Mobil SMers yang paling banyak problem?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by smgandi »

Jadi kepengen tahu, pada bisa pake aki paling lama berapa taon sih? :big_bored:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by htannis »

smgandi wrote:Jadi kepengen tahu, pada bisa pake aki paling lama berapa taon sih? :big_bored:
normal nya minimal 3 tahun tuh
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by ChZ »

rekor mobil ter-rewel di garasi :

Captiva Diesel AT 2008.....

mulai dari oli PS bochor..... alarm yang selalu nyala jam 4 pagi.... shock depan kanan bocor padahal baru 1 taun.... dan getaran engine parah kalo kena biosolar.....

Nissan March AT 2011

rem belakang bunyi "ngik-ngik", busa jok rusak,..... rattling.... rattling.... rattling..... :ngacir:

dah, sisanya nggak ada yang sampe se-menyebalkan 2 mobil ini....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
tiptronic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Sat Jun 21, 2014 23:05

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by tiptronic »

ikutan nge rivew. dulu jaman kuliah dari 2008 sampe tahun 2013 kemarin. selalu setia pake hyundai atoz. kyknya sampe gonta ganti 6x lebih. dari atoz GLS 2000,2001,2002,2005, terakhir pake GLS 1.1 matic 2005. problemnya rata2 hampir sama.

central lock biasanya sering mati. jadi kalo buka lock dari pintu driver kadang pintu lain engga ikutan, tapi kadang sembuh sendiri. kalo lg di posisi lock, trus kita buka lock di pintu belakang sering ngga mau kebuka lock nya. musti buka central lock nya dari pintu driver.

terus handel pintu juga sering macet, entah dari luar apa dalem. kynya sambungannya dol apa srup nya yg lepas.

power window sering macet, biasanya kaca driver nutup engga rapet, kaca nutup tapi miring ngga jelas. atau motor pw jalan tapi jendela nggak bisa turun.

pernah punya atoz yg keluaran 2001, 1 bln pake trus dijual, seminggu kemudian pemilik baru tlp ktnya mbl di start ngga bisa nyala. stlh dicek ternyt filter bensin kesumbat(ktnya emg filter bensin atoz rapet2, jadi gampang banget mampet).

terakhir pake atoz2005 1.1 yg matic. beli bekas km masih 40rb an tahun pertama pake masih enak. cuma servis rutin ganti oli aja. awalnya yg pake adik buat pp rumah kampus. cuma pernah 1x extrafan mati.

tahun berikutnya giliran saya yg pake mulai muncul penyakit2nya. pernah radiator bocor tapi ngga ketahuan, kyknya bocor alus,air radiator netes dikit2. nggak ngeh juga padahal extra fan nyala terus tapi temp nya normal, hari2 berikut pas pake mesin jadi ngitik banget, pas mesin panas indikator temp malah engga naik normal2 aja, tau2 mogok. ditambal trus sebulan bocor lagi. pertengahan 2013 kmarin dijual. seminggu kemudian yg punya tlp ktnya ini atoz ngga bisa jalan. mesin nyala tapi di gas ngga mau jalan. di servis kt bengkel crankshaft rusak, servis habis 8jutaan.

kayaknya crankshaft yg gampang rusak emg bawaan atoz1.1 sama picanto. sepupu saya picanto nya juga spt itu. kalo digas engga mau kenceng, cuma jalan pelan2 baru beberapa saat mau kenceng.
-el_capitan-
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: Sat May 25, 2013 0:49

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by -el_capitan- »

Rekor mobil ter-rewel ane : taruna, ada aja masalahnya terutama overheat, bikin image daihatsu jatoh di mata ane....entah knapa bs punya tuh mobil n untungnya dah dijual.

Rekor mobil paling ga rewel : terrano kingsroad, berasa kayak pake kijang super versi agak lux, serba sederhana teknologi n semua2nya, boros n boyo nya jg sama.dah dijual jg....
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Jambangan »

ChZ wrote:rekor mobil ter-rewel di garasi :

Captiva Diesel AT 2008.....

mulai dari oli PS bochor..... alarm yang selalu nyala jam 4 pagi.... shock depan kanan bocor padahal baru 1 taun.... dan getaran engine parah kalo kena biosolar.....
yg dibold, kok aneh ya? :big_think:
ada hantunya kali tuh mobil bro :upss:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by newrubble »

Coba piara ayam jago, cockerels...biasa bunyi jam dua jam empatan

pasti alarm captiva berhenti bunyi jam jam segitu...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by marmut »

Aki kering, aki kering..... Kalo emang beneran aki kering coba pasangnya dibalik atau miring. Yang atas di bawah, yang bawah di atas. Atau tiduran. Aki kering gundulmu.......
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by artoodetoo »

marmut wrote:Aki kering, aki kering..... Kalo emang beneran aki kering coba pasangnya dibalik atau miring. Yang atas di bawah, yang bawah di atas. Atau tiduran. Aki kering gundulmu.......
Sabar om, sabar.
Soalnya kalau disebut aki gel, ntar dikira produk fashion :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by octafiantos »

Paling rewel yang pernah dipiara, BMW E30. Mungkin karena tua dan kondisi so so, waktu piara udah usia 21tahun. Semua part dah aus, masanya ganti jadi ngoyak banget kantong.

Pertama beli ga sadar lubang buang air dek penumpang lepas. Pas lepas kayanya dulu nerjang banjir sama owne lama jadi karpet basah tapi ga ketauan karena ditutup karpet dasar anti air. Walhasil dek sampe firewall karatan. Repair pake plat dibentuk sesuai aslinya, lapis anti karat. Kopel jeduk, ganti karet dan join. Joint stir oblak, harga baru 3rb+ jadi pake repair kit yang ga awet. Kelar stir, AC. Udah ganti semua di Kartika AC kecuali satu, motor blower. Ga lama minta ganti, walhasil total satu sirkuit brand new!

Lanjut rack steer, berat. Ganti seal kit, krom ulang. Selangnya ngiri yang hi pressure. Ikut jebol jadi ganti. Icv naik turun udah minta ganti. Mahal jadi sering bongkar aja ma bersih bersih. Biarpun udah urut kabel baru, ada aja yg kendor. Kaya power window misalnya, kadang soket kotor ga langsung turun. Lanjut ga bisa ganti oli transmisi, baut slek. Bautnya cuman 50perak, turun transmisinya 350 perak.

Afm dah uzur. Jalur karbon ma flap ga bisa direpair sempurna. Alhasil idle ga sempurna. 4.5 milyar barunya. Jadi kalo ke bengkel selalu dibuka, bersihin flap, stel ulang giginya. Idle ga bisa smooth tapi ga begitu ganggu. Cluster pernah problem, temp ga ninjuk bener. Cooling sistem dah baru semua nunjuk H, dimatiin normal lagi. Kalo bensin dah lazim, kadang goyang2. Terakhir gardan. Udah ga kuat lawan umur. Agak bunyi dengung. Kelewatan, knalpot satu set baru.

Tua memang ga bisa dilawan. Ada temen pake e30 eks kakeknya tangan pertama dari baru. Dielus elus, mulus luar dalem sebagian besar cat asli. Ya kurang lebih alamin aus yamg sama, kaya gardan rada dengung, join stir rada bunyi. Yang emang bener2 kaya mobil baru ya yang km under 50k no utik utik. Tapi dasar seneng ya dipiara, meskipun total restorasinya bisa dapet mobil tua lagi.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
kolorp1nk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Tue Nov 25, 2014 3:35

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by kolorp1nk »

Jambangan wrote:
ChZ wrote:rekor mobil ter-rewel di garasi :

Captiva Diesel AT 2008.....

mulai dari oli PS bochor..... alarm yang selalu nyala jam 4 pagi.... shock depan kanan bocor padahal baru 1 taun.... dan getaran engine parah kalo kena biosolar.....
yg dibold, kok aneh ya? :big_think:
ada hantunya kali tuh mobil bro :upss:
Hrs mandi kembang 7 rupa jg tuh sptny.....hahaha
kolorp1nk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Tue Nov 25, 2014 3:35

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by kolorp1nk »

CikidingTralala wrote:
A7Corsair wrote:
kolorp1nk wrote:
Sbnrnya pertanyaan ane bukan ttg SnD nya....tapiii GL nyaaa...apakah bener penyakit GL tuh boros accu? Masak sampe bengkel aja gak berani garansi in accu nya?? :big_childish: Klo byk yg ngalamin kek gini, berarti salah satu kelemahan mobil GL yah makan accu... :big_cry:
Nah ... mobil saya yg tiap tahun (rata-rata 1 tahun 2 bulan) ganti accu ini GL ...
Tapi problem lain gak ada ...
Paling memang shock belakang yang ganti pas umurnya 3 taunan ... udah meler ...
sama mas, GL saya jg 1 tahun 2 bulan :mky_02:
Berarti bener nih penyakit GL tuh boros accu... Pantes jg si SnD ga berani 18 bulan....klo gak pengguna GL bs dpt accu gratis selamanya.....hahaha

Iya shock blkg dpn rentan rusak....
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by newrubble »

bikin mobil yg mudah rusak
di market yg birokrasi nya rusak
di pajak sana sini dg logika rusak
infrastruktur byk yg rusak

buat saya...itu mobil normal u kondisi yg sesuai
tdk bisa dpt pft dr jualan mobil ya
bisa dpt pft dr jualan parts
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by walid_007 »

newrubble wrote:bikin mobil yg mudah rusak
di market yg birokrasi nya rusak
di pajak sana sini dg logika rusak
infrastruktur byk yg rusak

buat saya...itu mobil normal u kondisi yg sesuai
tdk bisa dpt pft dr jualan mobil ya
bisa dpt pft dr jualan parts
Mr. Nr , mobil yang paling worth to buy di indo ini apa ya
engine roaring!
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by newrubble »

yg paling mudah di repair siapapun dgn basic mechanical skill krn tdk byk pakai latest technology, bgt baik parts logistic krn network n krn multi substitution (brand n quality), bgt byk ada di jalanan...kota besar, kota kecil, desa, hutan

jgn bicara safety features...mobil bginian dipakai manusia manusia dgn sense of survival tertinggi di planet ini...pintar cari selamat, pintar justification (kalo tdk selamat), rugi pun masih mrk bilang "untung"
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26919
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by DOHC »

kolorp1nk wrote:
CikidingTralala wrote:
A7Corsair wrote: Nah ... mobil saya yg tiap tahun (rata-rata 1 tahun 2 bulan) ganti accu ini GL ...
Tapi problem lain gak ada ...
Paling memang shock belakang yang ganti pas umurnya 3 taunan ... udah meler ...
sama mas, GL saya jg 1 tahun 2 bulan :mky_02:
Berarti bener nih penyakit GL tuh boros accu... Pantes jg si SnD ga berani 18 bulan....klo gak pengguna GL bs dpt accu gratis selamanya.....hahaha

Iya shock blkg dpn rentan rusak....
lipina mahh emang dari bawaan lahir ud doyan rusakin accu...enjin bay super panas, plus penempatan aki nya mepet banget ama kompartmen mesin... kl soal pengisian listrik dll normal koq... diukur pake AVO meter masi sama ama mobil2 japs lain nya... malah aki gel (abisnya kl blg kering ntar ad yg mau tebalikin tuh aki.. :big_weee: ) lebi cepet tewaas dbanding aki basah kl d lipina... ud ane perna coba dulu di GL ane... cuman saran ane tetep pake aki gel drpd yg basah... toh cuman lebi cepet tewas beberapa bulan tp terhindar resiko kena air aki yg meluber gegara mendidih trus luber dari lubang hawa.. ud kejadian di beberapa GL nehh.. bahkan GL cwe ane minggu lalu masuk beres gegara jebol tuh selang koplingnya...

SnD masi ngasi garansi koq utk aki gel mreka, tp jadi nya cuman 6 bulan aj kl utk GL... rugi kata nya mreka krn pasti sblom 18 bulan ud pd mokat tuh aki... kl yg basah mreka brani 12 bulan krn pasti di bulan ke 14-16 baru pd tewas.. :upss: :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11025
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by marmut »

Ada apa nih pagi-pagi pake acara tebalikin aki....? Sabar dong oom, mending nyeruput kopi dulu.......
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26919
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by DOHC »

tau tuh... siapa sehh yg mau tebalikin aki gel... wkwkwkwkwwkwk...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by DDR »

Terios 2007... Masalah:
- Steering rack defect, klaim gratis garansi
- Steering column defect, klaim gratis garansi
- Long tie rod defect, klaim gratis garansi
- Bearing roda kiri depan, defect, klaim gratis garansi
- Clutch assembly, klaim gratis garansi
- Electric Fan, klaim gratis garansi

Semua kejadian diatas terjadi selama 3 tahun pertama kepemilikan dari baru. Selain itu juga sampe akhir nya dijual tahun 2013 kmrn, ngelitik masih suka muncul, padahal udh coba pake Pertamax Plus, sampe Super Extra, mulai membaik setelah ada VPower. Suspensi yang keras gradak gruduk plus Dashboard yang berisik banget pas lewat jalan jelek sih udh ane cuekin, dianggap dari sono nya begono hehehe... Untuk ngilangin tarikan lemot pernah coba pasang Volt Stabilizer plus kabel grounding, ganti busi pake Iridium, dsb tetep lemoth... Ya sudah...
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by imingwahyudi »

Karimun WRX 2001 :big_weee:

Seal kaca depan bocor, check
Kopling dan laher habis, check
kaki depan belakang meler shock, check
rem belakang meler oli, check(akibat kursus 'balet' di parkiran B*C :mky_03: :mky_03: :mky_03: )
ring seher jebol, check :big_weee:
karbu meler vakumnya, check :big_slap:
kabel HL leleh, check :big_chicken:
kabel lampu belakang(rem dan senja) mati, check
AC kudu dibypass sama relay, check :big_slap:
bocor misterius di dek kiri depan passenger, check :big_cry:
heater mati, check :big_cry: :big_cry:
rattle kaya orkestra, err...ini masuk problem juga kan :upss: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by F272 »

Mitsubishi Outlander SPort PX 2012 - Unit Pertama yg ngaspal di Jakarta... (kata sales Dwindo)..
Ini banyak banget masalah, maklum mobil baru launching kali yah...

tapi skarang semua sudah sembuh... berkat Garansi Sparepart & Jasa selama 3th.. ane bolak-balik ke Dwindo dan Pelayanan nya Oke banget..

:big_exellent: :big_exellent:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by FRD »

imingwahyudi wrote:Karimun WRX 2001 :big_weee:

Seal kaca depan bocor, check
Kopling dan laher habis, check
kaki depan belakang meler shock, check
rem belakang meler oli, check(akibat kursus 'balet' di parkiran B*C :mky_03: :mky_03: :mky_03: )
ring seher jebol, check :big_weee:
karbu meler vakumnya, check :big_slap:
kabel HL leleh, check :big_chicken:
kabel lampu belakang(rem dan senja) mati, check
AC kudu dibypass sama relay, check :big_slap:
bocor misterius di dek kiri depan passenger, check :big_cry:
heater mati, check :big_cry: :big_cry:
rattle kaya orkestra, err...ini masuk problem juga kan :upss: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
:big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
banyak bener om problemnya :big_slap:

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
:big_smoking:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by ricz »

F 272 wrote:Mitsubishi Outlander SPort PX 2012 - Unit Pertama yg ngaspal di Jakarta... (kata sales Dwindo)..
Ini banyak banget masalah, maklum mobil baru launching kali yah...

tapi skarang semua sudah sembuh... berkat Garansi Sparepart & Jasa selama 3th.. ane bolak-balik ke Dwindo dan Pelayanan nya Oke banget..

:big_exellent: :big_exellent:
Udah unit pertama, pake velg exo kyk ADV1 lg :mky_03:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by WongZo »

ricz wrote:
WongZo wrote:Aduh bokap pernah pny apv, ipah, camry grande tp pakean ga lama <2 taun mulu jdi gaad masalah berarti.
Yg dipelihara smpe sknrg futura '97 lumayan bandel, walaupun gaad perawatan.
Problem:
- Pernah radiator tiap 50km abis, trus pas dicheck ternyata ngunci tutup bawahnya gak kenceng :mky_04:
- Rilai 3-4 taun sekali tewas, ssh starter, diganti beres dah
- Pernah rusak CDI pas umurnya 8 taun, dganti beli second aman smpe 2 taun trus digondol maling, beli second lg aman 5 taun smpe skrng
- Dulu suka ad bunyi tikus, udh ktemu problemnya dri kursi row 2 hrus dioliin dkit. Skrng mobil no rattle sedikit pun :big_smoking:
- Pernah mogok gara" filter bensin kaput, 12 taun ga pernah diganti :big_slap:
- Pernah gbs masuk gigi 2, dikira oli gardan krng, gtwnya kopling udh ampir copot
- Aki 3-5 taun sekali tewas, yh gbs starter
- Sisanya plng body penyok" wong udh tua, masuk bengkel tak pernah :big_slap: .
Puas sih sma nih mobil, mmng jrng pke. Skrng aj lgi lmayan sering dpake 1 bln cmn 80-150km aj jalannya.
Oli terakhir ganti 3 bln yg lalu, sbelumnya 4 taun yg lalu :big_slap: :big_slap: , skrng udh ganti oli jdi enak, FC jg sekitar 1:8-10.
Kondisi mobil ga pernah msk bengkel 1x pun, tp mobil msh oke gaad problem, kondisi body mayan terawat lh, 1 bln sekali cuci, ngegoler di carport mulu :big_grin: .
Ampe olinya berserabut dan blm gnti ban dr baru smpe sekarang.... :mky_03:
Oli sih udh ga serabut, ban sih yg 3 msh ori hahahaha.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Nightster Guy »

smgandi wrote:Jadi kepengen tahu, pada bisa pake aki paling lama berapa taon sih? :big_bored:
48 bulan.

Aki gel merk l'oreal yg lineup studio line..

:big_slap:

Merk rocket yg msh bodi putih (konon msh built up korea). Tp 3 bln trakir harus manasin pagi dan sore kl mobil ngga dipake. Kl sore lupa dipanasin, bsok paginya terseok2 bener si rocket.
Das Beste oder nichts.