memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Gigsganix
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Thu Mar 12, 2015 20:33

memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by Gigsganix »

1. saya pernah punya mobil jazz 2012, saat pagi hari untuk memanaskan mobil hingga ready to drive butuh waktu 5menit++

2. lalu tmn saya pemakai yaris 2014, saya coba panaskan pagi hari, mobil ready to drive dgn waktu 1menit+/-

faktor apa yg menyebabkan mobil cepat panas/ ready to drive??
boleh ajarin saya suhu2
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by touchme »

IMO dari beberapa mobil yg pernah saya pakai,tiap saat baik baru start maupun dah panas mobil dlm kondisi ready to drive kok.
Cuma ya baiknya kalo baru start mobil nggak langsung digas pol tapi dijalankan santai sampai suhu kerja normal..logika sy sih kasi ksempetan oli utk melumasi komponen2 engine. Cmiiw.

Kalo yg pengaruhi mesin utk mencapai suhu kerja mesin normal ada banyak penyebab nih trutama dari cooling system msg2 mobil selain krn karakter mesinnya sendiri. Pengalaman sy utk mobil yang punya kipas viscous butuh waktu lebih lama untuk capai suhu kerja sampai jarum temp naik ketengah..krn kipas langsung kerja walopun mesin msh dingin.
User avatar
WhizzKidZ
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Wed Aug 19, 2015 7:25

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by WhizzKidZ »

AFAIK om sori kalo salah, mobil mobil jaman sekrang udah canggih, starter mesin langsung jalan juga bisa gak kayak mesin jadul dengan penggunaan pelumas yang kental jadi emang butuh waktu untuk proses warmup. 5menit++ menurut ane sih losses banget om, kalo ane pribadi sih starter mesin liat aja parameter gasnya klo udh idle ya jalan biasanya sh semenitan.

sent from my Siemens C35 using TapaTalk
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by DOHC »

kl ane sehh... at least kasi waktu ampe rpm agak turun baru mobil d jalanin pelan... biasa itu perlu 10-20an detik... ga lama koq.... termasuk d mobil ane yg berviscous fan

Sent from my Ericsson GF 388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by POS VETT »

Lama amat 5 menit di Indo yang cuacanya panas. Gw di sini waktu temperatur turun sampai di bawah nol Celsius panasin mobil paling lama 5 menit. Kalau musim panas (temperatur di atas 15C), hanya sampai idle speed sudah normal yang kalau di Nissan 370Z hanya sekitar 20 detik.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by dieselman228 »

Kalau ipah d4d saya berhubung pake oli 5w40 dan pasti jalan setiap hari palingan manasin maks 1 menit trus jalan santai rpm dibawah 2000 tapi ac belom hidup begitu udh diatas C sedikit baru bawa normal.
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by amfibi »

Kalo ane sih di mobil2 2000an up 2 menit juga udah siap jalan ... :mky_01:

Sedangkan di mesin2 jadul kyk misal rav4 '00 gen1 ane dulu yg pake 3S-FE (mesin jadul ini, udh ada dr jaman corona ex), itu butuh 5 menit baru tenaganya ces pleng, dibawah itu masih ngeden belom panas wkwk...
Di corolla gl '84 juga butuh 5 menit, namanya jg mesin karbu ohv buatan 80s :D
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by DOHC »

mesin modern jg tergantung oli nya...

dl 1TR ane, waktu masi pake oli 10-40... pas baru nyala, ada kali tuh semenit bunyi tek2 rada kenceng, musti nunggu semenitan baru ilang.... skrg sjak pake oli kepala 5... sembuh total... pas cold start cuman suara viscous fan aj yg rada heboh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by octafiantos »

Punyanya bmw jadul.
Di buku manualnya disuruh habis greng suruh jalan tapi pelan maks rpm 2 apa 3k sampe operating temp. Jadi stater buka pager masuk D bawa jalan. Kalo agak nyendat baru panasin 10s.

Kalo Kijang super nyokap ngga bisa. Dinyalain masuk R pas digas mati biasanya. 1-2 menitan baru mau jalan ga nyendat. Bawanya sama, pelan sampe operating temp.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by B 0 YZ »

Kalo saya jazz 2013, starter tunggu 1 menit, lalu keluarin mobil tanpa di gas jadi maju mundur pindah2 aja ke r atau d, begitu udah kelar indikator mesin dinginnya mati, nah udah langsung jalan normal, oia oli pake 5w-30 honda
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: RE: Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by octafiantos »

B 0 YZ wrote:Kalo saya jazz 2013, starter tunggu 1 menit, lalu keluarin mobil tanpa di gas jadi maju mundur pindah2 aja ke r atau d, begitu udah kelar indikator mesin dinginnya mati, nah udah langsung jalan normal, oia oli pake 5w-30 honda
Cepet juga 1menit.
Dulu Genio AT kalo abis distater rpm stay di 2k, tambah anget tambah turun sampe operating temp. Kalo belum idle under 1k dipaksa pindah dari P, susah.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by henxster »

Nissan GL 2008, start mesin, tunggu 30-60 detik, biarpun lampu biru belum off keluarin aja dari garasi, lanjut jalan pelan2 tanpa AC, kalo lampu biru udah off baru pake semaunya... oli pake helix HX7 10w-40
B401RS-GQZFJ
rafa04
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Sep 15, 2015 8:33

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by rafa04 »

Gak ada faktor bang. Biasanya uda bisa ready to use mobil atau motornya. Tapi alangkah baiknya jika ditunggu terlebih dahulu, supaya mesin ada di suhu yang pas.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by daftar »

kalau mesin diesal lama sih manasinnya harus nunggu agak lama
:ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by marmut »

asalkan lampu indikator oli sudah mati boleh langsung jalan normal. tapi ini hanya berlaku untuk mesin N/A, untuk mesin turbocharger alangkah baiknya tunggu sampai suhu kerja mesin tercapai.
cmiiw.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by Jambangan »

Ane biasanya kalo pagi manasin mesin sampe indikator suhu diatas C baru jalan :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by Turboman »

Mobil modern panasin 30 detik then lgs jalan

Gunakan oli encer jadi cepet sirkulasi

Baca tuh di manual BMW dan MINI.....20 detik doang dan lgs disuru jalan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by Turboman »

daftar wrote:kalau mesin diesal lama sih manasinnya harus nunggu agak lama
D4 D saya abis start mesin lgs jalan......pelan2......AC fan doang idup, Komp off

Jarum naek di atas C baru komp AC on.....en jalan normal

Oli 5W40

Diesel manasin harus dikasih beban, kalo idle aja mah 10 menit juga ga naek2
Gigsganix
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Thu Mar 12, 2015 20:33

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by Gigsganix »

klo misalnya mobil udah saya bawa jalan, trus saya tinggal parkir 2jam
stelah saya tinggal parkir selama 2 jam itu, saya starter lagi
kondisi RPMnya balik kayak pagi hari gitu, kayak blom di panasin (RPM nya naik)

mening tunggu RPM nya turun ato langsung bawa jalan aja ya om?
maap newbie :ungg:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by vipere »

di D4d ini kalo lagi manasin mobil gitu , rpmnya normal aja ya ? gak naik gitu .
kalo livina kan kalo lagi manasin, otomatis rpmnya ke 1000 ke atas..ntar pelan2 makin turun sesuai kondisi mesin udah panas apa belum.
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by kapsul 97 »

mobil sayaaahh Chevrolet Optra, kalo kebiasaan saya, tunggu sampe jarum RPM turun dari 1K (kondisi idle) baru jalan, kalau kamuhh.? :big_grin:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by dieselman228 »

vipere wrote:di D4d ini kalo lagi manasin mobil gitu , rpmnya normal aja ya ? gak naik gitu .
kalo livina kan kalo lagi manasin, otomatis rpmnya ke 1000 ke atas..ntar pelan2 makin turun sesuai kondisi mesin udah panas apa belum.
Iya om d4d mah begitu di starter lgsg dibawah 1000..makanya ga lama", kalau saya maks 1 menitlah
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by imingwahyudi »

Manasin Panjah ga pernah itung berapa lamanya si, kebiasaannya buka pintu, starter mesin, ambil kemoceng, kibas kibas windshield sama kaca kaca...plus garis kaca...terus atap...bersihin kemoceng...masukin...jalan :big_grin:


kurang lebih 1.5 menit...kalo lebih gegas dari itu yang kerasa masuk gigi mundur ga sehalus apabila dipanasin lebih dahulu. Entah oli transmisi yang belum panas atau apalah itu :big_grin:


Oh iya, kompresor AC baru aktif ketika jarum suhu di atas seperempat dari skala. Baru berani bejek gas kalau sudah kenak suhu equilibriumnya :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15562
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by ChZ »

Saya ga pernah ngitungin brapa lama, saya selalu liat indikator suhu.

Kalau indikator suhu jarumnya masih dibawah ya dibiarin gelinding aja... ngegas pun santai aja. Kalau sudah mulai gerak itu berarti udah siap. Udah itu aja. Kalau sudah sampe 1/3 indikator kira-kira nya atau suhu optimal nah silahkan bejek bejek daaaah.

Mobil sekarang nyaris gak perlu dipanasin lama-lama ... buang buang bensin aja.

Malah lebih bagus manasin mobil kalau sambil jalan... Tapi ya jalan santai maksudnya. Karena komponen bergeraknya gak cuma mesin tapi ada transmisi, gardan, dll...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by g1ng2 »

kapsul 97 wrote:mobil sayaaahh Chevrolet Optra, kalo kebiasaan saya, tunggu sampe jarum RPM turun dari 1K (kondisi idle) baru jalan, kalau kamuhh.? :big_grin:
sama dong.. +indikator nya off.. dihitung sih sekitar 2 menitan..