Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
“Ming, tolong jagain dulu ya..”
.
.
.
.
Dan dimulailah perjalanan selama 5 hari antara saya, dan sebuah mini SUV bertransmisi otomatis milik salah satu sahabat saya. Dikarenakan yang bersangkutan sedang dalam liburan, X (sebut saja dia X…XX ) meminta saya untuk menjagakan mobil miliknya (kata lain, tolong setirin, gue ga usah keluar mobil sendiri ). Maklum, X lebih intens perhatiannya terhadap mobil dibandingkan saya
“Wah, lumayan nih , kaga usah cape cape ngopling beberapa hari ini “ gumam saya. Dan, dimulailah petualangan saya bersama transmisi otomatis selama beberapa hari kedepan..
DAY ONE
Satu kata, SURGA DUNIA! Kaki aman sentosa, muka selalu ceria walaupun ada beberapa juta partikel berbentuk mobil di sekeliling saya (baca: macet mandek total blas blas blas ). Orang tua saya pun nyaman, karena tidak ada lagi cerita saya mis-clutching. Terlebih, saya dapat berkomunikasi lewat media social sembari menyetir, dapat menghabiskan ice cream cone tanpa perlu membuatnya meleleh. Perfect, it was.
DAY TWO
(masih) SURGA DUNIA! Repeat number one.
DAY THREE
Hari ini (tumben) tanpa kemacetan, padahal saya sengaja keluar saat Jumat petang pukul 17.30 Perlintasan kereta Abdurahman Saleh pun kosong…melompong.. Disanalah surga dunia mulai terasa…tidak surga?
Transmisi mulai tidak mampu menyanggupi respon dari otak saya, beberapa kali sempat nyaris menginjak foot parking brake . Paddle shifters? Ah, yang ada malah sempat salah masukkan dari D ke N saat menyalip kendaraan, karena yang diingat adalah memindahkan gigi dari 2 ke 3
Tapi at the end of day, tetap pampered with its clutchless operation. Still, a good day for me
DAY FOUR
Saturday, baby!
Kebetulan beberapa teman main mengajak saya untuk berendam air hangat di sebuah spot di daerah Ciater. Mumpung masih ada di rumah, yasudah saya keluarkan kembali SUV itu (sorry ya X, beneran gw panasin tiap hari ).
Berhubung saya sendiri yang belum sampai di spot, mau tak mau harus bergegas saat di perjalanan. Jalanan Lembang yang sebetulnya sangat baik untuk dinikmati (SELAMA TIDAK BANYAK BOLONG ) pun dilibas dengan SUV kecil ini. Mesin yang bertenaga di RPM atas, sasis yang kapabel untuk kelasnya, plus paddle shifters…err?
Cuma 4 tikungan pertama saya gunakan paddle shifters, sisanya saya taruh di mode full automatic. Mau sequential lever mode, tidak ada .. “Kok, mirip sama setir boom boom car ya ”
Tidak pernah saya melintasi jalanan Lembang semudah dan sesantai ini. Baik untuk family guys dengan anak anaknya yang sedang mengunyah chicken sandwiches di kursi belakang. Myself? Pacar aja belom ada …di titik ini saya mulai kepikiran tentang throttle blipping, quickshifting dan clutch dumping (ooops…yang satu ini baru wacana aja ) yang biasanya saya lakukan di jalanan ini bersama mobil murahan milik saya
DAY FIVE
Monday morning, masih dengan kepala seringan kapas (mungkin) karena efek oplosan Nu Milk Tea dengan Kahlua, Mama mengajak saya untuk belanja keperluan rumah di sebuah pasar swalayan daerah Setiabudi. Circa setengah satu siang, jalanan macet seperti biasa, didominasi kendaraan Jabodetabek. Ada kurang lebih satu setengah jam terjebak di daerah Sukajadi , dan satu masalah mulai muncul. Kaki kanan kok masih pegal ya .. Awalnya memang tidak terasa capek memang, tetapi lama kelamaan sakit yang biasanya saya rasakan saat menggunakan transmisi manual di kemacetan yang sama pun mulai terasa.
DAY SIX
X sengaja datang ke rumah untuk mengambil SUV miliknya. Saya ucapkan terimakasih untuk kepercayaan X, dan cinderamata berbentuk (maaf) alat kelamin pria yang bikin saya mesem mesem mesum sendiri
Kembali lagi ke mobil saya sendiri setelah 5 hari tidak disentuh sama sekali , begitu saya menekan kembali pedal kopling, ah.. welcome home, baby!
Stickshift, easy to be annoying, hard to be forgotten
Ini pengalamanku, bagaimana dengan Anda?
.
.
.
.
Dan dimulailah perjalanan selama 5 hari antara saya, dan sebuah mini SUV bertransmisi otomatis milik salah satu sahabat saya. Dikarenakan yang bersangkutan sedang dalam liburan, X (sebut saja dia X…XX ) meminta saya untuk menjagakan mobil miliknya (kata lain, tolong setirin, gue ga usah keluar mobil sendiri ). Maklum, X lebih intens perhatiannya terhadap mobil dibandingkan saya
“Wah, lumayan nih , kaga usah cape cape ngopling beberapa hari ini “ gumam saya. Dan, dimulailah petualangan saya bersama transmisi otomatis selama beberapa hari kedepan..
DAY ONE
Satu kata, SURGA DUNIA! Kaki aman sentosa, muka selalu ceria walaupun ada beberapa juta partikel berbentuk mobil di sekeliling saya (baca: macet mandek total blas blas blas ). Orang tua saya pun nyaman, karena tidak ada lagi cerita saya mis-clutching. Terlebih, saya dapat berkomunikasi lewat media social sembari menyetir, dapat menghabiskan ice cream cone tanpa perlu membuatnya meleleh. Perfect, it was.
DAY TWO
(masih) SURGA DUNIA! Repeat number one.
DAY THREE
Hari ini (tumben) tanpa kemacetan, padahal saya sengaja keluar saat Jumat petang pukul 17.30 Perlintasan kereta Abdurahman Saleh pun kosong…melompong.. Disanalah surga dunia mulai terasa…tidak surga?
Transmisi mulai tidak mampu menyanggupi respon dari otak saya, beberapa kali sempat nyaris menginjak foot parking brake . Paddle shifters? Ah, yang ada malah sempat salah masukkan dari D ke N saat menyalip kendaraan, karena yang diingat adalah memindahkan gigi dari 2 ke 3
Tapi at the end of day, tetap pampered with its clutchless operation. Still, a good day for me
DAY FOUR
Saturday, baby!
Kebetulan beberapa teman main mengajak saya untuk berendam air hangat di sebuah spot di daerah Ciater. Mumpung masih ada di rumah, yasudah saya keluarkan kembali SUV itu (sorry ya X, beneran gw panasin tiap hari ).
Berhubung saya sendiri yang belum sampai di spot, mau tak mau harus bergegas saat di perjalanan. Jalanan Lembang yang sebetulnya sangat baik untuk dinikmati (SELAMA TIDAK BANYAK BOLONG ) pun dilibas dengan SUV kecil ini. Mesin yang bertenaga di RPM atas, sasis yang kapabel untuk kelasnya, plus paddle shifters…err?
Cuma 4 tikungan pertama saya gunakan paddle shifters, sisanya saya taruh di mode full automatic. Mau sequential lever mode, tidak ada .. “Kok, mirip sama setir boom boom car ya ”
Tidak pernah saya melintasi jalanan Lembang semudah dan sesantai ini. Baik untuk family guys dengan anak anaknya yang sedang mengunyah chicken sandwiches di kursi belakang. Myself? Pacar aja belom ada …di titik ini saya mulai kepikiran tentang throttle blipping, quickshifting dan clutch dumping (ooops…yang satu ini baru wacana aja ) yang biasanya saya lakukan di jalanan ini bersama mobil murahan milik saya
DAY FIVE
Monday morning, masih dengan kepala seringan kapas (mungkin) karena efek oplosan Nu Milk Tea dengan Kahlua, Mama mengajak saya untuk belanja keperluan rumah di sebuah pasar swalayan daerah Setiabudi. Circa setengah satu siang, jalanan macet seperti biasa, didominasi kendaraan Jabodetabek. Ada kurang lebih satu setengah jam terjebak di daerah Sukajadi , dan satu masalah mulai muncul. Kaki kanan kok masih pegal ya .. Awalnya memang tidak terasa capek memang, tetapi lama kelamaan sakit yang biasanya saya rasakan saat menggunakan transmisi manual di kemacetan yang sama pun mulai terasa.
DAY SIX
X sengaja datang ke rumah untuk mengambil SUV miliknya. Saya ucapkan terimakasih untuk kepercayaan X, dan cinderamata berbentuk (maaf) alat kelamin pria yang bikin saya mesem mesem mesum sendiri
Kembali lagi ke mobil saya sendiri setelah 5 hari tidak disentuh sama sekali , begitu saya menekan kembali pedal kopling, ah.. welcome home, baby!
Stickshift, easy to be annoying, hard to be forgotten
Ini pengalamanku, bagaimana dengan Anda?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Beberapa tutorial yang berguna untuk memperhalus teknik berkendara transmisi manual Anda, in case you didn’t know about them
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Sebetulnya itu faktor kebiasaan sih, dr pengalaman ane kalo dari stickshift trus ke matic pasti kangen banget rasanya ama manual setelah beberapa hari... Tapi kalo udh lama ga ketemu manual ya jadi lama2 lupa wkwk
Enaknya sih tetep mobil weekend an manual punya, harian sih wajib otomatis
Enaknya sih tetep mobil weekend an manual punya, harian sih wajib otomatis
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
btw, yang punya mobil weekend, apakah itu mobil dipanaskan setiap hari?amfibi wrote:
Enaknya sih tetep mobil weekend an manual punya, harian sih wajib otomatis
(atau ada aturannya setiap berapa hari?)
Aku pernah pas ada kerjaan di rumah, seminggu lebih metenteng di depan komputer.
Sampai lupa kalau punya mobil.
Begitu butuh keluar pake mobil, eh gak bisa distarter karena akinya habis. hahaha.
(ah, ini bisa masuk tret memalukan nih)
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Lah bukannya ente tiap hari pakai CVT, ming?
And ye said CVT iz good...
And ye said CVT iz good...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
ahhh ternyata ane ad temen... mods piyiks iming chatime..
sesama pecinta 3 pedals... mungkin karena dari jaman belajar nyetir, kuliah ampe skrg kerja kebanyakan dapet nya mobil manual, jd nya kl pake matic berasa ad yg hambar... padahal d rumah jg ad mobil matic, tp itu mobil paling amat sangat jarang ane pake... unless, bener2 ga ad kendaraan baru ane pake tuh mobil...
apalagi ane kl nyetir manual ad kebiasaan denger enjin note (go hell wit ecodriving, hehehe..).. mau mobil apapun itu, diesel bensin... jadi nya sensasi ini cuman bsa diberikan oleh tranny manual... dan kl lg tol agak lenggang, enak banget tarik rpm ampe 4000an, trus cepet ganti gigi sambil pedal kopling di blip doank... bener2 bkin nagih...
sesama pecinta 3 pedals... mungkin karena dari jaman belajar nyetir, kuliah ampe skrg kerja kebanyakan dapet nya mobil manual, jd nya kl pake matic berasa ad yg hambar... padahal d rumah jg ad mobil matic, tp itu mobil paling amat sangat jarang ane pake... unless, bener2 ga ad kendaraan baru ane pake tuh mobil...
apalagi ane kl nyetir manual ad kebiasaan denger enjin note (go hell wit ecodriving, hehehe..).. mau mobil apapun itu, diesel bensin... jadi nya sensasi ini cuman bsa diberikan oleh tranny manual... dan kl lg tol agak lenggang, enak banget tarik rpm ampe 4000an, trus cepet ganti gigi sambil pedal kopling di blip doank... bener2 bkin nagih...
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Nubie walaupun jarang pegang manual dan masih agak kurang lancar, begitu pegang manual langsung RX8 manualDOHC wrote:ahhh ternyata ane ad temen... mods piyiks iming chatime..
sesama pecinta 3 pedals... mungkin karena dari jaman belajar nyetir, kuliah ampe skrg kerja kebanyakan dapet nya mobil manual, jd nya kl pake matic berasa ad yg hambar... padahal d rumah jg ad mobil matic, tp itu mobil paling amat sangat jarang ane pake... unless, bener2 ga ad kendaraan baru ane pake tuh mobil...
apalagi ane kl nyetir manual ad kebiasaan denger enjin note (go hell wit ecodriving, hehehe..).. mau mobil apapun itu, diesel bensin... jadi nya sensasi ini cuman bsa diberikan oleh tranny manual... dan kl lg tol agak lenggang, enak banget tarik rpm ampe 4000an, trus cepet ganti gigi sambil pedal kopling di blip doank... bener2 bkin nagih...
Langsung ketagihan ngebut dan rev-up sampe 9k RPM
Dan beberapa mobil biasanya perbedaan dari versi manual dan matic, yang matic dibatasi kapabilitasnya kayak RX-8 Matic yang di limit di 8500 RPM, which is bad (RX-8 matic dibilang ampas oleh beberapa orang karena gak bisa lari dan cuma bisa sampe 8500), dan WRX STI A-Line yang torsinya lebih kecil 40Nm dan gak ada DCCD
Biar begitu pula ada yang manual dan matic malah lebih capable yang matic kayak Innova D-4D.... maticnya badak dan torsinya lebih besar 60Nm... hidup ipahhh...
Golf GTI juga yang DSG dan Manual lebih kenceng yang DSG.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
sekali lagi, enak duduk di tengah bisa tidur nyaman enak ngak capek ngak pegelngak pusing
tinggal tidur aja
pake alphard enak. teana juga enak tapi ngak ada mainan kayak di alphard.
kalo suka setir sendiri memang harus cari hatchback halus seperti golf .. lebih senang lagi pake mobil 2 pintu yg pasti orientasi buat drive..
sayang setir mobil itu2 capek lihatin jalan
tinggal tidur aja
pake alphard enak. teana juga enak tapi ngak ada mainan kayak di alphard.
kalo suka setir sendiri memang harus cari hatchback halus seperti golf .. lebih senang lagi pake mobil 2 pintu yg pasti orientasi buat drive..
sayang setir mobil itu2 capek lihatin jalan
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
tp tetep lebi ahoyyy nyetir manual mods... apalagi kl lg "semi ngebut"... ntuh ngopling cepet dgn quick shifting.. apalagi kl throttle respon nya minim lag... bener2 sensasi man maximum machine minimum mods... dl ane perna coba2 make cityZ... enak bener tuh, narik ampe deket redline, kopling di blip sambil up shift, pedal gas di maenin... dan mesin berespon dgn memberikan sensasi suara ngueengg yg menggairahkan ...
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Yups nyetir manual itu seru sih emang gak tergantikan, sayangnya ane gak dapet kesempatan buat nglancarin, uda punah mobil manual di garasiDOHC wrote:tp tetep lebi ahoyyy nyetir manual mods... apalagi kl lg "semi ngebut"... ntuh ngopling cepet dgn quick shifting.. apalagi kl throttle respon nya minim lag... bener2 sensasi man maximum machine minimum mods... dl ane perna coba2 make cityZ... enak bener tuh, narik ampe deket redline, kopling di blip sambil up shift, pedal gas di maenin... dan mesin berespon dgn memberikan sensasi suara ngueengg yg menggairahkan ...
Padahal impian WRX STi SpecC ama Honda Civic EK9
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Kalo ane mah dasar mobil tua kan mobil weekendnya, ga dipanasin 2 minggu lebih juga strong aja tuh...sirahngelu wrote:btw, yang punya mobil weekend, apakah itu mobil dipanaskan setiap hari?amfibi wrote:
Enaknya sih tetep mobil weekend an manual punya, harian sih wajib otomatis
(atau ada aturannya setiap berapa hari?)
Aku pernah pas ada kerjaan di rumah, seminggu lebih metenteng di depan komputer.
Sampai lupa kalau punya mobil.
Begitu butuh keluar pake mobil, eh gak bisa distarter karena akinya habis. hahaha.
(ah, ini bisa masuk tret memalukan nih)
Cuma baiknya seminggu sekali dipanasin sih Selain supaya karet2nya ga getas, ban jg supaya ga jd ngeras, & kalo mobil weekend sebaiknya bensinnya diisi penuh biar tangki nya aman
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ane tiap hari bawa manual gimana ga tiap hari, wong dari semua mobil yg ada di garasi cuma 1 yg matic dan dipake harian sama mama
Manual itu menurut ane buat menggila di jalan, ganti gigi pas redline (kebiasaan saya)
Sedangkan matic buat eco driving yaa tapi ga semua sih, buktinya saya bawa scirocco juga tetep sampe redline baru ganti gear pake paddleshift untuk harian, saya prefer manual di kota saya soalnya belum terlalu ramai jadi pake mobil MT masih nyaman
Ohiya sensasi ganti gear pake mbl manual itu gak bisa dilupakan, apalagi disamakan sama [cencored] err paddleshift di balik setir maupun tuas tiptronik
Just IMHO
Manual itu menurut ane buat menggila di jalan, ganti gigi pas redline (kebiasaan saya)
Sedangkan matic buat eco driving yaa tapi ga semua sih, buktinya saya bawa scirocco juga tetep sampe redline baru ganti gear pake paddleshift untuk harian, saya prefer manual di kota saya soalnya belum terlalu ramai jadi pake mobil MT masih nyaman
Ohiya sensasi ganti gear pake mbl manual itu gak bisa dilupakan, apalagi disamakan sama [cencored] err paddleshift di balik setir maupun tuas tiptronik
Just IMHO
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
SciroccoooooooooFRD wrote: Sedangkan matic buat eco driving yaa tapi ga semua sih, buktinya saya bawa scirocco juga tetep sampe redline baru ganti gear pake paddleshift
DSG Fartingggg... laplyyyy
Ai lop pewe...... *tiba tiba kangen nyetir Golf MK.7*
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
2 door iz [cencored] bebihhh apalagi kalo ane abwa ke sekolah lovely carChZ wrote:SciroccoooooooooFRD wrote: Sedangkan matic buat eco driving yaa tapi ga semua sih, buktinya saya bawa scirocco juga tetep sampe redline baru ganti gear pake paddleshift
DSG Fartingggg... laplyyyy
Ai lop pewe...... *tiba tiba kangen nyetir Golf MK.7*
Ai lop pewe too
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Masalahnya manual transmission di mobil entry level jaman sekarang udah ga terasa manual lagi.
No mechanical feedback at all. Berasa nyetir video game di timezone. Yang menurut ane bakal SANGAT BERBAHAYA
Seperti yg ane alamin di ecosemprot. Buat nonik shopping mungkin masih oke, tapi definitely not car to be driven.
Uphill start without handbrake : absolutely not possible, lah throttle delay nya aja setaon, mesin keburu mati itu lagi throttle nya ngerespon
Smooth acceleration : susah, masa nginjek gas nya harus berpikir beberapa detik ke depan
During hard acceleration : rev until red line, injek kopling, lepas gas, pindah gigi, lepas kopling bareng injek gas (revmatching), dan... ckiiitttt....rpm belum drop, masih stay di deket2 red line
During panic braking : ada kalanya kita ngerem setelah akselerasi, karena ada hal darurat di depan, nah ane kebiasaan rem tanpa injek kopling, nunggu rpm aman buat downshift baru injek kopling, nah disini, gara2 throttle delay, itu mobil masih akselerasi waktu ngerem. Kebayang bahayanya?
Shifting and revmatching : coba berkali2, dan ga pernah berhasil di mobil yang satu ini, lah pedal gas sama koplingnya ga ada feel gitu.
Sampe sekarang ane ga berani nyetir luar kota pake ecosport, kebayang kalo lagi situasi darurat, mobil ga bisa dikendalikan. Feedback ga ada = bunuh diri. Ane ga hiperbola. Jalan luar kota di Indonesia, dengan bus yang sering makan jalan, terkadang memaksa kita nurunin ban sisi kiri ke bahu jalan. Kalo posisi ga pas, kadang bikin mobil narik ke satu sisi (entah bagian depan atau bokong). Tanpa respon yang pas dari pengemudi, mobil bakal spin dan terjadi tabrakan. Gimana mau respon yang pas, kalo pengemudi tidak mengetahui apa yang sedang terjadi pada mobil, dan kontrol pengemudi dibatasi? Ane beberapa kali mengalami, dan pernah baca berita di koran yang mobil kehilangan kendali dan spin gara2 penyebab sama, menyebabkan beberapa orang meninggal.
No mechanical feedback at all. Berasa nyetir video game di timezone. Yang menurut ane bakal SANGAT BERBAHAYA
Seperti yg ane alamin di ecosemprot. Buat nonik shopping mungkin masih oke, tapi definitely not car to be driven.
Uphill start without handbrake : absolutely not possible, lah throttle delay nya aja setaon, mesin keburu mati itu lagi throttle nya ngerespon
Smooth acceleration : susah, masa nginjek gas nya harus berpikir beberapa detik ke depan
During hard acceleration : rev until red line, injek kopling, lepas gas, pindah gigi, lepas kopling bareng injek gas (revmatching), dan... ckiiitttt....rpm belum drop, masih stay di deket2 red line
During panic braking : ada kalanya kita ngerem setelah akselerasi, karena ada hal darurat di depan, nah ane kebiasaan rem tanpa injek kopling, nunggu rpm aman buat downshift baru injek kopling, nah disini, gara2 throttle delay, itu mobil masih akselerasi waktu ngerem. Kebayang bahayanya?
Shifting and revmatching : coba berkali2, dan ga pernah berhasil di mobil yang satu ini, lah pedal gas sama koplingnya ga ada feel gitu.
Sampe sekarang ane ga berani nyetir luar kota pake ecosport, kebayang kalo lagi situasi darurat, mobil ga bisa dikendalikan. Feedback ga ada = bunuh diri. Ane ga hiperbola. Jalan luar kota di Indonesia, dengan bus yang sering makan jalan, terkadang memaksa kita nurunin ban sisi kiri ke bahu jalan. Kalo posisi ga pas, kadang bikin mobil narik ke satu sisi (entah bagian depan atau bokong). Tanpa respon yang pas dari pengemudi, mobil bakal spin dan terjadi tabrakan. Gimana mau respon yang pas, kalo pengemudi tidak mengetahui apa yang sedang terjadi pada mobil, dan kontrol pengemudi dibatasi? Ane beberapa kali mengalami, dan pernah baca berita di koran yang mobil kehilangan kendali dan spin gara2 penyebab sama, menyebabkan beberapa orang meninggal.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
mungkin perlu di tambahin kabel grounding tambahan kl om buat ngatasin throttle lag nya.... atau kl mau lebi advance, make throttle manipulator atau controller atau apalah namanya itu, yg inti kerja nya memanipulasi sensor di pedal gas biar lebi responsif ngatur buka tutup katup skep di TB...
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Delay gas ya... Ane juga ngerasa sih tuh delay gas kalo di manual2 mobil jaman sekarang malesin banget, enakan manual mobil jaman dulu yg gasnya mau ditoel kapan aja dia lsg respons sesuai tekanan, ga pake mikir dulu... Bisa cepet tanggap
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Heheheeh jaman sekarang udah pada DBW jadi susah kalo ngomong delay delay an, diakalin pake throttle module sih selesai yah. all for the sake of green movement jadi DBW dikembangkan biar respon pedal gas lebi linier otomatis lebih efficient.
@bro ronald : yang paling bahaya itu yang ente cerita di Ekosemprot manual gak bisa setengah kopling karena ada sensor injakan kopling atau apalah itu. Wa bayanginnya serem kalo nanjak macem di Pacet gituan
Mobil manual yang gw rasakan paling gak kerasa cekatan ya All New Yaris MT.... Responnya telat dan gak kerasa mechanical feelnya sama sekali. Mending Jazz manual deh.
Paling enak ya RX-8 manual sayang udah dijual sama oknum yang bersangkutan.
@bro ronald : yang paling bahaya itu yang ente cerita di Ekosemprot manual gak bisa setengah kopling karena ada sensor injakan kopling atau apalah itu. Wa bayanginnya serem kalo nanjak macem di Pacet gituan
Mobil manual yang gw rasakan paling gak kerasa cekatan ya All New Yaris MT.... Responnya telat dan gak kerasa mechanical feelnya sama sekali. Mending Jazz manual deh.
Paling enak ya RX-8 manual sayang udah dijual sama oknum yang bersangkutan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3691
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Merapat di trit favorit
Seneng banget nyetir manual
Di lukot biar lebih ada feel kaki kirinya hehehe
Tp ane demennya manual di avxen
pingin
Seneng banget nyetir manual
Di lukot biar lebih ada feel kaki kirinya hehehe
Tp ane demennya manual di avxen
pingin
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Mau nglancarin manual? Kapan2 kusem takbawain brio ya..lancarin sampe puas..hahaha..ChZ wrote:Heheheeh jaman sekarang udah pada DBW jadi susah kalo ngomong delay delay an, diakalin pake throttle module sih selesai yah. all for the sake of green movement jadi DBW dikembangkan biar respon pedal gas lebi linier otomatis lebih efficient.
@bro ronald : yang paling bahaya itu yang ente cerita di Ekosemprot manual gak bisa setengah kopling karena ada sensor injakan kopling atau apalah itu. Wa bayanginnya serem kalo nanjak macem di Pacet gituan
Mobil manual yang gw rasakan paling gak kerasa cekatan ya All New Yaris MT.... Responnya telat dan gak kerasa mechanical feelnya sama sekali. Mending Jazz manual deh.
Paling enak ya RX-8 manual sayang udah dijual sama oknum yang bersangkutan.
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Saya punya 1 mobil manual dan 1 mobil matic... Syukurlah dgn umur saya yg masi piyik ini (masi kelas 2 SMA) sudah lancar jaya sekali bawa manual no stall (bahkan byk tmn gw ato bahkan org yg lebi tua dr gw gak bs bawa manual )
Sensasi bawa manual itu enak, tinggal gantung kopling udah bs bikin spin ban tanpa bikin gearbox jebol kek di transmisi otomatis..
Yg gw sangat sayangkan byk sportcar yg menyunat opsi transmisi manual di lineup mereka...
Sensasi bawa manual itu enak, tinggal gantung kopling udah bs bikin spin ban tanpa bikin gearbox jebol kek di transmisi otomatis..
Yg gw sangat sayangkan byk sportcar yg menyunat opsi transmisi manual di lineup mereka...
2021 Fortuner VRZ
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Racunin dikit aahhhh
Ini racun lebih akut :
sebelumnya kita bayangin dulu bahwa :
Matic-nya sama dengan mobil yg di bawah ini :
Ini racun lebih akut :
sebelumnya kita bayangin dulu bahwa :
Matic-nya sama dengan mobil yg di bawah ini :
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Brio masih terlalu gampang buat cris keknya.
Disuruh nyobain brenti di tanjakan GM pake ekosemprot manual deh
Iya kalo throttle delay nya si diakalin gampang, cuma masi ragu2 buat masang, kira2 itu bakalan kebaca di history ecu ga ya?
Takutnya jadi alesan beres ford buat ngehilangin garansi, walaupun pas service dicopot.
Nah masalahnya ini mobil ga kerasa mechanical feedback dari setir, kopling, rem, gerakan ban. Mobil hampir ga kuat nanjak aja ga terasa kok, tau2 rpm nge drop mesin hampir mati.
Kayaknya paling gampang tuker mobilnya. Bisa digampar ortu mobil belum setaon minta ganti.
@ricz coba deh gantung kopling di ekosemprot
@om Turboman, itu fortuner nya bisa stay di rpm tinggi tanpa upshift, gara2 transmission reprograming kit atau oprek ecu?
*geregetan ngeliat gerobak ane 2k rpm ud upshift
Disuruh nyobain brenti di tanjakan GM pake ekosemprot manual deh
Iya kalo throttle delay nya si diakalin gampang, cuma masi ragu2 buat masang, kira2 itu bakalan kebaca di history ecu ga ya?
Takutnya jadi alesan beres ford buat ngehilangin garansi, walaupun pas service dicopot.
Nah masalahnya ini mobil ga kerasa mechanical feedback dari setir, kopling, rem, gerakan ban. Mobil hampir ga kuat nanjak aja ga terasa kok, tau2 rpm nge drop mesin hampir mati.
Kayaknya paling gampang tuker mobilnya. Bisa digampar ortu mobil belum setaon minta ganti.
@ricz coba deh gantung kopling di ekosemprot
@om Turboman, itu fortuner nya bisa stay di rpm tinggi tanpa upshift, gara2 transmission reprograming kit atau oprek ecu?
*geregetan ngeliat gerobak ane 2k rpm ud upshift
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
BerkatKodokPushUp wrote: @om Turboman, itu fortuner nya bisa stay di rpm tinggi tanpa upshift, gara2 transmission reprograming kit atau oprek ecu?
*geregetan ngeliat gerobak ane 2k rpm ud upshift
Mobilnya htannis juga pakai alat serupa
*bukan seles TransGo*
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ah susah kali pun gantung kopling pake sensor sensor segala...
2021 Fortuner VRZ