Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

PenyuTurbo wrote: Oli itu akan berumur panjang dalam mesin jika penggunaannya pada normal Driving Condition ... yang menurut standar definisinya adalah boil berjalan pada 45 MPH (70 km/jam) ... secara kontinu dan testingnya selama 220 jam.

Kalau digeber-geber itu termasuk dalam penggunaan yang sifatnya SEVERE DRIVING CONDITION ... termasuk didalamnya ... stop & go Driving, dipanasin dan dimatiin ... Short daily travel distance (kurang dari 60 km).

Kalau udah dituang dalam mesin, Oli itu sebenarnya gak rusak ... yang rusak itu adalah additivenya ... jadi gak ada yang bisa nentuin kadaluwarsanya ... mengingat gak diketahui laju/kecepatan kontaminasi BBM dan additivenya dalam oli.
Buktinya banyak oli dipasaran yang diambil dari campuran oli bekas ... kemudian disaring lagi kotorannya ... lalu di BLEACHING lagi supaya warnanya jadi kuning/coklat jernih ... masukin dalam kaleng atau jerigen ... tempel sticker dan dijual lagi ....
for a peace state of mind, mendingan ganti tiap 6 bulan deh. daripade daripade.. ntar lg diuber2 pjr mesin bubar *na'ujubila minjalik

thanks,
ryanzaul
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sat Oct 20, 2007 23:00

Post by ryanzaul »

thanks banget Om Penyu atas pencerahannya, btw klo nakalan dikit pake semi synthetic tapi diganti tiap 5000 km bole gak ya? hehehe (irit mode = on)

OOT dikiit nih, semoga masih nyerempet2:
1. Di manual Honda Civic LX A/T 1988 dikatakan oli transmisi otomatis adalah yg Dexron II, jika kita pakai Dexron III efeknya apa ya? apa ada keuntungannya?
2. Minyak rem standarnya DOT 3, klo pake DOT 4 ada untungnya gak ya?
3. (klo yg ini mgk lbh OOT :) ) -> klo oli artis kita tau sama tau deh kualitasnya, tapi klo air radiator punya si artis gimana ya? soalnya pemilik mobil sblm gw pake yg itu...

terimakasihhh banget
[/code][/quote]
User avatar
tigor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24

Post by tigor »

PenyuTurbo wrote:
tigor wrote:Pak Penyu,
Setelah baca penjelasan anda yg luarbiasa gamblangnya (thx atas nice sharingnya), saya mo nanya suppose ada pilihan anrata 5w-30 n 10w-30, unt kondisi Jkt, pilih mana? Lepas dari banyak tidaknya kandungan Polimer antara keduanya. Tks, wass
Pilih yang 10W30.
ok, thx pak.
My gallery... http://tig0r.multiply.com/
JAUHKAN SUUD'ZON!!

Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

ryanzaul wrote:thanks banget Om Penyu atas pencerahannya, btw klo nakalan dikit pake semi synthetic tapi diganti tiap 5000 km bole gak ya? hehehe (irit mode = on)

OOT dikiit nih, semoga masih nyerempet2:
1. Di manual Honda Civic LX A/T 1988 dikatakan oli transmisi otomatis adalah yg Dexron II, jika kita pakai Dexron III efeknya apa ya? apa ada keuntungannya?

Untuk GM (General Motor) gak jadi masalah dan untuk selain GM ada keengganan untuk memberikan rekomendasi ... tentunya jika boil masih dalam waktu garansi. Perbedaan antara Dexron II dan Dexron III hanyalah dari segi LIFETIME nya saja ... dari segi friction modifier gak Beda ... so Gak jadi masalah kalau Dexron II diganti dengan Dexron III. Keuntungannnya ya itu tadi ... interval pergantian ATF nya Dexron III lebih panjang ... hanya gak ada nilai spesifik berapa tambah panjangnya ... karena ini juga bergantung pada Driving Habits (kebiasaan dan cara mengemudi).

2. Minyak rem standarnya DOT 3, klo pake DOT 4 ada untungnya gak ya?

Kalau hanya digunakan untuk keperluan sehari-hari dan gak ada acara racing-racingan dan HARD BREAKING ... ya gak ada untungnya ganti dari DOT3 ke DOT4 ... cuman kalau harganya sama ... ya keuntungannya ada di Boiling Point DOT4 lebih tinggi ... Dry boiling point untuk DT3 = 205 oC sedang DOT4 = 230 oC. Wet Boiling Point DOT3 = 140 oC sedang DOT4 = 150 oC. Secara Definisi ... Dry Boiling point adalah titik didih brake fluid yang masih fresh atau baru ... sedang Wet Boiling Point adalah titik didih diukur setelah Brake Fluid Menyerap air sebanyak 3.7%.

3. (klo yg ini mgk lbh OOT :) ) -> klo oli artis kita tau sama tau deh kualitasnya, tapi klo air radiator punya si artis gimana ya? soalnya pemilik mobil sblm gw pake yg itu...

Ya kalau mau jadi artis ya silahkan aja ... hahahahaha ... sepanjang air radiatornya (Coolant additive) nnya adalah sebagai Penghambat Karat (Rust Inhibitor) ... hampir sama saja ... cuman kalau yang punya artis ini baunya lain ... mungkin ada channel 5 nya ... sedang kalau yang lain minyak sereh kaleee ...

terimakasihhh banget

Kembali kaseh ...

[/code]
[/quote]
Image
User avatar
tigor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24

Post by tigor »

tigor wrote:
PenyuTurbo wrote:
tigor wrote:Pak Penyu,
Setelah baca penjelasan anda yg luarbiasa gamblangnya (thx atas nice sharingnya), saya mo nanya suppose ada pilihan anrata 5w-30 n 10w-30, unt kondisi Jkt, pilih mana? Lepas dari banyak tidaknya kandungan Polimer antara keduanya. Tks, wass
Pilih yang 10W30.
ok, thx pak.
Ini tah yg namanya Amsoil tuh....

Image

Image

dah ada 'bandar' nya, tinggal pesan aja..hehe
My gallery... http://tig0r.multiply.com/
JAUHKAN SUUD'ZON!!

Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Yap ... jangan keliru nanti ada merek lain namanya AMOIL ... deket-deket AMSOIL ...
Image
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

oli cepean emang beda rasanya.. tadi sore baru ganti Amsoil ATM 10W-30, sblmnya di engine flush 'ala PPT' terlebih dahulu.

entah sugesti, ato mlm2 udara dingin emang performance mobil lebih enak. 'butt feeling' emang lebih enteng sih tarikannya.

sblmnya pake 5W-40.

intinya puas deh, makasih sarannya PPT.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:oli cepean emang beda rasanya.. tadi sore baru ganti Amsoil ATM 10W-30, sblmnya di engine flush 'ala PPT' terlebih dahulu.

entah sugesti, ato mlm2 udara dingin emang performance mobil lebih enak. 'butt feeling' emang lebih enteng sih tarikannya.

sblmnya pake 5W-40.

intinya puas deh, makasih sarannya PPT.
Sebenarnya bukan sugesti ... tapi yang memang begitu ... kalau dirawat habis memang memuaskan.
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

PPT,

Kadang2 saya kalo lagi bawa mobil bisa berasa koq ni mobil tarikannya beraaaat banget, tapi kalo lagi gimana lain hari saya bisa berasa mobilnya enteng banget larinya.

pertanyaannya: apakah itu cuma sugesti mengingat mobil yang dipakai sama, olinya juga sama? :?
apakah ada SMers yang pernah ngerasain kaya sy?
User avatar
abdoel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33

Post by abdoel »

kalo oli untuk diesel dimasukkan ke mesin bengsin gimana ya ?

secara komposisi kayaknya lebih baik dari pada oli untuk bengsin ?
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

drodol donk...hehehe
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Risol1 wrote:PPT,

Kadang2 saya kalo lagi bawa mobil bisa berasa koq ni mobil tarikannya beraaaat banget, tapi kalo lagi gimana lain hari saya bisa berasa mobilnya enteng banget larinya.

pertanyaannya: apakah itu cuma sugesti mengingat mobil yang dipakai sama, olinya juga sama? :?
apakah ada SMers yang pernah ngerasain kaya sy?
Semua bergantung juga pada kondisi lengkungan saat mengendara ... Ketinggian Tempat (Altitude) ... Suhu udara ... dan Kelembaban (Humidity) ... dan penumpang disebelahnya ... hehehehehehe.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

abdoel wrote:kalo oli untuk diesel dimasukkan ke mesin bengsin gimana ya ?

secara komposisi kayaknya lebih baik dari pada oli untuk bengsin ?
Komposisinya beda ... oli untuk diesel spek detergent nya lebih banyak ... dan gak perlu untuk mesin bensin ... Kalaulah mau makai cukup sampai ke 500 km yang fungsinya sebagai PEMBERSIH ... itung-itung FLUSHING dengan cara berjalan ... pun juga bisa.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Sebagai patokan pemilihan SAE OLI :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

oli single grade SAE30 di Jkt ada yg jual gak yah?
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

PenyuTurbo wrote:
abdoel wrote:kalo oli untuk diesel dimasukkan ke mesin bengsin gimana ya ?

secara komposisi kayaknya lebih baik dari pada oli untuk bengsin ?
Komposisinya beda ... oli untuk diesel spek detergent nya lebih banyak ... dan gak perlu untuk mesin bensin ... Kalaulah mau makai cukup sampai ke 500 km yang fungsinya sebagai PEMBERSIH ... itung-itung FLUSHING dengan cara berjalan ... pun juga bisa.
wah, sesok2 aku nguras oli mesin njezz pake oli diesel aja dong yah?
oli diesel campur engine flush (a.k.a. minyak tanah & ATF) buat ngeflush lebih mantap dibanding oli mineral buat bensin dong PPT?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:oli single grade SAE30 di Jkt ada yg jual gak yah?
Ada sih ada .... Kelihatannya Jarang yang masarin Straight SAE. ... kebanyakannya Multigrade SAE.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:
PenyuTurbo wrote:
abdoel wrote:kalo oli untuk diesel dimasukkan ke mesin bengsin gimana ya ?

secara komposisi kayaknya lebih baik dari pada oli untuk bengsin ?
Komposisinya beda ... oli untuk diesel spek detergent nya lebih banyak ... dan gak perlu untuk mesin bensin ... Kalaulah mau makai cukup sampai ke 500 km yang fungsinya sebagai PEMBERSIH ... itung-itung FLUSHING dengan cara berjalan ... pun juga bisa.
wah, sesok2 aku nguras oli mesin njezz pake oli diesel aja dong yah?
oli diesel campur engine flush (a.k.a. minyak tanah & ATF) buat ngeflush lebih mantap dibanding oli mineral buat bensin dong PPT?
Kalau udah makai oli diesel ... ya gak usah campur dengan engine flush ... karena engine flush cuman diperbolehkan mesin dalam keadaan IDLE dan gak Jalan.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

mansetha wrote:drodol donk...hehehe
drodol itu apaan ?
Image
User avatar
abdoel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33

Post by abdoel »

matur nuwun PPT,
saya tanya karena pada oli diesel kadang tertulis juga API SL.

terus volume oli dalam mesin apakah berpengaruh terhadap degradasi kualitas oli ?

contoh: mobil sama2 2000cc tapi yg A kapasitas olinya 5L sedang B kapasitas olinya 6L.
jika keduanya dipakai dalam kondisi yg sama apakah penggantian oli mobil B lebih lama ?
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

PenyuTurbo wrote:
mansetha wrote:drodol donk...hehehe
drodol itu apaan ?
sejenis makanan yang warnanya hitam dan manis rasanya, sedikit lengket kalo masih panas.... hehehe... :lol:


eh maksudnya mesinnya bisa jadi drodol getu... :roll:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

mansetha wrote:
PenyuTurbo wrote:
mansetha wrote:drodol donk...hehehe
drodol itu apaan ?
sejenis makanan yang warnanya hitam dan manis rasanya, sedikit lengket kalo masih panas.... hehehe... :lol:


eh maksudnya mesinnya bisa jadi drodol getu... :roll:
mungkin drodol maksudnya jebol gitu PPT :D
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Jgn drodol dunk.....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Risol1 wrote:PPT,

Kadang2 saya kalo lagi bawa mobil bisa berasa koq ni mobil tarikannya beraaaat banget, tapi kalo lagi gimana lain hari saya bisa berasa mobilnya enteng banget larinya.

pertanyaannya: apakah itu cuma sugesti mengingat mobil yang dipakai sama, olinya juga sama? :?
apakah ada SMers yang pernah ngerasain kaya sy?
Hadir... :D

Makanya saya nggak bisa testimoni oli yg "terasa" paling baik. Olinya itu2 jg kadang terasa enak tapi kadang terasa berat. Terus terang dari dulu gw cuman bisa menilai oli dari harga dan brand nya. Oli murah kayak Prima Xp buat 2000 km, olie menengah dipake 3000 an km. Olie mahal kayak Mobwan buat 5000 km. Yg lebih mahal dan lebih terkenal dari Mob Wan, belum pernah pake.. :D
User avatar
tigor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24

Post by tigor »

PenyuTurbo wrote:Sebagai patokan pemilihan SAE OLI :

Mo nanya pak Penyu,

Amb Temp unt oli 5W-30 dengan yg 10W-30 koq jauh bedanya? Padahal 'ekor' nya sama 30...
Amb Temp itu apaan sih? Apakah temperatur lokasi atau temperatur lainnya?
Thx.
My gallery... http://tig0r.multiply.com/
JAUHKAN SUUD'ZON!!

Image