Halo Ooms, apa kabar? semoga sehat semua yaa...
Langsung aja, saya mau minta saran dan nasihat nya...
saya ada kendaraan sudah ndak jalan sekitar hampir setahun, karena ada problem di matic nya (ngejedug) dan ga bisa jalan , mau diperbaiki masih nunggu modal dan bingung antara mau dijual atau lanjut dirawat ha ha ha ... semua sehat termasuk mesin nya juga (yaa kecuali matic nya tadi) ... yang rutin saya lakukan hanya manasin saja per periode tertentu, cuma sudah 1-2 bulan ini sudah saya ga panas panasin (pegel juga) ...
dari kondisi diatas, yang mau saya tanyakan:
1. Jika mobil sudah lama tidak dihidupkan, langkah pertama apa sebaik nya yang harus dilakukan agar agar mobil tidak ada bagian yang rusak lebih lanjut..? misal apakah harus ganti oli, dsb..? oli juga terakhir ganti 10 bulan lalu, dan saat mobil mulai tidak jalan kondisi oli masih bagus...
2. Hal-hal apa saja yang sebaik nya diperhatikan untuk kondisi mobil seperti ini..?
Mungkin itu saja Oom, mohon masukan nya, terima kasih.
Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 758
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'
Saya juga ada mobil yang jalannya juga paling setahun bisa diitung jari. Rutin manasin saja sih biar aki ga tekor. Kalo males beli smart charger saja. Selain itu bbm penuh biar tangki ga karatan. Oli ga perlu diganti, tapi ada baiknya mobil didongkrak dan di ganjal 4 rodanya supaya kawat ban ga rusak karena ga pernah rotasi. Mobil apa ya om?
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'
kalo aki sih udah tekor Oom he he he.. jadi sekarang nyalain mobil harus di jumper dari mobil satu nya lagi...
mobil nya Chevrolet Optra tahun 2003, mobil tua Oom he he he
untuk bensin justru tidak full tank seperempat kurang...
smart charger itu kalo aki dah tekor ha ngefek lagi ya..?
mobil nya Chevrolet Optra tahun 2003, mobil tua Oom he he he
untuk bensin justru tidak full tank seperempat kurang...
smart charger itu kalo aki dah tekor ha ngefek lagi ya..?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'
Sempet punya Hyundai (T)RAJET, kluaran 2002 metik 2.0. 3 tahun menjadi penghuni parkiran masjid akhirnya dijual ketengan ngumpul uang seharga nmax baru, drpd benerinnya seharga harga jualnya sakit hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'
he he he busyeett 3 tahun...
memang lebih untung jual ketengan yaa..?
butuh waktu berapa lama sampe kejual semua part..? body..?
damang akang..? geus jadi dokter..?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'
saran saya,
1. ban dipompa sampai batas maksimum (ada yang 44 atau 51 psi). atau, jika mau didiamkan dalam waktu lebih dari 6 bulan sebaiknya beli jackstand atau bisa juga bikin dari kayu kaso, yang penting ban ngegantung.
2. tetap dipanasin paling lambat 1 minggu 1x. dan, jangan asal idle. sesekali RPM ditahan sampai 3-4 ribu sekitar 2-3 menit kemudian biarkan idle, lalu ulangi lagi naikkan RPM dan kembali idle lagi.
3. ruang mesin sering dijenguk jangan sampai curut, wirog dkk mengklaim engine bay sebagai wilayahnya.
pun untuk seputar kabin, kasih "serap air" yang banyak supaya tidak timbul jamur. sayang interior yang sudah bagus bila gimbul jamur, susah bersihinnya.
4. masalah oli mesin, boleh bertanya ke suhu Turboman bagaimana baiknya.
semoga membantu.
1. ban dipompa sampai batas maksimum (ada yang 44 atau 51 psi). atau, jika mau didiamkan dalam waktu lebih dari 6 bulan sebaiknya beli jackstand atau bisa juga bikin dari kayu kaso, yang penting ban ngegantung.
2. tetap dipanasin paling lambat 1 minggu 1x. dan, jangan asal idle. sesekali RPM ditahan sampai 3-4 ribu sekitar 2-3 menit kemudian biarkan idle, lalu ulangi lagi naikkan RPM dan kembali idle lagi.
3. ruang mesin sering dijenguk jangan sampai curut, wirog dkk mengklaim engine bay sebagai wilayahnya.
pun untuk seputar kabin, kasih "serap air" yang banyak supaya tidak timbul jamur. sayang interior yang sudah bagus bila gimbul jamur, susah bersihinnya.
4. masalah oli mesin, boleh bertanya ke suhu Turboman bagaimana baiknya.
semoga membantu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'
mantebbb
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'
noted Oom...marmut wrote: ↑Fri Nov 30, 2018 10:40 saran saya,
1. ban dipompa sampai batas maksimum (ada yang 44 atau 51 psi). atau, jika mau didiamkan dalam waktu lebih dari 6 bulan sebaiknya beli jackstand atau bisa juga bikin dari kayu kaso, yang penting ban ngegantung.
2. tetap dipanasin paling lambat 1 minggu 1x. dan, jangan asal idle. sesekali RPM ditahan sampai 3-4 ribu sekitar 2-3 menit kemudian biarkan idle, lalu ulangi lagi naikkan RPM dan kembali idle lagi.
3. ruang mesin sering dijenguk jangan sampai curut, wirog dkk mengklaim engine bay sebagai wilayahnya.
pun untuk seputar kabin, kasih "serap air" yang banyak supaya tidak timbul jamur. sayang interior yang sudah bagus bila gimbul jamur, susah bersihinnya.
4. masalah oli mesin, boleh bertanya ke suhu Turboman bagaimana baiknya.
semoga membantu.
point 1 dan 2 dah kadung ga bisa dilakukan, karena sakita nya mendadak, nyawa terakhir soal nya cuma dipake wat parkir masuk garasi ha ha ha
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Sep 02, 2019 4:10
- Location: Surabaya, Indonesia
Re: Perawatan & Penanganan Mobil 'Zombie'
Permisi suhu, mau tanya kalau turun mesin Chevrolet Optra 2005 kira-kira habis sampai berapa ? Karena ada beberapa indikasi seperti RPM lama turun, mesin cepat overheat yang kata orang bengkel sebaiknya turun mesin sekalian kalau mau memperbaiki