memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by ilhami »

imho sih yang penting kalau masih dingin mobil baru jalan jangan langsung high rpm dan high speed. Tunggu sampai temperatur setengah. Tapi itu biasanya cuma 5 menitan :D

menurut buku manual:
- mobil anda siap jalan setelah 10 detik (atau 20 detik..lupa)
- jangan memacu mobil dengan mesin yang masih dingin
User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by arton »

kurang lebih 30 detik terus jalan
Ceban Me if I'm Wrong..
bubble
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Feb 09, 2012 4:56
Location: DKI

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by bubble »

Maunya sih langsung jalan tp gak tega jg krn kalo baru start biasanya rpm otomatis agak tinggi... lalu pelan2 rpm turun. RPM mulai konstan setelah jarum temp mulai senggol indikator 'C'. Gak lama sih, tp rasanya diatas 1 menit.

Ipah VVTi G AT 2012
syafi27
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Jul 24, 2014 17:36

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by syafi27 »

patokan ane kalo pagi2 manasin mobil tuh setelah starter pasang sepatu baru jalan, itu jazz vtec 2007 dngn oli kepala 10 hehe :mky_01:
tp kalo dirumah supir ane suka manasin mbl lama bener bisa 5 menit mah ada mungkin karna dr dulu masi pake mesin ohv 7k yg kudu lama dipanasinnya dan skrg pake xv50 taon 2013... itu si kalo kebiasan dirumah ane mas hehe :mky_01:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by nugroho bagor »

:big_think: Trit sejenis kayaknya sdh ada ya
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by sucahyo »

Langsung pakai saja, tapi rpm dijaga rendah beberapa menit pertama. Kecuali kalau mobil yang mesinnya bergetar kalau belum panas.
User avatar
keretalaut
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Jul 30, 2014 16:05

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by keretalaut »

pakai oli apa om ging ?

oli kental 30 lebih cepat panas dibanding 40
It's more fun to drive a slow car fast than to drive a fast car slow. #Perney
ronleon
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Tue Nov 17, 2015 2:37

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by ronleon »

Ortu sih saranin agak lama dan tiap hari dipanasin meski ga dipake ..
Katanya biar aki ga cpt soak
Bener ga om?
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by sucahyo »

ronleon wrote:Ortu sih saranin agak lama dan tiap hari dipanasin meski ga dipake ..
Katanya biar aki ga cpt soak
Bener ga om?
minim seminggu sekali. jangan dibiarkan idle lama lama, mending di gas rpm 2000 an beberapa menit saja. overcharging juga efeknya jelek ke aki.

paling top kalau punya avometer yang 4 digit. normal aki 12,54V
white11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Nov 15, 2014 7:41

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by white11 »

klu jarang dipake sebisa mungkin tiap hari di hidupin mobilnya, 2-5 menit juga udh cukup bangetttt, untuk menjaga sirkulasi oli, nge cas aki.
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by POS VETT »

Sekitar 11-12 tahun terakhir ini, beberapa mobil gw "tidur" selama 6-7 bulan (per tahun) untuk musim dingin. Selama jangka waktu itu, mobil2 tidak pernah dihidupkan; alasannya karena mesin yang dihidupkan dan tidak mencapai temperatur panas normal dan tidak dipakai paling tidak 10 menit di jalanan, sifatnya lebih merusak. Dari endapan karbon di piston dan klep sampai ke endapan air di karter oli yang tidak bisa menguap karena temperatur oli mesin tidak pernah mencapai 100 Celsius. Air di kater oli ini mengaktifkan asam2 yang diproduksi oleh combustion di dalam silinder yang lolos lewat ring piston (blow by).

Mobil2 yang tidur selama musim dingin ini juga jarang sekali dipakai di musim panas. Rata2 dalam setahun, mereka dipakai hanya sejauh kurang dari 3000 miles. Ada beberapa tahun, malah hanya dipakai kurang dari 1000 miles. Selama tidak dipakai, aki2 di mobil2 ini semua disambung ke float charger supaya aki tidak tekor. Ini kuncinya menjaga aki supaya sehat walaupun mobil tidak dipakai. Paling cepat aki mati setelah 7 tahun; kebanyakan aki2 mobil gw umurnya mencapai 10 tahun ke atas. Tidak pernah ada masalah lain yang berkaitan dengan jarang terpakai, termasuk bensin menjadi "busuk".
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by DOHC »

stuju ama om PV,

justru sekedar manasin doank itu yg malah bkin numpuk embun2 air di mobil.... misalnya daleman enjin, knalpot.... kcuali, ntuh garasi simpen mobil nya dibkin semi kedap udara, ditaburin berkilo2 silica gel... mungkin efek embun tsb bsa ilang.... tp ga feasible jg utk dilakuin...

btw soal panasin... mobil2 di showroom jg ga tiap ari dipanasin... bahkan beberapa showroom bsa ampe beberapa bulan ntuh mobil ga dinyalain...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by dieselman228 »

saya juga setuju nih mendingan ga usah dipanasin ajah karena pada akhirnya yang jadi korban jangka panjangnya si mesinnya..cuma kalau kyk gitu buat nanganin biar aki ga soak cuma cabut terminal (-)nya ajah masih bisa soak ga sih? karena ga punya si float charger yang kyk om PV sebut itu.
saya ada ipah bengsin 2005 udah jarang banget pake 1 bulan belom tentu dipake. itu gimana yah? maap oot :big_grin:
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by DOHC »

cabut terminal kl berbulan2 jg tetep bsa keok om aki nya.... mending beli aj charger float... murah koq d glodok... ga usa yg gede2...

btw, ipah ane skrg jg ud mulai jarang jalan... bsa ampir 2 minggu diem d garasi... kaga ane cabut aki, tp konci nya jgn pake alarm... dan sblom mati mesin, matiin smua aksesori... sejauh ini gapapa...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by POS VETT »

Float charger memang outputnya kecil, yang paling besar hanya 1,25 A; kebanyakan hanya 750-900 mA. Konsumsi listrik (rumah) juga kecil sekali, tidak terasa, paling2 hanya beberap ratus rupiah sebulannya.

Float charger yang bagus (dan agak mahalan harganya) ada "desulphate mode" yang berguna untuk aki yang tidak bisa penuh alias soak; seperti reconditioning istilahnya. Dinamakan float charger karena waktu maintenance/float mode, voltase aki dijaga supaya tidak kurang dari 13,0 V dan tidak lebih dari 13,2 V. Jadi waktu aki sudah sampai ke 13,2 V charger-nya berhenti otomatis, memantau voltase sampai "jatuh" ke 13,0 V, dan hidup lagi; ber-ulang2 secara otomatis. Aki tidak pernah overcharged dengan cara ini walaupun float charger disambung ke aki konstan selama ber-bulan2.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
ronleon
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Tue Nov 17, 2015 2:37

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by ronleon »

POS VETT wrote:Float charger memang outputnya kecil, yang paling besar hanya 1,25 A; kebanyakan hanya 750-900 mA. Konsumsi listrik (rumah) juga kecil sekali, tidak terasa, paling2 hanya beberap ratus rupiah sebulannya.

Float charger yang bagus (dan agak mahalan harganya) ada "desulphate mode" yang berguna untuk aki yang tidak bisa penuh alias soak; seperti reconditioning istilahnya. Dinamakan float charger karena waktu maintenance/float mode, voltase aki dijaga supaya tidak kurang dari 13,0 V dan tidak lebih dari 13,2 V. Jadi waktu aki sudah sampai ke 13,2 V charger-nya berhenti otomatis, memantau voltase sampai "jatuh" ke 13,0 V, dan hidup lagi; ber-ulang2 secara otomatis. Aki tidak pernah overcharged dengan cara ini walaupun float charger disambung ke aki konstan selama ber-bulan2.
menarik sekali soal float charger ini,
berarti fungsinya memperpanjang umur aki meski sering dipake tempur spy bs lebih dari umur biasanya ya om?
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by POS VETT »

ronleon wrote:
POS VETT wrote:Float charger memang outputnya kecil, yang paling besar hanya 1,25 A; kebanyakan hanya 750-900 mA. Konsumsi listrik (rumah) juga kecil sekali, tidak terasa, paling2 hanya beberap ratus rupiah sebulannya.

Float charger yang bagus (dan agak mahalan harganya) ada "desulphate mode" yang berguna untuk aki yang tidak bisa penuh alias soak; seperti reconditioning istilahnya. Dinamakan float charger karena waktu maintenance/float mode, voltase aki dijaga supaya tidak kurang dari 13,0 V dan tidak lebih dari 13,2 V. Jadi waktu aki sudah sampai ke 13,2 V charger-nya berhenti otomatis, memantau voltase sampai "jatuh" ke 13,0 V, dan hidup lagi; ber-ulang2 secara otomatis. Aki tidak pernah overcharged dengan cara ini walaupun float charger disambung ke aki konstan selama ber-bulan2.
menarik sekali soal float charger ini,
berarti fungsinya memperpanjang umur aki meski sering dipake tempur spy bs lebih dari umur biasanya ya om?
Dari pengalaman gw, float charger ini ada andilnya bikin aki berumur panjang. Kebanyakan aki2 mobil2 gw umurnya bisa sampai 10 tahun, malah ada satu yang tidak jelas umurnya berapa tapi punya mobil itu selama 10 tahun; dari beli (bekas) sampai dijual lagi 10 tahun kemudian akinya masih yang sama. Sudah pernah soak (tidak sampai mati) beberapa kali (ada 5-7x) dan tiap kali hidup lagi karena float charger. Aki yang paling pendek umurnya sekitar 6-7 tahun.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
wekweks
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Sun Jul 08, 2012 14:51
Location: Gresik

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by wekweks »

Wah.. ilmu baru nih... berhubung mobil jarang2 dipakai jg dirumah..
Jd lebih baik gk dinyalain sekalian ya..
Btw.. di surabaya dimana ya bisa beli float charger ini? Dan berapaan ya harganya?
:thanks:
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by mylandy »

Menarik juga nih kalo bisa bikin panjang umur aki. :big_exellent:
Om PV, bisa di-share contoh gambar float charger yang ada desulphate mode-nya? Kalo di Indonesia bisa didapat di mana ya? :thanks:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by sintoni »

Haha. Kebetulan ane jg pake charger aki otomatis gt.

Hehe. Emang mantep sih ga osa repot2 cabut aki kalo mau ditinggal lama. Secara ada 2 mobil yang jarang banget dipake. Mau nyabut aki takut rusak elektrikal sama ecu nya.

Terakhir beli online.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by vipere »

sintoni wrote:Haha. Kebetulan ane jg pake charger aki otomatis gt.

Hehe. Emang mantep sih ga osa repot2 cabut aki kalo mau ditinggal lama. Secara ada 2 mobil yang jarang banget dipake. Mau nyabut aki takut rusak elektrikal sama ecu nya.

Terakhir beli online.
alatnya kayak gimana,om ? Yang dicolok ke lighter bukan ? Tadi browsing2 ada lihat di bukalapak. Tapi gak tau ini bukan yg dimaksud .
deskripsi nya seperti ini :

"Charger aki suoer 20 A di lengkapi dengan Otomatis ( apabila sudah penuh maka otomatis tidak ngisi lagi /cut off ) sehingga aki menjadi awet atau bisa di tinggal sampai penuh.
Dilengkapi dengan output 12V ( untuk mengisi aki mobil / motor ) & 24 volt ( untuk mengisi aki truk / bus ).
Bisa untuk aki basah dan kering."

ini bukan ya ?
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by POS VETT »

Favorit gw merknya Battery Tender, saking favoritnya sampai punya 4 biji. Dari semua produk Battery Tender, ada satu yang bisa 100VAC-240VAC, tapi tidak tahan dipakai di Indo. Ini barang pernah dikirim ke Indo buat dipakai bokap, tapi jebol 2x dan diklaim garansi diganti gratis. Setelah ganti yang kedua kali, barangnya tidak jadi dikirim ke Indo.

http://www.batterytender.com/
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by sintoni »

vipere wrote:
sintoni wrote:Haha. Kebetulan ane jg pake charger aki otomatis gt.

Hehe. Emang mantep sih ga osa repot2 cabut aki kalo mau ditinggal lama. Secara ada 2 mobil yang jarang banget dipake. Mau nyabut aki takut rusak elektrikal sama ecu nya.

Terakhir beli online.
alatnya kayak gimana,om ? Yang dicolok ke lighter bukan ? Tadi browsing2 ada lihat di bukalapak. Tapi gak tau ini bukan yg dimaksud .
deskripsi nya seperti ini :

"Charger aki suoer 20 A di lengkapi dengan Otomatis ( apabila sudah penuh maka otomatis tidak ngisi lagi /cut off ) sehingga aki menjadi awet atau bisa di tinggal sampai penuh.
Dilengkapi dengan output 12V ( untuk mengisi aki mobil / motor ) & 24 volt ( untuk mengisi aki truk / bus ).
Bisa untuk aki basah dan kering."

ini bukan ya ?
Ga om. Dicolok kayak alat jumper gt, jadi ke + sama -.
yue278
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:25

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by yue278 »

gw biasanya ngemanasin mobil liatin barometer di speedometer yang ada tanda garis biru kalo mesin masih dingin.
begitu itu meteran garis biru ilang, langsung baru mulai jalan.
bener ngga ya begitu caranya? kurang lebih sih itu semenitan.

mobil gw GK5 Jazz 2015.
Eraser888
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sun Jun 19, 2016 2:25

Re: memanaskan mobil pagi hari (cepat vs lambat)

Post by Eraser888 »

Tungguin rpm balik ke 1000 aja kl saya. Tp mobil skr memang lbh cpt sih panasnya. Bahan bakar pengaruh kali ya?