What sort of things we got to do while test driving..?
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
- keretalaut
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: 30 Jul 2014, 23:05
What sort of things we got to do while test driving..?
yooo apakabar para seramor semuanya..
permisi, an unsleep guy here mau bertanya
apa saja yg kita wajib lakukan sewaktu test drive... atau dengan kalimat lain.. how to do professional test driving...
utk bisa mengetahui kemampuan mobil tersebut secara dalam dan jelas..
tentunya selain injak gas mentok dari diam..
then bagaimana bila test drive di jalan kota jakarta yg anytime anywhere merayap terus mobil dan motor...
plus where we can find jalanan sepi yang cocok utk beraksi..
one more Q, apakah sales yg nemanin akan menegur atau a bit angry bila kita terlalu extreme dgn mobilnya..
Tenkyuu..
permisi, an unsleep guy here mau bertanya
apa saja yg kita wajib lakukan sewaktu test drive... atau dengan kalimat lain.. how to do professional test driving...
utk bisa mengetahui kemampuan mobil tersebut secara dalam dan jelas..
tentunya selain injak gas mentok dari diam..
then bagaimana bila test drive di jalan kota jakarta yg anytime anywhere merayap terus mobil dan motor...
plus where we can find jalanan sepi yang cocok utk beraksi..
one more Q, apakah sales yg nemanin akan menegur atau a bit angry bila kita terlalu extreme dgn mobilnya..
Tenkyuu..
It's more fun to drive a slow car fast than to drive a fast car slow. #Perney
- evolution21
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: 28 Aug 2008, 17:32
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
Dengan banyak pengalaman cobain banyak mobil nanti kemampuan feeling merasakan karakter tenaga, bantingan, handling, nvh, dll akan terasah sendiri. Tp yg pasti di kondisi padat merayap percuma test drive, hanya tau sedikit dr kemampuan mobil tsb
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7353
- Joined: 07 Dec 2012, 10:22
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
sy pernah TD proton suprima jkt-puncak v.v (salesperson nya bilang bole) n di puncak area dia minta brenti sebentar u muntah muntah n lemaskan kaki yg shaky. tiap turunan panjang sy coba braking impact n bodyroll tollerance. rasa nya hampir sama dgn impreza ge 2.0r yg dulu sy pernah punya.
besok nya sy coba yg preve tapi salesperson yg sama sdh tdk mau lg n unit sdh tdk bole lg dibawa kluar jkt. pdhl rencana mau sy bawa ke sentul circuit
besok nya sy coba yg preve tapi salesperson yg sama sdh tdk mau lg n unit sdh tdk bole lg dibawa kluar jkt. pdhl rencana mau sy bawa ke sentul circuit
- sirahngelu
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: 27 Mar 2014, 03:34
- Location: Surabaya
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
newrubble wrote:
besok nya sy coba yg preve tapi salesperson yg sama sdh tdk mau lg n unit sdh tdk bole lg dibawa kluar jkt. pdhl rencana mau sy bawa ke sentul circuit
salesperson-nya kapok gak berani ngikut om nr lagi.
kapan td-nya itu om?
uh oh, model baru ya proton suprima itu.
*baru cek wikipedia*
Last edited by sirahngelu on 13 Oct 2014, 08:18, edited 1 time in total.
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7353
- Joined: 07 Dec 2012, 10:22
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
th 2014 ini bbrp mggu sblm hr raya puasa
- Xous
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: 16 Nov 2009, 13:20
- Location: Surabaya
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
wah klo om NR, tuh sales person muntah2, klo om kucing gimana y? sales personnya... *kabur......
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
Intinya jika kita serius mau beli, ya terserah kita mau bawa TD kemana, tentunya ditanyakan dulu sebelumnya apa bisa / engga......tapi jika kita sudah ada gelagat mau SPK ya mestinya showroom akan nurut ajakeretalaut wrote:yooo apakabar para seramor semuanya..
permisi, an unsleep guy here mau bertanya
apa saja yg kita wajib lakukan sewaktu test drive... atau dengan kalimat lain.. how to do professional test driving...
utk bisa mengetahui kemampuan mobil tersebut secara dalam dan jelas..
tentunya selain injak gas mentok dari diam..
then bagaimana bila test drive di jalan kota jakarta yg anytime anywhere merayap terus mobil dan motor...
plus where we can find jalanan sepi yang cocok utk beraksi..
one more Q, apakah sales yg nemanin akan menegur atau a bit angry bila kita terlalu extreme dgn mobilnya..
Tenkyuu..
cari hari dimana pas showroom gak rame, jadi lebih leluasa
Utk BBM kita isikan / bayarin aja gpp
- sukribo
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: 06 Sep 2013, 10:44
- Location: Surabaya
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
Muntah2 juga .... pagi biasanya ....Xous wrote:wah klo om NR, tuh sales person muntah2, klo om kucing gimana y? sales personnya... *kabur......
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
- y_anjasrana
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: 14 Feb 2003, 16:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
newrubble wrote:sy pernah TD proton suprima jkt-puncak v.v (salesperson nya bilang bole) n di puncak area dia minta brenti sebentar u muntah muntah n lemaskan kaki yg shaky. tiap turunan panjang sy coba braking impact n bodyroll tollerance. rasa nya hampir sama dgn impreza ge 2.0r yg dulu sy pernah punya.
besok nya sy coba yg preve tapi salesperson yg sama sdh tdk mau lg n unit sdh tdk bole lg dibawa kluar jkt. pdhl rencana mau sy bawa ke sentul circuit
touge racer detected.......
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: 22 May 2014, 10:38
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
newrubble wrote:sy pernah TD proton suprima jkt-puncak v.v (salesperson nya bilang bole) n di puncak area dia minta brenti sebentar u muntah muntah n lemaskan kaki yg shaky. tiap turunan panjang sy coba braking impact n bodyroll tollerance. rasa nya hampir sama dgn impreza ge 2.0r yg dulu sy pernah punya.
besok nya sy coba yg preve tapi salesperson yg sama sdh tdk mau lg n unit sdh tdk bole lg dibawa kluar jkt. pdhl rencana mau sy bawa ke sentul circuit
kasian sales personnya
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
urun berbagi pendapat soal TD....
selama ini metode yang ane lakukan bersama madcat dan oom sukribo hampir sama.
saya sih nggak pernah terlalu detail mengamati unitnya, jadi paling saya foto-foto luar dalem, selesai langsung jalan capcus. Bahkan kadang saya lupa mobil A punya fitur ini, mobil B punya fitur ini. ya kalo fitur tsb nggak penting ya saya skip biasanya
sekitar 10 menit pertama biasanya membiasakan diri dengan pedal gas, rem, dan setirnya dulu, setelah itu, 30 menit sisanya = menggila!
buat saya, kalo TD menggila lah segila mungkin, karena disitu akan ketauan semua respon mesin, respon rem, bodyroll, karakter handling, steering feedback. dan ketika kita saya udah dapet semua itu saya langsung bisa sum up mobil ini bagus atau jelek. insulasi dan road noise juga akan ketauan kalo kita menggila.
ya balik lagi feeling itu semua tergantung seberapa besar ekspektasi kita dan apa yang kita butuhkan dalam sebuah mobil. plus faktor kebiasaan juga mempengaruhi.
dan inilah kenapa TD begitu penting ketimbang cuma melototin barangnya di showroom atau pameran.... plus minus suatu mobil sih buat saya akan ketauan 80% setelah TD. first impression dari liat-liat doang itu cuma 20%. Efek visual terkadang bisa menipu.
Karena itu saya setiap review selalu mencurahkan tulisan dan otak paling banyak di Driving impression, kalo ext-in-features-accomodation sih saya pajang foto toh semua juga udah pada tau biasanya
selama ini metode yang ane lakukan bersama madcat dan oom sukribo hampir sama.
saya sih nggak pernah terlalu detail mengamati unitnya, jadi paling saya foto-foto luar dalem, selesai langsung jalan capcus. Bahkan kadang saya lupa mobil A punya fitur ini, mobil B punya fitur ini. ya kalo fitur tsb nggak penting ya saya skip biasanya
sekitar 10 menit pertama biasanya membiasakan diri dengan pedal gas, rem, dan setirnya dulu, setelah itu, 30 menit sisanya = menggila!
buat saya, kalo TD menggila lah segila mungkin, karena disitu akan ketauan semua respon mesin, respon rem, bodyroll, karakter handling, steering feedback. dan ketika kita saya udah dapet semua itu saya langsung bisa sum up mobil ini bagus atau jelek. insulasi dan road noise juga akan ketauan kalo kita menggila.
ya balik lagi feeling itu semua tergantung seberapa besar ekspektasi kita dan apa yang kita butuhkan dalam sebuah mobil. plus faktor kebiasaan juga mempengaruhi.
dan inilah kenapa TD begitu penting ketimbang cuma melototin barangnya di showroom atau pameran.... plus minus suatu mobil sih buat saya akan ketauan 80% setelah TD. first impression dari liat-liat doang itu cuma 20%. Efek visual terkadang bisa menipu.
Karena itu saya setiap review selalu mencurahkan tulisan dan otak paling banyak di Driving impression, kalo ext-in-features-accomodation sih saya pajang foto toh semua juga udah pada tau biasanya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
- amfibi
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: 31 Dec 2012, 12:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
Ane nggak pernah berani bejek2 nikung2 menggila ato apapun itu di mobil TD... Nggak tega merusak/abuse barang orang, kecuali mobil milik sendiri baru berani (dalam hal ini mobil TD milik toko tersebut)
Jadi kalo TD yaa pake seperti biasa aja, ngiter2 jalan dengan pemakaian normalnya dalam kota, udh cukup buat bisa menilai kok buat sehari2 dipake gimana nantinya
Jadi kalo TD yaa pake seperti biasa aja, ngiter2 jalan dengan pemakaian normalnya dalam kota, udh cukup buat bisa menilai kok buat sehari2 dipake gimana nantinya
- Ryan Steele
- SM Moderator
- Posts: 4422
- Joined: 29 May 2007, 19:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
Masalah metode test drive balik tergantung pribadi masing2.
Kalo emang driving style nyantai, ya pasti TD nyantai. Kalo DS sangar ya metode TD pasti menggila.
Ane pernah kok antri TD Etios waktu OTB. Sebelum ane rupanya pereli. Itu Etios di lahan super kecil dibejek abis2an. Tokh PIC Toyota gak marah2.
Waktu ane ditawarin TD Sorento di Cikarang ane nolak halus, soalnya cuma bisa di tempat parkir. Kalo dikasih ke jalan tol si ane mau. Salesnya juga ngebolehin kalo unit TD-nya plat hitam [emoji16]
Metode TD ane ya pasti nyobain ngebut, ngikut DS ane. Kalo pacar yang TD si pasti max speed under 100 km/h [emoji12]
Kalo emang driving style nyantai, ya pasti TD nyantai. Kalo DS sangar ya metode TD pasti menggila.
Ane pernah kok antri TD Etios waktu OTB. Sebelum ane rupanya pereli. Itu Etios di lahan super kecil dibejek abis2an. Tokh PIC Toyota gak marah2.
Waktu ane ditawarin TD Sorento di Cikarang ane nolak halus, soalnya cuma bisa di tempat parkir. Kalo dikasih ke jalan tol si ane mau. Salesnya juga ngebolehin kalo unit TD-nya plat hitam [emoji16]
Metode TD ane ya pasti nyobain ngebut, ngikut DS ane. Kalo pacar yang TD si pasti max speed under 100 km/h [emoji12]
no signature
- sukribo
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: 06 Sep 2013, 10:44
- Location: Surabaya
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
yang sama ya.... yang 10 menit itu ..... wkwwkkkChZ wrote: selama ini metode yang ane lakukan bersama madcat dan oom sukribo hampir sama.
sekitar 10 menit pertama biasanya membiasakan diri dengan pedal gas, rem, dan setirnya dulu, setelah itu, 30 menit sisanya = menggila!
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
- Ryan Steele
- SM Moderator
- Posts: 4422
- Joined: 29 May 2007, 19:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
Dan apakah penilaian ane sama antara Chz dan Fibi ya belum tentu. Tokh point of view ane belum tentu sama.
Pun preferensi belum tentu sama.
Contoh soal top speed yang bisa diraih. Untuk yang pemakaiannya dalam kota ya gak penting. Pemakaian luar kota ya belum tentu penting juga. Speed enthusiast? That's the most important aspect.
Irit? Untuk yang pengen mobil bwt ngebut mana mikir irit [emoji16]
Kalo Fibi test drive Dan Gan pasti akan bilang kalo ni mobil gak enak bwt harian, based on Fibi driving style yang nyetir nyantai. Even for me Dan Gan is not a comfortable car for inner city driving. Selain nyendul2 pas pelan, fuel consumption mengerikan.
Kalo Chz atau Kucing Gendeng yang TD mungkin puas, soalnya mobil ini memang born to run. Even my younger brother can reach 220 km/h dengan mesin keadaan standar.
Nah, kalau TD Vios kalau soal nyetir santai ya mungkin Fibi akan kasi nilai bagus. Bwt Chz dan MC? Pasti kasi nilai jelek. Wong dibawa 140 km/h aja b*kong udah goyang dombret.
Pun preferensi belum tentu sama.
Contoh soal top speed yang bisa diraih. Untuk yang pemakaiannya dalam kota ya gak penting. Pemakaian luar kota ya belum tentu penting juga. Speed enthusiast? That's the most important aspect.
Irit? Untuk yang pengen mobil bwt ngebut mana mikir irit [emoji16]
Kalo Fibi test drive Dan Gan pasti akan bilang kalo ni mobil gak enak bwt harian, based on Fibi driving style yang nyetir nyantai. Even for me Dan Gan is not a comfortable car for inner city driving. Selain nyendul2 pas pelan, fuel consumption mengerikan.
Kalo Chz atau Kucing Gendeng yang TD mungkin puas, soalnya mobil ini memang born to run. Even my younger brother can reach 220 km/h dengan mesin keadaan standar.
Nah, kalau TD Vios kalau soal nyetir santai ya mungkin Fibi akan kasi nilai bagus. Bwt Chz dan MC? Pasti kasi nilai jelek. Wong dibawa 140 km/h aja b*kong udah goyang dombret.
no signature
- artoodetoo
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: 26 Aug 2007, 10:43
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
Wah, saya kalo TD tergantung dapat mobil siapa.
Kalo mobil teman ya perlakukan dengan halus
Kalo TD punya dealer, ya bolehlah rada agresif sedikit
*eh
Kalo mobil teman ya perlakukan dengan halus
Kalo TD punya dealer, ya bolehlah rada agresif sedikit
*eh
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
Unit TD memang disediakan ATPM utk di ABUSE
jadi silahkan aja utk menyetir secara Extrem.....ASAL menyetir dengan benar / dilakukan di jalan sepi dan tidak membahayakan pengguna jalan lain
Sebelum nyetir pastikan kondisi ban bagus, lalu menyetirlah dgn santai dulu utk memastikan rem bekerja dengan baik........abis itu silakan bejek gas sampai ke lantai
Bahkan demo drive yg dilakukan oleh ATPM sering jauh lebih extrem....spt waktu launching PJS Dakar dulu pihak KTB bikin acara "Off road experience" dgn Matsuoka & Subhan Aksa, kita2 yg jadi penumpang mesti pake helem........ngebut di jalan tanah yg naik - turun dgn kecepatan 60 - 70 kpj...........kita2 yg jadi penumpangnya aja sampe ngeriiii.......
Tapi kadang2 konyolnya ada sales yg menawarkan utk test drive ngitarin showroom dgn unit milik orang / kastemer......langsung saya tolak dengan Tegas........saya katakan "itu nggak boleh / kalau saya jadi pemilik mobil tsb maka sy akan protes"
jadi silahkan aja utk menyetir secara Extrem.....ASAL menyetir dengan benar / dilakukan di jalan sepi dan tidak membahayakan pengguna jalan lain
Sebelum nyetir pastikan kondisi ban bagus, lalu menyetirlah dgn santai dulu utk memastikan rem bekerja dengan baik........abis itu silakan bejek gas sampai ke lantai
Bahkan demo drive yg dilakukan oleh ATPM sering jauh lebih extrem....spt waktu launching PJS Dakar dulu pihak KTB bikin acara "Off road experience" dgn Matsuoka & Subhan Aksa, kita2 yg jadi penumpang mesti pake helem........ngebut di jalan tanah yg naik - turun dgn kecepatan 60 - 70 kpj...........kita2 yg jadi penumpangnya aja sampe ngeriiii.......
Tapi kadang2 konyolnya ada sales yg menawarkan utk test drive ngitarin showroom dgn unit milik orang / kastemer......langsung saya tolak dengan Tegas........saya katakan "itu nggak boleh / kalau saya jadi pemilik mobil tsb maka sy akan protes"
- POS VETT
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: 25 Aug 2006, 20:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
Gw jarang sekali test drive mobil baru. Biasanya test drive mobil2 bekas yang ada prospek mau dibeli. Selama ini beli mobil2 baru (ada 2x, '8 Corvette Z06 & '12 Mustang BOSS 302) tidak pernah test drive. Corvette malah tidak pernah dikunjungi sebelum beli, lihatnya pertama kali waktu turun dari enclosed auto hauler diantar ke rumah karena dealernya 700+ miles dari rumah.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
- billyd1773dz
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: 02 Sep 2008, 07:19
- Location: Bandungers
- Contact:
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
sebelum TD harus tau dulu apa yang mau dicari dan di buktikan atau ingin di nikmatin lalu tinggal nego unit dan rute ke sales untuk bisa buktikan hal itu.....
klw cuma di parkiran atau di batasin jaraknya di dalkot yg rame, dan g bisa ngejawab penasaran gw sih bwat apa... g akan bisa explore karakter distinctive nya... seperti baru nyoba sebagian kecil dari mobil tersebut saja.
apalagi pke unit gress jualan yg bukan mbl TD... pasti di tolak.
kya spindis... as a turbo diesel.. one way to proof it.. ya bawa ke pegunungan.. kalau g di coba crispynya torsi kesana pasti kerasanya biasa aja...
klw XV tentu handling performa hri pertama tol keluar bandung pp mungkin sampai 50km lebh beberapa jam... keluar tol cri jalan berkelok sepi yaa banting2 pingin tau grip n body controlnya,akhir hari itu sangat impresive .... as SUV bsk nya bawa ke pegunungan...... meski ga nyoba oprut atleast ketauan rationya kurang rendah sehingga struggle saat nanjak extreme,sayang sekali....... terakhir AWD challenge well as expected very impressive.
klw nilainy cuma puter2 dalkot santai sih g akan ketauan, beli mobil tentu bukan bwat harian saja. justru kenikmatan saat *playtime* ini yang g kalah harus di perhatikan jg, dan sulit di explore
wkwkwk at least for me ya.. i don't see a car only for daily transport.. it is also a plaything, a toys for me...
klw cuma di parkiran atau di batasin jaraknya di dalkot yg rame, dan g bisa ngejawab penasaran gw sih bwat apa... g akan bisa explore karakter distinctive nya... seperti baru nyoba sebagian kecil dari mobil tersebut saja.
apalagi pke unit gress jualan yg bukan mbl TD... pasti di tolak.
kya spindis... as a turbo diesel.. one way to proof it.. ya bawa ke pegunungan.. kalau g di coba crispynya torsi kesana pasti kerasanya biasa aja...
klw XV tentu handling performa hri pertama tol keluar bandung pp mungkin sampai 50km lebh beberapa jam... keluar tol cri jalan berkelok sepi yaa banting2 pingin tau grip n body controlnya,akhir hari itu sangat impresive .... as SUV bsk nya bawa ke pegunungan...... meski ga nyoba oprut atleast ketauan rationya kurang rendah sehingga struggle saat nanjak extreme,sayang sekali....... terakhir AWD challenge well as expected very impressive.
klw nilainy cuma puter2 dalkot santai sih g akan ketauan, beli mobil tentu bukan bwat harian saja. justru kenikmatan saat *playtime* ini yang g kalah harus di perhatikan jg, dan sulit di explore
wkwkwk at least for me ya.. i don't see a car only for daily transport.. it is also a plaything, a toys for me...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
- madcat015
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: 29 Nov 2012, 15:52
- Location: Surabaya
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
Setuju dengan billy dan beberapa dedengkot tukang siksa mobil di marih...
Tidak semua orang bisa mendapatkan privilege seperti om helm yang tinggal bersin aja, mobil TD langsung nangkring di garasi. Ane harus ngesot2 dulu.
Nah hal yang ane lakukan saat dapat kabar unit TD siap:
1. Set otak dulu
Ane harus liat mobilnya, peruntukannya. Dan ane ga akan langsung menjudge karakter nya, dst dst. Spec sheet nanti dulu. Sebuah SUV dituntut untuk mampu melewati jalan buruk dengan baik, hatchback harus bisa bermanuver dengan baik, sedan harus nyaman, MPV harus akomodatif, dan sport car harus mampu mengguratkan senyum di wajah ane dan horror di penumpang.
2. Sales talk
Jujur, ini yang paling ane sukai... Ane akan bertanya tentang produk mereka, ane akan biarkan mereka berbicara dan memberikan pengetahuan2 mereka. Let them talk, i want to see the fire behind their eyes... Dan tentu ane akan bertanya pendapat mereka mengenai rival2 produk mereka. Hal ini yang menurut ane, sangat penting untuk dapat ane angkat dalam sebuah ripiu.
3. Poto2...
Ini juga tergantung mobil nya, ane ga jago potografi dan tidak memperhatikan detail interior eksterior dengan baik. Tapi ane berusaha melihat dari kacamata awam apa yang ane cari dalam sebuah mobil.
4. TD session
Tentu saja, bagian paling mendebarkan dan melelahkan. Seperti yang ane bicarakan ke bro ChZ akhir minggu kemarin, saat TD, seluruh indera harus benar2 di set 120%... Rasakan postur mengemudi, dengarkan kekedapan kabin, hirup aroma kabin, sentuh setir dan shifter, dan otak langsung bekerja mencari dan membandingkan dengan mobil2 lain yang serupa.
Begitu mobil menggelinding di jalan, rasakan badan mobil bergerak, steering, dengarkan orkestra mekanikal dari mesin dan transmisi dan rem bersinergi... Rasakan sebuah kerja keras ribuan parts yang bekerjasama...
Bawa ke kondisi stop and go, apa nyaman di dalam mobil? apa penampilan dashboard sesuai dengan selera? bagaimana dengan sound system mobil? AC adem? Bagaimana reaksi mesin dan transmisi dalam kondisi berat seperti itu? Halus? tersentak? atau lemot?
Kemudian bawa ke kondisi cruising santai, off road, dan simulasi kan jalan berkelok2... bawa ke paving untuk tes kekedapan dan ban... juga simulasikan kondisi hard braking.
Dan yang terakhir, yang jarang ane lakukan: Drift!
Resiko ane sangat besar di sini, dan biasanya ane menanyakan ke sales nya, kalau mereka bilang silahkan, tentu ane akan mengajak mobil menari hingga rem nya mloyoh dan aroma CC terbakar memenuhi kabin. Unit TD memang diperuntukkan untuk berbagai macam kondisi, dan ane mencoba mensimulasikan kondisi terekstrim kecuali kondisi crash test ya...
Jujur, sales Lexus, Jag, BMW, Merc, dan Subaru seringkali terkaget2 saat ane membawa mobil2 mereka menari... dan ane melihat betapa mereka bersemangat karena urusan dancing on the tarmac tidak ada dalam imajinasi terliar mereka dan buku panduan sales.
Tentu saja, ane akan melihat dan menilai kondisi jalan dan mobil sebelum melakukan tindakan tersebut. Faktor keamanan selalu menjadi nomor 1 bagi ane. Situasi jalan benar2 harus ane hafal 100%, kapan harus flat out, kapan harus hardbraking, kapan harus ancang2, kapan harus drift, dan kapan harus menghentikan drift, bagaimana kondisi lalu lintas, apa ada FOD di jalan, dst dst...
===================
Jika TD mobil rekan pun, ane akan nanya: "Boleh ane bakar ban?"
Kl memang boleh, ane akan melakukan TD normal. Tp kalau yg punya tidak menijinkan, tentu ane akan TD dengan lembut sembari mencari karakter lainnya dari mobil tersebut...
===================
Dan setuju dengan om turbo, ane sangat menolak keras jika ada unit orang lain yang ditawarkan untuk TD. Seperti di dealer Pug, ane ditawarkan TD sebuah mobil seharga 941 juta yang sudah dibayar oleh customer. Ane langsung tolak mentah2, karena ane menjunjung tinggi SOP dealer ke customer.
===================
Heightened level of senses and mind and adrenaline when test driving... is my Zen Meditation...
Tidak semua orang bisa mendapatkan privilege seperti om helm yang tinggal bersin aja, mobil TD langsung nangkring di garasi. Ane harus ngesot2 dulu.
Nah hal yang ane lakukan saat dapat kabar unit TD siap:
1. Set otak dulu
Ane harus liat mobilnya, peruntukannya. Dan ane ga akan langsung menjudge karakter nya, dst dst. Spec sheet nanti dulu. Sebuah SUV dituntut untuk mampu melewati jalan buruk dengan baik, hatchback harus bisa bermanuver dengan baik, sedan harus nyaman, MPV harus akomodatif, dan sport car harus mampu mengguratkan senyum di wajah ane dan horror di penumpang.
2. Sales talk
Jujur, ini yang paling ane sukai... Ane akan bertanya tentang produk mereka, ane akan biarkan mereka berbicara dan memberikan pengetahuan2 mereka. Let them talk, i want to see the fire behind their eyes... Dan tentu ane akan bertanya pendapat mereka mengenai rival2 produk mereka. Hal ini yang menurut ane, sangat penting untuk dapat ane angkat dalam sebuah ripiu.
3. Poto2...
Ini juga tergantung mobil nya, ane ga jago potografi dan tidak memperhatikan detail interior eksterior dengan baik. Tapi ane berusaha melihat dari kacamata awam apa yang ane cari dalam sebuah mobil.
4. TD session
Tentu saja, bagian paling mendebarkan dan melelahkan. Seperti yang ane bicarakan ke bro ChZ akhir minggu kemarin, saat TD, seluruh indera harus benar2 di set 120%... Rasakan postur mengemudi, dengarkan kekedapan kabin, hirup aroma kabin, sentuh setir dan shifter, dan otak langsung bekerja mencari dan membandingkan dengan mobil2 lain yang serupa.
Begitu mobil menggelinding di jalan, rasakan badan mobil bergerak, steering, dengarkan orkestra mekanikal dari mesin dan transmisi dan rem bersinergi... Rasakan sebuah kerja keras ribuan parts yang bekerjasama...
Bawa ke kondisi stop and go, apa nyaman di dalam mobil? apa penampilan dashboard sesuai dengan selera? bagaimana dengan sound system mobil? AC adem? Bagaimana reaksi mesin dan transmisi dalam kondisi berat seperti itu? Halus? tersentak? atau lemot?
Kemudian bawa ke kondisi cruising santai, off road, dan simulasi kan jalan berkelok2... bawa ke paving untuk tes kekedapan dan ban... juga simulasikan kondisi hard braking.
Dan yang terakhir, yang jarang ane lakukan: Drift!
Resiko ane sangat besar di sini, dan biasanya ane menanyakan ke sales nya, kalau mereka bilang silahkan, tentu ane akan mengajak mobil menari hingga rem nya mloyoh dan aroma CC terbakar memenuhi kabin. Unit TD memang diperuntukkan untuk berbagai macam kondisi, dan ane mencoba mensimulasikan kondisi terekstrim kecuali kondisi crash test ya...
Jujur, sales Lexus, Jag, BMW, Merc, dan Subaru seringkali terkaget2 saat ane membawa mobil2 mereka menari... dan ane melihat betapa mereka bersemangat karena urusan dancing on the tarmac tidak ada dalam imajinasi terliar mereka dan buku panduan sales.
Tentu saja, ane akan melihat dan menilai kondisi jalan dan mobil sebelum melakukan tindakan tersebut. Faktor keamanan selalu menjadi nomor 1 bagi ane. Situasi jalan benar2 harus ane hafal 100%, kapan harus flat out, kapan harus hardbraking, kapan harus ancang2, kapan harus drift, dan kapan harus menghentikan drift, bagaimana kondisi lalu lintas, apa ada FOD di jalan, dst dst...
===================
Jika TD mobil rekan pun, ane akan nanya: "Boleh ane bakar ban?"
Kl memang boleh, ane akan melakukan TD normal. Tp kalau yg punya tidak menijinkan, tentu ane akan TD dengan lembut sembari mencari karakter lainnya dari mobil tersebut...
===================
Dan setuju dengan om turbo, ane sangat menolak keras jika ada unit orang lain yang ditawarkan untuk TD. Seperti di dealer Pug, ane ditawarkan TD sebuah mobil seharga 941 juta yang sudah dibayar oleh customer. Ane langsung tolak mentah2, karena ane menjunjung tinggi SOP dealer ke customer.
===================
Heightened level of senses and mind and adrenaline when test driving... is my Zen Meditation...
Obey the mahakitteh.
- Felixz_Yaris
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: 27 Mar 2013, 11:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
master tdmadcat015 wrote:Setuju dengan billy dan beberapa dedengkot tukang siksa mobil di marih...
Tidak semua orang bisa mendapatkan privilege seperti om helm yang tinggal bersin aja, mobil TD langsung nangkring di garasi. Ane harus ngesot2 dulu.
Nah hal yang ane lakukan saat dapat kabar unit TD siap:
1. Set otak dulu
Ane harus liat mobilnya, peruntukannya. Dan ane ga akan langsung menjudge karakter nya, dst dst. Spec sheet nanti dulu. Sebuah SUV dituntut untuk mampu melewati jalan buruk dengan baik, hatchback harus bisa bermanuver dengan baik, sedan harus nyaman, MPV harus akomodatif, dan sport car harus mampu mengguratkan senyum di wajah ane dan horror di penumpang.
2. Sales talk
Jujur, ini yang paling ane sukai... Ane akan bertanya tentang produk mereka, ane akan biarkan mereka berbicara dan memberikan pengetahuan2 mereka. Let them talk, i want to see the fire behind their eyes... Dan tentu ane akan bertanya pendapat mereka mengenai rival2 produk mereka. Hal ini yang menurut ane, sangat penting untuk dapat ane angkat dalam sebuah ripiu.
3. Poto2...
Ini juga tergantung mobil nya, ane ga jago potografi dan tidak memperhatikan detail interior eksterior dengan baik. Tapi ane berusaha melihat dari kacamata awam apa yang ane cari dalam sebuah mobil.
4. TD session
Tentu saja, bagian paling mendebarkan dan melelahkan. Seperti yang ane bicarakan ke bro ChZ akhir minggu kemarin, saat TD, seluruh indera harus benar2 di set 120%... Rasakan postur mengemudi, dengarkan kekedapan kabin, hirup aroma kabin, sentuh setir dan shifter, dan otak langsung bekerja mencari dan membandingkan dengan mobil2 lain yang serupa.
Begitu mobil menggelinding di jalan, rasakan badan mobil bergerak, steering, dengarkan orkestra mekanikal dari mesin dan transmisi dan rem bersinergi... Rasakan sebuah kerja keras ribuan parts yang bekerjasama...
Bawa ke kondisi stop and go, apa nyaman di dalam mobil? apa penampilan dashboard sesuai dengan selera? bagaimana dengan sound system mobil? AC adem? Bagaimana reaksi mesin dan transmisi dalam kondisi berat seperti itu? Halus? tersentak? atau lemot?
Kemudian bawa ke kondisi cruising santai, off road, dan simulasi kan jalan berkelok2... bawa ke paving untuk tes kekedapan dan ban... juga simulasikan kondisi hard braking.
Dan yang terakhir, yang jarang ane lakukan: Drift!
Resiko ane sangat besar di sini, dan biasanya ane menanyakan ke sales nya, kalau mereka bilang silahkan, tentu ane akan mengajak mobil menari hingga rem nya mloyoh dan aroma CC terbakar memenuhi kabin. Unit TD memang diperuntukkan untuk berbagai macam kondisi, dan ane mencoba mensimulasikan kondisi terekstrim kecuali kondisi crash test ya...
Jujur, sales Lexus, Jag, BMW, Merc, dan Subaru seringkali terkaget2 saat ane membawa mobil2 mereka menari... dan ane melihat betapa mereka bersemangat karena urusan dancing on the tarmac tidak ada dalam imajinasi terliar mereka dan buku panduan sales.
Tentu saja, ane akan melihat dan menilai kondisi jalan dan mobil sebelum melakukan tindakan tersebut. Faktor keamanan selalu menjadi nomor 1 bagi ane. Situasi jalan benar2 harus ane hafal 100%, kapan harus flat out, kapan harus hardbraking, kapan harus ancang2, kapan harus drift, dan kapan harus menghentikan drift, bagaimana kondisi lalu lintas, apa ada FOD di jalan, dst dst...
===================
Jika TD mobil rekan pun, ane akan nanya: "Boleh ane bakar ban?"
Kl memang boleh, ane akan melakukan TD normal. Tp kalau yg punya tidak menijinkan, tentu ane akan TD dengan lembut sembari mencari karakter lainnya dari mobil tersebut...
===================
Heightened level of senses and mind and adrenaline when test driving... is my Zen Meditation...
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
- madcat015
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: 29 Nov 2012, 15:52
- Location: Surabaya
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
@bro wasir: hush... entar ente di tusbol sama om helm... ane cuman tukang TD panggilan...
Obey the mahakitteh.
- amfibi
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: 31 Dec 2012, 12:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
Lantas salahkah ane kalo style mengemudinya santai ?Ryan Steele wrote:Dan apakah penilaian ane sama antara Chz dan Fibi ya belum tentu. Tokh point of view ane belum tentu sama.
Pun preferensi belum tentu sama.
Contoh soal top speed yang bisa diraih. Untuk yang pemakaiannya dalam kota ya gak penting. Pemakaian luar kota ya belum tentu penting juga. Speed enthusiast? That's the most important aspect.
Irit? Untuk yang pengen mobil bwt ngebut mana mikir irit [emoji16]
Kalo Fibi test drive Dan Gan pasti akan bilang kalo ni mobil gak enak bwt harian, based on Fibi driving style yang nyetir nyantai. Even for me Dan Gan is not a comfortable car for inner city driving. Selain nyendul2 pas pelan, fuel consumption mengerikan.
Kalo Chz atau Kucing Gendeng yang TD mungkin puas, soalnya mobil ini memang born to run. Even my younger brother can reach 220 km/h dengan mesin keadaan standar.
Nah, kalau TD Vios kalau soal nyetir santai ya mungkin Fibi akan kasi nilai bagus. Bwt Chz dan MC? Pasti kasi nilai jelek. Wong dibawa 140 km/h aja b*kong udah goyang dombret.
Kalo di mobil macem dangan GTi ya disesuaikan lha om... Nggak mungkin ane samaratakan mobil tsb nggak enak buat harian dsb, ya fungsinya memamg untuk bersenang senang kan...
Nah kalo vios, berhubung nggak enak buat kencang kencang, ya disesuaikan lagi standartnya, oh mobil ini tidak untuk disetir kencang...
- Felixz_Yaris
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: 27 Mar 2013, 11:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
aman sudah pake helem.. aman dari tusbolanmadcat015 wrote:@bro wasir: hush... entar ente di tusbol sama om helm... ane cuman tukang TD panggilan...
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: What sort of things we got to do while test driving..?
hehehe setiap sales yang nemenin ane TD komentarnya selalu sama : "waduh ko suka ngebut ya ko"
seperti TD Subaru WRX STi, cuma di perumahan terbatas, ya ane maksimalkan. Tetap, safety nomor 1, jadi sebelom flatout dengan mobil bengis bertenaga 300HP ini ane selalu liat keadaan, 500 meter di depan aman gak buat ane injek gas penuh? aman? Sikat!
dan hi-speed cornering, banyak obstacle gak itu tikungan? kalo gak ada ya berarti aman buat hi-speed cornering.
sama juga dengan waktu TD 520i F10, sebelum drifting di bundaran Araya ane inspeksi kondisi sekitar dulu, dan begitu memungkinkan, sikat!
ane malah kadang merasa berdosa kalo mau review mobil tapi nggak tau batasan-batasan dari mobil tsb karena kurang nge-abuse mobil tsb. it's my job as a reviewer, so i'll do it.
bahkan kalo unit teman atau sodara sendiri selama mereka nggak memberikan batasan-batasan ya ane hajar. misalnya Nissan Teana J32 engkong ane atau Harrier AIRS teman ane tempo hari, mereka nggak memberikan batasan-batasan, ya i do it my style . waktu nyoba PS Dakar om ane yang udah chipped up to 270HP, om ane nyuruh ane flatout malah.
terus terang, sense kita akan terasah semakin banyak jam terbang kita di jalan dan seberapa banyak mobil yang kita pernah setirin. otak kita seakan sudah mengkalkulasi berapa meter space di depan untuk menyalip, berapa sudut belok yang harus ane ambil, berapa kecepatan yang harus ane raih buat masukin tikungan, berapa meter ane harus ngerem sebelum hajar mobil depan.
buat ane sih selama kita bisa handle, ya why not doing some stunts? Sales kadang malah seneng kalo kita ngelakuin stunt. Di tengah kebosanan mereka dengan rutinitas dan SPK yang tidak kunjung bertambah, at least it can draw a smile on their face.
sebelum TD bareng ane jangan makan siang dulu makanya
seperti TD Subaru WRX STi, cuma di perumahan terbatas, ya ane maksimalkan. Tetap, safety nomor 1, jadi sebelom flatout dengan mobil bengis bertenaga 300HP ini ane selalu liat keadaan, 500 meter di depan aman gak buat ane injek gas penuh? aman? Sikat!
dan hi-speed cornering, banyak obstacle gak itu tikungan? kalo gak ada ya berarti aman buat hi-speed cornering.
sama juga dengan waktu TD 520i F10, sebelum drifting di bundaran Araya ane inspeksi kondisi sekitar dulu, dan begitu memungkinkan, sikat!
ane malah kadang merasa berdosa kalo mau review mobil tapi nggak tau batasan-batasan dari mobil tsb karena kurang nge-abuse mobil tsb. it's my job as a reviewer, so i'll do it.
bahkan kalo unit teman atau sodara sendiri selama mereka nggak memberikan batasan-batasan ya ane hajar. misalnya Nissan Teana J32 engkong ane atau Harrier AIRS teman ane tempo hari, mereka nggak memberikan batasan-batasan, ya i do it my style . waktu nyoba PS Dakar om ane yang udah chipped up to 270HP, om ane nyuruh ane flatout malah.
terus terang, sense kita akan terasah semakin banyak jam terbang kita di jalan dan seberapa banyak mobil yang kita pernah setirin. otak kita seakan sudah mengkalkulasi berapa meter space di depan untuk menyalip, berapa sudut belok yang harus ane ambil, berapa kecepatan yang harus ane raih buat masukin tikungan, berapa meter ane harus ngerem sebelum hajar mobil depan.
buat ane sih selama kita bisa handle, ya why not doing some stunts? Sales kadang malah seneng kalo kita ngelakuin stunt. Di tengah kebosanan mereka dengan rutinitas dan SPK yang tidak kunjung bertambah, at least it can draw a smile on their face.
there goes ze lunch....sukribo wrote:
yang sama ya.... yang 10 menit itu ..... wkwwkkk
sebelum TD bareng ane jangan makan siang dulu makanya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 41 Replies
- 2625 Views
-
Last post by Bibieight
-
- 7 Replies
- 693 Views
-
Last post by kendibocor
-
- 11 Replies
- 1959 Views
-
Last post by kidut
-
- 9 Replies
- 1014 Views
-
Last post by leogalih
-
- 4 Replies
- 763 Views
-
Last post by kendibocor
-
- 26 Replies
- 4058 Views
-
Last post by impactful
-
- 28 Replies
- 1970 Views
-
Last post by ricz
-
- 4 Replies
- 1057 Views
-
Last post by marzoochi
-
- 15 Replies
- 1976 Views
-
Last post by ChZ