Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

liongkiky wrote:sy selalu pakai FK/massimo SSX 10w30 high-grade mineral oil setiap 5000km, bukan yg NA-beat 5w30 (lebih mahal dari SSX, NA-beat pun masih mineral).
Uniknya merk ini, spec nya average saja SJ-CF, & most tipe2 oil nya adalah mineral (sptnya cuma merk ini yg bikin mineral 5w30 CMIIW); infonya kualitas mineralnya ini masih lebih bagus dari bbrp full-syntetic level entry sekalipun.
Jg harganya relatif mahal / setara full-syntetic nya petronas yah.
Harga yg NA-beat mineral malah setara/lebih mahal daripada HKS semi-syntetic 10w40.
Tp since ini asli japan, kualitas & spec nya percaya asli deh, FK/massimo ini sptnya supplier juga buat bbrp oil japan brand lain.
ada lagi yg "Racing Spec 10w60" kl ga salah; penjualnya malah sama sekali tidak menganjurkan kecuali sy perlu pakai untuk mesin turbo utk balap/race di sirkuit.
Apa ada smers lain yg pakai FK/massimo juga?
eternorockstar wrote:denger2 Petro Kanada bs tahan sampe 80000km.tp apa g bawa pengaruh buruk k mesin???

ada yg pernah coba FK/Massimmo NA Beat????
saya pakai yang high spec racing 3 SL 7,5W-40, pernah pakai N/A beat cuma kok belum sampai 5000 sudah agak berat ama item ?
Gundul
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 15, 2007 6:40

Post by Gundul »

Pak Penyu Turbo,
Salam kenal pak....mobil saya mazda lantis dan sudah pake HLA kalo pagi suka bunyi tek...tek....
walaupun tidak lama bunyi itu udah hilang.... kira2x apanya yang harus diperhatikan pak?
Sebagai tambahan informasi saya pake oli Mobil-S 10W-40 dan bunyi itu ada setelah menempuh jarak 2000 Km.
Sorry masih baru punya mobil dan ngak ngerti apa2x... Thx
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Gundul wrote:Pak Penyu Turbo,
Salam kenal pak....mobil saya mazda lantis dan sudah pake HLA kalo pagi suka bunyi tek...tek....
walaupun tidak lama bunyi itu udah hilang.... kira2x apanya yang harus diperhatikan pak?
Sebagai tambahan informasi saya pake oli Mobil-S 10W-40 dan bunyi itu ada setelah menempuh jarak 2000 Km.
Sorry masih baru punya mobil dan ngak ngerti apa2x... Thx
Ya memang harus bunyi ... karena oli belum naik. Kalau mau gak bunyi mesti ditambahin sistem pompa oli yang mana sistem ini akan bekerja pada saat kunci kontak di ON-kan sehingga bunyi tek-tek akan gak terjadi.
Image
Gundul
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 15, 2007 6:40

Post by Gundul »

Tapi sebelumnya ngak bunyi pak....baru bunyi setelah jalan 2000 km.
Artinya kalo ganti oli yang baru ngak bunyi lagi...
Saya tertarik dengan castrol magnetec 10w-40, apa mungkin bisa menghilangkan bunyi ini?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Gundul wrote:Tapi sebelumnya ngak bunyi pak....baru bunyi setelah jalan 2000 km.
Artinya kalo ganti oli yang baru ngak bunyi lagi...
Saya tertarik dengan castrol magnetec 10w-40, apa mungkin bisa menghilangkan bunyi ini?
Kalau sebelumnya gak bunyi ... ada beberapa kemungkinan :

1. Olinya udah terlalu kotor
2. Saluran olinya udah mulai ada penimbunan kotoran ... bikin oli kurang lancar
3. Pompa olinya udah sedikit tersumbat

Bisa dicoba dengan FLUSHING untuk membersihkan kotoran dan ganti dengan oli yang index viskositasnya lebih rendah supaya lebih mudah mengalir pada saat start ... selanjutnya interval ganti olinya diperpendek.
Image
Gundul
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 15, 2007 6:40

Post by Gundul »

Thank Pak Penyu Turbo,

Sebagai tambahan informasi, engine sudah saya bersihkan dengan menurunkan semua mesin sampai pada silinder dan blok mesinnya...jadi sekalian saya bersihkan secara manual pak.....
Saya yakin sekali kalo keadaan semua komponen didalam mesin saya udah bersih pak, karena saya sendiri yang mengerjakanya....kalo kondisinya seperti ini apa mungkin hanya kemungkinan yang 1 saja yang harus dilakukan?
Gundul
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 15, 2007 6:40

Post by Gundul »

Kalo FLUSHING apa bisa hanya menggunakan minyak tanah 75% dan ATF Dextron III 25%?
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

Gundul wrote:Thank Pak Penyu Turbo,

Sebagai tambahan informasi, engine sudah saya bersihkan dengan menurunkan semua mesin sampai pada silinder dan blok mesinnya...jadi sekalian saya bersihkan secara manual pak.....
Saya yakin sekali kalo keadaan semua komponen didalam mesin saya udah bersih pak, karena saya sendiri yang mengerjakanya....kalo kondisinya seperti ini apa mungkin hanya kemungkinan yang 1 saja yang harus dilakukan?
Bung Gundul melakukan sendiri turun mesin.... ck ck ck..... mungkin bisa kerjasama sama Pak PenyuTurbo & Pak Turboman bikin bengkel atau speedshop, kita2 jadi pelanggan pertama......
Gundul
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 15, 2007 6:40

Post by Gundul »

JESKONENG wrote:
Gundul wrote:Thank Pak Penyu Turbo,

Sebagai tambahan informasi, engine sudah saya bersihkan dengan menurunkan semua mesin sampai pada silinder dan blok mesinnya...jadi sekalian saya bersihkan secara manual pak.....
Saya yakin sekali kalo keadaan semua komponen didalam mesin saya udah bersih pak, karena saya sendiri yang mengerjakanya....kalo kondisinya seperti ini apa mungkin hanya kemungkinan yang 1 saja yang harus dilakukan?
Bung Gundul melakukan sendiri turun mesin.... ck ck ck..... mungkin bisa kerjasama sama Pak PenyuTurbo & Pak Turboman bikin bengkel atau speedshop, kita2 jadi pelanggan pertama......
Bung Jes,
Saya mengerjakanya dengan teman dulu waktu sekolah, jadi sebenarnya yang jago itu temen saya....bukan saya....he...he...he...
takehito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Nov 20, 2007 5:12

Post by takehito »

Salam kenal semua, newbie nih!!!
Kalo gw sih tergantung mobil gw apa?, tahun brp? kita sesuaikan aja pemakaian oli yg tepat.
Selama ini gw pake FK/MASSIMO oil made in japan , sdh 3 taonan, so far it gives very very good result, tarikan enteng, puas deh.
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

kalo boil baru di overhoul, piston/ring baru, saat reyen apakah perlu perlakuan khusus, seperti jalan tidak lebih dari 4000rpm sampai mencapai 1000km, kemudian pemakaian oli jenis mineral apakah (SAE berapa) demikian, bung PPT mohon pencerahannya trims...
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

mansetha wrote:kalo boil baru di overhoul, piston/ring baru, saat reyen apakah perlu perlakuan khusus, seperti jalan tidak lebih dari 4000rpm sampai mencapai 1000km, kemudian pemakaian oli jenis mineral apakah (SAE berapa) demikian, bung PPT mohon pencerahannya trims...
seharusnya begitu, secara itungannya mesin masuk kembali ke masa inreyen
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

StRaDe_Jazz wrote:
mansetha wrote:kalo boil baru di overhoul, piston/ring baru, saat reyen apakah perlu perlakuan khusus, seperti jalan tidak lebih dari 4000rpm sampai mencapai 1000km, kemudian pemakaian oli jenis mineral apakah (SAE berapa) demikian, bung PPT mohon pencerahannya trims...
seharusnya begitu, secara itungannya mesin masuk kembali ke masa inreyen
apakah pemakaian oli jenis mineral dengan SAE yang disesuaikan type mesin memang suatu keharusan pada saat rebord/inreyen, apabila tidak memakai oli jenis mineral tapi pakai oli sintetis bagaimana akibatnya... thanks.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

iya neh... saat jeskoneng masih break in period (inreyen), info tentang sebaiknya pake oli mineral itu belum kuketaui.....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

mohon pendapatnya,

tentang Shell Helix Plus 10W-40 dan Castrol Magnatec 10W-40...


manakah yg lebih bagus diantara itu? serta pengalamannya waktu menggunakan oli tersebut... :D


Thanks... :D
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Hansen wrote:mohon pendapatnya,

tentang Shell Helix Plus 10W-40 dan Castrol Magnatec 10W-40...


manakah yg lebih bagus diantara itu? serta pengalamannya waktu menggunakan oli tersebut... :D


Thanks... :D
waduh2 mod satu ini gmn?
Dah ada tuh... ada satu thread bahas kedua oli ini...
coba cari2 deh... Kalo ga salah di common topic...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Post by imsus2c »

r1210g wrote:
Hansen wrote:mohon pendapatnya,
tentang Shell Helix Plus 10W-40 dan Castrol Magnatec 10W-40...
manakah yg lebih bagus diantara itu? serta pengalamannya waktu menggunakan oli tersebut... :D
Thanks... :D
waduh2 mod satu ini gmn?
Dah ada tuh... ada satu thread bahas kedua oli ini...
coba cari2 deh... Kalo ga salah di common topic...
Saya pake Castrol Magnatec 10W-40, so far masih memuaskan. Belum pernah pake shell helix sih, malah ada rencana coba ELF. Nih, ta tongolin threadnya castrol vs. shell buat om Handsome (dibacanya="hansen" ya...)hehehe....
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... l+magnatec
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

r1210g wrote:
Hansen wrote:mohon pendapatnya,

tentang Shell Helix Plus 10W-40 dan Castrol Magnatec 10W-40...


manakah yg lebih bagus diantara itu? serta pengalamannya waktu menggunakan oli tersebut... :D


Thanks... :D
waduh2 mod satu ini gmn?
Dah ada tuh... ada satu thread bahas kedua oli ini...
coba cari2 deh... Kalo ga salah di common topic...
mungkin maksudnya untuk mengkerucutkan threat disini, biar lebih fokus, mumpung masih topiknya hangat ... :roll:
takehito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Nov 20, 2007 5:12

Post by takehito »

apakah pemakaian oli jenis mineral dengan SAE yang disesuaikan type mesin memang suatu keharusan pada saat rebord/inreyen, apabila tidak memakai oli jenis mineral tapi pakai oli sintetis bagaimana akibatnya... thanks.[/quote]

sebenarnya pertimbangan memakai oli mineral pd saat inreyen tidak harus. Pertimabangan memaki oli mineral, karena harganya murah dan saat inreyen sampai 1000 km, olinya lebih baik diganti agar gram(serpihan Logam) bs dibuang.
Jadi terserah kita, kalo emang mampu beli yg syntetic juga boleh kok..
SOal SAE, lebih baik dikasih yg lebih encer, agar oli dapat dengan mudah masuk kecelah2 mesin
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

imsus2c wrote:
r1210g wrote:
Hansen wrote:mohon pendapatnya,
tentang Shell Helix Plus 10W-40 dan Castrol Magnatec 10W-40...
manakah yg lebih bagus diantara itu? serta pengalamannya waktu menggunakan oli tersebut... :D
Thanks... :D
waduh2 mod satu ini gmn?
Dah ada tuh... ada satu thread bahas kedua oli ini...
coba cari2 deh... Kalo ga salah di common topic...
Saya pake Castrol Magnatec 10W-40, so far masih memuaskan. Belum pernah pake shell helix sih, malah ada rencana coba ELF. Nih, ta tongolin threadnya castrol vs. shell buat om Handsome (dibacanya="hansen" ya...)hehehe....
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... l+magnatec
thanks om...atas linknya... :D
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Sejarah Oli Sintetik

Post by PenyuTurbo »

Historical Facts
1877: C. Friedler and J.M. Crafts synthesize the first "synthetic" hydrocarbons.
1913: Friedrich Bergius in Germany develops Hydrogenation process for production of synthetic oil from coal dust
1921: Standard Oil in USA produces one barrel of synthetic oil from one ton of shale rock
1921: Friedrich Bergius in Germany develops commercial process for hydrogenation of coal to synthetic oil
1925: In Germany Franz Fisher and Hans Tropsch develop Synthetic Oil industrial production process
1926: I.G. Farben acquired the patent rights to the Bergius hydrogenation process for production of synthetic oil from coal
1927: I.G. Farben's Leuna works start synthetic oil production
1929: Standard Oil of Indiana makes the first attempt at commercial development of synthetic hydrocarbons. Many gallons of synthetic oil were made by polymerization of different olefins.
1930-34: Union Carbide and Carbon Corp develop and investigate the applications of water soluble Polyalkylene Glycol (PAG)
1931: Nobel Prize for Chemistry: Friedrich Bergius & Carl Bosch: Invention and development of chemical high pressure methods (used for synthetic oil production)
1932: I.G. Farben investment into synthetic fuels production from coal
1936: Adolf Hitler in Germany starts Major synthetic fuels and oil program
1937: First Polyalphaolefins were synthesized
1939: Fischer-Tropsh process that used carbon monoxide and hydrogen to make synthetic oils and fuels was commercialized in Germany
1942-45: PAG synthetic oils used in fleets and commercial vehicles
1944-1954: 10% of German supply of lubricating oil is "synthetic", made by using three different processes
1944: US Army aircraft operating in Alaska and Canada use PAG engine oils
1944-45: The idea of using colloidal solids in synthetic fluids for lubrication of the first jet engines is tested and researched in Germany
1946: National Carbide Company, Inc. markets the "First" commercial PAG engine oils Prestone Motor Oil
1946: New York Power & Light Corp uses PAG engine oils in variety of their commercial vehicles.
1942-1955: Diester oils are used in turbine engines because Petroleum oil simply was inadequate to meet the demands of these engines.
1962: Texaco produces Synthetic Aircraft Turbine Oil
1962-66: U.S. Army experiences significant problems in operating vehicles and equipment in Alaska with
MIL-L-10295 Lubricating Oil.
1965: Mobil introduces fully synthetic grease
1966: First Syn! Synthetic Super Lubricants produced in Canada
1966: Motul introduces first semi-synthetic motor oil in France
1968: U.S. Army develops MIL-L-46167 specification, which can be satisfied only with PAO synthetic oil
1969: SynLube Company is formed in Vancouver, B.C. Canada – it’s specialty the first "syn-sol".
1970’s: Arab Oil embargo prompts interest in "synthetic" oils
1971: Motul in France introduces first all-synthetic oil in Europe
1972: AMSOIL is formed and markets re-labeled MIL specification oils to motoring public through multi-level "pyramid" type organization.
1974: Mobil test markets Mobil 1 synthetic SAE 5W-20 "synthesized engine lubricant"
1976: Mobil 1 goes national in USA and changes the product description to "synthetic" motor oil
1980: Mobil introduces second generation synthetic motor oil Mobil 1 available as SAE 5W-30 and 15W-50
1982: SynLube in Canada produces first SAE 5W-50 all synthetic non-petroleum motor oil
1984: Agip in Italy introduces synthetic motor oil SAE 10W-50
1985: U.S. Army uses the MIL-L-46167 lubes in other than arctic conditions.
1986: Mobil only in Europe introduces Rally Formula Mobil 1 synthetic motor oil SAE 5W-50
1990: Quaker State introduces line of Synquest synthetic lubricants: grease NLGI No.2 GC-LB, motor oil SAE 5W-50 and gear oil SAE 75W-90
1990: SynLube opens sales office in Las Vegas, Nevada USA
1990: Chevron introduces synthetic motor oil SAE 5W-30 and 5W-50
1992: Mobil introduces Advanced Formula Mobil 1 motor oil SAE 5W-30, 10W-30 and 15W-50
1992: Formulation of first SAE 0W-60 motor oil in Germany
1992: Valvoline introduces synthetic motor oil SAE 5W-30, 10W-30 and 20W-50
1992: CASTROL introduces Syntec SAE 5W-50 motor oil based on PAO
1993: Texaco introduces Havoline Synthetic motor oil SAE 5W-40
1993: Pennzoil introduces Performax synthetic motor oil SAE 5W-50
1993: Sunoco introduces DynaTech synthetic engine oils SAE 20W-50 and 5W-40
1993: Sta-Lube launches marketing of synthetic gear oils and synthetic industrial grease
1994: Pep Boys starts selling synthetic motor oil under their own brand name SAE 5W-30, 10W-30 and 20W-50
1994: Petrolon introduces synthetic motor oil under Slick 50 brand name
1994: Synthoil starts marketing of SAE 10W-30 synthetic motor oil
1992: CASTROL reformulates Syntec motor oils with API Group III (petroleum) base stock from Shell
1996: SynLube introduces SynLube™ Lube-4-Life ® "The FIRST oil you do NOT change" !
1999: Mobil introduces Mobil 1 "Tri-synthetic" version of their motor oil
1999: NAD rules that hydroisomerized base oils (Group III) can be classified as "synthetic oils"
1999: Exxon and Mobil merges to ExxonMobil.
2000: Mobil 1 introduces Synthetic-Blend motor oil
2002: Mobil 1 introduces Synthetic motor oil with SuperSyn.
2003: Mobil 1 introduces SAE 0W-30 RACING Synthetic motor oil.
2003: SynLube introduces SAE 0W-40 PZEV, SynLube™ Lube-4-Life ® motor oil, specially formulated for low emission engines that are designed to use SAE 0W-20 or SAE 5W-20 motor oils. This new formulation is suitable for 15 year or 150,000 mile service without oil changes.
2005: Mobil 1 introduces Synthetic motor oil with 15,000 mile advertised service life.
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Sejarah Oli Sintetik

Post by GTR »

Bung penyuturbo, bagaimana ttg fk/massimo, most produk mereka adalah mineral, harga oil(mineral) nya juga termasuk mahal bisa setara entry full-synthetic.
Dgn kelas yg sama (sisi harga) apakah oli ini bisa melebihi kualitas oli semi-synthetic / bahkan full synthetic?
takehito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Nov 20, 2007 5:12

Post by takehito »

Memang menurut, standardnya oli banyak levelnya seperti oli Mineral, base olinya ada 3 tingkat, yaitu alkil benzena, naftena, dan iso-parafin. Diantara ketiga base oil ini yg paling bagus dan yg paling mahal adalah type ISO-PARAFIN. terbukti dengan hasil test viscosity indexnya untuk oli MINERAL FK/MASSIMO adalah 140, angka ini sudah masuk kedalam level semisynthetic.
Teknologii terbaru untuk oli adalah hydrocracking oli, dimana oli mineral diproses dengan destilasi 7 tingkat menghasilkan oli dengan viscosity index 160 sudah setara dengan full synthetic. Dan dibeberapa negara di Eropa memakai nama HC synthetic (Hydrocrack synthetic)

Kalao kita bicara oli semisynthetic, berarti oli mineral dicampur dengan synthetic, kita harus tahu berapa persen kandungan oli syntheticnya kalo cuman dikasih 1 tetes saja kita juga bisa bilang bahwa oli tersebut semisynthetic. Dimana di Indonesia tidak ada satupun merek yg mencantumkan contain oli semisyn-nya. Kita sebagai customer jg sering dibodohi, oli mineral ditulis semi-syn.
Fullsynthetic juga banyak level nya seperti PAO (poli Alpha olefin), esther pure, Molybdenum Non-polymer (jarang dipakai, krn terlalu mahal, biasanya utk oli race)
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

dari gw.. yg dah gw coba..

Shell: recomended buat harian..., bagus dan bersih... buat maintenance ok banget...

Mobil1S (yg gw pake skrg): buat dialy use yah standar.. buat perfomance sih bener2 recomended...

FK Massimo N/A beat: Bah ini oli buat performance sih tob abiss.., ga ada matinya..., cuman buat maintenance ya lebih cepet kotor.. otomatis harus rajin2 ganti oli.. , dan sifatnya Mineral.
terakhir sih gw beli 350ribu 4 liter.., karena sekarang naek... balik ke mobil 1.. , blun coba yg laen2 lg nih.. ntar deh kalo mo ganti oli lg..

catatan tiap ganti oli beda mrk gw pasti ganti filter..,( tp gr2 filter oli gw mentok ma header jadi susah di buka , makanya kmrn gw pake oli yg sama lg...)
Gundul
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 15, 2007 6:40

Post by Gundul »

Takumi wrote:dari gw.. yg dah gw coba..

Shell: recomended buat harian..., bagus dan bersih... buat maintenance ok banget...

Mobil1S (yg gw pake skrg): buat dialy use yah standar.. buat perfomance sih bener2 recomended...

FK Massimo N/A beat: Bah ini oli buat performance sih tob abiss.., ga ada matinya..., cuman buat maintenance ya lebih cepet kotor.. otomatis harus rajin2 ganti oli.. , dan sifatnya Mineral.
terakhir sih gw beli 350ribu 4 liter.., karena sekarang naek... balik ke mobil 1.. , blun coba yg laen2 lg nih.. ntar deh kalo mo ganti oli lg..

catatan tiap ganti oli beda mrk gw pasti ganti filter..,( tp gr2 filter oli gw mentok ma header jadi susah di buka , makanya kmrn gw pake oli yg sama lg...)
Bro Takumi....
Maksudnya shell: recomende buat harian itu gmn? Apakah jika kita gunakan merk ini perawatan mesin sudah pasti jaminanya ok? Dan shell yang jenis apa?
Sekedar info sekarang gw pake Mazda Lantis. Tolong pencerahanya......Thx......