Do's and Don'ts Seputar Mobil Bekas (Second Hand Vehicles)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jempolkejepit
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun Feb 01, 2015 14:12

Re: Do's and Don'ts Seputar Mobil Bekas (Second Hand Vehicles)

Post by jempolkejepit »

amfibi wrote:Alasannya? Karna males ngurus ribet2 om... :mky_01:

Kalo jual ke end user itu kan kita harus iklanin lah nerima telpon2 lah nungguin iklan lah nungguin calon pembelinya dateng lah jelasin mobilnya lah nego2 harga lah ngurus surat2 nya lah dkk xxxx yyy zzz... :big_childish: :big_grin:
Sedangkan kalo kasih ke pedagang/sorum tinggal lepas kunci & terima duit aja... Biarpun harganya jauh bgt dibawah pasaran dibelinya (tp ya lagi2 kalo ga punya waktu/males buat urus jual mobil mah kasih aja ke pedege)...

Nah, kalo sorum mobkas jaman skrg jual barang bagus sih mulai ngetren jg... Yang spesialis jualan mobil2 tertentu (khusus BMW, merc, eropahan, jeep2, matic, dsb) jg bermunculan :big_grin:
Tapi tentunya yg asal jual tanpa peduli kondisi barang jg banyak... Biasanya di bursa2 mobkas yg bangunannya buluk2 tuh yg harga murah dikit sing penting laku tuh kyk gt (ngga semua sih, tp biasanya begitu)... :mky_04:

Dulu saya pernah ngiklan di salah satu website super kijang G 95 punya almarhum ayah saya (belinya 39 juta saya inget tahun 95 pas saya masih SD kelas 2) dijual juli 2014 laku 65jt kondisi masih sangat mint (juara banget ac masih moncer nya 19 tahun cuman sekali bersihin filter sama isi freon) yg beli gatau pedagang ato end user, dateng ke rumah cek kondisi, langsung deh dia trf uangnya, nah.. Pada saat saya kasih bpkb+stnk itu kondisinya stnk masih di samsat (abis perpanjangan 5 tahunan dan samsatnya kehabisan kertas bahan stnk, entah ini beneran kehabisan ato cuman akal2an samsat) jd cuman lembaran pajak doang yg saya kasih ke pembelinya, harusnya januari kemarin ambil stnk sekalian bayar pajak tahunan, tapi pembelinya ga ada dateng kerumah/tlp sampe sekarang -_- trus awal februari kemarin nyariin ibu saya yaris, dapet tipe E matic 2010 dari showroom, alhamdulillah kondisinya masih sehat luar dalam, rawatan auto2k dan kebetulan lagi ternyata pemilik sebelumnya adalah kakak kelas saya jaman SMA (yg saya tau orangnya alim, gak urakan sama mobil)
Sekian cerita saya yg sangat awam tentang mobil, terlebih soal mobil bekas :D
fareed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Feb 21, 2015 6:40

Re: Do's and Don'ts Seputar Mobil Bekas (Second Hand Vehicles)

Post by fareed »

klo pengalaman saya sih..selama bergaul dan bersahabat dg para pedagang mobkas, terutama yg single fighter...dr sisi harga mereka rata2 nawar lbh murah 5-10jt dr harga pasar. tp jika mobil dlm kondisi tanpa pe er, mereka nawar lbh tinggi. karena mobil tinggal di poles dikit udh siap jual lagi. btw...dg tetep merhatiin kondisi brg, mulai dr body/eksterior..interior..mesin dan kaki2, klo bisa sih ambil dr pemilik pertama langsung, paling tidak cara nawar mereka bisa kita aplikasikan juga :big_grin:
dr pengalaman itu..alhasil CK4 taun '99 saya dapatkan dg harga hampir 9jt lbh murah dr harga pasar :e-whistle:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Do's and Don'ts Seputar Mobil Bekas (Second Hand Vehicles)

Post by jivos »

Hmmm mobkas ya,

* buat yg budget na t'batas, ato punya kemampuan daya beli mbl baru, tapi di mrk mbl bukan prioritas utama buat buang duit, msh ada yg lbh penting (property misalna)

* mbl simpanan atopun umur 1/2 thn bs dijdkn target obyek, mengingat depresiasi sdh ditanggung pihak p'tama, harga sdh ketarik k bwh, plus kondisi umumnya msh cukup baik.
Nb: utk mbl umur 1or2 th , gap hrg dg price list mbl baru wajib diperhatikan, sec otr baru sering dpt diskon gede2an. Yg ngga paham sering kejebak disini, pdhl klo dia ambil unit baru, bbn sdh an sendiri plus hrg bs jd sama atopun lbh murah t'kadang.

*buat yg passion nya tinggi thd mbl, suka dg mbl2 anti maistream, & tdk mau keluar duit b'lebih, boleh dicoba cr mbl yg b'masalh di satu sistemnya, tetapi di sistem yg lain mbl dlm kondisi baik, bisa jadi krn:
-matic problem
-ecu ato modul2 problem
-engine problem
Nah mbl dg kondisi diatas, apalagi utk mbl eropa, harganya jeblok bs anda hajar sampai dasar, jk user sblmnya tahunya cm bengkel resmi, meriang dia ngeliahat estimasi hrg beres.
Sementara anda bs sehatkan mbl, dg bw k spesialis, beli parts copotan, pesan modul dr luar, ato cara lainya.

Dgn hrg jauh dr pasaran 2nd nya, anda sdh dpt mbl yg sehat.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
netterz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Mon Jan 21, 2008 5:41

Re: Do's and Don'ts Seputar Mobil Bekas (Second Hand Vehicles)

Post by netterz »

buat yang ga ngerti mesin gimana sarannya om..yg taunya cm pake heheheh
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Do's and Don'ts Seputar Mobil Bekas (Second Hand Vehicles)

Post by jivos »

netterz wrote:buat yang ga ngerti mesin gimana sarannya om..yg taunya cm pake heheheh
* ajak teman ato mekanik spesialis dr merk yg mw dibeli,
Umumnya mrk sdh tau apa sj yg hrs di check.

* klo sendiri, minimal hrs tahu beda nya kondisi mesin sehat & tidak.
Tahu sakitnyaa....tahu ancer2 hrg part penggantinya.....tahu kemana beli partsnya.....en tahu mw di bw ke bengkel mn.

Happy hunting dah
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
kumendan
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Apr 02, 2015 1:07

Re: Do's and Don'ts Seputar Mobil Bekas (Second Hand Vehicles)

Post by kumendan »

Pagi para senior.....terutama yang domisili di surabaya. Ane rencana mau beli ipah d4d matik 2012, kira2 pedege2 mobkas dealny/harga pasaran di harga brapa?

Trus untuk ipah d4d yang musti di cek apa aja? Ane kurang suka kalo bekas modif2 (dastek , audio, etc) itu cara ngeceknya apa yang perlu diperhatikan?