Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by adty »

Izark wrote:tadinya tak pikir wuling itu sejenis rawon........ :ngacir:
tak pikir malah sejenis penyakit mata........ :ngacir:
Penikmat roti tawar beroda
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by maastricht889 »

Sayang banget kalo Spin disuntik mati gara" pabrik tutup :big_childish:
padahal diliat dari quality, techology,ride spin menang jauh dibanding sodara jepunnya :big_childish:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Turboman »

http://oto.detik.com/read/2015/02/27/14 ... kuasaannya

Seorang sumber yang dikutip Reuters mengatakan, meski tidak langsung, GM akan menggandeng mitra barunya dari Tiongkok SAIC Motor Corp akan kembali memproduksi mobil di Indonesia.

Perusahaan patungan itu memproduksi mobil yang tidak menggunakan embel-embel nama Wuling, sebuah merek yang dikenal sebagai andalan SAIC Motor.

Perusahaan tersebut akan membangun pabrik di dekat Jakarta, dan tidak tertarik untuk mengambil alih pabrik milik GM di Pondok Ungu, Bekasi, yang akan ditutup itu.
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Izark »

trus pabrik yang di pondok ungu itu jadi apa? lahan tidur? kalo nutup pabrik trus buka pabrik baru bukannya malah jadi rugi dua kali ya... kenapa GM-SAIC gak pake itu pabrik aja biar hemat... paling cuman perlu penyesuaian dikit... :e-think:
mau nulis apa ya...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by evolution21 »

betul kata um izark
agak ga masuk akal
bisa jadi itu cuma lip service saja, untuk menenangkan suasana

rencana aslinya chevy tidak di pubblish
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by grandis_GT »

Bukti chevy gak kuat bersaing di market lmpv , padahal spin not bad , tapi gak tau biaya srvice dan spare partnya :mrgreen:

Hadeeh , makin bnyak aja merk" cina jualan di indo , itu nissan serena cungkwo gak laku dan gak jelas marketingnya :big_weee:
Lenov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Feb 21, 2015 13:59

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Lenov »

:big_childish:
Sayang banget, padahal naksir sama spin dengan transmisi triptoniknya.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by amfibi »

grandis_GT wrote:Bukti chevy gak kuat bersaing di market lmpv , padahal spin not bad , tapi gak tau biaya srvice dan spare partnya :mrgreen:

Hadeeh , makin bnyak aja merk" cina jualan di indo , itu nissan serena cungkwo gak laku dan gak jelas marketingnya :big_weee:
Serena cungkwok yg unit stok2nya ngejogrok di AlSut ituuu :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
kodok64
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Nov 06, 2014 1:23

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by kodok64 »

Izark wrote:tadinya tak pikir wuling itu sejenis rawon........ :ngacir:


:mky_07:
Tadinya malah saya kira produsen farmasi
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Andhyka »

Ditutupnya pabrik di Indonesia ini bisa jadi isyarat Chevrolet menyerah. Produk bagus2 tetapi brand belum cukup kuat dan belum dikenal masyarakat. Coba bayangkan Chevrolet baru muncul selama 3 tahun mau langsung laris. Maunya semua cepat, pabrik jadi, produksi jalan, barang laris, untung banyak bisa balik modal.

Padahal untuk membangun brand image dibutuhkan kesabaran dan waktu lama (setidaknya 10 tahun) seperti Honda dan Toyota yang sudah eksis sejak 1980. Beginilah jadinya kalo businessman tapi masih short-term thinking tidak punya knowledge Business/Management memadai. Pikirnya rugi sebentar 1-2 tahun langsung tutup. Tidak punya wawasan goodwill/brand equity.

Contoh lagi seperti ini ya Shell. Banyak SPBU Shell ditutup ramai2 di Surabaya karena dianggap tidak laku. Beberapa bulan kemudian subsidi dicabut dan banyak yang isi Pertamax Plus. Kalo masih ada Shell mestinya V-Power laris manis.
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by kunaskun »

ya ada cara lain si sebetulnya, nempelin aja indomobil group, kalau dah mulai limbung seperti nissan suzuki ya tinggal cabut atau kaya mazda dulu :mky_03: bangun sendiri, brand image sudah ada tinggal terusin aja.
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Andhyka »

grandis_GT wrote:Hadeeh , makin bnyak aja merk" cina jualan di indo , itu nissan serena cungkwo gak laku dan gak jelas marketingnya :big_weee:
Yah gitulah marketing N*n & D*n pegangannya cuma majalah A*d dan car of the year award-awardan

Belum lagi marketing gratisan modal facebook/youtube ala C*t Indonesia, kapan majunya brand C*t di sini...
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
maswewe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by maswewe »

Mungkin Chevy lagi galau, trus :wkkk: :wkkk: wuling-wuling.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by ChZ »

Surprising news.

Secara Chevrolet Spin sejauh ini jadi backbone mereka selain Captiva yang diproduksi di Thailand. Konon katanya pabrik di Thailand juga ditutup dan penjualan Aveo/Sonic berhenti. Entah gimana Captiva.

Mungkin nilai investasinya gak sebanding dengan volume penjualan Spin yang pas-pasan. Ya make sense sih kalo struggle begitu berat, nyasarnya pasar yang udah gemuk, pemainnya established semua (Toyota-Daihatsu, Suzuki, Honda, Nissan). Sementara nggak ada major breakthrough kecuali mesin dieselnya *yang juga nggak dipasarin dengan serius padahal potensinya besar*.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by newrubble »

wuling itu imbalanced eye focus

opthamology term: strabismus

kalo ini salah, benar kan saja

btw factory closedown ini satu bukti hanya major (japs) brands yg sanggup in-business in inefficient, multi-tax, low compliance small market...knp sy sebut small krn market potentiality yg jauh lbh besar drpd real market absorbent

satu hal yg mnrt sy kurang tepat adalah bikin market spec indo dg brasil sbg mirror nya...hrs nya india (brasil lbh cocok di samakan dg south african krn kedua nya adalah negara negara yg punya first&third world character secara bersamaan (blended)

smg lbh byk lagi yg pergi spy govt.indo tau bhw dgn inefficiency n multi tax policies indo tdk menarik lg u major investment shg pohon duit semakin berkurang
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by bangrosi »

Gampang sekali menyerah nih GM padahal perusahaan besar lebih dari 75thn menjadi pabrikan NO:1 dunia. investasi $150jt utk mengaktifkan pabrik lama terlalu berani harusnya belajar dari sodara senegaranya ford yg blm mau buat pabrik di sini tetapi mendatangkan unit CBU dan fokus pada penjualan dan after sales service terlebih dahulu padahal sdh 15thn.

soal spin mungkin gm gk akan lepas tangan soal sparepart,service tapi mungkin dealer2 gm diprediksi byk yg tutup gk heran dimana penjualan menurun ditambah penutupan pabrik.ini jg terjadi di pabrikan jepang juga merk Sisusi byk dealer yg tutup karena penjualan menurun padahal pabriknya msh eksis.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Turboman »

newrubble wrote: smg lbh byk lagi yg pergi spy govt.indo tau bhw dgn inefficiency n multi tax policies indo tdk menarik lg u major investment shg pohon duit semakin berkurang
kalau saya sih melihatnya berbeda yah

Justru pada situasi yang kurang kondusif, dimana banyak pemain yg belum masuk / nggak mau masuk, siapa yg duluan masuk atau yg bertahan, nanti pada saat situasi lebih baik, yg udah duluan exist posisinya ada di gerbong paling depan

kalo di saham dikenal "Buy on Rumour, Sell on News" (Rumour = masih dlm situasi yg belum pasti)

Sekitar sebulan terakhir iseng2 browse liat2 harga tanah di Labuan Bajo di internet......itu yg pada mau jual pasang harganya elelelelelellee.....gila2-an maneh......mengingat lokasi geografisnya, runway airport Komodo mau di extend ? Baru rencana......kapan realisasinya ya gak tahu

Tapi kalo nanti airportnya kalo udah bisa didaratin 737 / A320 dgn lancar yah.....yg udah masuk duluan menang telak dah..........saat ini aja di sana udah banyak dikuasain para spekulan dr kota besar
:big_grin:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Turboman »

Btw manuver GM yang lgs "Cut" pada project yg kurang untung apakah terkait dengan :

http://www.usatoday.com/story/money/car ... t/4043607/

mereka punya kewajiban sgt besar thd para kreditor yg dulu menyelamatkan mereka

Jadi mungkin program mereka bagaimana utk "main yg berbuah cepat" aja, kalo project2 yg mereka harus "napas panjang" dulu mending di Cut aja en alihkan dana ke project2 yg bisa "berbuah dengan cepat"

CMIIW
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by sandal »

grandis_GT wrote:Bukti chevy gak kuat bersaing di market lmpv , padahal spin not bad , tapi gak tau biaya srvice dan spare partnya :mrgreen:

Hadeeh , makin bnyak aja merk" cina jualan di indo , itu nissan serena cungkwo gak laku dan gak jelas marketingnya :big_weee:
Serena Cungkwo :mky_07:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by newrubble »

yg duluan masuk n bertahan blm tentu ada di first row n sy pernah buktikan dulu pt mmi saat awal y2k mrk mau pegang dealership chain AR jauh sblm garansindo dg share portion 50:50 dg AR global

saat AR global liat iinvestment regime indo yg tdk bagus n mrk pullout maka selesai sdh smua

direct investment tdk sama dg portfolio investment krn ada component yg namanya longterm scheme apalagi klao direct itu blended with speculation

dulu sy pernah diminta govt indo ttg LTDC di lombok punya tomi n mrkbtanya bagus diapakan n ssdh sy liat bgt byk land speculation sy advice spy tdk usah lanjut n bgt cancel maka land price rontok spt domino flip
Turboman wrote:
kalau saya sih melihatnya berbeda yah

Justru pada situasi yang kurang kondusif, dimana ...

g duluan masuk atau yg bertahan, nanti pada saat situasi lebih baik, yg udah duluan exist posisinya ada di
kalo di saham dikenal "Buy on Rumour, Sell on News" (Rumour = masih dlm situasi yg belum pasti)

Sekitar sebulan terakhir iseng2 browse liat2 harga tanah di Labuan Bajo di internet......itu yg pada mau jual pasang harganya elelelelelellee.....gila2-an maneh......mengingat lokasi geografisnya, runway airport Komodo mau di extend ? Baru rencana......kapan realisasinya ya gak tahu

Tapi kalo nanti airportnya kalo udah bisa didaratin 737 / A320 dgn lancar yah.....yg udah masuk duluan menang telak dah..........saat ini aja di sana udah banyak dikuasain para spekulan dr kota besar
:big_grin:
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by andrijet »

Sepertinya Mazda Indo layak dicontoh sebagai brand yang berhasil comeback.

Tulang punggung penjualan ada di hatchback mini MPV Mazda2.
Brand image, after sales, resale value, ada di tangan Jazz dan Yaris.
Kebetulan om Jonfis sangat pelit fitur dan jualannya mahal.
Disitu Mazda2 ambil celah.
Chevi Aveo walau ganteng tapi fiturnya biasa aja, begitu pula performa dan built quality-nya.

Low MPV Mazda VX1 gagal total.
Harusnya pabrikan yg blm kuat gak usah coba-coba maen disini kl gak punya produk yg bnr2 bagus-sempurna.
Spin juga gak kuat lawan Mobilio RS yg ganteng dan irit.

SUV medium Mazda CX5 bisa berbicara karena Skyactiv-nya.
Branding teknologi global Skyactiv sangat menjual karena terbukti irit dan performanya bagus.
Chevy gak punya faktor itu di Captiva.

Pada akhirnya faktor utama dari kegagalan Chevy ya karena gak punya produk yang spesial.
Mereka punya produk bagus, tapi gak spesial.

Kl saya disana, mungkin dari awal jualan Spin Diesel semua tanpa varian bensin.
Sasar konsumen dengan paradigma dan bukti diesel dari dulu irit, yang modern makin irit dan powerful.
Sasar marketnya Panther yg sdh ditinggalkan pesaing.
Tanamkan dlm benak masyarakat:
Spin itu LMPV super irit, diesel modern, gak kluarin asap hitam.
Itu yang dijadikan pembeda dan selling point.
Apalagi pesaing blm ada yg brani lauching diesel disini.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Turboman »

newrubble wrote:yg duluan masuk n bertahan blm tentu ada di first row n sy pernah buktikan dulu pt mmi saat awal y2k mrk mau pegang dealership chain AR jauh sblm garansindo dg share portion 50:50 dg AR global

saat AR global liat iinvestment regime indo yg tdk bagus n mrk pullout maka selesai sdh smua

direct investment tdk sama dg portfolio investment krn ada component yg namanya longterm scheme apalagi klao direct itu blended with speculation

dulu sy pernah diminta govt indo ttg LTDC di lombok punya tomi n mrkbtanya bagus diapakan n ssdh sy liat bgt byk land speculation sy advice spy tdk usah lanjut n bgt cancel maka land price rontok spt domino flip
Berarti kasus yg AR Global itu mah termasuk yang "nggak mampu bertahan" atuh um........gugur di tengah jalan......heheheh

Ya banyak sii ATPM jatuh bangun.......Fiat & Alfa Romeo dulu berjaya era 70 an trus ngilang.......Fiat masuk2 lagi dgn Astra dgn Uno-nya, gak berhasil, ilang lagi.......skg masuk lagi dgn Garansindo gak ngerti juga gimana........hehehe

Trus Subaru juga era 70 an pernah jaya......trus ilang.......trus Motor Image bawa lagi...eeee skg kenak kasus pajak pulak......ckckckckckckck

VW juga dulu jaya en sempet ilang lama.......

Fiat, Subaru & Alfa Romeo ya pasti um NR kenal dgn para owner ATPM-nya.....heehhehehe

Kalo saya pribadi salut dgn para ATPM / Perusahaan2 yang dari zaman dulu terus exist hingga hari ini, "susah - senang" terus dilewatin dgn konsisten & tidak mudah menyerah.......saya ingat bagaimana dulu saham ASII yg drop saat munculnya Timor sbg MobNas......ee abis itu badai KrisMon, saham ASII sempat di bawah 300 perak th 98, saat ini saham ASII bernilai 78.000 an (jika dihitung tanpa stock split).......

Ya sih land speculation ya para pemain biasanya udah pada siap dgn resiko-nya.......kayak Teluk Naga dulu juga udah banyak yg ambil, en gak ada progress entah gimana tuh yg udah pada beli lahan....juga di Jonggol.....wkwkwkwkwkw

Tapi memang yg namanya bisnis ya perlu sebuah keberanian juga si..........

*Sekedar opini pribadi ajah*
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Usai Indonesia, GM Juga Tutup Pabrik Chevrolet di Thailand

Post by Turboman »

Usai Indonesia, GM Juga Tutup Pabrik Chevrolet di Thailand

http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... i-thailand

Nahhh....jadi jelaslah sudah, memang sudah policy mereka dan bukan akibat tidak kondusifnya iklim investasi dimana pabrik2 mereka berada

saya pribadi sgt setuju dgn yg um newrubble katakan bahwa semestinya utk develop mobil di Indonesia, mereka harus benchmarking ke India instead of Brazil

IMO
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Landie »

andrijet wrote: Kl saya disana, mungkin dari awal jualan Spin Diesel semua tanpa varian bensin.
Sasar konsumen dengan paradigma dan bukti diesel dari dulu irit, yang modern makin irit dan powerful.
Sasar marketnya Panther yg sdh ditinggalkan pesaing.
Tanamkan dlm benak masyarakat:
Spin itu LMPV super irit, diesel modern, gak kluarin asap hitam.
Itu yang dijadikan pembeda dan selling point.
Apalagi pesaing blm ada yg brani lauching diesel disini.
IMO kesalahan besar Chevy itu Spin Diesel ga ada yg A/T, makanya varian diesel kurang laku sampe tahun lalu mau di-stop; sama bangku row 2 yang ga bisa recline/ slide (padahal ini urusan gampang buat chevy).

Dari awal launch 2013 sudah bisa diprediksi nasibnya bakal suram, soalnya tahun 2014 muncul mobilio, terbukti tahun 2013 terjual 18.416 unit (padahal baru mulai jualan pada Q3 2013) dan di 2014 hanya 7.475 unit (http://oto.detik.com/read/2015/02/27/18 ... pin#bigpic). Jangankan Spin, GL aja yang bertahun-tahun laku di Indonesia langsung keok sama Mobilio.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by ChZ »

andrijet wrote: SUV medium Mazda CX5 bisa berbicara karena Skyactiv-nya.
Branding teknologi global Skyactiv sangat menjual karena terbukti irit dan performanya bagus.
Chevy gak punya faktor itu di Captiva.

Pada akhirnya faktor utama dari kegagalan Chevy ya karena gak punya produk yang spesial.
Mereka punya produk bagus, tapi gak spesial.

Kl saya disana, mungkin dari awal jualan Spin Diesel semua tanpa varian bensin.
Sasar konsumen dengan paradigma dan bukti diesel dari dulu irit, yang modern makin irit dan powerful.
Sasar marketnya Panther yg sdh ditinggalkan pesaing.
Tanamkan dlm benak masyarakat:
Spin itu LMPV super irit, diesel modern, gak kluarin asap hitam.
Itu yang dijadikan pembeda dan selling point.
Apalagi pesaing blm ada yg brani lauching diesel disini.
nah setuju sekali, kesalahan branding Spin adalah, yang ditonjolin bukan apa yang spesial dari Spin itu sendiri.

Spin punya varian diesel tapi marketingnya payah, mesin diesel gak pernah disebut sebagai selling pointnya, malah gimmick nggak penting dan aksesoris geje di Spin Activ doang yang ditonjolin, itupun Spin Activ cuma dikasih varian bensin.

Space? Spin kalah telak sama Mobilio dan Avanza, reliability jelas kalah sama Avanza, aftersales apalagi babak belur Chevy. Apa yang bagus dari Spin? Mesin bensin 1.5 Liter dengan suara yang enak dan transmisi 6-speed, siapa yang butuh itu di LMPV? Okelah kalau ane dan modcing yang belom berkeluarga mungkin pilih Spin, tapi kalau yang udah berkeluarga? Only few of them focused on this. Jok baris kedua nggak enak, tipis. Row 3 sempit, Chevrolet lagi. Mereka di Amrik besar, di Indonesia bagi sebagian orang awam, Chevrolet tuh merek apa ya?

Branding diesel mereka hampir berhasil di Captiva Diesel, sayangnya aftersales berantakan dan reliability produk kurang bagus bikin Captiva pelan-pelan ditinggalkan.

Produk bagus tapi gak spesial, sama kayak yang dialami Mitsubishi dengan Mirage, OS, dan PasSport. Babak belur dihajar kompetitor sampe obral diskon walaupun baru launching. Untungnya mereka bisa survive dengan penjualan fleetnya (L300, Tisoss, Colt Diesel).

Suzuki masih lumayan survive karena produknya simple, reliable, dan value for money. Nissan udah mulai ngap-ngapan, GL, March,Juke,X-Trail hancur dibabat rival-rivalnya. Duo pabrikan Korea ? Mampus, harga mahal gak ketulungan, Aftersales belum teruji, gak inovatif, menang desain thok. China? Matek.

Kesalahan beberapa merek "aneh" di Indonesia adalah berpikir bahwa Indonesia cuma Jakarta dan Surabaya thok. Padahal banyak masyarakat di luar Jakarta dan Surabaya yang belom terbuka sama merek-merek aneh. Harus dikasih "rangsangan" biar tertarik. Ya kan, pabrikan manapun research nya di Jakarta, Jakarta, Jakarta lagi. Ngga pernah kan ada pabrikan research nya di pelosok yang penduduknya ngerti mobil cuma Avanza dan Kijang?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7