Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'

Post by kapsul 97 »

Halo Ooms, apa kabar? semoga sehat semua yaa...

Langsung aja, saya mau minta saran dan nasihat nya...
saya ada kendaraan sudah ndak jalan sekitar hampir setahun, karena ada problem di matic nya (ngejedug) dan ga bisa jalan :big_cry: , mau diperbaiki masih nunggu modal dan bingung antara mau dijual atau lanjut dirawat ha ha ha :big_biglaugh: ... semua sehat termasuk mesin nya juga (yaa kecuali matic nya tadi) ... yang rutin saya lakukan hanya manasin saja per periode tertentu, cuma sudah 1-2 bulan ini sudah saya ga panas panasin (pegel juga) ...

dari kondisi diatas, yang mau saya tanyakan:
1. Jika mobil sudah lama tidak dihidupkan, langkah pertama apa sebaik nya yang harus dilakukan agar agar mobil tidak ada bagian yang rusak lebih lanjut..? misal apakah harus ganti oli, dsb..? oli juga terakhir ganti 10 bulan lalu, dan saat mobil mulai tidak jalan kondisi oli masih bagus...
2. Hal-hal apa saja yang sebaik nya diperhatikan untuk kondisi mobil seperti ini..?

Mungkin itu saja Oom, mohon masukan nya, terima kasih. :big_smile]
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'

Post by silentIm2 »

Saya juga ada mobil yang jalannya juga paling setahun bisa diitung jari. Rutin manasin saja sih biar aki ga tekor. Kalo males beli smart charger saja. Selain itu bbm penuh biar tangki ga karatan. Oli ga perlu diganti, tapi ada baiknya mobil didongkrak dan di ganjal 4 rodanya supaya kawat ban ga rusak karena ga pernah rotasi. Mobil apa ya om?
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'

Post by kapsul 97 »

kalo aki sih udah tekor Oom he he he.. jadi sekarang nyalain mobil harus di jumper dari mobil satu nya lagi...
mobil nya Chevrolet Optra tahun 2003, mobil tua Oom he he he

untuk bensin justru tidak full tank seperempat kurang...
smart charger itu kalo aki dah tekor ha ngefek lagi ya..?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'

Post by ak4ng »

Sempet punya Hyundai (T)RAJET, kluaran 2002 metik 2.0. 3 tahun menjadi penghuni parkiran masjid akhirnya dijual ketengan ngumpul uang seharga nmax baru, drpd benerinnya seharga harga jualnya sakit hati :big_weee:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'

Post by kapsul 97 »

ak4ng wrote: Wed Nov 28, 2018 4:10 Sempet punya Hyundai (T)RAJET, kluaran 2002 metik 2.0. 3 tahun menjadi penghuni parkiran masjid akhirnya dijual ketengan ngumpul uang seharga nmax baru, drpd benerinnya seharga harga jualnya sakit hati :big_weee:
he he he busyeett 3 tahun...
memang lebih untung jual ketengan yaa..?
butuh waktu berapa lama sampe kejual semua part..? body..?

damang akang..? geus jadi dokter..? :big_peace:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'

Post by ginting »

kapsul 97 wrote: Wed Nov 28, 2018 4:17
ak4ng wrote: Wed Nov 28, 2018 4:10 Sempet punya Hyundai (T)RAJET, kluaran 2002 metik 2.0. 3 tahun menjadi penghuni parkiran masjid akhirnya dijual ketengan ngumpul uang seharga nmax baru, drpd benerinnya seharga harga jualnya sakit hati :big_weee:
he he he busyeett 3 tahun...
memang lebih untung jual ketengan yaa..?
butuh waktu berapa lama sampe kejual semua part..? body..?

damang akang..? geus jadi dokter..? :big_peace:
geus jenten Dokter.
Tugas di Sindang Barang ceunah
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'

Post by marmut »

saran saya,

1. ban dipompa sampai batas maksimum (ada yang 44 atau 51 psi). atau, jika mau didiamkan dalam waktu lebih dari 6 bulan sebaiknya beli jackstand atau bisa juga bikin dari kayu kaso, yang penting ban ngegantung.
2. tetap dipanasin paling lambat 1 minggu 1x. dan, jangan asal idle. sesekali RPM ditahan sampai 3-4 ribu sekitar 2-3 menit kemudian biarkan idle, lalu ulangi lagi naikkan RPM dan kembali idle lagi.
3. ruang mesin sering dijenguk jangan sampai curut, wirog dkk mengklaim engine bay sebagai wilayahnya.
pun untuk seputar kabin, kasih "serap air" yang banyak supaya tidak timbul jamur. sayang interior yang sudah bagus bila gimbul jamur, susah bersihinnya.
4. masalah oli mesin, boleh bertanya ke suhu Turboman bagaimana baiknya.

semoga membantu.
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'

Post by kapsul 97 »

ginting wrote: Fri Nov 30, 2018 9:19
kapsul 97 wrote: Wed Nov 28, 2018 4:17
ak4ng wrote: Wed Nov 28, 2018 4:10 Sempet punya Hyundai (T)RAJET, kluaran 2002 metik 2.0. 3 tahun menjadi penghuni parkiran masjid akhirnya dijual ketengan ngumpul uang seharga nmax baru, drpd benerinnya seharga harga jualnya sakit hati :big_weee:
he he he busyeett 3 tahun...
memang lebih untung jual ketengan yaa..?
butuh waktu berapa lama sampe kejual semua part..? body..?

damang akang..? geus jadi dokter..? :big_peace:
geus jenten Dokter.
Tugas di Sindang Barang ceunah
mantebbb
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'

Post by kapsul 97 »

marmut wrote: Fri Nov 30, 2018 10:40 saran saya,

1. ban dipompa sampai batas maksimum (ada yang 44 atau 51 psi). atau, jika mau didiamkan dalam waktu lebih dari 6 bulan sebaiknya beli jackstand atau bisa juga bikin dari kayu kaso, yang penting ban ngegantung.
2. tetap dipanasin paling lambat 1 minggu 1x. dan, jangan asal idle. sesekali RPM ditahan sampai 3-4 ribu sekitar 2-3 menit kemudian biarkan idle, lalu ulangi lagi naikkan RPM dan kembali idle lagi.
3. ruang mesin sering dijenguk jangan sampai curut, wirog dkk mengklaim engine bay sebagai wilayahnya.
pun untuk seputar kabin, kasih "serap air" yang banyak supaya tidak timbul jamur. sayang interior yang sudah bagus bila gimbul jamur, susah bersihinnya.
4. masalah oli mesin, boleh bertanya ke suhu Turboman bagaimana baiknya.

semoga membantu.
noted Oom...

point 1 dan 2 dah kadung ga bisa dilakukan, karena sakita nya mendadak, nyawa terakhir soal nya cuma dipake wat parkir masuk garasi ha ha ha :mky_01:
Pizzle
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Sep 02, 2019 4:10
Location: Surabaya, Indonesia

Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'

Post by Pizzle »

Permisi suhu, mau tanya kalau turun mesin Chevrolet Optra 2005 kira-kira habis sampai berapa ? Karena ada beberapa indikasi seperti RPM lama turun, mesin cepat overheat yang kata orang bengkel sebaiknya turun mesin sekalian kalau mau memperbaiki