Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by Turboman »

Salvanost wrote: mau tanya,
pertamax termasuk kategori oktan yang ketinggian ga buat sebagian kendaraan?
karena premium kan direncanakan mau dihapus
Lha rata2 kendaraan Gasoline modern kan mintanya RON 91 minimum dan bahkan makin banyak yg minta RON 95 minimum.......JUSTRU di kita ini problemnya : RON 97 - 98 nggak dipasarkan scr massal.

Juga negara2 di dunia yg masih jual RON under 90 itu bisa dihitung dgn sebelah tangan

Mobil2 generasi modern jalan dgn RON 88 itu sebetulnya tergolong "dipaksakan" dan itu berjalan dgn kondisi tidak ideal (pengapian di retard banget)

Memang mau buat mobil Vintage yg masih Side valve om ?

Oktan ketinggian sama sekali nggak ada trade off utk mesin, trade off-nya utk kantong aja

Kalao utk mesin2 buatan sebelum th 80 ada baiknya dicampur additive pelumas katup atau Lead subtitute agar katup2-nya awet
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by JESKONENG »

Soal oktan berapa yg cocok utk kendaraan kita, bisa diliat di :

- buku owner's manual (panduan pemilik kendaraan) di bagian technical specifications, di "compressio ratio". Utk kompresi antara 9 s/d 9.8 :1 cocoknya bbm oktan 92. Utk kompresi antara 10 s/d 10.8 : 1 cocoknya dng bbm oktan 95. Utk kompresi 11 ke atas, dng bbm oktan 97

- utk beberapa merk mobil, a.l. BMW ada sticker di balik tutup lobang pengisian bbm, misalnya "recommended fuel octane minimum 91 maximum 98"

- bisa juga dicari di berbagai link, dng menulis di kolom search google, misalnya "1994 Jeep Wrangler compression ratio"
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by ZombiEE »

Turboman wrote:COCO itu angka ke 2 selalu 1

Jkt kode 31

Daerah laen ada yg kode 41

Kalo angka ke 2 itu 4 berarti ya swasta
Makasih oom turbo atas info nya..saya mencatat dulu...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by imsus2c »

ZombiEE wrote:
imsus2c wrote:
ZombiEE wrote:Maaf dulu meneer imsus...saya terlalu malas flip pages, boleh kasih tau nomor registrasi apa saja yang bisa ditandai?
Skali lagi maaf meneer..uwkwkwkw
Owhh...bully yg di wasem nyambung sini :big_weee:

Wokehlah demi meneer...

2 digit pertama, menandakan status kepemilikan spbu.

Digit pertama menunjukkan wilayah kerja/regional pertamina retail. Misalnya Jakarta kodenya angka 3, Jateng kodenya angka 4, Jatim kodenya angka 5 dst...
Digit kedua, jika tertulis angka 1 (atau ada juga angka 4), itu CoCo

Jadi misalnya di Jakarta kalau ada spbu dgn nomor 31.nnn.nn itu CoCo
Kalau di Semarang 41.nnn.nn, kalau di Surabaya 51.nnn.nn, itu juga CoCo

Mesti ditulis triple n, secara kalau ditulis triple x kena gunting :mrgreen:

Sumber: http://pertaminaretail.com/SPBU.aspx

Kalau minta struk/nota, nanti juga kecetak kok nomor spbu-nya, kayak foto diatas

Contoh papan nama spbu coco di jakarta, 2 digit pertama= 31
Image
Ampuunnn meneerrrrr
Jadi angka kedua kalau 1 atau 4 itu COCO pertamina ya...
Thanks meneer...hehehee...
Turboman wrote:COCO itu angka ke 2 selalu 1

Jkt kode 31

Daerah laen ada yg kode 41

Kalo angka ke 2 itu 4 berarti ya swasta
Pak Turboman betul, default-nya kode spbu coco, digit keduanya angka 1.

Tapi ada beberapa kasus, misalnya take over atau berakhirnya kerja sama operasi (KSO) spbu swasta yg diambil alih pertamina langsung.

Ada contoh di Surabaya (Jatim), kode depan 54. tapi status coco.

Untuk pastinya ya tetap pilih yg digit keduanya angka 1.

Ciri lain, spbu coco biasanya ada minimarket/carwash/cafe yg merknya BRIGHT :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Gen1prod
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 16, 2011 11:43

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by Gen1prod »

Fyi,accord cp2 2011 2.4Ltr ratio 10,5:1....konsumsi premium murni lelet,ngelitik waktu masuk D/R.ganti pertamax/shell super konsumsi boros,dalkot gak pernah tembus 1:8km.kaki udah nahan2,sama aja.riset 3-4x pengisian full tank.ganti pertaplus,tarikan uenak,konsumsi gak beda jauh ama pertamax.coba lagi oplos pertaplus+premium,tarikan berkurang dikit (sama pertamax),konsumsi jauh lebih baek,dapetin 1:9 gampang bgt.rute relatif sama dgn jam brgkt n pulang yg sama.
Kenapa spec gak sesuai dgn manual book?jgn2 cuman copy paste aja ama buku jepang.banyak fitur dimanual book,gak ada di kenyataan nya.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by VanzMatic »

Senin besok premium 6.600 dan solar 6.400 kah ya? [emoji41] [emoji41] [emoji177]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
philosophie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by philosophie »

VanzMatic wrote:Senin besok premium 6.600 dan solar 6.400 kah ya? [emoji41] [emoji41] [emoji177]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
yoyoi om :mky_04: :mky_04:
bentar lagi 95 8000an nih :mky_01: :mky_01:
User avatar
TikusTampan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Wed Oct 30, 2013 4:21

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by TikusTampan »

imsus2c wrote:
Pak Turboman betul, default-nya kode spbu coco, digit keduanya angka 1.

Tapi ada beberapa kasus, misalnya take over atau berakhirnya kerja sama operasi (KSO) spbu swasta yg diambil alih pertamina langsung.

Ada contoh di Surabaya (Jatim), kode depan 54. tapi status coco.

Untuk pastinya ya tetap pilih yg digit keduanya angka 1.

Ciri lain, spbu coco biasanya ada minimarket/carwash/cafe yg merknya BRIGHT :D
Iya..bener nih om imsus..ada minimarket BRIGHT..ane baru ngeh.. :e-doh:
"Supermouse Use No Pedals..."
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by Salvanost »

Turboman wrote:
Salvanost wrote: mau tanya,
pertamax termasuk kategori oktan yang ketinggian ga buat sebagian kendaraan?
karena premium kan direncanakan mau dihapus
Lha rata2 kendaraan Gasoline modern kan mintanya RON 91 minimum dan bahkan makin banyak yg minta RON 95 minimum.......JUSTRU di kita ini problemnya : RON 97 - 98 nggak dipasarkan scr massal.

Juga negara2 di dunia yg masih jual RON under 90 itu bisa dihitung dgn sebelah tangan

Mobil2 generasi modern jalan dgn RON 88 itu sebetulnya tergolong "dipaksakan" dan itu berjalan dgn kondisi tidak ideal (pengapian di retard banget)

Memang mau buat mobil Vintage yg masih Side valve om ?

Oktan ketinggian sama sekali nggak ada trade off utk mesin, trade off-nya utk kantong aja

Kalao utk mesin2 buatan sebelum th 80 ada baiknya dicampur additive pelumas katup atau Lead subtitute agar katup2-nya awet
sorry om, saya cuma penasaran aja, masalah oktan ketinggian itu maksudnya gimana :mky_01:
itu saya tanya om vanz kan biar jelas, pertamax termasuk yg dibicarain sebagai oktan ketinggian apa ga

kalau saya sekarang 100% pertamax terus kok, apalagi selisih harga ga sampai 1500 dengan premium
GV juga kadang ngelitik kalau make premium...
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by twa »

Katanya tgl 19 jan jam 00.00

pertamax 8.000
pertamax plus 9.050

biasanya sih shell lsg penyesuaian sktr itu juga
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by JESKONENG »

Kalok kompresi mesin di bawah 10:1 maka oktan95 ketinggian om, cuma bikin tipis dompet tapi enggak bikin performa mesin meningkat samasekali..
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by VanzMatic »

Salvanost wrote:
Turboman wrote:
Salvanost wrote: mau tanya,
pertamax termasuk kategori oktan yang ketinggian ga buat sebagian kendaraan?
karena premium kan direncanakan mau dihapus
Lha rata2 kendaraan Gasoline modern kan mintanya RON 91 minimum dan bahkan makin banyak yg minta RON 95 minimum.......JUSTRU di kita ini problemnya : RON 97 - 98 nggak dipasarkan scr massal.

Juga negara2 di dunia yg masih jual RON under 90 itu bisa dihitung dgn sebelah tangan

Mobil2 generasi modern jalan dgn RON 88 itu sebetulnya tergolong "dipaksakan" dan itu berjalan dgn kondisi tidak ideal (pengapian di retard banget)

Memang mau buat mobil Vintage yg masih Side valve om ?

Oktan ketinggian sama sekali nggak ada trade off utk mesin, trade off-nya utk kantong aja

Kalao utk mesin2 buatan sebelum th 80 ada baiknya dicampur additive pelumas katup atau Lead subtitute agar katup2-nya awet
sorry om, saya cuma penasaran aja, masalah oktan ketinggian itu maksudnya gimana :mky_01:
itu saya tanya om vanz kan biar jelas, pertamax termasuk yg dibicarain sebagai oktan ketinggian apa ga

kalau saya sekarang 100% pertamax terus kok, apalagi selisih harga ga sampai 1500 dengan premium
GV juga kadang ngelitik kalau make premium...
Nah.. kendaraannya apaan dulu nih om? Kalau Grand Vitara, kompresi nya 9:1 apa bukan ya?

Kalau iya bener, ya yang cocok memang pertamax. Jangan Pertamaxplus, karena ron nya pertaplus adalah 95, sedangkan pertamax adalah 92.

Kenapa jangan pertaplus95? Karena ron nya ketinggian. Rantai hidrokarbon pertaplus 95 lebih panjang dibanding pertamax92, sehingga kalau dipaksakan, akan ada bahan bakar yang tidak habis dibakar, sehingga akan terasa berat saat ngegas kendaraan, dan berat di kantong.

Sebaliknya dengan premium88, rantai hidrokarbon nya jauh lebih pendek dibandinv pertamax92, sehingga belum sempat dibakar, sudah habis rantai hidrokarbonnya kena gebuk kompresi sehingga menyala sendiri tanpa terpantik api busi.

Inilah kondisi yang disebut knocking/ngelitik..

Imho.. Cmiiw ya..[emoji209] [emoji177] [emoji177]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by liat2aja »

Ini saya lagi bingung...

Sekitar 3-4x belakangan, mobil bokap di Jakarta diisi pakai Total. Selama ini Premium, baru 2-3 bulan ini pake BBM Lux dari Pertamax jadi Total 92.

Jadi posisi saya di luar kota, mobil memang punya bokap, ada supirnya. Jadi urusan refueling dsb memang supir, bokap ya tau keluar duit dan pakai mobil.

Lah yg bingung saya tanya supir barusan (hari ini 17 Jan) ngisi Total 92 kena berapa, sms dari pak supir: isi 33,87 harga 345.943. Saya hitung pakai kalkulator kena Rp 10,200/l padahal setau saya harga BBM Lux kebanyakan dah di bawah 10 ribu/l.

Jadi cuma dua kemungkinan, supir bohong atau Totalnya yg salah? Oh ya ngisinya di Total Jl Panjang depan perumahan Sunrise Garden.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by Dat510 »

Hallo Om-om semua, salam kenal. Post pertama ane nih di SM. :big_peace:

Kemarin lewatin Shell harganya turun
Super: 8400
V-Power: 9400
Diesel: 9700


Pertamax barusan ngisi masih 8800.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by sintoni »

Pertamax nanti senen turun jadi 8000, ada beritany di koran.
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by ternakblog »

sintoni wrote:Pertamax nanti senen turun jadi 8000, ada beritany di koran.
8000 itu harga dimana om?
GunturSon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: Sat Aug 23, 2014 18:24

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by GunturSon »

Biasa jabodetabek sepertinya om
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by VanzMatic »

liat2aja wrote:Ini saya lagi bingung...

Sekitar 3-4x belakangan, mobil bokap di Jakarta diisi pakai Total. Selama ini Premium, baru 2-3 bulan ini pake BBM Lux dari Pertamax jadi Total 92.

Jadi posisi saya di luar kota, mobil memang punya bokap, ada supirnya. Jadi urusan refueling dsb memang supir, bokap ya tau keluar duit dan pakai mobil.

Lah yg bingung saya tanya supir barusan (hari ini 17 Jan) ngisi Total 92 kena berapa, sms dari pak supir: isi 33,87 harga 345.943. Saya hitung pakai kalkulator kena Rp 10,200/l padahal setau saya harga BBM Lux kebanyakan dah di bawah 10 ribu/l.

Jadi cuma dua kemungkinan, supir bohong atau Totalnya yg salah? Oh ya ngisinya di Total Jl Panjang depan perumahan Sunrise Garden.
Nota beli bensinnya ada? Saya jg supir, tapi saya selalu kasih nota bensin nya saat pulang untuk pertanggungjawaban.

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
TikusTampan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Wed Oct 30, 2013 4:21

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by TikusTampan »

Barusan lewat pom bensin..
Pertamax 8000 :mky_02:
premium 6700?? (apa saya salah liat ya?)

@om Vanz: Btw om vanz, ane perhatiin avatarnya, lg seneng main game UKTS ya? :big_grin:
"Supermouse Use No Pedals..."
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by VanzMatic »

ETS2 tepatnya, om.. hehehe... maklum om.. supir truk.. jadi mainnya yang beginian.. wkkwkk..

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by maskopat »

VanzMatic wrote: Nah.. kendaraannya apaan dulu nih om? Kalau Grand Vitara, kompresi nya 9:1 apa bukan ya?

Kalau iya bener, ya yang cocok memang pertamax. Jangan Pertamaxplus, karena ron nya pertaplus adalah 95, sedangkan pertamax adalah 92.

Kenapa jangan pertaplus95? Karena ron nya ketinggian. Rantai hidrokarbon pertaplus 95 lebih panjang dibanding pertamax92, sehingga kalau dipaksakan, akan ada bahan bakar yang tidak habis dibakar, sehingga akan terasa berat saat ngegas kendaraan, dan berat di kantong.

Sebaliknya dengan premium88, rantai hidrokarbon nya jauh lebih pendek dibandinv pertamax92, sehingga belum sempat dibakar, sudah habis rantai hidrokarbonnya kena gebuk kompresi sehingga menyala sendiri tanpa terpantik api busi.

Inilah kondisi yang disebut knocking/ngelitik..

Imho.. Cmiiw ya..[emoji209] [emoji177] [emoji177]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
jadi kalo mau jangan berkerak, pake bensin dengan RON rendah ya Ki?
Noted.. thanks untuk pecerahannya
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by vipere »

liat2aja wrote:Ini saya lagi bingung...

Sekitar 3-4x belakangan, mobil bokap di Jakarta diisi pakai Total. Selama ini Premium, baru 2-3 bulan ini pake BBM Lux dari Pertamax jadi Total 92.

Jadi posisi saya di luar kota, mobil memang punya bokap, ada supirnya. Jadi urusan refueling dsb memang supir, bokap ya tau keluar duit dan pakai mobil.

Lah yg bingung saya tanya supir barusan (hari ini 17 Jan) ngisi Total 92 kena berapa, sms dari pak supir: isi 33,87 harga 345.943. Saya hitung pakai kalkulator kena Rp 10,200/l padahal setau saya harga BBM Lux kebanyakan dah di bawah 10 ribu/l.

Jadi cuma dua kemungkinan, supir bohong atau Totalnya yg salah? Oh ya ngisinya di Total Jl Panjang depan perumahan Sunrise Garden.
kalo dulu pernah saya lihat ada promo beli Total diskon 10 atau 15 persen pake mega card.
Terus pas saya lewat Total daan mogot..kok harganya malah lebih mahal 10 - 15 % juga dari shell dan pertamax. Tepatnya berapa lupa. sama aja bohong dong kalo gitu pake mega card juga. Tapi itu udah lama sih.
Gak tau kalo sekarang harganya udah sama apa belum ama yang lain.
User avatar
jarijarir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue Dec 30, 2014 5:48

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by jarijarir »

TikusTampan wrote:Barusan lewat pom bensin..
Pertamax 8000 :mky_02:
premium 6700?? (apa saya salah liat ya?)

@om Vanz: Btw om vanz, ane perhatiin avatarnya, lg seneng main game UKTS ya? :big_grin:
ijin jawab, om :mky_08:

tadi pagi isi bbm motor, benar memang harga premium adalah Rp6700 per liter,

kalo kata temen sih memang pemerintah kasih harga dasar Rp6600 tapi nanti harga jual di spbu pertamina dikasih keleluasaan untuk ambil margin distribusi,,, entahlah :big_think:
be patient, please.. i'm a beginner.. :big_comfort:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by TUFF Stough »

vipere wrote:
liat2aja wrote:Ini saya lagi bingung...

Sekitar 3-4x belakangan, mobil bokap di Jakarta diisi pakai Total. Selama ini Premium, baru 2-3 bulan ini pake BBM Lux dari Pertamax jadi Total 92.

Jadi posisi saya di luar kota, mobil memang punya bokap, ada supirnya. Jadi urusan refueling dsb memang supir, bokap ya tau keluar duit dan pakai mobil.

Lah yg bingung saya tanya supir barusan (hari ini 17 Jan) ngisi Total 92 kena berapa, sms dari pak supir: isi 33,87 harga 345.943. Saya hitung pakai kalkulator kena Rp 10,200/l padahal setau saya harga BBM Lux kebanyakan dah di bawah 10 ribu/l.

Jadi cuma dua kemungkinan, supir bohong atau Totalnya yg salah? Oh ya ngisinya di Total Jl Panjang depan perumahan Sunrise Garden.
kalo dulu pernah saya lihat ada promo beli Total diskon 10 atau 15 persen pake mega card.
Terus pas saya lewat Total daan mogot..kok harganya malah lebih mahal 10 - 15 % juga dari shell dan pertamax. Tepatnya berapa lupa. sama aja bohong dong kalo gitu pake mega card juga. Tapi itu udah lama sih.
Gak tau kalo sekarang harganya udah sama apa belum ama yang lain.
Total emang selalu lebih mahal gocap ~ cepek dibanding merek kerang kuning. Tapi secara kualitas dan keiritannya, aku merasa Total performanya lebih bagus dibanding si kerang kuning.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by JESKONENG »

maskopat wrote:
VanzMatic wrote: Nah.. kendaraannya apaan dulu nih om? Kalau Grand Vitara, kompresi nya 9:1 apa bukan ya?

Kalau iya bener, ya yang cocok memang pertamax. Jangan Pertamaxplus, karena ron nya pertaplus adalah 95, sedangkan pertamax adalah 92.

Kenapa jangan pertaplus95? Karena ron nya ketinggian. Rantai hidrokarbon pertaplus 95 lebih panjang dibanding pertamax92, sehingga kalau dipaksakan, akan ada bahan bakar yang tidak habis dibakar, sehingga akan terasa berat saat ngegas kendaraan, dan berat di kantong.

Sebaliknya dengan premium88, rantai hidrokarbon nya jauh lebih pendek dibandinv pertamax92, sehingga belum sempat dibakar, sudah habis rantai hidrokarbonnya kena gebuk kompresi sehingga menyala sendiri tanpa terpantik api busi.

Inilah kondisi yang disebut knocking/ngelitik..

Imho.. Cmiiw ya..[emoji209] [emoji177] [emoji177]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
jadi kalo mau jangan berkerak, pake bensin dengan RON rendah ya Ki?
Noted.. thanks untuk pecerahannya
bukan gitu om... yg bener : pakelah oktan bbm yg sesuai dng angka rasio kompresi mesin :
- oktan 88 : utk kompresi di bawah 9:1
- oktan 92 : utk kompresi 9 s/d 9.8:1
- oktan 95 : utk kompresi 10:1 ke atas
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999