ... so Gak jadi masalah kalau Dexron II diganti dengan Dexron III. Keuntungannnya ya itu tadi ... interval pergantian ATF nya Dexron III lebih panjang ... hanya gak ada nilai spesifik berapa tambah panjangnya ... karena ini juga bergantung pada Driving Habits (kebiasaan dan cara mengemudi).
2. Minyak rem standarnya DOT 3, klo pake DOT 4 ada untungnya gak ya?
Kalau hanya digunakan untuk keperluan sehari-hari dan gak ada acara racing-racingan dan HARD BREAKING ... ya gak ada untungnya ganti dari DOT3 ke DOT4 ... cuman kalau harganya sama ... ya keuntungannya ada di Boiling Point DOT4 lebih tinggi ... Dry boiling point untuk DT3 = 205 oC sedang DOT4 = 230 oC. Wet Boiling Point DOT3 = 140 oC sedang DOT4 = 150 oC. Secara Definisi ... Dry Boiling point adalah titik didih brake fluid yang masih fresh atau baru ... sedang Wet Boiling Point adalah titik didih diukur setelah Brake Fluid Menyerap air sebanyak 3.7%.
3. (klo yg ini mgk lbh OOT ) -> klo oli artis kita tau sama tau deh kualitasnya, tapi klo air radiator punya si artis gimana ya? soalnya pemilik mobil sblm gw pake yg itu...
Ya kalau mau jadi artis ya silahkan aja ... hahahahaha ... sepanjang air radiatornya (Coolant additive) nnya adalah sebagai Penghambat Karat (Rust Inhibitor) ... hampir sama saja ... cuman kalau yang punya artis ini baunya lain ... mungkin ada channel 5 nya ... sedang kalau yang lain minyak sereh kaleee ...
tigor wrote:Pak Penyu,
Setelah baca penjelasan anda yg luarbiasa gamblangnya (thx atas nice sharingnya), saya mo nanya suppose ada pilihan anrata 5w-30 n 10w-30, unt kondisi Jkt, pilih mana? Lepas dari banyak tidaknya kandungan Polimer antara keduanya. Tks, wass
Kadang2 saya kalo lagi bawa mobil bisa berasa koq ni mobil tarikannya beraaaat banget, tapi kalo lagi gimana lain hari saya bisa berasa mobilnya enteng banget larinya.
pertanyaannya: apakah itu cuma sugesti mengingat mobil yang dipakai sama, olinya juga sama?
apakah ada SMers yang pernah ngerasain kaya sy?
Kadang2 saya kalo lagi bawa mobil bisa berasa koq ni mobil tarikannya beraaaat banget, tapi kalo lagi gimana lain hari saya bisa berasa mobilnya enteng banget larinya.
pertanyaannya: apakah itu cuma sugesti mengingat mobil yang dipakai sama, olinya juga sama?
apakah ada SMers yang pernah ngerasain kaya sy?
Semua bergantung juga pada kondisi lengkungan saat mengendara ... Ketinggian Tempat (Altitude) ... Suhu udara ... dan Kelembaban (Humidity) ... dan penumpang disebelahnya ... hehehehehehe.
abdoel wrote:kalo oli untuk diesel dimasukkan ke mesin bengsin gimana ya ?
secara komposisi kayaknya lebih baik dari pada oli untuk bengsin ?
Komposisinya beda ... oli untuk diesel spek detergent nya lebih banyak ... dan gak perlu untuk mesin bensin ... Kalaulah mau makai cukup sampai ke 500 km yang fungsinya sebagai PEMBERSIH ... itung-itung FLUSHING dengan cara berjalan ... pun juga bisa.
abdoel wrote:kalo oli untuk diesel dimasukkan ke mesin bengsin gimana ya ?
secara komposisi kayaknya lebih baik dari pada oli untuk bengsin ?
Komposisinya beda ... oli untuk diesel spek detergent nya lebih banyak ... dan gak perlu untuk mesin bensin ... Kalaulah mau makai cukup sampai ke 500 km yang fungsinya sebagai PEMBERSIH ... itung-itung FLUSHING dengan cara berjalan ... pun juga bisa.
wah, sesok2 aku nguras oli mesin njezz pake oli diesel aja dong yah?
oli diesel campur engine flush (a.k.a. minyak tanah & ATF) buat ngeflush lebih mantap dibanding oli mineral buat bensin dong PPT?
abdoel wrote:kalo oli untuk diesel dimasukkan ke mesin bengsin gimana ya ?
secara komposisi kayaknya lebih baik dari pada oli untuk bengsin ?
Komposisinya beda ... oli untuk diesel spek detergent nya lebih banyak ... dan gak perlu untuk mesin bensin ... Kalaulah mau makai cukup sampai ke 500 km yang fungsinya sebagai PEMBERSIH ... itung-itung FLUSHING dengan cara berjalan ... pun juga bisa.
wah, sesok2 aku nguras oli mesin njezz pake oli diesel aja dong yah?
oli diesel campur engine flush (a.k.a. minyak tanah & ATF) buat ngeflush lebih mantap dibanding oli mineral buat bensin dong PPT?
Kalau udah makai oli diesel ... ya gak usah campur dengan engine flush ... karena engine flush cuman diperbolehkan mesin dalam keadaan IDLE dan gak Jalan.
matur nuwun PPT,
saya tanya karena pada oli diesel kadang tertulis juga API SL.
terus volume oli dalam mesin apakah berpengaruh terhadap degradasi kualitas oli ?
contoh: mobil sama2 2000cc tapi yg A kapasitas olinya 5L sedang B kapasitas olinya 6L.
jika keduanya dipakai dalam kondisi yg sama apakah penggantian oli mobil B lebih lama ?
Kadang2 saya kalo lagi bawa mobil bisa berasa koq ni mobil tarikannya beraaaat banget, tapi kalo lagi gimana lain hari saya bisa berasa mobilnya enteng banget larinya.
pertanyaannya: apakah itu cuma sugesti mengingat mobil yang dipakai sama, olinya juga sama?
apakah ada SMers yang pernah ngerasain kaya sy?
Hadir...
Makanya saya nggak bisa testimoni oli yg "terasa" paling baik. Olinya itu2 jg kadang terasa enak tapi kadang terasa berat. Terus terang dari dulu gw cuman bisa menilai oli dari harga dan brand nya. Oli murah kayak Prima Xp buat 2000 km, olie menengah dipake 3000 an km. Olie mahal kayak Mobwan buat 5000 km. Yg lebih mahal dan lebih terkenal dari Mob Wan, belum pernah pake..
PenyuTurbo wrote:Sebagai patokan pemilihan SAE OLI :
Mo nanya pak Penyu,
Amb Temp unt oli 5W-30 dengan yg 10W-30 koq jauh bedanya? Padahal 'ekor' nya sama 30...
Amb Temp itu apaan sih? Apakah temperatur lokasi atau temperatur lainnya?
Thx.